Senin, 30 Januari 2017

Drama Korea Ter-Baper 2016 - part 2

Bulan Januari telah hampir berakhir, tapi gue dengan leletnya baru kelar bikin review untuk drama Korea tahun 2016!

Agak sulit untuk meneguhkan niat nge-draft postingan apabila hatinya selalu saja digerogoti oleh sosok ahjusi gaptek tapi sotoy yang hobinya nongkrong di playstore. Gak konsen!


*TIUP LILIN TRUS NGUMPET KE BAWAH SELIMUT!*
Kalo ada yang bertanya-tanya mengapakah gerangan postingan ini tahu-tahu udah part 2 aja, silahkan untuk melipir dan baca dulu part 1 disini yah : Drama Korea yang Layak Dibaperin 2016

Walaupun sebenernya kalo menurut gue sih, di Kdramaland itu sejatinya gak ada drama yang bagus atau jelek, yang ada hanyalah apakah drama tersebut sesuai sama selera lo atau gak. Itu aja sih.

Kalaupun ternyata selera gue gak sama dengan elo bukan berarti selera elo lebih jelek atau lebih bagus lho yah, tapi ya udah sih beda selera aja, and it's okay! Karena yang namanya selera itu kan gak bisa diukur dan sulit untuk diprediksi.

Untuk gue sendiri sih, sampai sejauh ini selalu siap membuka diri seluas-luasnya dalam nge-drama dan bersedia mencoba berbagai genre. Kadang suka tapi kadang kagak juga sih. Gue bisa aja suka sama drama dengan plot ribet-complicated-banyak-gaya-bikin-mikir yang membuat gue pengen banting setrikaan, tapi di sisi lain gue juga masih bisa menikmati drama dengan plot receh-sereceh-recehnya. Bebasin aja sih gais! Bebasiiiiin!

Jadi berikut ini adalah Drama Korea Ter-baper tahun 2016 versi gue yah!

Scarlet Heart Ryeo

This drama is SO GOOD, but the ending is SO WRONG!

Gue gak akan terlalu dalam membahas drama ini bukan karena endingnya BANGKE BANGET terlalu keji lho yah, tapi karena memang gue sudah pernah membedahnya di vlog. Boleh mampir kesini yah.

Walaupun ratingnya anjlok, tapi gue tetap merekomendasikan drama ini untuk ditonton sampai tuntas, agar elo bisa merasakan MAKNA BAPER YANG SESUNGGUHNYA!

Pesan gue sih sederhana aja, ketika elo sedang berada pada satu titik dimana hidup lo terasa terlalu bahagia, sebaiknya disegerakan menonton drama ini aja, maka niscaya kebaperan akan melanda jiwa dan hidup lo pun akan kembali seimbang.

Payung terlalu mainstream! Wang So mah mainannya jubah!
Ketika drama ini kelar ditayangkan seketika itu juga gue mengalami emotional-breakdown yang teramat parah dan hanya bisa meratap seorang diri dalam kesunyian.  

Pesan moral yang bisa gue ambil setelah menonton 20 eps drama ini dengan penuh pengabdian hanya satu saja yaitu bahwa sesungguhnya:  BB Cream buatan Korea emang udah okeh punya sejak jaman Goryeo! 
 
Moonlight Drawn by Clouds

Drama ini telah mengukuhkan posisi Park Bo Gum untuk menempati tempat istimewa di sudut hati gue. 

Walaupun drama yang ditayangkan di tv sebelah pada hari yang sama bertaburan idol, tapi ia berhasil mendobrak rating dengan pesonanya yang melimpah ruah. 

Dia adalah tipe aktor yang bisa membuat rating melambung sampai 22% hanya dengan mengucapkan 1 kata saja dengan penuh perasaan : Ra On-ah. Menit terakhir di eps 9 dikabarkan sebagai adegan dengan rating ter-daebak hanya karena pangeran mahkota menyebut nama asli si kasim dengan tatapan penuh cinta. 

Drama ini juga sudah pernah gue bedah di vlog, jadi di postingan ini gak akan gue bahas terlalu detail yah. Boleh mampir kesini kalo mau nonton vlognya yah.
tatapan penuh cinta yang menenggelamkan
The K2

Bebeb Ji Chang Wook sang ultimate bias tercinta tentu saja menjadi alasan utama gue untuk menonton drama ini. Genre action drama sesungguhnya bukanlah favorit gue, tapi tetap ditonton sampai tuntas demi cinta.
The K2 menceritakan tentang kisah cinta seorang bodyguard jago berantem tak terkalahkan dengan  anak haram calon Presiden Korea. Jadi selain banyak adegan perkelahian, drama ini juga dipenuhi dengan intrik politik rebutan kekuasaan yang njelimet membuat muak dan bikin pengen nenggak panadol.

Bagi penggemar drama romance model gue yang sering males nonton adegan berantem, akhirnya malah jadi berasa takjub sendiri karena ternyata bisa terkesima dengan hampir semua adegan action yang terdapat dalam drama ini. Adegan action dalam drama The K2 terlihat indah dan terkoreografi dengan baik, hampir seperti tarian. Bahkan adegan kebut-kebutannya pun memiliki unsur dramatis yang sangat tinggi dan bikin tegang banget.
Banting aja udah! Banting!
Sepertinya team produksi menyadari bahwa para penonton drama ini kebanyakan para wanita yang terbiasa menonton drama remeh-menya-menye dan menonton drama ini hanya karena faktor Ji Chang Wook semata *AING PISAN ETA MAH!* jadi memang adegan berantemnya sengaja dibikin ‘cewek oriented’  hahaha.
 
Adegan berantem legendary di kamar mandi tanpa pakaian yang diblur mah gak usah dibahas lah yah

Dan yang unik adalah kalo lo perhatikan dengan seksama ada beberapa adegan berantem yang sengaja dikasih backsound ala opera-opera gitu, sehingga adegan yang dihasilkan terkesan megah dan glamor. Keren atuhlah!

anak milenial mah pacarannya di genteng hanya bermodalkan selimut!
Gaya pacaran Kim Jeha & Anna pun spazzing-able banget. Cinta berawal dari kebiasaan stalking si bodyguard lewat layar CCTV, berlanjut ke adegan Anna yang menyantap ramen dengan imut dan berakhir dengan insiden selimut di tengah ruang tamu hahaha.

ATUHLAH ATUHLAH ATUHLAH!!
 Karakter antagonis dalam drama ini pun menurut gue sangat menarik karena abu-abu banget. Si Madam terlihat kejam, mendominasi, gak punya hati dan tabok-able banget. Tapi sesungguhnya ia hanyalah seorang istri yang diselingkuhi dan terpaksa menerima anak haram suaminya. Dan dengan bodohnya ia masih tetap mencintai suaminya si calon Presiden tukang selingkuh itu sampai titik darah penghabisan, ampun deh *gue tebas pake pedang Goblin juga lo!*

chemistry oh chemistry!
Gue sih selalu suka dengan karakter manusiawi yang walaupun jahat, tapi masih tetap memiliki setitik kebaikan. Karena sesunguhnya manusia kan memang kompleks seperti itu. Gak mungkin baik banget dan gak mungkin juga jahat banget sampai ke ujung kukunya….kecuali elo karakter sinetron di Indosiar yang suka naik elang terbang itu hehehe.

ATUHLAH ATUHLAH ATUHLAH part 2
Sedari tadi si Kim Jeha telah berhasil menyesatkan integritas gue untuk pajang-pajang berbagai gif yang gak ada relevansinya sama isi tulisan sehingga gue cuma bisa bikin caption : ATUHLAH! Hahahaha.

Tambahin satu lagi lah, kagok.
ATUHLAH PLIS! part 3
Legend of the Blue Sea

Sebagai hardcore fan-nya Lee Min Ho yang selalu tetap setia mendampinginya walaupun  dengan sebongkah hati yang terluka, hati gue berdenyut bahagia ketika mendengar kabar bahwa Lee Min Ho akan nge-drama dengan penulis skrip yang pernah mengguncang Kdramaland dengan drama You Who Come From The Star.


Apalagi ditambah dengan Jun Ji Hyun sebagai pasangannya, secara visual saja, couple ini sudah mampu menggetarkan jiwa. *fans cetek yang nge-ship couple berdasarkan visual semata*

Plotnya sendiri cukup menggelitik karena memiliki aroma fantasi yang sangat pekat, genrenya memang romance-fiction. Kisah cinta seorang atau seekor sih? duyung dengan manusia biasa, dibumbui dengan alur maju mundur kehidupan paralel di masa lalu mereka yang ternyata berakhir tragis. Jadi intinya sih mereka reinkarnasi di masa sekarang dan berharap tragedi cinta mereka gak terulang kembali.

cuma pengen ngasih tau aja kalo Jun Ji Hyun adalah emak2 beranak satu! *kemudian stres*
Hae Joon Jae diceritakan sebagai seorang jenius jago hipnotis dan merupakan korban dari keluarga broken home yang kabur dari rumah ketika lulus SMA.  Dia akhirnya memilih untuk berprofesi sebagai penipu! Padahal begitu banyak jenjang karir yang bisa diraih atau usaha lain yang lebih prospektif dengan otak & bakat yang dimilikinya. Kenapa gak ternak lele atau budidaya jamur aja sih! Kan lebih menantang gitu lho!

drunk Hae Joon Jae why  so cute!
Walopun kalo menurut gue sih ada yang sedikit 'ganjel' di karakter ibunya Joon Jae. Diceritakan bahwa karena sakit hati diselingkuhi suaminya, sang ibu akhirnya menghilang dan meninggalkan si Joon Jae kecil tanpa pesan. Mungkin karena gue seorang ibu kali yah jadi paham banget gimana beratnya berpisah sama anak. Itulah makanya gue berasa kurang relate sama keputusan sang ibu yang aslik memutuskan hubungan sama sekali dengan anaknya sendiri. Semacam gak make sense kalo dari sisi seorang ibu mah. Yah minimal ketemu diem-diem kek. Apalagi kalo diilihat dari beberapa cuplikan adegan di flashback, sang ibu kelihatannya bukan yang type pasrahan sih.

Lain urusan kalo memang dia bener-bener gak mampu untuk ketemu anaknya, misalnya kena amnesia atau sakit berat. Akhirnya jadi berasa agak 'plot hole' karena karakter Joon Jae yang digambarkan sebagai manusia insecure yang takut untuk mencintai itu berhubungan sama kenangan masa kecilnya yang merasa ditelantarkan oleh sang ibu. Tapi kalo secara keseluruhan sih dramanya oke lah yah. 

Si duyung pun memiliki kemampuan unik yaitu mampu mengubah air matanya menjadi mutiara. Lumayan banget itu harganya kalo dijual bisa buat nambah-nambah beli beras. Andaikan saja setiap tetes air mata yang telah gue curahkan untuk drama korea juga bisa menjadi mutiara, mungkin gue udah tajir melintir kali yah hahaha.
keresek item fenomenal buat ngumpulin mutiara!
Bagian paling kocak adalah ketika Joon Jae bisa membaca pikiran si duyung. Okay kocak sekaligus creepy sih sebenernya. Itu kebayang kalo si Abah sampe bisa baca pikiran gue kalo lagi nge-drama bisa gawat itu urusannya terancam ditalak, bisa terbongkar juga rahasia terpendam rumah tangga gue dimana sang istri sering ngumpetin duit belanja di tumpukan novel dan gak pernah bilang kalo abis menang arisan RT! hahaha *katanya rahasia terpendam tapi dibahas di blog, situ sehat mbak?*

Dan kita juga dikasih bonus love-line hacker unyu yang kalo lagi mabok mendadak jadi klepto dan nyolong barang-barang gak penting di sekelilingnya hahahaha. Yeay!

eciyeeee, abis dilamar noona nih yeeeeh!
W Two Worlds

Ketika pertama kali membaca plotnya gue merasa absurd banget. Tidak cukup hanya dengan vampir, siluman, malaikat pencabut nyawa dan alien sekarang karakter webtoon pun mulai merambah ke drama korea. Drama ini terasa menyegarkan karena jalan ceritanya jadi gak ketebak sama sekali.

Kang Chul winks * GUE : ISTIGHFAR TRUS WUDHU*
Alurnya cepat dan dipenuhi dengan konflik berlapis seputar kisah cinta tokoh kartun yang hidup di dunia komik yaitu Kang Chul dengan seorang dokter magang di dunia nyata, Oh Yeon Jo. 

Yang unik adalah metode loncat dimensi yang diilustrasikan dengan sangat cerdas, setiap kali Oh Yeon Jo terjebak di dunia komik, ia hanya bisa kembali ke dunia nyata apabila berhasil menggerakkan hati Kang Chul sebagai tokoh utama dalam dunia komik tersebut. Setiap kali emosi Kang Chul mulai bergejolak, tiba-tiba ada tulisan 'bersambung' dan Yeon Jo pun harus loncat dimensi bhahahaha *kayak nyindir gue yang sering geram setiap kali drama favorit harus to be continued pas lagi seru2nya*


Sesungguhnya gue memang banyak berasa kesindir sama drama ini, karena dimunculkan karakter konyol Profesor Park yang merupakan die hard fans dari komik Kang Chul. Setiap kali melihat kelakuan dia yang membela karakter favoritnya habis-habisan atau mendadak jadi galau ketika endingnya tak sesuai keinginan, gue gak kuat pengen ngakak. Itu kenapa kok mirip gue sih? Bhahahaha.

sinih aku kenalin sama bias aku Prof!
Sulit untuk tidak terpukau sekaligus merinding dengan karakter antagonis dalam drama ini yang pada awalnya digambarkan sebagai sosok fiktif tanpa identitas. Tapi ketika identitasnya terbongkar, gue justru malah jadi tambah serem! Writer-nim daebak!

Sang penulis skript ini juga yang telah menuliskan drama favorit gue sepanjang masa yaitu Nine Time Travel & Queen In Hyun's Man. Drama yang selalu mampu membuat gue berasa emosional dan terhanyut untuk ikutan menangis, marah dan bahagia bersama para karakternya.

Bagian favorite gue dalam drama ini adalah bagaimana Kang Chul yang cerdas ini selalu waspada dengan berbagai variabel yang mungkin terjadi dalam kehidupannya. Hobi dia adalah bikin hipotesis, trus merenung sembari mempertimbangkan semua variabelnya. Begitu banyak variabel. Begitu banyak kemungkinan. Apa pun bisa terjadi. So deep & meaningful.

Kang Chul's emotional tears! TISU MANA TISU!
Gue suka banget filosofi Kang Chul karena kalo diterapkan dalam kehidupan, kita akan sadar bahwa sesungguhnya banyak variabel yang terkandung dalam hidup kita. Tidak sekedar A dan B. Hidup tidak se-simple : kalo gue cinta sama Jung Hwan, berarti sama aja dengan gue benci Choi Taek. Atau kalo acara A ratingnya tinggi, berarti kita pasti suka *noh pantura show & d'academia ratingnya tinggi, trus aing harus suka gituh?*

Hidup dengan dimensi yang terbatas kayak gitu pasti bakal terasa membosankan. *maap da aku mah anaknya multidimensi*. W Two Worlds ini jenis drama yang setelah menontonnya membuat gue berkontemplasi tentang makna kehidupan sembari menatap gorden ruang tamu.

Something About 1 Percent

Adakah yang telah menonton drama ini? Apakah elo juga merasa sangat NISTA receh setelah menonton drama ini? Gue sih iya. Bhahahaha. Okay, GO AHEAD JUDGE ME!

Gue memilih  drama ini secara random karena butuh pelarian ketika sedang menonton Goblin secara ongoing. Goblin memiliki plot super berat yang mampu menyerap emosi gue sampai lunglai. Gue butuh drama yang dapat menenangkan nurani gue dari emosi yang meletup-letup tak terkendali.

*Okeh fain! Gue ngaku sebenarnya memilih drama ini karena pernah gak sengaja menonton video kissing scene mereka seliweran di TL IG! IYAH GUE MEMANG SEHINA ITU! TRUS MAU APA LO! HAH?!*

Akhirnya gue pun menonton drama ini dengan pemikiran picik, sepertinya drama ini tidak akan mengkonsumsi terlalu banyak emosi dan paling juga bakal gue drop di tengah jalan. Mengapakah?

Okay, pertama karena drama ini memiliki plot abadi yang sangat ketebak dan oh-so-last-decade banget. 

Cerita tiada bermakna tentang pasangan yang dikondisikan untuk menikah supaya bisa mendapatkan warisan. Ya elah, plot marriage/dating contract kayak begini mah sepertinya sudah jadi formula basi di Kdramaland sejak jaman Krisdayanti masih sayang-sayangnya sama mas Anang dan saling manggil Mimi-Pipi. *duh, pengikut Lambe Turah mah yang dijadikan patokan adalah era kawin-cerainya artis hehe*

Dan alasan yang kedua adalah, karena gue gak kenal SATU PUN main cast dari drama ini. SAMA SEKALI gak ada yang gue kenal. Dari segi visual maupun chemistry, kalo menurut gue sih standard aja. Dan ketika menonton pun, gue tidak tertarik untuk nge-google para pemerannya, OST-nya atau stalking behind the scene. Bahkan sampai saat ini pun gue gak tahu dramanya tayang di stasiun TV mana dan bagaimana ratingnya. Gak terlalu peduli juga sih.

Plotnya tidak bercabang dan lempeng banget, jadi selama 16 eps elo hanya akan menonton pasangan ini pacaran tarik ulur terus tanpa jeda haha! yang jomblo jangan nonton yah mblo! *I warned you*.

SO CHEESY & CORNY! OH PLEASE HELP ME GOD! *tapi tetep ditonton*
Dan entah mengapa durasinya hanya sekitar 30-40 menit aja setiap eps, jadi gak usah terlalu diseriusin plotnya lah yah karena ceritanya juga kurang penting dan gak ada substansinya sama sekali kok haha *KATANYA KURANG PENTING TAPI TETEP DIBAHAS DI BLOG, BLOGGER MACAM APAH KAMU* 

Gue aslik gak ngebahas tentang drama ini sedikit pun di socmed karena berasa somehow drama ini emang kurang worth it untuk dijadikan bahan spazzing. Semua adegannya udah ketebak dan klise banget. 

TAPI MENGAPAKAH KOK AKU TAK BISA BERHENTI MENONTONNYA? MENGAPA COBAK? HAH? TOLONG BERI AKU JAWABAN!  BHAHAHAHA

Gue sangat menikmati si drama kampret ini dan benar-benar menyelesaikannya sampai tamat.  Tanya kenapa? BHAHAHAHA. Mungkin inilah yang dinamakan KDRAMA MAGIC kali yah. Gue seperti tersihir dan tersedot dalam pesonanya aja gitu. Sungguh aku tak paham!

Gue jadi teringat kembali kemurnian perasaan gue ketika awal-awal ngedrama. Gue seringkali larut dalam kesendirian dan menonton hanya dengan ditemani si remote dipidi kesayangan. Gak ada socmed. Gak ada baper. Gak ada spekulasi eps selanjutnya. Gak ada ekspektasi apa pun. Murni menikmati dramanya saja. 

Ketika memutuskan untuk ngebahas drama ini di blog pun, gue bahkan bingung harus nulis tentang apa karena sejujurnya gue sama sekali tidak berhasrat untuk nge-google tentang drama ini. Sehingga akhirnya gue memutuskan untuk jujur saja sih. 

Dari pada gue palsu sok nge-bahas tentang keunggulan drama ini, mending gue menceritakan ketidaktahuan dan ketidakmengertian gue akan daya tarik yang dimiliki oleh drama ini aja deh, dan perasaan apa yang ditimbulkan setelah menonton drama rese ini hehe. 

Jadi kalo lo lagi butuh drama ringan yang gak pake mikir, dan hanya sekedar ingin menikmati aja boleh banget dicoba drama dengan plot super cetek ini lho yah!

Weightlifting Fairy Kim Bok Jo

Drama ini bukanlah tipe drama yang  menghentak sanubari dengan plot menggelegar. Justru sebaliknya, drama ini terasa sangat humble dan real . Setiap kali selesai menontonnya hati gue selalu terasa hangat.


swag couple is totally swag!
Hanya kisah cinta sederhana antara atlet renang & atlet angkat besi. Dan sub-plotnya yang berkisar tentang keluarga dan persahabatan juga terasa manis banget.

friendship goals!
Gue sudah beberapa kali menonton dramanya Nam Joo Hyuk dan baru menyadari bahwa ternyata dia cocok sekali memerankan karakter cowok ngeselin yang petakilan-pecicilan tapi memiliki hati tulus dengan ekspresi minta dijamah dan kalo ngomong suka napsu sendiri sampe urat lehernya nongol *pervert alert*. 

Nam Joo Hyuk yang berperan sebagai Joon Hyun  bukan tipe karakter yang : aku-akan-mempertaruhkan-harkat-dan-derajatku-demi-mempertahankan-cinta-kita atau aku-akan-mengorbankan-nyawaku-untuk-melindungi kehormatanmu. DIA SAMA SEKALI KAGAK BEGITU OH-PELIS!

He’s just being there! Selalu ada ketika dibutuhkan, that’s super sweet!

cowok yang gak peduli pacarnya punya body binaraga dengan jerawat gede di hidung! GEBET GAIS!
Kisah cinta mereka juga bukan tipikal drama Korea pada umumnya yang dramatis seperti : cinta datang menerobos dan mendobrak pertahanan hati pada pandangan pertama, sehingga membuat elo mabok kepayang dan tak bisa berfungsi secara normal. Kebanyakan kayak begini kan yah?

Tapi kisah cinta mereka lebih ke : perasaan manis yang datang menyelinap diam-diam kemudian hinggap di relung hati dan enggan beranjak sampai akhirnya elo menyadari bahwa ternyata perasaan itu adalah cinta.

DO YOU LIKE MESSI?
Joon Hyung di-friend-zone-in lumayan lama, karena cinta mereka baru bersemi di sekitar eps 10 *kenapa kamu lelet sekali sih*. Tapi sepadan banget lah penantian kita sepanjang sekian eps tersebut, karena gaya pacaran mereka bikin greget banget. 

Tipe drama yang setelah selesai menonton bikin kita jadi senyum-senyum sendiri!

Analisis Drama Korea 2016

Tahun 2016 merupakan tahun yang sangat indah buat gue karena sepertinya semua aktor favorit gue pada turun gunung untuk ngedrama. Plotnya pun sangat variatif mulai dari adaptasi webtoon sampai romance fiction sehingga membuat Kdramaland menjadi semakin berwarna.

Tapi kalau gue perhatikan, tahun ini drama sageuk sedang naik daun banget. Sepertinya para team produksi mulai menyadari bahwa drama genre ini berpotensi untuk meraup penonton bila dikemas lebih menarik. 

Drama sageuk klasik biasanya memiliki dark aura dengan plot seputar sejarah, politik, pertumpahan darah dan tentu saja kisah cinta yang tragis. Drama model begini cenderung membosankan dan hanya penonton berjiwa tegar dan tangguh sajalah yang sanggup untuk menyelesaikannya *sepercik nasihat dari penonton yang stress berat setelah menonton : Empress Ki, The Princess Man, Goddess of Fire, Jang Ok Jung*

Sehingga saat ini Kdramaland sepertinya tengah mengubah drama sageuk menjadi lebih ringan dan memberikan bright-aura dengan berbagai plot twist sejarah. Dan tentu saja dengan trik busuk mencomot idol atau actor muda yang tengah happening sebagai main lead dalam drama tersebut.

Drama sageuk kekinian yang bertabur idol!


Tujuannya sih jelas, agar bisa meraih penonton yang lebih muda. Bahkan OST-nya pun dibikin lebih modern. Gue merasa random banget ketika menonton adegan romantis Wang So – Hae Soo di tepi pantai tapi sayup-sayup di kejauhan mengalun lagu rap sebagai ost-nya bhahahaha. Lo nonton deh disini

Dan yang gue perhatikan sih, mother-issue ternyata masih tetap menjadi sub-plot favorit para writer-nim di tahun 2016. Hampir semua drama yang gue tonton, karakter utamanya memiliki masalah sama ibunya lho.

Joon Hyung di drama Weightlifting mengalami trauma telinga mendenging setiap kali merasa tegang ketika mengikuti pertandingan renang, karena merasa diabaikan oleh ibunya ketika masih kecil.

Anna di drama The K2 mengalami social phobia parah akibat rasa bersalah yang sangat mendalam karena menyaksikan ibunya bunuh diri di depan matanya.

Ra On di drama Moonlight sering mimpi buruk, demam sampai mengigau sendiri saking rindunya dengan sang ibu yang terpisah di pasar sekian tahun yang lalu,

Wang So di drama Moonlovers menjadi pribadi yang tertutup, defensif dan sangat garang, gak boleh kesenggol sedikit main tebas aja karena memiliki Ibu yang abusive, rada sarap dan haus kekuasaan banget,

Duh, sebagai seorang ibu beranak 2 gue kayaknya harus banyak-banyak introspeksi nih, karena ternyata seorang ibu punya pengaruh yang sangat besar buat perkembangan psikologi anak *curhatan emak-emak yang ter-dramakorea*

Karakter Ter-Baper 2016

Apabila di paruh pertama tahun 2016 gue memilih Jung Hwan dari drama Reply 1988 sebagai karakter yang paling susah di-move-on-in, maka untuk paruh ke 2 ini dengan berat hati gue menobatkan Wang So dari Scarlet Heart Ryeo sebagai karakter ter-baper 2016!

Wang So sendiri sebenarnya merupakan karakter yang sangat kompleks dan 'rusak' banget in so many different levels tapi kemudian mengalami trasformasi karakter yang sangat indah di drama ini sehingga  lo gak bisa untuk tidak mencintai dia. Gak bisa!

Diawali dengan aura kelam lengkap dengan codet dan topeng macho-nya itu, tapi kemudian secara perlahan Hae Soo menelisik ke ruang hatinya dan akhirnya berhasil membuka topeng untuk menguak tabir misteri di hatinya. Membuka topeng bagi seorang Wang So bisa diibaratkan dengan stripping naked lho yah, udah kayak membuka diri abis-abisan gitu.

Kamu jangan galak-galak nanti aku tambah deg-degan tauk!
Lee Jun Ki sendiri menurunkan berat badan secara frontal demi mendapatkan figur buas dan tajam pada karakternya dan emang dapet banget sih *jaw line-nya oh em ji*. Gue udah nonton dramanya Lee Jun Ki dari jaman My Girl, Two Weeks sampai Arang & Magistrate, tapi drama Moonlovers inilah sepertinya yang telah mengukuhkan Lee Jun Ki sebagai bias baru gue! *nambah terooos*

Sehingga sepenggal hati gue pun merasa tercabik ketika Wang So hanya diberikan ending yang ambigu. Sampai detik ini gue beneran masih mendamba. Berikan gue satu adegan cukup sekian detik aja dimana Wang So akhirnya reinkarnasi menjadi manusia modern dan meraih kebahagiaan yang hakiki. BERI GUE PELIS!

kasih ending kayak gini aja bisa gak? Biar hidup gue TENTRAM!
Tapi lagi-lagi kita harus bisa menghadapi kenyataan. Da apalah kita mah di hadapan writer-nim hanya sekedar buliran nasi kering yang terhimpit-terselip di pinggiran rice cooker yang kemudian terhempas tak berdaya dicukil serokan nasi!

Dan syndrom-wangso ini masih berlangsung tiada berujung. Ciri-ciri lo terkena syndrom-wangso adalah setiap kejadian apapun selalu aja disambung-sambungin sama Wang So demi ketenangan jiwa. Semacam unfinished bussines gitu lah. Kayak ada yang masih belum tuntas sehingga gue harus terus mencari sesuatu sampai merasa terpuaskan. Entah sampai kapan.

Kelakuan gue ketika terjadi supermoon :


Ketika menonton Hwarang dan menyaksikan adegan 'terhempas' yang merupakan pertemuan pertama Sun Woo dan Ah Ro, hati gue langsung perih karena mirip banget sama pertemuan pertamanya Wang So & Hae Soo!

akan selalu ada bahu oppa tampan yang siap disenderin ketika elo terhempas di Kdramaland!

Ketika menonton Weightlifting dan melihat Nam Joo Hyuk gue seketika itu juga teringat perannya sebagai pangeran ke 10 kesayangan Wang So dan tambah baper ketika Ji Soo & Seo Hyun nongol sebagai cameo. Reuni kalian itu menoreh luka di hati tauk!

Ketika tengah menonton Goblin dan mengetahui bahwa Grim Reaper ternyata adalah Wang Yo, ingatan gue langsung melayang  kepada Wang Yo kakaknya Wang So!

Heartbroken Wang Yo in Goblin VS Villain Wang Yo in Scarlet
SAMBUNGIN AJA SEMUA! SAMBUNGIN! INI AING HARUS GIMANA ATUHLAH!

Ya sudahlah, sekian analisis drama ter-baper 2016 versi Bibi Titi Teliti yah, kalo drama terbaper versi lo apaan nih? Ayok bisikin gue!
...
...
...

Adakah yang sedari tadi scrolling dari atas sampai bawah dan kemudian penasaran sembari ngedumel sendiri karena gue  gak ngebahas Goblin? hehehehe.

Soalnya postingan ini udah kepanjangan sedangkan gue gak bisa sedikit kalo harus ngebahas si jomblo baperan 939 tahun yang kemudian berujung nge-duda dengan penuh penantian selama 30 tahun itu hehehe. 

Drama Goblin akan gue bahas tersendiri yah, tapi masih bingung juga mending ditulis di blog atau dibahas dalam bentuk video di vlog aja. Soalnya ada beberapa materi yang visual banget dan lebih asyik kalo dibahas pake video sih. Menurut lo gimana nih gais, mending di-blog-in atau di-vlog-in aja? Tapi jangan minta dua-duanya lho yah, kesian nanti kulkas gue!

tungguin postingan Goblin gue yah!

73 komentar:

  1. Goblinnya dibahas di blog aja teeeeehhhh.... *guling2*

    dan as usual, tiap baca postingan Teh Ery selalu bikin ngakak... :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiiiih, udah ketawa ngakak baca postinganku yah :)

      Goblin udah aku publish di blog yah :)

      Hapus
  2. di bikin blog aja teh kalo GOBLIN :-D, tipe-yang-suka-membaca, karena sayang kuota kalo nonoton Vlog, mueheheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Demi kuota-mu akhirnya aku posting di blog aja yah hahahaha.

      Hapus
  3. aku cuma nonton K2 sama W doang hahaha... yang di K2, aku lebih suka jae ha jadian sama si madam loh, ga tau kenapa chemistry mereka lebih asik dibanding sama yoona... dan yoona kayak cuma tempelan doang hahahaha...

    kak, mendingan aku nonton goblin dulu atau legend of the sea dulu? hahahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju..ntah gimana..sukaan sama karakter madam..hihi

      Hapus
    2. Meeel,
      mending nonton Legend dulu aja baru nonton Goblin, biar nanti bapermu berkali lipat hahaha.

      Si Madam emang parah chemistry-nya, sadis tapi bikin greget jadi semacam kontradiktif gitu yah hahaha.

      Hapus
  4. Nice review eonni, salam kenal ya^^ kalo aku ga update banget sih, tahun kemarin nonton Daebak nya JKS, nanti aku tonton drama rekomendasinya deh^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih yah, dan salam kenal juga :)

      Duh, jadi keingetan aku belum sempet lanjutin dramanya si jang Geun Suk itu, mentok di eps 8-an deh kalo gak salah, ntar mau lanjut ah hehehe.

      Hapus
  5. Balasan
    1. Teteh udah nonton Romantic Doctor Teacher Kim?

      Hapus
    2. Goblin udah aku publish di blog yaaah :)

      Nah ini si Romantic Doctor aku belum tamat nontonnya gara2 teralihkan si ahjusi haha.

      Tapi banyak yang bilang bagus yah? Mau segera dilanjutkan nih!

      Hapus
  6. Atuhlah teteeeeh benerrrrr saya nyariin postingan goblin sampai skip beberapa reviewnya teh! Tukang php ih gambarnya udah eyang goblin gitu! (Padahal mah skip review karena emang niat nonton weightlifting, W sama k2)

    2-2 nya ya teh yayayayaya vlog ya postingan blog *siap2 nerima lemparan kulkas buat dijual lagi*

    Btw ultimate bias kok bisa ada 2?? Konsisten atuhhhh hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe Goblin udah aku publish barusan yah :)

      Kan aku mah wanita yang memiliki kapasitas besar untuk mencintai, jadi biasnya banyak hahaha *maksa*

      Hapus
  7. Bromate malaikat encabut nyawa dan goblin, keren. #gagalfokus

    BalasHapus
    Balasan
    1. bromance paling epic kalo menurutku!

      Hapus
  8. ditulis di blog ajaa Teh, lebih puas baca tulisan dibanding nonton video :)

    goblin baru saya tonton sampe episode 14, saya justru belum iklas berpisah sama Heo Jeon Jae dan duyung Teh, sampe saat ini masih suka tonton ulang dramanya, huhuhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siaaaap! Barusan udah dipublish yah :)

      Ayok segera dilanjut Goblin-nya! Gak papalah Joon Jae pisahnya cuma 3 tahun doang kok, Kim Shin dong 30 tahun hahaha.

      Hapus
  9. TEHHHH KENAPA DIKAUU MEMBAHAS WANG SOO LAGII, ITU SAMA SAJA MEMBUKA LUKA LAMAKU *MAAF CAPSLOCK JEBOL*

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYA MAAP ATUH DA AKU MAH ANAKNYA KEJEM DAN GEMAR MENGOREK LUKA LAMA! BHAY!

      Hapus
  10. Goblinnya di bahas di blog aja teh.. biar aq bisa baca sambil senyum2 sendiri,trus dibilang gila sm temen2 kantor, hahahahaaaa

    BalasHapus
  11. Nah... Bisa jadi referensi nih, kalau-kalau emak-emak di kantor pada rumpi drakor... :D

    BalasHapus
  12. Teh, K2 itu si Anna bukan anak haram presiden sepertinya, tapi calon presiden. CMIIW. Something About 1 persen itu kabarnya drama web. Jadi tayangnya ga nyampai satu jam. Dan yang paling saya suka itu Kim Bok Joo.... Walau receh gitu plotnya tapi di beberapa episode saya nangis2 bombay. Mungkin karena saya suka stalking sama atlet ya, Teh. Jadi deh nonton itu merasa bersalah karena sering neror atlet dengan pertanyaan "Kapan loe juara?" Hahaha... Padahal ya mereka punya konflik masing2 yang kadang kita enggak tau itu apa.

    BalasHapus
  13. Semua drama terbapernya versi Teh Erry ternyata sama kayak aku hahahaha. Aku juga menempatkan Moon Lovers sebagai drama yang paliiing bikin baper. Awal-awal iya, sih, banyak kocaknya. Lucu sama pangeran ganteng-lucu-sangar yang saling bersaudara. Makin sini kok... hmm. Patah hati pertama aku tuh waktu ibu dayang meninggal (lupa namanya wkwk). Disusul wang eun dan istrinya, raja, dan akhirnya wang soo dan baek ah yang bertahan hidup. Ah, udah, skip. Mengorek luka lama mah perih:(

    Gara-gara Moonlight aku akhirnya kenal Choi Taek, Teh. Aura Bogum di Moonlight cerah banget ya. Ekspresif. Apa ya... Intinya sih terpesona banget sama dia.

    Kalo The K2 baru aku maratonin kemarin Teh. Nggak ngikutin on going waktu itu kenapa ya, karena tentang politik-politik gitu sih. Kayaknya lebih berat dari Healer. Eh tapi pas ditonton, AA ICHANG KENAPA LEBIH KEREN DI SINI YAAAA? Mungkin efek kemeja dan jas yang dia pake kali ya. Tapi, di Healer juga keren banget sih.

    W juga jadi drama yang bikin aku akhirnya kenal sama School 2013. Haha padahal udah lama ya Teh, tapi gara-gara Jongsuk sih. Itu aku gak tahan kedipan matanya ih... Dan kayaknya, drama ini adalah drama 2016 dengan adegan kisseu terbanyak ya Teh? =))

    Dikirain Teh Erry gak nonton Something About 1% deh haha. Itu dramanya emang singkat, plotnya standar, pemainnya juga, receh banget, tapi nggak tau kenapa tetep senyum-senyum sendiri nontonin mereka berdua. Nonton itu berasa nggak punya beban buat mikirin tokoh antagonisnya, dan buat mikirin endingnya.

    Kalo Bok Joo dan Blue Sea mah, nggak usah ditanya. Joon Hyung dan Joon Jae tipe cowok petakilan, pecicilan, tapi selalu ada buat ceweknya. Karakter mereka bikin cewek-cewek meleleh dan punya standar baru untuk calon suami. HAHAHA.

    Teh komentarnya kepanjangan ih, kayak bikin postingan wae. Maapiiin:)))

    BalasHapus
  14. haduuuh.. aku tulalit deh..
    ngasih link ini ke anakku aja deh he.. he...

    BalasHapus
  15. teh, tv sebelah tuh sebelah yg mana?? hehe..
    referensi mak nih bikin galau hati, takut kebablasan lagi nonton drakor lalu cucian masih menumpuk di bak berhari-hari, hahaha, gagal move on ^^

    nonton..gak..nonton.. gaaak..
    akhirnya ngintip :P

    BalasHapus
  16. Idem sama mbak monda. Nggak ngerti blas drama korea. Tapi suka aja main ke blog ini..lucu..πŸ˜€

    BalasHapus
  17. WangSo emang terbaper teh, ThankU udh milih dia sebagai cwok terbapermu,karena aq gk terima bgt ma rating ancurnya (gk ad hubungan) ... Drama fenomenal gk diakui dinegri sendiri itu bikin aq sakit hati,*lalunangisnyenderbahuJunki....

    BalasHapus
  18. Kalo saia WFKBJ sama SAOP....
    Ada bias-bias saia disana beradegan romantis (baca kisseu) nan ngehits.
    Huhuhuhuhu....😜😜😜
    Terus Goblin enggak???!!!
    Ya kalo itu siy setelan default harus dibaperin krn Gong Yoo adlh ultimate bias saia teh...
    Love...love...love...

    BalasHapus
  19. Hai teh erry, goblin dibahas di blog aja teh, biar bisa senyum2 nahan ketawa buat dibaca di kantor

    BalasHapus
  20. Ngekek aku baca nya dari awal sampe akhir, goblin nya bhas dong jgn enggak ya ok πŸ˜‰πŸ˜‰

    BalasHapus
  21. Selalu Goblin saja yang diingat sekarang. Lee Min Ho lewat hahaha

    BalasHapus
  22. Di blog aja teh Goblinnya. Karena terkadang bahasa tulisan bisa lebih membuat kita berimaginasi secara liar...

    BalasHapus
  23. Di blog aja, Teh. Biar gak ngabisin kuota *K-drama fans fakir quota*

    BalasHapus
  24. Top list teteh aku bangetttttt :D

    BalasHapus
  25. Aku ga kasian sm kulkas teh erry, blog ma vlogin please! :P

    BalasHapus
  26. Yang kelar aku tonton itu drama pertama sama terakhir doang Teteh, yang ada Nam Joo Hyuk-nya bhahaha

    BalasHapus
  27. Setujuuuu. Sampe sekarang masih baperin Wang So - Hae Soo. Ini drama Lee Jun Ki pertama yg bikin jatuh cinta. Soundtracknya enak semuaaaa. Makin ga bisa move on πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  28. kayaknya aku harus mulai nyoba satu persatu nih

    BalasHapus
  29. Pengen nonton Weightlifting Fairy Kim Bok Jo Teh.. Tapi hidupku masih terhambat oleh cinta yang tak kunjung usai.. Masak ya..saya gak nemu eps. 20nya si duyung.. harus tuntas itu dulu biar tenang ngelanjutin hidup. Wkwkwk..

    BalasHapus
  30. Dari semuanya, yang blom aku icip-icip cuma K2, nonton dari IG doang, hihihi..
    Iya sama aku nonton Something About 1% juga enjoy banget, padahal itu apa deh ya plotnya, paling ketebak sedunia, wkwkwkwk....
    Bedanya aku ngalay di IG dan nggak sabar nunggu minggu depan xD
    Teteh bahas Goblin di vlog ajahhhh pasti lebih seru ^^

    BalasHapus
  31. Please tehhhh bahas Goblin di blog ajaaahhhh wkwkwkwk aku kalo liat review sambil baca gituh berasa banget serunya degdegan trua ketawa ketiwi. Kalo dari vlog atuhlah aku salfok sama wajah teteh mulu jadi ngga kelar ketawa ngga kelar nontonπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ #iyamukatetehkocak #beneraninimah #wkwkwkwk

    BalasHapus
  32. Saya nggak pernah nonton drama korea. Abis, males sama yang berseri-seri. tapi kayaknya perlu juga buat referensi bikin karakter novel. Penasaran kenapa banyak orang cinta banget sama tokoh-tokoh drama korea

    BalasHapus
  33. Ya ampunnnn ngakak Mbak Erry.....
    Andaikan nangis jadi mutiara gede2, aku rela deh ntn ulang Moon Lovers huahahhaaa....

    Kok kata org2 Goblin bagus aku blom gt klik yah, baru ntn 4 eps aja blon lanjut lagi *curiga masih baper sama moon lovers* sambil bayangin diri sendiri berumur 17 tahun seragam sma trus kejar2 oom2 "ahjussi...ahjussi...kitari...kitariseyo" kok kayanya nggak banget yah huahahhaa akhirnya blom lanjut ntn lg nih

    Kalau Mermaid baru sampe eps 10 blom lanjut lagi, ini kenapa semua pelem ntn sepotong2 hahahaa, nyari waktu luangnya susahhhh

    BalasHapus
  34. Setujuu banget sama teteh..
    Seneng rasanya weightlifting fairy kim bok joo jadi salah satu drama pilihan teteh.. Dramanya sederhana tapi kece..

    BalasHapus
  35. whoaaa teteh tentram sudah 2016 setelah baca blog drama terbaper 2016 versi 1 dan 2. terwakilkan sekali teh! daebak lah si teteh mah bisa bgt mewakiki isi hati kami2 ini. saranghaeyo teh *emuah

    dan i know kenapa goblin gak dimasukkin ke blog versi 1&2 versikupun begitu, karena kisah si gaoblin alay yg lopebel ini musti bgt punya tempat tersendiri krn terlalu daebak kalo dibahas sepintas2 doang, heol daebak goblin!

    akhir kata saya memohon pd teh ery tolong goblinnya dibahas tuntas di blog aja biar biar imajinasiku lebih leluasa... abis itu baru bikin vlog nya teh. tenang da aba mah baek pasti mau beliin kulkas baru, atau ambil kredit aja teh hihi

    BalasHapus
  36. Teteh pelis di blog aja teh pelis.. Biaya sewa gedung nikah terkadang berbanding lurus dengan biaya kuota demi drama korea dan tetek bengeknya..
    Tolong teteh jadikan aku calon minantu yang patut diperjuangkan karena keiritan berfangirling..

    BalasHapus
  37. hampir semuanya sudah aku tonton dan emang seru-seru cuma something about 1% yang gak bikin aku pengen nonton.. apalagi sekarang drakor hwarang lagi seru-serunya, ya ampun.. hehe

    BalasHapus
  38. buat aku tahun 2016 itu kayak roller coaster, dari jong ki ke W lanjut wang so lalu terdampar di bahu ahjussi :( semuanya butuh waktu berbulan-bulan buat move on

    http://www.dajourneys.com/

    BalasHapus
  39. goblin minta dua2nyaaaaa... *kekepin kulkas mba Erry*

    BalasHapus
  40. Gue sempat susah move on dari jae in sampai akhirnya muncul lah bok jo yang ngga gue sangka bakalan suka dan bikin gue betah buat nonton,dan yang paling hangat bikin gue susah move on dan bikin senyum-senyum sendiri kalo mau tidur karena oh karena kepikiran ahjusi yang super kece siapa lagi kalo bukan Goblin ^_^

    BalasHapus
  41. Teh Erry, aku baru nonton The Legend, Goblin sama Weighlifting doang (baru sampe eps 7) haha. Aku bakal nontonin semua yang masuk di list teteh *karena sepertinya selera kita sama. Senang yang receh-receh lol

    Untuk 2017 ini aku nungguin banget Tomorrow with You. Keknya bagusss :D

    BalasHapus
  42. sepertinya aku gak kekinian banget ya, gak nonton drama korea apapun sepanjang setelah melahirkan anak ke dua,

    BalasHapus
  43. Sepertinya aku tersesat, tapi tak kunjung mau pulang. Kenapa ini!

    BalasHapus
  44. ya Alloh teteh bikin postingan ini berapa lama?. meskipun tulisanmu relatively panjang2...tapi aku baru baaca yg sepanjang ini dan sukses bikin aku mesam mesem sendiri halah halah

    BalasHapus
  45. ya beginilah nasib para kdrama lovers ya teh
    setiap drama pasti digalauin dibaperin klo ga gtu bukan nonton kdrama namanya *yah dinikmati ajalah ya biar hepi*
    setidknya hidup gue ga sdrama hidup mrka yg ga nonton drma kkwkwkw

    BalasHapus
  46. Mbak, kenapa ga nonton Age of youth?? Itu highly recommended lho... Walau tayang di JTBC tp dpt kritik bagus dari netizen korea yang terkenal ceriwis itu.. Coba nonton deh..

    BalasHapus
  47. Wang So oh Wang So!!!!!!!!!!!
    sampe sekarangpun masih belum bisa move on. masih selalu berharap akan adanya keajaiban yang bisa mempertemukan WangSo dengan HaeSoo dikehidupan selanjutnya....
    Gimana kalo di bikin Season 2 Versi Modernnya ajah??

    BalasHapus
  48. MLSHR buatku tetep jd drama terbaper pertengahan tahun 2016, bisa dibilang masa tersuram dan terkelam dlm hidupku sbg kdrama addict...
    Dan akhirnya jd gaya hidup buat stalking apapun berita tentang para pangeran goryeo smp skrg...#mabokpisan

    BalasHapus
  49. banyak bgt yg udah membahas film ini di blog mereka

    BalasHapus
  50. Aku nyimak aja dan duduk manis hehehe

    BalasHapus
  51. Aku tuh udah baca inih bolak balik, aku suka sama teh erry, ngebahasnya lengkap. Duh teh tapi kumaha da'utu goblin tetep masih paling bagus nih

    BalasHapus
  52. Aku tuh selalu nonton semua drama yg mbak tulis lho. apa lg legend of blue sea yang aku tonton ampe berkali-kali..

    BalasHapus
  53. Terimakasih tambahan infonya teh, bisa nambah lagi list-nya nih. Suka dengan review-nya semua

    BalasHapus
  54. dari awal baca nunggu Goblin, ternyata.....

    BalasHapus
  55. drakor terbaper setelah DOTS bagi gw itu Moonlight Drawn By Clouds aka Love in The Moonlight. sukses kesihir sama drakornya dan tentunya park bo gum dan bikin sedih menyesal saat nyadar fan meeting bo gum di jkt sudah lewat n eyke telat ngebaper #nangiskejerfangirling

    BalasHapus
  56. Aku belom nonton goblin teh? Hiks hiks . Ketinggalan banget nih

    BalasHapus
  57. Hay guys selamat pagi
    Nama saya jeslin

    Yuk mampir bentar dan dilihat-lihat disini www.casinoqiuqiu.com
    Deposit dan withdraw hanya RP:25.000
    Bonus rollingan hingga 1% loh

    TERSEDIA 5 GAME DALAM 1 AKUN

    *BACCARAT
    *RAOULETTE
    *SICBO
    *DRAGON TIGER
    *SLOT GAME

    Untuk layanan yang lain Anda bisa menghubungi kami melalui YM, Livechat, dan BBM yang sudah kami

    sediakan dibawah ini ya.
    Livechat ; https://goo.gl/aLIle3
    *FACEBOOK: kasino qiuqiu
    *BBM: 2BF7247C
    *YAHOO:CASINO QIUQIU
    *CALL: +855963601198

    Buruan gabung all,salam hoki dari jeslin buat kalian semua ya...

    BalasHapus
  58. Scarlet heart terbaper tetehh.. 😒😒😒
    Tau ga teh ..sampe2 temen kerja aku cowo padahal lho dia blm bisa move on dr drama ini sampe skrg ..dia itu nggu banget season2 katanya..kata dia baru kali ini nton drama korea dari awal sampe kelar episodenya biasanya cuma nton2 doank ga smpe abis (dia itu nton drama jg cuma ikut2an istrinya) hahaha...

    BalasHapus
  59. so daebakkk,,
    ga blog nya, vlog ny, twitter ny, yutup ny, fb ny, IG ny, All about mba erry semuaaa nya DEABAKKKK..
    it means , ga mesti jdi kyk mba erry juga yg bisa memecahkan dunia khayalan kami unt mnginjak bumi ny para bias,,
    jadi penggemar tersembunyi mbak erry sdah cukup bagi saya,.
    can't say anything about u sista,, u r so daebak,,

    seandainya pun d khidupan ini tidak dapat langs bertemu dng mba erry,, mungkin d khidupan slanjutnya diberi ksempatan unt bertemu,(moonloverssss)

    mba erry,, saranghaeee,,,,

    BalasHapus
  60. derita anak k poper emang begitu teh,apa2 di sambungin kalau ending ngegantung th

    BalasHapus

 

Blog Template by BloggerCandy.com