Merayakan Hari Pelanggan Nasional Bersama JNE

Wednesday, September 7, 2022

Kalo dipikir-pikir yah, pandemi covid-19 tuh telah berhasil mengubah gaya hidup kita.

Untungnya pandemi muncul ketika kita udah masuk ke era digital lho. Kebayang gak sih gimana stress-nya hidup kita andai saja kita masih berada di era kegelapan yang mana belon ada internet? Hiburan cuma bisa nonton tv dan denger radio aja gitu lho! Bayanginnya aja gue udah serem sih hehe.

Sejak masuknya era digital, hal yang paling kerasa banget perubahannya dalam hidup gue sih jelas dalam hal berbelanja lah yah. Sekarang mah setiap pengen beli apa-apa, langsung melirik ke online aja sih. Lebih praktis dan gak pake ribet. Elo gitu juga gak sih?

Sehingga saat ini para perusahaan punya fokus baru nih untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan menciptakan loyalitas pelanggan yaitu Digital Customer Experience.



Tentang Digital Customer Experience

Hari gini tuh kalo pelanggan punya pengalaman memuaskan dalam memakai suatu produk, maka ia gak akan segan-segan untuk membahasnya di media sosial. Syukur-syukur kalo sampai bisa viral kan yah. Dan udah banyak banget lah contoh kasusnya ketika suatu brand tertentu berhasil viral dikarenakan konten dari kepuasan pelanggan.

Berhubung saat ini transaksi jual beli biasanya dilakukan secara online, maka kesigapan dan keramahan admin dalam melakukan respon menjadi sangat penting. Udah paling males lah kalo mimin jawabnya lama dan jutek. Wah, langsung di-blacklist aja lah yang kayak gitu mah. Percuma aja kalo produknya kece badai, tapi pelanggan udah mental duluan di pintu depan dikarenakan admin yang kurang asyik.

Tapi pernah juga tuh, gue dapet admin atau customer service yang super sabar walo gue banyak nanya. Biasanya sih walo harganya lebih mahal juga pasti gue beli sih.

Yah, namanya juga kita pengen dapet produk yang terbaik kan yah, wajar aja kalo banyak nanya. Gak ada maksud buat cerewet, tapi emang khawatir aja kalo barang yang udah dibeli ternyata gak cocok. Itulah makanya penting banget bagi admin atau customer service untuk memiliki product knowledge yang mumpuni. Jadi kalo ditanya-tanya yah tinggal dijawab aja dan gak perlu defensif hehe.

Tentang Hari Pelanggan Nasional

Setelah masuk ke era digital, strategi pemasaran perusahaan pun menjadi sedikit berubah. Selain meningkatkan kualitas produk, perusahaan juga dituntut untuk lebih inovatif dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memberikan pengalaman yang baik bagi para pelanggan.

Apalagi saat ini masyarakat memang lebih banyak menghabiskan sebagian besar waktunya di gadget kan yah. Data menunjukkan terjadi kenaikan penggunaan ponsel di seluruh dunia hingga 70% dan laptop sebesar 47% di tahun 2020. Indonesia termasuk dalam negara yang penggunaan gadgetnya lumayan tinggi, terlihat dari aktifnya para netyjen dalam bermedia sosial.

Saat ini pun kita sudah punya lho Hari Pelanggan Nasional yang dirayakan setiap tanggal 4 September.

Melayani pelanggan memang sudah menjadi kewajiban perusahaan, tapi mencoba memahami pelanggan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Perusahaan harus berusaha memahami target pasar yang menjadi sasaran mereka.

Produknya secara spesifik ditujukan untuk siapa nih? Apakah remaja? Ibu rumah tangga? Wanita pekerja? Bapak-bapak pensiunan? Generasi Z? Harus bisa mendobrak dan mendengarkan isi hati mereka kalo pengen produknya tepat sasaran.

Memahami pelanggan bukanlah pekerjaan semusim atau sekali jadi lho, namun dibutuhkan konsistensi. Harapan pelanggan memang selalu meningkat dan biasanya sih susah puasnya, adaaa aja terus yang kurang hahaha.

Oleh karena itu, Hari Pelanggan Nasional bisa menjadi momen yang tepat untuk memompa semangat perusahaan untuk memuaskan pelanggan.


Merayakan Hari Pelanggan Nasional 2022 Bersama JNE

JNE sebagai perusahaan yang sudah berdiri selama 32 tahun turut berbagi kebahagiaan dan merayakan Hari Pelanggan Nasional.

Tujuan dari Hari Pelanggan Nasional adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan sesuai dengan tagline yang selama ini diusung oleh JNE yaitu Connecting Happiness yang juga berarti mengantarkan kebahagiaan. Gue sendiri merasa tagline tersebut sangat sesuai dengan JNE karena gue sering merasakan binar-binar kebahagiaaan terpancar dari lubuk hati terdalam ketika abang paket JNE datang di depan pagar hahaha.

Bahkan dalam rangka turut merayakan Hari Pelanggan Nasional, tahun lalu JNE mendeklarasikan Hari Bahagia Bersama yang ditandai dengan peluncuran buku yang berjudul Bahagia Bersama lho, yang filosofinya mengangkat value mengenai berbagi. Keren sih!


Tahun ini pun JNE turut menyemarakan peringatan Hari Pelanggan Nasional dengan cara memberikan apresiasi kepada para pelaku Usaha Kecil Menengah yang telah menjadi pelanggan setianya.

Salah satunya adalah memberikan promo diskon 20% untuk member JNE Loyalty Card (untuk member baru dan exixting) tanggal 4-5 September 2022 dari Jakarta tujuan ke Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Cilegon. Berlaku untuk maksimal berat 2 kg, di atas 2 kg tarif normal, serta promo tukar 100 poin JLC pada periode 4-10 September 2022 akan mendapatkan paket ekslusif berupa produk dari Faber Castell lho!



Selain itu terdapat aktivasi pada Rabu 7 September 2022 dengan membagikan hadiah secara gratis ke 25 pengunjung pertama yaitu buku Bahagia Bersama, bunga dan merchandise eksklusif JNE ke setiap pengunjung yang datang ke sales counter yang berada di cabang utama Medan, Bandung, Surabaya, Denpasar, Makassar, Pontianak, dan Yogyakarta.

Bakalan ada juga giveaway lho, special hari pelanggan berhadiah produk melalui akun official resmi JNE di instagram yaitu @jne_id mulai dari tanggal 3 – 5 September 2022 lho! Wah seru banget nih bagi-bagi hadiah dalam rangka merayakan Hari Pelanggan Nasional bersama JNE!

36 comments:

  1. Kan katanya pembeli adalah raja ya, apalagi di hari pelanggan ini, pembeli layaknya benar2 raja 😁

    ReplyDelete
  2. Wow luar biasa JNE, paket hadiah Hari Pelanggannya gak main-main ... Faber Castell .... alat gambar dambaan anak2 di Indonesia. ^__^

    ReplyDelete
  3. Emang bener Teh, gegara covid-19, kita jadi tahu PJJ, wfh, dan sejenis pekerjaan yang dilakukan secara daring. Belum juga gaya hidup berubah, dan semua bikin kita harus bisa beradaptasi ya.
    JNE dengan segala program nya baik sebelum saat dan setelah pandemi secara tidak langsung sudah membantu masyarakat Indonesia dalam masa pandemi ini

    ReplyDelete
  4. JNE selalu konsisten memberikan yang terbaik untuk UMKM. Pantesan aja kerjasamanya selalu terjalin dengan baik. Saya sebagai konsumen pun suka kalau barang diantar pakai JNE

    ReplyDelete
  5. JNE memang terbaik yaa mbaaa!! banyak promo, pelayanannya pun bagus. semoga makin jaya buat JNE!!

    ReplyDelete
  6. emang bener ya teh, gara-gara covid semua berubah, dulunya apa-apa beli sendiri, sekarang online semua, sampe ke sayur2 wkwkwk

    ReplyDelete
  7. banyak banget program JNE ini ya teh. Trus hadiahnya bermanfaat lagi. aku aja yang udah jadi ibu2 masih demen sama Faber Castell hehe.

    ReplyDelete
  8. Waahh mau juga dapat faber castell :D
    Aku dulu pelanggan JNE juga lho, waktu masih jualan online hehe, tapi waktu itu belum ada JNE loyal ard, cuma membershipa apaa gtu, lupa.
    Keren nih JNE suka bagi2 hadiah ke pelanggan khususnya pelaku usaha yaa

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah,
    Ada Hari Pelanggan Nasional, membuat kita sebagai customer merasa aman ketika berbelanja dan yakin bahwa bisa mendapatkan barang yang dinginkan tanpa resiko apapun.

    ReplyDelete
  10. Pelanggan tuh aset ya kalau dipikir-pikir. Sekali bisa kepegang dan bisa terpenuhi kebutuhannya, Insya Allah dia bakalan balik lagi. Makanya penting banget bisa melayani pelanggan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  11. Jempol banget buat JNE yang bagi-bagu buku gratis di hari pelanggan nasional.
    Aku pribadi kok ya belum pernah nyicip gimana dijadikan ratu saat hari tsb. sayangnya skrg udah tanggal 10 september alias kelewat :))

    ReplyDelete
  12. Serius nanya, kalau nggak terlalu sering kirim paket, worth it ga sih mbak jadi member loyalty? Kalo buat pedagang online dan larisss, pasti kan sueriing banget kirim paket. Kalau personal gini, sesering2nya kirim paket kayaknya tetap ga sesering pedagang onlen sib hehehe. Tapi saluuut deh buat JNE yg sering adain program2 yg asik buat pelanggannya.

    ReplyDelete
  13. Hari pelanggan Nasional menjadi hari di mana banyak pelaku usaha memberikan promo sekaligus banyak diskon kpd pelanggan. Tidak terkecuali JNE ya..
    Yg juga memberikan rewards menarik

    ReplyDelete
  14. Selamat buat JNE yang selalu setia dan memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya :D Buku 'Bahagia Bersama' ini keren banget, semoga sukses terus ya. Di Hari Pelanggan Nasional dan seterusnya mudah2an JNE semakin joss dengan jasa ekspedisinya, terutama promo2 diskon ongkirnya hehe aamiin.

    ReplyDelete
  15. JNE ini ide dan kreatifitasnya banyak banget. Dalam rangka menyambut hari pelanggan, sampai asa GiveAway juga. Benar-benar memanjakan para pelanggan nih.

    ReplyDelete
  16. Tidak banyak brand besar yang mengangkat cerita dan menerbitkannya dalam bentuk buku cetak bahkan menjadikan kado untuk konsumennya pada Hari Pelanggan Nasional. Nah JNE mewujudkannya dan pasti pelanggannya bahagia dengan kado spesial tersebut

    ReplyDelete
  17. Bener banget, pelanggan kalau sudah merasa puas dengan layanannya, maka ia pasti bakalan jadi marketing berjalan. Makanya dulu sering dengar istilah menemukan sesuatu dari mulut ke mulut, kalau jaman sekarang dari review ke review ya mbak.

    ReplyDelete
  18. JNE makin keren ya. Event dan aktivitasnya luar biasa. Termasuk Hari pelanggan Nasional ini. Benar-benar di apresiasi. Semoga JNE makin sukses dan bermanfaat untuk semua.

    ReplyDelete
  19. Sering banget sekarang tuh lihat barang murmer dan bahkan belanja online menjadi lebih murah banget ketimbang belanja offline.
    Jadi semarak Hari Pelanggan Nasional bisa menambah keuntungan bagi customer dan dari sisi pengusaha.

    ReplyDelete
  20. Paling ditunggu nih hari pelanggan nasional banyak diskon dan promo yang menguntungkan hehe

    ReplyDelete
  21. Paling suka aku kalo join member dan merasakan keuntungannya dalam setiap transaksi bisa ngumpulin poin trus poinnya bisa dipakai buat banyak promo

    ReplyDelete
  22. Super duper banggaaaaa dgn inovasi dan layanan ciamiiikk ala JNE.

    tidak mengherankan banyak bgt yg mengandalkan JNE yaa

    Apalagi utk seller online ya kan.

    ReplyDelete
  23. Wah HEPI banget kalau jadi pelanggan setia JNE ini ya teh
    Hari pelanggan Nasional jadi lebih meriah
    Nggak heran, semakin banyak pelanggan yang loyal sama JNE

    ReplyDelete
  24. Betul bi, kalo sudah puas banget sama pelayanan itu mau diceritain/disebarluaskan itu rasanya sesuatu gitu. Sukses selalu untuk JNE

    ReplyDelete
  25. Hiyaa udah lewat yaa maakk promonya...btw JNe emang mantul semoga semakin berkembang JNE dan loyal dalam pelayanannya

    ReplyDelete
  26. Hari pelanggan nasional jadi moment buat memanjakan pelanggan ya kak... Pernah ke Bank pas ada surprise Hari Pelanggan Nasional woww..beneran deh serasa raja..

    ReplyDelete
  27. Saya termasuk pelanggan setia JNE. Memang sesuai banget taglinenya. Udah baca juga bukunya. Isinya bagus banget

    ReplyDelete
  28. asyik banget bisa tukar poin dengan produk faber castel, buruan cus ah aku kirim kirim by JNE, biar dapat poinnya hehe makasih infonya teh

    ReplyDelete
  29. Banyak ya program Hari Pelanggan Nasional yang dibikin JNE. Terutama buat pelanggan setianya. Aku jadi mupeeeng. Tapinya telat tahu. Kudu selalu mantengin IG JNE kayaknya ya biar gak ketinggalan. Lumayan banget deh bonus dan hadiahnya. 😍

    ReplyDelete
  30. Pelanggannya pasti senang banget sih itu bisa dapat hadiah paket Faber Castell. Semoga promo hari pelanggan berikutnya bakal ada hadiah paket yang sama. Ku kelewatan info ini soalnya huhuhu

    ReplyDelete
  31. Saya juga berpikir sama mbak. Hal yang perlu disyukuri pandemi kita alami saat internet sudah ada. Segingga banyak hal bisa kita lakukan meskipun tidak bisa ke mana2. Dan memang karena pandemi kita cenderung melakukan apa-apa serba online. Termasuk saat belanja. Dan sudah pasti setiap pengiriman barang piljh jne sebagai ekspedisi. Sudah terpercaya soalnya

    ReplyDelete
  32. Saya punya nih Buku Bahagia Bersama. Suka banget bacanya, anak saya yang usia 11 tahun pun senang baca cerita-cerita di dalamnya. Positive vibes banget. Inspiratif!

    ReplyDelete
  33. Saya punya nih Buku Bahagia Bersama. Suka banget bacanya, anak saya yang usia 11 tahun pun senang baca cerita-cerita di dalamnya. Positive vibes banget. Inspiratif!

    ReplyDelete
  34. Seneng banget ya tukar point sama faber castel, belum lagi yang dapat bunga dan souvenir. JNE memang memanjakan sekali pelanggan setianya, sukses terus JNE

    ReplyDelete
  35. Wah banyak banget program jne yg memanjakan pelanggan ga heran pengguna ekspedisi jne makin loyal

    ReplyDelete
  36. JNE ini tuh emang loyal banget sama pelanggan yaaaa.. makanya aku gapernah pindah ke lain hati sebagai salah satu pelanggan JNE. Hihi.

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS