Dukungan JNE untuk UMKM di Indonesia

Wednesday, August 3, 2022

Menurut gue sih hal positif yang bisa kita ambil setelah hampir tiga tahun dilanda covid adalah banyaknya UMKM yang mulai bermunculan di Indonesia.

Kerasa banget selama hampir tiga tahun kita mengalami ekonomi sulit dikarenakan hampir semua lini terkena imbasnya covid. Jika dulu banyak yang beranggapan bahwa bekerja di suatu perusahaan besar adalah idaman karena bisa bikin hidup tenang dan terjamin, sejak adanya covid anggapan tersebut buyar sudah. Perusahaan dengan omset besar pun ikutan goyah. Pemecatan terjadi di mana-mana tidak pandang bulu.

Hal tersebut yang membuat banyak orang akhirnya beralih ke UMKM. Dari pada nyari kerjaan susah, udahlah mendingan bikin usaha sendiri aja. Berawal dari usaha iseng dengan skala kecil-kecilan, tapi kemudian banyak UMKM yang akhirnya berhasil maju dan sukses menjadi sebuah brand besar.

Bahkan di awal masa pandemi mulai bermunculan berbagai varian makanan dan minuman yang viral di media sosial. Mulai dari dalgona, garlic bread, croffle dan masih banyak lagi. Biasanya sih semakin kepepet, kita malahan bisa jadi semakin kreatif yah. Nyari jalan terus untuk bisa bertahan.


Bisnis Rumahan yang Semakin Marak di Indonesia

UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah adalah sebuah bisnis yang dijalani dengan modal kecil dan biasanya dilakukan di rumah sendiri atau bahasa anak zaman sekarang sih home industry. Jika digeluti dengan baik dan tekun bisnis rumahan tersebut bisa berkembang menjadi bisnis dengan penghasilan besar.

Bila dieksplorasi terdapat berbagai jenis bisnis yang memiliki peluang untuk dikembangkan. Berikut ini adalah berbagai ide usaha yang bisa dilakukan :

Bisnis Kuliner

Kuliner adalah bisnis yang tak pernah mati karena makanan merupakan kebutuhan sehari-hari kita. Beragam usaha kuliner bisa dikembangkan. Kita bisa mulai berbisnis dari modal awal yang kecil, yang penting kualitas rasa makanan, pelayanan dan strategi pemasaran. Udah banyak contohnya makanan dan minuman viral yang awalnya berasal dari usaha rumahan namun akhirnya berhasil membuka toko besar.

Bisnis Fashion

Bisnis fashion juga sangat berpotensi menghasilkan profit besar, terutama pada moment tertentu seperti hari raya. Apalagi tren mode berganti terus seiring perubahan zaman. Asalkan kita peka dalam melihat peluang, kita bisa mengembangkan UKM mulai dari produksi sampai jual beli. Saat ini jualan udah gak harus buka toko, tinggal taro barang di marketplace aja kemudian berpromosi secara online.

Bisnis Pendidikan

Saat ini tempat kursus atau pelatihan tatap muka mulai digemari kembali. Banyak orang yang ingin menambah keahlian khusus. Untuk memulai bisnis di bidang ini, kita harus mengenali kemampuan diri sendiri sebagai modal awal. Kemudian kita bisa menawarkan keunggulan yang bisa didapatkan. Gue sering melihat teman-teman mulai membuka kelas kepenulisan atau pelatihan blogger. Keren sekali!

Bisnis Kecantikan

Saat ini gue melihat peluang di bisnis kecantikan sudah mulai besar. Di tiktok banyak banget MUA atau make up artist yang mulai bikin video tips-tips kecantikan buat dandan kece yang super bermanfaat. Dengan modal yang tidak terlalu besar dan keinginan untuk belajar terus, pastinya usaha di bidang kecantikan dapat memiliki peluang untuk sukses.

Bisnis Event Organizer

Saat ini sudah mulai banyak orang yang males ribet untuk menyelenggarakan sendiri event besar, sehingga sering beralih ke event organizer. Jika belum memiliki modal yang besar, bisa dimulai dari skala kecil terlebih dahulu. Seperti mengadakan pesta ulang tahun, reuni, pertunangan, anniversary. Jika modal dan tenaga sudah mumpuni bisa mencoba skala yang lebih besar seperti pernikahan.

Kelebihan UMKM yang Bisa Dieksplorasi

Dibandingkan dengan usaha yang berskala besar, UMKM memiliki beberapa kelebihan yang bisa dioptimalkan :

Cepat Berinovasi

Usaha Kecil dan Menengah biasanya memiliki kesempatan untuk bisa mengeksekusi berbagai ide baru dan unik karena tidak perlu terhambat dengan aturan atau birokrasi perusahaaa. Sistem operasional bisnisnya juga biasanya lebih sederhana dan tidak serumit perusahaan besar.

Dengan ide segar yang unik, pelaku UKM bisa menembus ke target pasar dengan lebih berani dan menarik minat calon konsumen.

Fokus dan Spesifik dalam Satu Bidang

Keunggulan lain dari UKM adalah biasanya lebih fokus pada satu bidang yang digeluti. Jika mengembangkan bisnis kuliner, maka biasanya lebih mudah dikenali dengan ciri khas dari produk utama yang dijual. Keuntungan lain biasanya UKM memiliki pelanggan yang setia.

Mudah untuk Dimulai

Bisnis rumahan bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar, sehingga siapa pun yang memiliki ide untuk melakukan bisnis tersebut dapat dilakukan dengan segera. Bahkan bisa dilakukan di rumah sekali pun, yah namanya juga bisnis rumahan kan yah yang penting punya niat dan tekad yang kuat untuk belajar dan berusaha terus deh.

Dukungan JNE untuk UMKM di Indonesia

UMKM walau bisa dilakukan oleh siapa saja, namun sesungguhnya rapuh dan mudah goyah sehingga membutuhkan banyak dukungan. Apalagi dengan masuknya era digital seperti sekarang ini, para pelaku UMKM pun harus berlomba untuk menghadirkan berbagai inovasi baru. Hari gini jualannya udah bukan lagi di pinggir jalan, di pasar atau di tempat arisan dan pengajian ibu-ibuk RT. Bukan!

Saat ini para pelaku usaha sudah harus mulai belajar untuk membuat konten menarik di media sosial sebagai pengganti iklan. Kalo bisa sih di-viral-in yah. Selain itu pelaku usaha juga harus mulai belajar untuk berjualan secara online melalui berbagai platform marketplace.

JNE sebagai salah satu brand yang memiliki kepedulian sangat tinggi pada kemajuan UMKM di Indonesia memahami banget hal tersebut dan rajin memberikan pelatihan digital bagi para pelaku UMKM. Sesuai dengan tagline JNE yaitu Connecting Happiness, berbagai program penuh manfaat yang dijalankan oleh JNE tentunya sangat membantu UMKM untuk dapat mengembangkan usahanya.

Sehubungan dengan isu penimbunan beras yang lagi marak belakangan ini, semoga aja bisa segera mendapat penyelesaian yang terbaik yah.

20 comments:

  1. Soal isu penimbunan itu, sebenarnya tidak ada kaitannya dengan kredibilitas perusahaan jasa ekspedisi dalam hal upayanya dalam membantu pemberdayaan UMKM ini ya, Teh? Toh dengan besar hati JNE juga udah mengatakan jika mereka telah melakukan hal sesuai prosedur kerja. Dan telah mengganti kerusakan sembako kepada pemerintah sebelum yang rusak itu mereka timbun.
    Wallahu alam sih, semoga saja tidak mengurangi kredibilitas JNE. Siapa tahu isu itu dinaikan karena ada yg merasa tersaingi dengan kinerja JNE yg saya lihat semakin tahun semakin naik pesat

    ReplyDelete
  2. Mungkin siapa saja bisa merintis UMKM, tapi bener banget Teh kalau UMKM tuh rapuh banget. Perlu dukungan dari berbagai sisi agar tetap kuat dan bertumbuh. Love banget sama JNE yang selalu mendukung UMKM Indonesia. Semoga jaya selalu.

    ReplyDelete
  3. aku senang lihat UMKM Indonesia yang makin berkembang dan sangat kreatif ya teh.. apalagi didukung oleh perusahaan besar seperti JNE

    ReplyDelete
  4. Hmmm kalimat terakhir bikin aku googling lagi - terkait JNE yang dituding menimbun beras :(
    menurut aku sih ini udah pasti kebijakan dari berbagai pihak pasti, karena kan ga mungkin perusahaan sekompeten JNE melakukan isu sebesar ini sendirian!

    Anyway salut sama JNE yang peduli banget sama UMKM Indonesia

    ReplyDelete
  5. Iya teh bener2 pas pandemik jadi menjamur. Masya Allah tinggal pilih mau makan apa ya umkm lokal bagus2 dan enak. . Kreatif. Buat ngirim2 paket JNE aku sering pakeee. Terbantu sekali

    ReplyDelete
  6. Setuju banget, hikmah pandemi kemarin adalah munculnya UMKM baru yang memilih jualan online. Apalagi dengan adanya dukungan JNE yang ngebantu untuk jasa pengiriman dengan banyaknya promo ongkir

    ReplyDelete
  7. Kayanya aku ngga percaya deh kalau itu beneran karena JNE nya. Apalagi lihat track record kiprah JNE yang connecting happiness dan bener2 support masyarakat kecil dan UMKM selama ini.

    ReplyDelete
  8. Selalu salud dengan empati yang diberikan JNE.Tidak saja di bidang olahraga, pendidikan, UMKMpun tidak luput dari perhatikan. Successfull for JNE

    ReplyDelete
  9. Tagline JNE bukan cuma jargon. Aneka program penuh manfaat yang dijalankan oleh JNE sangat membantu UMKM untuk dapat mengembangkan usahanya. Beberapa teman pegiat UMKM telah merasakan manfaatnya. Saya sebagai konsumen juga ikut mendapat kemudahannya. Bravo JNE..sukses selalu!

    ReplyDelete
  10. Pandemi sempat membuat UMKM.terpuruk tapi tidak semuanya sih, UMKM makanan melonjak efek pada di rumah kali ya jadi bawaannya pengen ngunyah mulu.

    Saya termasuk yg merasakan dampak lonjakan orderan frozenfood dan makanan ke berbagai kota lhoo. Dengan adanya ekspedisi spt JNE sangat membantu sekali.

    Semoga sinergi kerjasama JNE dg UMKM makin luas.

    ReplyDelete
  11. Kerasa banget memang ya BI, setelah pandemi ini banyak banget bermunculan UMKM dengan produk yang keren keren dan bervariasi. Salaut banget sama JNE yang selalu mendukung para pelaku UMKM

    ReplyDelete
  12. JNE beneran walk.the talk.
    Connecting happiness dan selalu support UMKm
    Keren buangettt😍👍

    ReplyDelete
  13. Keren banget ya JNE ini
    Benar benar mendukung UMKM untuk berkembang ya
    Salut

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah semoga saja UMKM di Indonesia terus meningkat dan berkembang setelah pandemi ini ya teh

    ReplyDelete
  15. Meskipun dilanda pandemi tapi ada hal lain yang meningkat ya salah satunya di sektor UMKM. Makin banyak orang kreatif untuk bisa menghasilkan neskipun di rumah aja. Namun UMKM juga butuh dukungan dari berbagai pihak, syukurlah kalau ada perusahan macam JNE yg ikut support UMKM juga

    ReplyDelete
  16. Yah Mb, selama pandemi bisnis kuliner yang masih banyak bertahan meski emang penjualan tidak seperti sebelumnya ,namun stiap hari masih bisa produksi meski agak kurang persiapan ,JNE juga membantu untuk distribusi makanan tsb ke berbagai wilayah

    ReplyDelete
  17. JNE emang top yaj...tidak pernah lepas dengan UMKM..jadi UMKM ya makin maju deh... semoga programnya terus berlanjut ya,,,

    ReplyDelete
  18. Kepedulian JNE akan UMKM ini patut diacungi jempol dan semoga semakin banyak yang peduli sehingga banyak kegiatan yang mendorong UMKM ini untuk terus berkembang dengan bisnis yang mereka rintis.

    ReplyDelete
  19. JNE betul-betul berkomitmen mendukung UMKM ya banyak sekali program mereka yang mendukung kemajuan UMKM dan mengajak UMKM berkolaborasi dalam berbagai acara, salut!

    ReplyDelete
  20. Gak diragukan lagi memang ya kiprah JNE dalam kepeduliannya kepada UMKM. Semoga nanti bisa berkesinambungan ya. Biar semakin banyak UMKM yang go digital.

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS