Kamis, 25 Agustus 2016

Mencari Ketenangan di 4 Vila di Bali


Kalau inget Bali, hati gue ini rasanya suka semacam teriris-sedih-nyelekit-tapi-ada-manis-manis-gimana-gitu-deh *APASIH*

Sebenernya kalau boleh jujur sih, dari dulu kita udah berniat dan menabung buat bisa pergi liburan ke Bali sekeluarga, tapi entah mengapa kagak pernah jadi-jadi perginya.

#BilangAjaDuitnyaKepakeTerusRempongAmatHidupLo
#PersoalanHidup

Jadi gitu…

Setelah dipikir-pikir lagi, ternyata terakhir kalinya gue pergi ke Bali adalah ketika baru aja menikah. Ehm, berarti sekitar…400 juta tahun cahaya yang lalu yah muahahaha *tertawa getir penuh kepedihan*

Foto jadul belum jaman camera digital dan camera depan, jadi kalo mau selfi harus main tebak-tebakan posisi
Namanya juga saat itu kita baru menikah dan masih belum ada Kayla & Fathir, jadi gaya travelling kita saat itu spontan dan cenderung nekad banget. Saat itu kita lagi tidur-tiduran di tempat kost-an yang hanya terdiri dari satu kamar doang dan kalo mau ke kamar mandi harus berebutan dulu.

Gue bahkan masih teringat saat itu eternit yang ada di kamar kost gue bolong, sehingga sama ibu kost-nya ditutupin pakai poster dengan gambar Kahitna. Jadi dulu kalau mau tidur gue terkadang suka menerawang dan saling bertatapan penuh arti dulu sama Hedi Yunus hahaha.

 kiri atas poster Kahitna - kanan atas handuk bekas pakai yang digantung di pintu lemari *KERJAAN SIAPA SIH TUH!*

Saat itu gue semacam randomly ngomong ke Abah : eh, kita ke Bali yuk.
Trus Abah pun dengan santai menanggapi : yuk!

Dan kemudian minggu depan kita pun langsung berangkat ke Bali, naik kereta pulak karena duitnya pas-pasan! Bhuahahaha.

Waktu itu masih belum terlalu jaman untuk browsing ini-itu sih, atau mungkin memang kitanya aja yang pada dasarnya males dan sok kepengen berpetualang, jadi main berangkat aja sih.

Akhirnya memang buah dari kenekadan kita saat itu adalah sesampainya di Bali kita pun resmi jadi gembel hahaha.

Sekarang sih kita udah gak berani lah travelling dengan gaya nekad seperti itu, karena gak tega sama Kayla & Fathir. Makanya ketika untuk sekian kalinya gue mengajukan wacana *ECIYEH WACANA* untuk liburan ke Bali, Abah pun serta merta menugaskan gue untuk melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu untuk tempat menginap kita nantinya. 

Biar bisa menyusun budget dan kita pun terhindar dari kemungkinan menjadi gembel seperti kunjungan kita sebelumnya.

Hotel – Resor - Villa

Hari gini kalau mau riset  buat tempat menginap suka jadi puyeng duluan, karena terlaluuu banyak pilihan, ada istilah hotel, resor dan villa.  Tapi kayaknya sih lebih sreg ke villa aja biar bisa lebih adem dan agak kekinian lah.

Sebenernya apa sih beda ketiganya? Sebelum menjelajah keempat pilihan vila yang akan  dituju, ngga ada salahnya coba mengerti dahulu terminologi hotel, resor dan vila.

Kata hotel awalnya berasal dari bahasa latin, hospitium yang berarti ruang tamu. Dalam perkembangannya arti kata ruang ini meluas menjadi tempat beristirahat bagi masyarakat yang juga menyediakan jasa penginapan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, terminologi hotel bermakna bangunan berkamar banyak yang disewakan sebagai tempat untuk menginap dan tempat makan orang yang sedang dalam perjalanan; bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan, penginapan, makan dan minum.
Lain hotel, lain juga resor. Dalam sebuah definisi, resor adalah hotel yang lebih cenderung bernuansa rekreatif, baik yang menyajikan hiburan, sarana olahraga, ataupun tempat berbelanja. Adakalanya resort dibangun pada tempat yang bisa dinikmati keindahan pemandangan alamnya.
Sedangkan vila adalah rumah hunian yang biasanya berbentuk rumah milik perorangan yang letaknya jauh dari keramaian, sehingga sangat nyaman untuk menenangkan diri. Alasan jauh dari keramaian inilah salah satu pilihan mengapa kita memilih vila untuk mencari ketenangan kali ini. Villa juga biasa dibangun pada tempat yang masih alami. Pada masa kini vila tidak lagi hanya untuk sebutan untuk rumah milik perseorangan, tapi bisa menjadi sebutan untuk tempat dengan kriteria diatas yang disewakan kepada masyarakat.
Nah, dari ketiga terminologi diatas, kalau memang cocok, rezekinya lagi bagus dan mau mencari ketenangan, 4 pilihan vila di Bali berikut bisa jadi pertimbangan deh kayaknya.
1. The Santai Villa
Berlokasi dekat dengan Seminyak dan Canggu, The Santai Villa mampu memberi ketenangan yang melebihi harapan lo. Layanan jemputan gratis dari bandara memberi kita kemewahan sebelum menginjakkan kaki di vila ini. Berasa kayak jadi kaisar aja sih, pake dijemput-jemput segala.
Kalau lo pecinta buku, jangan sampai tidak membawa buku favorit lo, sebab di The Santai Villa banyak spot terbaik untuk menghabiskan waktu membaca buku. Dan satu hal yang tidak boleh dilewatkan selagi di The Santai Villa: Santai. Bersantai lah sesuka hatimu selagi di The Santai Villa.
Kolam renang pribadi pada setiap vila benar-benar memberi kamu nuansa yang berbeda (Foto: baliguestinformation.files.wordpress.com)
2.  Villa Pererepan
Pilihan kedua kali ini adalah vila yang merupakan salah satu bangunan di kompleks Villa Awang Awang. Disain keseluruhan Villa Pererepan menerapkan ideologi segitiga emas Fibonacci. Kok berat banget yah, sampai ada konsep ideologi Fibonacci atau konsep Angka Tuhan pada disain bangunan Villa Pererepan.
 
Keseimbangan alam dan perpaduan antar unsur alam tertata apik pada Villa Parerepan, berada di dalamnya menjadikan pengalaman yang tak kan mudah dilupakan (Foto: lovelybalivillas.com)
Konsep Angka  Tuhan, yang dalam matematika digambarkan dengan kode Phi ini tergambar pada keseimbangan bangunan di dalam Villa Pererepan. Kita bisa memahami keseimbangan ini saat mulai masuk, pasti benar-benar terkesima dengan konsep disain dimana ukuran seimbang untuk segala kreasi di alam semesta tampak dalam kemewahan tersendiri. Bukan cuma itu, Villa Pererepan juga mengusung tinggi nilai sustainable building atau bangunan berkelanjutan.
Salah satu keunikan Villa Pererepan yang ngga bisa dilupakan begitu saja adalah view hutan asri yang bakal bikin kita serasa sedang menginap di tengah hutan lebat, selain itu kolam renang dengan pemandangan langsung ke hutan juga bisa kita nikmati selagi di Villa Parerepan.

3. Alila Villas Uluwatu 

Duh, ternyata Dee Lestari pernah menginap disini sampai bikin testimony segala lho :  

Tapi, yang paling mengesankan adalah desainnya yang cerdas. Di atap setiap villa, terdapat hamparan batu vulkanik yang berfungsi untuk mengarahkan aliran udara. Udara yang lebih sejuk mengalir ke bawah, melewati ruangan yang sepenuhnya terbuka saat siang, dibantu dengan kolam air rendah yang ada di unit outdoor shower, membuat temperatur di kamar tetap sejuk tanpa menyalakan pendingin udara.


The day was scorching hot, that even the water in our plunge pool was warm, but I stayed in the room with light sheet covering my feet. Pendingin udara baru dinyalakan sore hari ketika panel-panel penutup ruangan dipasang”.
 


Rasakan ketenangan yang hakiki berada di bangunan ini diantar hembusan angin laut dan angin dari dataran tinggi Uluwatu (Foto: Alillahotels.com)
Pencipta novel Supernova ini tentu ngga main-main bikin testimoni untuk Alila Villas Uluwatu . Vila dengan konsep green globe   dibangun pada dataran tinggi di tepi pantai, dengan 50 kamar hotel dan 35 villa keluarga. Pada hari tertentu Alila Villas Uluwatu sangat sering full booked. Jadi  mending booking dulu aja di Traveloka, segala informasi fasilitas lengkap juga diskon ada di Traveloka.

Konon katanya saat lo menginap di Alila Villas Uluwatu, pihak Alila akan mencatat minuman dan makanan kegemaran lo, jadi ketika lo datang kembali kesini, para pelayan  dengan ramah akan menanyakan kepada apakah lo  akan memesan kembali makanan dan minuman yang pernah kamu nikmati waktu itu. Eciyeeeeeh, perhatian banget sih!

4 . Villa Kayu Manis

Dikelilingi oleh hutan pohon kayu manis, Villa Kayu Manis adalah pilihan yang cocok bukan cuma untuk mencari ketenangan selagi di Bali, tapi buat lo yang juga butuh pilihan tempat untuk berbulan madu, vila ini sangat pas bersama pasangan lo. Selagi berbulan madu menikmati kemewahan artistektur dan segala fasilitas, sembari menghirup udara segar bercampur harum kayu manis. 

View pekarangan seperti ini bikin ketenangan kamu sempurna dan sulit sekali dilupakan (Foto: gerberaholiday.com)
Buat  yang senang makan di alam terbuka, Hideaway Picnic Lunch  yang ada di Villa Kayu Manis patut dicoba. Setelah menyelesaikan sesi piknik dengan hidangan yang unik, berjalan sedikit menuju Beach Club, yang terletak di Golden Sands juga patut dijajal selagi disini. Lo bisa berjemur, snorkeling, dan teropong yang sudah disediakan oleh pihak vila. 

Ya udah sih cuma segitu doang hasil browsingan risetnya. Kira-kira menurut lo villa mana yang paling asyik nih?

Trus-trus-trus kapan perginya dong?
KAGAK TAHU SIH, KAPAN-KAPAN AJA YANG PENTING MAH RISET AJA DULU!
*ya udah sementara nabung, yang mana entah sampai kapan, gue mau baper-in foto masa lalu dulu aja deh*



44 komentar:

  1. Akkk...so sweet. Btw pengen juga nginep di villa itu teh...

    BalasHapus
  2. Kalo ke bali lg napak tilas ke kos yg dulu itu dong hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya sih gitu yah Man :)

      Mengenang masa-masa penuh derita campur bahagia di kamar kost hahaha..

      Hapus
  3. Whiiy...bening banget airnya mak..
    Jadi mupeng liburan ke bali.

    BalasHapus
  4. Yang lg ngehits bgt kayaknya Alila Villas Uluwatu ya mb, doh jd pengen jjs ke Bali lg. Emang g pernah ngebosenin ni pulau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ntaaan,
      tempatnya emang nge-hits dan instragram-able banget!
      Hayuk atuh!

      Hapus
  5. Halo mba Titi Teliti :D :D

    aku suka liat foto2 jadulnyaaa.. apalagi yang foto pertama. eniwei, dari keempat villa itu, yang nomor 4 sama 2 keliatannya cozy gitu yaaa.. tq referensinyaa mba Titi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo :)

      Foto jadul belum jaman camera digital ituh hahaha..
      Villa-nya emang asyik & cozy banget yah :)

      Hapus
  6. Alila ini tempat foto Ji Chang Wook waktu ke Bali teh *.*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akh, pantesan aku berasa familiar gitu sama namanya..halah..

      Ternyata tempatnya bang Healer toh!

      Hapus
  7. Kalo Teh Erry udah pernah ke Bali, kalo saya belum pernah, huhuhu :(
    beberapa kali nyaris ke sana tapi selalu ajah ada halangan, semoga suatu saat nanti saya dan keluarga bisa ke sana, amin..

    btw suka sama foto-foto jadulnya Teteh dan Abah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan suatu hari nanti kesampaian ke Bali barengan sama keluarga yaaah..
      Kalo bisa gratisan menang lomba blog hahaha..

      Hapus
  8. ya ampuun mba... villa-nya keren2 banget. Mba Erry... kesana lagi buat honeymoon kedua ya... :)

    BalasHapus
  9. Masih mending terakhir ke Bali habis nikah, lah aku terakhir ke Bali 20 tahun lalu, pas kelas 2 SMA..hihi

    BalasHapus
  10. Woaaa vilanyaaa
    Dulu pas ke bali dpt penginapan yg viewnya krg bgt. Etapi pengen jg ngegembel sama pasangan, hahaaha

    BalasHapus
  11. referensi Villanya kece-keceh semua Bi,,
    ikutan nabung ahh, sapa ntar ketemu Bibi disalah satu Villa,,
    Tapi,, ngebolang nekad itu seru juga kayaknya Bi,, serasa masih abegeh gitu :D

    BalasHapus
  12. teteh sih dulu gk kenal aku, cb kalau kenal teh, kn gk sampek ngegembel teh, bs nginep di rmh aku, totalan belakangan yak, hahaayyy
    ciee teh erry romantis cieeee

    BalasHapus
  13. Villanya asyik, teh. Buat honeymoon. Hihi. Hayuk atuh ke Bali lagi :D

    BalasHapus
  14. villanya pengen ku kunjungi semua kayaknya XD

    BalasHapus
  15. aduh, kalo nginep di Alila Villas itu bisa nulis kyk Dee nggak Bi nanti? *mulai delusional* hihihihi

    BalasHapus
  16. Kalau aku...pas udah mau berangkat malah ada bom waktu dulu itu. Sampe sekarang belum niatan lagi

    BalasHapus
  17. itu the santai villa kayaknya asik banget sih, bener2 bisa santai ya...tapi kalo bawa balita mah susah santainya hahahaha...

    kalo ke bali kayaknya aku lebih milih di private villa gitu ketimbang hotel... dari segi harga, kadang ga beda jauh sama hotel... ada private poolnya juga, jadi kalo mau berenang ga usah takut ketabrak sana sini hahahaha...

    BalasHapus
  18. Balasan
    1. Lagi banyak promo mba di travel fair, lumayan buat akhir tahun XD

      Hapus
  19. Mba Erry mau ke Bali lagi nih.... cieee asyiiiknya, semoga dapat sponsor atau menang lomba Blog lagi ya Mba supaya bisa pergi sama Abah, Kayla dan Fathir juga. Aamiin :)

    BalasHapus
  20. Semuanya keren bangat villanya, saya aja sampai bingung mau pilih yang mana, nginapin semuanya aja Mba Erry, minimal semalam-semalam saja hehehehe

    Tapi kalo disuruh pilih satu, saya pilih Alila Villas Uluwatu kayanya keren apalagi sampai dibikin testimoninya oleh Mba Dewi Lestari :)

    BalasHapus
  21. Saya juga jadi pengen ke Bali lagi nih Mba Erry, terutama nginap di Villa-villa keren itu, kumpulin uang dulu juga akh, supaya ga jadi gembel di Bali nanti hehehe

    BalasHapus
  22. semoga segera kesampaian ya Teh jalan2nya :)
    btw, makasih buat sharing hasil risetnya..wkwkwkwkwk, jadi pengen jalan2 juga..

    BalasHapus
  23. Aaaaaakkkk kemesraan mu tak kalah dari Dokter Kang dan Mas bigboss mbakkkk

    hihihi

    Semoga dreamy holiday ke bali nya terlaksana segera ya mbakk..
    Amiiinn

    Aku kok kepengen gitu liat foto fathir main pasir basah basahan wkwk

    Hmmm.. Baru nyoba dua kali sih nginep di villa. Dan emang beda sama hotel. Kalau hotel luxury nya cenderung ke modern thingy gitu ya. Sedangkan kalo Villa lebih ke ethnic atau natural thingy nya

    AHAHAHAHA BAHASANYA WARBIASYAH SEKALI

    P.S.
    Btw aku lagi nonton Love in Moonlight nya Bo Gum!!
    AHAHAHAHA

    BalasHapus
  24. Teteh kalian mesra banget sih. Kabayang mun bobogohan kumaha :))

    Liburan yang deket2 aja teh. Asal bareng mah pasti asik2 aja.

    BalasHapus
  25. Duuuh seru banget sempet backpakeran bedua gitu jaman awal nikah duluuu. Dunia masih serasa milik berdua ya Maaaak. Pas udah punya anak, nggak berasa milik berdua lagi. Hueheheheheeeeee

    BalasHapus
  26. 400 juta tahun cahayaaaa... hahaha :))

    aku juga kangen Bali nihh. btw aku selalu penasaran ke bali naik kereta gimana carany deh. turun surabaya gitu ya? trus sambung bis?

    BalasHapus
  27. Erry masih pake kamera jadul aja udah selfie, ya. Hihihi ...

    Pengeeenn ... saya pengen ke Bali :D

    BalasHapus
  28. Hahahhaa tau gak bi..aku n suami n anak yg baru satu permah mencoba bertualang jadi backpacker ke melbourne. Nginep di hotel murah buat backpacker dan tebak apa yg terjadi pas antri kamar mandi: gelundung itu yng namanya bule yg lupa diri krn lagi making love di kamar mandi yg cuma ditutup tirai. Hahhahaha.. Sejak itu aku gk mau lagi travel a la backpacker

    BalasHapus
  29. kirain sama kayak pasangan muda yang lagi hits itu #ehh yang nginap di villa milik dia
    kalau ini refrensi banget nih buat yang mau ke bali, cakep banget tuh view nya

    BalasHapus
  30. Vilanya bikin mupeng. Semoga bisa ke sana ah.
    Aku pun masih inget kisah eternit bolong dan Kahitna ama malem pertama yg gatel2 itu kan biii :))

    BalasHapus
  31. The Santai Villa, Teh. Sambil nonton drama Korea. Ahahaa...

    BalasHapus
  32. Kalo liat foto2 manja villa2 kece di bali gini, kok jadi pengen mojok berduaan ama selingkuhan #eeap

    BalasHapus
  33. Jadi kangen Baliii.. Ahh tapiii.. Tapiii...

    BalasHapus
  34. jadi mau ke bali tapi harus nabung dulu

    BalasHapus
  35. oke mulai dari sekarang harus nabung dulu

    BalasHapus

 

Blog Template by BloggerCandy.com