AVANA - Social Commerce yang Super Nge-heits!

Thursday, March 26, 2020


Gak terasa Kayla dan Fathir sekarang sudah mulai besar sehingga tingkat ketergantungan mereka kepada gue sebagai ibunya pun sudah semakin menipis.

Kalau dulu mereka selalu merengek dan membuntuti kemana pun gue pergi, saat ini sih udah gak lagi. Dulu mah baru juga ditinggal sebentar sudah berisik nelfon atau minta video call, kesannya sudah merasakan rindu yang membuncah banget sama ibunya. Sekarang sih harus gue duluan yang nanya di whatsapp, mereka lagi pada ngapain hahaha.

Setiap kali gue berencana akan keluar rumah untuk menghadiri event blog atau sekadar nongkrong, mereka reaksinya cuek-cuek aja. Paling hanya komentar singkat aja, “Pulangnya jangan lupa bawa oleh-oleh makanan!”

Trus gue pun mulai baper. APAKAH MEREKA SUDAH TYDACK MEMBUTUHKAN AKU LAGI! *mulai drama*

Tapi setelah gue renungkan kembali, memang sudah waktunya bagi mereka untuk belajar mandiri. Dan mungkin sudah waktunya juga bagi gue untuk mulai merencanakan sesuatu bagi diri gue sendiri. Kalau dulu setiap mau mengerjakan sesuatu, rasanya kurang leluasa karena anak-anak masih kecil. Sekarang anak-anak sudah tidak bisa lagi dijadikan alasan. Saat ini adalah waktu yang tepat.

Pengennya sih gue bisa punya kegiatan produktif yang bisa menghasilkan dong yah. Tapi apaan cobak?

Sempat berdiskusi dengan genk cashback beberapa teman, dengan waktu luang dan kemampuan yang gue miliki seperti sekarang ini kira-kira enaknya ngapain yah? Jawaban yang paling lugas sih udah pasti : Bikin online shop dan mulai berjualan! 

Selama menjadi blogger sih sepertinya branding yang paling melekat erat dalam diri gue adalah penggemar drama korea. Untuk media social baik di facebook, instagram maupun twiter, sepertinya hampir 90% dari follower gue adalah Kdramalover atau Kpoper. Jadi sepertinya gue harus memanfaatkan hal tersebut untuk dagangan gue deh hehe

AVANA – Social Commerce Platform yang Super Nge-heits!

Berhubung gue sudah memiliki followers yang lumayan militan di bidang Kdrama dan Kpop, pengen banget bisa memanfaatkannya untuk berjualan dong. Setelah bergentayangan di dunia maya untuk melakukan riset, akhirnya ketemu deh sama AVANA Indonesia sebuah Platform Social Commerce Indonesia.
.
sumber : IG @avana.id
Memanfaatkan media sosial untuk promosi mungkin udah biasa lah yah. Tapi memanfaatkan media social untuk benar-benar berjualan (tidak sekadar promosi) sampai akhirnya terjadi transaksi, hanya bisa dilakukan di AVANA dong! Kita bisa jualan langsung lewat Webstore, Facebook Store, Instagram dan Messenger Store! 

Dengan memodernisasi media sosial seperti Facebook, Messenger dan Instagram, pelanggan bisa melakukan transaksi pembelian sampai pembayaran di media sosial. Pelanggan kini tidak perlu meninggalkan laman media sosial untuk melakukan pemesanan dan pembayaran. Mereka bisa melakukan semuanya di media sosial.

Fitur keren ini tentu saja sangat bermanfaat bagi para pengusaha, pelaku UKM dan UMKM untuk berjualan online. Terutama bagi yang baru berencana untuk merintis usaha seperti gue saat ini. 

Keren banget kan system jualan di AVANA ini. Ketika sedang scrolling medsos bisa memesan produk dan langsung melakukan pembayaran saat itu juga.

Serunya Berjualan di Facebook dan Instagram Bersama AVANA

Sebagai penjual kita hanya menambahkan Toko Facebook di Halaman Facebook kita. Pelanggan pun bisa memesan dan membayar tanpa meninggalkan halaman facebook. Kita juga bisa mendapatkan data dari pengikut facebook kita.

Kita juga dengan mudah bisa mendorong produk yang ingin kita promosikan ke halaman atau timeline pribadi atau album. Secara otomatis kita juga bisa mengubah percakapan sosial kita dari facebook menjadi pesanan penjualan. Duh, berawal dari ngobrol bisa berakhir dengan jualan lho. Smooth banget kan yah!

Di Instagram juga sistemnya sama nih, pelanggan dapat langsung membeli barang melalui kolom komentar instagram tanpa harus klik URL web / atau chat toko. Bahkan ada system auto PM Reply, jadi membalas pesan dan komen pelanggan bisa lebih cepat serta otomatis.

Pengaturan Stok & Produk dengan Satu Kendali

Salah satu kelebihan dari berjualan dengan menggunakan AVANA adalah kita bisa mengendalikan semuanya hanya dari dashboard AVANA saja.

Walaupun kita bisa berpromosi di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twiter, Line, Messenger atau pun Website kita hanya perlu mengendalikannya hanya dari satu tempat saja. Hal ini tentu saja akan menghemat banyak waktu.
sumber : IG @avana.id
Kita juga bisa dengan mudah menambahkan, mengedit dan mendaftar produk baru di Toko Facebook dan Situs e-commerce pada satu system pusat. Hanya tinggal drag dan drop gambar untuk menambah produk dan bisa langsung menampilkan harga sale pada saat promosi.

Kita juga bisa mengelola dan melacak semua produk dalam daftar inventaris serta mengelompokkan produk sejenis dalam kategori masing-masing. Bahkan kita bisa menggunakan tag label untuk membantu pencarian dan browsing di situs e-commerce dan toko facebook.

Pengaturan dalam Penerimaan Order

Dengan begitu banyaknya platform media sosial yang kita pergunakan untuk promosi, kebayang gak sih puyengnya kepala kita ketika menerima pesanan apabila mempergunakan sistem manual?

Berbagai pelanggan yang memesan via facebook, instagram, whatsapp, webstore semuanya harus direkap dalam bentuk excel. Jangan sampai ada kesalahan dalam jenis produk, ukuran, warna atau ongkir. Bisa-bisa menerima complain dari pelanggan hanya karena kesalahan konyol masalah ukuran atau warna. Duh, membayangkannya saja gue udah pusing duluan nih.

Tapi dengan menggunakan AVANA kita bisa terhindar dari kegalauan semacam itu.
dashboard AVANA
Kita akan menerima pesanan baru hanya melalui email saja. Walaupun pelanggan melakukan pemesanan di facebook atau instagram, notif yang kita terima hanya berupa email. Semua tampilan pesanan dari berbagai saluran akan muncul di dasbor.

Segala macam printilan dokumen semacam faktur, invoice, pelacakan pembaruan dan penerimaan akan otomatis dikirim ke pelanggan. Kagak usah dibikin dan diketik lagi secara manual yang bisa bikin kepala kita pening. Bahkan Kita juga bisa memfilter order berdasarkan status pesanan, jadi akan lebih mudah untuk mengawasinya.

AVANA Blog Competition

Kebeneran banget nih AVANA sedang mengadakan Blog Competition yang akan berlangsung dari tanggal 18 Maret - 5 April 2020, cus buruan catet tanggalnya gais biar gak kelewatan deadline-nya nih!

Hadiahnya pun menggiurkan banget dan gak pakai bercanda lho :
Juara 1 : 3 juta + AVANA Advance Plan 3 Months
Juara 2 : 2 juta + AVANA Advance Plan 3 Months
Juara 3 : 1 Juta + AVANA Advance Plan 3 Months

Syarat dan ketentuannya pun mudah banget :
1. Tulisan minimal terdiri dari 500 kata
2. Tulisan didukung gambar original buatan sendiri, jika diambil dari luar tuliskan sumbernya.
3. Sematkan 2 hyperlink : https://campaign.avana.id/avana-g-ads/ dan https://campaign.avana.id/avana/
4. Tulisan harus buatan sendiri, no plagiat dan belum pernah dipublikasikan
5. Setelah tulisan di-publish, daftarkan ke form pendaftaran  di sini 
6. Sebarkan tulisanmu di semua saluran sosial media
7. Tulisan harus dalam bahasa Indonesia
8. Satu orang hanya bisa mengirimkan 1 artikel.

Duh, tunggu apa lagi nih, ayok buruan mulai nge-draft dari sekarang dan ikutan AVANA Blog Competition yuks!


No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS