AVANA - Social Commerce yang Super Nge-heits!

Thursday, March 26, 2020


Gak terasa Kayla dan Fathir sekarang sudah mulai besar sehingga tingkat ketergantungan mereka kepada gue sebagai ibunya pun sudah semakin menipis.

Kalau dulu mereka selalu merengek dan membuntuti kemana pun gue pergi, saat ini sih udah gak lagi. Dulu mah baru juga ditinggal sebentar sudah berisik nelfon atau minta video call, kesannya sudah merasakan rindu yang membuncah banget sama ibunya. Sekarang sih harus gue duluan yang nanya di whatsapp, mereka lagi pada ngapain hahaha.

Setiap kali gue berencana akan keluar rumah untuk menghadiri event blog atau sekadar nongkrong, mereka reaksinya cuek-cuek aja. Paling hanya komentar singkat aja, “Pulangnya jangan lupa bawa oleh-oleh makanan!”

Trus gue pun mulai baper. APAKAH MEREKA SUDAH TYDACK MEMBUTUHKAN AKU LAGI! *mulai drama*

Tapi setelah gue renungkan kembali, memang sudah waktunya bagi mereka untuk belajar mandiri. Dan mungkin sudah waktunya juga bagi gue untuk mulai merencanakan sesuatu bagi diri gue sendiri. Kalau dulu setiap mau mengerjakan sesuatu, rasanya kurang leluasa karena anak-anak masih kecil. Sekarang anak-anak sudah tidak bisa lagi dijadikan alasan. Saat ini adalah waktu yang tepat.

Pengennya sih gue bisa punya kegiatan produktif yang bisa menghasilkan dong yah. Tapi apaan cobak?

Sempat berdiskusi dengan genk cashback beberapa teman, dengan waktu luang dan kemampuan yang gue miliki seperti sekarang ini kira-kira enaknya ngapain yah? Jawaban yang paling lugas sih udah pasti : Bikin online shop dan mulai berjualan! 

Selama menjadi blogger sih sepertinya branding yang paling melekat erat dalam diri gue adalah penggemar drama korea. Untuk media social baik di facebook, instagram maupun twiter, sepertinya hampir 90% dari follower gue adalah Kdramalover atau Kpoper. Jadi sepertinya gue harus memanfaatkan hal tersebut untuk dagangan gue deh hehe

AVANA – Social Commerce Platform yang Super Nge-heits!

Berhubung gue sudah memiliki followers yang lumayan militan di bidang Kdrama dan Kpop, pengen banget bisa memanfaatkannya untuk berjualan dong. Setelah bergentayangan di dunia maya untuk melakukan riset, akhirnya ketemu deh sama AVANA Indonesia sebuah Platform Social Commerce Indonesia.
.
sumber : IG @avana.id
Memanfaatkan media sosial untuk promosi mungkin udah biasa lah yah. Tapi memanfaatkan media social untuk benar-benar berjualan (tidak sekadar promosi) sampai akhirnya terjadi transaksi, hanya bisa dilakukan di AVANA dong! Kita bisa jualan langsung lewat Webstore, Facebook Store, Instagram dan Messenger Store! 

Dengan memodernisasi media sosial seperti Facebook, Messenger dan Instagram, pelanggan bisa melakukan transaksi pembelian sampai pembayaran di media sosial. Pelanggan kini tidak perlu meninggalkan laman media sosial untuk melakukan pemesanan dan pembayaran. Mereka bisa melakukan semuanya di media sosial.

Fitur keren ini tentu saja sangat bermanfaat bagi para pengusaha, pelaku UKM dan UMKM untuk berjualan online. Terutama bagi yang baru berencana untuk merintis usaha seperti gue saat ini. 

Keren banget kan system jualan di AVANA ini. Ketika sedang scrolling medsos bisa memesan produk dan langsung melakukan pembayaran saat itu juga.

Serunya Berjualan di Facebook dan Instagram Bersama AVANA

Sebagai penjual kita hanya menambahkan Toko Facebook di Halaman Facebook kita. Pelanggan pun bisa memesan dan membayar tanpa meninggalkan halaman facebook. Kita juga bisa mendapatkan data dari pengikut facebook kita.

Kita juga dengan mudah bisa mendorong produk yang ingin kita promosikan ke halaman atau timeline pribadi atau album. Secara otomatis kita juga bisa mengubah percakapan sosial kita dari facebook menjadi pesanan penjualan. Duh, berawal dari ngobrol bisa berakhir dengan jualan lho. Smooth banget kan yah!

Di Instagram juga sistemnya sama nih, pelanggan dapat langsung membeli barang melalui kolom komentar instagram tanpa harus klik URL web / atau chat toko. Bahkan ada system auto PM Reply, jadi membalas pesan dan komen pelanggan bisa lebih cepat serta otomatis.

Pengaturan Stok & Produk dengan Satu Kendali

Salah satu kelebihan dari berjualan dengan menggunakan AVANA adalah kita bisa mengendalikan semuanya hanya dari dashboard AVANA saja.

Walaupun kita bisa berpromosi di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twiter, Line, Messenger atau pun Website kita hanya perlu mengendalikannya hanya dari satu tempat saja. Hal ini tentu saja akan menghemat banyak waktu.
sumber : IG @avana.id
Kita juga bisa dengan mudah menambahkan, mengedit dan mendaftar produk baru di Toko Facebook dan Situs e-commerce pada satu system pusat. Hanya tinggal drag dan drop gambar untuk menambah produk dan bisa langsung menampilkan harga sale pada saat promosi.

Kita juga bisa mengelola dan melacak semua produk dalam daftar inventaris serta mengelompokkan produk sejenis dalam kategori masing-masing. Bahkan kita bisa menggunakan tag label untuk membantu pencarian dan browsing di situs e-commerce dan toko facebook.

Pengaturan dalam Penerimaan Order

Dengan begitu banyaknya platform media sosial yang kita pergunakan untuk promosi, kebayang gak sih puyengnya kepala kita ketika menerima pesanan apabila mempergunakan sistem manual?

Berbagai pelanggan yang memesan via facebook, instagram, whatsapp, webstore semuanya harus direkap dalam bentuk excel. Jangan sampai ada kesalahan dalam jenis produk, ukuran, warna atau ongkir. Bisa-bisa menerima complain dari pelanggan hanya karena kesalahan konyol masalah ukuran atau warna. Duh, membayangkannya saja gue udah pusing duluan nih.

Tapi dengan menggunakan AVANA kita bisa terhindar dari kegalauan semacam itu.
dashboard AVANA
Kita akan menerima pesanan baru hanya melalui email saja. Walaupun pelanggan melakukan pemesanan di facebook atau instagram, notif yang kita terima hanya berupa email. Semua tampilan pesanan dari berbagai saluran akan muncul di dasbor.

Segala macam printilan dokumen semacam faktur, invoice, pelacakan pembaruan dan penerimaan akan otomatis dikirim ke pelanggan. Kagak usah dibikin dan diketik lagi secara manual yang bisa bikin kepala kita pening. Bahkan Kita juga bisa memfilter order berdasarkan status pesanan, jadi akan lebih mudah untuk mengawasinya.

AVANA Blog Competition

Kebeneran banget nih AVANA sedang mengadakan Blog Competition yang akan berlangsung dari tanggal 18 Maret - 5 April 2020, cus buruan catet tanggalnya gais biar gak kelewatan deadline-nya nih!

Hadiahnya pun menggiurkan banget dan gak pakai bercanda lho :
Juara 1 : 3 juta + AVANA Advance Plan 3 Months
Juara 2 : 2 juta + AVANA Advance Plan 3 Months
Juara 3 : 1 Juta + AVANA Advance Plan 3 Months

Syarat dan ketentuannya pun mudah banget :
1. Tulisan minimal terdiri dari 500 kata
2. Tulisan didukung gambar original buatan sendiri, jika diambil dari luar tuliskan sumbernya.
3. Sematkan 2 hyperlink : https://campaign.avana.id/avana-g-ads/ dan https://campaign.avana.id/avana/
4. Tulisan harus buatan sendiri, no plagiat dan belum pernah dipublikasikan
5. Setelah tulisan di-publish, daftarkan ke form pendaftaran  di sini 
6. Sebarkan tulisanmu di semua saluran sosial media
7. Tulisan harus dalam bahasa Indonesia
8. Satu orang hanya bisa mengirimkan 1 artikel.

Duh, tunggu apa lagi nih, ayok buruan mulai nge-draft dari sekarang dan ikutan AVANA Blog Competition yuks!


27 comments:

  1. waktu kecil Alvin banget nih gak boleh samai lepas pokoknya emaknya, ke teras aja diikutin hehehe. Sekarang udah bisa santai-santai mending cari kesibukan yang menghasilkan ya misalnya jualan online mumpung ada AVANA yang bisa bantu kita

    ReplyDelete
  2. Orang kalau dagang suka bingung tuh gara-gara admin yang keteteran sama sosmednya. Kalau Avana ini bisa langsung terintegrasi ya. Mantap banget

    ReplyDelete
  3. dan aku baru tahu ada Avana ini, cuman modal satu platform untuk menyambung dengan platform lainnya. Pasar FB dan IG sejauh ini emang engga ada matinya sih ya. Dulu pernah jualan mesti buka satu satu capek sendiri dan akhirnya udahan huhu aku kurang bertekad :')

    ReplyDelete
  4. asik banget nih teh, aku yang tadinya udah ga aktif jualan sekarang jadi semangat jualan lagi nih berkat avana, soalnya jadi hemat waktu ga perlu upload satu satu heheheh

    ReplyDelete
  5. Social commerce ini konsepnya apik/bagus bgt ya. Kudu lebih dipopulerkan lagi! Thanks God ada AVANA. Jadinya para online shop/seller bisa banget berdagang dgn lebih gampiiillll!

    ReplyDelete
  6. Nah, untung semua notifikasi masuk email, ya.

    Ga kebayang kalo musti cek satu per satu medsos.

    saya kl buka internet nomer 1 adalah cek WA, terus email.

    ReplyDelete
  7. Dilema mak emak mah di mana-mana sama ya hahaha. Pas krucils masi kecil pengen cepet mereka gede. Giliran udah fedean kangen jaman mereka orok huhuhuhu... Btw aku baru tau loh platform Avana ini. Keknya keren yah pas buat juwalan onlen. Manttul deh

    ReplyDelete
  8. Avana berkonsep social commerce ya. Main medsos tidak lagi hanya sibuk kepo status orang, bisa jualan, bisa juga belanja, semua dilakukan dari Avana. Keren banget, Bi.

    ReplyDelete
  9. Eyaampuuuun! Kok berasa saya banget yang setiap kali keluar rumah diingetinnya tentang oleh-oleh hahaha. Btw, ini AVANA menarik juga karena dapat 3 store sekaligus

    ReplyDelete
  10. Aku baru tau nih kalau ada social commerce, selama ini cuma ngandalin e-commerce saja. Boleh juga nih nyobain jualan di Avana

    ReplyDelete
  11. Kalau sedang di rumah saja suka kepikiran bisa bisnis apa atuh ya. Biar tetap punya penghasilan. Ternyata ini jawabannya. Bisa bisnis dari rumah sampai begitu detailnya dijelaskan caranya juga. Kuy ah coba

    ReplyDelete
  12. Wah keren banget aku termasuk yang baru tahu nih tentang social commerce dan kerennya notifikasinya masuknya hanya melalui email ya jadi kita nggak perlu dibuat repot dan bingung

    ReplyDelete
  13. Seru banget ya mbak bisa berjualan di AVANA ini, apalagi bisa langsung share ke sosmed terkhusus Facebook jadi dagangannya bisa laris dari sosmed juga.

    ReplyDelete
  14. Sama mba...anakku dulu waktu kecil juga suka mbuntutin dari belakang sekarang begitu sudah besar jadi menjauh hehehe. Aku jadi tertarik deh sama Avana ini. Kita bisa memanfaatkan medsos untuk berjualan. Seru kayaknya bisa dicoba nih.

    ReplyDelete
  15. Dengan adanya Avana ini beneran ngebantu banget mba buat jualan online. Alhamdulillah yaa. Terbantu

    ReplyDelete
  16. Weehhh bisa melakukan pembelian sampe. Pembayaran di sosmed.. Kok kerennnnn.. Bru tau aku avana ini kak

    ReplyDelete
  17. Setuju banget avana ini lagi ngehitz.. ada beberapa teman aku yang wirausaha baju baju musliman juga sedang ngomongin avana ini.. cara buatnya juga mudah ya.. kita jadi belajar dari nol bagaimana berbisnis online menggunakan platfrom ya

    ReplyDelete
  18. Akan ada masanya ya Mbak anak-anak nggak nempel lagi dengan kita btw saya baru tahu nih platform Avana berarti platform ini memang khusus buat yang jualan ya, seperti marketplace gitu tapi ada fitur untuk interaksinya juga ya. Cuss ah mau kepoin

    ReplyDelete
  19. Sebetulnya pengen banget mulai jualan online yg macam2 gitu selama ini jadi reseler satu macam saja..apalagi sekarang ada AVANA gini tp kok masih blm aja ya...huhuhu

    ReplyDelete
  20. di zaman yang sedang serba tak pasti begini. Mengambil peluang usaha di platform sejenis AVANA sungguhlah langkah yang tepat. jadi mau mencoba ah.

    ReplyDelete
  21. Kalau anak udah gede enaknya waktu buat diri sendiri juga bertambah ya mbak bisa mulai aktualisasi diri juga dengan banyak aktivitas salah satu jualan online ya :D

    ReplyDelete
  22. wah bagus banget ya platform Avana, seperti mudah banget dipraktikan ini ya mbak, meskipun oleh pemula. moga sukses bisnis onlinenya ya mbak

    ReplyDelete
  23. Mantap ini lombanya hadiahnya ya mba, aku baru tahu soal avana.
    Pengen juga punya biar mengatur penjualan craftku jadi mudah.

    ReplyDelete
  24. manfaatin media sosial jadi toko online ya teh apalagi iya nih follower teteh di medsos uwow pisan :) pengen banget deh kecipratan sedikit followernya hahaha

    ReplyDelete
  25. Beneran deh teh. Ini emang ngehits banget lah. Sama kaya teteeh .. sama sama ngehits

    ReplyDelete
  26. Avana lagi hits emang nih. Saya lihat berseliweran jadi omongan para temen. Jadi bikin kepo dan pengen banyak tahu tentang Avana deh

    ReplyDelete
  27. Oh begini toh cara kerja Avana. Aku baru tau lho. Hahaha.. Awalnya ga ngert, aku pikir teh Javana. *lha

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS