Festival Film Bandung 2023 - Film Indonesia Jati Diri Bangsa

Tuesday, September 19, 2023

Sebagai penggemar film dan serial, gue ngerasa seneng banget dengan perkembangan dunia perfilman dan perserialan di Indonesia pada saat ini lho! Kayak perlahan tapi pasti bergerak maju terus dan semakin terdepan! Jangan-jangan bentaran lagi serial Indonesia bisa menyaingi drama Korea nih! Semogaaa!

Kunci utamanya sih menurut gue selain harga tiket menonton di bioskop yang saat ini lumayan terjangkau, juga karena sudah mulai bermunculan platform menonton berbayar yang bisa menjadi alternatif. Minat menonton jadi semakin tinggi, akses menonton juga lebih mudah dan pilihan pun jadi makin beragam.

Kalo dulu nih yah, mau gak mau kita tuh terpaksa nonton serial yang udah pasti tayang di tv nasional. Mana gayanya sinetron lebay trus jumlah episodenya kagak kelar-kelar pulak. Elo kagak nonton seminggu juga, pas minggu depan nonton masih paham ceritanya saking bertele-tele hehe.


Namun sekarang serial yang diproduksi dan ditayangkan di berbagai platform tuh beneran bikin baper lho! Gue sampek bingung harus subscribe yang mana karena kebanyakan. Mulai dari Viu, Prime Video, Vidio, Wetv, bahkan Disney semua menayangkan series Indonesia dan SEMUANYA BAGUS! Bikin AKU LABIL tapi dompetku tydack sanggup! hehe

Dari segi penulisan naskah dan pembentukan karakter pun udah kelihatan banget kalo proses produksinya emang dikerjakan dengan persiapan yang matang dengan melakukan riset terlebih dahulu. Keren sih! Bahkan para pemainnya pun gak kaleng-kaleng sih. Para aktor dan artis papan atas saat ini udah mulai pada main di serial tanpa berasa kayak turun kasta, karena dari segi kualitas emang beneran bagus sih!

Walo ada beberapa juga yang tetep kelihatan cringe sih, tapi yah udah lah yah berarti emang tetep ada pasarnya buat mereka yang suka cringe yah ehehehe.

Film-film yang tayang di bioskop juga gak kalah seru di tahun 2023 ini sih. Sudah mulai merambah ke banyak genre, walau genre horor tetap menjadi favorite yah, yang mana paling males buat gue tonton saking cemennya ehehehe.

Secara pribadi gue sih ikutan bahagia karena saat ini beberapa film bioskop yang sudah turun layar, ternyata langsung masuk platform dan bisa disaksikan lewat berlangganan. Gue kesel banget karena kelewat nonton Like and Share di bioskop, tapi langsung bahagia karena gak lama kemudian filmnya langsung masuk Netflix! Yeay!


Festival Film Bandung 2023

Festival Film Bandung pertama kali diadakan pada tahun 1987 dan rutin diselenggarakan setiap tahun. Tahun 2023 merupakan Festival Film Bandung yang ke-36 diselenggarakan pada tanggal 15 September 2023 bertempat di Warung Bi Eem dengan mengusung tema Film Indonesia Jati Diri Bangsa.

Tema yang diusung cukup menarik karena saat ini sudah mulai banyak film adaptasi dari luar yang diproduksi di Indonesia sehingga diharapkan film-film tersebut dapat tetap menyelipkan budaya atau kultur bangsa Indonesia.


Di Festival Film Bandung 2023, sebanyak 17 nominasi dibacakan mencakup berbagai kategori mulai dari serial web sampai film. Jika penghargaan lain memberikan gelar ’Terbaik” maka Festival Film Bandung memberikan gelar ’Terpuji”. Semua film dan serial yang diberikan penghargaan Terpuji berdasarkan atas penilaian dari team pengamat dalam periode waktu satu tahun.

Menurut Chand Parwez yang merupakan Ketua Dewan Pembina Forum Film Bandung proses pengamatan untuk FFB ke-36 ini melibatkan evaluasi lebih dari 400 karya film. Jumlah tersebut mencakup 128 film Indonesia, 155 film impor, 46 serial televisi dan 83 serial web. Wah, lumayan banyak juga yah!

Untuk nominasinya bisa cek langsung aja ke sosmed Festival Film Bandung yah, jangan lupa buat di-follow sekalian cek apakah film favorite lo tahun ini masuk nominasi atau kagak?

Gue sih udah gak sabar nungguin acara puncak Festival Film Bandung 2023 yang rencananya akan diselenggarakan di bulan Oktober! Pada jagoin siapa nih gais?




19 comments:

  1. Jadi penasaran nih, siapa aja nominee-nya. Coba kepoin medsos festival film bandung, deh

    ReplyDelete
  2. Mbaa Erry iya bener banget sekarang ada kemudahan untuk menonton tayangan Indonesia dan juga pilihannya juga beragam. Smoga semakin banyak dan bagus serial dan film film Indonesia terbaik

    ReplyDelete
  3. masa SMA aku tuh sering banget lho ngikutin Festival Film, jadi Festival Film Bandung ada 17 nominasi ya mulai dari serial sampai film

    ReplyDelete
  4. Aamiin. Moga bisa mendunia ya serial kita.
    Pelan2 aja. Ke negara tetangga kayak yg udah2 itu.. bisa yo bisaa ya teh negara kita. Kayaknya babang pinooo layak deh teh

    ReplyDelete
  5. aku jarang banget nonton series indonesia gegara series korea sudah cukup menyita waktu xixixi. etapi suka nonton juga pas drakor ga ada yg seru. jadi pengen tahu film n series indonesia apa aja yg masuk nominasi. pasti berkualitas semua dan jadi bisa jadi bahan tontonan selanjutnya

    ReplyDelete
  6. Tim pecinta film/serial lokal nih. Heheheh... katanya, film/serial lokal itu bosenin, padahal zaman sekarang udah bagus2 kok dan bisa nonton dirumah aja lewat flatform :)

    ReplyDelete
  7. sudah penyelenggaraan yang 36 aja nih festival Film Bandung, dan salut karena tetap konsisten penyelenggaraannya. Kalau saya jarang nonton, jadi ya siapapun diantara yang masuk jadi nominator, saya ucapkan selamat! Tinggal mereka yang terlibat yang deg deg an nunggu pengumumannya

    ReplyDelete
  8. Widiihh ngga berasa yaaaa ternyata Tahun 2023 ini merupakan Festival Film Bandung yang ke-36 😍
    udah panjaaanggg bgt perjalannyaaaa

    ReplyDelete
  9. Perjalanan panjang ya Festival Film Bandung ini udah di angka 36 saja. Banyak kisah dan cerita yang didapat pastinya selama itu. Yang jadi nominator pastinya keren dan berkualitas...

    ReplyDelete
  10. seru bangeeet kalau udah waktunya awardee di festival Film Bandung ini, dulu pas masih stay di Bandung belum kesampaian buat ikut atau join hihi

    ReplyDelete
  11. apa ya film Indonesia yang terakhir aku tonton, kalau gak salah Keluarga Cemara. Selebihnya aku belum nonton lagi, baik film bioskop atau series dibeberapa channel tv berbayar. Gak berasa ya ternyata Festival Film Bandung sudah yang ke 36.

    ReplyDelete
  12. Wah, banyak juga ya film Indonesia yang masuk evaluasi. Semoga kualitas film-film Indonesia memang makin baik, sehingga bisa lebih maju ke depannya. Btw udah lama juga ya perjalanan FFB :)

    ReplyDelete
  13. Kyknya di Bandung beberapa kali ada festival film sejenis ya mbak? Luar biasa konsisten ya. Apalagi buat event yang satu ini.
    Iya bener mbak film2 Indonesia makin ke sini makin keren. Apalagi yang lagi tayang 2023 ini. Kangen banget deh datang ke festival film kyk gini, udah lupa kapan terakhir kalinya, kyknya pas masih kerja zaman dulu hehe. TFS infonya.

    ReplyDelete
  14. Mantap banget ya, banyak film yang diseleksi dan hanya sisa 17 film yang jadi nomine di FFB ke 36. Jad penasaran sama pemenangnya sih. Pasti keren banget filmnya nih

    ReplyDelete
  15. Even Bergensi ini,,, siapa yang gak tahu Festival Film Bandung... semoga sampai nanti di Acaranya di October biar lebih plong sapa aja tampil jadi pemenang...

    ReplyDelete
  16. Aku jadi semakin suka nonton film Indonesia.
    Karena selain semakin kreatif juga semakin luas plot story line yang diceritakan. Plus ditambah lagi adanya platform yang diadaptasi dari banyak penulis cerita berbakat.

    ReplyDelete
  17. Iyaa sekarang nonton di platform banyak banget tapi buat beberapa film daku selalu nonton di bioskop karena sensasinya beda ya Teh.. penasaran dengan Petualangan Sherina 2 nihhh

    ReplyDelete
  18. Ajang keren ini Festival Film Bandung gak kalah sama yang bikinanan nasional, senang jadi tau progressnya tahun ini mba...

    ReplyDelete
  19. Auto cek sosmed Festival Film Bandung akutuuu, cek apakah film favoritku tahun ini masuk nominasi ..

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS