JNE Jalin Kolaborasi UMKM di Cilegon

Wednesday, May 25, 2022

Lebaran baru saja usai, tapi hawa liburannya kok masih aja melekat.

Setelah dua tahun lebih dilanda pandemi dan terisolasi gak bisa bersilaturahmi bersama keluarga besar, akhirnya tahun ini kita bisa sedikit bernapas lega. Seneng banget karena pemerintah mulai melonggarkan aturan yang memungkinkan kita untuk bisa lebih leluasa dalam bepergian.

Arus mudik sudah mulai macet lagi, tempat wisata mulai penuh, status di media sosial pun sudah mulai diramaikan dengan hangatnya silaturahmi barengan keluarga besar. Walau gak ikutan mudik karena emang kampungnya di Bandung, tapi gue sih tetep seneng aja lihatnya! Jadi ikutan bahagia aja gitu.

Satu hal lagi yang bikin gue makin bersemangat adalah, sepertinya roda ekonomi udah mulai berputar kembali nih. Selama liburan kemaren, mall udah mulai rame dan tempat makan pun penuh semuanya. Bahkan gue yang udah ada rencana buat staycation di hotel nih, ternyata hotel penuh terus dan terpaksa harus reschedulle deh haha. 

Berhubung di bulan Mei dan Juni ada beberapa tanggal merah alias tanggal kejepit, ternyata hotel-hotel di Bandung pun udah mulai menggeliat kembali nih!

Menjangkau Pasar via Digital

Pasar yang luas saat ini udah bisa dijangkau via digital. Kebayang sih zaman dulu kalo mau jualan, harus ribet sewa tempat dulu dan iklan sana-sini. Udah mah biaya maintenance lumayan besar, belum tentu ketutup pulak.

Saat ini para pelaku UMKM cukup menginvestasikan waktu dan uangnya untuk membuat konten berfaedah via digital aja sih. Biaya operasional jelas lebih murah dong yah. Syukur-syukur kalo bisa langsung viral. Tinggal belajar aja gimana caranya membuat katalog, promo dan campaign menarik via media sosial yang bisa terhubung langsung dengan audiens.

Selain itu, transaksi pun bisa terjadi secara real-time. Pastinya jadi lebih nyaman karena walo secara fisik kita lagi rebahan, asal ada gadget dan internet lancar jualan bisa jalan terus nih. Gak ada lagi tuh istilah jaga warung dan harus stand by di toko.

Saatnya UMKM Berkolaborasi

Kebangkitan UMKM sebagai ujung tombak roda ekonomi memang harus melibatkan kolaborasi dari semua pihak. Susah kalo mau maju sendiri. Di saat seperti ini sebaiknya lupakan kompetisi dan segera mulai untuk berkolaborasi.

Selain berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan, kolaborasi juga menjadi satu bagian penting yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha demi menjaga eksistensinya.

Seperti yang kita ketahui, pandemi telah memaksa para pelaku UMKM untuk masuk ke ranah digital. Sudah saatnya bagi UMKM untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak, menembus marketplace, membuat konten berfaedah dan eksis di media sosial.

Demi memperluas jaringan pemasaran dan merambah ke berbagai wilayah baru. Zaman sekarang jualan tuh gak bisa sekadar jualan aja, tapi emang harus pake strategi digital.

Pentingnya Berkolaborasi Bagi Pelaku UMKM

Selain strategi digital, kolaborasi bisnis saat ini juga dibutuhkan lho dalam mengembangkan usaha. Namun tentu saja, tetap membutuhkan partner yang tepat dan sejalan. Dalam berkolaborasi, gak hanya membutuhkan koordinasi atau komunikasi aja, namun harus menetapkan tujuan, rencana bisnis, model bisnis secara mendetail. Harus satu frekwensi dong yah.

Berbagai macam jenis kolaborasi bisa dijalankan oleh UMKM. Misalnya co-marketing dan co-branding untuk meningkatkan kekuatan merek yang bisa mempengaruhi pemasaran dan semoga sih penjualan juga meningkat.

Bisa juga mencoba sistem kolaborasi co-producing antara perusahaan yang memiliki ide kreatif dan perusahaan yang memiliki sumber daya produksi. Kan banyak tuh UMKM yang memiliki produk bagus, tapi kurang paham gimana cara memasarkannya kepada audiens yang tepat. Nah, tinggal cari partner buat kolaborasi deh tuh.

Kolaborasi dengan sistem co-distributing cucok buat UMKM kecil di daerah kecil yang belum memiliki banyak jalur distribusi. Bisa mencari partner yang tepat untuk berkolaborasi nih supaya usahanya bisa lebih maju dan menjangkau area yang lebih luas.

Untuk kolaborasi co-funding bisa dilakukan bagi pelaku UMKM yang membutuhkan tambahan modal bagi perusahaan yang baru berdiri dan ingin mulai berkembang. Bisa berkolaborasi dengan cara penggabungan saham atau mencari penyandang dana yang tepat dan memahami jenis usahanya.

Tuh kan, ternyata kolaborasi itu seru banget! Tinggal mencari jenis kolaborasi yang paling tepat aja deh dengan kebutuhannya!

JNE Jalin Kolaborasi Bersama UMKM Cilegon

Ketika pandemi melanda, JNE merupakan salah satu brand yang rajin banget memberikan pelatihan digital bagi para pelaku UMKM. Sesuai dengan tagline JNE yaitu Connecting Happiness, berbagai program penuh manfaat yang dijalankan oleh JNE tentunya sangat membantu UMKM.

Kolaborasi sebagai momentum perubahan juga mulai dilaksanakan oleh JNE sebagai jasa ekspedisi terpercaya. Di Cilegon JNE Ekspress menggelar acara JNE Ngajak Online 2022 dengan tema Goll...Aborasi Bisnis Online Kota Cirebon.

Acara tersebut  menghadirkan dua pelaku UMKM, yaitu Farah Kartika Sari selaku Owner IKM Permata (sandal Hotel Cilegon) dan Linda Yuli Yani selaku Owner ELYECRAFT yang bercerita panjang lebar tentang berbagai kesulitan yang dialami di masa pandemi. Angka penjualan produk sempat mengalami penurunan drastis akibat daya beli yang anjlok.

Menurut Farah Kartika Sari, “ Adanya pandemi ini menghambat produksi kita, sehingga adanya covid-19 membuat kita menjadi lebih putar otak bagaimana caranya supaya UMKM kita tetap berjalan. Melalui social media, e-commerce dan ekspedisi seperti JNE, kami sebagai UMKM manfaatkan sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis. Selain itu, kita juga berkolaborasi sehingga usaha kita di masa pandemi krisis menjadi stabil kembali”.

Linda Yuli mengungkapkan bahwa media sosial berperan penting dalam kesuksesan UMKM, “Hampir semua bisnis dari mikro dan makro terkena dampak pandemi. Dulu sehari kita kita bisa mendapatkan order 40-80 paket. Saat pandemi produk kami hanya terjual 4 paket”.

Tips dari para pelaku UMKM yang berhasil bertahan dalam menghadapi pandemi adalah berani berkolaborasi dan jangan malas dalam membuat konten. UMKM juga harus memiliki diferensiasi dan produknya original. Kompetitor juga jangan dianggap lawan, tapi jadikan sebagai motivasi. Seru banget nih acara yang digelar oleh JNE!

JNE Cilegon juga kerap melakukan program CSR seperti pembangunan rumah, memberikan bantuan saat bencana bahkan yayasan asrama. Menurut Herry Herbowo, selaku Branch Manager JNE Cilegon, ”Ada kegiatan yang akan kita lakukan setelah Goll..Aborasi, yaitu trading house, digital marketing, serta hal lain yang akan berkolaborasi dengan para seller. Tentu kita akan selalu berinovasi dan melihat potensi yang ada”.

JNE Goll…Aborasi Bisnis Online Kota Cilegon merupakan kota ke-sembilan dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Gol..Aborasi Bisnis Online yang rencananya akan dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Wow, seru sekali nih! Mudah-mudahan gelaran keren ini nanti bakal mampir juga di kota elo yah. Cus mendingan kepo-in aja timeline-nya JNE biar bisa tahu jadwalnya nih!

13 comments:

  1. Saat mudik lebaran silam aku juga happy, sepanjang rute ke kampung halaman, Kediri dan kota sekitar perekonomian sudah makin pulih. UMKM pun menggeliat sudah tambah sehat. Alhamdulillah. Tentu dukungan banyak pihak ini. Di antaranya kiprah JNE dengan acara kolaborasi yang dihelat di 60 kota ini

    ReplyDelete
  2. 60 kota selanjutnya eh udah diambil 9 deh ya. Pokoknya limapuluh sekian kota selanjutnya semoga ada Cianjur dong...
    Tapi kayanya gak mungkin deh. Paling ya loncat ke Sukabumi Bandung atau Bogor langsung

    ReplyDelete
  3. Aku sayang banget sama JNE. Mereka support banget UMKM daerah.
    Dari jaman sebelum pandemi, JNE sudah aktif mendukung UMKM, pas pandemi mereka tetap edukasi. Semoga segera untuk kota kota lainnya, biar kita bangkit bersama :')

    ReplyDelete
  4. Seneng banget pas lebaran kemarin hotel udah mulai ramai, tempat wisata juga.
    Tempat makan mulai banyak pengunjung. Semoga sikon seperti ini terus membaik, ngga usah ada virus turunan dan jilid lainnya.
    Pemanfaatan sosial media yang optimal ini sekarang jadi marketing yang efektif. Sekali viral aja yang antri banyakk.
    Seperti rujak 50 ribuan di deket rumah saya yang viral. Antrian mobilnya bikin macet jalanan perumahan.
    Syukurlah JNE mau fokus bantu optimalisasi pemasaran digital

    ReplyDelete
  5. Banyak gaya hidup baru yang kita pelajari dan adaptasi saat pademi.
    Dan kini, pandemi sudah mereda, saatnya kembali berinteraksi. Salah satunya melakukan kolaborasi positif untuk memajukan UMKM pasca pandemi.
    Semoga dengan Goll...Aborasi Bisnis Online Kota Cilegon, maka semakin banyak menginspirasi UMKM lain untuk tetap semangat dan bangkit bersama.

    ReplyDelete
  6. Apresiasi banget dengan apa yang dilakukan oleh JNE ini.
    Dengan adanya kolaborasi bersama UMKM di Cilegon, pasti akan meraih kesuksesan bersama ya teh

    ReplyDelete
  7. Bersyukur banget, setelah 2 tahun berlalu, ekonomi mulai menggeliat lagi. Kebayang betapa para pelaku usaha itu sangat struggled di masa pandemi, yaa... Dan bersyukur banget, ada perusahaan besar seperti JNE yang selalu mendukung para pemilik UMKM untuk terus berkembang. Bener-bener kolaborasi yang mantap.

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah peran JNE dalam membantu memasarkan produk lokal baguss👌

    Banyak yg terbantu krn JNE lhooo....
    Semoga makin jaya dan sukses JNE

    ReplyDelete
  9. Senang ya pasca pandemi ini kegiatan ekonomi udah mulai pulih, jalanan juga lebih ramai lagi sampai macet. Pertanda usaha juga mulai bangkit dan bertumbuh. Dan kolaborasi itu penting dilakukan bagi UMKM, terutama gabung dengan komunitas dan kerjasama dnegan jasa ekspedisi. Bahkan bisa juga ikut dengerin sharing seperti Ngobrol Bisnis yang diadakan oleh JNE, keren banget sih ini

    ReplyDelete
  10. UMKM ini termasuk income terbesar negara ya mba, jadi memang harusnya banya parties yang mau membantu memajukan. Salut nih buat JNE yang mau merangkul UMKM dan bisa maju bersama sama..

    ReplyDelete
  11. Dunia digital membuat kita bisa menembus jarak yaaa... Para pemilik UMKM sudah makin canggih nih dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan bisnisnya. Semoga mereka terus berjaya di masa mendatang.

    ReplyDelete
  12. Keren banget JNE ini. Kolaborasi dengan UMKM di berbagai daerah ya. Semoga mereka makin semangat mengembangkan usahanya dengan kerjasama JNE dan kita semua juga.

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah seneng deh kalau banyak yang bergerak untuk umkm. Siapa lagi kalau bukan kita ya, dari kita untuk kita.. keren nih jne

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS