Tempat Wisata Asyik di Yogyakarta

Tuesday, January 15, 2019

Memiliki anak yang beranjak remaja itu gampang-gampang susah, harus tarik ulur terus.

Kayla saat ini sudah duduk di kelas 9 dan sedang berada di usia yang lagi labil-labilnya. Makanya gue selalu berusaha untuk menghabiskan banyak waktu berkualitas dengannya. Kita sering sekali jalan-jalan hanya berdua saja tanpa Abah dan Fathir. Walaupun hanya sekadar makan atau nonton bareng saja, tapi gue berusaha memanfaatkan waktu tersebut untuk benar-benar mendengarkan curhat dan keluh kesahnya Kayla.

Sebentar lagi Kayla akan menjalankan UNBK kemudian masuk SMA, sehingga saat ini ia sedang sibuk ikut les pemantapan. Rencananya sih untuk menyemangati Kayla, sekalian mempererat bonding antara gue dan Kayla juga, setelah selesai UNBK gue ingin mengajaknya travelling ala-ala backpacker. Berduaan aja.


Bener aja sih, setelah gue menceritakan tentang rencana tersebut kepada Kayla ia langsung kegirangan. Dengan penuh semangat kita pun mulai browsing untuk mencari tempat yang asyik untuk dikunjungi. Tapi gue sudah mewanti-wanti bahwa konsepnya adalah backpacker dan budget kita terbatas, jadi no fancy hotel - no fancy resto *kecuali ia mau dipotong uang jajan buat nambahin ongkos hehe*

Setelah berdiskusi panjang lebar dengan Kayla, akhirnya kita pun sepakat untuk memilih Yogyakarta sebagai tujuan travelling kita. Dan supaya lebih terasa jiwa bertualangnya sekalian menekan biaya kita pun memutuskan untuk pakai kereta aja. Untunglah gue punya aplikasi pegipegi yang mana  jadwal kereta berikut harganya pun lengkap banget.

Pesan tiket kereta secara via pegipegi sangat praktis, karena layanan pemesanan online dibuka selama 24 jam dan pembayarannya pun bisa transfer via ATM atau kartu kredit. Kita pun bisa memilih tempat duduk sesuai keinginan lho. Prosesnya pun mudah, bahkan bagi yang gaptek seperti gue. Setelah transaksi selesai maka kita akan mendapatkan email konfirmasi. Di hari keberangkatan kita tinggal print tiket berdasarkan email yang sudah diberikan. Gampang dan praktis deh kalau pakai pegipegi. 

Setelah urusan transportasi beres, gue dan Kayla mulai asyik mencari-cari tempat asyik di Yogyakarta untuk dikunjungi.

Malioboro

Berhubung Kayla belum pernah ke Yogyakarta, tentu saja gue harus mengajaknya ke Malioboro dong yang merupakan  tempat paling mainstream di Yogyakarta. Kasihan amat kalau udah jauh-jauh datang ke Yogkakarta tapi belum pernah nongkrong makan gudeg dan angkringan di Malioboro. Malah rencananya sih kita mau mencari penginapan yang ada di sekitar Malioboro aja.

Gue sendiri sih sudah beberapa kali ke Malioboro jadi sudah mengetahui bahwa di sepanjang jalan Malioboro kita akan disuguhkan berbagai produk mulai dari pernak-pernik kerajinan yang lucu-lucu, aneka fashion seperti daster dan batik sampai berbagai kuliner enak.  Kita juga bisa mampie ke Pasar Bringharjo yang lokasinya masih di sekitar Malioboro juga. Wah, harus jagain ATM baik-baik nih jangan sampai baru datang udah kebobolan belanja hehehe.

Candi Borobudur

Sebagai salah satu candi atau kuil terbesar di dunia, Candi Borobudur merupakan tempat yang wajib didatangi ketika berkunjung ke Yogyakarta, supaya Kayla bisa sekalian belajar sejarah juga.

Candi Borobudur merupakan bangunan yang sangat megah dan merupakan salah satu candi dengan relief Budha terlengkap dan terbanyak di dunia. Merupakan salah satu dari keajaiban dunia, berbagai pahatan relief pada candi ini juga memberikan nilai seni yang sangat tinggi.

Walaupun lokasi candi sekitar 2 jam dari kota Yogyakarta, tapi gue dan Kayla bakal meluangkan waktu untuk mengunjungi Candi Borobudur.

sumber : wikipedia
Upside Down World

Kayla pernah melihat foto tentang Upside Down World yang lokasinya di Yogyakarta melalui media sosial sehingga tertarik untuk mendatanginya. Di tempat ini kita bisa menemui dunia yang jungkir balik. Idenya unik dan sangat kekinian.

Berbagai benda dan barang-barang yang tersedia persis seperti di dalam rumah kita sendiri. Ada sofa, tempat tidur, lemari, kursi, jendela bahkan piring dan perabot kecil lainnya. Hanya saja bedanya, benda-benda tersebut dipasang di langit-langit untuk memberikan efek terbalik yang nyata. Pasti asyik banget nih kalo bisa mampir untuk foto-foto dan pajang di instagram hehehe.

Pantai Parangtritis

Sudah beberapa kali ke Yogyakarta, tapi belum pernah sekali pun gue mengunjungi Pantai Parangtritis yang sangat terkenal dengan keindahannya itu. Makanya di kunjungan kali ini, gue dan Kayla harus menyempatkan untuk berkunjung.

Sepertinya akan kurang seru kalau main ke pantai hanya mampir sebentar saja dan tidak bisa menikmati sunset, jadi mungkin kita bisa mencari penginapan di dekat lokasi pantai saja. Nginep semalam aja biar puas main di pantainya. Katanya sih menikmati matahari tenggelam di Pantai Parangtritis seru, karena kita bisa sekalian nongkrong sembari menggelar tikar di pinggir pantai dan banyak penjual jagung bakar juga di lokasi tersebut.

Kraton Yogyakarta

Terletak persis di pusat kota Yogyakarta, Kraton Yogyakarta merupakan kerajaan terakhir dari semua kerajaan yang pernah berjaya di tanah Jawa. Sehingga sampai saat ini Kraton Yogyakarta sangat kental dengan warisan budaya Jawa yang masih bisa ditemukan di sekitar Kraton Yogyakarta. Masih banyak tersimpan berbagai kesenian khas Jawa seperti batik kuno, gamelan, lukisan dan benda pribadi Raja. Saat ini pun Sri Sultan Hamengku Buwono X masih tinggal di Kraton Yogyakarta.

Kraton Yogyakarta terbuka untuk kinjungan wasatawan setiap hari mulai pukul 09.00 - 14.00 kecuali hari Jumat, hanya sampai pukul 11.00 saja. Kita juga bisa menyaksikan berbagai pertunjukan seni seperti wayang orang, gamelan, wayang kulit dan tari srimpi yang biasa digelar di Bangsal Manganti pada pukul 10.00. Wah harus ditandain tuh jadwalnya, supaya gue dan Kayla bisa nonton pertunjukan juga, karena gue udah beberapa kali ke Kraton Yogyakarta tapi selalu kelewat jadwal pertunjukannya.

Sampai saat ini sih, tempat wisata yang gue tandain untuk rencana backpacker-an bareng Kayla baru segini doang. Kalau masih ada tempat lain di Yogyakarta yang menurut lo asyik, boleh bantuin kasih saran di kolom komen yah. Kali-kali aja nanti sempet kita kunjungin.

44 comments:

  1. Museum Ullen Sentalu, Pantai Siung, Masjid Gede Kauman. Jogja emang istimewaaaa!

    ReplyDelete
  2. Seru banget perjalanan dan mengunjungi wisata di Yogyakarta, gak pernah ngebosenin ya dari dulu

    ReplyDelete
  3. lima tempat itu udah aku datangi semua nih teh.
    dan memang bagus2... upside down world Yogya lebih baik dikunjungi 1 jam sebelum tutup dan di weekday biar puas foto2nya (gak malu diliatin orang XD)

    ReplyDelete
  4. Kalau ada yang nulis skrg anaknya kelas 9 lalu otomatis aku kudu ngitung dulu wkwkwk maklum jebolan zaman baheula mah kelas 3 smp ai sekarang pake kelas 9 ya teh :p

    Semoga teteh Kayla lancar yes ujiannya dan bisa jalan-jalan ke Yogya, aku juga rencananya pengen ke Yogya udah lama ga ngelapin candi borobudur jadi kalau teteh kesana liat ada emak2 lagi elap2 candi itu jelas bukan AKU wkwkwk

    ReplyDelete
  5. Wah asik nih mau jalan - jalan ala backpacker an berdua nih, seru pastinya yah teh . Di Yogyakarta emang paling asik nongki di Malioboro yah, apalagi malem - malem.

    ReplyDelete
  6. Wah, asiiik udah bisa diajak jalan berdua, euy. have fun, yaaah

    ReplyDelete
  7. Salfok sama foto berdua kayak adik kaka btw pengen banget ke Candi Boko Taman Sari dan Keraton teh hehu

    ReplyDelete
  8. Kalau wisata sejarah jangan lupa ke taman sari sama situs warungboto teh, murah meriah, eh warungboto malah gratis 😁

    ReplyDelete
  9. ya ampun, kaya kakak adik deh ama Kayla

    semoga ngga ada yang salah ngedepin mata ntar di Malioboro ya :)

    ReplyDelete
  10. Duuh, salfok dengan foto yang pertama. Teteh... meni kayak adik kakak, deh! Hehehe

    Dari semua tempat wisata asyik yang ada di Jogjakarta, tinggal ke Upside down World yang belum, nih. Katanya tempatnya seru ya...

    ReplyDelete
  11. Galfok nih sama Kyla dan mamanya, kaya kaka adik :)

    ReplyDelete
  12. Aduh senangnya Teh Erry dan Calya kompak banget! 😍😍😍 Tante Eva juga pengin ke Borobudur 😆

    ReplyDelete
  13. Hayuu ke Jogya lagii, kita momotoran ke Gunung Kidul

    ReplyDelete
  14. Jadi pengen ikut ke Jogja, hehe. Pantai2 yg ada di Gunung Kidul bagus2 Teh. Aku jg masih pengen eksplor

    ReplyDelete
  15. selalu suka kalo ke jogja tuh...

    ReplyDelete
  16. Wah beda setahun anak kita ya Mbak..anakku kelas 8. Dan karena dia cowok, sekarang ini sering aku jadwalin berkegiatan berdua aja sama Bapaknya.
    Oh ya, kalau ke Jogja aku belum yang ke Upside Down World. Mau lah kapan-kapan ke Jogja lagi pakai Pegipegi

    ReplyDelete
  17. Yogya kota yang sangat bagus ,indah dengan mempertahankan adat budaya yang kental.

    ReplyDelete
  18. Sekarang makin banyak lho tempat asyik buat berwisata di jogja. Ah ya, kita punya pengalaman yg sama soal mengatasi kegalauan anak dgn jalan bareng mempertebal bonding 😊

    ReplyDelete
  19. teh udah kayak adik kakak ya keliatannya hihihi. Yogya memang kota yang wajib untuk dijadikan tempat liburan, jadi kangen mau kesana lagi.

    ReplyDelete
  20. Emm...kemana yaa...
    Hahha...kalo ke Jogja, kita juga kehabisan kata...gak ada tempat baru yang dikunjungi, tapi gak pernah bosen juga...

    Kaya ke Pabriknya Dagadu, buat beli kaos unyu-unyu sebagai oleh-oleh.
    Cari kulineran kaya gudeg dan makan lesehan.

    Waah...ini juara pissaan, teh.

    ReplyDelete
  21. Wah asyik nih mau ke Jogja berdua Kayla ya Erry... Eh, kalian tuh kayak ABG cantik nan kembar deh..tiati ntar kalo ada yg lirik2 ya..haha..

    ReplyDelete
  22. Saya pengen ke kebun bunga matahari kalau ke Jogja. Foto-foto cantik deh di sana :D

    ReplyDelete
  23. Waaaah enjoy Jogja yaaa.. sooo many beautiful spots to enjoy and places to see. Belum kulinerannya! Aku bentar lagiii nih sama si neng Obi yg udah mau ABG

    ReplyDelete
  24. Jogya memang istimewa ya..banyak tempat yang memiliki nilai budaya sekaligus istagramable.. dari beberapa tempat diatas, yang belum pernah aku datangi hanya "Upside down world" semoga next kalo ke Jogya bisa sena juga ya.. aamiin

    ReplyDelete
  25. Duh, enaknya yang traveling berdua. Udah gak kayak ibu anak ya, udah kayak kakak adek, jadi serasa bawa temen, hihi

    ReplyDelete
  26. Masih ada yang kurang tuh, pantainya kalo bisa ganti aja. Ada pantai Kesirat yang pemandangannya bagus.

    Btw, aku galfok ama foto berdua ama kakak. Itu kakak adek ya kayaknya, jadi teman jalan ya Ry kalian

    ReplyDelete
  27. Jogja memang cocok buat liburan ala backpacker nih. Bnyk tmpt2 wisata yg oke dan kulinernya juga enak. Rencana mau liburan ke Jogja juga nih. Dr tempat2 yg disebutkan di atas, belum pernah ke Upside Down World sm Keraton. Jd kayaknya besok kalau ke Jogja mau ke sana deh.

    ReplyDelete
  28. wah mbak Jogja sekarang tambah ramai tempat wisata barunya. jejeran hutan pinusnya juga kece semua lo.

    ReplyDelete
  29. Ke Yogya aku udah Teh
    Ke Korea yang belum hihi
    Etapi belum ngajak anak2 ke Yogya sih padahal ada kampung halaman bumer di sini

    ReplyDelete
  30. Wah seru ya bs berduaan traveling backpackeran bareng anak gadis sy jg mau ah...destinasinya tambah teh tuh pasar beringharjo dkt malioboro kan hehe biar bs belanja belanji dikitlah beli daster wkwkwkw...

    ReplyDelete
  31. Seru banget teh jalan-jalannya cuma berdua.. :D Di Jogja terlalu banyak tempat kece, aku kalo ke sana bingung pasti mau ke mana, rasanya pingin ke semua tempat.. Hehe.. Semoga ujiannya nanti lancar ya Kaylaa..

    ReplyDelete
  32. Ya ampun kangen Jogja, terakhir aku ke Candi Borobudur itu waktu SD sekitar 20th lalu hehehe kapan ya bisa kesana lagi.

    ReplyDelete
  33. Pasti bakalan seru nih Mbak kencan dengan Kayla nya. Alalaa backpacker pula, wiiih kereenn. Moga Kayla bisa kompak ya dgn konsep backpacker Emaknya, heheheh. :)

    Moga lulus UNBK juga yaaa.

    ReplyDelete
  34. Malioboro ini terkenal banget yah, duh belum pernah ke sana. Kalau ke sana sekalian kunjungi candi borobudur 😍

    ReplyDelete
  35. Alhamdulillah udah semua memang Jogjakarta selalu nganenin utk dtg berkunjung mba,, akupun gk bosan2 utk explore k Jogja lg

    ReplyDelete
  36. Gak keliatan anak ibu, malah kyk adek kakak fotonya haha :D
    Yogya emang istimewa ya mbak, banyak lokasi yang bisa didatangi. Moga sukses rencana backpackeran sama anak gadisnya. Gak sabar nunggu anak2 gede jg buat diajak jalan bareng :D

    ReplyDelete
  37. Aku beberapa kali pesan tiket kereta dan tiket pesawat lewat pegipegi juga mbak, belinya mudah dan lumayan banget kalau lagi promo ya.

    ReplyDelete
  38. Tempat wisata di jogja gak akan selesai kalau disebutin satu2 mbaa hahaa.. coba main ke kulon progo atau gunung kidul deh :)

    ReplyDelete
  39. kalau ada sarana dan prasaranan juga trasnrpotnasi yang memadai raveling ke mana pun jadi bahagia ya mbak. kayla udah gede banget euy. cuantik!

    ReplyDelete
  40. Jangkungnya Kayla udah ngalahin mamanya ya skr. Banyak banget tempat wisata alam di Jogja ya. Banyak juga yang belum aku datangi nih tempat wisatanya

    ReplyDelete
  41. Tempat wisata di Jogjakarta yang paling dikunjungi oleh wisatawan itu, malioboro, Candi Borobudur, Pantai Parangtritis dan Keraton Jogja. Begitu juga dengan saya, beberapa kali ke sana hihihi...
    Karena tempatnya mudah dijangkau ya...

    ReplyDelete
  42. Udah cocok tuh mba semua destinasinya oke. Asyiknya yaaa bisa jalan2 bareng dengan nak gadis. Jadi kayak kakak adik loh kalau jalan berdua gitu.

    ReplyDelete
  43. Ya ampuun itu anaknya Teh Erry copas banget ya sama Teh Erry. Asik banget punya kembaran berbeda usia. Kemarin aku udah jalan2 ke tempat2 di atas hehe

    ReplyDelete
  44. Dua kalli ke Borodudur malah yang kedua nggak sempet naik aku mba, karena aku jaga stand di bawah. Kapan-kapan mau lagi ah ke sini. Jogja selalu bikin kangen

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS