Karakter di Drama Korea yang Suami-able

Sunday, February 6, 2022

Semakin sini standard & kualitas para karakter cowok di drama Korea menjadi semakin meningkat dan bikin hati kretek-kretek!

karakter di drama korea yang suami-able

Pada awal kemunculannya di sekitar tahun 2000-an para karakter cowok ini memiliki karakter khas yang rada klise yaitu bergelimang harta, mudah tantrum dan tsundere, alias luarnya arogan tapi dalemnya soft kayak permen yupi.

Sehingga pada saat itu pasangan mereka yaitu para lead female pun otomatis diciptakan untuk mengimbangi karakter mereka. Biasanya karakter template mereka adalah cewek jelata yang cerah ceria menghadapi badai kehidupan dan mencintai para cowok tersebut dengan penuh ketulusan.

Ikon male lead dari Boys Before Flowers & Full House

Jadi formula plot Kdrama zaman dulu tuh biasanya si cewek berusaha ‘memperbaiki’ si cowok yang rusak di istananya yang megah sedangkan si cowok ‘menyelamatkan’ si cewek yang jatuh dan terpuruk di hidupnya yang penuh kemelaratan. Yah, kasarnya sih kurang lebih begitu lah yah.

Namun saat ini trend sudah berubah!

Gue sih kagum dan ingin menjura sedalam-dalamnya kepada para writer-nim yang peka dengan perubahan zaman sehingga mulai menciptakan karakter-karakter yang lebih relate-able, humble dan tentu saja terasanya lebih nyata! (WALAU TETAP TAK TERGAPAI SIH)

Para karakter cowok saat ini sudah tidak lagi digambarkan sebagai lelaki kuat, mapan, serba bisa bagaikan solusi dari semua persoalan di semesta raya ini. Namun mereka hanyalah lelaki biasa lengkap dengan segala keresahan dan kelemahannya. Ketika mereka berani menunjukkan sisi rapuh, justru malahan jadi bikin charming sih! 

Karakter cewek di Kdrama pun saat ini sudah mulai lebih setrong dan independen. Beberapa karakter bahkan terlihat savage dan bener-bener tahu apa yang mereka inginkan dan gimana cara mewujudkannya. Yes, you go gurls!

Jadi berikut ini gue bakal membedah beberapa karakter cowok di drama Korea yang suami-able yah alias husband material banget ya Allah!

Choi Ung di Our Beloved Summer

Buat gue karakter Choi Ung di drama ini tuh super-duper unik karena gak kayak karakter first lead male pada umumnya. Ia sangat santuy & selaw menghadapi ganasnya kehidupan. Semua permasalahan cuma ditanggepin dengan : ya udah lah yah mau gimana lagi! Kemudian dia malah tidur dan ngarep masalahnya bakal beres sendiri besokannya. Pokoknya kalo bisa di-bodoamat-in, yah ngapain kudu dipikirin sampai ribet sih.

cowok santuy & selaw

Ia gak punya motivasi hidup dan gak ada jiwa kompetitipnya sama sekali. Pedoman hidupnya adalah hanya ingin rebahan dan menjalani hidup yang tenang tanpa harus ngapa-ngapain. SUNGGUH CALON SAMPAH MASYARAKAT!

Sampai akhirnya ia ketemu dan pacaran dengan Yeon-su, si cewek peringkat satu yang penuh ambisi.

jadi gak usah terlalu ngotot, tapi jangan terlalu santuy juga sik

Setelah sempet pacaran dan putus nyambung beberapa kali, akhirnya prinsip hidup Choi Ung berubah. Cinta Yeonsu bikin dia jadi termotivasi. Dengan gagah berani Ung ninggalin zona nyaman dalam hidupnya demi bisa jadi pasangan yang pantes buat Yeonsu.

Prinsip hidup Ung sekarang mah : Yeonsu dulu, Yeonsu lagi, Yeonsu terus. Pokoknya Yeonsu till jannah yah!

Jung Ji Hyun di Happiness

Berhubung gue aslinya tuh cemen banget, sebenernya drama Happiness bukan genre favorite gue. Namun ketika mulai nonton gue berasanya tersihir aja gitu gak bisa berhenti. Jadi penasaran ama sifat dasar manusia untuk bisa bertahan hidup kalo lagi ada di posisi kejepit. Bayangin dong kejebak di apartemen yang isinya zombie jadi-jadian.

suami idaman dengan jiwa pengayom yang tinggi

Tapi buat gue sih, daya tarik utama di drama ini tentu saja karakter Jung Ji Hyun si ultimate bucin yang rela mengorbankan jiwa raga demi istrinya yang savage dan impulsif yaitu Yoon Saebom.

Kayaknya sih Jihyun ini love language-nya acts of service alias apa pun yang Saebom omongin bakal langsung diwujudkan dengan segala daya upaya tanpa perlu nanya apa pun lagi. POKOKNYA IYA-IN AJA UDAH!

Yah bayangin dong, walo udah di-ghosting dari zaman SMA, Hyun nerima-nerima aja dan masih tetep mau temenan dong. Ketika akhirnya diajakin kawin hanya demi dapetin subsidi KPR, Hyun mah hayuk aja (kok kayak Nam Seehe). Tinggal serumah, sekamar tapi pisah ranjang juga Hyun mah okeh-okeh aja tuh asalkan Saebom bahagia.

Hyun-ah! Bom-ah!

Setiap kali Saebom dengan temperamen tingginya ngalamin kesulitan, Hyun selalu siap siaga maju buat jadi pelindung Saebom garda terdepan. Mulai dari tetangga julid, agen pemerintah oportunis sampai zombie jadi-jadian, ayok maju kalian semua yang berani gangguin Saebom!

Duh gusti, beneran suami idaman dengan jiwa mengayomi banget ini mah gais!

Lee Jung Hoon di Find Me in Your Memory

Lee Jung-hoon adalah pembaca berita handal bermulut tajam yang disegani. Ia mengidap hypertymesia alias gak bisa lupain apa pun yang pernah ia lihat. Kebayang gak sih gimana rasanya kalo elo terus-terusan mengingat hal yang pernah elo baca, dengar atau tonton? Udah pasti bakal overload banget sih otaknya.

anchor-nim bermulut tajam yang hypertymesia

Kejadian mengerikan berpuluh-puluh tahun lalu masih terekam jelas dalam ingatan kayak baru terjadi kemaren. Patah hatinya udah dari tahun kapan, tapi sakitnya masih aja terasa karena ingatannya seger terus. Hal itulah yang bikin dia jadi pribadi yang getir, kaku dan selalu menjaga jarak. Ekspresinya terlihat dingin dan serius seakan-akan seluruh beban di dunia ini berada di pundaknya.

Namun pertemuannya dengan Yeo Hajin, artis imut yang selalu memandang dunia ini dengan penuh kehangatan berhasil merubuhkan pertahanannya. Gumush banget lihat transformasi anchor-nim yang dingin nan kaku berubah menjadi bucin-sebucin-bucinnya ketika lagi jatuh cinta. Tapi karena sifat dasarnya anchor-nim ini emang dewasa, jadi dia tuh kayak bucin elegan gitu lah yah. Aslik uwu banget lah!

si bucin elegan

Nonton drama ini bikin kita nyadar sih bahwa ternyata kemampuan untuk melupakan tuh suatu anugerah lho. Kejadian buruk yang dulunya bikin sakit hati banget, setelah direnungkan lagi beberapa tahun kemudian rasanya mungkin udah gak sepedih dulu.

Kalo bahasa Cimahinya sih time can heal ceunah. Makasih anchor-nim karena  udah ingetin kita akan kekuatan untuk memaafkan dan melupakan.

Lee Hye Yeong di Love Alarm

Buat gue pribadi, sulit banget rasanya ngebahas drama Love Alarm tanpa nyenggol Sunoh.

Dalam drama cinta segitiga bangsat ini menurut gue sih aura Sunoh emang tumpah-tumpah banget, tapi karena tema tulisan gue kali ini adalah karakter yang suami-able maka dengan berat hati gue harus memilih Lee Hye Yeong sih!

Mungkin kalo tema tulisannya adalah karakter cowok menyedihkan yang ter-ghosting hingga sulit move on sampai dua season, barulah gue akan bahas bebeb Sunoh yah ehehehehe!

aku akan mencintaimu dalam hening

Lee Hye-yeong adalah anak pembantu rumah tangga yang diam-diam meyimpan cintanya untuk Jojo, temen sekolahnya.Tapi bukannya buruan nembak, Hye-yeong malah memilih untuk menyimpan isi hatinya rapat-rapat dan hanya memandang Jojo dari kejauhan. Karena sobatnya Sunoh kebeneran suka juga ama Jojo, ia pun lebih memilih persahabatan dibanding cinta. Mencintainya dalam hening.

ALAH BASI LO! AKHIRNYA MALAH DITIKUNG SOBAT SENDIRI KAN! KAN!

Akhirnya ia pun ngumpulin keberanian dan nembak Jojo 4 tahun kemudian, ketika Jojo udah putus ama Sunoh! Buset dah, gak kelamaan tuh? Gak mau nambahin setahun lagi aja? Kalo pas 5 tahun udah bisa lunasin cicilan KPR rumah tuh ehehehe.

karakter yang jadi 2nd lead di season 1, tapi naik level jadi 1st lead di season 2

Tapi biar kata udah nembak pun ia menekankan ama Jojo bahwa cintanya tulus dan ia gak ngarepin apa pun. Dia gak pengen rasa cintanya bikin Jojo ngerasa terbebani. Kalo Jojo memutuskan untuk mencampakkannya, maka ia akan membiarkan dirinya untuk dicampakkan.

Yaelah, cewek mana yang gak klepek-klepek diperlakukan kayak gitu sih! Emang paling bisa lo yah!

Jadi setiap kali elo sedang berada di ambang batas emosi dan hampir mau meledak maka ingatlah selalu ucapan mbak-mbak customer service yang sedang di-complain oleh para pelanggannya yaitu : MOHOH BERSABAR YAH!

Karena sejatinya Lee Hye yeong adalah merupakan perwujudan dari kesabaran yang pada akhirnya membuahkan hasil. Inget sabar, inget Hye yeong!

Ryan Gold di Her Private Life

Para Kpoper & Kdramalover tuh selama ini kayak menempati kasta terendah dalam dunia pergaulan sih. Kami kerap kali terkena stigma negatif dan dikasih label nista aja gitu. KZL ATUHLAH PLIS! Gak tahu aja lo kalo di balik ava-ava Korea itu tersembunyi pribadi-pribadi tangguh yang tulus mencintai tanpa syarat! HASEK!

Makanya karakter Ryan Gold di drama Her Private Life tuh bagaikan sejumput rindu, segenggam asa  dan sebongkah harapan di dunia fangirl yang fana ini!

Cowok matang & dewasa dambaan para fan-girl

Ryan Gold adalah seorang pelukis jenius dari New York yang memutuskan buat hiatus sejenak dan balik ke Korea. Ia menjadi direktur di sebuah galeri seni tempat Sung Deok Mi bekerja sebagai seorang kurator.

Psst, jangan bilang-bilang yah, tapi sebenernya Deokmi tuh seorang fangirl sejati merangkap admin fanbase lho. Tahu kan admin yang kerjaan mulianya ngerusuh di timeline kita dengan cara me-nyepam berbagai foto oppa hahaha.

KAMI BUTUH RYAN GOLD

Tapi Ryan Gold sama sekali gak merasa terintimidasi ketika tahu kalo gebetannya adalah fangirl yang suka nge-halu di timeline, yang suka ngedit foto oppa dengan resolusi tinggi buat bahan ngebaper, yang suka nongkrong di forum untuk memuja ketampanan oppa, yang suka ngabisin duitnya buat ngonser dan ngumpulin merchandise. Semua kegilaan itu tidak membuatnya bergeming sama sekali lho!

Hal itu menandakan bahwa ia adalah seorang lelaki percaya diri yang bisa membedakan antara cinta romantis antar kekasih dan cinta platonis ala fan-girl.

DUH GUSTI! DUNIA INI MEMBUTUHKAN LEBIH BANYAK RYAN GOLD! BERI KAMI RYAN GOLD!

Karakter Kdrama yang Suami-able Part 2

Tulisan gue udah kepanjangan padahal daftar karakternya masih panjang nih.

Gue masih belon masukin Hong Banjang dari Hometown Chachacha, Hwang Yong Sik dari When Camelia Bloom dan gerombolan dokter uwu dari Hospital Playlist. Jadi kayaknya kudu bikin tulisan part 2 nya nih hahaha

Satu hal yang harus diingat dan ditanamkan baik-baik dalam benak kita adalah mereka semua hanyalah karakter fiktif dalam drama Korea yang diciptakan oleh writer-nim lho yah ehehehe

*GEDEBUG*

Eh bunyi apaan tuh? Oh, ternyata itu adalah suara Kdramalover yang lagi pada jatuh dari dunia halunya dan kembali ke dunia nyata ehehehe.

Aniwey kalo karakter Kdrama yang suami-able buat elo siapa nih? Cobak bisikin gue!

27 comments:

  1. Setujuuu...dunia butuh lebih banyak Ryan Gold. kwkwk
    Di bagian gedebug aku termasuk yang gubrak, tersadar. Hoee, back to real life, jangan ngehalu mulu huhu
    Nice artikel, ditunggu part 2 siapa aja lainnya yang suami-able :D

    ReplyDelete
  2. Duuuuh cute banget ga kuat liat Choi Ung :-D Kenapa sih ceoet banget tamatnya itu drakor. Cool banget dia mah ya kaya ga ada masalah ternyata selama ini memendam aja.
    Happiness aku lupa belum lanjutin nih nontonnya.
    Dari list postingan ini kalau suruh milih aku suka Choi Ung halah suka sama brondong ini mah ya hahaha

    ReplyDelete
  3. Teh ... itu serius di Happiness nikah supaya dapat KPR? In reality ada gak ya yang begitu?
    trus karena tahu love language pasangan jadi lebih mudah menaklukkan juga sih.

    ReplyDelete
  4. Ditunggu part 2 nya Tehhhh...tulisanmu selalu membuatku terhibur hehe

    ReplyDelete
  5. Jung jin Hyun so sweet banget sihh, jadi kok kayak kehidupanku mak.
    suami pengayom dan seiya sekata apa.mau istri asal tidak melenceng jalur. Istrinya type ambisius tau apa yg dimau dan gimana caranyaa, suami backup😃

    ReplyDelete
  6. hahaha aku senyum - senyuuum banget bacanya suami-able Teh Erry.. kalau lihat para pemain K-drama ini memang imuuut dan bikin gemeeesh

    ReplyDelete
  7. Impian terpendam... ketemu cowo ganteng - cool - hatinya berantakan - tajir

    baru ngeh kalo emang itu udah "dari sononya" gitu, para Cindrellaaah ada kok dari dulu sampe sekarang!

    kalo suami korean di k drama bukannya emang rata rata disetting gitu?

    ReplyDelete
  8. Aku setuju ama semua listnya...suami-able banget. Tapi kalau boleh milih aku mau yang kayak anchornim atau ryan gold aja sih...

    ReplyDelete
  9. Kalau aku suka sama Ryan Gold dan Jung Ji Hyun, yang lain juga suka tapi yang dua ini tuh emang mengena dihati. Aku gak sabaran nungguin yang part 2nya siapa tau ada favoritku lagi.

    ReplyDelete
  10. Hmm... jadi yang layak dikagumi dan diacungi jempol itu para writer-nim ya mbak. Yang bisa "menciptakan" karakter suami-able di drakor.

    ReplyDelete
  11. Seru banget ngomongin suami-able teh erry hehehe kadang emang nonton Kdrama ini bikin kita berkaca sama kehidupan nyata yaa. Dan gubrak suka tersadar kalau mulai halu hihi

    ReplyDelete
  12. Smoga di Part 2 msukin Jung Hae in yg di something in the rain ya teh . Sosok suami brondong tapi dewasa bgt dan siap serius menghadapi mertua walo diremehkan ���� bikin Noona2 akan jdi istri yg lebih tua tapi berbunga-bunga setiap hari nya deh ��������✌��✌��✌����������

    ReplyDelete
  13. Dari semua drakor yang disebutin, aku baru nonton Love Alarm doang! Huff kesel banget nonton nya. Kasian Sunoh alias Song Kang. Tapi, habis baca ini aku jadi termotivasi buat nonton Happiness atau Our Beloved Summer

    ReplyDelete
  14. Aku suka Ji Hyun haha
    Di twitter lagi rame seandainya dia bapaknya si Suteka dari drama zombie terbaru :D
    Ganteng, penyayang, gak egois, takut melanggar peraturan pula. Kalau ada season 2 Happiness pasti seruu :D

    ReplyDelete
  15. Karakter suami-able yang aku banget tuh Ryan Gold sik..
    Secara aku kalo ngebucin juga gak kenal waktu. Tetiba ada oppa lagi online, aku langsung begadang, buat nobar. Belum lagi konser online.
    Berasa sultan aja kalo uda sama NCT tuh..
    ((udah, jangan bawak-bawak anak kalo nge-fan girling, hahhaa...ambyaarr nantik!))

    ReplyDelete
  16. Aku sampe sekarang masih teekesima ama Ryan Gold yang sok cool tapi ya ampun dia care dengan caranya sendiri. Liat kakinya tuh kok langsing banget . Hahhaha

    ReplyDelete
  17. kalo kau udah punya list sendiri deh, mungkin karena gak jauh beda yah usianya ama aku, hahaha. oppa hyun bin, su ji sub, jang hyuk...nah setelahnya baru ada yang agak muda2 dikit, hahaha...yang aku liat sih bukan soal suami able nya tapi emang ada kesamaan atau ciri khas si dia kalo main drama/film yah begitu..kayak jang ki yong, park so joon dll. bisa ditebak, kalo sitausi tertentu pasti sikapnya atau aktingnya begitu, hahaha

    ReplyDelete
  18. Artikelnya menghibur pisan Teh aku tuh ngebiasin suami bucin Seo Beom di Happiness so sweet banget mereka untung akhirnya happy kalau tidak aku menangiiiis..

    ReplyDelete
  19. Tolong kasih suami yang modelan Ryan Gold! Kalau gak ada, Choi Ung juga gak nolak! Btw, dua orang ini suka gambar ya, hahaha

    Kayanya akhir-akhir ini kusuka Tukang Gambar, ckckck

    Emang ya writer nin sekarang makin oke kalau bikin karakter. Lebih membumi lagi

    ReplyDelete
  20. Wkwkwkwk.. Semua suamiable saya tonton kecuali yng happinnesa.. Sama mba kita cemen nonton genre itu dan lebih cemen saya sampai skeg ga berani sentuh.. Hahaha. Tapi 1 kesamaan dr semua suamiable itu sama2 org beduit. Yg dr keturunan kaya atau punya kerjaan yang penghasilannya wah. Sehingga bisa beli apapun. Yg dr rakyat miskin atau orang susah suamiable itu di drama marry me marry thun 2008 atau 2009 ya. Kesininya berada semua

    ReplyDelete
  21. Kadang aku mikir, apakah suamiku ini tipe Choi Ung di Our Beloved Summer ya, santuy banget dan kadang gregetan enggak pengen kayak orang lain apa hahaha...

    ReplyDelete
  22. Aku belum nonton drakor2 ini, wkwkwk, sungguh ketinggalan banget ya. Karena hobinya emang nonton ntar2 pas rangorang udah pada selesai euforianya. Btw, kalau Hong Bajang dan dokter Yulje aku bakal bisa nentuin siapa suami-able nya donk, karena udah nonton, hahaha.

    ReplyDelete
  23. Duh ini tokoh2 yang bikin gak bisa berpaling dari drakor ya.. Pilihannya banyak bangettt hahaha...Hampir setiap drakor ada tokoh yang suamiable kayaknya...

    ReplyDelete
  24. Lee Hye Yeong yang paling suka, cintanya nggak membebani..hihi...meskipun mikir juga sih, adakah orang yang seperti ini..hihi..

    ReplyDelete
  25. aku tuh ga nonton happiness takut soale zombieeeeeeeeeeee
    tapi kalau yang kayak beloved summer masih suka aku sama2 bisa gapai mimpi sendiri dan pelukabel eaaaa

    ReplyDelete
  26. Jadi tahu beberapa aktor Korea dari membaca blog seperti ini, jadi ga kudet lagi, aktor Korea buatku masih mirip2 wajahnya mba jadi rawan ketuker namanya..

    ReplyDelete
  27. Berikan Ryan Gold kepada kamiiiii. Plis plis plis.

    Uuummm kalau aku sih salah satunya merasa -- ga paham sih sampai sekarang suka aja karakter cuamik Choi Ban Do di Go Back Couple. Nyebelin bikin bego sampe mo nangis tapi ending-nya pas udah siuman langsung manis.

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS