Menuju Hidup Sehat

Rabu, 21 Desember 2016



(sponsored post)
Seperti yang pernah gue posting di blog beberapa waktu yang lalu, Abah baru saja sembuh dari sakit. Saat ini sih kondisinya sudah jauh lebih baik walaupun masih ada beberapa pantangan yang harus dijalankan oleh Abah, yaitu gak boleh makan gorengan dan nasi padang. 

Abah sepertinya merasa cukup menderita menjalankan pantangan ini, karena kedua jenis makanan tersebut merupakan favoritnya dia banget. Ada suatu masa, ketika Abah terlihat sangat ‘sakau’ sehingga sepanjang hari ia membicarakan gorengan tanpa henti hahaha.

Bahkan pernah pada suatu waktu, sepulangnya kita dari pernikahan teman kantor Abah, sepanjang jalan Abah menapak tilas semua tukang gorengan favoritnya dia. Ini kocak banget, Abah mengoceh gak jelas : Nah disini gorengannya enak tapi abangnya jutek banget, nah kalo di jalan A harganya agak mahal tapi tempatnya bersih bener, kalo di jalan B tukang jualannya ramah deh tapi minyaknya item, blablabla.

Ini seriusan lho! Ternyata suami gue sampe segitu terobsesinya sama gorengan bhahahaha.

Sepulang dari nikahan Abah sibuk ngoceh tentang gorengan
 Tapi hikmah yang bisa diambil dari peristiwa sakitnya Abah tersebut, adalah kita sekeluarga jadi merasa lebih concern lagi sama yang namanya kesehatan. Semacam wake-up call gitu lah. Walaupun jujur saja, kita juga sempat mengalami masa-masa parno yang rada bikin stress. Tepatnya gue sih yang kayak begitu hehe. 

Anak-anak sempat gue larang ini-itu dan tidak gue perbolehkan mengkonsumsi berbagai bahan makanan tertentu, yang mana pola seperti itu ternyata bikin gue jadi tambah stress *iya, aku lebay*

Tapi untunglah semua itu hanya sekedar fase saja, setelah fasenya lewat gue pun bisa lebih santai dan gak terlalu tegang lagi. Walaupun tetap lebih waspada.

Menuju Hidup Sehat

Menjalankan pola hidup yang lebih sehat sepertinya harus segera dijadikan resolusi untuk tahun depan nih! *walopun perasaan setiap tahun point ini selalu gue jadikan resolusi sih bhahaha*

Lebih memperhatikan asupan makanan dan gizi yang cukup buat keluarga menjadi PR besar buat gue. Sejak kejadian Abah sakit, gue yang tadinya jarang ke dapur mau gak mau jadi harus lebih sering memasak karena Abah gak boleh sembarangan makan dan jajan diluar. 

Dan efeknya, gue pun jadi lebih disayang sama Mang Sayur komplek Abah  hehehe.

Gue pun sudah berniat untuk mulai berolahraga kembali  yang mana sudah cukup lama gue tinggalkan karena alasan paling cemen sejagat, yaitu males. Padahal dulu gue lumayan rajin ikutan senam barengan ibu-ibu komplek di studio senam dekat rumah sih. 

Ehm, kayaknya gue harus beli baju senam  ala JKT 48 untuk membangkitkan semangat senam kali yah! *belum juga mulai olahraga, udah konsumtif duluan*

Kayaknya tantangan paling besar menjalankan pola hidup sehat bagi gue adalah mengurangi porsi begadang agar supaya bisa mendapatkan tidur yang cukup sih. Karena gue masih sedikit kesulitan menahan hasrat untuk menonton drama Korea sampai lewat tengah malam. Buat gue, dilarang begadang itu bagaikan dilarang ketemu pacar! *anaknya suka derama banget*

Tapi demi menuju hidup sehat, sedikit demi sedikit lagi gue kurangin sih.

Menjaga Lingkungan Tetap Bersih

Selain berusaha untuk menjaga pola hidup agar lebih sehat, yang tidak kalah penting adalah tentu saja menjaga lingkungan tempat tinggal kita agar tetap bersih dari segala macam kuman penyakit.

Entahlah apakah emang gue yang parno-an atau gimana, tapi belakangan ini gue perhatikan semakin banyak aja penyakit aneh dengan gejala yang semakin sulit dimengerti, akh aku lelah! *kebanyakan baca portal berita*

Apalagi cuaca belakangan ini memang sedang tidak menentu, kadang hujan-kadang panas yang mana membuat kondisi tubuh pun jadi kebawa labil juga.

Beberapa waktu yang lalu di komplek rumah gue mulai ada beberapa anak yang terkena demam berdarah, sehingga para pengurus RT pun berinsisiatif untuk melakukan fogging atau pengasapan. Warga pun  kerja bakti untuk membersihkan genangan air di daerah sekitar komplek.

Setelah itu, beberapa teman sekolah Fathir pun ternyata ada yang terkena demam berdarah juga sehingga menambah tingkat ke-parno-an gue menjadi semakin membuncah *emak parno-an minta dihempas banget ini mah*

Nyamuk ini biar kata kecil tapi seremnya minta ampun karena sumber penyakit banget. Mulai dari demam berdarah, chikunguya, malaria dan yang lagi happening seremnya saat ini sih virus ZIKA yang konon katanya dibawa oleh nyamuk.

Di rumah, untuk menumpas nyamuk gue terbiasa memakai obat semprot. Semua kamar disemprot setiap sore, kemudian pintu kamar pun ditutup sampai bangkai nyamuk berserakan di lantai kamar. Ribet sih, apalagi kalau sampai terinjak dan kemudian lengket kemana-mana. 

Males nge-pelnya atuhlah!

Gue juga merasa sangat-sangat khawatir dengan bahan kimia yang tertinggal di berbagai area yang tersemprot dan kemungkinan besar terhisap oleh anak-anak.

Harus segera ditemukan solusi untuk masalah per-nyamuk-an nih, gimana caranya supaya nyamuk di rumah pada ngabur tanpa gue harus ketakutan sama berbagai bahan kimia yang mungkin tertinggal dan terhisap sama kita sekeluarga.

Sampai akhirnya gue keingetan bahwa Tante gue baru aja beli mesin penjernih udara yang fungsinya bisa sekalian numpas nyamuk juga yaitu Sharp Air Purifier with Mosquito Catcher. Lho kok asyik banget sih ini, semacam multifungsi gitu mesinnya!

Mesin ini ternyata bisa membuat ruangan di rumah kita jadi bebas dari udara kotor, virus & bakteri  karena pake teknologi plasmacluster.  Cucok banget sih, buat gue yang suka gampang parno-an ketika berhubungan dengan masalah virus & bakteri yang berkeliaran di sekitar rumah bawa penyakit.

Selain itu, teknologi air purifier dalam mesin ini juga mampu menghisap dan menyaring semua debu & kuman di area rumah. Gue sih ngebayanginnya kalo udah punya mesin ini, udara di rumah gue bakalan terasa lebih seger deh!

Tapi kalo menurut gue fitur mosquito catcher yang dimiliki mesin ini merupakan fitur paling asyik karena bebas bahan kimia berbahaya. Bener-bener yang gue cari banget deh.

Kenapa bisa bebas bahan kimia? Soalnya mesin ini pake sticky glue sheet yang bisa menarik perhatian nyamuk melalui sinar UV & punya daya hisap yang kuat pulak. 

Kalau pakai mesin ini di kamar, si nyamuk beserta gerombolannya yang menyebalkan itu dijamin bakal terhipnotis dan terlena untuk terbang kearah mesin sampai kemudian terperangkap di dalamnya deh, yeay!

Gue sih jadi berasa makin penasaran sama mesin ini deh. Kayaknya harus mulai melancarkan rayuan manja-manja-gemes dulu ke Abah biar weekend ini bisa melipir dulu bentaran ke mall buat kepo-in Sharp Air Purifier with Mosquito Catcher deh.

Mudah-mudahan sih resolusi hidup sehat gue tahun depan bisa terlaksana dengan baik dan gak terombang-ambing tak tentu arah kayak tahun-tahun sebelumnya deh yah. Amin-in atuhlah!

37 komentar:

  1. Aduh gorengan... Itu berat banget dijauhin, Teh. Saya pun nyoba nih ngeganti gorengan dengan yang lebih sehat. Suami saya suka banget pisang goreng, belakangan saya alihkan dengan pisang dibakar atau direbus. Agak ga tega juga sih karena dia lebih lahap kalau makan pisang goreng daripada yang direbus atau dikukus. Ikan juga gitu, bela2in bikin ikan rica-rica supaya ga ikan goreng mulu. Semoga sehat2 selalu ya buat abah, teteh, dan sekeluarga...

    BalasHapus
  2. Gorengannya kl bkin sendiri ttp g boleh ya mb, hihii buat obat sakau aja. Hadehh emang gorengan ni cemilan paling nikmat tapi juga sesat, hahaha, sama mb rsolusiq tahun ni jg hidup leboh sehat dgn pola makan yg benar and olahraga. Yaaah walaupun entah kapan mau olahraganya wkkk

    BalasHapus
  3. Duuuh gorengan sama nasi padang itu nikmat bangaat, saya juga sukaaaaa bangaat Mba Erry *Tosh Abaaah hahahaha

    Sabar ya Abah, semoga cepat sehat dan nanti bisa icip-icip lagi gorengan dan nasi padang. Aamiin :)

    BalasHapus
  4. Setuju Mba Erry sehaat itu penting bangat,jaga makan dan lingkungan sehat itu wajib bangat.


    Betuuuul, jangan begadang Mba Erry, ingat kata Bang Haji, Jangan begadang kalo tidak ada gunannya *padahal gunanya lagi menghibur diri bhahaha

    BalasHapus
  5. Saya pernah lihat iklannya nih Sharp Air Purifier with Mosquito Catcher ini, saya juga pengen punya Mba Erry, seram sama nyamuk, takut kena DBD dan terserang penyakit lain2 juga. Beli juga akh untuk pencegahan, modelnya jg lucu.

    BalasHapus
  6. gorengan emang salah satu makanan abang2 paling nagih sih ya hehehehe...

    dulu aku juga suka semprot obat nyamuk kak, cuma sejak jayden sering batuk2, semprot2nya distop... soalnya ternyata itu ngaruh banget ke pernapasannya jayden... akhirnya kami semprot kalo mau pergi seharian doang... alat ini kayaknya oke juga ya, aku juga serem sama nyamuk2...

    BalasHapus
  7. Ini udah masuk wishlist aku ke suami :D secara nyamuknya meeeen, banyak pisan sekarang ampun deh.. serem banget kalau anak kena DBD

    BalasHapus
  8. sehat jiwa juga dengan rajin nonton drmana

    BalasHapus
  9. gorengan itu mmg menggoda..apalagi sore hari abis pulang kerja...pengganjal perut lapar sebelum masak hehehe

    BalasHapus
  10. gorengan enak... sehari gak pernah lewar..ngunyah terus mah...

    semoga Abah sehat terus ya...

    BalasHapus
  11. Penderitaan banget ngak boleh makan nasi padang ihik ihik
    Btw ini sharp yang bisa ngusir nyamuk debu bakteri yaaaa,

    BalasHapus
  12. saat ini saya susah banget nahan hasrat begadang Teh, soalnya kalo mau ngedownload drama bisanya hanya tengah malem *biasalah pake kuota tengah malam *

    semoga saya pelan2 bisa mengurangi kebiasaan begadang ini, amin..

    sehat terus yaa Teteh sekeluarga :)

    BalasHapus
  13. Hidup sehat harus dimulai ya teh, kalau sehat mau lakuin appaun itu bisa. Nasi Padang gak bisa uhuhuh kebayang beratnya Abah ya..

    Dan sharp ini bikin mupeng deh. Secara di rumah ada balita dan bayi kan jadi suka wiswas sama debu dari rumah sebelah yang lagi direnov. :( mau ikutan melipir juga ah cari tau harganya..

    BalasHapus
  14. gorengan.. itu semacam mood doping lho teh *ajaran sesat mode on*

    BalasHapus
  15. Aku juga merasa gemukan di daerah perut. Gak nyaman banget. Perlu situp senam erobik deh kayaknya. Tapi kapan yaaa. Hiks.

    BalasHapus
  16. Waaahhh, fiturnya oke banget....
    Ini ada efek menyejukkan ga ya mbak?
    Ak ngecek di toko online harganya sekitar 2,4 jutaan.
    Sebenernya lagi mempertimbangkan untuk beli AC untuk kamar bayi, tapi kayanya produk ini lebih bermanfaat ya....

    BalasHapus
  17. paling kebayang nasi padangnya nih :3

    salam,
    kesya

    BalasHapus
  18. Aku belum bisa pisah dengan gorengan.. Belum.. Belummm.. (nangis manja di pelukan bo gum)

    BalasHapus
  19. dari dulu pengen alat buat nyamuk kaya di atas,soalnya nyamuk d rumah banak bnget tapi belum kebeli

    BalasHapus
  20. Hidup sehat tuh berat di awal ringan di tahap selanjutnya :)

    Salam,
    Puput

    BalasHapus
  21. ini aku kudu punya, sebagai pengganti obat nyamuk dan biar kulitku enggak digigit. COba aku googling yaaa

    BalasHapus
  22. Wah iya bener. Kalo pake obat semprot lengket di lantai. Dan sama ... PR amat ngepelnya :v

    BalasHapus
  23. Lagi ngarepin bonus akhir tahun mas iwan biar bisa beli air purifier ini :))))
    Biar kulit nggak batik, digigitin nyamuk.

    BalasHapus
  24. blog walking, salam kenal mba. Karena judul blognya langsung ngingetin sama bibinya Bobo di majalah anak-anak yang suka aku baca hihi.

    .
    .
    Sakit emang jadi pelajaran ya untuk hidup sehat. Semoga sehat selalu keluarganya bi, eh mba ^_^

    BalasHapus
  25. keren nih, patut di contoh ^^

    BalasHapus
  26. Nah.
    "Malas" itu adalah satu alasan paling kuat yang susaaaahhh betul ditolak. Kalau udah sekali malas, dibiarkan ya terus-terusan.
    Hihihi..

    BalasHapus
  27. Biiii,, kalau gorengan, saya ga ngaruh, tapi nasi Padang? Bisa kelar hidup kayaknya *ikutan drama ahh :D
    Wah ini alat keren punya juga, nih, udara bersih, nyamuk terperangkap, ngedrakor tanpa dibisingin oleh tepuk2 nyamuk yaa.

    BalasHapus
  28. Amin. Smoga resolusi tercapai ya mbak.
    Wah aku juga harus mulai olahraga nih tahun depan, badan udah melar semua :)

    BalasHapus
  29. setuju banget mbaa.. kalangan muda sekarang ini pola makannya asal-asalan banget. Padahal dampaknya ketika sudah tua nanti ... alatnya makin canggih :) dulu masih pake raket nyamuk wkwk

    BalasHapus
  30. waah emang harus mulai bener2 perharian sama tubuh nih

    BalasHapus
  31. Ah... Erry..
    saya jadi inget cerita temen kantor yang ngeliat ada tikus got kecemplung minyak di tukang gorengan sebelum kompor nyala.. trus udh gitu dgn santai si abangnya ngangkat tikus tadi trus lanjut ngegoreng... hiyaaa...

    btw berapa harga mosquito catcher ini jadinya? :)

    BalasHapus
  32. itu mesinnya cuma nangkap nyamuk ya?
    kalau sudah tertangkap lalu nyamuknya gmn? mati kesetrum?

    BalasHapus
  33. naksir banget akuuu sm purifier sekaligus penangkap nyamuk iniii
    hmmm apalagi klo sekalian bs membasmi tikus
    haishh apalah :D

    BalasHapus
  34. Percayalah gorengan itu menggoda banget, tapiii :3 huhuhu

    Salam,
    Oca

    BalasHapus
  35. wah .. fiturnya oke bgt ... jadi tertarik mau beli

    BalasHapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS