Warganet Bandung Ngobrol Bareng MPR RI

Wednesday, December 2, 2020

Berhubung selama ini pekerjaan gue bergerak di seputar media sosial, jadi memang sehari-hari gue harus menghabiskan banyak waktu di medsos untuk mengetahui pergerakan timeline. Supaya bisa update terus dan gak ketinggalan berita gitu deh.

Namun kadang suka sedih juga sih karena sekarang tuh medsos yang seharusnya menjadi tempat untuk sharing dan berbagi informasi, telah berubah menjadi ajang ribut-ribut.

Heran deh, kenapa sih warganet tuh suka mudah banget kepancing. Jangankan masalah prinsipil seperti SARA, ketimbang urusan receh kayak bubur diaduk gak diaduk atau perdebatan 1st lead dan 2nd lead di drama Korea aja bawaannya suka jadi pada nge-gas dan nyolot lho. Ampun deh!

Sepertinya sulit sekali untuk bisa menerima perbedaan, padahal berbeda itu tidak apa-apa.

  

Warganet Bandung Ngobrol Bareng MPR RI

Beberapa waktu yang lalu gue menghadiri event seru yang bertajuk Warganet Bandung Ngobrol Bareng MPR RI. Acara yang diadakan di Hotel Trans Luxury Bandung pada hari Rabu tanggal 25 November 2020 tersebut merupakan event blogger pertama yang gue hadiri setelah 8 bulan di rumah aja.

Memutuskan untuk hadir dan berpartisipasi dalam acara tersebut dan pastinya menjalankan protokol kesehatan yang lumayan ketat. Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pokoknya teteup semangat nyanyi walau pake masker yah sist!

Dihadiri oleh Ibu Siti Fauziah selaku Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Sistem Informasi MPR RI dan Bapak. Budi Mulyawan, Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Lembaga MPR RI, acara berjalan dengan baik dan lancar. 

Sebagai moderator, Raja Lubis yang juga merupakan blogger Bandung berhasil mencairkan suasana sehingga acara berjalan dengan santai dan tidak kaku.

Membahas 4 Pilar MPR RI

Ketika Ibu Siti Fauziah melontarkan pertanyaan tentang 4 Pilar MPR RI, gue rada gelagapan dan berasa lupa-lupa inget gitu sih. Sebenarnya ingat, tapi urutannya memang rada lupa. Jadi berasa diingatkan kembali nih tentang 4 Pilar MPR RI yang terdiri atas :

  1. Pancasila
  2. UUD Negara RI 1945 
  3. Negara Kesatuan Republik Indonesia
  4. Bhineka Tunggal Ika

4 pilar tersebut merupakan kumpulan nilai-nilai luhur bangsa kita yang harus dipahami dan tentu saja dijadikan panduan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Nah lho, apakah selama ini kita sudah benar-benar mengaplikasikan ke Empat Pilar tersebut dalam kehidupan kita?

Menurut Bapak Budi Mulyawan sosialisasi 4 Pilar MPR RI tersebut masih baru disampaikan kepada sekitar 80 juta warga Indonesia. Dari total 500 juta rakyat Indonesia, berarti sosialisasi tersebut baru mencapai sekitar 20% saja.

Butuh usaha yang lebih keras dari MPR RI dan kita semua untuk bisa mensosialisasikan 4 Pilar MPR RI ke seluruh rakyat Indonesia. Dengan kehadiran media sosial, semoga sosialisasi 4 Pilar MPR RI bisa menjangkau ke seluruh pelosok yah.

Dalam acara ngobrol santai, teman-teman blogger memberikan banyak usulan untuk membantu sosialisasi tersebut. Salah satu diantaranya tentu saja dengan menggunakan kekuatan media sosial. Bagaimana caranya membuat konten yang kreatif di berbagai platform yang bisa diterima oleh para netyjen.

Selain menggunakan media blog, instagram dan twiter sepertinya kita juga harus mulai mencoba menembus tiktok dan youtube yang sedang happening saat ini. Usulan dari teman-teman blogger tenyata ditampung dan diterima dengan baik.

Menerapkan 4 Pilar MPR RI di Kehidupan Kita

Setelah mengetahui isi dari 4 Pilar MPR RI, tentu saja tahap selanjutnya adalah berusaha untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Gak usah terlalu muluk ingin mengubah negara atau dunia, mari kita mulai dari hal yang paling kecil dulu aja. Memulainya dari diri sendiri.

Berusaha memberikan yang terbaik dari diri kita sendiri. Sebagai blogger, berarti kita bisa berusaha menyebarkan informasi yang bermanfaat dan menghindari hoax. Sebagai ibu rumah tangga, kita juga bisa mendidik anak-anak kita menjadi pribadi yang kuat. Semua dimulai dari rumah kok.

Sebagai seorang ibu yang melek media sosial dan sering sekali melihat berbagai perdebatan receh yang gak penting di timeline, sebisa mungkin gue mendidik anak-anak gue untuk bisa menghargai yang namanya perbedaan.

Bahwa berbeda itu tidak apa-apa. Bahwa berbeda itu bukan berarti aku bagus dan kamu jelek atau sebaliknya. Perbedaan bisa membuat hidup kita lebih berwarna selama kita bisa saling menghargai. Pilar ke 4 yaitu Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tapi satu jua!  


 

28 comments:

  1. Hidup kalau ngegas semua amburadul ya mbak. Kudu perbanyak positif thinking. Event ini makin jadi bukaan positif juga untuk kita menerapkan 4 pilar dalam kehidupan nyata bukan cuma teori aja

    ReplyDelete
  2. akhirnya kita bertemu lagi ya teh diacara ini. setelah sekian lama ga bertemu.
    Acara seru banget ya, teh. Jadi tugas kita juga untuk sosialisasi 4 pilar MPR ini ya, teh.
    Mulai dari saling menghargai perbedaan ya teh :)

    ReplyDelete
  3. Yup dengan cara sederhana kita bisa ikutan menggaungkan lagi empat pilar MPR melalui sosmed kita. Mantappp 👍😍😍

    ReplyDelete
  4. Waahh, bener banget ini Teh.
    Daku kalo baca debat tim Han Ji Pyeong vs tim Nam Do San tuh auto istighfar :D
    Niattt banget yhaa netyjen kalo mau mencaci maki wkwkw

    Semogaaa semangat 4 Pilar ini terus menggelora dlm dada masyarakat Indonesia yaaa

    ReplyDelete
  5. Kadang-kadang saya suka pengen tutup medsos. Padahal harusnya perbedaan itu seru yang asik. Tetapi, perdebatan yang meruncing dan caci-maki jadi bikin gerah

    ReplyDelete
  6. Agak susah memang di zaman sekarang untuk mensosialisasikan kepda masyrakat yang kebanyakan malas membaca. Butuh kreatifitas yang sedikit out of the box biar mudah diterima..

    ReplyDelete
  7. Bukan hanya warga net sebenarnya sekarang ini yang rentan kepancing, pejabat negara di media harusnya juga memberi contoh yg mengademkan.
    Dengan sosialisasi 4 pilar MPR ini diharapkan semua pihak lebih mengedepankan kesatuan NKRI.

    ReplyDelete
  8. Makin ke sini emang makin banyak yang lupa kalau 4 pilar itu harus dijaga bersama bukan Pemerintah aja. Jadi yuk bareng bareng jaga kesatuan NKRI :3

    ReplyDelete
  9. Berbeda-beda, tapi tetap pecinta drama #Halah! Kalau mau jujur, yang dewasa juga masih suka ribet dan ribut. PR banget kalau mau damai. Jadi mari bersama-sama mengamalkan nilai 4 pilar yang ada karena kita berbeda tapi tetap satu

    ReplyDelete
  10. penting banget ya sosialiasi seperti ini mbak terutama 4 pilar MPR RI ini agar kita sebagai warganet jadi tahu dan bisa meluruskan jika terjadi penyimpangan dalam kerjanya MPR RI

    ReplyDelete
  11. Wah selamat ya utk warganet Bandung yg mendapat kesempatan keren begini! Url 4 pilarnya, semoga semakin tersosialisasi di masyarakat

    ReplyDelete
  12. benar banget Mbak, sebagai orangtua kita mengajarkan anak dari hal yang kecil dulu, seperti halnya perbedaan itu ya, biar saling menghargai dan tidak terpengaruh untuk memprovokasi ya.

    ReplyDelete
  13. Semoga dengan kegiatan seperti ini 4 pilar ini bisa semakin tersosialisasikan ke masyarakat umum ya Teh.

    ReplyDelete
  14. acaranya seru banget teh :) bikin kita lebih mengenal 4 pilar MPR dan jadi lebih mudah mengaplikasikannya di kehidupan sehari2 ya

    ReplyDelete
  15. Mudah banget ternyata ya teh dalam menerapkan 4 pilar MPR RI di kehidupan sehari hari. Bisa banget nih dipraktekkan. Nggak ada lagi deh alasan susah ribet atau Cemana. Karena memang semudah itu. Semoga dengan semakin banyak yang menerapkan 4 pilar ini dalam kehidupan sehari-hari, negeri ini dilingkupi dengan kedamaian, dan fokus saling bahu membahu membawa kondisi negeri terutama rakyatnya semakin baik lagi, lagi, dan lagi, aamiin

    ReplyDelete
  16. MasyaAllah rame dan seru pembahasannya. Jadi pengen gabung hahhaa. Sosialisasinya rame kemarin di medsos aku nyimak mba.

    ReplyDelete
  17. dengan menyasar orangtua dan terutama perempuan, kita bisa jadi center of information untuk menyebarkan ke anggota keluarga bahkan tetangga ya mba.

    ReplyDelete
  18. Acara kaya gini harus lebih sering diadakan jadi gak ada gap antara masyarakat sama anggota dewan yaa mba

    ReplyDelete
  19. Iya ih, urusan tim antagonis - protagonis di serial Abad Kejayaan aja dibahas sampai rumit. Padahal tinggal nonton doang apa susahnya sih. Suka banget main ribut ya, haha..

    Menurutku acara seperti ini sebaiknya sering diadakan dengan melibatkan banyak elemen supaya apa yang menjadi tujuan MPR diketahui masyarakat luas

    ReplyDelete
  20. Jadi kangen suasana saat ikut event serupa di Lampung dulu

    ReplyDelete
  21. warganet Bandung keren emang sampe diundang untuk meliput ke gedung MPR sana dan mensosialisasikan program MPR

    ReplyDelete
  22. Penerapan 4 pilar ini penting sekali ya untuk diketahui dalam kehidupan berbangsa terlebih bagi anak muda

    ReplyDelete
  23. Must be fun to meet other bloggers and listen to wonderful panelists about issues at hand

    ReplyDelete
  24. Ini yaa, teh...mengapa semua orang, tanpa memandang gender harus melek politik.
    Karena politik itu ada dan harus diikuti agar gak salah dalam berpendapat, apalagi dengan kencangnya arus informasi.

    Seru banget kegiatannya.

    ReplyDelete
  25. Sebenarnya kalau dimulai dari diri sendiri sudah memahami keempat pilar tadi, Insya Allah dari kecil sudah terbiasa ya pada perbedaan yang ada di sekeliling kita. Jadi tak mudah terpecah belah.

    ReplyDelete
  26. Wah ini kebayang obrolannya ngobrolin nasib negara hhehe.
    Semoga yaaa negara ini bisa survive dari semua masalah yang rame pada masa sekarang dan masyarakatnya bisa kembali mengamalkan nilai2 pancasilanya

    ReplyDelete
  27. Seru banget nih eventnya ya. Kita diingetin soal 4 Pilar MPR. Jadi ngeuh juga kalo UUD 1945 setelah amandemen jadi sedikit berbeda. Semoga ya 4 Pilar MPR ini bisa kita amalkan dan kita sosialisasikan nlai-nilai kebaikannya.

    ReplyDelete
  28. seneng banget deh kemaren ikutan ngobrol bareng MPR RI ini, pulang pulang jadi bawa wwawasan baru, semoga bisa menerapkan 4 pilar MPR RI di kehidupan sehari hari ehhehe

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS