Dekorasi Rumah Selama Pandemi Bersama Nippon Paint

Monday, April 12, 2021

Sesungguhnya sedari dulu gue tuh betah banget nongkrong di rumah lho.

Sebagai anak rumahan sejati, kerjaan gue sehari-hari sebagai buibuk tuh paling beberes rumah dan  nganterin anak-anak ke sekolah. Sekali-sekali aja keluar rumah kalau menerima undangan untuk menghadiri event blog.

Selebihnya gue betah-betah aja  menghabiskan banyak waktu di rumah. Menulis blog atau bikin konten buat sosmed. Buat hiburan biasanya sih selain rebahan sembari menonton drama Korea *demi kebutuhan bikin konten hehe*, gue juga hobi banget baca novel. Pokoknya gue betah banget tinggal di rumah deh!

Namun ternyata perasaan gue tentang rumah bisa berubah ketika situasi memaksa gue untuk harus berada di rumah aja selama setahun lebih karena covid-19. Gue mulai merasa rada nyesek.

Rumah yang biasanya bikin gue betah, tiba-tiba aja jadi berasa mengungkung dan membelenggu. Gue juga nyadar sih pastinya karena berasa jenuh dan bosan. Yah tapi mau gimana lagi, situasinya masih belum memungkinkan untuk bisa bebas keluar rumah. Rumah masih menjadi tempat yang paling aman. Jadi walo segabut apa pun, tetap harus bertahan di rumah aja.

Gejala Cabin Fever

Ternyata memang ada lho istilahnya untuk perasaan yang saat ini lagi gue alami. Merasa bosen banget, letih, gelisah, sulit konsentrasi dan mudah emosi. Mungkin bukan hanya gue aja, tapi banyak juga yang mengalaminya. Hal tersebut adalah gejala yang biasa dialami ketika kita berada di rumah dalam jangka waktu yang panjang. Biasa disebut Cabin Fever.

Cabin Fever adalah reaksi kumpulan emosi negatif ketika seseorang terisolasi dalam jangka waktu yang lama. Walau Cabin Fever ini bukanlah gangguan psikologis, tapi dampaknya terasa nyata.

Untuk mengatasi hal tersebut bisa disiasati dengan melakukan berbagai hal-hal positif dan kreatif selama di rumah. Bisa melakukan berbagai aktivitas yang membuat kita lebih dekat dengan alam seperti berkebun atau berolahraga. Gue sendiri setelah melakukan diskusipanjang dengan Abah dan anak-anak akhirnya memutuskan untuk adopsi kitten.

Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah mendekorasi rumah untuk perubahan suasana.

Selama ini emang udah kepikiran untuk mengganti warna cat rumah yang udah bulukan. Tapi cuma sebatas kepengen aja dan gak gerak-gerak haha. Kebanyakan mikir dan galau akhirnya belum kesampaian.

Makanya seneng banget ketika beberapa waktu lalu berkesempatan hadir di event online Media & Blogger Gathering dengan tema Hobi Dekorasi Selama Pandemi yang diadakan oleh Nippon Paint Indonesia. Gue sih berasanya tercerahkan banget karena emang lagi butuh banyak insight seputar dekorasi rumah supaya bisa makin betah di rumah aja.

Dekorasi Rumah Selama Pandemi

Setiap kali kepikiran untuk mengubah dekorasi rumah atau sekadar mengganti cat kamar, gue selalu aja overthinking takutnya gak cocok dan ruangannya malah jadi aneh. Rumah gue memang tidak terlalu besar, jadi pemilihan warna cat harus hati-hati supaya ruangannya gak kelihatan jadi makin sempit.

Ternyata hal ini juga dialami oleh Zata Ligouw seorang Digital Creator yang selama pandemi ini menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah aja. Ketika ingin mempercantik sudut rumahnya, ia kebingungan memilih warna yang tepat untuk ruangannya yang tidak begitu luas.

Sepertinya sih banyak yang mengalami hal seperti ini yah. Sebelum mengubah dekorasi rumah atau memilih warna cat, pengennya sih konsultasi dulu supaya gak salah ngambil keputusan. Maklumlah sebagai awam, kita gak begitu paham masalah desain interior dan kebanyakan sih pake feeling aja haha.

Menurut Endy Nahya yang merupakan Desainer Interior Nippon Paint Indonesia, warna cat pada dinding tidak hanya sebagai dekorasi ruangan tetapi juga berpengaruh pada psikologis dan suasana hati penghuninya. Makanya keserasian warna tuh penting untuk menghasilkan kombinasi yang harmonis.

Selain pemilihan warna cerah agar ruangan tampak lebih luas, maka pemilihan furniture dengan warna netral dan terang seperti putih, cream atau abu-abu muda agar ruangan terlihat lebih rapi dan nyaman saat digunakan. Duh, tipsnya berfaedah banget nih, berarti mulai sekarang bakalan milih warna-warna cerah supaya ruangan sempit gue terlihat lebih luas.

Hal-Hal yang Diperhatikan Sebelum Dekorasi Ruangan

  • Kita akan menggunakan ruangan tersebut untuk apa?
  • Mengapa ruangan ini penting?
  • Suasana apa yang ingin kita hadirkan?
  • Seberapa besar skala dan kompleksitas dekorasi rumah?
  • Apakah kita akan membutuhkan tenaga kontraktor atau dikerjakan sendiri?
  • Tetapkan budget yang dibutuhkan
  • Tetapkan penjadwalan
  • Sebelum mulai, bersihkan dan buang barang yang gak diperlukan

Dekorasi Rumah Bersama Nippon Paint Indonesia

Untunglah Nippon Paint Indonesia sepertinya paham banget sama kesulitan kita semua yah. Sehingga ada beberapa fasilitas yang khusus disediakan oleh Nippon Indonesia untuk membantu kita mengatasi kegalauan.

Colours of Life

Dengan adanya panduan kartu warna Colours of Life, kita bisa memilih warna dengan garansi 100% akurat dan konsisten sesuai warna cat. Kita bisa dapetin secara gratisan lho bentuk cetaknya, tapi kalau mau dapet yang digital bisa unduh aja di : www.nipponpaint-indonesia.com

 

Colour Scheme Service (CSS)

Pelayanan ini cucok banget bagi kita yang sering galau karena gak terlalu paham seputar dekorasi rumah. CSS adalah fasilitas konsultasi gratis bersama desainer interior professional dari Nippon Paint untuk memvisualisasikan warna cat pada bangunan dengan tiga kombinasi warna, termasuk rekomendasi produk. Tuh kan, perlu banget nih!

Caranya pun mudah banget, kita tinggal foto aja ruangan yang ingin dikonsultasikan, kemudian isi form Colour Scheme Service terlebih dahulu, kemudian kita akan mendapatkan 3 alternatif visualisasi cat ruangan dalam 5 hari kerja. Gratisan pulak lho!

Menurut Windy Sekar - Public relation dari Nippon Paint Indonesia, "Nippon Paint senantiasa berupaya untuk memberikan solusi dan melakukan berbagai inovasi daik dari produk maupun layanan".


Nippon Paint WA Care

Saat ini Nippon Paint Indonesia juga telah meluncurkan layanan konsultasi Nippon Paint Whatsapp Care lho di nomor : 08111283028. Layanan ini dapat digunakan untuk memperoleh informasi seputar pembelian produk, konsultasi warna, konsultasi pengecatan, serta panduan kartu warna Colours of Life.

Gue udah lihat-lihat berbagai pilihan warna di katalog Colours of Life dan emang kayaknya bakal butuh panduan sih, karena beragam banget. Minimal bantuan untuk memilih koleksi yang tepat sesuai dengan konsep ruangannya.

Semakin diintip dijamin bakal semakin terpikat sih.

Nippon Paint bahkan punya Textured Series yang unik karena bisa menjadikan dinding bertekstur dengan hasil akhir yang mewah. Dindingnya jadi kayak pake special efek gitu sih. Ada juga Enhancer Series yaitu cat momento semi treansparan yang diaplikasikan di atas dinding yang udah dicat dengan dua special efek yang unik. Gemesh banget sih lihatnya.

Total Coating Solution 

Seperti yang kita ketahui, setiap bangunan pastinya memiliki fungsi yang berbeda dong, Makanya kebutuhan cat setiap bangunan juga pastinya akan berbeda pula. Sebelum memilih cat yang tepat, penting bagi kita untuk memastikan terlebih dahulu akan dipergunakan di bagian mana cat tersebut.

Cat untuk dinding kamar di dalam ruangan, pastinya akan berbeda formulanya dengan cat yang akan dipergunakan di teras rumah. TCS atau Total Coating Solution dari Nippon Indonesia bisa membantu kita untuk memberikan panduan memilih cat/pelapis untuk setiap permukaan.

Untuk itu Nippon Paint Indonesia mengeluarkan TCS Perumahan yang bisa membantu pemilik rumah dalam mendapatkan pemahaman menyeluruh mengenai kebutuhan pengecatan Rumah. Sampai saat ini sudah ada 10 seri TCS dari Nippon Paint dan akan terus bertambah lho. 

Cat Kesehatan Silver-Ion

Selain untuk mempercantik rumah, Nippon Paint juga memberikan solusi supaya rumah sehat melalui rangkaian cat Silver-Ion Series yang berfungsi untuk menangkal virus dan bakteri.

Bukan karena lagi musim pandemi, trus mendadak Nippon Paint memproduksi cat kesehatan lho yah. Tapi memang sudah sejak tahun 2008 Nippon Paint mengembangkan rangkaian cat kesehatan Silver-Ion yang sudah tersertifikasi internasional.

Melalui hasil uji ALG (Analytical Lab Group) berstandar FDA dan EPA dinyatakan bahwa formula Silver-Ion dari Nippon Paint 99,9% efektif membasmi Human Coronavirus strain 229E. Selain itu juga Virus Hand Foot and Mouth Disease HFMD Coxsackievirus (CA-16), Enterovirus 71 (EV-71), Virus Influenza (H1N1), bakteri Methicilin Resistant Staphylococcus Areus, bakteri Escherichia Coli dan bakteri Staphulococcus Aereus.

Menurut Linda Kam selaku Marketing Manager Nippon paint Indonesia, "Pengembangan teknologi Silver-Ion untuk cat Anti-Mikroba merupakan salah satu usaha Nippon Paint untuk melindungi masyarakat dari transmisi bakteri atau virus. Dengan adanya berbagai inovasi produk dan layanan Nippon Paint, kami berharap selain #betahdirumah keluarga Indonesia juga semakin merasa nyaman dan terlindungi".

Makin Betah di Rumah Berkat Nippon Paint

Setelah mengikuti gathering bersama Nippon Paint dan mendapatkan berbagai informasi seputar dekorasi rumah, gue sih berasanya semakin semangat untuk mendekorasi kamar di rumah yang sudah sekian lama tertunda karena gak bisa ngambil keputusan haha.

Berbekal katalog Colours of Life, bakalan memilih kombinasi warna yang cocok kemudian dikonsultasikan melalui CSS - Colour Scheme Service-nya Nippon Paint, supaya bisa tervisualisasi tuh kombinasi warnanya. 
 
Kayaknya bakalan makin betah di rumah nih kalau kamar gue udah dicat sama Nippon Paint!



17 comments:

  1. Kak Erryyyy bonekanya lucuuuk. Hehe. Mau lebaran gini banyak orang mulai mikir budget buat ngecat rumah ya. Paling nggak setahun atau dua tahun sekali ganti biar rumah keliatan indah juga. Kadang beda banget ketika rumah dicat ulang, apalagi nippon paint pilihan warnanya banyak. Sekarang cat bahkan udh ada yg anti bacterial segala ya.

    ReplyDelete
  2. Kalau rumah di cat pakai nippon paint dengan warna favorit maka Makin betah dirumah dan melakukan aktivas akan berpengaruh produktivitas makin meningkat dan hubungan keluarga makin hangat

    ReplyDelete
  3. aku udah lama mau ngecat rumah tp belum2 aja teh, makasih loh rekomendasinya, udha aku terusin ke suami, biar dia yang pilih warnanya nanti hehee

    ReplyDelete
  4. Jadi pengen cat rumah dengan warna yang ciamik seperti punya Nippon Paint. Warnanya juga bagus bagus

    ReplyDelete
  5. Saya pun akhir-akhir ini merasakan kebosanan. Kayaknya harus cari sesuatu yang baru. Ide mendekorasi rumah juga boleh banget, tuh. Biar ada suasana baru

    ReplyDelete
  6. Dekorasi rumah jadi aktifitas yang menyenangkan saat dirumah aja yaa.. banyak perempuan yang akhirnya jadi suka membuat rumah jadi lebih homey.. memperbanyak tanaman dan mengganti warna cat tembok rumah

    ReplyDelete
  7. Cabin Fever ini kayaknya menimpa sejuta umat ya Teh
    Akupun demikian hiks hiks.
    dan makin mupeng buat ngedekor rumah pakai Nippon Paint.
    Apalagi ada CSS, yg mana fasilitas konsultasi gratis bersama desainer interior professional dari Nippon Paint untuk memvisualisasikan warna cat

    Keren buangeettt ini mah!

    ReplyDelete
  8. Saya suka Nippon paint karena warnanya tuh unyu-unyu dan bagus bagus menurut saya. Udah gitu harganya terjangkau dan aman pula.
    Pas banget nih untuk renovasi dinding menjelang lebaran nanti. Saya pengen yang warnanya ngejreng dan cerah.

    ReplyDelete
  9. aku udah beli Nippon yang vinilex sama spot less mba, pas banget abis musim hjan ternyata banyak yang rembes dong tembok rumah.

    ReplyDelete
  10. Wah kalau aku sama kaya mba Eri juga suka banget di rumah. Aku anaknya juga anti nongkrng di warkop kaya temen seusiaku wkwkw. Maklum lebih enakan skinkeran di rumah atau beberes hihi. Aku ntar mau beli merek ini juga kayanya bagus yaaa.

    ReplyDelete
  11. Aku salfok sama warna-warna catnya yes kok bagus-bagus ya banyak pilihan terus warna kekinian banget yes.

    ReplyDelete
  12. Aku juga ada rencana mau cat rumah tapi kyknya nunggu anak2 ibur sekolah dulu nih mbak. Nippon paint ini pilihan warnanya banyak dan kualitasnya bagus ya catnya. Ternyata bisa konsul cat dulu via wa ya? Kapan2 coba ah

    ReplyDelete
  13. aku selalu suka sama warna2 cat dari nippon. Apa lagi yang warna2 pastelnya. bener banget ya teh mengubah warna cat rumah sangat menyenangkan ya. Pas Lebaran nanti mau cat rumah jadi warna apa teh?

    ReplyDelete
  14. Aku tuh selalu suka sama warna2 dari nippon paint. Apa lagi kualitasnya yang bagus ya teh. Memang ya mengubah warna cat rumah tuh bikin mood naik banget menurut aku.

    Lebaran tahun ini mau ganti warna cat rumah jadi warna apa teh?

    ReplyDelete
  15. Tapi aku lebih suka warna putih teh buat di rumahku yang imut. Soalnya anak yang kecil masih hobi corat coret he he. Kalau di rumah ibu, aku pengen cari cat hijau yang muda banget. Karena adem di mata

    ReplyDelete
  16. Biasanya kalau nge-cat rumah memang enaknya sebelum puasaan yaa..
    Jadi Ramadan, rumahnya uda cantik. Lebaran bisa menerima tamu.

    Kini, ngecat rumah agar lebih betah, karena memang kudu di rumah aja.
    Nippon Paint membawa kebahagiaan banget yaah..dengan kekayaan warnanya.

    ReplyDelete
  17. Senang ya kalau di rumah ada suasana baru. Ganti warna cat tembok aja udah bikin rumah serasa baru lagi. Hihi... Aku juga pakai nippon paint kak buat indoor dan outdoor. Emang bagus sih dan varian warnanya banyak.

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS