Senin, 18 Juli 2016

Tentang Puasa, Lebaran dan Drama PPDB Online 2016!

Duh, lama sekali gue gak update blog yah.

Selama bulan puasa gue memang gak posting sama sekali, karena suka...laper bhahaha...
*alasan tidak berbobot*.

Dan bahkan setelah Lebaran pun gue masih aja tetap belum posting, karena...ehm, males!
*alasan yang lebih tidak berbobot lagi*

Sebelumnya gue ucapkan mohon maaf lahir batin dulu aja lah yah, walaupun kayaknya udah basi banget hehe.

Dan pengen posting sedikit tentang cerita puasa dan Lebaran kemarin.


Fathir di Bulan Puasa
Tahun ini adalah pertama kalinya Fathir tamat puasa secara penuh!

Di tahun sebelumnya, Fathir masih belajar puasa, terkadang masih bolong atau sahurnya jam 8 pagi sebelum berangkat sekolah. Tapi tahun ini Fathir beneran sahur subuh dan buka pas maghrib.Walaupun tetap harus ada drama-dramanya dulu lah yah.

Entah mengapa selama puasa setiap jam 2 siang, Fathir sering mengeluh terkena cegukan. Dan dia berusaha untuk berkompromi sama gue agar diijinkan minum dulu barang segelas untuk menghilangkan cegukan, dan kemudian lanjut puasa lagi. Sungguh modus yang mencurigakan!

Anehnya setelah puasa selesai, Fathir sudah gak pernah cegukan lagi di siang hari hahaha.

Dan selama bulan puasa, Fathir hobi banget pasang alarm menuju buka puasa, kemudian di alarm-nya dilihatin aja gitu, semacam dihitung setiap detiknya ckckck...

Tapi Alhamdulillah Fathir puasanya tamat sih!

Kayla di Bulan Puasa

Selama bulan puasa, selain sibuk mainan slime Kayla juga lagi suka banget main musically. Lucu-lucu sih. Kadang Kayla pasang di instagramnya.

video


Dan iseng-iseng gue baca bio di IG-nya Kayla, jadi pengen ketawa sendiri karena ada tulisan : jangan di-unfoll please bhahahaha...dih, gue unfollow juga nih!

Dan itu aneh banget, kenapa kok banyak foto IG-nya Kayla yang di-love sama akun gue yah? Perasaan gue gak pernah love-love-in tuh!

Ternyata dia suka iseng nge-love-in foto dia sendiri pake akun IG gue. Huft! Gue yakin dia juga berbuat hal yang sama pake akun IG-nya Abah deh bhahahaha...

Lebaran

Tahun ini kebetulan kita sekeluarga mudik ke Jakarta bareng sama keluarga Abah. Asyik juga ternyata jalan-jalan di Jakarta ketika Lebaran, sepi dan gak pake macet!

Selain berkunjung ke rumah nenek Abah di daerah Cipinang, kita juga jalan-jalan ke rumah saudara Abah yang lain di daerah Cileduk dan...ehm duh gue lupa deh, soalnya keseringan tidur aja kalo lagi di jalan hahaha.


Setelah pulang ke Bandung, gue juga sempet jalan-jalan dan makan bareng adek, Tante dan Nenek gue ke daerah Punclut. Selain karena tempatnya sejuk dan asyik, murah meriah juga sih soalnya hehe..


 Drama PPDB Online 2016

Jadi tahun ini sebenarnya gue agak sedikit ribet nih menyambut tahun ajaran baru. Karena Kayla masuk SMP sedangkan Fathir juga masuk SD. Double ribet deh.

Padahal sebenarnya selisih usia mereka terpaut sebanyak 4 tahun. Dulu gue dan Abah pun sudah mengatur supaya mereka gak masuk barengan seperti ini. Seharusnya Fathir masuk SD tahun kemarin, tapi karena kita merasa Fathir masih belum siap, akhirnya ditunda jadi tahun ini saja. Sedangkan Kayla masuk kelas akselerasi di sekolahnya, jadi dia hanya menjalani SD selama 5 tahun saja.

Dan yang konyol adalah dana asuransi pendidikan yang udah disiapin buat anak-anak akhirnya jadi gak sesuai deh. Dana buat masuk SMP-nya Kayla baru bisa diambil tahun depan hahaha.

Gak ada satu pun yang berjalan sesuai rencana ckckck.


Untuk masuk SD, Fathir harus melalui tes calistung dan juga ada sesi wawancara dengan kepala sekolah. Semacam ribet banget yah. Mungkin karena dari sekitar 350 anak yang mendaftar, mereka hanya menerima 90 anak saja yang akan terbagi dalam 3 kelas.

Ketika sesi wawancara, Fathir sempat ditanya oleh kepala sekolah kalau sudah besar mau jadi apa. Dan dengan cuek dia menjawab pengen jadi pelatih taekwondo aja biar kayak Abah hehe.

Fathir juga ditanya kalau di rumah suka main apa saja, dia menjawab selain suka main sepeda dan main gasing bareng teman-teman, dia juga suka nonton youtube yang me-review tentang mainan. Dan akhirnya dia mengganti cita-citanya dan mendadak pengen jadi youtuber aja hahaha.

Alhamdulillah Fathir keterima, jadi gue pun bisa agak tenang sedikit.


Sedangkan untuk proses penerimaan Kayla masuk SMP, agak sedikit drama!

Seperti yang diketahui, bahwa saat ini penerimaan untuk masuk SMP Negeri harus melalui system PPDB online. Intinya sih kita disarankan untuk mendaftar ke sekolah yang posisinya dekat rumah. System ini bagus juga karena selain bisa menekan angka kemacetan dan juga untuk menghindari adanya sebutan 'SMP unggulan' *katanya sih, tapi gak ngaruh juga lah*

Tapi yang menjadi sedikit masalah adalah tempat tinggal gue itu..ehm di daerah suburban gitu lah.

Halah, sok keren bilang aja langsung...jadi gue itu tinggal di daerah pinggiran yang lumayan padat penduduk. Di daerah gue banyaaaaak banget komplek perumahan yang padat penduduk. Sedangkan keberadaan SMP di sekitar situ gak terlalu banyak jumlahnya. Jadi yang daftar lumayan membludak sedangkan kuota terbatas..hiks..*nasib jadi orang pinggiran*


Saat itu pendaftaran dibuka secara serempak dari tanggal 27-30 Juni 2016, sedangkan pengumuman penerimaan dilaksanakan pada tanggal 4 Juli...PADAHAL LEBARAN KAN TANGGAL 6 JULI, PLIS DEH!

Gue rada panik, karena selisih waktunya mepet banget. Kalau Kayla sampai gak keterima masuk SMP Negeri, berarti akan terpotong libur panjang Lebaran dan baru bisa mendaftar masuk ke SMP swasta setelah libur Lebaran. Huft!

Akhirnya dengan mengucap Bismillah *mulai drama* gue pun mendaftarkan Kayla ke SMP terdekat. Dan ternyata sama panitia beneran dihitung radius-nya lho, berapa KM jarak dari rumah ke sekolah... duh...

Dan setelah mendaftar, gue pun rajin nge-cek website PPDB online, tapi nama Kayla kok gak tercantum terus sih! Gue cek setiap hari, tapi nama Kayla tetap gak ada walaupun dari segi NEM seharusnya sih bisa masih bisa masuk..hiks..

Gue mulai putus asa, tapi masih ragu mau mendaftar ke SMP swasta, karena rata-rata mereka meminta DP dulu dan gak bisa dibalikin Pfffttt..Sehingga akhirnya gue memutuskan untuk menunggu kepastian saja sampai tanggal 4 Juli, sembari deg-degan terus.

Tiba-tiba, Kayla menerima inbox dari salah satu teman sekolahnya yang mengucapkan selamat karena Kayla keterima di SMP negeri. Lho, tapi gue cari namanya kok tetap gak ada yah?

Ehm, okay gue akui kedodolan gue selama ini. Ternyata selama ini gue salah nge-klik kolom!

Di website PPDB online bagian atas, ternyata banyak kolom yang bisa di klik. Ada kolom Dalam Wilayah, Gabungan Wilayah, Liuar Kota, Jalur Prestasi dll. Selama ini gue keseringan nge-cek dari handphone dan hanya nge-cek data siswa di kolom Dalam Wilayah saja, yang  ternyata kolom itu khusus untuk siswa dalam kota saja.

Ternyata karena secara administratif alamat rumah kita berada di Kabupaten Bandung *kok cedih* sedangkan SMP yang didaftar berada di kotamadya Bandung, maka nama Kayla tercantum di kolom Gabungan Wilayah *duh, Kayla meuni anak Kabupaten pisan sih haha..*

Drama banget lah. Mungkin karena PPDB online ini masih system baru dan kurang sosialisasi sehingga para orang tua masih belum terlalu familiar.

Atau mungkin karena emang gue-nya aja sih yang gaptek parah bhahaha..

Tapi Alhamdulillah, Kayla juga sekarang sudah keterima masuk SMP! Mohon doanya saja yah supaya Kayla & Fathir bisa lancar di sekolah barunya.

Agak sedih juga sih, dulu mereka masih pada imut dan mungil, tapi sekarang udah pada beranjak dewasa aja siiiih huhuhu...



36 komentar:

  1. Drama yang sangat mengesankan, selamat yaaa Kayla dan Fathir :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya emak-nya doyan drama korea...jadi kehidupan pun suka dibikin drama biar makin greget hahaha...

      Makaciiiih Mommy Marwah :)

      Hapus
  2. Selamat buat Kayla dan Fathir!
    Baru tau kalo sekarang masuk SD ada tesnya :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makacih Tante Audia ;)

      Iya nih Fathir pake di tes dulu, mungkin karena peminatnya lumayan banyak kali yah, jadi pake seleksi :))

      Hapus
  3. Minal aidin wal faizin, Teh. Mohon maaf lahir dan batin.

    Selamat ya untuk Fathir dan Kayla yang naik ke jenjang pendidikan baru. Walau rencana asuransi tak sesuai keinginan setidaknya Tahun depan kan masih bisa diambil :)

    Dan bagaimana ceritanya tentang drama Korea terbaru teh, aku selalu siap menunggu tweet mu di Twitter :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun mohon maaf lahir & batin yah mbaaaak :))

      Makasih yah mbak, uang asuransi Kayla cair nih tahun depan mau aku beliin hape baru aja ah bhahaha...*plak*

      Kalem mbak, aku lagi nge-draft postingan drakor nih, ntar kalo udah publish aku mensyen yaaaah hehe...

      Hapus
  4. Maaf lahir batin juga teh :D Aku pun turut mengikuti perkembangan drama PPDB online SMP, sepertinya memang agak riweh yaaaa. SDnya fathir swasta ya Teh, kok pake tes dulu? Kalo negeri cukup berdasarkan umur aja kan ya?
    Selamat Fathir dan Kayla, semoga lancar terus sekolahnya yaaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun mohon maaf lahir batin yaaah :))

      Ngikutin PPDB online emang bikin deg-degan kayak lagi nonton drama korea dan berharap hepi ending hehe...

      Ehm, Fathir masuk SD negeri sih, tapi SD Islam Madrasah gitu. Mereka pakai sistem seleksi mungkin karena peminatnya kebanyakan kali yaaaah, sementara kuota terbatas :)

      Makacih buat doanya yaaah :))

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Meskipun telat... Maaf lahir bathin yaaa ;) Drama masuk sekolah ini bener2 bikin deg2an ya :D

    BalasHapus
  7. memang lama banget Teh Erry gak apdet blog!
    oh iya, minal aidin walfaizin juga yah Teh, maafin kalo selama ini ada komentar saya yang menyinggung atau melukai hati Teteh :)

    duh, drama PPDB ini memang membuat banyak ibu-ibu deg-degan deh. anak saya baru tahun depan masuk SD, kira-kira saya bakalan deg-degan juga gak yah??

    BalasHapus
  8. Maaf lahir bathin buat Erry sekeluarga, ngga kerasa Kayla sdh SMP n Fathir sdh SD..selamaaat

    BalasHapus
  9. Selamat ya Kayla & Fathir.
    Fauzan masih kelas 6 nih, keduluan Kayla.

    BalasHapus
  10. Seru :D
    Fathir msk sd negeri atau swasta teh? Bisikin dong :p Jav lg survei buat taun dpn nih...

    BalasHapus
  11. waaah syukuur alhamdulillah dah kay masuk ke negeri, selamet2...

    baru nyadar kite belom lebaran ya, maaf lahir batin yeee (lagi males ngeliling eykeh)
    *doohh

    BalasHapus
  12. Met lebaran duluuuuuu
    Aduhhhh, cepet banget sih udah pada remaja tiga-tiganya di foto itu #lhoh. Haha habis emaknya ga nambah umur kayaknya ciehhhhh. Selamat yah Kayla dan Fathir keterima di sekolah barunya. Belajar yang rajin biar bisa jadi youtuber yang okeh #lhoh(2).

    BalasHapus
  13. Selamat ya Bi ... anak-anak bisa masuk sekolah semua

    Aksel ? aaaahhh keren nih ... SD cuma 5 tahun berarti ya ?

    Sekali lagi selamat untuk semua

    Salam saya

    BalasHapus
  14. Akhirnya dirimu merasakan drama PPDB yg aky alami taun lalu teeeh... Meskipun akhirnya mah c abang masuknya swasta. Dramanya itu loh..menguras energi :D

    Selamat yaaa Kaylaaa akhirnya si anak kabupaten keterima sekolah di kotamadya #eh

    BalasHapus
  15. uda pada gede2 ya semuanya... selamat buat kayla dan fathir, semoga nanti sekolahnya makin rajin...

    selamat lebaran juga ya kak... mohon maaf lahir batin...

    BalasHapus
  16. hehe, kalo ga ada dramanya kurang seru ya, bi. hihi. selamat buat Kayla dan Fathir. semoga betah di sekolah barunya ya. :D

    BalasHapus
  17. Bhahah.. anak kabupaten ya?? Karna kurang gahol sama aplikasinya jadi makin mendebarkan drama PPDBnya.. xixi...

    Kirain diriku yang banyak melewatkan tulisanmu Teh.. ternyata emang gak update ya? Sy tunggu cerita hari pertama sekolah Kayla n Fathir Teh.. pasti ada yg seru selain upaara bendera.. *expecting*

    BalasHapus
  18. Hi Kayla dan Fathir, selamat ya di sekolah baru. Kayla sudah remaja keren ya Jeng Erry. Salam

    BalasHapus
  19. met lebaran ya ry...
    selamat fathir puasanya tamat!!!

    sejak bikin ig buat emma gua jadi track follower yang suka unfollow. ternyata banyak ya orang kayak gitu ry. follow buat difollow balik trus abis itu unfollow. gile nyebelin banget ama orang2 kayak gini. kalo udah gitu ya gua unfollow juga dah.

    BalasHapus
  20. Horeeeee update. Selamat buat Kayla dan Fathir yaaa.
    Keren belum SD ud puasa full.

    BalasHapus
  21. Minal Aidzin Walfaidzin teh, dan selamat buat Kayla dsn Fathir ��

    BalasHapus
  22. Naaa yg mulai drama emaknya ini karena nggak mau ditinggal sekolah, bahahaa

    Maaf lahir batin, Mbak Erry

    BalasHapus
  23. banyak cerita ya daftar online ini..jadi deg2an juga

    BalasHapus
  24. Kirain PPDB Online tentang drama korea. Ternyata tentang daftar sekolah. Haha
    Bibi titi teliti yang kurang teliti karena panik, ya, Bi.
    Anyway, selamat buat Kayla ya. Semoga smkn berprestasi :*

    BalasHapus
  25. Aamiin..
    eh iya, mohon maaf lahir batin juga ya Teh..
    Alhamdulillah happy ending ya dramanya.
    Dan yg paling menarik perhatian saya adalah kok langsing sama cantiknya awet banget ya si Teteh ini.. rahasianya apa Teh?

    BalasHapus
  26. Selamat ya Kayla dan Fathir... mulai belajar di sekolah baru. Wah Kayla hebat ya bisa SD cm 5 thn

    BalasHapus
  27. wah, selamat ya kayla dan fathir..semoga di sekolah baru bisa mengukir prestasi dan mendapatkan teman-teman yang baik..
    duh, ajib bgt ya teh, yg gede masuk SMP, adeknya masuk SD, ntar adeknya masuk SMP, kakaknya masuk kuliah.. (nakut2in gitu gw) :p Semangat Teh!

    BalasHapus
  28. Sejebak oppa oppa tersingkirkan ya teh. Selamaat untuk fathir dan kakak kayla! Sebarkan virus kpopers di sekolah masing-masing yak..haha

    BalasHapus
  29. Selamat ya Kayla dan Fathir, sudah jadi ABG nih.
    Btw mb Erry kalo rambutnya dikuncir gitu jadi keliatan cerah seger lho :)

    BalasHapus
  30. emg beneryah mau sbrp pun usia kita kalo sama film drama korea itu pasti suka hehe

    BalasHapus
  31. waaahh Kayla udah gadis yaaa.. udah SMP nih :)
    jadi deg-degan, kira-kira 6-7 tahun lagi masih pake sistem ini gak ya untuk bisa masuk SMP?

    BalasHapus
  32. tuh kan tuh kan smua postingan teteh satu ini emang slalu seru buat dibaca deh ^^__^^

    Kayla dan Fathir pasti amat sangat bahagia punya ibu seperti teteh
    keduanya bs pinter gt loh. bs menjadi panutan bagi ortu muda lain nih teh

    teteh ttp semnagt trus ya dalam membimbing kayla&fathir
    semoga kelak keduanya jadi anak berguna ^^__^^
    - salam hangat dari pembaca setia teteh -

    BalasHapus

 

Blog Template by BloggerCandy.com