Senin, 19 Desember 2016

Bercandaan Anak Jaman Sekarang : Tapi Mamah Nyangu?



Gue merasa bahwa kemampuan yang harus selalu diasah setelah menjadi seorang Ibu adalah : kemampuan untuk mendengar. Sepertinya simple, tapi percayalah prakteknya tidak semudah itu terutama ketika anak lo sudah mulai beranjak ABG.

Setiap kali mendengar Kayla curhat, selalu ada keinginan dalam diri gue untuk segera memotong kalimatnya, atau sekedar menimpalinya dengan wejangan, atau mendoktrin dia dengan pemikiran dan pendapat gue sendiri. SELALU!

Tapi gue berusaha sekuat tenaga untuk menahannya, dan bersabar untuk mendengarkan keseluruhan ceritanya terlebih dahulu dan mendengarkan pendapatnya, YANG MANA TERNYATA SUSYEH BENER LHO ITUH, SERIUSAN!

Apalagi, sekedar info aja nih yah politik pertemanan ABG jaman sekarang itu intriknya jauh lebih ribet dari pada pilkada lho yah. Pilkada minimal ada masa kampanye dan badan pengawasnya, lah kalo para ABG ini mah bablas aja gitu lho!

Gue sih selalu pengen tahu tentang seluk beluk kehidupan para ABG di luar sana, itulah makanya gue sangat mengandalkan keikhlasan dan keterbukaan Kayla dalam bercerita. Dan tentu saja kejujuran Kayla juga.

Kalo gue pake baju pink dan rambutnya diiket, Kayla juga suka pengen ikutan! Aniwey ada Lee Min Ho di baju gue! 
Kemampuan Mendengar

Alhamdulillah sampai sejauh ini sih gue merasa Kayla bersedia dengan ikhlas bercerita tentang kegiatan dan pergaulannya di sekolah. Apa yang bikin dia merasa bΓͺte ataupun excited di sekolah.

Triknya sih, ya itu tadi, ketika dia lagi pengen cerita dengerin aja semuanya sampai tuntas dan tanyakan  pendapatnya dia gimana? Gak usah dipotong dulu dan kemudian dilarang ini-itu.

Ketika temen-temen sekelasnya pada nge-heboh-in lagunya mbak Awkarin dan Young Lex yang Bad  itu, gue justru mengajak Kayla untuk menonton MV-nya bareng dan kemudian membahas liriknya bersama-sama. Sulit untuk mengabaikan keberadaan lagu ini soalnya istilah : 'kalian semua suci- aku penuh dosa' itu nge-hits banget di kalangan anak jaman sekarang.

Jadi daripada Kayla dilarang dan tambah kepo, mending diajak nonton bareng aja. Sesudahnya gue menanyakan pendapatnya dia tentang lagu ini.  Gue pun berusaha untuk  menghargai dan menghormati pendapatnya Kayla. 

Setelah nonton MV-nya kita juga sama-sama membaca komentar dibawahnya, dan nonton MV reaction-nya. Bahkan akhirnya kita menemukan MV parody yang ternyata menurut pendapat Kayla sih jauh lebih asyik daripada MV aslinya. Judulnya Good, lo udah pada nonton belum nih?

Menurut gue sih anak jaman sekarang agak sulit untuk di-tabu-kan, karena ujungnya malah bakal bikin penasaran. Mending dibahas aja sampai tuntas, ditanyakan pendapatnya, diarahkan kemudian diberikan kepercayaan sambil tetap diawasi terus.

Nah, masalah memberikan kepercayaan kepada anak inilah yang sebenernya masih menjadi PR besar buat gue sih, soalnya suka masih kebanyakan parno dan khawatirnya.

Sekarang kita sering tuker-tukeran baju dan sepatu!
Belajar Peka 

Biasanya setelah kemampuan mendengar kita sudah terasah, maka kita akan mulai peka terhadap hal-hal tertentu yang menurut dia penting. Dan tentu saja setiap anak memiliki ketertarikan yang berbeda dan gak bisa digeneralisasi.

Kalau berdasarkan hasil observasi gue sih, layaknya para ABG pada umumnya hal yang dianggap penting buat Kayla saat ini adalah teman-temannya. Atau lebih tepatnya sih pendapat teman-temannya tentang dia.

Gue teringat dulu juga pernah mengalami fase seperti ini sih, sehingga perlahan-lahan gue mulai menanamkan berbagai wejangan halus kepada Kayla. Nasihat yang gue selipkan sehalus mungkin sehingga dia gak sadar kalo lagi gue ceramahin.

Gue ajarkan dia untuk berani berkata ‘TIDAK’, dan gak perlu tergantung sama sekelompok teman tertentu, pokoknya gaul seluas mungkin aja, tapi jaga diri baik-baik. Gak usah kebanyak kepo dan drama sama masalah orang lain, perhatian sama kepo beda kan yah? Pokoknya hal-hal semacam itu lah.

Biasanya sih gue suka pura2 cerita tentang diri gue sendiri, atau gue suka sok curhat tentang temen2 blogger gue gitu lah supaya dia berasa dianggap, padahal mah sebenernya gue lagi menyelipkan petuah bijak dalam curhat gue tersebut muehehehe.

*Iya, gue selama ini memang sering nge-gosip-in kelakuan para sahabat blogger sama Kayla buat dijadikan contoh kasus hahaha* 

Selain teman-temannya, hal lain yang dianggap penting oleh Kayla saat ini adalah Paskibra & Instagram.

Iya, Kayla lagi semangaaaat banget sama ekskul Paskibra-nya. Dia selalu rajin kalau disuruh latihan, padahal mah seringnya sih cuma disuruh panas-panasan di tengah lapangan atau dihukum jongkok-berdiri. Tapi anaknya pengen sih, ya udahlah.

Gue berusaha mendukung kesukaan Kayla sampai batas tertentu. Syarat yang gue ajukan kepada Kayla hanyalah walaupun sedang sibuk latihan tetap gak boleh lupa shalat,gak boleh telat makan dan harus banyak minum air putih. Itu aja sih, soalnya takut sakit.

Dan masalah Instagram ini, ampun deh, pernah suatu kali Instagramnya Kayla gak bisa dibuka entah salah password atau gimana, dan dia langsung gelisah gitu. Ya elah, rempong bener lah.

Apalagi kalo tiba-tiba followers-nya berkurang, anaknya langsung baper dan bertanya-tanya seorang diri gitu, Mama siapa yah yang udah unfollow aku? Emang aku salah apa? Plis atuhlah bhahahaha. 

Kayla lagi pura-pura jadi raksasa yang nginjek Fathir!
Bercandaan Anak Jaman Sekarang!

Sebagai blogger yang lumayan aktif di social media, gue sih merasanya selama ini cukup gaul dan paham tentang berbagai masalah terkini yah. 

Tanpa bermaksud buat riya, pamer atau sombong, tapi kerjaan gue sehari-hari di socmed adalah ngebacot lucu soal drama Korea dan lumayan banyak yang nanggapin. Follower gue baik di twiter atau IG kebanyakan adalah para ABG, jadi kurang kekinian apa lagi sih gue ini? Sense of humor gue mah udah gak perlu diragukan lagi dong yah! Iya kan? Kan? Kan?

Tapi kata Kayla : Mama mah kudet ih, meuni gak ngerti bercandaan anak jaman sekarang! 

Harga diriku pun langsung hancur berantakan!

Tapi Mamah Nyangu?

Tuduhan menyakitkan tersebut terlontar hanya karena gue gak paham kalimat ini doang : Tapi Mamah Nyangu? *artinya : tapi mama masak nasi?*

Mari gue jelaskan terlebih dahulu duduk permasalahannya secara kronologis.
Jadi secara rutin gue suka bacain chat Kayla di line. Iseng sekalian inspeksi aja sih. Dan gue sering sekali menemukan kalimat tersebut di chatroom-nya Kayla : Tapi Mamah Nyangu?

Menurut Kayla kalimat tersebut adalah bercandaan yang sedang sangat happening di kalangan para ABG saat ini, yang mana gue gak ngerti sama sekali letak lucunya dimana. Is it supposed to be funny? Why? How?

Contohnya di group chat, ketika mereka sedang berdiskusi tentang belajar kelompok : Ya udah besok aja yuk - tapi besok aku gak bisa - ya udah lusa aja di rumah si A - okeh jam 2 yah pulang sekolah - kita pergi bareng aja naik angkot - eh tapi nanti ongkosin aku yah hehe…

Trus tiba-tiba ada yang ojol-ojol nyeletuk : Tapi mamah nyangu? Yang kemudian langsung ditimpalin dengan celetukan aneh lainnya : Ai mamah geura nyangu ih, Mamah iraha nyangu?
*yang mana artinya : mama cepetan masak nasi ih, mama kapan masak nasi sih?*

EMANG LUCU GITU? DUH GUSTI BERI HAMBA PENCERAHAN DIMANA LETAK LUCUNYA!

Mungkin maksudnya semacam mengalihkan perhatian kali yah? Apa gimana sih? Semacam kalo lagi ada yang pengen ngebodor tapi jatuhnya gak lucu, maka terlontarlah kalimat itu. Gue juga masih kurang paham sebenernya.

Dulu sempet nge-trend juga sih istilah : da aku mah apa atuh. Semacam kayak gitu juga kali, tapi ditempatkan dalam konteks lain sebagai pengalih perhatian dari hal yang sifatnya garing. Entahlah!

Kalau lo bertanya-tanya mengapakah gue sampe mikirin banget tentang hal remeh seperti  ini, simply hanya karena menurut Kayla hal ini lucu banget. Sebagai ibunya, pendapat dan pemikiran Kayla itu penting banget buat gue.

Buat gue sih, kalo dia suka sama sesuatu, gue pengen tahu kenapa dia sampai suka dan apa bagusnya menurut dia. Dan kalau menurut dia hal itu lucu, gue pengen tahu letak lucunya dimana. Semuanya itu adalah bentuk usaha gue sebagai seorang Ibu yang ingin memahami anaknya dengan sepenuh hati.

Sampai akhirnya gue pun iseng nge-gugel, dan ternyata emang kalimat ini lagi happening banget, sampai ada yang bikin kaosnya segala! *iya maap da aku mah, biar kata kurang kerjaan juga tapi sukanya emang ngerjain hal receh yang gak penting*

Lho, ternyata kok lucu juga yah? BHAHAHAHA!
*sulit di-trace sumbernya, pokoknya hasil gugel : tapi mamah nyangu?*

Setelah gue pikir-pikir lagi, ternyata emang lucu juga sih yah walaupun tetap gak paham letak lucunya dimana.

Sempat terbersit di benak gue untuk nyetatus pake kalimat ini juga, tapi akhirnya gue batalkan karena takut disangka garing dan menyebabkan harga diri gue terhempas ke dasar jurang bhahahaha.

Eh tapi kalo menurut lo lucu gak sih kalo gue nyetatus : Nah lho Hyun Bin & Kang Sora sekarang udah resmi jadian lho, untung weh mamah udah nyangu! Krik-krik-krik!

TAPI MAMAH NYANGU?
Dan gue jadi sebel banget karena walaupun kalimat itu sekarang jadi nyangkut terus di otak gue, tapi gue masih tetap belum berani menerapkannya dalam kalimat, karena takut disangka garing dan aneh. Gara-gara Kayla nih! KZL!

Apalagi beberapa waktu belakangan ini timeline kan sempet panas tuh, mulai dari kasus Ahok, 212, 412, Sari Roti, dll. 

Banyak banget status sensi di timeline. Setiap kali gue melihat ada teman gue yang lagi debat panas di status, gue suka jadi terpancing semacam pengen iseng dan ikut nimpalin juga dibawahnya deh : TAPI MAMAH NYANGU? Bhahahaha.

Ya udah lah, kalo gitu gue mau nyangu dulu deh yah biar gak ditanya-tanya terus!

43 komentar:

  1. ehmmmm...tehhh aku baru sadar ternyata aku jg kurang kekinian ya. Aku belum nemu letak kelucuannya nih. Ini nyokap gw masak nasi lucunya tuh di mana? Tapi mamah ngaliwet?
    Omaigot....!!!!

    BalasHapus
  2. Kalo aku ngakak terus dari awal sampe akhir, artinya apa mbak? :)))

    Salam,
    Aci.

    BalasHapus
  3. bwahahaha dunia anak remaja emang susyahhhh dimengerti, dulu mamah kita juga garuk garuk kepala sama kelakuan kita yg kayaknya wajar aja tapi pasti dulu bikin pusing juga yah. tapi mamah nyangu wae lah... lol

    BalasHapus
  4. Cieeee yang bajunya ada gambar Lee Min Ho *uhuuuk hehehe

    Iya sih kelihatan Kayla sudah kaya kakak Adik sama Mba Erry, waktu ga berasa waktunya, cepat bangat :)

    BalasHapus
  5. Suka foto Kayla sm Fathir yg jadi main raksasa itu, itu jg lagi kekinian foto seperti itu :)

    Bhahaha "Kalian Suci, aku penuh dosa" itu teman sy suka bgt becanda pake kata2 itu, awalnya ga ngerti, eeeh terawkarin ternyata bhahaha

    BalasHapus
  6. Teh erry...gw kira cm gw yg ngeyutub ampe abis ttg awkarin ama lex..etdahhh busyet tyt...teteh jugak hahahah

    BalasHapus
  7. Tapi Mamah Nyangu? Bhahaha asli saya jg ga ngerti lucunya dimana :(

    Tapi salut sama Mba Erry, bisa selalu dekat dan jadi teman Kayla, karena tak semua Ibu bisa seperti itu. Lanjuutkan Mba Erry :)

    BalasHapus
  8. gua gak paham juga. aduh kita emang udah tua ry! hahaha.

    tapi kayaknya lelucon anak2 sekarang emang kudu diterima aja tanpa dipikir logikanya apa. hahaha.

    BalasHapus
  9. Kayla cepat banget ya gedenya, kelihatan gadisnya :)
    Kalau Kayla ku, yang penting itu Tonti & Instagram :)
    Tonti itu semacam paskibra sih, cuma lebih ke baris berbaris.
    Daku juga harus mikir 2x24 jam untuk mencerna obrolan anak-anak.

    BalasHapus
  10. Masa sih teh happening? Anak gue juga kan abg seumuran kayla, asa belom pernah denger dia becanda kaya gitu :))) *atau anak gue kudet?* Tar ah dirumah nyobain :))))

    BalasHapus
  11. Teh erry, aku sampe google asal muasal gaul tapi mamah nyangu atuhlah. Jabaning anak mau gadis. Hahahaha

    BalasHapus
  12. Ngerti pisan kenapa sampe ada becandaan "ai mamah nyangu". Soalna katanya sih perempuan jaman sekarang gak bisa nyangu2 acan. Boro2 nyangu pake langseng apalagi hawu, ngisikan beas tinggal nagenkeun ke mejikom aja banyak yang gak bisa hahaha

    Yang udah bisa nyangu pun kadang sibuk sama hal lain, misal.. Ngagoler wkwkwkwk

    BalasHapus
  13. Aku juga belum menemukan letak kelucuannya.. *baper dah...
    Semakin hari semakin aneh kalimat becandanya.. Aku mah apa..? Apa..? Apa..?
    Tapi mamah nyangu... *garing yak... πŸ˜„

    BalasHapus
  14. kumaha sih eta biii.. asa teu bodor..

    BalasHapus
  15. BUahahahaha Bibi...iya lucu nya di mana? Tapi, lama2 bodor oge sih. : D :D

    BalasHapus
  16. Errrr mbaaa iyah ih itu letak lucunya di mana yaaa? Gak paham.. ahahaha.. :D Seneng deh liat interaksi sama Kayla, bisa jd contoh buat aku ntar klo anak2 udah jd abege.. :D

    BalasHapus
  17. Seriusan aku baru tau istilah ini. Hahaha, iya ga nyambung. Boleh atuh postingan ttg bahasa anak gaul ditambah :)

    BalasHapus
  18. saya juga bingung Teh, dimana letak lucunya yah? hihihhi :D

    BalasHapus
  19. Adik sy juga begitu pas lagi ngobrol ngobrol dan diakhir obrolan dia bilang Tapi mamah nyangu ?? Saya pikir adik sy nanyain mamah udah nyangu apa belum jadi sy jawab aja .. " udah tadi sore " ..

    BalasHapus
  20. Hahahaha bikin garuk2 kepala istilahx kayla y teh, duh udh kayak ade kakak aja skrg kayla sama teteh wkk

    BalasHapus
  21. mungkin awalnya mukidi :D *GAK NGERTI JUGA

    BalasHapus
  22. Bi...kalo menurutku ya, letak kelucuannya ada pada ketidaklucuan frase tersebut. semacam itulah Bi *absurd* hahahahaha

    tapi emang iya sih, kyk yg dilakukan Bibi untuk mengerti Kayla itu penting bgt, lanjutkan Bi. Tong hilap nyangu heula

    BalasHapus
  23. Berarti elo udah tua, Ry hahaha... Padahal kita beda umur juga paling 3 taun ya hahaha.. Eh jangan-jangan aku juga digosipin sama Kayla *diiiih geer*

    BalasHapus
  24. Baru denger istilah ini, Ry...hihihi...Erry aja bingung dimana lucunya, apalagi sayaaa :D
    Humor itu bisa subyektif juga ternyata, kata mereka lucu, kata kita malah nggak.
    Giliran kita yang bilang lucu, eh...mereka malah bengong dimana letak lucunya...atuhlah nya...meni hese-hese teuing...

    BalasHapus
  25. Komunikasi Erry sama Kayla kayaknya keren juga, kekinian kalo kata orang sekarang mah!
    Membuat anak terbuka sama kita itu nggak gampang. Ngedengerin cerita mereka sampai selesai dengan antusias yang pas juga nggak mudah. Yang juga penting itu, gimana reaksi kita biar obrolan jadi menyenangkan, Ry...biar Kayla ngerasa ada yang kurang kalo belum cerita sama Erry.
    Hehe...tanpa bermaksud membuat anak kita ketergantungan secara emosi, tapi anak-anak jaman sekarang, kalo dilepasin gitu aja, tempat curhatnya malah jadi orang luar.
    Sedih banget kan?



    BalasHapus
  26. Komen saya paling serius ternyataaaa...huhuhu...jadi keliatan umurnya deh... :P

    BalasHapus
  27. Jadi segaul apapun mesti bisa masak nasi gitu kah ??? kok gw juga ngak paham hehehe

    BalasHapus
  28. gagal paham juga wk.. wk...nyangu apaan ?

    BalasHapus
  29. Nyangu menurutku, bawa bekal nasi, hihihi. Daku jg gak ngerti lucunya di mana. Kalo dirimu kudu ngerti anak abg, aku blajar sama balita-anak2 biar ngerti kalo mreka ngomong

    BalasHapus
  30. Mungkin istilah "tapi mamah nyangu?" itu utk ngingetin mama2 yg suka lupa tekan tombol cook saat masak nasi pake magic com.
    Jadilah dibuat istilah lucu2an pengalihan kayak gitu, Bi.

    Hihi...

    BalasHapus
  31. Iya teh aku juga masih menelaah darimana lucunya πŸ˜†πŸ˜

    Btw kenapa itu bajunya bisa ada gambar lee min ho? Hahahahaha. Bener bener bias nonor 1 banget.

    BalasHapus
  32. Wah, istilah anak abg sekarang nambah lagi ya. Jadi musti gaul biar bisa tau ya mbak. Terus mesti nyangu gimana? Where's to cook? #hahaha, tambah ancur
    Selamat hari ibu (biarpun telat) ya mbak.

    BalasHapus
  33. mbak mesti liat akun twitter becandaan yang sundanese mbak.. soalnya kalo becandaan anak abg mah lebih lokal dan jarang becanda bawa-bawa kokoreaan.. ;p

    BalasHapus
  34. Ya ampun mbak, aku juga nggak ngerti deh kalimat itu. Ternyata aku juga nggak kekinian ya hahaha.
    Nyangu itu kalo di tempatku artinya bawa bekal gitu. Contohnya: "Hari ini aku sangu nasi dari rumah biar nggak jajan di kantor" itu maksudnya "aku bawa bekal nasi dari rumah biar nggak usah beli makanan lagi di kantor". Lain ya artinya hehehe.

    BalasHapus
  35. Ya ampun teh gue ga paham asli ahahha

    gue malah baru tau kalimat itu happening *buka google* ini gue yang ketuaan apa gimana sih *gaterima* *denial umur*

    BalasHapus
  36. Haduuh..aku merasa begiiiiitu tua..hingga g ngerti becandaan ini..hehe...
    Salam utk si cakep Kayla n Fathir... Tenang,Say...biar hobby ngebodor mamah kalian g lupa nyangu..hihi..

    BalasHapus
  37. Teh.. ini udah tahun 2017 dan saya belum ngerti, tolong yah dijelasin lebih mendalam lagi apa, dimana dan bagaimana istilah itu bisa lucu..:D

    BalasHapus
  38. ahaha jujur aku gak ngerti ya maksudnya mamah nyangu tuh gimana.. aku baru denger deh kata-katanya.. hhe

    BalasHapus
  39. Hai teh~
    Aku nemu blog teteh soalnya iseng cari "tapi mamah nyangu" XD
    Aku anak jaman sekarang XD tapi ga ngerti maksudnya "tapi mamah nyangu" XD dan menurutku ga lucu sama sekali TT
    Aku yang aneh apa mereka yang terlalu gaul, ga ngerti deh XD

    Salken ya huehehe~

    BalasHapus
  40. Hai teh~
    Aku nemu blog teteh soalnya iseng cari "tapi mamah nyangu" XD
    Aku anak jaman sekarang XD tapi ga ngerti maksudnya "tapi mamah nyangu" XD dan menurutku ga lucu sama sekali TT
    Aku yang aneh apa mereka yang terlalu gaul, ga ngerti deh XD

    Salken ya huehehe~

    BalasHapus

 

Blog Template by BloggerCandy.com