Senin, 09 November 2015

Berhasil 3 kali ke Korea Berkat Blog!



Sebagai seorang penggemar drama korea tingkat akut, dapat menginjakkan kaki ke negeri ginseng sudah menjadi mimpi terpendam gue sejak lama.

Tentu saja, gue berusaha realistis dan sangat menyadari bahwa dari segi finance, gue masih belum mampu untuk bisa pergi ke Korea. I can’t afford it!

Sebagai seorang ibu yang memiliki 2 anak, terlalu banyak prioritas dalam hidup gue yang masih harus diutamakan, masih terlalu banyak cicilan yang harus dipikirkan *KPR gue aja 15 tahun bok* dan biaya pendidikan Kayla & Fathir yang masih menjadi PR besar buat kita.

Apalagi gue adalah seorang ‘stay at home mom’ yang notabene tidak berpenghasilan.


  
Alhamdulillah, ternyata jalan gue menuju Korea bisa terwujud melalui blog gue. Blog gue tercinta ini telah berhasil membawa gue ke Korea sebanyak 3 kali. 

Untuk lengkapnya bisa baca postingan gue : Korea Here I Come, Korea Here I Come Again.

Saat ini untuk ketiga kalinya gue berhasil mencapai Korea melalui proyek ambisius gue yaitu : Autumn Trip ala Drama Korea.

Berbagai Drama yang Bikin Baper & Galau!

Proyek Autumn Trip ala Drama Korea ini merupakan proyek gue yang sangat ambisius dan tentu saja harus melalui berbagai aral dan rintangan terlebih dahulu dong biar dapet dramanya bhahahaha…

Gue mulai mempromosikan trip tersebut di awal bulan Maret 2015 dan mendapatkan sambutan yang gegap gempita. Alhamdulillah.

Saat itu, ada beberapa pembaca blog dan follower di twiter yang tertarik untuk ikutan bergabung dengan trip ini, dan bahkan sudah ada beberapa yang memberikan DP, sehingga hati ini pun mulai riang dan merasa sedikit optimis.

Tapi…tapi…

Ibaratnya lo nonton drama Korea, di episode awal kita emang belum dikasih konflik yang terlalu berarti sih sama sang penulis skrip, sengaja dibuat terlena dulu lah istilahnya mah,  tapi menjelang pertengahan episode mulai timbul berbagai benih perpecahan yang membuat hati ini bergejolak!

Kabar Mengejutkan di Akhir Juli

Adakah yang menyadari berita menghebohkan yang beredar di sekitar akhir bulan Juli tentang virus menyeramkan yang mewabah di Korea Selatan?

Iya, yang gue maksud MERS!

Beritanya heboh, menggemparkan, dan sedikit simpang siur sih. Silahkan di google sendiri aja beritanya deh yah, tapi yang jelas berita ini berpengaruh banget ke trip gue.

Ada beberapa member trip yang mulai gelisah dan akhirnya membatalkan trip mereka karena emang berita yang beredar pada saat itu parah banget. 

Jujur saja gue tidak bisa berbuat banyak tentang hal ini dan hanya bisa sebatas menjelaskan saja. Tapi di satu sisi tentu saja gue sangat-sangat memahami kegelisahan mereka akan hal ini, dan gak bisa memaksakan juga lah yah.

Jadi ya, gue hanya bisa pasrah aja ketika akhirnya di cancel dan mulai sedikit risau.

Debaran yang Terulang Kembali

Ketika mengikuti Touch Korea Tour Blogging Contest yang memakai system penilaian semi SEO, saat itu hati gue gelisah dan berdebar tak menentu karena terus-terusan nongkrongin google dengan kata kunci yang sudah ditentukan. 

Penilaian semi SEO artinya hanya blog yang berada di halaman 1 google dengan kata kunci tertentulah yang akan diperhitungkan untuk di interview oleh KTO. Alhamdulillah blog gue berhasil berada di halaman 1 google dan mendapat panggilan interview dari KTO.

Menyusuri Sungai Han bareng 2 PM and Miss A

Dan untuk kedua kalinya, hati gue pun mengalami debaran yang sama ketika harus menjalani voting online untuk bisa memenangkan acara Buzz Korea Awards. Pada saat itu team kita yaitu Fun Tour bersaing sangaaaaaaat ketat dengan team Style Tour.

Detik-detik ditutupnya voting online merupakan momen yang sangat mendebarkan dalam hidup gue! Alhamdulillah, Fun Tour berhasil memenangkan voting online, dan gue pun berhasil menghadiri acara Buzz Korea Awards.


Voting Online ini bikin deg-degan banget!

Akhirnya bisa ketemu lagi sama 2 PM dan Miss A! Junhoooooo!
Sungguh tidak gue duga, bahwa pada akhirnya gue harus mengalami debaran yang sama untuk ketiga kalinya. 

Duh Gusti nu agung!

Sekitar awal Agustus tiba-tiba saja nilai rupiah melemah dan harga dollar menanjak naik! Dan kenaikan tak terduga itu tentu saja sangat berpengaruh pada trip gue. SANGAT! 

Saat itu rumor yang beredar juga mulai gak enak, banyak meme bertebaran yang menyebutkan bahwa  harga dollar akan mencapai harga 17.845 biar sama kayak tanggal kemerdekaan bangsa kita, 17 Agustus 1945 gitu lah! 

Duh, kok serem amat sih kakak!

Dan kalo di trip sebelumnya gue berdebar mantengin keyword di google dan jumlah angka di voting online, maka di trip ini hati gue selalu berdebar tak menentu matengin kurs dollar hiks.

Berasa déjà vu banget lah iniiiih!

Walaupun setahu gue sih, harga dollar akhirnya mentok di angka 14.710 dan sekarang mulai rada stabil di angka 13.600-an tapi tetap aja peserta trip gue banyak yang gentar dan mulai mundur satu-persatu. Dan gue pun mulai kesulitan mau jualan paket wisatanya kalo harga dollarnya kaya gitu kan!

Duh Gusti…Bayangan Lee Min Ho mulai terlihat semakin menjauh dari genggaman dan mulai memudar sedikit demi sedikit…hiks…

Hashtag Unyu!

Ketika gue sedang galau parah mikirin harga dollar, tiba-tiba saja cobaan yang lebih besar datang menghantam!

Sekitar akhir bulan Agustus, sekonyong-konyong di timeline twiter gue heboh banget bertebaran hashtag #PrayForKorea. 

APA PULAK INIIIIH!!

Ternyata ada rumor mengerikan yang menyatakan bahwa Korea Utara bakal nge-bom Korea Selatan. Ow Em Ji, kalian teh mau pada perang?!



Ih, hatiku yang tengah gundah gulana ini kan jadi semakin rapuh dan jadi berasa butuh sandaran banget ketika mendengar tentang berita serem inih!

Saat itu gue pun menghubungi beberapa teman gue di Korea menanyakan kabar mereka, diantaranya Tim teman sesama Fun Tour, yang saat ini lagi kerja di Korea.

DAN TERNYATA MEREKA PADA NYANTAI-NYANTAI AJA SIH!!

Gue message si Tim, dan lamaaaaaa banget baru dibales, ternyata dia malah lagi asyik nongkrong bareng teman-temannya aja gituh!

Rata-rata mereka pada menjawab bahwa di perbatasan suasananya memang sedikit tegang, tapi kalo di kota atau di Seoul nya sendiri sih pada nyantai dan tetap beraktifitas seperti biasa aja.

Dan beberapa hari kemudian, mulai beredar hashtag jawaban dari warga Korea yang bertulisan #WeAreFineThankYou 

Duh, itu hashtag-nya kok so sweet banget sih yaaaa !

Dan emang gak ada perang sih, cuma gesekan sedikit aja, tapi media sukanya mem-blow up biar drama, dan heboh gitu, yang mana ngefek banget ke trip gue huhu.

Gue akhirnya  sampai di satu titik dimana gue merasa  harus mengikhlaskan Lee Min Ho jadian ama Suzy aja sih, yang penting mah dia bahagia aja hiks.

*kemudian cegukan tiada henti tanda masih belum ikhlas…ini kenapa labil!*
 
Harus Memilih…

Well, I am not trying to make any excuse! 

Tapi kalo lo perhatikan baik-baik, semua aral rintangan yang menghadang gue adalah merupakan faktor eksternal yang mana diluar kekuasaan gue.

Mana bisa sih gue mengendalikan virus MERS atau harga dollar? Dan ketika bikin trip ini di awal tahun, mana gue tahu kalo tiba-tiba aja Kim Jong Un Ahjussi perasaan lagi pengen nge-bom Seoul aja gitu tahun ini!

Tapi walaupun berasa galau parah, gue berusaha menahan diri untuk gak mengeluhkan tentang hal ini di social media. Bagi yang temenan ama gue di facebook atau follow gue di twitter, mungkin tahunya gue nyetatus & nge-twit yang asyik-asyik aja lah yaaah...

Mengeluh sana-sini dan menyalahkan keadaan gak bakal membuat keadaan lebih baik buat gue, jadi ya udahlah hadapin aja sih!

I just have to deal with it!
 
Setelah diskusi panjang lebar dengan Ayu, waktu itu pilihan buat gue adalah membatalkan trip tersebut atau mundur ke winter trip di bulan Desember atau Januari 2016.

Ow Em Ji, memikirkan kalo trip ini harus dibatalin bener-bener bikin jantung gue berdentum-dentum dan bergemuruh tak terkendali aja sih.

Memundurkan trip ke winter sebenarnya membuat gue tidak enak hati, karena dari awal kita udah menawarkan paket autumn trip, dan setelah gue obrolin dengan peserta trip yang tersisa rata-rata mereka terlanjur sudah mengajukan cuti untuk tanggal yang sudah kita sepakati bersama.

Okay, jadi kemungkinan yang tersisa adalah apabila dalam jangka waktu yang tersisa gue tidak berhasil menambah kuota peserta, maka gue akan terancam batal berangkat karena budgetnya sudah pasti gak bakalan ke-cover.

Jangan ditanya lah, perasaan gue saat itu kayak gimana. Gue mah udah bukan lagi pengen nendang kulkas,...

Gue malahan jadi bimbang apakah gue harus berlari ke warung Mama Ajeng dan membanting semua tabung gas dan Aqua galon yang ada disana...

Atau gue harus pecahkan saja gelasnya biar ramai, biar mengaduh sampai gaduh dan kemudian gue harus lari ke hutan atau belok ke pantai?

*BERASA JADI SI CINTA YANG LAGI NULIS DI BUKU CURHAT!*

Saatnya untuk Berjuang!

Bisa aja sih gue memilih untuk menyerah aja saking stresnya, bisa banget! Secara jalannya udah ketutup disana-sini dan waktunya udah mepeeeeet banget!

Tapi gue memilih untuk tetap berjuang aja!

Situasinya saat itu sangat tidak kondusif, karena harga dollar naik harga daging sapi dan ayam pun sempat ikutan naik juga, belum lagi isu perang yang mulai merebak. Semua kondisi itu membuat gue merasa serba salah dan berasa gak enak hati untuk menyebarkan link jualan paket wisata gue.

Sehingga gue pun sempet nge-modus!

Alih-alih menyebarkan link autumn trip yang isinya jualan banget, gue memutuskan untuk membuat postingan super cetar yang berisi tentang drama Korea yang berjudul Berbagai jenis Cinta dalam Drama Korea dan kemudian menyelipkan link jualan di bagian bawahnya bhahahaha...

Dan seperti biasa, kalo gue bikin postingan tentang drama Korea, blog gue ramenya udah kayak pasar Caringin sebelum Lebaran, hehe. Dan Alhamdulillah postingan itu banyak banget yang nge-share
dan nge-retweet. Makasih yah!



Dan modus gue tidak berhenti sampai disitu, kalo minggu sebelumnya gue mengincar para pecinta drama korea, maka minggu berikutnya gue pun mengincar para blogger. Gue membuat postingan modus super cetar yang berjudul : Menanggapi Komentar Buruk di Blog dan lagi-lagi menyelipkan link jualan gue di bagian bawahnya hehe.

Dan Alhamdulillah juga, postingan modus gue itu juga lumayan rame dan rusuh.

Yah, namanya juga gue lagi berusaha gitu lhoooo. Pokoknya gue benar-benar mengerahkan segala daya dan upaya. Gue belum mau menyerah dan berjuang terus deh! Dan masih banyaaaaak lagi usaha-usaha lain yang gue lakukan demi mewujudkan mimpi gue.

I worked so hard...really-really-really hard!

Dan Alhamdulillah, hasilnya udah tahu sendiri lah yah! Hatiku riang tak terkira karena akhirnya bisa berhasil nyamperin dan ngerusuhin para bias gue ke Seoul!

on

Mendapat Peluang Sebagai Blogger!

Selama ini gue sering mendapat komentar yang berisi kurang lebih "Ih enak banget lo yah jadi blogger, bisa dapet ini-itu dan jalan-jalan keluar negeri segala"

Yah, gue sih hanya bisa tersenyum dan meng-amin-kan aja sih ucapan seperti itu mah.

Tapi kan lo udah baca sendiri gimana perjuangan gue, dan semuanya gak semudah itu gue dapatkan.

Menjadi blogger dapat membuka peluang dan memperluas cakrawala gue...
Menjadi blogger juga dapat memberikan gue berbagai kesempatan dan jaringan,..

Dan setelah semua kesempatan dan peluang berhasil gue dapatkan, kesononya mah tetap harus diraih dengan usaha dan kerja keras dong kakak!

Bahkan setelah tiket dan visa sudah ditangan, gue sempat bingung dan galau karena budget gue mepet banget. Tapi, tak lama kemudian gue mendapat job untuk menulis dan langsung diminta tanda tangan kontrak untuk 6 bulan. Subhanallah banget lah itu...

Jadi Alhamdulillah, trip gue ini semuanya merupakan hasil dari ngeblog dan gue gak usah harus ngerepotin Abah dari segi financial.


Iya, 7 hari di Korea gue memang hanya membawa 1 backpack aja biar gak usah beli bagasi dan lebih hemat.

Mimpi pergi ke Korea…

Adakah yang merasa senasib dengan gue juga? 
Bermimpi pengen pergi ke Korea, but financially can’t afford it! 

So, this post specially dedicated for all of you guys who has the same dream with me!

Selama ini gue hanya bisa sekedar bermimpi saja untuk bisa pergi ke Korea. Mimpi mah kan gak bayar, jadi bebas-bebas aja lah yah!

Tapi karena kecintaan gue yang begitu besar akan drama Korea, gue pun ‘memelihara’ mimpi itu dengan penuh cinta. Sering ditengokin, disayang-sayang, dan gue simpan baik-baik di sudut hati gue.

Sampai akhirnya perlahan tapi pasti, mimpi itu pun bertransformasi dan mulai naik tingkat menjadi : SEBUAH KEINGINAN!

Dan satu hal yang gue yakini adalah, ketika lo memiliki keinginan yang sangat kuat akan sesuatu hal, maka tanpa disadari lo pun akan mulai melakukan segala bentuk usaha untuk bisa mewujudkan keinginan tersebut.
Dan kalo menurut hukum ketertarikan sih apabila lo memiliki keinginan yang teramat sangat dan didasari dengan energi positif maka niscaya seluruh partikel yang ada di semesta ini akan membantu lo untuk mendapatkannya. 

Semesta akan menuntun lo untuk mendapatkan jalannya, lo akan dipertemukan dengan orang yang tepat pada waktu yang tepat pula, tentu saja atas seijin Allah lho yah. Dan karena gue adalah seorang istri, semua hanya bisa terwujud atas ijin dan ridho Abah sebagai imam gue juga.

Insya Allah pasti akan ketemu jalannya asal lo mau berusaha kok!

Walaupun gue berhasil pergi ke korea sebanyak 3 kali, tapi seperti yang sudah gue ceritakan, jalannya sungguh panjaaaaang dan berliku! 

But that’s okay, because I did it!

Setiap kali gue merasa putus asa dan berasa  pengen menyerah, gue selalu teringat akan petuah bijak si mang  tukang jualan cappuccino cingcau yang biasa mangkal di depan indomaret :
Effort will never betray you! 
Jadi lo jangan mau kalah sama si mang tukang capucino cingcau dan harus berusaha terus yah!

Ya udahlah segitu aja dulu yah, soalnya gue mau ke kost-an Lee Min Ho dulu mau kasihin titipan keripik tempe favoritnya dia!

Nanti akan gue posting lagi secepatnya cerita tentang jalan-jalan gue di Seoul yah!

Iya, gue udah 3 kali berhasil pergi ke Korea berkat blog!

88 komentar:

  1. Aku suka senewen kalau ada yg ngasih tips2 mudah ini itu, mbokya perjuangannya yg dipelajari, bukan shortcut melulu, bikin bangsa ini males. Dari postingan ini makin terlihat bahwa ngeblog itu butuh perjuangan banget utk bisa sampai ke Korea 3x. Kamu inspirasi. Salut padamu.

    BalasHapus
  2. Perjuangan emak kereen,,, tapi nggak bisa nanggepin laen2,, soalnya buta ama drama korea T_T kereennn

    BalasHapus
  3. mama Fathir n Kayla yang satu ini emang kereeen..... selamat menikmati perjalannnya ya mak... n be carefull :)

    BalasHapus
  4. kepengen juga ke Korea....tapi inspiratif sekali teteh yang satu ini, perjuangan yang berliku tapi kalau teteh yang nulis jadi rasanya asyik aja tuh...Have Fun disana ya...kalau bisa titip om Jang Dong Gun donk...

    BalasHapus
  5. keren, udah 3 kali ke Korea. gratis lagi :D

    BalasHapus
  6. mau mau mau...kapan2 kalau ada lagi colek2 ya teh...mau ngapelin abang min ho... :D

    BalasHapus
  7. waah keren bisa foto langsung sama 2 AM....ngiri deh mbak :D

    BalasHapus
  8. Teteh emang luar biasa.. Hehehe.. Jgn lupa buka pendaftaran selanjutnya yaa. :D akupun punya mimpi bisa ke Korea..

    BalasHapus
  9. Walopun cuma emak2 yg hobi nendang kulkas, ternyata bs ke korea sendiri tanpa minta duit suami. Ini keren namanya

    BalasHapus
  10. Duhh.... bikin mupeng. sama mba saya pengen banget jalan - jalan ke luar negeri. terutama ke jepang. Tapi ya emang itu kalau udah berkeluarga sih pasti kudu mentingin yang lebih penting dlu ketimbang ambisi pribadi.

    Tapi saya salut! semangat menebar hal - hal positif yaaaa

    BalasHapus
  11. Teeehhh sampai sekarang kalau lihat teh erry ini aku masih berfikir ini aku mah apa atuh ngaku blogger gak sepada banget. Belum pernah berjuang untuk mencapai mimpi. Masih takut sendiri buat berjuang dan tetek bengeknya. Hiks.

    Tapi aku selalu berfikir kalau jalan orang emang beda beda ya. Mungkin karena aku takut bermimoi di blog jadi aku lebih bekerja keras di dunia fisik. Diperkerjaan. Jadi harus lebih rajin kerja. Usaha sana sini buat bisa jalan. Ke korea seh dijadwal tunggu anak kedua. Hahahahaha. Insya allah bisa kewujud deh.

    Dan aku juga pengen ke eropaaaaa. Bayangin loh setiap ada promo tiket murah aku udah lihat lihat dan selingan di kantor ya nyatet hotel murah di sana. Hahahahahaha.


    Tetep ditunggu cerita di koreanya. Terutama makanan halalnya teh. Catetin ya 😊

    BalasHapus
  12. perjuangan keras in sya Allah membuahkan hasil yang terbaik ya mbak....

    it's my dream can traveling to Korea. Cuma bisa usaha dari lomba dan ikut kegiatan yang *uhuk gratis. wehehe. semoga ntar dapat kesempatan dan kesampaian seperti teh ery.

    btw semoga next trip ke korea teh ery bareng abah dan anak-anak. terus disana bikin video dari scene drama korea. huaaaa, seru tuh. hehehe :D

    BalasHapus
  13. qiqiq, tiap baca tulisan mba Erry saya suka ketawa2..selamat ya mba. saya jadi terrpacu untuk terus bermimpi...

    BalasHapus
  14. Mbak Erry,

    Jadi terharu aku baca ini lho, Mbak :-) Apalagi aku juga bakal segera berangkat ke negara favoritku dan ngerasain banget apa yg Mbak rasain akibat si Dollar :D
    Dan ngutip dari yang ini :"Dan kalo menurut hukum ketertarikan sih apabila lo memiliki keinginan yang teramat sangat dan didasari dengan energi positif maka niscaya seluruh partikel yang ada di semesta ini akan membantu lo untuk mendapatkannya.", mudah-mudahan segala rencana aku juga berjalan lancar...Aamiin :-)

    BalasHapus
  15. Perjuangan yang tak sia-sia ya mbak :)
    Chukae

    BalasHapus
  16. Tjakep Mak ~♥~ Hu'um memelihara mimpi membuat hidup jadi lebih hidup ya Mak ^o^

    BalasHapus
  17. Tehhh.. Meuni keren ihhhh.. Salut2 akuhh padamuuuu :D

    BalasHapus
  18. mbak erry memang keren,saya suka saya suka :) :)

    BalasHapus
  19. Kerja keras peluh liku!
    Kalau cuma liat hasilnya mah enak ya, Teh. Jalan-jalan ke Korea 3 kali, gratis pulak! Tapi kalau di liat perjuangannya juga panjang banget.
    Tulisannya bikin aku yang sama-sama pengen ke Korea jadi semangat euy! Semoga suatu saat bisa kayak Teteh yang bisa ke Korea gratis! Secepetnya! :))

    BalasHapus
  20. postingan ini berhasil membuat saya googling tentang lee min ho. :-D

    BalasHapus
  21. Saya tidak begitu tw korea. Tapi, mimpi memang semisal hal diatas. Harus berjuang sampe dapat ...

    BalasHapus
  22. MBAKKK ERRY AKU MENGIKUTI JEJAKMU MBAAAKKK *teriakpaketoakbiardengersampaiKorea hahahha ---->>So, this post specially dedicated for all of you guys who has the same dream with me!

    Selama ini gue hanya bisa sekedar bermimpi saja untuk bisa pergi ke Korea. Mimpi mah kan gak bayar, jadi bebas-bebas aja lah yah!

    Tapi karena kecintaan gue yang begitu besar akan drama Korea, gue pun ‘memelihara’ mimpi itu dengan penuh cinta. Sering ditengokin, disayang-sayang, dan gue simpan baik-baik di sudut hati gue.

    Sampai akhirnya perlahan tapi pasti, mimpi itu pun bertransformasi dan mulai naik tingkat menjadi : SEBUAH KEINGINAN!


    BalasHapus
  23. Yeah, effort lo mang keren Bibi :D

    BalasHapus
  24. Korea itu anak saya banget banget banget...tiap hari nontonnya running man mulu nggak hanya di TV tapi di you tube juga...tiap hari..!!!

    ** perjuangannya hebat mbak...sangat menginspirasi : bahwa kalau ingin meraih mimpi itu harus kerja keras dan cerdas... :)

    BalasHapus
  25. Teteeh bikin lagi ya besook taon depan ato taun depannya lagi! pas liburan sekolah ..hihi..suka suka sama semesta mendukung!

    BalasHapus
  26. Asikkk ya Teh, ntar abis korea icip-icip juga mampir ke Padang ya teh :)

    BalasHapus
  27. Kerja kerasnya berbuah manis ya , Teh. Kalau dijadiin drama, pasti sangat mendebarkan lah ini (perjalanan Auntum Trip). Dramanyapun happy ending.

    Teh, selamat menikmati perjalanannya ya, jangan lupa oleh2 fotonya yang buanyaaaak. Aku siap dipamerin kok, biar impian ke Korea berubah jadi keinginan. :))

    BalasHapus
  28. Kerja kerasnya berbuah manis ya , Teh. Kalau dijadiin drama, pasti sangat mendebarkan lah ini (perjalanan Auntum Trip). Dramanyapun happy ending.

    Teh, selamat menikmati perjalanannya ya, jangan lupa oleh2 fotonya yang buanyaaaak. Aku siap dipamerin kok, biar impian ke Korea berubah jadi keinginan. :))

    BalasHapus
  29. aiiihhh...ngirrllleeeeerrrr, pengin bingit ke korea..keren euy 3 kali ke korea berkat ngeblog *berharap ketularan* :D

    BalasHapus
  30. Endingnyaaaaaa nendang bangeeettttt.. semacem nendang kulkas gegara tae kwang di tolak eun bi.. *seruput cappucchino*
    Yups someday, keinginanku adalah berangkat ke korea bareng teteh, semoga di ridhoi Allah dan Ortu.. aamiin,,

    BalasHapus
  31. aduhhhhh, ga nyadar kalo segala berita tentang dollar naik ayam naik sapi naik sampe pengaruh banget ke planning trip yah. tapi iya juga sih... #ditoyor... yang penting happy ending lah yah galaunya lupain aja sekarang pikirin jalan2nya aja hehe.. take care biiiii

    BalasHapus
  32. Ga sabar nunggu cerita perjalanan berikutnya...

    BalasHapus
  33. Mbaaa.. Terharu bacanyaa.. Alhamdulillah akhirnya sampe korea juga yaa.. Meski dg perjuangan berdarah2

    BalasHapus
  34. Sumpah... terharu banget bacanya, Mbak...
    Tuhan memang nggak akan pernah salah ngasih rezeki...
    Kalau aku pingin sekali ke Jepang dan Jerman, ada solusi nggak, Mbak?

    Sukses terus Mba...

    BalasHapus
  35. Hebattt banget Erry perjuanganmu demi ke Korea.
    1x aja sdh hebat, apalagi sampai bisa 3x, tambah bangetttt hebatnya krn blog yg bikin bisa mewujudkan impianmu yaa.

    BalasHapus
  36. you deserved it ry!!! setelah melewati segala rintangan ya...
    have fun yaaa :)

    BalasHapus
  37. AAAAKKK... ikutan seneng baca blog ini.. akhirnya sukses juga berangkatnya ya mbak :D

    semoga nanti gw juga kesampaian ke Korea ...amiinn...

    btw,
    walau di Korea tetep eksis yah mbak :D

    *nongkrong di mari ah...siapa tau kesambet oleh2 susu pisang gambar lee min ho* hihihi...

    BalasHapus
  38. teh..sumpeh deh keren banget inih.....
    aku ikutin deh advicenya..aku punya mimpi dan akan memupuknya menjadi sebuah keinginan dan nantinya harus bisa trwujud..xixixixi..
    oleh2 ya tehhhh

    BalasHapus
  39. Kereeeen bi, ikut seneng dengernya akhirnya bisa ke Korea lg.
    Dannn tau dong klo aku cuma bisa ngiri hati dengki liat tripmu ini hahaha.

    Pokoknya, sehat2 di sana ya bi. Balik lg ke Indo dg selamat dan membawa cerita baru, terus bikin trip lagi. Siapa tauuu bisa aku bisa ikutan..hehe.

    Eh, apa skrg udah balik?

    BalasHapus
  40. keren banget udah 3 kali ke korea

    BalasHapus
  41. tetehhhh keren banget laaaah, kalau diniatin dan diusahain emang pasti bakal kesampean ya... salut lah sm teh erry :)

    BalasHapus
  42. Mba Erry... saya juga percaya hasil tak pernah mengkhianati usaha yang sungguh-sungguh dan kini terlihat dari perjuangan Mba Erry yang akhirnya berbuah manis... selalu salut dan bangga sama semua perjuanganmu Mba Erry... sangat menginspirasi :)

    BalasHapus
  43. Duuuh ternyata untuk pergi ke Korea yang ke 3 kali ternyata benar-benar bikin was-was ya Mba Erry.... ujiannya benar-benar diluar kuasa... Mers yang merebak, dollar yang menggeliat, perang yang berdentum... untungnya semua itu bisa dilalui ya Mba Erry hingga bisa mendarat manis di pelukan Lee Min Ho (Baca Tanah Kelahiran Lee Min Ho) Ikutan Lega dan senang Mba heheheh

    BalasHapus
  44. Jadi ini postingan lagi di Korea ya Mba Erry? aiiiiih serasa membuka makanan langsung dari oven... masih hangaaat... heheheh

    Di tunggu cerita seru lainnya ya Mba Erry.. jangan pake lama ya breaknya.... hehehhehe

    BalasHapus
  45. Ah keren. Ngiriiiii.... hehehe. :D

    BalasHapus
  46. Mantab mbak lanjutkan hahah

    BalasHapus
  47. tulisannya bagus dan rapih mba erry.. salut dengan konsistensi nulis tentang korea dan akhirnya tercapai.. mauu juga bisa kemana-mana karena ngeblog.. salam kenal yaa...

    BalasHapus
  48. Merasa gimana gitu, Korea salah satu negara yang ingin sekali saya kunjungi 😀

    BalasHapus
  49. Salut banget, deh usahanya. Sukses selalu Mbak. Aku juga mau bikin rusuh ah... Ngikut triknya. Semoga hasilnya tidak dilempar tabung gas kosong, deh. Atit

    BalasHapus
  50. waduh... belum pernah ke Korea neh... pengen beud hehehe...

    BalasHapus
  51. Berkat ngeblog juga pernah mengantarkan saya ke negara tetangga... Dan dari ngeblog insha Allah akhir bulan ini akan berangkat lagi ke luar negeri gratis

    BalasHapus
  52. Kerennn bangetsss ihhhh. Inginnnn 😅

    BalasHapus
  53. Kerennn bangetsss ihhhh. Inginnnn 😅

    BalasHapus
  54. Wuah, mantap banget~~ >.< salut abis ama orang-orang seperti mba~~ berkat kerja keras sendiri akhirnya bisa mencapai sesuatu yang selama ini di mimpi2in~ T-T

    BalasHapus
  55. wahhh, jadi semangat ngeblog saya.

    semoga saya juga bisa seperti kakak yang bisa pergi ke korea, sayangnya saya kurang begitu rajin dalam update blog...

    tapi tetap semangat..

    BalasHapus
  56. Tulisan yang inspiratif, blog ternyata bisa memberi sesuatu yang diluar perkiaraan. Rejeki tak akan kemana, saya juga pingin bisa jalan-jalan dengan "modal" blog, semoga saja bisa terealisasi. :)

    Salam

    BalasHapus
  57. Ahhh, roomie-ku ini memang membanggakan... Semoga sekamar dengan kamu di event kemarin bisa ketularan rezeki jalan2 berkat ngeblog :p

    BalasHapus
  58. kalo cuma 1 kali itu beruntung, nah kalo sampai 3 kali apa namanya?

    BalasHapus
  59. Nah, foto terakhir itu yang nongol di Jawa Pos hihi. Pasti ke depan akan ada yang ke 4 ya mbak. Aku kapan ya bisa ke Korea? :D

    BalasHapus
  60. Mantaps mbak, inspiratif banget. Segala hal butuh perjuangan yaaa.

    BalasHapus
  61. Dahsyatnya kekuatan blogger diiringi sama Keyword yah :D

    BalasHapus
  62. mantap banget... dari blog sampai ke jendela dunia

    BalasHapus
  63. wooo keren banget kak ^^
    aku juga jadi pengen meraih mimpi2ku

    BalasHapus
  64. perjuangan banget yaa ry...tapi akhirnya berbuah manis dehh...hebattt emang si erry tehh...

    BalasHapus
  65. Wah asli mbak,,, setelah baca ini jadi fikiran terbuka,,, rezeki dari Sang Pencipta datang tak terduga - duga. Banyak pelajaran yang dapat saya ambil dari postingan Mbak,,,, wah jadi semangat untuk ngeblog,,, Mantabbb

    BalasHapus
  66. wah saya salut banget sama mbak...saya juga kepengen bisa jalan-jalan kekorea sana..saya juga suka nonton drama korea.suka dengerin lagu korea..tulisannya sangat menarik dan kreatif banget...

    BalasHapus
  67. keren dan inspiratif banget ceritanya..pasti yang lain juga pada pengen ikutan jalan-jalan gratis

    BalasHapus
  68. wah sangat luar biasa perjuangannya mbak, mengikuti kontes dengan berupaya sungguh-sungguh akhirnya membuahkan hasil, jadi semangat untuk ngeblog neh :D

    BalasHapus
  69. ya Alloh mupeng banger ke Korea sampek 3 kali gara-gara blog aja sumpah

    BalasHapus
  70. Keren dan inspiratif banget, bisa ke Korea karena blog :D cerita lagi ya pengalaman di Koreanya

    BalasHapus
  71. waaah hebat teteh bisa pergi kekorea berkat blog, emang impian semua org bisa pergi keluar negeri. teteh beruntung banget

    BalasHapus
  72. Wah kereen bisa ke Korea dari ngeblog, ketemu artis-artis Korea juga :D terus semangat kak

    BalasHapus
  73. What? Teh Erry ketemu Wooyoung ya? Huaaaaaaa ngiri abis ngiri abis ngiri abissss!

    Dan setelah baca postingan ini aku baru ngeh ternyata Teh Erry ini pernah diomongin sama beberapa blogger yang aku kenal. Berkah suka drakor, bisa jalan-jalan ke Korea. Oh Em Ji. How lucky you are!

    Aku juga mauuuu Teeehh, harus eksis ngeblog tentang drama gitu ya? Ah doain aja ya Teh semoga ada jalan aku bisa ke sana juga~

    Hiks, masih ngiri pengin ketemu Wooyoung :((((

    BalasHapus
  74. Keren bgt mba, perjuangannya u bisa sampe korea

    BalasHapus
  75. asik banget ya teh banyak pengalaman...istriku pingin banget tuh ke korea soalnya dia pecintra drakor

    BalasHapus
  76. pengen dunk...ikut,,
    perjuangan yang luar biasa, menghasilkan yang luar biasa pula ternyata sulit disanggah,
    kren mbak.

    BalasHapus
  77. asyik banget foto sama artis-artis Korea >< jadi makin semangat ngeblog juga

    BalasHapus

 

Blog Template by BloggerCandy.com