Jadi CEO Tuh Gak Mudah!

Sunday, April 17, 2022

Tahun ini Kayla bakal masuk kuliah jadi kita udah mulai sering ngobrol soal masa depan nih.

Bukan obrolan yang terlalu serius, hanya sekadar obrolan ringan aja seputar hal-hal yang dia inginkan ketika lulus kuliah nantinya. Ternyata Kayla tertarik pengen punya usaha sendiri, walo masih belon kepikiran juga jenis usahanya bakal bergerak di bidang apa sih, pokoknya pengen jadi CEO ceunah haha

Nah lho! Emang sebenernya CEO tuh apaan sih? Dan apa aja tugas CEO di dalam perusahaan nih?

Tugas CEO Dalam Perusahaan

Hal yang pertama kali terpikir dalam benak gue kalo ngebahas tentang CEO sih udah jelas karakter fiktif yang sering wara-wiri di drama Korea kesayangan hehe. Kalo gue perhatikan secara seksama sih tugas mereka hanyalah mondar-mandir terlihat tampan dengan mengenakan stelan jas kemudian tebar-tebar pesona gak jelas sama cewek gebetannya hahaha

Iya, emang sereceh itu sih penggambaran karakter CEO di drama Korea. Tapi yah namanya juga drama yah, kalo dalam kehidupan nyata tentu saja tugas CEO gak bisa dianggep enteng.

CEO atau Chief Executive Officer adalah posisi tertinggi dalam team manajemen suatu instansi. Jadi udah jelas yah, sebuah perusahaan yang sukses pastinya memiliki seorang CEO yang hebat dan berbakat, karena CEO yang bertanggung jawab atas semua area bisnis perusahaan.

Sebagai pengambil keputusan utama dalam perusahaan, seorang CEO juga harus mampu memimpin, mengelola, mengayomi dan mengoperasikan perusahaannya dengan baik. Team yang kompak dan solid tentu gak muncul begitu saja, tapi harus dibangun dan dipupuk dengan penuh rasa percaya. CEO juga harus mampu berperan sebagai jembatan antara karyawan dan perusahaan, sehingga bisa terjalin hubungan yang nyaman dalam perusahaan.

The Iconomics Research Memilih 50 Indonesia Best CEO Awards 2022

Ternyata berat juga yah mengemban tugas sebagai CEO sebuah perusahaan. Apa lagi di masa pandemi seperti ini yang pastinya merupakan masa sulit bagi semua kalangan.

Sehingga The Iconomics Research melakukan studi berupa survei terhadap ribuan karyawan dalam berbagai industri dan kategori. Para responden diminta untuk melakukan penilaian terhadap CEO di institusinya dan diperkenankan juga melakukan penilaian terhadap CEO institusi lain dalam kategori industri sejenis.

Tujuannya apa nih? Karena The Iconomics Research pengen memberikan apresiasi kepada para CEO melalui Best CEO Awards! Ada pun parameter indikator yang dipakai adalah : Popularity, Competency, Crisis Leadership dan Personality.

Competency menyangkut seberapa baik kompetensi CEO sebagai pemimpin. Popularity menyangkut seberapa terkenal CEO institusi tersebut. Personality menyangkut seberapa baik nilai-nilai CEO sebagai seorang pribadi. Sedangkan Crisis Leadership menyangkut seberapa baik CEO membawa institusinya menghadapi krisis Covid-19 yang melanda.

Mohamad Feriadi Soeprapto Dinobatkan Sebagai 50 Indonesia Best CEO Awards

JNE yang mengusung semangat “Connecting Happiness” memang didirikan dengan tujuan utama untuk memberikan manfaat bagi banyak orang.

Sebagai salah satu pelanggan setia JNE, tagline Connecting Happiness yang diusung oleh JNE emang terasa banget sih terutama di masa pandemi. Semua urusan belanja sudah pasti dilakukan secara online. Gue sih merasa sangat berterima kasih terutama kepada para kurir yang berjasa menembus badai covid demi mengantarkan pesanan kita sampai ke depan pagar.

Makanya ikutan senang dan bangga ketika mendengar kabar bahwa Mohamad Feriadi Soeprapto sebagai Presiden Direktur JNE mendapatkan penghargaan bergengsi dari The Iconomics Research sebagai 50 Indonesia Best CEO 2022 Awards “Employee’s Choice” Courier Category.

Sebelum dipercaya menjadi pimpinan JNE yang telah berdiri selama 31 tahun, Mohamad Feriadi Soeprapto memang memulai langkahnya dari posisi yang berhubungan langsung dengan konsumen. Bertahun-tahun di posisi yang berkaitan dengan penjualan, pemasaran dan menjadi kurir on board ke berbagai negara di dunia.

Jadi beliau memang benar-benar tahu apa yang terjadi di lapangan karena sudah pernah mengalaminya sendiri. Hal ini tentu saja membuat beliau jadi bisa lebih merasakan empati kepada para staf dan kurir yang berhadapan langsung dengan para konsumen yah. Sampai akhirnya beliau dipercaya untuk memimpin kurang lebih 50 ribu karyawan sebagai Presiden Direktur.

Mohamad Feriadi Soeprapto sebagai Presiden Direktur JNE mengucapkan rasa syukur atas penghargaan istimewa ini. Mewakili seluruh karyawan dan manajemen JNE, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas penghargaan yang diberikan sebagai 50 Indonesia Best CEO Awards 2022 – Employee’s Choice

“Penghargaan ini menjadi pemicu kinerja kami untuk terus melakukan inovasi yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan terlebih di masa pandemi saat ini”

Sejalan dengan tujuan JNE yang selalu ingin memberikan manfaat pada sekitarnya, maka penghargaan yang diraih ini tentunya menjadi motivasi bagi manajemen dan karyawan untuk terus menjalankan performa kerja yang prima dan melanjutkan komitmen untuk terus berinovasi dalam pengembangan bisnis, serta selalu berupaya maksimal untuk menyelenggarakan kegiatan sosial di berbagai bidang.

“Dalam menjalankan amanah kepemimpinan, ada prinsip yang terus dipegang teguh yaitu berbagi, memberi dan menyantuni. Makna dari prinsip tersebut bukan hanya tentang harta, namun dapat memberikan manfaat bagi kehidupan banyak orang, karyawan mau pun masyarakat. Hal ini diwujudkan dengan program yang diselenggarakan untuk masyarakat luas sebagai dukungan nyata di bidang sosial, olahraga, budaya sampai dengan program acara edukatif untuk pemberdayaan komunitas dan UKM”

Memang satu hal yang gue kagumi dari komitmen JNE adalah kepedulian mereka pada sekeliling terutama UMKM sih. Dukungan JNE kepada para UMKM dengan cara rutin melakukan pelatihan digital agar mereka bisa mengembangkan usahanya patut diacungi jempol.

Selamat atas pencapaiannya dan semoga JNE konsisten terus dengan berbagai programnya yang bermanfaat yah!

23 comments:

  1. iyalah beda penggambaran di drama dengan kenyataannya ya mbak. CEO tuh emang tugasnya berat, dan salut karena JNE memiliki CEO yang hebat. Selamat untuk Bapak Mohamad Feriadi Soeprapto yang dinobatkan Sebagai satu dari 50 Indonesia Best CEO Awards. Pantes aja JNE terus maju, CEO nya hebat sih

    ReplyDelete
  2. Mungkinkah Kayla nonton drakor Start Up dan inspired by Seo Dal Mi? :)
    Jadi CEO emang sama sekali bukan perkara retjehhh ya Teh.
    Dibutuhkan dedikasi, kerja keras, semangat untuk sellau tangguh di setiap keadaan.

    ReplyDelete
  3. wkwkwk iyalho, kalau udah ngomongin tentang CEO kenapa auto inget drakor ya...yang kerjaanya mondar mandir aja ahaha. Wah, keren banget ini..Selamat pak Feri..Semoga selalu menginspirasi

    ReplyDelete
  4. COngratulation untuk bapak Mohamad Feriadi Soeprapto direktur JNE yang terpilih dalamam 50 Indonesia Best CEO 2022 Awards Employee’s Choice Courier Category.Beliau yang aku tahu sudah cukup lama menduduki posisi tersebut.Tentunya pencapaian ini karena cara kerja beliau di JNE yang menjadi penilaian

    ReplyDelete
  5. Pak Mohamad ini patut menjadi panutan kita semua terutama para pebisnis dalam menjalankan perusahaan. Hebat banget JNE meraih penghargaan dengan layanan terbaiknya kepada pelanggan. Ternyata tugas CEO tidaklah mudah ya, butuh perjuangan dan konsistensi :) TFS mbak.

    ReplyDelete
  6. kebayang tanggung jawab dan "saat mendaki" menuju puncak menjadi CEO
    tidak sembarang orang bisa mengemban tanggung jawab sebesar itu

    ReplyDelete
  7. Ceo yang keliatan gaya , punya banyak uang dan jadi inceran cewek2.yang jelas tanggung jawab juga gede, butuh kerja keras, banyak ide bisa bekerjasama..hardskilll n soft skill harus banget

    ReplyDelete
  8. Wuih keren, JNE makin ke sini makin banyak aja award yang didapatnya. Ya produknya, ya layanannya, ya komitmennya. Dan kini CEO-nya pun masuk 50 the best. Keren pisan. Makin bangga deh aku sebagai pelanggannya. Selamat JNE.

    ReplyDelete
  9. Bahas CEO jadi ingat Kang Tae mu, haha
    Emang ya teh, jadi CEO itu nggak mudah
    Tanggung jawabnya besar
    Di tangan CEO ALQH, perusahaan bisa berkembang atau bangkrut

    ReplyDelete
  10. Wah, selamat buat Bapak Mohamad Feriadi Soeprapto atas penghargaan menjadi 50 Indonesia Best CEO Awards 2022 – Employee’s Choice. Memang di bawah kepemimpinan Beliau JNE makin jaya!
    Sukses buat JNE ke depannya!

    ReplyDelete
  11. Baru ngeh ya ternyata permilihan best CEO sekalipun ada unsur/aspek popularitynya yaa... ga cuma best di dunia enterpreneur aja yaa, di bisnis secara umum popularitas jg tetap jd unsur penilaian yang tinggi.

    ReplyDelete
  12. CEO bukan sembarang orang ya teh, harus punya tanggung jawab dan bisa diandalkan juga. Harus balance skill nya.

    ReplyDelete
  13. Selamat buat Bapak Mohammad Feriadi Suprapto sebagai 50 Best CEO se Indonesia. Sebuah prestasi tersendiri buat JNE yaa..

    ReplyDelete
  14. Tapi kalau CEOnya Kang Tae-Moo gimana mak? Tapi kalau bapak Mohamad Feriadi pasti sudah melewati beberapa experience ini ya hingga akhirnya dia sekarang menjadi seorang CEO dan mendapatkan award 50 Indonesia Best CEO 2022 Awards “Employee’s Choice” Courier Category

    ReplyDelete
  15. CEO oh CEO, kalau di drakor biasanya digambarkan sebagai idola haha
    Wah keren banget nih CEO JNE berhasil meraih award. Keren banget mulainya dari nol ya berhubungan langsung ma pelanggan hingga mencapai posisinya skrg.

    ReplyDelete
  16. Selamat buat Pak Mohammad Feriadi yang terpilih sebagai 50 best CEO di Indonesia ya, keren banget prestasinya semoga bertambah sukses mengelola JNE. Kalau versi Korselnya Kang Tae Mo masuk juga yaa...

    ReplyDelete
  17. CEO di drama bikin jatuh cinta! Model setelan jas sama tebar pesona doang kerjaannya. Padahal aslinya mah gak gitu ya. Butuh perjuangan kerja keras bahkan kalau bisa sampai dapat penghargaan kaya Bapak Feriadi, ini pasti betulan kerja dan bisa diandalkan

    ReplyDelete
  18. JNE emang keren banget deh ya banyak inovasi mengajak masyarakat lebih mau berbagi dan keren euy CEO -nya terus maju ya JNE!

    ReplyDelete
  19. keren jne bisa bikin jadi salah satu ceonya the best ga salah kalau skrg jadi ceco terbaik salah satunya. salut. sukses selalu jne

    ReplyDelete
  20. Jadi paham kalau jadi ceo ga semudah kang tae mo ya yang meniti karir karena keluarga hihi selamat pak Feri, semoga berkah kerjakerasnya memajukan JNE sampai sebesar ini. 31 tahun bukan waktu sebentar ya mbak. Patut diacungi jempol untuk kinerjanya.

    ReplyDelete
  21. Jiwa leadership yang kudu dimiliki seorang CEO agar visi dan misi perusahaan bisa terus seiring sejalan dan menjadi sukses. Selamat untuk Bapak Mohammad Feriadi Suprapto sebagai 50 Best CEO Awards 2022 – Employee’s Choice.

    Semakin maju dan mengedepankan kebaikan dalam setiap program-programnya.

    ReplyDelete
  22. Selamat nih untuk Pak Feriadi atas penghargaan yang diterimanya. Kecakapan dalam memimpin serta melakukan visi yang baik bagi masyarakat menjadi bekal beliau dalam menjalankan roda JNE sampai saat ini.

    ReplyDelete
  23. JNE keren banget ya. Tahun 2022 ini kayaknya prestasinya gilang gemilang karena meraih berbagai penghargaan bergengsi. Secara layanan memang oke punya. Jadi gak kagetlah. Ekspedisi andalanku.

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS