Cerita Idul Adha Tahun Ini

Friday, July 15, 2022

Alhamdulillah perayaan Idul Adha tahun ini di komplek gue berlangsung lebih meriah dibanding tahun sebelumnya.

Di tahun sebelumnya kita masih merasakan parno akibat pandemi. Shalat Idul Adha pun dilaksanakan secara berjarak di depan pagar rumah masing-masing. Setelah shalat bapak-bapak panitia qurban segera berkumpul di mesjid untuk melakukan penyembelihan, tapi setelah itu langsung pulang dan gak ada acara ngobrol-ngobrol. Pokoknya bener-bener cuma seperlunya aja deh.

Sebenernya yang paling kasihan sih anak-anak yah. Biasanya mereka bebas melihat-lihat kambing dan sapi di depan mesjid sambil ngobrol dan bercanda, tapi tahun-tahun kemaren sih bener-bener dibatasi. Maklumlah masih pada parno akibat si covid.

Makanya senang banget karena tahun ini pelaksanaan Idul Adha hampir kembali seperti semula, walau tetap harus pada pake masker lho yah!

Shalat Idul Adha dilaksanakan di mesjid komplek dan dihadiri oleh para warga. Selesai shalat bapak-bapak yang tergabung dalam panitia qurban berbondong-bondong ke mesjid untuk melakukan penyembelihan. Anak-anak pun bebas bermain di area mesjid dan ikut melihat kambing dan sapi. Walau gue sih dari dulu tetap gak pernah tega buat melhat, jadi gak pernah ikutan nonton ke mesjid hehe.

Sementara bapak-bapak melakukan penyembelihan, ibu-ibu biasanya memasak makan siang untuk bapak-bapak. Tempat memasak biasanya di rumah bu RT atau rumah warga yang deket area mesjid. Berhubung gue gak bisa memasak, dari pada merepotkan biasanya sih gue hanya memberikan dukungan moral aja *PLAK*

Selesai melakukan penyembelihan dan penimbangan serta membagi-bagikan daging qurban ke pihak yang membutuhkan, biasanya acara ditutup dengan makan siang bersama di depan mesjid. Malamnya bapak-bapak bakar-bakaran daging deh di depan area pos satpam. Biasanya sih Fathir dan anak-anak komplek lainnya suka ikutan nimbrung juga. Pulang ke rumah tengah malam udah pada bau asap deh semuanya hahaha.

Makna Perayaan Idul Adha

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Idul Adha adalah sebuah hari raya agama Islam untuk memperingati peristiwa kurban. Ketika Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan putranya Ismail sebagai wujud kepatuhannya kepada Allah. Sebelum Ibrahim mengorbankan putranya, Allah menggantikan Ismail dengan domba.

Peristiwa yang dialami oleh Nabi Ibrahim dan Ismail sesungguhnya merupakan ujian dari Allah. Agar kita selalu menjalankan perintah-Nya, serta membuktikan tingkat keimanan kita kepada Allah.

Hikmah yang bisa kita resapi dari Idul Adha adalah segala sesuatunya memerlukan pengorbanan. Kita juga diajarkan untuk ikhlas dalam menghadapi berbagai cobaan, apa pun bentuknya. Kurban juga sebagai pengingat bagi kita bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini merupakan titipan dan milik Allah. Kita harus menjaganya dan memanfaatkannya untuk kebaikan.

Kegiatan Idul Adha juga menjadi moment untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Sudah jadi tradisi bahwa dalam merayakan Idul Adha kita bersilaturahmi ke rumah saudara. Biasanya sih bakar-bakaran seru bareng keluarga yah. Awas kolesterol gais haha.

Gue sendiri sih niatnya mah setiap tahun kepengen kurban. Tahun kemaren udah kurban, tahun ini tentu kepengen lagi lah. Udah berusaha juga untuk menabung setiap bulan supaya ketika udah hari H tinggal nambah sedikit aja, tapi ya gitu deh haha. Kadang kesampaian, kadang gak bisa kesampaian. Tahun ini Kayla masuk kuliah dan Fathir masuk SMP, jadi terpaksa harus nyusun budget lagi nih. Semoga tahun depan mah beneran bisa kurban deh yah.

Makanya kagum banget dengan komitmen JNE yang telah membagikan 4000 daging hewan kurban kepada yang membutuhkan di perayaan Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Juli 2022 yang lalu.

Untuk mempererat tali silaturahmi dan semangat berbagi dengan para karyawan dan masyarakat JNE mengadakan acara #TikiJNEIdulAdhaBareng yang dilaksanakan di Yayasan Taman Yatim Piatu & Tuna Netra (Yatuna) di area Jakarta Timur.

Seluruh daging kurban tersebut dibagikan kepada ribuan kaum dhuafa dan yatim piatu di sekitar kantor pusat atau cabang JNE yang tersebar di 62 kota.

Menjelang ulang tahun JNE yang ke-32 tahun di bulan November nanti JNE memang berkomitmen untuk menyebarkan kebahagiaan sesuai dengan tagline yang selama ini diusung yaitu #ConnectingHappiness.

Untuk memeriahkan peringatan Idul Adha 1422 H, JNE membagikan 32 ekor kambing dengan membuat program kuis giveaway #GameSiJoni melalui akun official resmi JNE yaitu @jne_id. Periode kuis berlangsung dari tanggal 6 -10 Juli 2022, setiap pemenang akan mendapatkan hadiah masing-masing 1 ekor kambing kurban dan mereka bisa berbagi kebahagiaan kepada lingkungan sekitar. Wah, asyik banget sih, beneran definisi dari berbagi kebahagiaan yah!

Selain mengadakan giveaway di media sosial, dalam rangka promo Idul Adha JNE juga memberikan diskon sebesar 20% untuk tujuan kiriman ke negara Timur Tengah (Arab Saudi, Turki, Qatar, Mesir, Uni Emirat Arab, Yaman, Yordania, Kuwait, Bahrain, Oman). Promo diskon tersebut diberikan tanpa minimum berat lho dan berlangsung dari tanggal 7-17 Juli 2022. Bahkan khusus untuk member JNE Loyalty Card (JLC) ada program menarik berupa double point untuk Service International pengiriman ke negara Timur Tengah lho.

Jadi gimana nih cerita Idul Adha kalian tahun ini?

24 comments:

  1. Masya Allah lagi-lagi JNE berbagi, kemarin meng-umrohkan, mendukung olah raga dan sekarang JNe ikut ber-qurban dan di bagikan kepada yg membutuhkan.

    Semoga makin jaya JNe💪

    ReplyDelete
  2. Iku mengaminkan harapan Bibi Titi untuk tahun depan bisa kembali berkurban. Iya bener, tahun ini rasanya segala perayaan sudah nyaris kembali meriah ya Mbak..termasuk idul kurban. Meski kami tidak ikut merayakan, tapi anak-anak ikut antusias lihat lapak dadakan yang menjual kambing dan sapi.

    JNE keren nih, konsisten dengan program-program berbagi. Bener-bener connecting happiness :)

    ReplyDelete
  3. promo diskon dari JNE ini pasti dimanfaatkan dengan baik oleh banyak orang karena lumayan banget kan ya

    ReplyDelete
  4. Jne sukses selalu ya. Hebat banget deh.. selalu berbagi bahkan sampe ke luar negeri. Barakallah..

    ReplyDelete
  5. Momen idul adha ini udah dinantikan anak2 karena bisa berbagi dengan sesama. Jadi ngga takut juga pas acara sembelih hewan kurban. Btw keren nih collab JNE x TIKI yang berbagi hewan kurban. Member JLC juga dapet servis pengiriman internasional.

    ReplyDelete
  6. 4000 daging kurban, Masya Allah banyaknya. Berasal dari berapa ekor sapi itu ya? Semoga berkah, jadi amal baik yang tak pernah putus buat JNE. Luar biasa perhatian dan rasa pedulinya JNE ini ya. Kemarin-kemarin disuguhi cerita kebaikan JNE mendampingi UMKM, mengumrohkan karyawannya, sekarang berbagi daging kurban banyak sekali. Masya Allah

    ReplyDelete
  7. Banyak hikmah dan pelajaran yg bs kita petik dari momen IdulAdha.

    Dan JNE nih kece bangetttt
    Selalu mengajarkan value Islam dgn luar biasaaaa

    ReplyDelete
  8. Sama kita karena aku ga bisa masak jadi aku membantu doa aja agar lancar acaranya haha
    Senang benar ya..sama juga, perayaan Idul Adha di lingkunganku juga meriah..meski teteup ada prokes udah bisa melakukan penyembelihan kurban dengan baik.
    Btw, salut banget dengan komitmen JNE yang telah membagikan 4000 daging hewan kurban kepada yang membutuhkan di perayaan Idul Adha kali ini. Berkah buat JNE!

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah yaa dikomplek kita kemaren pas idul adha sapinya banyak, berlimpah deh daging kurbannya, berasa banget kepeduliannya . Seperti JNE juga yang membagikan 4000 daging kurban buat masyarakat sekitar dan segala promonya beneran membahagiakan kita semuaa.

    ReplyDelete
  10. wah ternganga bacanya! 4000 daging qurban!
    Kalau dikali 1 kilo aja = 4000 kilogram, sementara jika satu ekor sapi dengan berat hidup 350 kg, maka akan didapat berat karkasnya 50 persen dari berat hidupnya atau sebanyak 125 kg. Adapun berat dagingnya adalah 70 persen dari berat karkas alias 122, 5 kg. Jadi untuk hewan kurban jenis sapi dengan berat hidup 350 kg hanya akan didapatkan daging sebanyak 122,5 kg!

    berartiiiii kurang lebih sekitar 30 - 35 ekor sapi ya atau mungkin 25 sapi plus sekian ekor kambing?

    ReplyDelete
  11. Wah seru dan unik banget, bikin kuis hadiahnya kambing kurban. Rupanya Iduladha kemarin JNE bikin banyak program nih. Ya menyembelih kurban, bagi2 hewan kurban, sampai diskon ongkir ke TimTeng yaa.

    ReplyDelete
  12. Yang dapat kambing, pasti senang banget, yaa... Karena lewat hadiah dari JNE, ia bisa ikut berbagi daging kurban ke tetangga sekitar. Salut banget sama JNE, karena ngga cuma berbagi bahagia, tapi berbagi pahala juga. :)

    ReplyDelete
  13. Aku nih senang banget deh sama JNE, selain memang selalu memberikan kemudahan pada masyarakat untuk berkirim paket. Tapi tak lupa juga berbagi kebahagiaan untuk yang lainnya terutama mereka yang kurang beruntung.

    ReplyDelete
  14. Wah, inspiratif banget apa yang dilakukan oleh JNE ini ya teh
    Sukses terus buat JNE
    Selalu berbagi kebaikan dengan sesama

    ReplyDelete
  15. MasyaAllah, JNE memang keren. Euforia Idul Adha juga masih terasa hingga sekarang.

    ReplyDelete
  16. 4000 daging kurban untuk 62 kota? Masya Allah bener-bener connecting happiness yang dilakukan oleh JNE. Seneng ya pastinya kalo bisa menang kuis Giveaway, dapat hadiah hewan kurban jadi bisa ikut berkurban juga

    ReplyDelete
  17. Seru banget bikin giveaway kambing qurban. Berqurban sekaligus membantu orang berkurban ini namanya. Pahalanya dobel. Masya Allah

    ReplyDelete
  18. Masya Allah..pasti senang banget tuh yang dapat kesempatan berkurban lewat kuis berhadiah hewan kurban dari JNE. Diantarkan langsung sama pihak JNE pula itu hewan kurbannya.

    ReplyDelete
  19. JNE dan keberkahannya selalu mengalir.
    Memang momen Iduladha ini bisa dimanfaatkan untuk kita semua untuk saling mendekatkan diri bersama keluarga dan masyarakat lingkungan tempat kita tinggal yaa, teh..

    ReplyDelete
  20. JNE nggak pernah berhenti berinovasi yaa.. keren bgt sih ini, giveaway kambing doongg! udah gt ada pembagian 4.000 daging kurban jg yaa.. nice bgt ini JNE

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah ya Kak Idul Adha tahun ini bisa dirayakan dengan semestinya. Tidak ada pembatasan lagi. Aku baru tahu JNE punya Yayasan Taman Yatim Piatu dan Tuna Netra di Jakarta Timur. Alhamdulillah JNE membagi 4000 daging kurban untuk masyarakat luas. Sukses terus JNE.

    ReplyDelete
  22. seru ya teh Erry, JNE ini selalu bikin orang bahagia yah. Semoga terus menebarkan banyak kebaikan ya JNE . Aamiin

    ReplyDelete
  23. Masya Allah, keren banget JNE ya Teh menyumbang paket daging kurban sebanyak itu, banyak banget ya dibahagiakan JNE pas Idul Adha, semoga bisa menginspirasi kita semua biar semangat berbagi ya

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah semoga apa yang sudah dilakukan JNE selama Idul Adha menjadi keberkahan bagi semua... Tetap menginspirasi dengan gerakan berbaginya ya JNE

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS