Senin, 01 Agustus 2016

Menuju Generasi Platinum dengan Bekal Masa Depan Chil-Go


Beberapa waktu yang lalu gue cukup terkejut bercampur senang, karena tumben-tumbenan dapet mention di Instagram dari mbak-mbak seleb hehe..

Jadi ceritanya gue mendapatkan tantangan dari mbak Ria Miranda untuk turut serta dalam Program Bekal Masa Depan Chil-Go dengan hadiah utama berupa dana asuransi pendidikan senilai 3 miliar. Seketika itu juga gue pun langsung tergiur dan bertekad untuk ikutan!

Ayo ikuti program Bekal Masa Depan (BMD) dari Morinaga Chil-Go!. Ceritakan ide kreatif Ayah atau Bunda dalam memberikan stimulasi kecerdasan majemuk untuk Si Kecil sebanyak-banyaknya. Kunjungi www.BekalMasaDepan.com dan menangkan total hadiah Dana Asuransi Pendidikan senilai Rp 3 milliar (perhitungan investasi hingga anak berusia 18 tahun), dan masih banyak hadiah menarik lainnya untuk 3.000 pemenang. Saya mengajak Bunda @nunkarif @arinta.adiningtyas @naniekoe @ranirtyas @naqiyyahsyam @diahalsa @erryandriyati @sri.rahayu.sp @nonirosliyani @sulistyawanesti @andyhardiyanti @dwi.aprily @nurulfitrifatkhani @winditeguh @Primahapsari83 @handayani.ria3 @indrinoor @nunuhalimi @tiamartyalzahira @ammachemist untuk turut berpartisipasi dalam program Bekal Masa Depan (BMD) Chil-Go! ☺ Mari jadikan Si Kecil, Generasi Platinum yang Multitalenta ya Bunda ☺ Informasi selengkapnya dapat dilihat melalui website www.BekalMasaDepan.com dan @MorinagaPlatinum #BMDChilGo #MorinagaChilGo #MorinagaPlatinum
A video posted by Ria Miranda (@riamiranda) on


Dengan penuh semangat gue pun langsung kepo-in website Bekal Masa Depan Chil-Go untuk mendapatkan berbagai informasi yang lebih lengkap, sekalian menyusun strategi untuk bisa memenangkan hadiah asuransi-nya hehe.


Setelah klak-klik websitenya dengan penuh gairah karena bertaburan hadiah banget, gue pun menyadari bahwa selain memberikan dukungan dalam bentuk nutrisi melalui rangkaian produknya, ternyata Morinaga juga memiliki concern yang sangat tinggi dalam bidang pendidikan. Asyik banget!

Melalui program Bekal Masa Depan Chil-Go, Morinaga yang merupakan salah satu produk dari Kalbe Nutritionals berusaha memberikan dukungan kepada orang tua untuk mempersiapkan tabungan pendidikan bagi para putra-putrinya. Bukan hanya itu saja, Morinaga juga memiliki misi dan visi agar para orang tua dapat memiliki anak yang multitalenta melalui beragam aktivitas stimulasi.

Dalam program tersebut, para orang tua diminta untuk bisa sekreatif mungkin menciptakan berbagai permainan yang dapat menstimulasi Kecerdasan Majemuk atau Multiple Intelegence pada anak. 

Bahkan di website tersebut dijelaskan dengan detail mengenai 8 Kecerdasan Majemuk atau Multiple Intelegence yang dimiliki oleh setiap anak, dan menanti untuk diberikan stimulus yang sesuai oleh kita, sebagai orang tuanya.


Setiap Anak Unik & Berbeda

Jujur saja, pernyataan diatas itulah yang selalu gue tanamkan dalam benak gue setiap kali sedang 'kumat' dan mulai membandingkan anak gue dengan anak orang lain, bahwa setiap anak memiliki keunikan tersendiri. Kayla yang saat ini berusia 11 tahun dan Fathir 7 tahun memiliki kepribadian yang berbeda dan tentu saja harus ditangani secara berbeda pula.

Tapi hal tersebut memang sulit untuk diabaikan begitu saja yah, terkadang tetap saja muncul 'sekelumit' pertanyaan seperti : duh kenapa sudah usia segini tapi kok Fathir masih belum bisa membaca, atau belum bisa naik sepeda roda dua dan masih belum-belum-belum yang lain. Pernah juga gue tuliskan kegelisahan gue tentang banyak hal yang berkaitan dengan anak-anak di postingan yang ini.


Tanpa disadari gue akhirnya terlalu fokus pada hal-hal yang belum dikuasai Fathir sehingga kelebihannya yang lain malah terlupakan begitu saja.

Setelah waktu berjalan dan kemudian mengingat kembali moment tersebut, gue pun jadi semakin menyadari betapa 'receh'nya kekhawatiran gue pada saat itu, karena ternyata semuanya berjalan baik-baik saja. Bahwa ternyata sebagai seorang ibu, yang seharusnya gue lakukan hanyalah belajar untuk lebih sabar dan memberikan ruang pada anak gue untuk belajar. 

Bahwa setiap anak sejatinya memiliki keunikan tersendiri, dan tugas kita sebagai orang tua untuk bisa menyelami keunikan anak kita agar bisa mengembangkan bakatnya sesuai kemampuan.



Untuk gue sendiri sih, selain diam-diam gemar mengamati kelakuan mereka sehari-hari, gue juga berusaha untuk memperbanyak sesi mengobrol semacam curhat. Gue akan membiarkan mereka mengoceh tentang apa saja sebebas mungkin, dan hanya akan berperan sebagai pendengar yang baik. 

Apabila ada sebagian dari cerita mereka yang menurut gue kurang baik, gue akan tetap diam dan mendengarkan saja, berusaha sekuat tenaga untuk tidak memotong ucapan mereka. Nanti akan ada waktunya untuk menegur mereka, tapi tidak ketika mereka sedang asyik curhat dan bercerita.

Karena kedekatan emosional atau bonding dengan anak juga penting, mereka butuh didengar. Kan bosen juga kalau setiap hari ucapan kita gak jauh-jauh dari : udah bikin PR belum? Cepetan mandi! Kenapa tempat tidur belum diberesin? Dari tadi masih belum shalat juga? Handuk habis dipakai tolong jemur lagi dong sayang!

Cobak ngacung ibu-ibu disini yang ucapannya sehari-hari udah mirip radio butut kayak begitu hahaha... 

Bekal Masa Depan Chil-Go

Salah satu tugas kita sebagai orang tua adalah berusaha untuk mengenali potensi anak dengan sebaik mungkin agar bisa mengembangkannya secara optimal. Dana pendidikan untuk anak-anak pun tentu harus dipersiapkan dari sekarang. Sama seperti orang tua yang lain, gue pun memiliki keresahan tertentu yang diilustrasikan dengan sangat baik di video berikut ini :


Maka tentu saja gue sangat bersemangat untuk turut berpartisipasi dalam program Bekal Masa Depan Chil-Go. Bahkan menurut gue, program ini merupakan pemicu super ampuh yang dapat menantang para orang tua untuk lebih kreatif menciptakan berbagai permainan sederhana guna memberi stimulus yang tepat kepada putra-putrinya. 

Apalagi ditambah dengan berbagai hadiah yang pastinya bermanfaat untuk anak kita. Beuh, tunggu apa lagi sih, cuuus!

Hadiahnya bikin ngiler banget!
Membuat Mesin Fussball

Maka dimulailah berbagai macam project kreatif kita untuk mengikuti program Bekal Masa Depan Chil-Go. Tapi sebelumnya Fathir memang sudah sering berkreasi dan terkadang suka gue posting juga di blog. Misalnya saja ketika gue dan Abah menolak keinginannya untuk membeli mesin fussball yang harganya kurang masuk akal itu.

Saat itu Fathir menciptakan sendiri mesin fussbal KW yang dibuatnya dari tutup dus brownies dan sedotan.

mesin fussball ciptaan Fathir dari tutup dus brownies & sedotan
Karena merasa tidak tega melihat fussball KW ciptaaan Fathir ini, akhirnya Abah pun turun tangan dan membuatkan Fathir fussbal abal-abal yang hanya dibuat dari potongan kayu, paku dan karet gelang. Tapi Fathir dan teman-teman di komplek cukup senang serta bersemangat memainkannya walaupun hanya menggunakan kelereng sebagai bolanya.

Sepertinya hal ini juga dapat dikategorikan dalam Kecerdasan Visual Spasial yang merupakan kecerdasan dalam memahami bentuk pola, posisi dan ruang suatu objek, termasuk berpikir secara kreatif.

Abah turun tangan dan membuatkan fussball KW dengan peralatan seadanya.

Fathir dan teman-teman di sekitar komplek riang gembira memainkannya
Bermain Perahu dengan Selimut

Walaupun permainan ini teramat sangat-sangat sederhana tapi membuat anak cukup gembira ketika memainkannya, karena memang seru. Permainan ini juga berkaitan dengan Kecerdasan Kinestetik atau kecerdasan yang menekankan pada penggunaan tubuh dalam berkomunikasi dan mengekspresikan diri.

Adapun bahan yang dibutuhkan cuma selimut saja sih, tapi kalau bisa jangan selimut yang baru keluar dari laundry yah haha, dan sebelum melakukan permainan ini pastikan bahwa lantai rumah kita bersih.

Trus, tinggal naik perahu dan tarik aja sih. Walaupun sederhana, tapi Fathir dan teman-temannya ketawa-ketawa terus sembari berisik mengatur posisi, semua rebutan pengen di tengah haha.

Fotonya agak burem karena mereka tidak mau berhenti bergerak untuk sekedar diambil fotonya hahaha.
Membuat Rumah dari Kardus

Untuk project selanjutnya diputuskan untuk membuat rumah bagi para mainan monster kecil kesayangan Fathir yang selama ini hidup tercerai-berai karena belum memiliki tempat tinggal tetap. Kasihan mereka.

Permainan ini berkaitan dengan Kecerdasan Visual Spasial yang menekankan pada pemahaman bentuk & pola suatu objek. Dan juga Kecerdasan Naturalis yang berhubungan dengan lingkungan sekitar. Untuk proses pembuatannya sendiri dibantu oleh Abah.

Perrlengkapan yang dibutuhkan hanyalah kardus bekas *minta di warung mama Ajeng*, kemudian selotip, gunting, lem dan bekas kartu undangan yang rencananya untuk dijadikan balkon *mulai sok keren*.

Peralatan yang dibutuhkan cukup sederhana dan yang ada di rumah saja sih.


Jangan lupa minum susu Chil-Go dulu sebagai penambah energi
Hasil akhir sebelum finishing seperti ini, dan sudah ada monster kecil yang nongkrong di balkon untuk menikmati pemandangan.



Untuk finishing touch dan agar lebih greget, Abah membuatkan print-an taman dan kolam renang
Hasil akhir lumayan kece dan para monster kecil Fathir terlihat betah di rumah barunya.
Pulang latihan taekwondo, Fathir & teman-teman asyik bermain rumah-rumahan
Permainan Tebak Gerak

Permainan ini merupakan jenis permainan yang tidak membutuhkan peralatan apa pun tapi membutuhkan kreatifitas tingkat tinggi, yaitu bermain tebak-tebakan hehe..

Di rumah, kami memang sering bermain tebak-tebakan mulai dari tebak gambar, tebak kata sampai tebak gerak. Adapun permainan tersebut untuk melatih kreatifitas mereka dalam mengungkapkan sesuatu hanya dengan memberikan petunjuk tertentu saja.

Sehingga permainan sederhana ini dapat dikategorikan dalam Kecerdasan Kinestetik yang menekankan pada penggunaan tubuh dalam berkomunikasi dan Kecerdasan Interpersonal atau kemampuan untuk bisa memahami orang lain.

Seru sih, walaupun terkadang Fathir suka agak ngaco sedikit seperti biasa. Waktu itu kategorinya adalah menebak judul film dan Fathir memperagakan gerakan seperti mencuci piring secara berulang-ulang, sehingga membuat kita semua bingung. Dan ternyata film yang dimaksud adalah...Spongebob Squarepants yang mana bentuknya memang seperti spons cuci piring hahaha.

Berikut ini adalah video ketika Fathir mencoba untuk mendeskripsikan sesuatu dengan gaya pantomim, dan Kayla yang berjasa untuk meng-edit videonya.



Aniweeey,

Kalau ada yang penasaran di video tersebut Fathir sedang memperagakan apa, katanya sih itu dia lagi terjebak di ruang kaca kemudian sibuk mencari kunci untuk keluar...eh ketemu.

Gitu ceritanya.

Proses Pendaftaran Program Bekal Masa Depan Chil-Go

Setelah melakukan berbagai project permainan bareng Fathir untuk berpartisipasi di program Bekal Masa Depan Chil-Go, gue pun sudah siap untuk melakukan pendaftaran.

Langkah pertama adalah membeli minimal 6 botol chil-go yang mana bisa dilakukan secara online atau offline agar bisa mendapatkan kode unik. Gue sendiri melakukan pembelian secara offline di mini market terdekat,

Setelah itu download formulirnya di website Bekal Masa Depan Chil-Go. Setelah diisi lengkap, masukkan struk pembelian Chil-Go dan kemudian kirimkan ke alamat yang sudah tercantum di amplop.
Isi data lengkap kita di formulir

Setelah itu, gue melakukan registrasi dan mengisi kelengkapan data di website Bekal Masa Depan Chil-Go.

Keesokan harinya, gue mendapat email yang menginformasikan tentang kode unik dan gue pun sudah bisa submit ide untuk berpartisipasi dalam program Bekal Masa Depan Chil-Go. Kita bisa memilih jenis kecerdasan mana yang sesuai dengan kecerdasan majemuk anak kita. Kita juga bisa menambahkan foto atau video untuk mendukung ide tersebut.

masukkan kode unik yang kita miliki dan submit ide permainan yang sudah kita buat.
Setelah melalui proses verifikasi terlebih dahulu, akhirnya ide gue pun disetujui dan sekarang sudah ditayangkan sehingga saat ini gue sudah resmi berpartisipasi di program Bekal Masa Depan Chil-Go. Yeay!


Buat para ayah bunda yang mau ikutan program keren ini juga, sudah gue buatkan infografisnya supaya bisa lebih memahami alur pendaftaran untuk berpartisipasi yah! Ayok ikutan juga yuk!

Proses pendaftaran Bekal Masa Depan Chil-Go



Mencapai Generasi Platinum dengan Morinaga Chil-Go

Jaman semakin berubah dan bergerak maju dengan ritme yang begitu cepat dan hal ini tak bisa kita hindari. Seperti para orang tua lain pada umumnya, jujur saja gue juga dilanda kekhawatiran dalam berusaha untuk mempersiapkan anak dalam menghadapi masa depan.  Apabila generasi jaman sekarang lebih dikenal dengan Generasi Millenial, maka anak-anak kita kelak nanti akan dikenal dengan Generasi Platinum.

Generasi Platinum pada hakikatnya adalah generasi yang diharapkan siap untuk menerima masa depan dengan bekal fisik yang sehat diimbangi dengan kecerdasan intelektual, emosi & spiritual. Itulah makanya gue merasa senang karena Morinaga dengan program Bekal Masa Depan Chil-Go telah hadir untuk membantu serta memberikan dukungan para orang tua demi menciptakan Generasi Platinum

Sebagai calon Generasi Platinum, anak-anak kita diharapkan kelak dapat memiliki karakter yang ekspresif & eksploratif selaras dengan perkembangan jaman. Atas dasar itulah, memberikan stimulasi yang tepat kepada 8 kecerdasan majemuk anak kita sebaiknya diberikan sejak dini. Dan tentu saja diimbangi dengan memberikan nutrisi tepat untuk membantu tumbuh kembangnya.
Morinaga dengan susu cair Chil-Go dapat medukung pertumbuhan anak kita dalam melalui periode emas perkembangan otak, terutama pada fungsi  kognitif yang masih berlangsung hingga usia 12 tahun. Hal itu dikarenakan selain mengandung Kolin & Inositol yang berperan dalam penyimpanan memori, juga karena susu cair Chil-Go mengandung vitamin B kompleks, zat besi & yodium yang berperan penting pada sistem saraf dan konsentrasi anak.

Saat ini, sudah menjadi tugas besar kita sebagai orang tua untuk mengarahkan dan memberikan stimulasi yang tepat kepada anak-anak kita sedini mungkin dan tentu saja diimbangi dengan kekuatan iman, agar tidak kebablasan. Sungguh besar harapan gue bahwa suatu saat nanti, Kayla & Fathir dapat menjadi bagian dari Generasi Platinum yang berkualitas, produktif dan  multi talenta.

Semoga kita bisa bersama-sama membimbing anak-anak kita menuju Generasi Platinum yah! Semangat!

calon generasi platinum

43 komentar:

  1. Setiap anak emang perkembangan nya beda beda ya ry...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Maaan...
      Tapi walopun udah tahu, kadang susah buat gak banding2in yah hiks...
      *toyor emaknya*

      Hapus
  2. Prakaryanya hebat tehhh. Aku nyerah pas dikasih email ini karena harus buat mahakarya kayak beginian. Angkat tangan dah. Hahahahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Urusan begitu memang biasanya aku delegasikan sama Abah Niiiie...
      Aku mah ngasih ide dan nge-mandorin aja bhahaha...

      Hapus
  3. Keren ih tulisannya.
    Lengkap, bermanfaat dan menarik...apalagi sy tau banget perkembangan anak2 Erry lewat postingan di blog selama bertahjn-tahun.
    Duuuh...penasaran pengen tau gimana ya Kayla dan Fathir di Era Platinum nanti.
    ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbaaaaak :)
      Mbak Irma udah setia banget bacain postingan tentang kelakuan anak2 dari jaman Fathir bayi dan Kayla masih TK niiiih..hiks...

      Mudah2an persahabatan kita tetap terjaga yah mbaaak :)
      *peyuk-peyuk*

      Hapus
  4. Wahhh emak kreatip ini mah, anak anak jadi ke supply permainan yg sesuai umurnya dan jadi berkembang kemampuan sosial nya, keren mak...

    Buleipotan.com

    BalasHapus
  5. Wowww lengkap bgt teh kerenn... :)

    BalasHapus
  6. fathir kereeennnn teh, kreatif bangeetttt....
    semangat berkreasi ya fathiirr :)

    BalasHapus
  7. Kreatif Teh Erry :)
    kalo saya ditantangin Gisel :)

    BalasHapus
  8. Setiap anak memang unik dan punya kepandaian tersendiri, mainannya kreatif mak....

    BalasHapus
  9. Anakku juga minum susu ini, kalo dia wajib hrs yg rasa coklat, selebihnya ga akan mau :D.

    Itu yg bikin rumah2an keren ih mbaa.. dipakein kolam dan taman pula ;). Papinya anak2 mah g bakal mau repot2 gitu..mentok2 beli aja kalo dia mah -_-.

    BalasHapus
  10. Pantomimnya Fathir bagus ih Teh.

    BalasHapus
  11. kreatif banget mba ^_^jd pengen daftar jg :D

    BalasHapus
  12. waaaah udah lama engga main kesini ... pangling euy.... kayla dan Fathir udah pada gede ajah... semoga memang yaaa teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga menang maksudnya, teh erry aku ga ganti blog cuma judulnya aja yg berubah

      Hapus
  13. Waaah kreatif banget teh Erry, Fathir juga pinter yaaaa hihi

    BalasHapus
  14. aNAK2 swkarang butuh gizi lebih untuk tumbuh di kehidupan yg makin kejam ini hehehe

    BalasHapus
  15. kalau menang hadiahnya buat Abah aja deh, kayaknya cuma Abah doank yang sibuk, bwahahaha

    BalasHapus
  16. Krearifnya Kayla Fathir dg dukungan Abah dan Mama Erry. Generasi platinum mereka pastinya asyyik ya. Minum susu dan olah raga yuk Fathir..

    BalasHapus
  17. aku pikir foto paling bawah yg sama Fathir itu mba Erry, gak taunya kayla hehe... iya mba kita gak bisa nyama2in anak yg satu dgn yg lainnya, karena pastinya mereka berbeda

    BalasHapus
  18. Seorang ibu harus memberikan ruang ke anak untuk belajar. Noted!

    BalasHapus
  19. waauuww mainannya Fathir kereen-kereen apalagi nyusunnya sambil minum Chil*Go! Morinaga :)

    BalasHapus
  20. Benar bangat Mba Erry, setiap anak berbeda-beda, tidak boleh dibanding-bandingkan *Noted buat saya kelak nih heheheh

    Dan Kekhawatiran Mba Erry tentang Fathir akhirnya terjawab juga kan Mba? Fathir sudah bisa bersepeda, semuanya memang ada waktunya ya Mba Erry :)

    BalasHapus
  21. Itu tempat permaianan futsal dari tutup brownis dan sedotan Plus rumah-rumahan dari kardus itu kereeeeen bingit Fathir, jadi makin acungi jempol sama daya imajinasi dan kreatifnya Fathir, kamu mah benar-benar ajaib :)


    Dan keren bangat sih video terjebak diruang kaca itu, sukaaaa dengan gayanya Fathir, kaya terjebak benaran loh :D

    BalasHapus
  22. Duuuh Morinaga ini kereen bangat ya Mba Erry Eventnya, andai saya punya anak sudah saya ikutan juga nih, banyak bangat sih hadiahnya, bikin mupeng-semupengnya *Mendadak pengen pinjam anak orang nih Mba Bhahahahahah


    Saya doakan semoga Mba Erry menang dalam ajang ini. Aamiin ya Allah :)

    BalasHapus
  23. seruuu bangeeet yah ..anak-anak pasti happy berat bisa main seasyik ini. Postingannya lengkap bangeeet neng :). Keyeeen..

    BalasHapus
  24. Kayaknya ibuku harus ngacung deh.
    Seringnya bilang: Shalat! Cepetan mandi!
    Meski perasaan umurku udah hampir seperempat abad gini, ga bosen-bosennya doski... wkwkwk

    Kayla dan Fathir perasaan cepet amat gedenya haha :")
    Asuransi 3 miliar euyyy hadiahnya :o

    BalasHapus
  25. Keren nih ide bibi titi teliti, cucok banget lah. dan Fathir sepertinya asik banget mainnya yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa nih mak tian, fathir nya gemesinn :3

      Hapus
  26. kecerdasan anak memang harus di tingkatkan sejak dini.. agar terbiasa...

    BalasHapus
  27. wahh... lengkap sekali reviewnya mak
    sya pun gie memulai ngasih bekal anak dengan child go

    BalasHapus
  28. Woaaaahhhh hadiahnyaaaa. Jadi ngiler euy. mau coba ikutan ah. Makasi infonya ya Maaaak :D

    BalasHapus
  29. Anak sudah makin besar, emak tetap segar yaaaaa... :)
    Hadiahnya lumayan banget....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahahah rahasia biar tetep seger nya apa ya makk?

      Hapus
  30. kreatif banget mbaa..bapaknya uways harus lbh sering bikinin project2 asik kek bgini nih biar anakx g maen tablet mulu kl lg waktu luang, sakses ya mba lombanya

    BalasHapus
  31. Ide permainannya keren Mbak, pasti senang banget yah Fathir ditemenin buat mainan gtu ama Abahnya.

    *bte, kayaknya udh lama banget dengar nama Mbak disebut2 ama bbrapa teman to sayanya baru mampir dimari :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. #typo, btw.

      Anyway, salam kenal Mbak :)

      Hapus
    2. wahhh susu morinaga wkwkwk, btw mbak salam kenal yaa

      Hapus
  32. Setiap anak memang memiliki kelebihan di bidang-bidang tertentu, yang bisa jadi tidak berkaitan dengan nilai akademisnya :D dan kreativitas memang penting ya mbak

    BalasHapus

 

Blog Template by BloggerCandy.com