Kereta Api Zaman Now yang Lebih Nyaman

Selasa, 30 Januari 2018



Buat temen-temen yang sering mampir ke blog ini, mungkin udah paham sama penyakit kurang bermartabat yang selama ini gue idap dan sering kali menyerang ketika gue sedang travelling, yaitu : suka mabok! Muahahahahaha *tenggak antimo* 

Mabok darat yang gue idap lumayan parah dan sudah menyampai level akut. Bahkan ada sebuah kejadian absurd yang seriusan pernah gue alami. Ini beneran pernah terjadi lho yah. Gak bercanda gue mah. 

Pernah suatu ketika di bulan puasa, gue sedang fokus menyimak sebuah tontonan di TV. Pas kebeneran waktu itu sedang ditayangkan acara tentang arus mudik. Kemudian gue pun menyaksikan berita tentang betapa macetnya jalanan dan betapa hiruk pikuk keadaan di terminal bis. Penuh sesak dan berjejalan di dalam bis karena pada mau pada mudik. Sekonyong-konyong gue merasa keanehan melanda jiwa.

Ini kenapa gue beneran jadi mual dan perasaan mabok sih? Bhahahahaha.
*ampunilah hambamu yang lemah ini ya Allah*

Makanya gue tuh kalo kemana-mana ngerasa paling nyaman kalo gak naik motor yah paling naik kereta api. Bebas mabok tuh!

sumber : wikipedia.org
Dulu sih, naik kereta api itu ibarat pilihan terakhir dari semua pilihan moda transportasi yang ada. Khususnya kelas ekonomi, yang mana kita harus berdesak-desakan dengan banyak orang. Dan banyak kekurangan lainnya yang membuat transportasi ini terasa kayak mimpi buruk di kelas ekonomi.

Tapi sekarang mah kalem aja, PT KAI sudah banyak berubah. Beberapa perbedaannya udah terasa banget. Khususnya sih buat kelas ekonomi yang dulu gak nyaman banget.

Tidak Ada Calo

Dulu calo selalu bergentayangan di stasiun, apalagi kalo musim mudik. Ngeselin! Tapi sekarang mah lupakan membeli tiket kereta api lewat calo yang ada di stasiun. Sekarang membeli tiket kereta api harus pake kartu identitas bagi orang dewasa, dan anak-anak menggunakan salinan KK yang masih berlaku. Nah lho, calo ke laut aja deh yah.

Dengan kartu identitas ini, setiap penumpang cuma bisa membeli satu tiket saja. Dan ketika masuk ke dalam peron, identitas penumpang beneran diperiksa untuk disesuaikan dengan yang tertera di tiket kereta api lho. Kalau cocok, baru boleh masuk.

Tiket Bisa Dibeli Online

Di zaman digital gini mah apa-apa harus serba online lah yah, PT KAI gak mau kalah dong! Untuk perjalanan ke manapun dengan jarak jauh dan kelas apapun, PT KAI menjual tiket kereta api secara online. Jadi kita nggak perlu lagi berdesakan di stasiun untuk mendapatkan tiket.

Selain dijual secara online lewat website resmi KAI dan beberapa website rekanan, tiket kereta api juga dijual di minimarket. Syaratnya sama, membawa kartu identitas ketika membeli tiketnya.

Dengan penjualan tiket kereta api online, kita sudah bisa memesan tiket sejak jauh hari. Untuk perjalanan jarak jauh bisa dipesan sejak tiga bulan sebelumnya. Sementara untuk kereta api jarak dekat bisa dipesan sejak satu minggu sebelum berangkat. Asyique kan?

Semua Orang Dapat Tempat Duduk

Dulu sih cuma kelas eksekutif dan bisnis aja yang dipastikan mendapat tempat duduk di dalam gerbong sesuai dengan nomor. Sementara kelas ekonomi, pemandangan manusia tidur di bawah kolong kursi dan bergelantungan di pintu adalah hal yang biasa.

 
Hal seperti ini hanya menjadi kenangan masa lalu dan sudah tidak ada lagi dalam sistem pembelian tiket kereta api terbaru. Semua orang dipastikan mendapatkan tempat duduk, dan PT KAI tidak menjual tiket tanpa tempat duduk untuk perjalanan jarak jauh.

Untuk perjalanan jarak dekat masih ada tiket tanpa tempat duduk, namun jumlahnya sangat terbatas. Jadi ketika tiket dinyatakan habis, artinya memang sudah tidak ada lagi kursi tersedia untuk tanggal perjalanan yang kamu inginkan.

Bersih

Dulu kereta api, khususnya kelas ekonomi dikenal sangat jorok dan bau. Sampah akan dibersihkan oleh para tukang sapu yang berasal dari masyarakat umum dan meminta bayaran setiap kali mereka usai bersih-bersih. 

Sekarang hal itu sudah tidak akan kita temui lagi di kereta api. Semua gerbong dibersihkan oleh petugas secara berkala, demikian juga dengan kamar mandi di dalam gerbong yang dijaga agar selalu bersih dan wangi.

Bebas Asongan

 
Dulu ada banyak asongan yang naik ketika kereta berhenti, menawarkan berbagai barang dagangan khas dari masing-masing daerah. Sekarang sudah tidak ada lagi asongan yang diperbolehkan naik ke dalam kereta. Penumpang diminta untuk membawa bekal atau makan dari restoran kereta api yang bisa dipesan melalui sms.

Lebih Aman

Dengan penumpang yang berjubel dan ditambah dengan asongan, pengamen, tukang bersih-bersih dan banyak penumpang illegal lainnya, kemungkinan mengalami tindak kejahatan di dalam kereta seperti pencurian dulu sangat besar. Namun dengan peraturan baru, hanya penumpang yang boleh naik ke atas gerbong, kondisi di dalam kereta jadi lebih nyaman dan aman.

Wah, sekarang naik kereta api jadi lebih asyique banget kan yah! Udah gak sabar nih mau jalan-jalan liburan naik kereta api. Yuk mareee!

21 komentar:

  1. iya kak... kereta sekarang uda bersih dan rapih banget... bahkan kelas ekonomi uda ada AC... pengen ajak jayden naik kereta nih... mudah2an tahun ini kesampean hahahaha...

    BalasHapus
  2. aku udah lama gak naek kereta api. Eh tapi terakhir naek kereta api Busan ke Seoul seh yak :P

    BalasHapus
  3. Emang sekarang KAI udah berubah 180 derajat bgt mulai dari fasilitas, pelayanan, dll deh. Top markotop.

    BalasHapus
  4. iya sekarang lebih nyaman dan adem

    BalasHapus
  5. Aku pun menjadi commuter merasa nyaman banget, maub ke luar kota pun naik kereta nyaman banget.

    BalasHapus
  6. Satu lagi yang juga bikin nyaman menurut saya. Kalau dulu naik kereta jarak jauh, lagi enak-enak tidur, eh dibangunin sama petugas untuk pemeriksaan tiket. Terakhir naik kereta bulan agustus 2017 kemarin, saya sempat melirik petugas sudah punya aplikasi di handphonenya, jadi nggak perlu lagi minta penumpang untuk menunjukkan tiketnya

    BalasHapus
  7. Pengalaman naik kereta pertama kali belom lama ini bikin aku betah mbak.. Alhamdulillah kemarin aman2 saja

    BalasHapus
  8. dulu paling anti kalau harus naik kereta api, apalagi yang ekonomi, ya tau lah
    kalau emang terpaksa naik kereta api pasti pilihnya yang eksekutif
    kalau sekarang yang ekonomi sudah senyaman eksekutif pasti jadi lebih nyaman ya, bisa jadi alternatif travelling yang asik selain naik bis atau kendaraan pribadi, bisa mengurangi macet pas mudik kan ya

    BalasHapus
  9. Bi, aku kan dari dulu fansnya kereta. Dulu sih ngga nyaman naik ekonomi dan bisnis krn asongan boleh masuk. Sekarang udah nyaman.
    Tapi ga enaknya, dulu kelas eksekutif dapet makan gratis. Sekarang makanan di kereta ga ada yg gratis. Dan rasanya gitu deh, hehe.

    BalasHapus
  10. Ya benar sekali, kereta api zaman sekarang lebih nyaman daripada zaman dulu.

    BalasHapus
  11. Aku juga suka naik kereta api skarang, meski kelas ekonomi pun tetap nyaman dan bersih.
    Eh aku baru tau loh kalo bisa pesan makanan via sms, biasanya nunggu petugas yang bawa makanan aja. Itu untuk semua kereta api ya mba erry?

    BalasHapus
  12. Dulu naik kereta ekonomi, tiap stasiun berhenti. Baru ngebut ehhh berhenti lagi... Skrg masih gitu ga ya?

    BalasHapus
  13. Udah lama bnget belum pernah naik kereta api lagi. Jadi aku abru tahu kalau kereta sekarng nyaman serta bersih dan juga bisa pesan makanan lewat sms lagi. :)

    BalasHapus
  14. Alow salam kenal :)

    Iya sekarang naik KA uda jau lebih enak en nyaman ya, salut sama pihak KAI :D

    BalasHapus
  15. Sudah jauh perubahan apabila naik kereta api bahkan stasiun sudah tertata rapih dan calo hampir tidak ditemukan, dari segi tiket kini sudah ada layanan online untuk membelinya

    BalasHapus
  16. Sepertinya kalau naik kereta ke luar kota sekarang enak yah dulu sekitar tahun 2002 terakhir naik kereta bisnis ke jogja masih dipenuhi pedagang asongan di dalam kereta

    BalasHapus
  17. Bener banget kereta api zaman now lebih nyaman ya TehπŸ˜˜πŸ’•

    BalasHapus
  18. Naik kereta api Tut Tut Tut
    Yang bikin kangen suara operator yang ksh tau penumpang sebelum stasiun tujuan tiba ��

    BalasHapus
  19. Aku sempat ngalamin kalau mudik harus desak-desakan dengan penumpang lain. Alhamdulillah sekarang KAI lebih manusiawi.

    BalasHapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS