Tempat Healing Kekinian di The Lodge Maribaya & Fairy Garden Bandung

Wednesday, December 28, 2022

Makin sini Bandung makin nge-heits aja dengan berbagai tempat healing yang kekinian.

Sampai-sampai gue sendiri yang orang Bandung sering kewalahan dan malah gak tahu saking banyaknya tempat nongkrong baru di Bandung.

Tapi kalo tempat healing kekinian The Lodge Maribaya sih jelas tahu, apalagi sempat beredar beberapa spot foto viral di tempat tersebut yang bikin hasrat narsis gue jadi membuncah. Sayang sekali masih belum punya waktu terus buat mampir ke sana.

Makanya ketika akhirnya berkesempatan buat berkunjung ke The Lodge Maribaya, gue beneran gak mau rugi dan menjelajah tempat tersebut habis-habisan. Semua tempat didatengin dan semua wahana dinaikin walo rada takut, pokoknya diberani-beraniin aja deh hahaha.


The Lodge Maribaya terletak di ketinggian lebih dari 1000 mdpl dan berlokasi di tengah area hutan pinus. Jadi berbagai kegiatan outdoor bisa dilakukan sembari menghirup udara segar. Tempat yang cucok dikunjungi ketika kita lagi berasa jenuh dengan rutinitas sehari-hari dan butuh recharge sejenak.

Jadi bisa ngapain aja nih kalo berkunjung ke The Lodge Maribaya? Mau nginep bisaaa, mau sekadar berwisata, atau nongkrong menatap hutan pinus sembari ngopi juga bisaaa! Pokoknya lengkap bener deh!

Jadi sesungguhnya The Lodge Maribaya terbagi 2 area yaitu :

Area Resort : The Lodge Camp & Village

Area Wisata : The Lodge Woodland

Staycation Seru di The Lodge Camp & Village

Nginep di hotel tengah kota yang terdiri atas gedung bertingkat kadang berasa jenuh juga yah. Pengennya sih kembali ke alam alias escape to nature supaya bisa menghirup udara segar aroma pegunungan dan hutan pinus. Udah bosen dengan polusi dan berisik dengerin suara derum mobil dan knalpot di jalanan, pengennya dengerin kicau burung dan desir angin yang berembus aja deh.

Di The Lodge Camp & Village Maribaya kita bisa menginap di Fun Camp atau tenda permanen berbentuk bawang orange. Total tersedia 14 tenda lho, jadi bisa juga kalo mau beramai-ramai nginep serombongan di sana.


Walau kelihatannya cuma tenda biasa aja, tapi fasilitasnya lumayan lengkap lho. Kita udah dapet tempat tidur (termasuk bantal, selimut dan sleeping bag), peralatan mandi, kamar mandi dengan air panas, makan pagi, api unggun, coffee & tea. Tuh, udah gak perlu camping bawa ransel kepenuhan karena udah disediakan.

Atau kita juga bisa menginap di Rumah Pohon yang super estetik, dijamin bakal betah sih. Terdiri atas 2 lantai di mana lantai 1 berupa teras bersantai dan kamar mandi sedangkan lantai 2 berupa kamar tidur berkapasitas 3 orang dan balkon yang menghadap ke hutan pinus. Udah lengkap dengan kamar mandinya juga lho.


Kita juga bisa melakukan aktivitas trekking lho dengan fasilitas lengkap sepatu boot berikut guide yang mengarahkan kita sembari membawa alat P3K buat jaga-jaga aja. Jadwal trekking bisa setiap hari tapi harus booking terlebih dulu lho yah. Tersedia jalur Hutan Pinus The Lodge short dan long trekking. Short trek bisa untuk keluarga dengan anak kecil. Untuk long trek bisa mengambil jalur ke Curug Cibodas dengan perjalanan pulang pergi 4 jam menggunakan mobil pick up.


Tapi waktu itu gue ngambil yang short trek aja udah ngos-ngosan banget sih, padahal sempat berhenti beberapa kali buat beristirahat haha. Saran gue sih pastikan kondisi elo lagi fit sebelum mengikuti trekking yah dan harus kudu banget pake sepatu boot yang telah disediakan demi keamanan karena jalur trek lumayan berliku. Apalagi saat itu kebeneran sehari sebelumnya habis hujan deras, jadi jalur trek lumayan licin dan berlumpur.

Menikmati Berbagai Wahana di The Lodge Woodland

Di area The Lodge Woodland tersedia beragam spot foto yang berlatar deretan hutan pinus. Berbagai wahana permainan dan aktivitas yang menantang adrenalin juga bisa kita lakukan. Pokoknya cucok banget dikunjungi baik untuk liburan bersama keluarga tercinta, outing perusahaan atau kegiatan komunitas.

Gue beneran betah banget deh berkeliaran di The Lodge Woodland walo lelah harus naik turun di area yang terjal berliku, tapi berasanya sih puas banget.


Square Frame

Area wajib foto ketika tiba di The Lodge Maribaya tentu saja adalah Square Frame sih. Pemandangan langit dan hutan pinus yang terbentang luas emang kece banget sih. Pokoknya dekat pintu masuk langsung ketemu area foto ini. Tapi harus lumayan ngantri yah bok, jadi harus sabar dan ya udah foto rombongan aja deh akhirnya barengan sama temen blogger.


Sky Tree

Merupakan wahana pelopor, Sky Tree adalah salah satu spot foto yang berhasil membuat tempat ini menjadi viral. Menaiki platform yang terpasang kokoh di pohon, kita bisa menikmati pemandangan indah khas pegunungan hutan pinus. Walau terlihat rada serem, tapi tenang aja kita pake sabuk pengaman kok, jadi InsyaAllah aman yah.


Zip Bike

Nah untuk wahana Zip Bike atau sepeda gantung ini sesungguhnya gue terlalu cemen buat nyoba sih, karena walo pake helm dan sabuk pengaman tapi ternyata lumayan goyang ketika terkena angin, jadi jiwa ciutku meronta haha.

Sky Plane

Wahana ini seru banget karena kita serasa terbang di udara menaiki kapal sambil diterpa angin yang berembus manja dari hutan pinus. Walo gue berasa rada serem dan sempet teriak-teriak ketika kapalnya didorong, tapi ternyata seru banget dan bersyukur karena memberanikan diri untuk naik wahana ini.


Valley Swing

Mainan ayunan di atas ketinggian dengan pemandangan hutan pinus ini beneran wajib-wajib banget untuk dinaikin sih. Walau terlihat seram, dan kenyataannya emang rada serem sedikit tapi asalkan jangan ngelihat ke bawah sih sepertinya bakal aman-aman aja hahaha

The Lodge Hot Air Balloon

Satu lagi wahana yang wajib dijajal kalo berkunjung ke The Lodge Maribaya adalah The Lodge Hot Air Balloon. Dengan tagline A New Cappadocia experience at the Pine Forest adalah wahana terbaru yang kece banget, gak usah jauh-jauh ke Turki buat naik balon udara nih gais.

Kita bisa menaiki wahana ini yang bergerak maju sekitar 30 meter dengan dikelilingi balon-balon terbang ala Cappadocia di Turki. Pokoknya it’s my dream mas!


Tempat Nongkrong Seru di The Lodge Maribaya

Kalo sudah lelah berpetualang dan menaiki berbagai wahana, kita bisa istirahat sejenak dan menyantap hidangan khas sunda di Omah Bamboo. Bisa juga ngopi cantik bahkan Moonlight dinner di The Pines Café. Lengkap banget deh pokoknya.

Berikut ini gue kasih beberapa tips yang bisa dilakukan supaya kunjungan lo ke The Lodge Maribaya bisa damai dan tentram :

1. Walau udah berasa pake baju tebal, tetap harus bawa jaket karena anginnya lumayan kencang. Sebaiknya jaket yang ada hoodie karena suka tiba-tiba gerimis atau hujan. 

2. Berhubung areanya outdoor, cuaca kadang suka sulit ditebak. Pihak The Lodge biasanya sih menyediakan payung, tapi bakal lebih nyaman kalo elo juga bawa payung sendiri dari rumah. Emang ribet sih, tapi daripada basah kuyup kan yah.

3. Sebaiknya memakai baju dan sepatu yang nyaman yah. No heels please, bahaya banget. Area tersebut banyak banget tangga dan berbukit gitu, pokoknya gak rata. Demi keamanan sebaiknya pake sneakers atau boots aja. Kalo dipoto juga masih tetep keren kok.

4. Sebaiknya datang dari pagi hari aja, supaya punya waktu untuk mengunjungi semua wahana yang tersedia, jadi gak rugi gitu hehe

5. Jangan lupa bawa obat-obatan yah terutama minyak angin atau minyak kayu putih, terutama kalo bawa anak kecil. Seriusan anginnya gede banget waktu gue ke sana.


Fairy Garden Menyala – Where the Magic Begins

Masih deket banget dengan kawasan The Lodge Maribaya, bisa sekalian mampir juga ke Fairy Garden untuk menikmati suasana magical ala-ala dunia peri lho. Gak hanya anak-anak aja sih yang suka, gue yang udah dewasa aja betah banget main-main di Fairy Garden yang penuh imajinasi ini.


Apalagi kalo elo berkunjung di malam hari, bakalan seru banget karena bisa menyaksikan pertunjukan wisata malam Bandung dengan video mapping dengan kastil pertama di Indonesia. Pertunjukan yang dihadirkan berada di dua area yaitu Kastil Rona Flora (KARA) yang berada di lantai 2 kastil berupa art installation.

Untuk area luar terdapat Kastil Menyala (KALA) yaitu video mapping dengan background kastil tampak luar dan pertunjukan peri. Kita juga bisa menari bersama para peri lho. Seru banget lah pokoknya.


Banyak banget fasilitas yang bisa dinikmati oleh seluruh keluarga di Fairy Garden lho. Sebaiknya sih sediakan waktu luang supaya bisa seharian dan mengeksplorasi setiap sudutnya, biar gak rugi dong.


Area Kastil

Di lantai satu terdapat restoran Raya Kitchen, jadi kalo haus atau lapar bisa melipir dulu aja buat sekalian beristirahat. Tersedia juga penyewaan kostum untuk anak dan dewasa. Jadi bisa sekalian cosplay tuh, bisa jalan-jalan di Fairy Garden pake baju princess biar makin menghayati hehe. Tersedia juga kostum gipsy, magic mirror dan sayap peri.


Lantai 2 KARA : Art Installation

Naik ke lantai atas, jadi makin seru. Kita bisa nyobain face dan hand painting yang mana gambarnya bisa menyala dalam gelap. Waktu itu sih gue digambarin berbagai tema bunga dan tanaman dan jadinya unyu banget. Gak usah khawatir juga karena gambarnya mudah dihapus kok, tinggal dicuci sama air juga langsung hilang.


Di lantai tersebut juga tersedia banyak spot untuk foto dan ada taman bunga di balkoni. Sayang banget saat itu lagi hujan deras jadi gue gak sempat mampir ke balkon deh.

Plaza Dalam (Taman Bunga)

Menurut gue area Plaza Dalam yang paling menarik sih, betah banget lah gue nongkrong di sana. 

Terdapat area taman bunga yang indah banget dan bikin elo pengen merenung sejenak dan melupakan beban hidup. Di dalam area juga banyak wahana permainan seperti carrousel, mini train, scooter, berkuda dan feeding rabbit. Area Gipsy Village juga kece banget buat dijadikan spot foto untuk dipajang di instagram lho. Kita juga bisa menyaksikan show reguler para peri di area ini.


Woodland

Di area ini wahananya jauh lebih lengkap, terdapat ATV mini, trampoline, archery, fun bike, feeding bird dan menangkap ikan. Terdapat juga Kids Corner, ayunan dan perosotan untuk anak. Lengkap dengan mushala dan joglo juga buat istirahat dan nongkrong.

Pokoknya dijamin seru dan betah deh berwisata di Fairy Garden barengan keluarga tercinta atau para bestie.

Ulang Tahun Komunitas Blogger Bandung

Sebenernya yang bikin lebih seru adalah karena gue berkesempatan untuk main ke tempat wisata tersebut barengan dengan sahabat blogger dalam rangka merayakan ulang tahun Komunitas Blogger Bandung yang ke-9. Yeay, selamat ulang tahun semoga makin sukses dan kompak yaah!

Seneng banget akhirnya bisa ketemuan dan silaturahmi lagi gak hanya sahabat blogger dari Bandung aja, tapi ada juga yang dari Jakarta, Garut dan Purwakarta. Pokoknya puas main dan curhat seputar per-konten-an lah.

Apalagi ulang tahun Komunitas Blogger Bandung dirayakan sembari ngemil Siliwangi Bolu Kukus yang super endeus dan kompakan pake kaos blogger dari kaos Gurita, makin manteb aja sih.


Setelah terpisah sekian lama dan susah buat kumpul bareng gara-gara pandemi, berasanya segar dan semangat banget ketika akhirnya ada event seru yang bisa mempersatukan kita kembali. Mudah-mudahan bisa menjadi suntikan semangat buat kita semua untuk ngeblog terus dan lebih kreatif dalam membuat berbagai konten.

Bener-bener kenangan tak terlupakan deh, pengen lagiiii! 



26 comments:

  1. seru pisan ya teeh, tempat favorit pisan ini mah buat refreshing cancik hihihi, bakalan kangen banget momment momment kaya gini ih aku mah hihi

    ReplyDelete
  2. terakhir kali kesini semenjak sebelum pandemi. ternyata banyak sekali wahana yang berubah yaa kak. next mau aku coba lagi kesitu

    ReplyDelete
  3. Waaah serunya bersenang-senang bareng teman-teman blogger di The Lodge Maribaya dan Fairy Garden. Saya tuh gara-gara lihat postingan2 blogger Bandung, penasaran sama 2 tempat ini. Pengen ke sana suatu saat nanti ... moga kesampaian.

    ReplyDelete
  4. Selamat ulang tahun, Blogger Bandung. Asik banget bisa kumpul-kumpul begini. Saya kalau ke tempat dingin begini udah pasti bawa jaket, deh. Termasuk minyak angin pun pasti dibawa hahaha.

    Dari dulu pengen banget cobain Zip Bike. Tapi, gak pernah kesampaian. Kayaknya harus ke Lodge Maribaya. Semoga aja masih ada keberanian buat nyoba :D

    ReplyDelete
  5. Aakkkk mantab betuullll
    Para Blogger Bandung niscaya hepii ya
    Bisa seseruan d wahana kek gini

    Akkkk semoga thn dpn ada rezeki kami bisa k sana sekeluargaaaa

    ReplyDelete
  6. Seru bangeeeet. Berasa diajak oleh Ery jalan-jalan menikmati wisata The Lodge Maribaya dan Fairy Garden. Suasana dan pemandangannya serba asri dan segar. Happy bener liatnya. Dulu udah pernah ke Maribaya, main beberapa wahana aja, dan foto-foto. Kalau ga salah sehabis nginep di Trizara Lembang. Moga nanti kalau ke Bandung lagi, bisa ke Fairy Garden nya. Belum pernah ke sana soalnya.

    ReplyDelete
  7. aah, dulu pernah ke Maribaya, tapi ke pemandiannya air panasnya, beda tempat sama the lodge Maribaya ini sih, hehehe. Jadi penasaran pengen juga nginep di rumah pohonnya deh, ajakin suami ah, ihihi

    ReplyDelete
  8. Mbaaak aku mau dong di ajak ke sini. Tidur di tenda yang bentuknya kayak bawang, atau di rumah pohonnya juga boleh deh. Terus paginya menjelajah hutan pinus, cobain berbagai wahana di Lodge Woodland.

    ReplyDelete
  9. Biiiiiajak aku main kesini donggg,pingin banget naik itu semua..ngeri ngeri sedap ya ahahaha, tapi mupeng banget. Btw, bolu Siliwangi udah ada di dekat rumah lo...aku sering beli buat oleh oleh

    ReplyDelete
  10. wah ini tempatnya bagus banget ya, mbak. penasaran saya sama rate menginap dan biaya masuknya di lodge maribaya ini

    ReplyDelete
  11. Aduh asik banget ini bisa healing sama teman-teman di Lodge Maribaya, kemarin diajakin ikutan padahal tapi sayang belum jodoh. melihat tempat dan keseruannya jadi ingin mengagendakan sendiri untuk main ke sana.

    ReplyDelete
  12. Wah emang seru ya bisa liburan ke Lodge Woodland ini
    Susana alamnya segar, banyak wahana asik pula

    ReplyDelete
  13. Seru banget ya teh, duh jadi ingin mengulangi momen ini lagi. Seru - seru an bareng blogger, menyenangkan sekali.

    ReplyDelete
  14. Sejak dibuka dan heits aku belum ernah nih mbak ke Lodge Maribaya. Pengen jg foto wajib naik2 apa itu di ketinggian hehe.
    Sekarang udah ada Fairy Garden-nya juga ya. Emang inovasinya banyak utk menyajikan tempat rekreasi utk keluarga ya :D
    Seru banget tu nginep di rumah pohon :D

    ReplyDelete
  15. ini nih wacana aku sama pak suami dari jaman sebelum pandemi sampai sekarang belum juga terealisasi, memang sebagus itu lho mba The Lodge Maribaya karena ada Fairy Garden yang cantik

    ReplyDelete
  16. take me here hehehe.. next time ke Bandung mau aaah mampir ke sini. Aku rasa anak - anak pasti happy banget mampir ke sini

    ReplyDelete
  17. Ya ampun seru banget sihh ultah Blogger Bandung bisa piknik ke Maribaya, ngga hanya resort dengan pemandangan indah tapi juga banyak permainan yang bisa dicoba ya kayak pesawat dan balon udara

    ReplyDelete
  18. Dari sebelum pandemi udah dipamerin foto sama adik ipar, sayang belum ada kesempatan. Cakep cakep fotonya, pemandangan nya juwarak banget, asik kali ya camping bareng teman-teman seperti ini. Selamat Ulang Tahun Blogger Bandung, makin kece semuanya

    ReplyDelete
  19. Asyik banget main di The Lodge Maribaya & Fairy Garden. Pengen main ayunan atau apa pun yang di ketinggian, tapi agak takut-takut ya. Padahal pemandangannya cakep banget

    ReplyDelete
  20. The Lodge Maribaya kepingin banget datang lagi kemarin cuma sebentar wxplire ya itupun gk naik apa2 cuma ke sky three aja... Next mau ajak keluarga mumpung liburan

    ReplyDelete
  21. Bagus banget Mbk tempat healingnya, pemandangannya juga indah banget, seru bisa ke sini aku jadi pengen deh, bareng tempat seru ya!

    ReplyDelete
  22. Aku tuh mau ke sini sejak tahun lalu eh hamil. Makanya diurungkan. Lihat postingan ini makin pengen kesana tapi mikir bayinya bakalan ditaruh di mana haha

    ReplyDelete
  23. ikutan happy baca cerita jalan-jalan Teh Erry di The Lodge Maribaya. Semriwing gimana gitu lihat naik ayunan, pesawat walau udah ada tali pengaman tapi tetep kan yaa di bawah itu bolong, hahaha ...
    eh yang tenda oranye itu kamar mandi dalam? kelihatan kecil loh dari luar, ku pikir buat tidur aja.

    ReplyDelete
  24. Kalau ke Bandung selalu kota blm pernah kesini. Boleh ini msk bucketlist kalau ke sana

    ReplyDelete
  25. Berbagai wahananya sungguh OKE ini. Saya jadi ingin banget ke sana :)

    ReplyDelete
  26. ya Allah teh, tempatnya kok cakep banget. Bandung nih banyak banget ya tempat wisata yang alamnya cakep2 kayak gini. jadi pengen main ke Bandung lagi

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS