Cara Relaksasi di Masa Pandemi Bersama Young Living Essential Oil

Sunday, July 5, 2020

Masih teringat jelas dalam benak gue, ketika 4 bulan yang lalu gue harus membatalkan beberapa event blog karena pemerintah mengharuskan kita untuk self-quarantine akibat virus COVID-19 yang semakin mewabah.

Dengan santai dan penuh optimis gue menjalankan instruksi pemerintah untuk menjalankan self-quarantine selama 14 hari. Pada saat itu dengan naif dan polos gue berpikiran bahwa setelah 14 hari maka semuanya akan baik-baik saja dan kembali seperti semula. HAHA!

Sebulan pertama sepertinya merupakan bulan yang paling berat bagi kita semua yah. Iya gak sih? Ketika kita mulai membaca berbagai berita tentang corona dan kemudian malah parno sendiri. Alat kesehatan yang kurang memadai, jumlah korban yang meningkat, PSBB di berbagai penjuru Indonesia. Duh! 

Kemudian tibalah bulan puasa dan lebaran. Walau banyak yang berharap bahwa kita bisa menjalankan ibadah puasa dan lebaran secara normal, tapi gak bisa memaksakan karena virusnya masih berkeliaran di sekitar kita. Lebaran berjalan diliputi perasaan sedih karena gak bisa bersilaturahmi ke rumah saudara, tapi masih tetap bersyukur karena sampai detik ini masih diberikan kesehatan.

Waktu seakan berjalan merayap, tahu-tahu udah 4 bulan aja sih! Sudah tiba saatnya bagi anak-anak untuk menjalankan ujian kenaikan kelas! Tapi lagi-lagi ujian kenaikan kelas dan pembagian raport harus dijalankan secara online. Kasihan sih anak-anak udah pada kangen sekolah, tapi memang situasinya tidak memungkinkan.


 Berusaha Menjaga Kewarasan Selama di Rumah

Penting sekali bagi kita untuk bisa menjaga kewarasan agar tidak merasa tertekan dan bisa tetap eling selama di rumah aja. Digempur dengan beragam berita negatif yang menakutkan bisa membuat kita gentar, jadi sebaiknya sih dipilah kembali sumber berita yang biasa kita baca, kalau perlu sih detoks sosmed aja. Gue sempat melakukannya sekitar seminggu sama sekali tidak memegang gadget dan lumayan berhasil sih hehe.

Segala macam tips supaya kita bisa produktif selama di rumah sudah gue pelajari dan berusaha untuk diterapkan Mulai dari mengikuti berbagai online class, mencoba berbagai resep, belajar bercocok tanam dan mengubah dekorasi rumah. Gue sudah membereskan rak buku beserta tumpukan novel yang berantakan, mencuci semua sepatu dan jaket yang bergelantungan.

Beresin rak buku yang berantakan cuy!
Bahkan saking gabutnya gue memutuskan untuk mencuci semua selimut & bed cover di rumah dengan mesin cuci. Biasanya sih masuk laundry, tapi akhirnya dicuci sendiri aja walau gak bisa pake pengering hahaha.  Perasaan sih semuanya sudah dikerjain sampai tuntas, TAPI KOK VIRUSNYA MASIH ADA AJA SIH! HUHUHU

Cara Relaksasi yang Bisa Dilakukan Selama di Rumah 

Akhirnya gue mencoba untuk menurunkan ekspektasi supaya gak merasa tertekan selama di rumah. Alih-alih membebani diri sendiri untuk melakukan segala sesuatunya sembari berharap corona segera berlalu, yang ujungnya malah jadi stress, gue memutuskan untuk menikmati waktu selama di rumah saja. Anggap saja moment ini sebagai kesempatan untuk jeda dan rehat sejenak. 

Setiap orang tentu saja memiliki cara yang berbeda untuk melakukan relaksasi. 

Relaksasi versi gue adalah tenggelam dalam timbunan novel kesayangan dan marathon drama Korea kemudian mengalami baper-sebaper-bapernya. Iya, emang receh banget akutu! Tapi ternyata cara tersebut lumayan efektif dan membuat gue jadi lebih tenang serta tidak mudah cemas selama di rumah.

Tidur ditemani Owl Diffuser & Young Living Essential Oils

Salah satu cara relaksasi favorite yang gue lakukan belakangan ini adalah selalu tidur ditemani dengan Owl Diffuser & Young Living Essential Oils.

Dari dulu penyakit gue memang sulit tidur. Entahlah insomnia atau bukan, tapi sehari-hari memang selalu tidur di atas jam 12 malam. Biasanya sih setelah menonton beberapa episode drama Korea, mood gue akan membaik dan baru bisa tidur deh. Tapi setelah corona menerpa, penyakit susah tidur gue semakin menjadi-jadi.

Akhirnya memutuskan untuk mencoba Feather the Owl Diffuser dari Young Living. Suka banget karena multifungsi selain sebagai diffuser bisa juga sebagai humidifier. Alat ini bisa mengeluarkan uap yang berasal dari essential oils, sekaligus menjaga kelembaban udara di dalam ruangan.

Gue sudah menggunakannya selama hampir satu bulan dan sudah mulai terasa manfaatnya. Jadi akan gue bahas satu persatu aja yah manfaat yang gue rasakan selama ini, baik untuk diffuser maupun essential oils Young Living.
Feather the Owl Diffuser

Adakah yang masih belum familiar dengan diffuser? Atau ada yang udah sering pake? Diffuser tuh fungsinya untuk mengubah tetesan essential oil yang telah dicampur air menjadi uap halus yang disebarkan ke dalam ruangan. Tidak hanya sekadar memberikan kesegaran, diffuser ini juga bisa membersihkan udara serta mengurangi bakteri dan jamur.

Kebetulan gue memang memiliki alergi yang cukup mengganggu, yaitu sering bersin dan mendadak pilek setiap subuh. Pokoknya setelah wudhu untuk shalat subuh, maka dijamin gue akan bersin tiada henti dan langsung pilek. Ketika anak-anak harus pergi sekolah di pagi hari sih biasanya lumayan ribet juga karena gue harus beraktivitas menyiapkan sarapan dan bekal sekolah sambil bersin-bersin.

Diffuser ini ternyata baik untuk pernafasan karena dapat mengurangi penyumbatan & peradangan pada saluran pernafasan. Tapi emang beneran sih, biasanya setelah shalat subuh walau sudah selimutan gue masih bersin dan hidung tetap berair. Tapi yang gue alami sekarang, bersin hanya ketika wudhu di kamar mandi saja, setelah masuk ke kamar bersin gue berkurang dan akhirnya berhenti. Wah, cinta banget ama si Owl Diffuser nih!
.
Feather The Owl Diffuser
Feather the Owl Diffuser ini memiliki pilihan bisa dipakai selama 5 jam atau 10 jam dengan kemampuan mati otomatis. Jadi kalau airnya sudah habis, gak usah khawatir karena otomatis akan mati sendiri. Diffuser ini juga dilengkapi dengan lampu yang bisa berkelap-kelip dan dengan berbagai warna yang bisa kita pilih. Bahkan ada fitur suara relaksasi yang bisa menemani kita tidur lebih nyenyak lho. Selain suara air mengalir dan melodi yang menenangkan, favorite gue sih suara kicauan burung.

Oya, diffuser ini juga bisa melindungi kita dari serangga dan nyamuk lho. Jadi mulai sekarang gue sudah mengucapkan selamat tinggal sama obat serangga yang baunya menyengat dan kadang suka bikin sesek napas.

Young Living Essential Oils

Secara definisi essential oil adalah minyak alami yang diekstrak dari satu jenis tanaman tertentu. Sesungguhnya ada beberapa cara untuk menggunakan essential oil. 

Selain diteteskan pada diffuser, seperti yang selama ini telah gue lakukan, essential oil bisa juga dipergunakan dengan cara dioles atau dihirup. Gue sendiri untuk saat ini hanya menggunakannya dengan diffuser saja, karena kulit gue agak sensitif jadi belum berani mengoleskannya ke kulit.

Bagi teman-teman yang ingin menggunakan essential oil untuk dioles atau dihirup sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu dan sesuaikan dengan kebutuhan yah. Karena setahu gue sih ada beberapa essential oil yang ketika dioles harus diberi campuran terlebih dahulu. 

Pemakaian Young Living Essential Oil dipilih sesuai dengan kebutuhan aja yah
Gue tertarik pake Young Living Essential Oil karena standar kemurniannya tertinggi dan tidak menggunakan bahan sintetis. Dari segi harga memang rada lumayan sih, tapi menurut gue sangat sepadan dengan kualitas dan manfaatnya. Young Living Essential Oil kualitasnya memang premium karena semua proses produksi dari hulu ke hilir ditangani langsung oleh Young Living. Komitmen Young Living adalah Seed to Seal maksudnya adalah mulai dari bibit sampai packaging kualitasnya terjaga dengan baik.

Kalau berdasarkan pengalaman gue secara pribadi sih, Young Living Essential Oil tuh kayak biangnya minyak gitu lho karena cukup hanya dengan beberapa tetes aja udah terasa khasiatnya. Untuk pemakaian diffuser semalaman biasanya gue cukup hanya memakai sekitar 5 tetes saja, dengan catatan pintu kamar harus ditutup lho yah. Gue juga bakal bahas beberapa Young Living Essential Oils yang telah gue pakai beserta manfaatnya yah. 

Young Living Essential Oil - Lavender

Lavender merupakan salah satu Young Living Essential Oil favorite gue karena wanginya semerbak banget deh. Makanya lavender banyak dipakai untuk aroma parfum, sabun atau body lotion, karena emang sewangi itu. 

Secara universal sih lavender merupakan essential oil yang paling ampuh dan serba guna. Aroma bunganya juga mampu menenangkan tubuh dan pikiran serta mengurangi kecemasan. Untuk gue sendiri sih aroma lavender yang menguar di malam hari dari diffuser beneran bisa memperbaiki kualitas tidur.

Young Living Essential Oil – R.C

Ketika mencium aroma Young Living Essential Oil R.C otomatis benak gue melayang ke sebuah tempat spa di salah satu hotel terkenal di Bandung.

R.C yang merupakan kepanjangan dari Respiratory Care ternyata memang cocok dipakai sebagai campuran minyak pijat yang menenangkan. Sepertinya sih banyak dipakai di spa hotel karena aromanya sangat familiar. R.C ini juga bisa untuk mengatasi hidung tersumbat, pilek, batuk, radang tenggorokan, sinus dan masih banyak lagi manfaatnya.

Young Living Essential Oil Lavender aromanya laaaf banget!
Young Living Essential Oil – Lemon

Sepertinya Young Living Essential Oil Lemon merupakan essential oil yang paling sering gue pakai sih saking sukanya. Padahal pakenya udah diirit-irit banget tapi lumayan lah masih sisa 2/3 lagi hahaha.

Aromanya tuh semacam cerah ceria dan riang gembira sehingga membuat hati jadi kepengen bahagia aja gitu lho, duh gimana yah cara menggambarkan aromanya haha.

Selain wanginya yang menyegarkan manfaat dari Young Living Essential Oil Lemon adalah bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan metabolisme, serta menyehatkan kulit. Bagi yang wajahnya jerawatan atau banyak komedo, boleh dicoba nih Essential Oil Lemon.

Young Living Essential Oil – Lemongrass

Nah, untuk Young Living Essential Oil Lemongrass merupakan favorite Abah banget. Jadi setiap mau tidur biasanya kita berdebat dulu nih, gue pengen lemon sedangkan Abah pengen Lemongrass. Tapi kalem aja perselisihan kita santuy dan tidak sampai menimbulkan keretakan rumah tangga kok hahaha.

Ternyata aroma dari Young Living Essential Oil Lemongrass bisa berfungsi sebagai antidepresan juga lho dan bisa membuat kita jadi lebih bersemangat. Selain itu dapat meredakan nyeri otot dan persedian juga.

Beberapa aroma Young Living Essential Oil mampu membangkitkan kenangan gais!
Young Living Essential Oil – Orange

Sebenernya Young Living Essential Oil Orange fungsinya agak mirip dengan yang lemon yah. Untuk aroma terasa sedikit lebih manis dan hangat, mengingatkan kita pada aroma kalo lagi main di taman ketika cuaca cerah dan disinari matahari gitu lah.

Tapi hal yang membuat gue sukaaa sekali menggunakan essential oil adalah selain banyak manfaatnya tapi karena setiap aroma memiliki ciri khas sendiri sehingga mampu membangkitkan kenangan tertentu.

Memang sih selain lagu atau suara, aroma merupakan alat yang mampu memicu ingatan kita di masa lalu. Mungkin karena wilayah otak yang mendeteksi bau, ingatan dan emosi saling terkait.

Contohnya saja, entah mengapa aroma orange dari essential oil ini mampu membawa ingatan gue kepada kenangan ketika gue masih kecil dan tinggal di rumah nenek. Terus auto sedih teringat almarhum nenek huhuhu.

Setelah sebulan pemakaian sih gue sudah merasakan banyak manfaat dari Young Living Essential Oil. Sudah browsing dan bertekad nanti akan beli Young Living Essential Oil Peppermint karena banyak banget manfaatnya.

O ya, untuk semua produk di atas baik Diffuser maupun Young Living Essential Oil gue order dari @oils_lady yah, silakan langsung melipir aja ke instagramnya untuk mengintip berbagai produk yang tersedia yah. O iya, kalem aja gais, untuk pembayaran bisa dicicil juga lho kan lumayan tuh.

Trus, trus elo sendiri gimana nih? Cara relaksasi apa yang sudah dilakukan selama pandemi supaya bawaaannya bahagia terus dan gak mudah cemas? 

43 comments:

  1. Waah cara asik nih relaksasinyaa, wewangian yang bikin tambah semangat dan happy yaa.

    Kalo pagi ini ku udah relaksasi cukup dengan peregangan tipis2 dan mengirup wewangian kopi bikin energi meningkat eeaa

    ReplyDelete
  2. Relate banget sama ekspektasi 14 hari nya Mak. haha sama mikirnya juga gitu. Aku suka pake YL R.C. biar bebas idung mampet buat si bocah di rumah kalau bobok :D

    ReplyDelete
  3. ini aku banget deh kalau lagi me time suka sambil netesin Young Living Oil dulu biar lebih enak. Sama lagi ngedraft tulisan juga suka gitu.

    ReplyDelete
  4. Senangnya bisa berkunjung ke blog yang luar biasa.

    Saya setuju mbak Titi, memang masa pandemi membuat stress, sehingga butuh relaxan, misal aromaterapi.

    Young Living bisa didapatkan di marketplace?

    ReplyDelete
  5. Aku belum pernah nyobain produk ini. Oooh jadi asyik relaksasinya kalau kita mencium aroma yg lembut Young Living Oil ini ya. Bentuk owl nya lucu juga 😁😁 Beneran bisa mengatasi komedo juga? Mau yg yg lemon. TFS.

    ReplyDelete
  6. ketika mendengar salah satu teman mengeluh ga bisa tidur selama berhari hari, young livinglah yang terlintas pertama kali dan segera kurekomendasikan.

    Hampir 2 mingguan dia gunakan, sekarang aku yang jadi kepengen pake. Mmamaciw infonya, Mak. Langsung cuss ke IG nyaa buat intip intip harga (dan cicilannya 🤣)

    ReplyDelete
  7. Nah, soal tidur akhir-akhir ini aku juga sering tidur diatas jam 12 malam. Hm, sepertinya butuh young living essential oil nih supaya lebih rileks dan gampang tidur..

    ReplyDelete
  8. Sama dong teh, aku juga suka nyalain difuser kalo mau tidur atau udah santai dirumah. Bos dan anak-anak dirumah juga suka banget.

    ReplyDelete
  9. Aku tuh penasaran dengan YL ini hits banget ya...ternyata dipakainya dengan difuser nya jadi aromanya lebih tercium..

    ReplyDelete
  10. Aku juga mikir, kita bakal dirumahaja tuh ya paling lama sebulan lah, ternyata ini udah bulan Juli dan kondisi belum membaik aja yaa.... Aku juga suka banget sama si YLEO ini, asik buat oles2 terutama yg peppermint klo aku pas pusing

    ReplyDelete
  11. Young Living Essential ini berapa kali saya baca reviewnya. Dan jadi kepo seharum apa dan sebagus apa manfaatnya buat kita jadi rileks.

    ReplyDelete
  12. Mmh belum pernah nyoba relaksasi ini mba. Tapi aroma yang menenangkan akan buat kita juga merasa happy ya mba :)

    ReplyDelete
  13. Pernah dikasih tester sama teman, varian Lemongrass yang udah di-dilute. Emang aromanya menenangkan banget. Kapankapan kalau ada rezeki, pengen euy beli langsung satu set gini sekalian diffusernya.

    ReplyDelete
  14. lavender there is powerful expel mosquitoes, aren't you? So I never use it to relaxation with lavender

    ReplyDelete
  15. Relaksasi apa ya... hehe olahraga aja sih paling.. jalan kaki atau spedaan utk bikin happy hehe.. Tapi aku pengen loh coba pake diffuser..

    ReplyDelete
  16. Loh ini aku banget nih cuci bed cover & seprei, trus sering ganti tapi bukan karena gaka da kerjaan, lagi bosen aja. Perlu relaksasi ya pakai aroma yang enak, pingin YL :)

    ReplyDelete
  17. aku kenal YL sejak 2015an teh waktu itu rutin pake krn anak pertamaku cocok pake ini sayangnya mahil jadi ga diterusin wkwkwk sekarang mah ada diffusernya yah jadi pengen lagi

    ReplyDelete
  18. Catat deh namanya .. Feather the Owl Diffuser dari Young Living ya. Bagus ya karena tidak mengandung bahan sintetis. Aman in syaa Allah karena alami.

    ReplyDelete
  19. Bumerku punya juga ini. Dipake kali pada hari-hari tertentu atau kalo pas ada tamu.

    ReplyDelete
  20. Young Living ini sungguh keren sekali.
    Ya..manfaatnya, yaa...produknya yang punya banyak sekali ragamnya.
    Dan aku baru tau kalau ukurannya pun ada berbagai macam yaa, teh... Aku pikir hanya satu ukuran yang paling mungil itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Relaksasi ini penting banget...apalagi yang dirumahaja.
      Rentan terserang penyakit jenuh dan ujung-ujungnya ke emosi.
      Young Living memperbaiki kualitas hidup.

      Delete
  21. Aku sih anaknya gampangan tidur, cuman akhir-akhir ini keganggu sama nyamuk. Astagaa nyamuk sekarang kecil-kecil tapi gigitannya sakt minta ampun. Tapi habis baca alat diffuser ini kok jadi pingin ya. Buat seru-seruan saat tidur oke juga. Ada aromanya pulq kan ya

    ReplyDelete
  22. Aku cuma pakai YLEO dioles dan itu pun dapat dari adik ipar. Ini lucu banget sih Diffuser owl nya, buat nemenin bobok bikin nyenyak ya.

    ReplyDelete
  23. Owl Diffusernya lucu banget, pengeeen euy :)
    Aku sudah pakai essensial oilnya Young Living ini dari tahun 2012, belum setenar sekarang untuk aromaterapi atau relaksasi.
    Di rumah yang sering dipakai Peppermint dan Lavender.

    ReplyDelete
  24. Wah, emang asyik banget deh relaksasi dengan essentials oil itu. Bikin adem, nyaman, dan rileeeks. Sampe lupa segalanya deh. Duh aku kepengen lagi deh bisa relaksasi dengan essentials oil

    ReplyDelete
  25. Udah beberapa bulan kayak gini, aku jadi sering blank nggak tahu lagi mesti ngapain padahal ada aja kerjaan. Mungkin akibat zero piknik wkwkwkw. Mungkin harus ditenangkan pakai essential oil ya.

    ReplyDelete
  26. Nah, dari sekian cara relaksasi yang sudah pernah kulakukan, menggunakan diffuser dan essential oil ini lah yang belum pernah kucoba. Cucok marucok kayaknya ya dijadikan teman di rumah. Aroma ruang yang menenangkan bisa membantu kita untuk istirahat dengan lebih rileks.

    ReplyDelete
  27. Eh diffusernya lucu banget bisa mati sendiri kalau disetting gtu ya mbak?
    AKu punya minyak ini dapat dari hadiah atau gudibeg gtu tapi blm pernah kupakai, soalnya EO-ku yg sisa msh ada, mungkin abis EO yg ini abis hehe

    ReplyDelete
  28. Aku baru nyoba hari ini nih reaksasi dengan essential oil, setelah teracuni temen2 yang udah lebih dulu pakai. Mudah2an sih beneran bisa kerasa efeknya.

    ReplyDelete
  29. aku tuh udah lama pengen nyobain YL teh :( sampe kebawa mimpi hahaha biasanya pakai EO yang murah meriah soalnya

    ReplyDelete
  30. Ini ngaruh sih emang, aku setiap malam juga pakai young living mbak.. jadi ada yang kurang aja kalo ngga cium aroma YL hehe.. entah sugesti atau apa, tapi yang jelas beneran bikin relak sih

    ReplyDelete
  31. Saya pun awal pandemi masih suka menghitung hari. Paling cuma 2 minggu. Paling sebulan. Paling begini ... paling begitu ... Lha, tapi gak selesai juga sampai sekarang hahaha.

    Lama-lama ya capek juga menghitung hari. Saya pun mulai menurunkan ekspektasi dan beradaptasi. Tetap gak mau damai dengan corona. Tetapi, mencari cara gimana supaya bisa terus bertahan dalam suasana begini dalam keadaan tetap bahagia.

    Tetangga saya, ada yang jadi produsen essence. Kalau lagi bikin essence, wanginya sampai ke rumah. Enaaaak!

    Makanya saya percaya juga sih kalau wangi memang bisa mengubah mood. Jadi pengen punya diffuser ini. Apalagi bentuknya lucuk!

    ReplyDelete
  32. eh iyaya, dulu berkhayal ini semua bakalan berakhir maksimal 3 bulan, lalu semua akan kembali seperti semula. Ternyata sampe anakku aku tunda sekolahnya tahun depan hehe. Ga jadi aku sekolahin TK, karena masih parno. Akupun juga mulai ikutan IG live buat nambah ilmu mbak. Wah asyiknya kalo pakai Feather the Owl Diffuser dari Young Living biar boboknya makin nyenyak nih :) Bisa lelap dan tenang ya mbak.

    ReplyDelete
  33. aku pakai EO Young Living yang orange dan lemon, seger baget aromanya kalo dipakai pagi-pagi bikin semangat beraktifitas deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirain EO cuma dipakai di malam hari. Ternyata bisa juga digunakan di pagi hari ya untuk meningkatkan semangat. Boleh nih dicoba ya, biar ga mager melulu.

      Delete
  34. huhu enak banget nih pas di diffuse gini, relaks banget. Aku sering pake pas hamil dan nungguin kontraksi mau lahiran, mbak, hehe

    ReplyDelete
  35. Memang yaa pandemi ini membubarkan semuanya hahaa. Sekarang mau relaksasi sebentar aja susah banget karena krucil dan bapaknya di rumah terus 24 jam, tapi memang menyalakan oil theraphy lumayan bikin relaks

    ReplyDelete
  36. Aku kenal Diffuser ini karena dulu cari solusi untuk mengatasi bayiku yang sering grok grok kalau tidur, Mbak. Karena dulu belum se-booming sekarang, ya, bisanya pakai panci berisi air panas yang ditetesi telon.

    Sekarang sudhh booming harganya sudah miring, ya. Apalagi bisa untuk mengusir nyamuk pula. Wah, asyik ini.

    ReplyDelete
  37. Salam kenal mba Ery, varian essentials oilmya lumayan banyak ya mba, jadi penasaran sama aromanya nih

    ReplyDelete
  38. Waah, kebayang rileksnya bisa pakai Feather the Owl Diffuser dari Young Living, ya, Teh.
    Setelah seharian berjibaku dengan urusan rumah, badan dan pikiran bisa jadi lebih rileks deh!

    ReplyDelete
  39. Aku pernah dapet hadiah giveaway oilnya doang bi, hahaha alatnya belum punya
    semoga next bisa punya jadi pengen bersantai dan relaksasi kayak apa rasanya. Nyicil punya oilnya dulu ehehhe

    ReplyDelete
  40. Ngebayangin relaksasi baca novel sambil pake Diffuser Young Living ini kayaknya tenangggggg banget. Rileks dan siap menghadapi tantangan dunia.

    ReplyDelete
  41. Diffuser owlnya lucuuuu mba. Aku masih dapet yg edisi Mediterranean and lucu juga. Aku suka YL mba.. favorit lemon, verbena, lavender sama copaiba dan frankincense mbaaa

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS