Dukungan JNE Untuk UKM di Indonesia

Friday, April 1, 2022

Gak bisa dipungkiri bahwa pandemi bener-bener mengguncang perekonomian kita yah.

Banyaaak banget temen gue yang sebelumnya lumayan mapan dari segi ekonomi terkena imbasnya dan jatuh sejatuh-jatuhnya. Ada yang terkena PHk atau usahanya gak sanggup bertahan.

Namun di sisi lain, pandemi yang udah membuat kita terisolasi di rumah selama lebih dari dua tahun ‘memaksa’ kita untuk jadi lebih kreatif. Kita tuh kayak diharuskan untuk memeras otak mati-matian untuk mencari jalan supaya bisa survive.

Beruntung banget kita udah masuk ke era digital. Gak kebayang sih bakal kayak gimana kejadiannya kalo kita mengalami pandemi di masa kegelapan sebelum masuknya internet. Udah deh, pasti bakal makin nge-blank aja hidup kita.

Tapi manusia tuh emang suka kayak gitu yah, semakin terpojok maka akan semakin mengerahkan tenaga untuk mencari jalan keluar. Insting survival-nya langsung nongol. Kayak blogger aja tuh semakin mepet deadline, ide tulisan bakal semakin ngalir. Kalo deadline masih jauh, otaknya kosong melompong aja gitu gak tahu mau nulis apaan hahaha *dasar aku*

Mendadak  Viral di Masa Pandemi

Gue sih masih inget banget ketika di masa awal pandemi, kayaknya banyaak banget konten makanan yang mendadak viral di media sosial. Sepertinya akibat kegabutan haqiqi yang membabi-buta, makin banyak netyjen kreatif yang bereksperimen dengan bahan makanan.

Apakah saat itu ada yang ikutan terkena demam kopi dalgona juga kayak gue?

Gak bisa nongkrong buat ngopi cantik di café, akhirnya beramai-ramai bikin kopi dalgona di rumah aja. Caranya mudah dan rasanya gak kalah kayak kopi yang ada di café. Asal elo kuat aja mengocok adonan kopinya. Untuk gue sendiri sih biasanya tugas mengocok didelegasikan kepada abah aja, gue bagian nyicip ehehe.

Setelah demam kopi dalgona reda, kemudian muncul deh roti garlic ala Korea. Gak lama kemudian odading ikutan viral dan muncul ke permukaan akibat kontennya yang nyeleneh. Belakangan ini yang lagi viral crofle, yang merupakan perpaduan antara croisant dan wafle.

Tuh kan, semakin tertekan malah jadi semakin kreatif!

UKM Semakin Tumbuh Berkembang

Pandemi telah menempa kita menjadi manusia yang lebih kuat dan tahan banting. Setelah banyak yang mengalami PHK akibat pandemi, saat ini UKM atau Usaha Kecil Menengah mulai bermunculan untuk mencari tempatnya. Saat ini UKM sudah berhasil memberikan kontribusi yang signifikan untuk pertumbuhan ekonomi nasional.

Seiring dengan masuknya era digital, saat ini para pegiat usaha pun mulai berlomba untuk menghadirkan inovasi terbaru. Pokoknya berbagai usaha dilakukan di seluruh lini media sosial demi menjadi yang terdepan.

Dukungan JNE Kepada UKM

Tidak mau ketinggalan, JNE pun memberikan dukungan penuh kepada para UKM dengan cara mengadakan perhelatan virtual yaitu JNE Ngajak Online 2022 – Goll...Aborasi Bisnis Virtual. JNE mengumpulkan UKM lokal di 59 kota di Indonesia diawali dari Cilacap. Bertujuan untuk meningkatkan daya saing serta mengembangkan kapasitas UKM khususnya di Cilacap baik skala nasional mau pun global.

Marsudi selaku Head Regional Jateng – DIY menyatakan “ Melalui acara ini semoga laju pertumbuhan UKM bisa bersama-sama tumbuh, menuju perkembangan bisnis 5.0 yang akan bertransformasi secara cepat. Mudah-mudahan JNE bisa memberikan terobosan, tidak hanya melayani pengiriman namun memberikan solusi bagi para pengusaha”.

JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Virtual

Memang sudah waktunya para UKM yang biasa berjualan langsung di jalanan, pasar atau di toko naik kelas dengan cara lebih memahami online marketing. Go digital! Belajar tentang branding, packaging dan online marketing supaya usahanya bisa lebih maju.

Contohnya saja Sugeng Paijo selaku Direktur Teman Kreasi Cilacap dan Owner Jajanan Mamake yang sudah menjalankan usahanya secara online dan berupaya untuk menghadirkan konten sosial media dengan gaya soft selling dalam memasarkan sukun buatannya. Konten yang dibagikan tidak selalu tentang berjualan sukun, tapi juga kegunaan buah sukun dan berbagai informasi lain yang bermanfaat.

Memang sih audiens juga pastinya bakal males dan kurang nyaman kalo lihat konten yang terlalu hard selling. Ketahuan banget kalo lagi jualan.

Selain itu, ternyata kemasan atau packaging juga memegang peranan penting lho. Walau kalo bicara soal makanan, rasa merupakan hal terpenting tapi untuk menimbulkan kesan tertentu kemasan juga harus dipikirkan secara serius nih.

Dari sektor kriya, ada Arif Hermawan selaku Owner Workshop Ableh 47 Custom yang turut menyampaikan pendapatnya. Merupakan cita-cita Arif untuk membangun ekosistem UKM Kriya di Cilacap, setelah melihat banyaknya pengangguran akibat pandemi covid-19. Menurut Arif, menyusun strategi pendekatan ke pelanggan merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan usaha kita.

Sebagai pelanggan setia JNE, gue sih seneng banget atas berbagai dukungan yang selalu diberikan oleh JNE kepada para UKM. JNE memang sering mengadakan program pelatihan digital marketing seperti instagram Ads, facebook Ads atau pelatihan membuat konten yang menarik untuk para UKM demi mengembangkan usahanya. 

Cilacap merupakan kota pertama dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 - Goll..Aborasi Bisnis Online yang mana pada tahun 2021 sudah dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia.

Gelaran Roadshow selanjutnya bakal hadir di Kota Sukabumi pada tanggal 1 April 2022. Hayuk UKM warga Sukabumi pada ikutan atuh!

37 comments:

  1. Sejak pandemi, banyak UMKM yg kolaps. utk sekedar bertahan hidup aja, sepertinya UKM banyak yg kesulitan

    Alhamdulillah ada JNE yg siap berkontribusi utk majubya UMKM kita ya

    ReplyDelete
  2. Bersyukurnya ada JNE yang selalu support UKM, sehingga perlahan para pengusaha itu mulai bangkit, karena mau tidak mau hidup harus diupayakan. Kalau hanya pasrah pada keadaan tanpa berbuat apa2 niscaya hidup pun makin susah. Semog pasca pandemi ini UKM di Indonesia makin berkembang sehingga perekonomian pun perlahan pulih.

    ReplyDelete
  3. salut banget sama JNE yang selalu mendukung para pelaku UKM ya, teh. Jadi semakin banyak pelaku bisnis yang semakin semangat untuk menjalani bisnisnya.

    ReplyDelete
  4. Kontribusi JNE bagi UMKM ini sungguh patut diapresiasi. Bagaimana tidak, saat pandemi pelaku usaha itu banyak yg bangkrut kan ya. Termasuk beberapa keluarga saya juga. Ini JNE malah siap membantu demi kemajuan bersama. Sungguh mulia visi misinya

    ReplyDelete
  5. Dengan teknologi yang semakin berkembang, pemasaran pun bisa dilakukan secara online ya, Teh. Lebih praktis dan bisa lebih luas menjangkau target pasarnya.

    ReplyDelete
  6. JNE selalu mendukung teman-teman UMKM dari dulu ya teh. Komitmen mereka untuk memberikan pelayanan terbaik memang ga perlu diragukan

    ReplyDelete
  7. Dukungan jne terhadap umkm memang patut diacungi jempol Karena benar-benar memberikan bukti nyata yg manfaatnya dirasakan berbagai pihak

    ReplyDelete
  8. Salut nih sama JNE yang turut berkontribusi mendukung UKM supaya lebih maju dengan programnya. Di saat seperti sekarang, dibutuhkan rekan yang bisa saling support untuk bertahan.

    ReplyDelete
  9. Sukaa dengan kepedulian JNE kepada UKM ini semoga banyak diikuti oleh perusahaan lainnya. UKM sebenarnya berkontribusi besar kepada perekonomian Indonesia secara makro jadi harus kita dukung ya..

    ReplyDelete
  10. Salut dengan JNE yang selalu memberikan dukungan terbaiknya kepada pelanggan, termasuk juga UKM yang membutuhkan jasa logistik terbaik.

    ReplyDelete
  11. Komitmen JNE dalam mendukung UKM memang total ya. Gak hanya dalam distribusi produk. Tapi juga ikut membuat program dalam pemberdayaan. Keren. Gak heran deh kalo JNE dapat penghargaan untuk ini. Ikut bangga deh sebagai pelanggan JNE.

    ReplyDelete
  12. Mbaa, sama. Aku pun senang sekali ketika ada jasa pengiriman yaknI JNE ini yang nggak tanggung-tanggung memberikan dukungan terhadap UMKM

    ReplyDelete
  13. ngga heran sih dari dulu emang JNE ini konsisten mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. karena JNE ini kan ekspedisi asli Indonesia yaa.. jadi emang kudu kayak gini, terus kolaborasi dan saling dukung

    ReplyDelete
  14. Manusia itu tercipta dengan sangat adaptif terhadap lingkungannya yaa, teh..
    Semakin tertekan malah daya juanganya semakin kuat.
    Bersama JNE, UKM maju dan berkembang bersama dengan bantuan berbagai ilmu digital marketing dan banyak lagi.

    ReplyDelete
  15. Temen2ku yg pegiat UMKM banyak yg pivot, Teh.
    Ganti strategi dalam berusaha, dan memanfaatkan platform digital.
    Hamdalah ada JNE ini.
    Jadinya sangat men-support pejuang UMKM ye kan?

    ReplyDelete
  16. Keren ya JNE .. saya sudah membaca banyak berita tentang dukungan JNE terhadap UMKM di Indonesia.

    ReplyDelete
  17. Ga pernah lelah nih JNE selalu mendukung UKM, banyak memberikan pelatihan online bahkan ngajak Onlen buat mereka pelaku UKM, keren nih Cilacap menjadi kota pertama Ngajak Online dan bener2 Goll Aborasinya mantaab.

    ReplyDelete
  18. Nyaris semua usaha bisnis termasuk UKM merasakan goncangan ekonomi dimasa pandemi yang sudah memasuki tahun kedua.Salud untuk JNE yang mendukung pertumbuhan UKM.Aku termasuk pengguna setia JNE,tidak diragukan lagi pelayanannya pada konsumen

    ReplyDelete
  19. Jadi ingat mpo muter muter minimarket cuma cari kopi sachet buat dalgona. Saking viral sampai susah nyarinya. Umkm harus terkenal dan bikin viral produknya agar bisa dikenal masyarakat dan di anterin sama jne

    ReplyDelete
  20. salut dengan kekreatipan netijen bikin sesuatu jadi viral. asal yang viral makanan dan minuman, aku mah ikutan nyicip aja hahaha. semoga ukm makin maju berkat dukungan jne :)

    ReplyDelete
  21. JNE ini keren banget ya, tidak hanya sebagai layanan logistik saja tapi juga menjadi tempat belajar ya. Karena mereka juga mengajak para mitranya untuk tumbuh bersama dengan memajukan UMKM

    ReplyDelete
  22. Memang ya semakin tertekan makin kreatif, saya yang tinggal menikmati kreativitas pelaku UMKM ini jadi ikutan senang. Salutnya perusahaan besar seperti JNE selalu mendukung tumbuh kembang pelaku usaha ini, lewat berbagai program seperti Goll Aborasi yang pastinya akan bermanfaat bagi kemajuan UMKM Indoneisa

    ReplyDelete
  23. JNE emang keren banget sih jadi nggak perlu diragukan lagi deh. Soal pelayanannya juga jarang banget dapat komplain ya. Dari dulu emang JNE ini konsisten mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. Mantap deh

    ReplyDelete
  24. Wah roadshow yang diadakan JNE pastinya banyak diminati ya mbaa. Senang banget ini pastinya jika setiap kota dikunjungi oleh JNE dan berbagi inspirasi

    ReplyDelete
  25. JNE nih memang selalu peduli dengan UMKM ya sering ada pelatihan digital dll yang menunjang kesuksesan UMKM untuk berbisnis online, saling dukung begini bagus banget untuk atmosfer dunia usaha saat ini apalagi di masa pandemi...

    ReplyDelete
  26. Udah gak heran lagi ya kalo JNE selalu punya program yang bagus ..Dukungannya untuk UMKM juga luar biasa..bukan sekedar jadi perantara antara konsumen dan penjual.

    ReplyDelete
  27. JNe emang terbaik, layanannya paling oke dan selalu mendukung serta memajukan UMKM.

    ReplyDelete
  28. Emang nggak salah, tiap belanja online aku selalu minta dikirim pakai JNE
    Nggak hanya terbukti kualitasnya, tapi juga sangat peduli dengan UMKM

    ReplyDelete
  29. Dengan kolaborasi yang baik antara JNE dan UKM, semoga kita semua bisa bangkit lepas pandemi ini dan perekonomian kembali stabil. Rasanya semakin semangat kalau bareng-bareng jalannya begini...

    ReplyDelete
  30. Ketika pandemi banyak UMKM yang bangkit di bidang makanan melejit, kebetulan saya ikutan reseller lariss maniss berkat jne pengiriman jauh pelosok teratasi

    ReplyDelete
  31. Makin mantap nih JNE dengan tindakan kolaborasi mengajak UMKM agar lebih maju. Saya seller di marketplace juga memilih JNE sebagai salah satu kurir pengiriman produk

    ReplyDelete
  32. JNE memang konsisten ya membantu teman-teman UMKM. Udah puluhan tahun bekerja menjadi bagian dari perkembangan UMKM Indonesia nih JNE

    ReplyDelete
  33. percaya banget kalau jne di sini aja ukm dicek terus butuh apa mbak padahal aku tinggal di pelosok desa loh. kalau ditambah banyak ilmu begini mau banget ikutan. caranya gimana mba

    ReplyDelete
  34. UKM harus terus didukung ya mbak apalagi yang bisa meningkatkan perekonomian rakyat juga

    ReplyDelete
  35. Alhamdulillah ya mbak, benar sekali saatnya ukm naik kelas dengan bekerjasama dengan JNE, ukm bisa merambah pasar yang lebih luas

    ReplyDelete
  36. JNE gak sekadar perusahaan jasa pengiriman saja, lebih dari itu, JNE pun senantiasa mendukung gimana agar pelaku UKM ini bisa terus scale up bisnisnya. Caranya ya dengan menyelenggarakan workshop, pelatihan, dan berbagai kolaborasi.

    ReplyDelete
  37. Keren ya, JNE Goll..Aborasi bisnis. Mereka paham betul bahwa kolaborasi merupakan salah satu nyawa bisnis di jaman sekarang. Udah bukan waktunya lagi gontok-gontokan pengin jadi yang terhebat. Tapi maju bersama dan menghebat bersama.

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS