Klinik Halmahera Medika untuk Spesialis Orthopedi & Rehabilitasi Medis

Sunday, February 16, 2020


Niatnya sih pengen hidup lebih sehat. 

Rajin berolahraga dan menjaga pola makan, tapi baru menyadari bahwa ternyata ada beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan setiap hari secara terus menerus. Nah lho, gimana tuh urusannya? 

Ada yang suka mendadak merasa sakit punggung atau sakit leher gak sih? Gue iya lho! Bangun tidur di pagi hari alih-alih merasa segar bugar, yang ada malahan sakit leher. Kalo udah sakit leher gitu biasanya sih suka jadi menjalar ke kepala. Dih, kenapa sik? Kan KZL!

Kebetulan sekali beberapa waktu yang lalu gue berkesempatan untuk berkunjung ke Klinik Halmahera Medika yang merupakan Klinik Spesialis Masalah Orthopehedi dan Rehabilitasi Medis. Awalnya Rumah Sakit Khusus Bedah Halmahera Siaga adalah rumah sakit yang didirikan pada tahun 1992 oleh Prof. Dr. M. Ahmad Djojosugito, dr. SP. OT, MHA. Rumah sakit tersebut merupakan rumah sakit pionir dalam bidang orthopedi dan traumatologi di Jawa Barat.


Saat ini sih selain menjadi pusat rujukan untuk orthopedi dan traumatologi, RSKB Halmahera Siaga terus berkembang dengan melayani kasus bedah lainnya dan kasus non bedah. Setelah memantapkan posisinya sebagai rumah sakit rujukan orthopedi, pada tahun 2016 Halmahera Group mulai mengembangkan klinik rehabilitasi medis dengan membuka Klinik Utama Halmahera Medika.

Selain melayani fisioterapi untuk untuk masalah otot dan tulang, klinik ini juga melayani rehabilitasi untuk tumbuh kembang anak, stroke, cedera olahraga dan cedera kerja.

Sesungguhnya masyarakat Indonesia sepertinya belum menyadari betapa pentingnya Rehabilitasi Medis. Kalau ada patah tulang, diobatinnya bukan hanya sekadar menyambung tulang belaka lho. Tapi yang lebih penting adalah mengembalikan fungsi tulang dan sendi secara normal. 

Nah, tujuan utama dari rehabilitasi medis adalah untuk mengatasi masalah fisik dan mental pasien. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan kemampuan dan kualitas hidup pasien seperti semula.

Gue sih merasa tercerahkan sekali ketika mendengar penjelasan dari Hang Dimas Santoso, Direktur Klinik Utama Halmahera Medika tentang kebiasaan posisi duduk atau posisi tidur yang salah. Nah lho, kok berasa kesindir banget sih mendengar penjelasan tersebut? 


Ternyata hal tersebut apabila dilakukan secara terus menerus bisa menimbulkan nyeri punggung bagian bawah. Cuma salah posisi aja lho, yang mana seringkali kitaa baikan karena dianggap kurang penting. 

Hayo lho, siapa tuh orangnya yang suka rebahan seenaknya sembari mainan hape scrolling akun ghibah atau selonjoran di kursi sambil mainan remote TV nonton sinetron azab? Waspadalah sakit pinggang wahai keliyan!

Manurut beliau, masalah yang timbul pada tulang tidak selalu disebabkan oleh hal-hal berat seperti cedera olahraga atau cedera kerja. Namun sesungguhnya lebih banyak disebabkan oleh pola hidup sehari-hari yang salah seperti posisi duduk, posisi membaca atau cara mengangkat beban berat.


Kasus terbanyak yang ditimbulkan dari pola hidup ini adalah nyeri punggung bagian bawah atau low back pain. Kurangnya informasi mengenai hal tersebut menyebabkan nyeri punggung bagian bawah merupakan penyebab disabilitas terbanyak di seluruh dunia.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut dan agar proses rehabilitasi medis permasalahan otot tulang menjadi lebih efektif dan efisien saat ini Klinik Utama Halmahera Medika mempersembahkan fasilitas DBC pertama di Jawa barat. 

DBC atau Documentation Based Care adalah alat rehabilitasi medis dari Finlandia yang berfokus pada penyembuhan otot punggung, leher, bahu dan lutut. DBC dirancang dengan metode khusus berdasarkan pedoman rehabilitasi medis. Dengan bekerja sama dengan DBC, Halmahera Medika berharap dapat melayani masyarakat Jawa Barat dengan lebih baik lagi.


Gue sih sudah mencoba sendiri salah satu alatnya, baru juga sebentar udah keringetan aja sih. Langsung terasa di otot bagian punggung. Payah bener lah akutu. Ternyata menurut Mas Instruktur sih gue harus membiasakan diri untuk duduk dengan posisi tegak. Okay siap deh Kakak!

Ini sebuah peringatan berharga sih buat kita semua. Sederhana banget sih, mari kita perbaiki postur tubuh kita mulai dari sekarang, agar makin sehat tubuh kita. Posisi duduk, posisi tidur, posisi membaca, posisi di hati mantan mah gak perlu deh yah ehe ehe.


24 comments:

  1. posisi duduk ternyata ngefek juga ya ke penyakit nyeri punggung. Termasuk banyak duduk. harus rajin duduk tegak nih biar posisi duduk bagus

    ReplyDelete
  2. Mulai duduk manis, tegaak sambil ngetak ngetik biar postur tulangnya oke.
    Tapi kalo emang ada keluhan seputar tulang tinggal ke Halmahera Medika aja yak, sambil ngegym eeaah..

    ReplyDelete
  3. kalau cedera memang ngga boleh main - main yaaa teh. Enaknya sekarang banyak klinik yang bisa membantu kita untuk hadapi masalah ini

    ReplyDelete
  4. posisi tidur yang salah juga bisa membuat nyeri punggung atau gangguan pada tulang. Bener gak sih? dari kebiasaan bisa menjadi penyakit

    ReplyDelete
  5. Owalaaaa, pantesan aku juga sering mengalami nyeri punggung.
    Berarti boleh jadi, kebiasaan duduk-ku nih yg error.
    Kalo udah keasikan ngedraft blogpost, duduknya suka ngasal

    ReplyDelete
  6. Saya juga suka merasa begitu keluhannya. Memang kayaknya karena aktivitas di depan laptop juga. Kalau lagi kebanyakan, suka timbul deh itu keluhan

    ReplyDelete
  7. Aku dulu suka bungkuk kalau duduk. Sekarang sih udah biasain diri buat tegak. Kerasa banget gak nyaman kalau punggung sakit

    ReplyDelete
  8. Wah iya nih.. Kadang kita suka abai ama posisi duduk ya. Apalagi kalo udah asyik scroll-scroll HP. Duh, kudu mulai dijaga dari sekarang yaa..

    ReplyDelete
  9. Makin banyak ya klinik-klinik buat spesialis penyakit gini, btw jadi merasa nggak sehat, saya sering banget mengetik sambil nunduk menyusui, sering tidur 1 sisi saja berjam-jam.
    Pengen beli gymball sebenarnya biar nggak bungkuk hihihi

    ReplyDelete
  10. Pantesan punggung suka sakit akibat salah posisi duduk ya. Aku jadi tahu baru-baru ini juga dan akhirnya mutusin rajin olahraga seminggu 3kali biar tulang belakang juga nggak bengkok akibat kebanyakan duduk lama depan laptop.

    ReplyDelete
  11. Cidera terkadang akibat kecerobohan tanpa sengaja. Inilah bikin nyeri dan jangan sampai deh berlanjut.

    ReplyDelete
  12. Ya Allah selfreminder banget nih, Dewi baru-baru ini nyeri di bagian bawah punggung. Dengan begini Dewi bisa memperbaiki pola yang salah. Makasih mbak infonya, penting bgt ini mah😍

    ReplyDelete
  13. Mba, kayaknya sama aku kadang kebiasaan duduk kurang tegak. Jadinya tuh agak bungkuk dan ini zebetulnya ga bikin nyaman :( Makasih infonya mba

    ReplyDelete
  14. Wah info bagus nih. Anakku dulu kakinya cedera pas pertandingan taekwondo. Sampai sekarang udah bertahun-tahun kakinya gampang kesleo & bengkak di bagian yg sama. Harusnya dibawa ke ahli orthopedi ya.

    ReplyDelete
  15. Posisi duduk memang mempengaruhi sakit di punggung. JAdi aku biasanya memang perhatian banget nih soal duduk tegak. Kalo duduknya nyender dalam waktu lama gitu, biasanya jadi pegel. Aku biasanya sit up, lumayan buat benerin pegelnya

    ReplyDelete
  16. Aku jd ingat peristiwa bbrp tahun yg lalu saat adik iparku kecelakaan dan tulang lututnya remuk..jd pernah bulak balik ke sini nganter adik jenguk.suaminya..

    ReplyDelete
  17. Kejadian di emakku teh, karena emak nyepele'in rasa sakit di bagian pinggulnya, eee skrg malah kadang bikin susah gerak dan dokter menyarankan emak untuk terapi. Semoga kita selalu sehat ya, teh. Aamiin

    ReplyDelete
  18. Wah kliniknya bagus ya, buat perawatan tulang. Iya mbak, yang namanya tulang emang kudu dijaga ya krn investasi di masa tua. Harus jaga postur plus kalau saya di rumah inves kasur dan kursi yang enak buat ngetik sih.

    ReplyDelete
  19. Teteh terimakasih informasinya. September lalu suami kecelakaan patah tulang, sibuk banget nyari rekomendasi ahli tulang seperti ini. Sekarang sih alhamdulillah sudah lebih baik.

    ReplyDelete
  20. Sayang banget Klinik Halmahera Medika cuma ada di Jawa Barat aja. Mudah2an segera ada di jakarta yaaa

    ReplyDelete
  21. Suami saya suka mengalami sakit punggung sebelah bawah. Gara-gara salah angkat barang. Jadinya kayak keseleo gitu. Harusnya dibawa ke spesialis orthopedi ya...

    ReplyDelete
  22. Posisi duduk yang ga bener sama kerja depan komputer terus menerus tanpa streching jiga bisa nyeri punggung huhu. Biasanya kalau udah terasa nyeri aku tempelin Salonpas aja dan kalau ada duit lebih baru deh massage hehe.

    ReplyDelete
  23. Benar banget ini.
    Posisi duduk santai alias malas justru bikin pinggang bagian bawah bisa sakit.
    Ini di Jawa Barat ya, dekat ke Bekasi gak ya? Aku di Jakarta Timur tp kalau ke Bekasi dekat.
    Pengen coba kontrol punggung karena memang bentuknya agak melengkung...

    ReplyDelete
  24. Kalo posisi duduk, aku terbiasa tegak dari dulu, tp posisi tidur yg msh suka melenceng kemana2, yg bikin pas bangun malah sakit punggung :(. Memang hrs dibiasain sih. Kalo papaku juga punya masalah yg sama. Tp dari sjk msh aktif kerja papa ngeganti kasurnya dengan dilapisi triplek tipis mba. Jd keras. Dan sejak itu sih punggungnya ga prnh masalah LG. Aku pgn coba, tp kok yaa LBH milih kasur yg memang utk masalah punggung ajalah :D.

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS