Usaha Penipuan dengan Modus Poin Telkomsel

Wednesday, October 20, 2021

Padahal yah gue tuh udah sering banget baca tentang berbagai kasus penipuan dengan berbagai modus di timeline.

Selama ini juga gue selalu mengabaikan berbagai pesen random yang masuk ke whatsapp atau SMS. Sok-sok ngasih tahu bahwa nomer gue menang undian lah, sok-sok  bilang sebagai pegawai minimarket yang baru ganti nomer dan ujung-ujungnya minta disebutin nomer yang barusan aja masuk ke whatsapp  lah.

DIH, ITU KODE OTP KAN YAH?

Semuanya udah gue cuekin. Bahkan kalo nerima telfon gak jelas juga gue selalu jutek. Makanya gak perlu repot-repot sok bercandain gue buat nelfon dengan ucapan : kok gak tahu ini dari siapa? Emang nomernya gak di-save yah? Pasti bakalan langsung gue tutup deh telfonnya. Males nanggepin!

Apa mungkin gue jadinya terlalu jumawa kali yah? Astagfirullah!

Usaha Penipuan dengan Modus Poin Telkomsel

Saat itu gue baru aja bangun dari bobok siang setelah semaleman begadang marathon drama Korea *plak*. Sekitar jam 4 sorean, masih rebahan dan ngumpulin nyawa sembari iseng scrolling timeline.

Tiba-tiba aja telfon masuk dan dengan sopan memperkenalkan diri sebagai pegawai Telkomesel.

Dia bertanya kepada gue sebagai pelanggan Kartu Halo (YANG MANA EMANG BENER NIH) mengapakah Telkomsel Poin yang gue miliki tidak pernah ditukarkan.

Gue langsung tersadar bahwa gue emang udah langganan Kartu Halo sejak lama banget dan belum pernah sekalipun menukarkan poin yang gue miliki. Setiap bulan setelah membayar tagihan, gue memang selalu mendapat sms yang menginformasikan bahwa gue dapet poin. Tapi gak pernah sekali pun ditukerin karena males ngurusin aja ehehehehe.

Kemudian dia menyatakan bahwa Poin Telkomsel gue udah banyak banget dan sebentar lagi akan hangus. Sayang banget kalo sampai hangus kan yah. Dia pun menawarkan apakah poin gue mau ditukarkan dalam bentuk voucher minimarket aja? Gue sih iya-iya aja dong yah. Kesenengan karena tiba-tiba aja bisa dapet voucher.

Dia bilang dengan poin yang gue miliki, gue berhak mendapat 2 voucher dengan nominal 600rb. Itu pun masih nyisa poinnya. Wah, masa sih! Dia nyuruh gue cek 2 sms dari Telkomsel. DAN BENERAN ADA SMS DARI TELKOMSEL LHO!

Selain nama kontaknya beneran dari Telkomsel, history chat yang tercantum dari bagian atas juga beneran dari Telkomsel. Kalo scrolling ke bagian atas, ada banyak sms yang isinya ucapan terima kasih karena sudah membayar tagihan Kartu Halo sebesar blablabla.

Gara-gara sms kampret tersebut, mulai timbul sekelumit rasa percaya dari lubuk hati gue dan kebahagiaan karena mendadak dapet voucher. Yay!

Lantas dia menyatakan bahwa masih ada poin tersisa yang sayang kalau sampai hangus. Gue bisa dapet uang tunai sebesar 1 juta rupiah ceunah! WOW!

Kemudian dia bertanya apakah gue menggunakan Mbanking? Dan apakah Mbanking gue terdapat pada hape yang sama? Yang lagi gue pake sekarang?  Yang dengan begonya  polosnya gue jawab dengan IYA. Dih, padahal ngapain pake nanya-nanya kayak gitu yah? Andaikan saat itu hati gue tidak sedang dibutakan dengan kebahagiaan akan mendapat voucher dan uang tunai sebesar satu juta rupiah!

Kemudian dia menyatakan bahwa saat ini ia telah mengirimkan sms dari Linkaja. Beneran ada dong sms dari Linkaja!

KEMUDIAN DIA MEMINTA GUE KLIK LINK YANG TERDAPAT DALAM SMS TERSEBUT DAN MASUK KE MBANKING GUE!

Nah lho! Seketika itu juga gue langsung sadar dan berasa kayak ditampar sih!

Aturan utama yang selalu gue terapkan pada diri gue sendiri dan selalu gue ulang-ulang ke anak-anak yaitu jangan suka sembarangan nge-klik link. Terutama kalo pengirimnya gak jelas. LAH INI DIA MALAH NYURUH GUE KLIK LINK SEMBARI BUKA MBANKING?

Gue berasa kayak disiram air dingin dan langsung tutup telfonnya saat itu juga. Ketika dia berusaha telfon balik, gue baru nyadar bahwa ternyata barusan telfonnya dateng dari nomer hape jugak. Eh, barusan kontak telfonnya bukan dari Telkomsel yah? Astagfirullah!

Abah baru aja pulang dan ketika gue curhatin, langsung ikutan panik dan nyuruh gue cek saldo saat itu juga. Gue yang berasanya gak klik link apa pun jadi ikutan panik hahaha. Tapi Alhamdulillah saldo gue aman.

Memang gue gak jadi ketipu sih, tapi gue mengakui bahwa saat itu gue mulai terbuai lho. Aslik cara ngomongnya meyakinkan banget dan tepat sasaran. Padahal gue tuh orangnya suka jutek, gampang curigaan dan sering skeptis, tapi masih bisa kemakan rayuan si kampret itu lho! Duh!

Bener aja sih, ketika gue cek google ternyata udah banyak banget korban penipuan dengan modus Poin Telkomsel ini lho. Hal itu juga yang membuat gue akhirnya memutuskan untuk menuliskan cerita ini.

Pokoknya selalu waspada aja yah gais! Makin sini modus penipuan udah semakin luwes aja. Kita gak boleh lengah sedikit pun. Semoga kita semua selalu dilindungi yaah!

25 comments:

  1. LAHHH, SAMAAA KAYA AKOOOHH
    kapan hari aku juga terima telpon random kayak gini, dan dia tau bgt kalo aku ga pernah nuker poin Halo, ya ampuunn
    Untunglahh, pas orang itu telpon, anakku ngajak omong, nanya nyimpen selai di mana atau apa gitulah, intinya aku terdistraksi.

    Alhamdulillah.... semogaaaa kita selalu dijaga Allah ta'ala ya

    ReplyDelete
  2. Ya ampun Erry untung aja belum sempat klik link nya ya. Kalau terima telp dr no ga dikenal hati2 deh, bisa kena hipnotis sdh banyak kasusnya juga tuh. Aku juga pakai simpati tp ga pernah di telp mengenai poin, yg nyebelin tiap hari terima 2 atau 3 sms baik dari telkomsel dan aneka iklan ga jelas spt judi, pinjol, kamera pengintai, gadai stnk dll, kesel krn iklan begini kan biasanya datang dari sms blast gitu, no kita di kasih ke pihak ke 3 gitu makanya terima iklan2.

    ReplyDelete
  3. Wah pelajaran banget ini untuk aku. Karena pemakai telkomsel juga dan gak pernah perhatikan sudah berapa point yang aku kumpulin. Jadi ada modus baru penipuan juga ya. Yang aku heran kok dia tahu ya point kita gak pernah dipakai? Apa dia tebak-tebak buah manggis aja?

    ReplyDelete
  4. Makin pinter aja ya nipunya.. Udah dilaporkan ke Telkomselnya gt gak mak? Ngeri juga ya kalo kirim sms nya bisa pake nomer resmi Telkomsel+ LinkAja

    ReplyDelete
  5. Sama Mbak, sy juga beberapa hari yg lalu hampir tertipu, cuman sy bukan poin Telkomsel tp Shopee, katanya aku dpt undian Rp3 jt dan minta norek buat transfer. Sempat ngasi norek sih yg emang saldonya gak sampe 100rb, ehh tiba2 dia bilang gak cukup nih minimal 200rb lah dan nanya ada gak rekening lain biarpun pemiliknya bukan sy. Udh mulai curiga nih, sy bilang gak ada rek sy cuma itu, dia gak nyerah nyuruh sy klik link yg dia kirim ternyata aplikasi pinjol. Udhlah akhirnya tlpnnya sy matiin heheheh.... Modus penipu skrng udh makin canggih kita musti hati-hati.

    ReplyDelete
  6. Sekarang penipuan segala macam modusnya. Tapi, memang jangan pernah kasih tau password atau kode OTP. Saya juga kalau dapat telpon gitu suka langsung ditutup

    ReplyDelete
  7. Biiii, aku sering dapat SMS poin2 gitu. Tapi kalau telepon, aku ga pernah angkat kalo ga ada di kontak. Ngerii. Untung ya Bi saldo aman.

    ReplyDelete
  8. Penipuan makin marak mungkin krn zaman lg susah jg ya, ada aja cara org maling :(
    Alhamdulillah masih selamet ya mbak.
    Kadang gtu katanya ada yang gak nyadar udah klik dan main transfer aja kyknya kena hipnotis gtu.
    Aku jg sering dapat SMS tapi suka kucuekkin aja drpd dsalah, kuhapus2in jg.

    ReplyDelete
  9. Ya Allah, ada-ada saja ya Teh modus penipuan zaman sekarang kok bisa-bisanya terpikir begitu ya caranya coba lagi blank terkuras deh rekening

    ReplyDelete
  10. Ya ampun mbak, saya bacanya jadi ikutan tegang ini. Alhamdulillah gak jadi tertipu ya. Tapi ini jadi warning bahwa kejahatan itu bisa terjadi akibat kita mudah terbuai hihi makasih dah sharing pengalamannya mbak.

    ReplyDelete
  11. Duh kok gitu ya. Beruntung ya Teh masih ada dalam lindungan Nya. Pengalaman ini semoga bisa jadi pelajaran untuk kita semua...
    Saya waktu punya Telkomsel ga pernah sih penasaran sama iklan SMS atau promo gitu. Langsung hapus aja. Ga tertarik.

    ReplyDelete
  12. Waaah gaya nipunya meyakinkan banget ya pakai poin Telkomsel. Bisa ketipu kalau gak ngeh ya. Kasih tau adikku yg nomornya simpati ah biar gak ketipu.

    ReplyDelete
  13. Astaghfirullah, makin canggih aja modus penipuan ya, Mbak. Duh, pokoknya mending sekarang nggak usah angkat-angkat telepon dari nomor tak dikenal nih, ya. Serem. Terima kasih untuk artikelnya, bikin jadi lebih waspada.

    ReplyDelete
  14. Ya ampun mba. Berasa juga pasti happy mau dapat VOUCHER dan SMS nya kok bener juga. Mereka makin pintar lakukan penipuan. Untung aja nggak sampai kejadian ya. Makasih udah berbagi

    ReplyDelete
  15. Ini tuh pernah kejadian sama mamahku, namanya juga emak-emak ya dia udah girang bangetkan dapat voucher namun karena dia agak sedikit gaptek pas disuruh klik link dia bingung. Mamaku nanya deh sama adekku, pas dicek ternyata bohong dong. Mulailah sekarang dia udah nyuekin kalau ada telp/sms/wa dari nomer yang gak dia save.

    ReplyDelete
  16. Masalah banget orang Indonesia kalau mau cari duit dengan modus-modusan begini.
    Sebel banget.
    Mau enak terima uang dengan gombalan hadiah.

    Alhamdulillah, teh..
    Langsung tersadar.

    ReplyDelete
  17. iya mbak
    banyak banget sekarang nodus penipuan sekarang ini
    aku tiap dapat sms aneh aneh gitu langsung aq hapus
    btw untung g ketipu transfer ya mbak

    ReplyDelete
  18. Iya, modus penipu tuh adaaa aja. Dari yang semula suaranya ga renyah alias nyebelin, lama-lama kok ya pada belajar untuk bicara dengan cara santun yang meyakinkan. Sungguh terlalu deh, hobi kok nipu orang ya. Semoga banyak yang baca artikel ini dan terselamatkan, Mba.

    ReplyDelete
  19. Wah kok dia bisa ya, mbak kirim sms dengan histori yang sama dengan sms Telkomsel. Duh harus hati-hati juga nih soalnya aku juga masih pakai Telkomsel

    ReplyDelete
  20. Teteh makasih sudah diingatkan.
    Ibuku kadang yang masih suka bingung dikira beneran 😀 namanya juga orang tua ya kan. Kalo dapet telpon aku sering banget kak.

    ReplyDelete
  21. Wah mb alhamdulillah selamat. Tapi kita bisa aware kayak gini memang karena mungkin kita terbiasa waspada dng sesuatu yang ga pas kan ya.

    ReplyDelete
  22. Aduh, makin banyak aja nih modus penipuan ya. Ada pake cara Telkomsel point segala. Aku mah parno orangnya. Suka males nerima telpon dari orang tak dikenal. Kalo pun ada yang perlu ke aku, mereka pasti bakal WA atau SMS. Untuk Telkomsel point, aku juga jarang nuker. Biasanya aku kasih buat donasi. Sering nya malah hangus kelupaan 😆

    ReplyDelete
  23. Noted nih, aku sebagai pengguna Telkomsel. Sekarang modus penipuan ada aja, aku blm lama ini kena 100 ribu dari job2 endorse sistem reimburse...

    ReplyDelete
  24. Telpon-telpon gak jelas gini emang bikin deg degan. Mangkanya saya gak pernah angkat kalau ada telp dari nomor gak dikenal. Dari pada ada apa-apa, hihi

    ReplyDelete
  25. Sejak pasang aplikasi true caller aku ga pernah mau angkat telepon dari nomer ga dikenal, Ry. Gara-garanya sih waktu itu sering ditelpon dari beberapa nomer dan pas dicek di googling ternyata itu nomer debt collector. Padahalnya lagi aku ga punya utang sama pinjol. Ih amit-amit deh. Eh jadi korban deh gara-gara nyuekin nomer ga dikenal, driver/kurir yang nganterin barang jadi terabaikan. Lagian ga nge-wa juga sih. Duh amit-amit itu yang nipu makin licin dan lihai aja, ya

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS