Investasi Berdampak & Berkelanjutan Bersama Amartha

Tuesday, September 27, 2022

Mengalami pandemi selama 2 tahun kemarin tuh bagai tamparan hebat buat kita semua yah.

Setelah mengalami sendiri keadaan ekonomi yang gonjang-ganjing gak jelas juntrungan dikarenakan adanya si virus covid, baru paham bener betapa pentingnya punya dana darurat, tabungan, investasi dan betapa pentingnya perencanaan keuangan.

Selama ini sih mungkin kita menganggap hal seperti itu hanya sekadar teori belaka, terlena sama pendapatan yang lagi stabil. Akhirnya khilaf dan kebanyakan belanja barang-barang konsumtif yang gak penting hanya karena ada promo *sedang membicarakan diri sendiri hahaha*

Namun akhirnya pandemi menyadarkan kita, betapa pentingnya punya perencanaan keuangan yang matang untuk bisa membantu kita agar tetap bertahan di masa sulit.


Belajar Berinvestasi

Setelah kapok dan insyaf karena suka menghambur-hamburkan duit gue yang gak seberapa itu kepada hal-hal yang tydack berfaedah akhirnya gue pun mulai berinvestasi.

Sebelum mulai berinvestasi gue sempat mengisi sebuah angket untuk menentukan profil gue sebagai investor, supaya gue bisa menemukan instrumen investasi yang sesuai dengan profil gue. Seperti yang sudah diduga gue termasuk kategori konservatif sih, alias si paling takut ngambil risiko dan maunya yang aman-aman aja hahaha.

Ada juga tipe agresif yang menyukai risiko dan berani menerima fluktuasi harga pasar. Biasanya sih emang sudah berpengalaman dalam berinvestasi. Tipe moderat juga ada tuh, yang bisa menerima risiko asal memperoleh keuntungan yang seimbang.

Sebaiknya sih kita memilih instrumen investasi yang tepat dan sesuai dengan profil kita, supaya lebih semangat berinvestasi sehingga tujuan keuangan kita bisa segera tercapai.

Untuk saat ini sih tujuan keuangan gue selain ngumpulin dana pensiun buat masa tua nanti, gue juga harus giat berinvestasi buat biaya kuliah Fathir nih. Saat ini emang Fathir masih kelas 1 SMP, jadi gue masih ada kesempatan sekitar 6 tahun buat berinvestasi lah. Semangaaat!

Tentang Microfinance Marketplace

Ketika lagi galau memilih investasi yang tepat, kebeneran banget gue berkesempatan untuk hadir di acara Impact Investing yang diadakan oleh Amartha. Acara yang diadakan pada hari Sabtu tanggal 24 September 2022 di Happy CoCreative tersebut sungguh berfaedah dan terasa mencerahkan karena bisa dapet banyak insight baru seputar Microfinance Marketplace.

Menghadirkan nara sumber Anisa Aprilia, Certified Financial Planner dan Shiva Vinneza sebagai PR Manager Amartha, acara tersebut berjalan lancar dan menjadi ajang kopdar bagi para blogger yang sudah lama gak ketemuan ehehehe.


Seru banget karena di acara tersebut kita diperkenalkan dengan yang namanya Microfinance Marketplace. Selama ini kita kan tahunya investasi kalo gak emas yah paling reksadana yah, ternyata Microfinance ini konsepnya menarik lho.

Microfinance lending adalah pendanaan atau pinjaman pada usaha skala mikro yang memiliki keterbatasan akses pendanaan pada lembaga keuangan formal.

Nah kasus yang kayak begini emang banyak banget terjadi sih. Sejak pandemi menerpa usaha kecil rumahan kayak yang jualan gorengan atau kerupuk pedes pada gulung tikar karena masalah modal. Mau pinjem duit ke bank, prosedurnya ribet dan birokrasinya berbelit-belit padahal modal yang dibutuhkan gak terlalu besar.

Dalam hal ini, investor yang memberikan pendanaan pada usaha skala mikro ini gak semata-mata nyari keuntungan, tapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

nara sumber : Anisa Aprilia, photo credit : Nia Haryanto

Dalam memilih Microfinance Marketplace, pastikan sudah terdaftar di OJK, memiliki izin usaha dan adanya transparansi mengenai sistem credit scoring, informasi peminjam, latar belakang dan tujuan pinjaman.

Hal ini menurut gue penting banget sih karena pengalaman pribadi nih, dulu gue pernah coba investasi di P2P Lending atau Peer to Peer Lending pada sebuah aplikasi. Awalnya gue berasumsi bahwa duit yang gue pinjamkan dipake buat modal usaha bagi yang membutuhkan, walo data peminjamnya emang kurang jelas sih.

Setelah gue baca-baca lagi ternyata marketplace tersebut menyediakan dana untuk utang produktif dan utang konsumtif. Nah hal ini sebenernya masalah preferensi pribadi aja sih, apakah elo rela duit lo dipake buat dijadikan utang konsumtif semacam ganti hape gitu? Kalo gue sih males yah karena berasanya kurang berkontribusi aja gitu, jadi akhirnya gue tarik semua dana gue dan langsung tutup akun aja hahaha.

Pengennya sih nyari investasi yang berdampak dan berkelanjutan aja gitu, biar gue berasanya berguna dan punya kontribusi.

Amartha Microfinance Marketplace Fintech

Akhirnya kita pun diperkenalkan pada Amartha Microfinance Marketplace Fintech yang ternyata memang khusus melayani segmen mikro di piramida terbawah di Indonesia yang belum terlayani oleh jasa keuangan formal. Hal yang bikin gue berasa makin jleb adalah karena Amartha secara spesifik menyasar pada pelaku usaha mikro PEREMPUAN!

Menurut gue ini keren banget sih!


Peminjam di Amartha merupakan perempuan pengusaha mikro di pedesaan yang membentuk kelompok usaha sekitar 10-20 anggota. Amartha juga hanya memberikan PINJAMAN PRODUKTIF dan mitigasi risiko dilakukan dengan menerapkan sistem tanggung renteng. Jadi kalo ada satu orang yang telat bayar tunggakan, anggota yang lain harus bertanggung jawab dan berkewajiban buat nalangin dulu.

Para pendana bisa menyalurkan modal usaha melalui aplikasi Amartha dan berpeluang mendapatkan imbal hasil mencapai 15% flat per tahun. Imbal hasil dibayarkan secara mingguan dan bisa menjadi pendapatan pasif bagi pendana. 

nara sumber : Shiva Vinneza, credit photo : Nia Haryanto

Dengan cara ini Amartha bisa menjembatani pendana di perkotaan dengan perempuan pengusaha mikro di pendesaan.

Amartha juga mempekerjakan lebih dari 4.000 tenaga lapangan yang memberikan pelayanan bagi mitra Amartha. Selain itu Amartha juga menyediakan akses keuangan digital sekaligus memberikan edukasi literasi keuangan dan digital bagi para mitra.

Impact Investing - Investasi yang Berdampak dan Berkelanjutan

Gue sih berasanya tersentuh banget dengan bentuk pendanaan berdampak dan berkelanjutan seperti yang dijalankan oleh Amartha ini. Sebagai pendana, secara emosionalnya lebih berasa gak sekadar investasi dan dapet cuan aja, tapi emang lagi beneran membantu pelaku UMKM yang membutuhkan supaya kehidupannya bisa lebih baik.

Dampak atau Impact Investing yang sudah dilakukan oleh Amartha secara ekonomi para mitra #PerempuanTangguh sudah mampu memenuhi kebutuhan dasar dan sebesar 94,3 % merasa hidup mereka lebih baik serta lebih optimis dalam melihat masa depan.

Sedangkan secara sosial investasi seperti ini berdampak positif karena mitra bisa memiliki skill baru dari pertemuan kelompok yang dilakukan, seperti pengelolaan keuangan, bisnis, problem solving dan leadership.

Sebesar 97,9% mitra jadi mampu menyekolahkan anak-anak mereka sehingga bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Mitra juga jadi bisa mengambil keputusan lebih baik dalam keluarga karena lebih percaya diri berkat memiliki pendapatan sendiri.

Akhirnya setelah berdiskusi sama Abah, kita pun fix mau nyobain pendanaan di Amartha Microfinance Marketplace Fintech nih. Gue udah bikin akun dan masih memilih-milih mitra yang tepat. Boleh kalo mau pada ikutan #AyoModalinUMKM juga yuk di Amartha.

Semoga dengan kontribusi kita semua para UMKM di pelosok sana bisa merasa terbantu dan meraih kehidupan yang lebih baik melalui Amartha yah.

24 comments:

  1. Betul banget. Perlu nih punya dana cadangan setidaknya untuk setahun buat jaga2 untuk hal tak terduga

    ReplyDelete
  2. Sasarannya ke perempuan ya. Namanya Amartha.. cocokk, kereen tenaga kerjanya udah banyak..
    Setuju sih teh klo pendanaan untuk bantu umkm gitu, ku pun mauuu teh. Moga bisa ah suatu hari nanti

    ReplyDelete
  3. Datang ke kegiatan seperti ini semakin menyadarkan kita tentang pentingnya memang pengaturan keuangan dan belajar juga soal manajemen keuangan. Literasi seperti ini, penting

    ReplyDelete
  4. Amartha ini memang membantu banget untuk bisnis UMKM dengan permodalan melalui program Amartha Microfinance Marketplace Fintech

    ReplyDelete
  5. Perempuan tangguh ya, memang kalau bisa punya pendapatan sendiri itu lebih ayem hidupnya. Syukurlah Amartha membantu banget ya urusan ini

    ReplyDelete
  6. Aku pernah ikut event Amartha sharing, dan bener sih kalo perusahaan jasa pembiayaan ini concern pada usaha masyarakat di pedesaan. Keren sih karena mereka memiliki tenaga marketing anak muda yang terjun langsung ke pedesaan yang jauh dari kota. Ikut seneng baca cerita Ery, gimana perempuan tangguh ini mampu membantu nambah penghasilan keluarga sampai 93%, keren yaa

    ReplyDelete
  7. Belum familiar dengan istilah sistem tanggung renteng. Dari sini jadi tahu. Ini cukup meringankan karena sifatnya kayak gotong royong buat nalangin dulu ya. Tfs, Ery.

    ReplyDelete
  8. Mau investasi eh ternyata aplikasinya bisa minjemin buat utang konsumtif, ya pasti gemes tuh. Pilih tempat investasti yang tepat kaya Amartha ini ya. Jadi pendana pun gak merasa rugi

    ReplyDelete
  9. Akupun tipe konservatif bangettt bangettttt

    Dahlah, klo mau invest, cari yg aman2 aja. Yg penting bs b'kontribusi utk ekonomi masyarakat yah

    ReplyDelete
  10. Amartha peduli terhadap para pelaku UMKM ya, Bi. Senang bacanya, karena banyak impact buat masyarakat. Btw, mumpung Fathir masih SMP, jangan lupa hamburin uang, Bi. Xixixi

    ReplyDelete
  11. Mengembangkan usaha dengan sumber dana dari Amartha Microfinance Marketplace Fintech menjadi terus bisa berkembang dan kabar gembiranya, tetap bisa memutar keuangan bila memanfaatkan Amartha sebagai sumber investasi sebagai investor,

    Ini solusi banget sih, bagi ibu rumah tangga yang tetap ingin berinvestasi dari rumah.

    ReplyDelete
  12. Dimana sekarang kondisi semakin sulit,terbantulah kita dengan adanya berbagai instrumen financial yang sangat memudahkan kita,ini salah satunya!

    ReplyDelete
  13. Belajar dari pandemi bahwa punya dana cadangan penting apalagi pandemi kemarin banyak yang kena potong gaji, phk dimana2 dan ada yang tidak dpt gaji.

    Investasi di Amartha oke juga nih bisa dicoba.

    ReplyDelete
  14. Amartha bisa membantu kita mengelola keuangan ya teh
    Investasi salah satu instrumen penting dalam mengelola keuangan
    Apalagi sudah terdaftar di ojk

    ReplyDelete
  15. Aku kebetulan lagi nyari instrumen investasi selain reksadana nih mbak, sepertinya menarik juga buat nyuntik modal melalu Amartha ini ya. Wah bisa memlilih mitra sendiri yaa, jd gak auto dana kita dikasikan ke siapa? Noted nih TFS infonyaa

    ReplyDelete
  16. bagus konsepnya ini ya mbak, jadi keuangan itu gak berputar di kota saja namun juga mengalir dan berputar juga kepada pengusaha perempuan di pedesaan. jadi keliatan gotong royongnya yaa. dengan investasi untuk pendanaan produktif insyaAllah pelan-pelan ekonomi kita akan bangkit kembali

    ReplyDelete
  17. Jadi memang terbatas utk perempuan yang di pedesaan ya. Keren banget ya kalau lihat tujuannya begini. Membangun dna membantu para pelaku umkm di desa

    ReplyDelete
  18. Bagus ya misinya Amartha micofinance, menyasar pengusaha mikro perempuna. Semoga kehadirannya makin membuat para perempuan yang selama ini terkendala keuangan untuk memajukan usahanya, bisa makin berdaya.

    ReplyDelete
  19. microfinance gini paling aman memang pakai sistem kelompok dan tanggung renteng. Otomatis mereka saling jaga yaa supaya rajin bayar. Salut dengan Amartha yang menyasar segmen debitur perempuan di desa dengan usaha mikro.

    ReplyDelete
  20. Pandemi selama 2 tahun kemarin berdampak banget terhadap masyarakat ya Teh. Banyak yang kehilangan pekerjaan lalu oleng, makanya perencanaan keuangan perlu diperhatikan banget. Berinvestasi itu penting soalnya. Baru tahu nih tentang Amartha, kepoain lebih lanjut ah

    ReplyDelete
  21. Keren ya Amartha ini. Gak hanya bikin kita investasi yang bikin cuan. Tapi juga bikin kita bisa memberi arti untuk orang lain. Memberi jalan usaha yang berimpak pada banyak hal. Semoga bisa banyak nih yang ikut gabung di Amartha. Demi kemajuan bersama ya.

    ReplyDelete
  22. Nama Amartha masih sangat baru di telinga saya. Jadi berharap ada juga sosialisasinya di Surabaya atau setidaknya dekat dari Kertosono naik kereta

    ReplyDelete
  23. Amartha mainnya pendanaan untuk umkm berarti ya. Oke sih menurutku karena tujuannya membantu umkm berkembang dan semakin maju

    ReplyDelete
  24. Memang ya jaman sekarang kita harus melek investasi. Amartha salah satu investasi yang bisa dipertimbangkan ya.. bukan hanya investasi tapi juga kebermanfaatannya

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS