Belajar Mendengar Dengan Setulus Hati

Senin, 26 Februari 2018



Seperti yang telah berkali-kali gue tulis di blog ini, salah satu trik yang selalu gue pakai untuk bisa lebih dekat dengan Kayla & Fathir adalah : Trik Mendengar.

Trik ini gampang-gampang susah untuk dijalankan karena Trik Mendengar yang gue bahas di sini bukan sekedar ‘mendengar’ Kayla cerita tentang latihan Paskibra-nya sembari gue mainan hape untuk scrolling timeline twiter dan nyari spoiler-an drama,…

dengerin Kayla ngoceh dulu sambil ngemil :))
Atau mendengar Fathir ngoceh tentang latihan futsal-nya sambil mata gue jelalatan nonton acara gosip tentang pernikahan abad ini yang melibatkan konsonan langit sehingga omongan Fathir cuma masuk kiri keluar kanan dan tidak mengendap sepercik pun di hati gue,.. 

*sejujurnya hal tersebut sering terjadi, makanya gue bilang mendengar itu susah!*

Tapi trik mendengar yang gue bahas disini adalah benar-benar tidak melakukan apa pun dan berkonsentrasi setulus hati mendengarkan ocehan mereka se-sepele atau se-gak-penting apa pun topik yang sedang mereka bahas.

Sejujurnya agak sulit bagi gue untuk berkonsentrasi mendengarkan Fathir, apalagi kalau Fathir udah mulai membahas secara mendetail tentang silsilah keluarga atau garis keturunan Naruto bhahahaha.

Mendengarkan Fathir mengoceh memang merupakan tantangan tersendiri bagi gue, tapi gue berusaha untuk menikmati setiap detiknya karena dengan cara itu gue merasa bisa lebih dekat dengan Fathir. Bisa lebih memahaminya.

suka paling pusing kalo Fathir udah bahas Naruto atau Minecraft!
Kendala gue sih dalam mendengarkan ocehan mereka selain suka sulit berkonsentrasi dan fokus mendengar, biasanya gue suka gak tahan untuk memotong ocehan mereka terutama kalo menurut gue ada pendapat atau tindakan mereka yang kurang sesuai ama gue. Bawaan gue tuh sukanya jadi pengen motong omongan mereka terus berbalik ngoceh dan menasehati mereka hehehe. 

Suka agak sulit untuk menahan diri dan masih berusaha sih. Karena kalo gue keseringan motong ocehan mereka yang lagi bersemangat dan ujungnya menasehati, biasanya mereka jadi suka males lagi cerita ama gue sih. Well, I learned my lesson, udah berapa kali kejadian soalnya. 

Makanya kalo lagi sesi mendengar, gue akan fokus untuk mendengar dulu aja, kalo pun ada yang kurang sreg di gue, biasanya gue diemin dulu dan baru akan gue bahas di waktu yang lain. Bukan ketika mereka lagi semangat ngoceh.

Walaupun Trik Mendengar itu agak sulit untuk dijalankan dan banyak kendalanya tapi ketika sudah berhasil melakukannya gue merasa kayak lebih dekat deh sama anak-anak, karena mereka jadi jauuuuh lebih terbuka ama gue.

Aniwey, di postingan ini gue cuma pengen bahas sedikit ‘hasil’ dari trik mendengar gue sama Kayla. Iya, keuntungan dari Trik Mendengar ini juga bisa dijadikan bahan postingan di blog kalo lagi bingung pengen posting apaan hahahaha *eksploitasi terus!*

Kayla dan Kpop.

Walaupun gue ini keranjingan drama Korea, tapi gue belum memberikan izin ama Kayla untuk nonton drama Korea soalnya dia masih SMP.Terlalu berat unsur baper-nya, mungkin ntar aja kalo dia udah SMA kali yah bhahahaha.

Dia pernah beberapa kali dengerin lagu Kpop tapi waktu itu komentarnya hanyalah, “Mama, kayaknya aku gak suka Kpop deh soalnya perasaan kok musiknya ‘berisik’ gitu sih!”

OKEH FAIN!

Saat itu sih gue cuma dengerin dan manggut-manggut aja. Sampai suatu ketika Kayla nge-chat, barulah gue tersadar bahwa ternyata profil pict-nya Kayla adalah Baekhyun, salah satu personil EXO bhahahahaha.

kenalin, ini yang namanya Baekhyun!
Ternyata teman sekelas Kayla banyak yang Kpoper, jadilah Kayla pun ikutan kebawa-bawa karena tiap hari dengerin lagu Kpop terus. Tapi jadinya seru sih, gue ama Kayla jadi punya bahan yang bisa digosipin dan dibahas tiada henti hahahaha.

Tapi yang kasihan sih Abah, kalo lagi nge-chat ama kita suka rada tertegun soalnya yang satu profile pict-nya Baekhyun sedangkan yang satu lagi profile pict-nya Park Hyung Sik bhhahahaha. Semoga Abah selalu dikuatkan yah.

Saking sukanya sama Baekhyun – EXO, Kayla iseng bikin akun di instagram yang isinya Baekhyun Fact atau semacam fakta random tentang Baekhyun. Materinya ada yang dia cari di google tapi ada juga yang dia karang sendiri semcam fake-fact gitu lah. 

Tapi kadang suka nyengir sendiri sih kalo baca fake-fact ala Kayla karena suka random parah. Misalnya aja dia pernah membahas peralatan mandi yang biasa dipakai Baekhyun yaitu : handuk, odol, sabun cair dan tidak lupa gayung kesayangan. HALAH! BAEKHYUN MANDINYA PAKE SHOWER KELEUS!

Ada juga Baekhyun Fact ala Kayla : Bila Baekhyun lapar ia akan makan dan ketika haus biasanya ia akan minum! INI FAKTA APOSE?! KOK UNFAEDAH BANGET?! Kalo bukan anak sendiri udah gue unfollow dan gue block akun itu deh bhahahahaha.

Tapi anaknya jadi rajin ngulik sih. Dia jadi rajin belajar ngedit foto dan browsing berbagai aplikasi yang memudahkan dia untuk mengedit. Kayla juga suka iseng bikin editan video misheard lyrics lagu EXO buat dipublish di instastory-nya dia. Kalo ada yang belum paham video misheard lyric itu maksudnya gimana boleh cobain mampir dan dengerin sendiri aja di youtube yah, nih gue kasih contohnya

Kayla beneran nyari sendiri video-nya, bikin sendiri liriknya, ngedit sendiri dan bahkan ketika mau pajang di insta-story, dia pilah lagi video itu per-15 detik karena insta story kan cuma bisa 15 detik doang. 

Yah walopun videonya memang kurang berfaedah, tapi minimal dia kan jadi tergerak buat belajar dan nyari sendiri gimana caranya ngedit video  kan yah hehehehe.

Kayla dan OCRP (Original Character - Role Player)

Sekarang Kayla sepertinya udah mulai rada  bosen mainan instagram dan mulai suka mainan line.

Dulu sepertinya gue pernah posting deh kalo Kayla sempat keranjingan main musically dan gue bagaikan terjun ke dunia yang tidak gue pahami sama sekali karena ternyata di ranah musically itu banyak selebnya bhahahaha. Boleh mampir ke : Seleb Generasi Millenial yang tidak Gue Pahami

Saat ini kayaknya lebih parah lagi sih karena Kayla belakangan ini lagi suka mainan Role Player.

Jadi dia membuat sebuah akun tokoh Kpop idolanya, dalam hal ini dia memilih tokoh Ji Soo personil Black Pink, terus dia berperan sebagai tokoh itu. Elo udah puyeng belon? *sodorin panadol*

Nanti di dunia RP – Role Player dia bakal ketemu berbagai tokoh lain, biasanya sih teman satu grup-nya, sesama personil Black Pink juga misalnya Lisa, Rose atau Jennie dan akhirnya mereka temenan deh. *trus di mana letak serunya yah? Kata Mama-nya yang belon paham tentang dunia RP*

Kadang mereka ketemuan juga dengan para personil dari group lain misalnya Red Velvet atau WannaOne atau BTS, trus ya udah mereka temenan lagi deh. Elo udah pengen jedotin kepala ke pintu kamar mandi belon? *sodorin keset kamar mandi*

pinjem jaket BTS-nya Kayla mumpung anaknya lagi sekolah. Aniwey bias Kayla di BTS tuh Suga!
Kadang aku ingin memekik padanya : APA SERUNYA SIH MAIN GITUAN?! Tapi kalo menurut Kayla sih seru banget! Jadi ya udah lah yah.

Saat ini Kayla mulai naik level dan gak sekedar mainan RP – Role Player aja, tapi mulai mainan OCRP atau Original Character Role Player. DUH GUSTI INI APAAN LAGI SIH KENAPA RIBET BANGET MAINAN KIDS ZAMAN JIGEUM?!

Duh gue juga masih puyeng kalo dengerin Kayla cerita, tapi intinya adalah Kayla sekarang jadi suka bikin cerita fiksi di line berdasarkan tokoh original ciptaan dia gitu lah yah.

Trus pas gue baca ceritanya di akun dia, eh ternyata lumayan juga lho. Dan yang nge-like juga lumayan banyak. Ada salah satu cerita Kayla yang bisa dapet sampe 1200 like bhahahahaha. Tapi ketika gue tanya apakah ceritanya boleh gue pajang di blog ini, dia menolak. Malu katanya hehehe.
OC-RP ala Kayla
Setelah gue baca-baca cerita di akun OC-RP milik Kayla barulah gue tersadar. Berbanding terbalik dengan gue yang sukanya nulis di blog dan bikin cerita non fiksi yang kocak-kocak ternyata Kayla ini gemar sekali menulis cerita fiksi dengan ending yang TRAGIS! Karakternya kenapa kok dibikin mati semua sih Kaylaaaa! Huhuhuhu

Gue jadi teringat bertahun-tahun lalu ketika Kayla masih SD, dia juga suka nulis cerita pendek di buku binder kesayangannya. Dan pada saat itu pun cerita yang dia tulis eman sudah menyiratkan unsur tragedi semua. 

Gue sampe ubek-ubek lemari buat mencari binder kesayangan Kayla tersebut dan untunglah ketemu. Cerita karangan Kayla waktu zaman masih kelas 1 SD :

Cacing Mati : ceritanya tentang si Cacing yang sedang sakit kemudian ditengok oleh teman-temannya. Tapi kemudian mati dan dikuburin deh. Ckckckck…

Jeruk Sakit : cerita tentang jeruk yang keasyikan main di kulkas dan kemudian sakit demam, karena main di kulkas itu dingin. Sejak itu ia sudah tak mau mau lagi diajak main oleh teman-temannya di kulkas. APASIH?


Gajah Tenggelam : Ini kayaknya udah gak usah dibahas lagi lah yah dari judulnya aja udah ketahuan gimana nasib tragis si gajah.

Tapi menurut gue sih yang paling seru adalah cerita Kayla yang judulnya : Nenek Pemungut Daun. Harap diingat kalo saat itu Kayla masih sekitar 6-7 tahun dan duduk di kelas 1SD yah. 

Cerita karangan Kayla waktu zaman masih SD
Nenek Pemungut Daun 

Pada suatu hari, ada seorang nenek-nenek yang sudah bungkuk sekali. Pas masih kecilnya nenek itu shalatnya Cuma 2 menit. Kan kalau yang lainnya 5 menit. *sudah mulai aneh kalimatnya*


Lalu nenek-nenek itu sakit, jadi nenek itu pergi ke dokter. Kata dokter, nenek itu sebentar lagi mau meninggal.Akhirnya nenek itu melihat kakek-kakek di kuburan.Nenek itu mau bekerja di kuburan.

Kerjanya memungut daun, sehari 3 plastik. Pas sudah 2 hari, nenek itu akhirnya meninggal.

Apa pun plot dan karakternya, pokoknya endingnya harus ada yang meninggal. Duh, kenapa kayak gitu sih Kaylaaaa bhahahaha.

Sampai saat ini sih gue masih mengikuti dan mengawasi terus semua kegiatannya Kayla. Gak terlalu banyak ngatur ini-itu yang penting Kayla tahu batas aja. Ternyata dari kegiatannya bikin akun di instagram Kayla jadi tertarik buat belajar ngedit foto dan video. Dan dari kegiatannya mainan RP di line Kayla jadi tertarik buat bikin cerita fiksi.

Gue sih bersyukur karena Kayla bersedia menceritakan semuanya ke gue. Mudah-mudahan sih sampai gede pun akan selalu kayak gitu yah Kayla, cerita semuanya ke Mama.

Mama janji gak akan semuanya diposting di blog kok muehehehehehe.

 

41 komentar:

  1. Ini kayaknya harus jadi skill wajib. Mendengarkan anak memang penting menurutku. Semoga pas nanti anakku udah gede, dia mau cerita sama aku dan aku bisa menjadi pendengar yang baik buat dia.

    Anyway, tulisan Kayla zaman SD menurutku udah bagus Mba. Ngga nyangka masih kelas 1 SD tapi uda runut gitu jalan ceritanya.

    Konsep RP dan OCRP masih bisa kupahami, tapi aku ngga bisa ikutin kekoreaan karena idol terlalu banyak. ����

    BalasHapus
  2. Aku ga mudeng soal Naruto dan RP itu, Bi. Dulu cuma taunya main bongkar pasang, hehehe.

    Wah, Kayla kayaknya ada bakat menulis kayak mamanya.

    Bi, bentar lagi dong bakal nonton drakor ama Kayla. Seru nih kayaknya, hehehe.

    BalasHapus
  3. Bahahaha, ponakanku jg suka ngoceh dan kadang nyambi sambil ini itu. Terus kalo aku liat drakor, dia ciye2 in. Dia yg msh piyik pernah kuajak nntn drakor, wakakaka

    Soal cerita tragis, ya mgkn karena Kayla blm mikir cinta2 an. Jd dibuat mati biar ada hikmahnya

    BalasHapus
  4. Aku dulu sama artis ya disuka ya suka aja liat, gak sampai edit video segala. Yah, anak jadul. Sekarang anak2 makin kreatif. Tetep diawasi dan jangan lupa diajak nonton konser boyband Korea juga

    BalasHapus
  5. Kok itu ada gif aku?
    *Dari SM Stan mmaniak yang selama ini ngaku sebagai Baekhyun*

    AHHHAHAHAHHAHAHAHAHAHAHHA

    SALAM WE ARE ONE, KAYLAAA!!
    KITA SE-FANDOM DAN BIAS KITA SAMA HAHAHAHAHHA

    Btw aku baru tau lho ada yang namanya RP dan OCRP
    Tau gitu aku udah main dari duluuuuu (tentu saja sebagai Byun Baekhyun a.k.a Bunny rabbit nya EXO hahahahha)

    Daaaan agak ngakak juga baca cuplikan ceritanya Kayla. Kok kayak aku ya, genrenya? Coba deh teteh baca semua flash-fiction ku. Itu endingnya mati semua dan tragis tragis semua hahahhaha

    Watu berlalu begitu cepat ya teh
    Nggak lama lagi bakal muncul video dance cover Kayla dan Teh Eri coverin lagu Blackpink atau Red Velvet nih hahahahhahahahahhahahahha

    BalasHapus
  6. Wkkk...cerita kayla endingnya sedih, tp ttp bikin ngakak jalan ceritanya��

    Oke mba..aku tak bljr jd pendenger buat anak2. Tp anakku yang sulung..ngomongnya dikit..

    BalasHapus
  7. aku juga lagi belajar mendengarkan anak nih... uda bisa ngomong, uda bawel, apa aja diceritain... kadang diulang2 kayak kaset rusak, tapi tetep harus didengerin hahahaha...

    BalasHapus
  8. mendengar itu gak mudah kadang kalau anak sedang cerita malah akunay ketiduran, duh...

    BalasHapus
  9. Benar banget. Belajar mendengarkan anak itu ternyata susah ya, bawaan mau menyela saja karena merasa kita paling benar hahah.
    Ini ibu dan anak sama2 gila Korea yaaaa... kerennn!

    BalasHapus
  10. saya jadi gak sabar pengen cepet Marwah jadi gadis kayak Kayla deh, tapi kalian ini keren banget anak dan ibu gila korea, daebak!

    BalasHapus
  11. Halo teh Ery salam kenal, kali pertama mampir sini :) btw ttg mendengarkan anak emang suka gatel kalau anak lagi cerita pengen tak potong aja tapi emang ga bole pernah anakku cerita lalu aku potong ujungnya drama tangisan hahaha..

    btw cerita Kayla dari cacing sakit, jeruk sakit sampe nenek2 bikin ngakak selalu yah ada yangmati :D

    BalasHapus
  12. Udah kayak sahabat yaa, seneng anak kalau terbuka mau curhat segala macem.. memang mama adalah tempat curhat terbaik anak anaknya 🙂 jadi kangen mama

    BalasHapus
  13. Seru sekali, kompak dan bersahabat gitu. Senangnyaaa

    BalasHapus
  14. Mbak, mbak...Kayla itu adeknya ya, mbak? Eh...

    Memang remaja butuh didengarkan ya, dan itu tugas yg berat buat ortu zaman now.

    BalasHapus
  15. Anakku sudah marah Teh kalau pas lagi dia ngomong gak aku dengerin ��

    BalasHapus
  16. Jangankan anak ya, si Ai aja kalo lagi ngomong kadang pen suruh berhenti krn gak kelar2..hahhahaa.. *istridurhaka..

    Ahhh.. Kayla bakatnya ciamik juga yaaa.. Gimana caranya mau baca Teh? Ke line gitu?

    BalasHapus
  17. Waah ... Kayla ngikut bakat mamahnya. Suka nulis, meskipun beda jalur.
    Kalau ngobrol dengan anak perempuan memang seru, banyak hal yang nyambung.
    Beda kalau dengan anak laki-laki, sama kayak Teteh, anak saya juga senangnya ngomongin minecraft. Banyak gak ngertinya ...hihihi

    BalasHapus
  18. Mendengarkan memang butuh belajar juga ya teh... belajar sabar dan tidak memotong pembicaraan kadang juga susah tuh.. hehe..

    BalasHapus
  19. Kayla keren .. masih kecil udah bisa bikin fiksi, saluuut. Buah jatuh emang ga jauh dari pohonnya ya teh. Mamanya kan pinter nulis, ya iyalah anaknya jd ngikut. Btw ... Aku gagal paham sama gamenya teeh. Kita coba mainin juga yuk. Eh ....gimana

    BalasHapus
  20. Kaylaaaaa kita tos atuh sama2 suka nulis fiksi, tapi saya dah lama nih ga nulis fiksi ni Mba Erry, baca cerita Kayla ini jadi pengen nulis fiksi lagi hehehe

    BalasHapus
  21. Kayla bikin yang happy ending dong... Tapi lucu bangat sih cerita waktu Kayla kelas 1SD semua tragis tapi kocak hahaha

    BalasHapus
  22. Setuju Mba Erry, jadi pendengar yang baik itu susah-susah gampang, apalagi klo ada yg lg curhat tapi sambil kongkow, mata bisa tidak fokus hahaha

    BalasHapus
  23. mendengarkan itu penting banget ya teh, tapi harus diatur dengan konsentrasi kadang kita suka ngabalieur hehehehheeh

    BalasHapus
  24. Hadeeuu, mamaaaaa.....
    Aku bingung mau ngomong apa ini mah...

    Intinya,
    Mama dan anak-anaknya semua SAMA.

    Tabarakallahu.
    Semoga makin banyak mama gaol yang mengerti dunia anak.
    Karena kita orang dewasa (( yang masih suka mencari dunia lain di drama Korea...terutama saat ada Baek Hyun, wkkwkk... ))....dan mereka anak-anak yang sedang mencari jati diri.


    Laaff Bibiteliti.

    BalasHapus
  25. teh kalo kayla hobby bikin cerita fiksi yang berujung tragis, bisa jadi nanti kayla di rekrut sama team PD-nim TvN.

    BalasHapus
  26. Teteh maaf, aku ngakak baca postingan ini. Eh Kayla punya bakat nulis ya. Ceritanya sedih-sedih tapi 😢

    BalasHapus
  27. Kayla berbakat banget sih kamu.. nanti udah gedenya mau jadi penulis novel thriller apa yak? dari ceritanya sedih semua gitu tapi udah keliatan plotnya seru, apakah ku harus add line nya dek Kayla.. Hmm.. Pokoknya (((kakak))) mendukungmu dek! :))

    BalasHapus
  28. Artikel yang keren teh<di tunggu artikel yang menariknya lagi

    BalasHapus
  29. Kaylaa eksis banget di LINE, tante kalo posting line paling banter lime cuma puluhan, huhuhuuu

    BalasHapus
  30. Aku inget banget teh, kayla yang sering nulis cerita fiksi dengan ending tragis.. Ternyata masih berlanjut sampe remaja yak. Kali2 kalau udah dewasa dia bakalan jadi penulis novel misteri, hahahaha

    BalasHapus
  31. ahhh inspiring banget sih temen kuliah gw iniii.. (ngaku-ngakuuu...), gw jadi inget utk lbh sabar dengerin para abege di rumah. Btw, anak gw yg cewek juga suka bgt sama Kpop nih ...

    BalasHapus
  32. Nah ini, masalah mendengar ini bener banget, sebagai orang tua memang ga bisa main nyela gitu aja dan kasih nasihat.Ini yang masih jadi pelajaran buat aku

    BalasHapus
  33. Aku suka dengan artikel artiker dari mba ini :) Artikelnya seru seru hhe

    BalasHapus
  34. Aku paling seneng klo lgi ngmg di dengerin baik2 mba sm tmen. Kdg suka sebel kita ngajak ngmg, eh dia sibuk sama hp

    BalasHapus
  35. perdana mendarat disini.. bibi titi teliti.. unik ya nama domainnya.. hehe..
    salam kenal.. semoga bisa mampir kesini setiap hari untuk silaturrahmi dan belajar.. ;)

    BalasHapus
  36. Selain itu, yang memberikan cerita juga senang dan merasa diperhatikan jika dengarkan dengan baik, asal jangan sampai menghakimi juga setelah mendengarnya

    BalasHapus
  37. ini perlu banget ditanamkan dalam diri seorang ibu atau pun seorang ayah untuk bisa mengerti dan pemdengarkan hal yang dialami sama anak-anaknya agar si anak tidak brcerita dengan orang lain yang tentunya akan berakibat kurang baik

    BalasHapus
  38. Lucu bgt sih cerita2 kayla wkt sd :D

    BalasHapus
  39. Hahahhahaha, aku baca bbrp cerita kayla kecil, jd ngakak :D. Anw, kalian kok malah mirip kaka adek siiih drpd ibu anak :D.

    Asyik ya mba kalo anak juga sama hobinya ama kita. Jd punya temen utk cerita :p. Anakku yg tergede masih 5 thn sih. Tp udh kliatan dia bakal punya hobi sama kayak aku, main wahana ekstreme :D. Sayangnya krn masalah tinggi bdn, tiap kita traveling, dan ke tempat2 main wahana seram, kayak rollerciaster ato bungee, dia banyak yg blm bisa dinaikin. Tp anaknya sndiri udh bertekad, "aku hrs bisa tinggi, supaya bisa nemenin mami bungee jumping" huahahahah.. Maminya pun happy to the max :p

    BalasHapus
  40. ngakak baca artikel ini kak, suka banget sama artikel-artikelnya menarik sekali :)

    BalasHapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS