Standup Comedy Show Zona Degradasi - Guzman Sige

Friday, June 3, 2022

Wah, seneng banget karena sekarang situasi mulai membaik dan udah bisa menonton Standup Comedy Show lagi nih!

Sudah dua tahun lebih gue gak berani nongol di keramaian dan udah kangen banget pengen nonton standup comedy secara langsung! Suka banget ama atmonsfer dan adrenalin yang mengalir ketika menonton langsung, beda ama nonton di youtube.

Malam minggu lalu, tepatnya hari Sabtu tanggal 28 Mei 2022 bertempat di Café Kalpa Tree di daerah Cimbuleuit, untuk pertama kalinya setelah dua tahun gue menghadiri Standup Comedy Show Zona Degradasi dari salah satu komika Bandung favorite gue yaitu Guzman Sige.

source pict : twiter @guzman_sige

Berhubung acara dimulai jam 19.00, gue pun udah nongkrong cantik di Kalpa Tree sejak jam 17.00. Sempat khawatir karena cuaca di Bandung lagi gak menentu. Tapi untunglah saat itu cuaca cerah dan gue lancar menuju ke tempat tujuan, walo tetep aja ada kejadian drama nyasar karena gue sempat salah belok *plak*.

Gue udah janjian ketemu sama si bestie Nchie buat nonton bareng. Sebelum nonton, kita pun makan malam terlebih dahulu supaya nanti ketawanya bisa lebih afdol ehehe.

isi perut dulu biar afdol nanti ketawanya

Guzman Sige – Komika Bandung dengan Materi Sunda yang Khas!

Ketika menonton standup tersebut gue pun berusaha mengingat-ingat kembali sejak kapan gue mengenal Guzman yah?

Sepertinya gue pertama kali tertarik ama kekocakan Guzman ketika dia menjadi host di Standup Show Fattitude Mo Sidik di Bandung. Gue teringat saat itu acaranya dipandu oleh dua orang, tapi mohon maaf banget gue gak bisa inget sama sekali siapa host yang satunya lagi karena Guzman terlalu kocak haha. Saat itu juga gue langsung stalking hashtag-nya dan langsung follow deh akun twiternya Guzman.

Kali berikutnya gue menonton lagi Guzman Sige sebagai opener Standup Show-nya Gilang Baskara yang bertajuk Not So Special, kebeneran waktu itu gue tulis ulasannya di blog tuh. Gue teringat saat itu ketawa ngakak banget dengerin semua materi Guzman dengan nada Sundanya yang khas.

Dalam hati gue pun bertanya-tanya kapan nih Guzman bikin show sendiri!

ternyata gue masih nyimpen foto ini di postingan lama gue

Sunda Spoken Standup Comedy Show

Ketika meneliti posternya, gue merasa rada unik dengan tagline yang tertulis yaitu : Sunda Spoken Standup Comedy Show. Nah lho ini maksudnya gimana yah? Apakah materinya seputar kesundaan aja? Atau emang bener-bener dibawakan pake bahasa Sunda nih? Cuma Guzman aja? Atau semua openernya juga?

Ketika udah dateng ke lokasi dan melihat banner yang terpampang di depan pintu masuk, gue langsung nyengir sih. Da meuni Sunda pisan atuh. Tong gandeng! Tong Comel!

tong gandeng ia kamu teh!

Nama judulnya sendiri udah menarik sih, Zona Degradasi. Kalo dari segi definisi sih degrade tuh artinya merendahkan yah. Tapi ternyata ada istilah lain dalam sepak bola yang artinya kurang lebih sih mindahin klub yang buruk ke divisi yang lebih rendah, jadi semacam turun level gitu lah yah.

Duh gue jadi makin penasaran dong, pengen tahu apa yang dimaksud dengan Zona Degradasi ala Guzman Sige.

Para Opener di Zona Degradasi

Akhirnya acara pun dimulai, dibuka oleh komika Mc Danny yang saat itu bertugas menjadi host. Wah, udah lama juga nih gak kelihatan sejak ada kasus hehe. Untuk mencairkan suasana, Mc Danny banyak berinteraksi dan mengajukan berbagai pertanyaan konyol kepada para penonton. Duh, untung aja gue gak duduk di barisan depan, takut ditanya macem-macem soalnya hahaha.

Para opener pun mulai muncul satu persatu untuk menyampaikan materi kocaknya yang ternyata beneran dibawakan pake bahasa Sunda dong! Keren pisan lah!

Menurut gue sih, membawakan materi standup comedy pake bahasa Sunda tuh merupakan langkah yang berani sekaligus penuh resiko. Karena tetep aja akan ada setitik kemungkinan segelintir penonton yang gak terlalu paham dengan berbagai istilah Sunda. Tapi kalo emang beneran paham, maka lucunya bakal terasa berjuta kali lipat lebih lucu sih karena dibawakan pake bahasa Sunda.

Dan gue mengacungkan jempol buat Guzman yang berani mengambil resiko tersebut.

source pict : Pikiran Rakyat

Opener pertama adalah Zam Zam yang ternyata lulusan pesantren. Pantesan aja materinya syariah semua hehe. Dia banyak melakukan act-out dengan menirukan berbagai suara. Sepertinya dia penyiar kali yah, karena suaranya emang bagus banget!

Opener berikutnya adalah Andis yang kalo gue gak salah denger sih berasal dari Rangkasbitung, Banten yah. Bahasa Sundanya khas pake aing-aing gitu, tapi opening bit-nya pecah banget sih. Menceritakan tentang keluarganya yang broken home. Duh sebenernya gak enak ngetawain perceraian orangtuanya, tapi gimana dong kan lucuuu haha. Dia juga banyak bercerita tentang kegetirannya sebagai anak band yang gagal hehe.

Opener terakhir adalah Adi Arkiang yang ternyata bukan orang Sunda, melainkan orang NTT. Tapi kagum banget karena bahasa Sundanya meuni bentes pisan, terutama bagian yang kasarnya haha. Walo tetep aja sih logat Sundanya kayak orang Batak gitu, semacam galak dan nyentak. Tapi keren pisan sih bukan orang Sunda kok berani bawain materi standup comedy pake bahasa Sunda.

Sepertinya Adi ini bestie-nya Guzman banget sih, karena dari materi Adi gue jadi bisa tahu banyak tentang keseharian Guzman bersama para circle koplaknya hehe.

Zona Degradasi Standup Comedy Show oleh Guzman Sige

Akhirnya Guzman tampil dan disambut dengan meriah oleh para penonton yang udah gak sabar pengen dengerin materinya! Yeay!

Ketika Guzman muncul, Nchie yang duduk di sebelah gue malah bisik-bisik komentarin outer-nya Guzman yang lucu dan pengen tahu beli di mana ceunah! Atuhlaaaah plis, kenapa salah fokus sih! Haha

Bener aja sih, gue ngakak parah dengerin semua materinya Guzman yang dibawakan pake bahasa Sunda. Kok bisa sih bitnya itu berasa menghujam dan nujes-nujes sampai ke relung hati terdalam! KZL!

Materi andalan Guzman emang nge-roasting daerah tempat tinggalnya sendiri yaitu Dayeuhkolot yang terletak di Bandung Coret, alias kabupaten. Gue jelas-jelas relate karena gue sendiri tinggal di daerah kabupaten, kalo mau pergi ke Bandung tuh berasa mau ke kota hehe *meuni sedih*

source pict : Pikiran Rakyat

Dengan cerdas ia juga mengklasifikasi berbagai jenis pengunjung yang biasa dateng ke Transmart, yang mana lagi-lagi gue berasa relate karena Kayla SMA-nya di Telkom dan lumayan sering nongkrong di Transmart hehe *eniwey, Kayla tahun ini udah lulus makanya gue berani nge-spill nama sekolah anak hehe*

Dengan jeli semua dikupas habis, salah satu materinya yaitu Dayeuhkolot yang konon dinobatkan menjadi kampung cyber. Gue sampai browsing beritanya lho, karena gue pikir cuma bisa-bisanya Guzman aja bikin materi, karena apa banget lah daerahnya aja masih banjir terus hahaha. Tapi ternyata iya lho beneran haha. Maapkan sudah suudzon!

Materi yang paling gue suka adalah teorinya Guzman mengenai fakta kalo ditambah asumsi maka bisa menjadi fitnah. Analoginya juga kocak banget sih, faktanya tukang bandros *atau pukis yah, gue lupa* gak jualan seminggu. Ketika ditambah asumsi ‘dia positif corona kali yah’ maka bakalan jadi fitnah. Nah lho!

Sesungguhnya hal seperti ini beneran seriiiiing banget kejadian di dunia nyata kan yah.  Mengajarkan kita untuk lebih cerdas dan jeli lagi dalam memilah mana hal yang fakta atau hanya sekadar asumsi. JLEB!

Masih banyak materi lain yang pecaaah dan bikin gue ngakak parah tapi tentu saja gak bisa gue bahas semua di sini dong yah. Pokoknya puas banget deh nonton Standup Comedy Show Zona Degradasi-nya Guzman Sige. Pulang-pulang ke rumah pun bawaannya masih senyum-senyum aja.

Selamat untuk Guzman Sige atas suksesnya Zona Degradasi, ditunggu show berikutnya yah! Viva La Komtung! 

35 comments:

  1. Seru banget, saya belum pernah nih nonton stand up secara live, kayaknya menarik banget ya, bikin ketawa mulu dan hati senang.
    Kalau nonton yang lucu-lucu kayak gini memang bikin kita senyum-senyum sendiri, meski udah pulang :D

    ReplyDelete
  2. Aku kalau nonton ini kayanya bakal roaming karena gak paham bahasa sunda. Namun ku dulu suka nonton komika, stand up. Rasanya lucu, tapi gak garing gitu deh

    ReplyDelete
  3. Wah, seru banget nonton komedi langsung. Jadi pingin rasain, soalnya belum pernah. Selama ini nonton standup comedy di televisi. Nonton di tv saja ngakaknya nggak tanggung2 apalagi kalau nontonlangaung ya.

    ReplyDelete
  4. Uhuui seru banget ini pastinya bisa nonton Stand up comedy secara live ya Kak. Apalagi bareng temen yang sama-sama kocak. hehehe.. Btw aku malah belum pernah loh nonton langsung kayak gini. Biasanya cuma nonton di tipi. Itupun jarang, soalnya kalah ama anak-anak. eh btw itu ada Kak Nchie juga ya.. aaah seru seru seru!!

    ReplyDelete
  5. Komika memang harus punya ciri khas agar selalu di ingat sama masyarakat

    ReplyDelete
  6. Kebayang ngakaknya kayak apa kalau dtg ke acara stand up 🤣🤣 btw asik bangeet dpt foto ramean gituuuu 😆

    Aku malah kayaknya dah lamaaaa bgt ga liat2 acara stand up, baik online maupun offline. Kangen jg sik

    ReplyDelete
  7. Mantap banget teh...
    Seru sih kalau stand up comedy nontonnya live dan bisa paham sama bahasa Sunda. Kan jadi berasa "Gue banget"

    Kalo Kang Guzman materinya ada nge-roasting gitu gak teh?

    ReplyDelete
  8. Hehe iya ya kalau ada yang gak paham bahasa Sunda bisa2 ketawa garing. Kalau nonton live gini emang beda ya vibes-nya, apalagi harapannya kan maunya penonton kelucuan para penampil makin meningkat mpe akhir? hehe #imho
    Btw td aku kira opener apaan, pembuka atau apa, ternyata sebutannya penampil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya bisa nonton lagi setelah sekian lama ya mbak. Pasti udah pada kangen tuh mendengarkan langsung lawakan mereka :D

      Delete
  9. mbaaaa asyk banget ini yang ber-stand up comedy..kebayang lucu pisan dan seruuu ya

    ReplyDelete
  10. Waah seruu banget pengen itu adaa setiap minggu gak kak? Insya Allah 2 minggu lagi mau ke Bandung kalau ada kan bisa mlipir nonton

    ReplyDelete
  11. Kebayang klo aku yg nonton di situ, auto plonga plongo engga paham maksudnya apa :)

    SOalnya, aku pernah ikutan kajian Ustadz Aam di Masjid Telkom BDG (kalo ga kliru, Gerlong ya? deket Daarut Tauhid)

    Nah, Ust Aam kan suka tuh celetukan pakai bhs Sunda Semua pd ketawa, aku yg hah heh hoh muluuu wkwkwkw


    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sealiran sama kak Nurul.
      Hihii..meski uda lama di Bandung, gak membuat aku pinter bahasa Sunda.
      Kalo orang ketawa, uda ngikut aja.. hehehe~

      Delete
  12. Seru banget ya bisa nonton standup commedy langsung. Karena kita bisa langsung nangkap bahasa tubuh, aura, dan mimik komediannya secara langsung. Kalau lewat Yotube pasti ada yang miss, karena gak semua bisa ditangkap camera. Tapi aku tuh belum pernah nonton stand up commedy secara langsung. Hahaha kurang piknik banget yak

    ReplyDelete
  13. menurut aku pribadi, stand up dengan bahasa Indonesia aja lucu ya, apalagi pakai bahasa Sunda, wah udah pasti pecah sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal paham aja sih bahasa daerahnya, pasti lucu. Yang penting lagi, apa yang mereka sampaikan bisa masuk ke kita. Biasanya kan gak cuma lucu-lucuan, tapi kritikan juga

      Delete
  14. Seru yaaa.... seger jadinya.... ketawa bersama...

    ReplyDelete
  15. Aku baca ini beberapa ngerti karena pakai Bahasa Sunda. Mungkin pas nonton Zona Degradasi Guzman Sige pun sama, enggak ketawa karena enggak paham bahasanya - kalau dia full Nyunda!
    Tapi salut benerr..dia berani ambil risiko dan menjadi beda sekaligus melestarikan budaya!Keren!

    ReplyDelete
  16. Aku belum pernah nonton stan up loive giniiii! Asli sih pasti petcaahh banget ya teh. Beda lah ya vibesnya ama di youtube. Tapi kalo nonton guzman, kira2 aku paham kaga ya? kan Sunda spoken wkwkwk

    ReplyDelete
  17. Ikut kagum dan mengacungkan jempol buat Guzman yang berani mengambil resiko membawakan materi standup pakai bahasa Sunda. Walau saya ga bakal ngerti apa-apa kalau ikut nonton :)) Tapi kebayang lucunya kalau paham ya. Bakal ngakak berjuta-juta juga kayaknya.

    ReplyDelete
  18. Wah, sepertinya kalau kita nonton stand up comedy secara langsung di depan mata live gitu, aura dan suasananya lebih mantap ya. Lucu dan serunya lebih buanyaak dibandingin dengan nonton di tivi hihihi :) Ternyata yang lulusan pesantren aja mampu menyihir penonton dengan gelak tawanya, materi syariah kereen :D

    ReplyDelete
  19. Dennise SihombingJune 8, 2022 at 3:20 PM

    Sabtu lalu aku dan teman-teman SMP mengadakan rafthing ke Bandung. Sepanjang jalan teman-teman banyak yang ngocol buat perut berguncang saking lucunya. Membayangkan bagaimana saat aku juga menyaksikan aksi lucuuuu...seorang Guzman Sige Standup Comedy. Lihat wajahnya saja udah ketawa apalagi kalau ngocol, hiks happy ya kak bisa tertawa

    ReplyDelete
  20. Kebayang monton stand up comedy secara live pasti seru banget ya. Aku belum pernah nih pasti jd.pengalaman baru yg menyenamgkan buatku. Materinya guzman aku blm pernah denger si mbak tp kayanya patut dicontoh sama yv lain sambil melucu sambil meleatarikan bahasa daerah ya

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah skr udah bisa keluar lagi gak terlalu was-was ya.
    Keluar langsung cari hiburan nonton stand up comedy. Duh aku kudet gak kenal Guzman hehehe. Nonton stand p comedy juga ikutan aja pas anak-anak nonton di rumah, seru juga kali ya kalo nonton langsung gitu

    ReplyDelete
  22. Seru banget sih bisa nonton life stand up comedy segara langsung. Aku jadi ingat sekitar tahun 2003 an di Jogja sering ada pentas kayak gini. Tapi kelompok, bukan stand up sendirian.

    ReplyDelete
  23. Aku sukanya sama stand up comedy ini adalah isinya yang cerdas dan penyampaiannya yang juga cerdas. Humor cerdas yang harus dikembangkan nih. Gak cuman lucu, tapi juga mendidik. Welcome back.

    ReplyDelete
  24. Para penampil stand up comedy itu rata-rata cerdas yaaa.. soalnya dia harus menggali informasi dan fakta, trus dibikin materi stand up. Tuh kan soal Dayeuhkolot yang jadi kampung cyber aja dia tau looohh...

    ReplyDelete
  25. Di Kendal ada komunitas Stand up mba. Dulu tiap malam. Mingguanggung dan aku selalu nonton. Sayangnya sekarang udah jarang duh kangen lagi deh jadinya rindu nonton live stand up yang bikin ngakak bareng ini

    ReplyDelete
  26. Guzman juara Stand Up Comedy di mana? Kayaknya gue belum pernah lihat penampilan stand up dia, di televisi terutama. Emang ya buat materi stand up itu butuh riset dan relate sama kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  27. Dulu sebelum pansemi, saya dan suami sering nonton juga acara stand up komedi secara live
    Di Surabaya biasanya digelar setiap malam minggu

    ReplyDelete
  28. Sejak content komika berseliweran di youtube aku jadi tertarik nonton mereka secara live, kayanya seru yah.

    ReplyDelete
  29. Teteeeh, terima kasih banyak udah selalu support. Seneng banget baca reviewnyaaaa. Sehat-sehat terus ya teh 🙏

    ReplyDelete
  30. Daku jarang banget nonton penampilan komika, hanyaa beneran kagum mereka bisa merancang joke terus membawakannya di panggung itu hebat banget, aku nulis komedi jadi buku aja rasanya susah

    ReplyDelete
  31. Edukasi lewat stand up, boleh juga yaa. Sepertinya juga lebih seru, enggak kaku bangetttt. Jadi pingin ke Kampung Cyber, Bii. Xixixixi

    ReplyDelete
  32. wah...liat stand up kalo gak di youtube ya di tv...gak pernah langsung..pasti lebih seru lah ..apalagi bisa foto2

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS