Menabung Emas di Pegadaian? Bisa Dong!

Monday, May 24, 2021

Sebenernya ada sebuah cerita kocak yang pernah terjadi di awal pernikahan gue.

Saat itu tahun 2003, gue dan Abah baru saja menikah dan memutuskan untuk mengontrak sebuah kamar aja di daerah Cihampelas. Iya, kamar kost yang kamar mandinya cuma satu dan dipake bareng-bareng gitu!

Sebenernya setelah menikah, baik orang tua mau pun mertua udah menawarkan untuk tinggal bareng mereka aja dulu. Tapi kita sok keren dengan tegas menolak tawaran tersebut karena pengen mandiri dan berniat untuk segera membeli rumah.

Walo tetep aja sih, ujung-ujungnya setiap akhir bulan kita sering sok-sok nginep di rumah orang tua atau mertua karena kehabisan duit dan nebeng nyuci baju pake mesin cuci di rumah mereka hahaha.

Kita memang sengaja nyari kamar kost yang biasa banget, karena memilih untuk fokus mengumpulkan uang buat DP rumah aja. Kalau dilihat dari fotonya sih, dulu kamar kost gue atapnya bolong terus ama ibu kost ditempelin poster Kahitna. Jadi kalo lagi gak bisa tidur, dulu gue sering menatap langit-langit kamar sembari lihat-lihatan sama Hedi Yunus hehe.

Poster Kahitna ada di kiri atas

Akhirnya kita berhasil mendapatkan rumah yang diidam-idamkan.

Kita pun langsung bergegas mengajukan KPR ke bank. Tapi ternyata uang DP kita gak cukup. Sayang banget kalo rumahnya sampai dilepas, karena beneran cuma kurang beberapa juta aja. Mau pinjem uang ke temen, saudara atau orang tua kok rasanya sungkan yah. Mau pinjem ke kantor, malu juga karena masih ada cicilan pinjeman bekas nikahan yang belum lunas hahahaha

Namanya juga baru banget menikah, kita masih belum punya aset sama sekali. Saat itu kita cuma punya cincin kawin, gelang mas kawin dan motor vespa butut buat pulang pergi ke kantor. Dan akhirnya kita pun memutuskan untuk menggadaikan cincin kawin dan gelang gue aja. Buat nambah DP rumah.

Pegadaian Dulu dan Sekarang!

Okay, kita sudah memutuskan untuk menggadaikan cincin kawin dan gelang. Tapi kok mau pergi ke Pegadaian berasanya malu yah? Perlu diingat saat itu masih tahun 2000-an lho. Internet belum kayak sekarang. Masih belum ada edukasi tentang gadai!

Akhirnya dengan malu-malu kita pun datang ke Pegadaian demi untuk mendapatkan tambahan DP rumah. Alhamdulillah sekarang 18 tahun telah berlalu, cicilan KPR-nya sudah lunas dan rumah ini sudah resmi menjadi milik kita. Yeay!

18 tahun kemudian, rumah udah resmi jadi hak milik

Kalo dipikir-pikir lagi sekarang, kenapa saat itu harus malu ke Pegadaian yah?

Padahal gadai tuh bukan untuk orang yang gagal merencanakan keuangan lho. Justru gadai adalah salah satu cara bertanggung jawab untuk menjaga agar rencana tetap berjalan sebagaimana mestinya. Gadai adalah untuk orang-orang yang sudah mempersiapkan masa depannya dengan cara mengumpulkan asset dan memanfaatkannya secara bijaksana.

Pegadaian Digital Zaman Now

Untunglah sekarang sih stigma negatif menggadaikan barang perlahan udah mulai pudar lah yah.

Generasi pandai zaman sekarang pemikirannya udah semakin maju. Apa lagi di era digital seperti sekarang yang mana akses untuk mendapatkan informasi jadi semakin mudah, tinggal klik-klik aja pake smartphone. Pastinya harus semakin paham dengan literasi keuangan dong.

Generasi sekarang wajib punya dana darurat, ngumpulin asset, belajar investasi dan masih banyak lagi. Semua informasi bisa kita dapetin asal ada niat buat browsing aja kok. Iya kan? Ada baiknya kegiatan stalking bahan ghibah di timeline diimbangi juga dengan browsing berbagai hal-hal bermanfaat seputar keuangan sih ehehehe.

Pegadaian sepertinya paham banget dengan hasrat para Generasi Pandai yang haus akan teknologi, sehingga akhirnya diluncurkanlah Pegadaian Digital yang bisa memudahkan kita. Pecinta kaum rebahan pastinya berasa kebantu banget deh dengan adanya Pegadaian Digital

Pegadaian Digital adalah aplikasi untuk transaksi pegadaian yang bisa diunduh di Appstore atau di Playstore. Berbagai transaksi bisa dilakukan di aplikasi Pegadaian Digital seperti transaksi Tabungan Emas (buka rekening, top up, gadai, jual, beli, transfer dan cetak), cicil emas, pengajuan ibadah haji, pengajuan pinjaman, booking gadai, gadai express (antar –jemput gadai), dll.

Dengan adanya aplikasi Pegadaian Digital, kita bisa lebih mudah melakukan berbagai pembayaran pegadaian sehingga tidak perlu bepergian dan antre di Pegadaian. Aplikasi ini cucok banget untuk diterapkan di masa pandemi seperti sekarang yang membuat kita enggan untuk bepergian kan yah.

Proses Gadai di Pegadaian

Sebenernya Gadai di Pegadaian tuh kayak gimana sih prosesnya?

Gadai tuh merupakan kredit dengan barang jaminan berupa barang berharga seperti emas, perhiasan, elektronik atau kendaraan.

Di pegadaian, gadai dilayani di cabang Pegadaian yang terdekat. Uang pinjaman pun akan cair hari itu juga sesuai dengan nilai taksiran barang. Jangka waktu pinjaman maksimal 4 bulan tapi bisa dilunasi sewaktu-waktu atau diperpanjang berkali-kali sesuai dengan kebutuhan. Satu orang juga bisa aja memiliki lebih dari satu barang jaminan yang digadaikan.

Caranya juga mudah banget kok. Cukup membawa KTP dan barang jaminan ke cabang Pegadaian terdekat. Kemudian barang akan ditaksir nilainya, lalu uang pinjaman akan ditransfer deh.

Nabung Emas di Pegadaian? Kok Bisa?

Emang bisa gais! Sekarang beneran bisa nabung emas di Pegadaian lho!

Punya emas tuh merupakan cara menabung konservatif sekaligus investasi kecil-kecilan yang selalu diajarkan sama mama ke gue lho. Dulu sih waktu masih zaman kerja, setiap kali gajian gue akan menyisihkan sedikit uang buat nabung beli emas.

Masalahnya adalah kita gak bisa langsung beli, karena harga emas lumayan besar kan yah. Jadi harus ngumpulin dulu sedikit-sedikit. Tapi yang terjadi adalah belum juga kekumpul, duitnya malah jadi kepake-pake terus untuk kebutuhan lain yang tydack penting deh. Akhirnya malah gak kebeli terus hahaha #MasalahHidupku

Untunglah sekarang ada Tabungan Emas Pegadaian. Wah, fitur ini bakal ngebantu banget terutama buat gue yang suka gatelan dan mudah teralihkan nih. Niatnya nabung buat beli emas, eh malah tergoda buat beli barang yang lain hahaha

Tabungan Emas Pegadaian adalah layanan penitipan saldo emas yang bisa memudahkan kita untuk berinvestasi emas. Gak perlu khawatir fiktif, soalnya emas yang kita beli melalui Tabungan Emas Pegadaian ada bentuk fisiknya lho dan disimpan di Pegadaian.

Kita tinggal buka rekening Tabungan Emas Pegadaian di aplikasi Pegadaian Digital dengan setoran awal cuku Rp. 50.000 aja, lansung dijadikan saldo Tabungan Emas Pegadaian deh. Gampang kan. Kita juga bakal mendapat gratis biaya titipan tahun pertama senilai Rp. 30.000 lho. Trus, top up Tabungan Emas Pegadaian lewat aplikasi mulai 50 ribu aja langsung dikonversi menjadi berat emas sesuai harga emas saat itu.

Tabungan Emas Pegadaian juga bisa ditransfer ke Tabungan Emas lain, dijual dan dicetak menjadi emas batangan bersertifikat mulai dari 1 gram setelah kita melakukan upgrade ke akun premium lho. Kalo lagi kepepet banget nih, Tabungan Emas Pegadaian juga bisa digadaikan melalui aplikasi Pegadaian Digital.

Selain itu, Tabungan Emas Pegadaian juga bisa dijadikan jaminan pembiayaan Haji di Pegadaian lho gais! Semua bisa diajukan melalui aplikasi Pegadaian Digital. Wah, harus disegerakan menabung emas di Pegadaian Digital ini mah.

Cicilan Emas di Pegadaian

Selain menabung emas, kita juga bisa mencicil emas batangan di Pegadaian lho! Cicil Emas di Pegadaian tuh layanan penjualan emas batangan bersertifikat 24 karat dari merk ternama kepada masyarakat secara angsuran dengan proses mudah dan jangka waktu yang fleksibel. Mulai dari 1 gr emas, uang muka yang rendah hanya 10% - 15% dari harga dan angsuran dari 3 – 36 bulan.

Kalau cicilan sudah lunas, emas batangan bisa diambil di cabang Pegadaian yang dipilih. Nyicil emas di Pegadaian juga angsurannya tetap, sesuai sama perjanjian akad. Jadi kalau harga emas naik, cicilan gak ikutan naik lho. Dan yang lebih asyik adalah semuanya bisa dilakukan dalam genggaman, lewat aplikasi Pegadaian Digital.

Saat ini sih ada beberapa jenis cicilan emas batangan di Pegadaian :

  • Dilakukan secara personal : yaitu cicil emas batangan sendiri dengan uang muka dari 15%. Emas bisa diambil ketika lunas
  • Dilakukan Kolektif : bersama-sama dengan teman,keluarga atau lainnya dengan uang muka mulai dari 10%. Emas diambil setelah lunas. Gram emas tidak harus sama setiap orangnya.
  • Cicil emas arisan : yaitu cicil emas dengan kelompok arisan. Tiap bulan akan mendapat satu emas batangan dengan berat yang sama.

Bisa dipilih aja metode mana yang paling sesuai sama kemampuan kita. Asyiknya sih mending personal aja yah, biar lebih afdol gitu. Tapi kalo emang punya temen se-genk yang kompak dan bisa dipercaya bisa juga pilih yang kolektif sih. Semuanya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kenapa sih Memilih Tabungan Emas di Pegadaian?

Udah pasti sih alesan utama memilih Tabungan Emas di Pegadaian adalah karena selain caranya super duper praktis, bisa dilakukan secara digital juga emas yang disediakan dijamin 24 karat. Semua transaksi juga dikelola secara professional dan transparan, jadi kan kita berasa tentram gitu nabungnya.

Badai Emas di Pegadaian

Kebeneran banget nih Pegadaian ternyata saat ini juga lagi punya program loyalty nasabah yaitu Badai Emas yang berlangsung dari tanggal 1 April – 31 Juli 2021.

Hadiahnya juga seru banget nih, untuk undian bulanan berupa tabungan emas senilai 120 gram untuk 120 pemenang lho. Sedangkan grandprize berupa 1 rumah senilai 1,25M, 2 mobil Expander, 3 tabungan emas @100 gram, 5 Samsung Galaxy Note 20 Uptra dan 9 Macbook Air. Wah, beneran gak kaleng-kaleng nih hadiahnya yaah!

Untuk transaksi pembiayaan : booking gadai, pembiayaan multiguna dan pembiayaan haji pada aplikasi Pegadaian Digital bisa mendapatkan hadiah langsung dan berkesempatan untuk ikutan undian bulanan dan grandprize. Asyik kan yah! Harus lebih banyak transaksi nih, supaya kesempatan buat menang bisa lebih gede! Udah pada install kan yah aplikasi Pegadaian Digital? Yuk makanya cepetan!

Berhubung cicilan rumah dan kendaraan udah pada lunas, jadi tujuan financial gue dalam jangka waktu dekat ini selain nabung dana pensiun adalah adalah ngumpulin duit buat biaya kuliah anak-anak sih. Kayla saat ini udah kelas 2 SMA jadi biaya kuliahnya udah siap. Tinggal biaya kuliah Fathir nih yang kudu lebih giat lagi nabung emas di Pegadaian Digital.

Untuk jangka panjang sih pengen banget bisa naik haji barengan sama Abah. Mudah-mudahan dengan rajin nabung di Tabungan Emas Pegadaian, bisa membantu gue dan keluarga untuk mewujudkan berbagai tujuan financial yang belum kesampaian.

30 comments:

  1. aku juga nabung emas di pegadaian, mba. udah lamaa.. dan ya hitung2 nyimpen dana lah yaa.. seneng juga karena menurutku ini udah bagus pelayanannya

    ReplyDelete
  2. pas banget nih sekarang lagi ada promo undian loh kalo gak salah setiap kita transaksi di pegadaian digital, termasuk salah satunya ya menabung emas ini, untuk diversifikasi investasi, aku juga udah mulai nabung emas sejak 2 tahun belakangan nih

    ReplyDelete
  3. ini nabungnya rupiah langsung di konversikan ke emas ya. kalau emas naik saldo rekening utk rupiahnya yang bertambah atau tetap saldo emasnya?

    maaf nanya 😊

    ReplyDelete
  4. Saya beli emas antam juga mulainya beli di Pegadaian Mbak sampai akhirnya mengenal yang namanya lelang emas dan tabungan emas. Udah pernah punya sih tabungan emas di sana, tapi aku lebih senang beli yang fisik. Seneng aja bisa diliatin kalau lagi kangen, hehe

    ReplyDelete
  5. Aku kudet banget ya baru tau kalau pegadaian bisa nabung emas wkwk. Lumayan banget daripada ngumpulin uang sendiri di rumah tapi ujung-ujungnya nggak kebeli karena buat keperluan lain. Nice info, Mbak!

    ReplyDelete
  6. Wah teh sama dulu juga aku pas mau bangun rumah akhirnya gadaian mas kawin karena kan kalau dijual sedih wkwkwk sekarang nambah lagi yah ada tabungan emas menarik sih ini

    ReplyDelete
  7. Setuju pake banget, teh..
    Pegadaian memang jadi saviour di saat sedang membutuhkan dana cash.
    Alhamdulillah,
    Produknya kini pun semakin banyak.

    Jadi ke pegadaian semakin menyenangkan dan gak jadi momok lagi yaa...
    Hehhee~

    ReplyDelete
  8. iparku begini juga, nabung emas di Pegadaian, sepertinya jadi favorit para wanita terkhusus buibu nabung emas di sana.

    ReplyDelete
  9. Jaman now pegadaian makin kekinian yaa, banyak produknya jugaa , termasuk tabungan emas yang lagi hits, bisa buat dana urgent jugaa.
    Makin dipermudah juga ada aplikasi digitalnya yaa

    ReplyDelete
  10. Wah ini tuh di Pegadaian bisa nabung emas juga toh? Aku baru tau loh mbak, ku kira selama ini hanya untuk gadai saja. Jadi penasaran pengen tau infonya lebih banyak lagi deh. Kebetulan aku pun lagi nabung emas juga.

    ReplyDelete
  11. Papaku punya tabungan emas di Pegadaian. Ada bukunya juga, jadi seru serasa nabung di bank hehehe :) Memang deh Pegadaian bisa menjadi slah satu solusi berinvestasi jangka pendek, menengah maupun panjang. Makin terkumpul banyak, makin happy deh bisa memiliki emas banyak. TFS ya mbak.

    ReplyDelete
  12. Teh Ery, maaf lahir batin, ya. Aku engga nyangka Teteh punya anak yang udah gede. Soalnya keliatan awet muda. Investasi emas ini dari dulu emang banyak diminati ya Teh. Bisa buat tabungan di hari nanti, buat pergi ke tanah suci juga. Mudah-mudahan kesampaianlah Harapan yang satu ini.

    ReplyDelete
  13. tabungan emas, ibu dan nenek aku selalu nabung emas nih mba. Aku yg beluman kalau emas.
    Ini digital ya,makin gampil aja deh nabung, jangan sampe kalah sama market place heheee. nggak ada alesan gampangan belanja ketimbang nabung. Sodorin pegadaian digital

    ReplyDelete
  14. Di Pegadaian bisa nabung ya untuk beli emas. Asik juga nih, jadi kalo rutin dan disiplin dalam nabung bisa dapet emas doong ya.

    ReplyDelete
  15. Udah pernah ditawarin dulu tapi aku ga pede deh
    soalnya kan kayak.... apa iya aku bisa ke pegadaian tiap bulan bayar?

    Mindsetku kudu diubah nih, abis baca ini jadi paham

    ReplyDelete
  16. Iya Pegadaian Digital tuh memudahkan banget untuk menabung emas ya aku juga sudah buka Teh setiap bulan menabung sedikit-sedikit untuk mengumpulkan biaya kuliah anak-anak kelak..

    ReplyDelete
  17. Ngomongin Kahitna, dulu kamar kos saat kuliah di Denpasar (1994-1999) sama penghuni lama ditempelin stiker band ini (idolanya mungkin). Jadi tiap buka kunci pintu berasa minta izin dulu sama Hedy Yunus dkk hahaha.
    Aku baru tahu Pegadaian Digital selengkap ini. Dulu awal nikah jadi nasabah Pegadaian karena kalau kepepet di perantauan bisa jadi solusi hihihi

    ReplyDelete
  18. Kok seruuuu bgt ini Tehh

    Aku lagi nyari platform apa yg paling cocok buat nabung emas.maklum lahh, penginnya ttp bs invest secara aman, sambil rebahan.
    Aakkk bs bgt pilih nabung emas d Pegadaian aja yhaaa

    ReplyDelete
  19. Saya juga nabung emas di pegadaian. Enaknya sekarang nggak perlu datang langsung ke kantor cabangnya, bisa lewat aplikasi. Nggak perlu ada rasa malu kalau kepergok tetangga hehehe...Soalnya walau layanannya udah banyak, stigma masyarakat bahwa pegadaian itu tempat pinjam uang dengan agunan masih melekat erat

    ReplyDelete
  20. iya mbak, emang bisa nabung emas di pegadaian
    aku sudah mencoba menabung emas di pegadaian

    ReplyDelete
  21. Jd inget temenku mbak dulu gadaikan perhiasan buat nambah biaya renov rumah. Ya drpd gak dipakai dan ngutang hehe.
    Kami jg nabung emasnya di pegadaian dan emang gak dcetak krn gak suka cetak2 hehe.

    ReplyDelete
  22. Wah asyik ya bisa nabung di pegadaian dengan dicicil. Terus makin mudah deh kalo cicilnya bisa via aplikasi

    Lama-lama ga kerasa sudah lunas dan kita bisa punya emas batangan.

    ReplyDelete
  23. Kalau saya setiap mau pulang kampung sering main ke pegadaian. Soalnya lumayan buat nambah cadangan cash takut nggak cukup.

    ReplyDelete
  24. bahagia selalu ya mba
    ga kerasa ya kpr itu hehehe
    btw aku udah punya tabungan emas daah lama lumayan buat nabung dikit-dikit gt ga kerasa jadi banyak :")

    ReplyDelete
  25. Pegadaian produknya kini semakin lengkap yaa...dengan berbagai penawaran yang memudahkan dan menarik, pasti sebagai nasabah akan sangat terbantu dengan investasi emas di pegadaian.

    ReplyDelete
  26. Saya lebih suka menabung emas,, karena nilainya gak pernah turun malah bertambah tiap tahun. Tp baru tau loh klu bisa menabung emas di pegadaian juga

    ReplyDelete
  27. Semakin beragam layanan yg disediakan di pegadaian ya! Ternyata ada tabungan emas juga, baru tau loh mak. Terimakasih tulisannya mak, jadi semakin menambah wawasan tentang pegadaian. Selama ini taunya pegadaian cuma sbg tempat gadaiin harta benda aja hehe....

    ReplyDelete
  28. Aku sudah 6 bulanan ini memanfaatkan fitur Tabungan Emas di Pegadaian. Kalau suamiku udah lebih lama lagi. Udahlah belinya gampang, jualnya lagi juga mudah banget. Bener-bener membantu untuk ngumpulin dana darurat atau tabungan keluarga.

    ReplyDelete
  29. Pingin punya tabungan emas. Ternyata cara bikinnya mudah, ya. Setorannya juga ringan. Lumayan, ya. Buat investasi atau dana darurat 🤭

    ReplyDelete
  30. Aku baru aja install aplikasi Pegadaian dan berniat buat memanfaatkan fitur tabungan emas ini juga Mak! Kayanya lebih secure buat saya yang pengen investasi jangka panjang tapi low risk. Walau return-nya mungkin ga sebanyak instrumen investasi lain, tapi lumayan deh kalau buat tambah-tambah :))

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS