Review TV Series Romulus : Sejarah Kelahiran kota Roma

Friday, January 1, 2021

Gue selalu tertarik untuk menonton film tentang sejarah masa lalu karena banyak banget hal yang bisa dipelajari.

Walau biasanya film sejarah dibalut dengan beberapa selipan kisah fiksi agar lebih menarik untuk ditonton, tapi biasanya untuk karakter memang diambil dari tokoh aslinya. Beberapa modifikasi atau pengembangan alur cerita biasanya sih gak bakal mengubah hasil akhirnya, karena kan memang dibuat berdasarkan sejarah.

Namanya juga film yah, walau menceritakan tentang sejarah tapi tetep harus ada unsur dramatisnya sedikit lah untuk mendapatkan efek gemes atau baper kepada para penonton.

Belakangan ini gue lagi hobi banget ngikutin TV Series Romulus di Mola TV yang ceritanya seru dan bikin nagih banget karena menceritakan tentang sejarah kelahiran kota Roma di abad 8 sebelum masehi.

Kesan Pertama Menonton Serial Romulus

Pertama kali menonton di episode 1 gue sebenernya rada roaming ketika mendengar bahasanya. Jelas-jelas bukan bahasa Inggris sih dan walaupun menceritakan sejarah kota Roma setahu gue bukan bahasa Italia juga. Sampai akhirnya gue nge-google dan baru nyadar bahwa ternyata mereka berbicara dalam bahasa Latin kuno.

Duh, dari segi bahasanya aja sudah terlihat keseriusan mereka dalam menggarap serial ini.

Menurut Matteo Rovere sang sutradara, aspek linguistik memiliki pengaruh besar dalam sebuah tontonan. Sebagai penonton gue sih berasanya iya banget, ketika menonton berbagai adegan menegangkan jadi terasa lebih dramatis karena faktor bahasa yang gak gue pahami tapi memberikan kesan puitis gitu deh.

Memakai bahasa yang digunakan 2700 tahun yang lalu bener-bener memberikan efek tertentu bagi penonton. Apa lagi mereka juga melakukan riset terlebih dahulu dengan para ahli bahasa dan sejarawan sebelum memulai syuting.

Belajar Tentang Sejarah Roma Lewat Serial Romulus

Berdasarkan mitologi Romawi sejarah pendirian kota Roma berawal dari kembar Remus dan Romulus yang menurut legenda adalah merupakan keturunan dewa. Mereka kemudian dipelihara oleh serigala betina sampai menginjak usia remaja. Romulus kemudian akan menjadi cikal bakal kota Roma.

Namanya juga legenda tentu saja terdapat banyak perdebatan sejarah yang rada pelik, tapi sang sutradara Matteo Rovere berhasil meracik formula antara sejarah dan fantasi dalam porsi yang sesuai sehingga menjadi sebuah tontonan yang menarik tapi tetap mengusung tinggi nilai-nilai sejarah.

Plot TV Series Romulus

Pada abad 8 sebelum masehi, dikisahkan 30 suku yang berada di wilayah selatan Sungai Tiber sepakat untuk bersekutu danmembuat aliansi. Setiap wilayah memiliki raja masing-masing tetapi mereka mengakui raja dari Alba yaitu Raja Numitor sebagai pemimpin tertinggi mereka.

Saat itu telah terjadi kemarau panjang yang mengakibatkan kekeringan di seluruh wilayah. Para raja daerah pun berkumpul di Alba untuk menunggu petunjuk dari para dewa yang disampaikan melalui pemuka agama.

Ketika dilakukan sebuah ritual, terjadilah adegan mistis yang mengakibatkan sang pemuka agama beranggapan bahwa sang raja Alba yaitu Raja Numitor gak becus dan gak pantas menjadi penguasa. Ia telah menyebabkan para dewa murka sehingga terjadi kemarau berkepanjangan.

Ia pun kemudian diasingkan sehingga tahta kerajaan turun kepada cucu kembarnya yang bernama Enitos dan Yemos. Tapi situasi tidak berjalan mulus dan sesuai rencana. Banyak pihak yang tidak menginginkan si kembar menjadi penguasa Alba sehingga terjadi rencana kudeta.

Enitos dan Yemos

Menurut legenda sih saudara kembar Remus dan Romulus bertentangan dan berusaha saling membunuh untuk mendapat kekuasaan. Remulus dikisahkan berhasil membunuh Remus dan mendirikan kota Roma.

Namun di serial Romulus diceritakan bahwa kedua saudara kembar Enitos dan Yemos tersebut saling mengasihi satu sama lain. Justru paman mereka yang bernama Amulius berusaha untuk mengadu domba. Amulius berniat membunuh mereka atas bujukan istrinya agar bisa naik tahta menjadi Raja Alba.

Rencana tersebut gagal. Ia berhasil membunuh Enitos tapi Yemos berhasil lolos dan melarikan diri ke hutan walau terluka. Amulius kembali ke Alba dan menyebarkan fitnah bahwa Yemos telah membunuh Enitos agar bisa naik tahta menjadi raja. Hal ini menimbulkan amarah di kalangan rakyat Alba, mereka semua mengutuk Yemos dan sepakat mengangkat Amulius menjadi Raja Alba.

Duh, gue aslik emosi nontonnya! Berarti dari zaman Romawi kuno sampai sekarang yang namanya politik untuk mendapatkan kekuasaan tuh beneran kotor dan menjijikkan yah. Sampai rela memfitnah dan membunuh keluarga sendiri demi mendapatkan kekuasaan.

Menonton Streaming Serial Romulus di Mola TV


Padahal hanya menonton film sejarah yah, tapi berasanya emosi gue beneran naik turun dan campur aduk sih. Ada beberapa adegan menghujam tentang perbudakan yang terjadi pada masa tersebut. Sedih banget menyaksikan betapa nyawa manusia pada saat itu terutama yang berada di kasta rendah kayak gak ada artinya aja gitu.

Mau gak mau jadi lebih bersyukur karena hidup di masa sekarang ini dan jadi lebih menghargai semua privilege yang udah kita miliki tapi kadang dianggap sepele.

Kalau elo penasaran juga dan pengen ikutan menonton streaming TV Series Romulus, cus mendingan melipir aja ke Mola TV deh. Hanya dengan biaya berlangganan Rp. 12.500/bulan kita bisa menonton serial Romulus dan berbagai TV seri yang lain. Lengkap banget deh pokoknya.

Cara berlangganan pun mudah banget, tinggal install aja aplikasi Mola TV kemudian registrasi deh. Pembayaran bisa dilakukan secara online baik pake e-wallet atau virtual account. Gampang banget kan! Cuma dengan rebahan dan klik-klik doang kita bisa langsung berlangganan Mola TV!

24 comments:

  1. Tetep yaa lu nonton dengan kebawa emosi, awas bapernya kbawa2 marah2 ke dunia nyata, hahaaa.
    Seruu tauu pelem2 Romawi KUno tuh aku suka banget, emang iya jaddi tau sejarah tapi kadang emang emosi pun diobok -obok.
    Ah jadi penasaran, baiklah notok di Mola TV yaaa..

    ReplyDelete
  2. Kok sama nih sama aku mba suka tayangan bersejarah. Senang ya kalau ada Mola TV yang bisa puasin buat nonton tayangan atau film kesukaan kita ya mba :)

    ReplyDelete
  3. Aku katanya belum pernah nonton film atau drama tentang Roma atau yang pakai bahasa latin. Buat aku sendiri, ketika nonton film luar, bahasa memang cukup jadi kendala karena kadang ada hal-hal yang harusnya jadi pokok, tapi kitanya kurang paham maksudnya. Sejauh ini masih bisa sih. Kapan-kapan lihat Mola ah

    ReplyDelete
  4. cerita menyangkut sejarah meski gak 100% asli ceritanya sesuai apa yang terjadi, tapi selalu menarik buat diikuti ya

    ReplyDelete
  5. Salut sama film sejarah yang mampu menampilkan nuansa pada zamannya, seperti penggunaan bahasa dalam film. Aku jadi penasaran juga nih sama film romulus. Itu langgannya murah banget mba.

    ReplyDelete
  6. Saya suka tersepona eh terpesona sama film2 dg nuansa sejarah, sampe2 kita yang nonton tuh berasa dibawa ke masa lalu kala ituu :) Ah jadi penasaran juga nih sama film Romulus :)

    ReplyDelete
  7. Film-nya ngingetin aku ke Hercules dan Xena yang dulu aku selalu tonton setiap episode-nya. Jadi pengen ikutin series Romulus juga, apalagi bulanannya bersahabat banget ya di Mola TV.

    ReplyDelete
  8. Mola TV ini seperti oase ..hiburannya berkualitas dan langganannya juga murah banget ..Bahkan film tentang sejarah pun bisa jadi menarik banget ya

    ReplyDelete
  9. suamik nih teh yang demen banget sama film2 berlatar sejarah apalagi klo sejarah peradaban-peradan tua di dunia... infoin deh ke dia buat langganan mola tv...biar bisa nebeng nonton film science fiction juga

    ReplyDelete
  10. Kalau semua sejarah dibikin film yang asik begini kayaknya saya bakal senang dengan pelajaran sejarah hehehe. Karena memang sejarah tuh sebetulnya menarik

    ReplyDelete
  11. Menurutku yang ditayangkan Mola TV ini berani beda dengan tv-tv yang lain. Bayangin aja, serial tv yang berbahasa latin kuno! Wuaduh. Untung ada subtitelnya ya hehe. Kalo nggak ada, kan gak ngerti ceritanya apa hehe.

    ReplyDelete
  12. Nonton film sejarah memang sering terbawa emosi ya,, apalagi kalau ada latar yang kita ketahui karena berdasarkan fakta. Ku pernah ke Roma dan dengar dari guide cerita seputar Romawi Kuno...rasanya, gimana saat itu manusia diadu degan manusia lain atau binatang, ditonton banyak orang ..sampai mati. hiks, kejam bangets. Kini mudah sekali pengin nonton film sejarah praktis bisa di Mola TV

    ReplyDelete
  13. aku suka nonton film sejarah apalagi yang dibuat dengan detail dan tak melenceng dari kisah nyatanya lumayan banget menambah ilmu..

    ReplyDelete
  14. Cocok buat suamiku nih Mola TV, dia akan puas2in nonton film sejarah, juga film2 science fiction. .... Murah ya.

    ReplyDelete
  15. Wah, dari Seri Romulus ini kita bisa belajar sejarah Romawi nih. Pasti seru banget, ya. Jadi pengen instal Mola TV juga nih..

    ReplyDelete
  16. Keren banget teh, bisa nonton film sejarah dengan bahasa latin. Kalo aku biasanya aku skip wkwkwk, tapi kalo menarik ceritanya aku tonton aja. Nonton film sejarah pastinya nambah pengetahuan ya bi

    ReplyDelete
  17. Wah suami dan bapakku suka banget nih sama film bertema sejarah sebuah negara atau kota. Jadi mau berlangganan Mola TV deh

    ReplyDelete
  18. Sejarah sudah bukan hal sulit lagi untuk dipahami ya
    Karena banyak media yang memudahkan seperti MolaTV ini

    Mau install ah

    ReplyDelete
  19. Wah bagus nih seriesnya mengandung muatan sejarah nih mak. Bisa sekalian belajar juga

    ReplyDelete
  20. mola ini idolaku mbak, tontonannya lengkap
    aku juga lagi nonton serial ini
    belajar sejarah romawi

    ReplyDelete
  21. Mola tv ini tayangan filmnya sepertinya keren2 ya mbak, jadi pengen langganan juga deh biar dirumah gak boring

    ReplyDelete
  22. Aku suka film2 sejarah kayak gini. Berasa diajak ke masa lalu kalau nonton. Totalitas bangett ya sampai bahasanya saja pakai bahasa latin kuno. Keren laah. Mau nonton di Mola TV besok ahh.

    ReplyDelete
  23. wah baru yaa serial Romulus. Enak nih belajar sejarah sambil nonton TV jadi lebih santai.
    Aku baru tahu juga di Mola TV ada Romulus. Aku pakai Mola buat nonton video permainan anak. Banyak ide menarik di sana

    ReplyDelete
  24. kupikir mola itu buat anak aja ternyata bisa banget buat film macem-macem ya
    murmer banget mola langganan

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS