Tentang Waktu Berkualitas

Selasa, 05 Desember 2017



Menghabiskan waktu berkualitas sekeluarga emang penting sih, tapi kalo menurut gue yang gak kalah penting adalah menghabiskan waktu secara pribadi dengan masing-masing anggota keluarga.

Karena biasanya yang sering terjadi ketika kita ngumpul bareng sekeluarga adalah ngobrolnya suka saling rebutan dan semua suka ngotot pengen didengerin duluan bhahahaha. Atau apakah mungkin cuma keluarga gue doang yang pada cerewet dan kalo ngomong suka rebutan kayak gitu sih? Entahlah…

Makanya meluangkan waktu dengan masing-masing anggota keluarga penting banget buat kedekatan emosional. Biar berasa lebih syahdu gitulah ngobrolnya. Gak ada gangguan atau interupsi gak jelas. Dan yang paling penting sih biar perhatian kita bisa lebih ter-fokus satu sama lain dan gak teralihkan.

Makanya di postingan ini gue pengen cerita sedikit aja quality-time yang selama ini gue jalanin bareng Kayla, Fathir dan Abah juga yah.

Kencan Bareng Fathir

Fathir ini anaknya simple banget dan seleranya gak macem-macem. Dia paling suka kalo diajakin jalan ke tempat makan mainstream yang mana kalo menurut gue sih rada basi. Semacam KFC, Mcd atau Hokben gitu. Tapi anaknya suka sih, jadi ya udah lah yah, diikutin aja hahaha. 

Biasanya sih kalo gue ada rencana untuk jalan bareng berdua sama Fathir, dia gue kasih tahu sehari sebelumnya. Jadwal kencan kita sih biasanya sepulang sekolah, jam makan siang sebelum Teteh Kayla pulang. Dan biasanya Fathir suka excited banget. Selalu kegirangan. Padahal paling cuma diajakin makan KFC atau Mcd doang. Tapi dia seneng karena perginya cuma berdua doang ama gue. Menurut dia hal itu special banget.  Hehehe.

Sepulang sekolah, biasanya sih kalo dijemput, gue harus muterin sekolah dulu nyariin dia yang hobinya gentayangan muter-muter lincah bener. Tapi kalo kita ada rencana mau jalan bareng, biasanya dia udah nungguin gue dengan penuh semangat di parkiran.

Dan dia SELALU cerita sama temen-temennya, kalo hari ini dia ada rencana mau jalan bareng ama gue. Hahaha. Gue sih curiganya dia cerita sambil rada nyombongin gitu kali yah. Soalnya ketika Fathir nunggu di parkiran, temen-temennya suka ikutan nunggu juga sambil dadah-dadah sama kita gitu. Bahkan pernah juga ada temennya yang nyeletuk, "Wah, Fathir nanti kamu pesen Happy Meal aja yah biar bisa dapet mainan!" hahaha.

Biasanya ketika sedang kencan gitu, gue bener-bener memusatkan perhatian gue buat Fathir dan asli dengerin dia ngoceh sampe puas. Gara-gara kencan bareng Fathir, gue jadi lebih memahami silsilah keluarga Naruto dari nenek moyang sampai keturunannya. Hal ini penting banget buat Fathir, jadi harus gue dengerin dengan penuh konsentrasi.

Selain itu, gue juga jadi mengetahui misteri yang selama ini ternyata mengganjal di hati Fathir yaitu mengapakah si Kaneki dari Tokyo Ghoul ditransplantasi salah satu matanya! Akh, ternyata selama ini anak gue telah menyimpan banyak beban di dadanya bhahahahaha.


Aniwey, Fathir selama ini juga suka banget nonton youtube gaming. Dia selalu cerita tentang youtuber game kesukaannya. Dan ketika kita sedang menghadiri pernikahan sepupu gue, Fathir shock berat karena ternyata dari salah satu rombongan pengantin pria, terdapat youtuber favorit-nya yaitu : Gamersejati!

Dia langsung ngoceh histeris campur kalap ama gue, "Mama, itu youtuber yang sering aku ceritain itu lho Ma! Jadi sekarang kita sodaraan dong ama dia yah Ma? Aduh, aku harus gimana dong!" Bhahahahaha.

Akhirnya Fathir pun memberanikan diri untuk menyapa dan ngajak selfi bareng. Dan kemudian maksa-maksa gue supaya majang fotonya di blog hahahaha.
Ya udah deh, nih Mama pajang fotonya yah!



Kencan Bareng Kayla

Asyiknya punya anak cewek yang menjelang ABG kayak Kayla adalah gue jadi berasa punya temen buat jalan bareng yang se-paham banget lah. 

Selama ini sih kencan kita biasanya antara nyalon bareng atau nonton bioskop sih. Abah & Fathir gak begitu suka nonton ke bioskop. Beda sama Kayla yang hobinya nonton sama kayak gue juga. 

Kalau lagi nonton di rumah pun, gue sering terlibat debat dan diskusi panas kalau lagi ngebahas film sama Kayla lho. Fathir sama Abah biasanya cuma bisa geleng-geleng kepala kalau ngelihat kita hahaha.

Contohnya aja ketika sinetron sore Cinta dan Rahasia di Net TV masih tayang. Biasanya setiap sore gue dan Kayla nonton bareng, terus didebatin gitu setiap adegan dan dialognya. Ceritanya sih tentang cinta segitiga antar sahabat gitu lah.

Menurut Kayla sih sikapnya Gita yang rela melepaskan cintanya demi sahabat udah bener. Karena persahabatan itu penting. Pacar bisa putus, tapi sahabat kan bertahan untuk selamanya. Menurut Kayla sih begitu.

Sedangkan gue mencela habis-habisan sikap Gita yang pengecut dan gak berani meraih cintanya. Persahabatan itu emang penting tapi meraih kebahagiaan buat diri sendiri juga gak kalah penting lho. Kalo ternyata Rizki itu beneran jodoh Gita gimana hayoh? Bhahahaha.

Tapi sebenernya gue emang suka sengaja sih, berusaha merangsang Kayla untuk debat supaya dia bisa belajar memiliki pendapat dan mempertahankan pendapatnya. Kalaupun pada akhirnya kita gak sepakat atau gak sependapat,  gak apa-apa juga kok. Berbeda pendapat itu biasa terjadi, asal ujungnya jangan musuhan aja.

Setiap kali kita kelar kencan nonton bioskop, kita selalu asyik membahas dan membedah filmnya sambil makan bareng. Dan biasanya sih Kayla jadi suka lebih terbuka dan banyak curhat ama gue. 

Terakhir gue nonton film Posesif ama Kayla, yang main Adipati Dolken. Dan ujung-ujungnya kita malah jadi membahas masalah seks bhahahahaha.


Kayla tentu saja sudah gue edukasi masalah seks secukupnya, sejak dia mendapatkan haid pertamanya beberapa waktu yang lalu. Kayla sudah tahu darimana asalnya bayi. Reaksinya dia ketika gue kasih tahu sih langsung kayak yang terguncang antara shock, takut dan geli gitu sih bhahahaha.

Tapi kadang anak gue itu suka terlalu naïf dan polos deh. Gue lupa awalnya kita lagi membahas apa sih di film Posesif, tapi  tiba-tiba aja Kayla nyeletuk, "Jadi kita kan harus berhubungan seks dulu sama suami biar bisa punya anak nih. Ya udah kalo gitu aku mau punya anaknya satu aja, jadi hubungannya cuma sekali doang. Iya kan Ma?" Bhahahahaha,

Atuhlaaaah, masa gue udah harus mulai membahas tentang kontrasepsi sih! Gimana dong! Tolongin gue plis!

Aniwey, karena Kayla juga suka Kpop sama kayak gue, jadi acara kencan kita sekarang bertambah. Kita mau mulai nonton dance cover gitu. Di Bandung sering banget diadakan Kpop Dance Cover Competition dan sekarang gue punya temen buat diajak nonton bareng! Yeay!

Kencan Bareng Abah

Nah ini…

Tadi gue bengong dulu sebentar dan baru nyadar bahwa ternyata selama ini kencan gue bareng Abah suka rada garing gitu bhahahaha.

Abah tuh gak begitu suka nonton, yang mana berbanding terbalik sama gue yang hobi banget nonton. Kalaupun kita maksa buat ke bioskop bareng, selera kita tuh sering gak nyambung. Abah sukanya nonton film yang jedar-jeder-bak-bik-buk dan bikin gue berasa sakit badan. Sedangkan gue suka nonton film drama menya-menye banyak dialog yang mana bikin Abah ngantuk.

Gue masih inget banget si Abah seriusan tertidur lelap waktu nonton film Ayat-Ayat Cinta dan film-nya Will Smith yang Pursuit of Happiness. Ngeseliiiin!

Akhirnya kencan kita pun hanya sekedar makan bareng doang. Awalnya sih kita rada-rada gaya lah. Having dinner in fancy restaurant gitu lah. Tapi kelar makan, konyolnya suka langsung merasa bersalah sama anak-anak karena mereka gak diajakin makan enak bhahahaha *parenthood oh parenthood*

Dan yang rada malesin adalah biasanya sih ketika kita pergi kencan, baru juga berangkat dan sampai di bunderan depan komplek, belum keluar komplek lho yah baru sampe bunderan doang. Udah ada aja oknum  yang nelfon dan nanyain pulangnya berapa menit lagi bhahahahaha.

Jadi akhirnya kencan gue dan Abah cuma makan berdua di pinggir jalan doang, itu pun lokasinya deket-deket komplek. Jajan nasi uduk atau pecel lele gitu lah. Gak pake dandan, pake baju gembel aja hahahaha.

Tapi setelah gue pikir-pikir lagi, apakah benar acara kencan gue dan Abah segetir dan semenyedihkan itu, barulah gue teringat. O, iya kita suka kencan nonton standup show bareng!

Gue suka banget nonton standup comedy, jadi setiap kali ada komika favorite gue ngadain show di Bandung, gue selalu usahakan untuk nonton. Biasanya gue maksa-maksa Abah untuk beli tiketnya jauh-jauh hari, biar gak cancel hahahaha. Pernah nonton standup-nya Ernest, Gilang Bhaskara, Panji, Kemal jugak. Yang terakhir sih nonton Fattitude show-nya Mo Sidik.

Untunglah, ternyata kencan gue bareng Abah gak garing-garing amat hahaha.  



Pentingnya Waktu Berkualitas

Sampai sejauh ini sih gue selalu berusaha untuk meluangkan waktu yang se-special mungkin bareng Kayla dan Fathir. Karena gue ingin mereka merasa istimewa.

Mudah-mudahan sih ketika mereka besar nanti, kenangan kencan bareng Mama akan selalu melekat di hati mereka. Dan semoga bisa menguatkan hati mereka ketika mereka sedang dilanda kesedihan yah.

Gue suka kayak gitu soalnya, kalo gue lagi sedih suka tiba-tiba teringat Mama dan terkenang kembali semua kebersamaan gue bareng Mama. 

Karena konon katanya sih, kenangan indah itu bisa jadi sumber kekuatan seseorang lho!



10 komentar:

  1. Emang perlu ya kencan sama anak dan pasangan itu... Lain kali kalo kencan ama fathir gantian ry suruh dia dengerin lu cerita kdrama hahahaha

    BalasHapus
  2. quality time benar-benar penting ya teh, pengennya sih quality time kayak Nam Se Hee yang nonton bola bareng tapi aku ga suka bola, kl nonton drakor, suamiku ga suka drakor :( gimana donk huhuhuuu

    BalasHapus
  3. Aku haid pertama yg ngurusin Kakak cewekku. Ibuku gak pernah bicara gituan jadinya aku cari tahu sendiri. Beruntungnya Kayla!

    BalasHapus
  4. bener kak... kadang2 aku suka pergi berduaan sama suami... kadang2 juga suka pergi berduaan sama jayden... kayaknya quality time berdua itu penting banget...

    BalasHapus
  5. Hiks kangen kencan berdua jav...
    Enak ya punya anak perempuan :)

    BalasHapus
  6. Bi, abah kayak suamiku. Kalo nonton ama dia pasti yg action. Kalo drama dia ngantuk.
    Aku belum pernah nonton stand up nih. Jadi pengen.

    BalasHapus
  7. wahhh next time nya bisa ikutan dance cover berdua kayla nih. hahaha. pasti bakalan jadi kenangan terindah =))

    BalasHapus
  8. ini Kayla yang makin dewasa atau teteh yang makin muda sih ya...woowowowow

    BalasHapus
  9. Whew, Kayla udah gede bangetttt setinggi mamanyaaa
    Tadi aku udah mau bilang "Lho Fathir tumben pas foto sama youtuber fav nya rada bener gitu pose fotonya". Dan sampailah pada foto terakhir dan gak jadi ngomen itu deh

    Hahahhahahaha

    Iya bener teh, pergi berdua doang however itu spesial banget buat anak
    Aku sama adek dan kakak ku, kalau salah satu dari kami tiba-tiba gak sengaja punya kesempatan jalan bareng orangtua dan yang lain enggak ikutan, bakal manas-manasiiinn... hahahah'

    Paling sedih itu kalo ditinggal sendiri. Lelucon nya udah sampe ke "Asyik ya jalan sekeluarga. Itu yang bukan anak kandung nge-babu aja dirumah" gitu wkwkwkwkwkwk

    Dan aku jug pernah sih jadi yang ditinggal sendiri di rumah -_______-

    P.S.
    Ayo dong teh bikin video dance cover bareng Kayla
    #Kpoper #PenggemarDanceCoverJuga

    BalasHapus
  10. Sepertinya mesti nunggu anak agak gedean, biar bisa begini.

    BalasHapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS