Senin, 06 Juni 2016

Sharing tentang Personal Branding Melalui Blog kepada Finalis Hijab Hunt 2016

Beberapa waktu yang lalu gue diminta untuk berbagi tentang pengalaman gue ngeblog di blogdetik dan cerita sedikit tentang Personal Branding di acara Hijab Hunt 2016.
*kalo mau di-ciye-ciye-in sih ini adalah saat yang sangat tepat hehe...*

Untuk postingan versi serius yang berkaitan dengan materi presentasi sudah gue posting di blog gue yang blogdetik, jadi silahkan mampir kesini yah.

Dan kalo mau baca artikel lengkap tentang event ini silahkan mampir ke Wolipop dan ke website resminya Sunsilk Hijab Hunt 2016 yah. 
*UDAH SIH BURUAN PADA MAMPIR SONO SEKARANG JUGA ADA POTO GUE GEDE BANGET SIAH!*



Ehm, karena artikel tentang acara ini udah lumayan lengkap jadi di postingan ini gue akan bercerita sedikit tentang versi curhatnya aja yah, semacam behind the scene ketika menghadiri acara tersebut. Biar seru aja gitu, karena seperti biasa kejadiannya penuh 'drama' bhahaha...
*hidup lo mah kapan sih kagak didramatisir mbak*

Hatiku Campur Aduk!

Ketika pertama kali dihubungi oleh mas Fayas dari blogdetik dan diminta untuk berpartisipasi dalam acara ini, jujur saja gue merasa cukup terkejut campur senang juga sih. Semacam campur aduk gitu lah yah. Tapi tentu saja gue gak akan menyia-nyiakan kesempatan dan kepercayaan yang sudah diberikan dan bertekad untuk berusaha sebaik-baiknya. 

Tapi namanya juga gue emak-emak yang kalo mau pergi kemana-mana harus selalu banyak pertimbangan dulu karena sudah berbuntut. Jadi walopun udah kepengen banget ikut acaranya, gue tetap tidak bisa langsung meng-iya-kan karena harus berdiskusi dulu sama Abah untuk mengatur segala urusan teknisnya. Abah sih bisa cuti pada tanggal tersebut, tapi ternyata anak-anak kebetulan lagi gak ada yang bisa dititipin, duh!

Akhirnya gue pun memutuskan untuk berangkat dengan formasi lengkap aja, yaitu Abah, Kayla & Fathir. Semuanya dibawa bergerombol gitu hehehe. Yah udahlah, yang penting gue bisa berangkat!

Kemacetan di Ibu Kota Jakarta yang Mendera Jiwa

Acaranya diadakan pada hari Senin, tanggal 30 Mei 2016 di Hotel Aston Rasuna, Jakarta jam 9 pagi.

Duh, udah mah acaranya mulai jam 9 pagi, hari Senin pulak! Karena takut terkena macet kita pun berencana untuk berangkat jam 4 subuh, biarlah shalat subuh di rest area aja.

Ketika harinya tiba, gue beneran bangun jam 3 subuh dan jam 3.30 udah berangkat dari rumah. Anak-anak kita boyong aja dari tempat tidurnya masih pada pake piyama dan belum pada mandi. Fathir sempet bangun sebentar dan mengingatkan gue agar jangan sampai lupa membawa selimut angry bird kesayangannya *plis deh*. Kita cuma sarapan roti dan ngemil-ngemil aja di mobil untuk menghemat waktu dan berhenti sebentar di rest area sekitar jam 5 subuh untuk shalat subuh.

Sekitar jam 6.30 kita sudah sampai di tol Cikarang, gue pun merasa lega karena waktunya masih lumayan panjang kan yah. Macet sedikit sih, tapi masih bisa maju lah.

TAPI TERNYATA....

Di sekitar pintu tol untuk masuk ke arah kota, gue lupa sih tepatnya Cawang atau apa gitu, macetnya udah mulai gak masuk akal dan menguras jiwa. MOBILNYA DIAM AJA GAK GERAK SEKITAR 1 JAM!

Gue pun udah mulai stres dan gelisah. Waktu berjalan terus sedangkan mobilnya diam tak berkutik. Dan permasalahan paling fatal dalam hal ini adalah, gue dan Abah sama-sama gak tahu letak hotel Aston itu dimana, nge-blank aja gitu.

Gue udah tanya GPS, tapi seperti biasa dia itu memang pembohong besar, bilangnya nyampe 30 menit tapi udah 1.5 jam lebih kagak nyampe-nyampe. Dasar kamu tukang berdusta wahai GPS! Gue pun mulai nge-twit gak jelas di twiter mengutuk kemacetan ibu kota yang parah banget! Dan Alhamdulillah menerima beberapa suntikan semangat dari para followers di twiter hehehe. Makacih yaaaaah! Peyuk!

Selama dirundung macet, gue selalu mengkomunikasikan posisi gue kepada mbak Ai dari blogdetik sekalian minta petunjuk arah gitu lah. Rese banget lah ini, masa gue udah bangun dari jam 3 subuh tapi masih tetap harus datang telat sih! KZL!

Sekitar jam 9 yang mana gue udah panik banget karena takut acaranya udah mulai, akhirnya kita tiba di deket Gedung Kementrian Kesehatan, yang mana menurut mbak Ai posisinya udah dekat sama hotel Aston. Kita tinggal puter balik aja di Pasar festival atau gimana lah gitu. Okay, berarti si hotel letaknya ada di sebrang kita, tapi  masalahnya adalah...DIMANAKAH ITU LETAKNYA SI PASAR FESTIVAL YA ALLAH!

Kalo mau puter balik, kita harus masuk jalur cepat sedangkan kalo berada di jalur cepat kita gak bisa berhenti dan nanya-nanya sama orang lewat gitu kan yah? Akhirnya kita pun meng-galau gitu di jalur lambat sembari ketakutan puterannya kelewat. Tahu sendiri lah kalau kelewat puteran dan salah muter di Jakarta itu ibaratnya bagaikan  lo berusaha untuk makan bubur pake sumpit, alias BIKIN PRUSTASI BANGET SIS!

Akhirnya kita memutuskan untuk minta dipandu sama Mang Ojek aja menuju hotel, tapi setelah gue pikir-pikir lagi, akhirnya gue turun dari mobil dan meninggalkan Abah dan anak-anak menuju hotel aja karena waktunya udah mepet banget. Cuman nyebrang aja, si Mang Ojek minta 30 ribu lho bhahahaha.

Tapi ya sudahlah, yang penting gue bisa cepet nyampe. Gue tiba di hotel sekitar jam 09.15-an berlari terbirit-birit sembari menahan pipis saking stresnya sambil mencari dimanakah gerangan itu letaknya si Function Room. Setibanya disana, untunglah acara belum dimulai dan mbak Ai masih sibuk memasang projector untuk presentasinya. Alhamdulillah!

Presentasi gue berjalan lancar, boleh mampir ke blog gue yang di detik aja kalo pengen kepo-in tentang materinya yah.

Dan ternyata pembicara yang seharusnya tampil di sesi 1 yaitu Ayu Indriati alumni Hijab Hunt 2013, juga telat datang dan belum nyampe, jadi gue diminta untuk tampil duluan. Pas acara selesai, gue ngobrol-ngobrol sama Ayu dan nanya kenapa tadi sampai telat, ternyata dia rumahnya lebih jauh dari gue. Dia dateng dari... BEKASI bhahahaha...macet oh macet!

Perjuangan Menyusun Materi Presentasi

Sebelum mulai menyusun presentasi, gue sudah banyak berdiskusi dengan mbak Ai dari blogdetik untuk membahas beberapa key points nya. Karena gue diundang dalam kapasitas gue sebagai blogger Detik, gue harus bisa memahami aturan main terlebih dahulu, supaya nanti materi gue tidak melenceng kemana-mana gak jelas juntrungan.

Setelah gue selesai menyusun materi dan slide presentrasi, gue pun termenung lamaaaa sekali,..

Kalau untuk materi sendiri sih gue gak terlalu khawatir lah, karena materinya kan memang tentang ngeblog dan berdasarkan pengalaman gue sendiri  jadi gue cukup menguasai. Kalo materinya membahas tentang rumus mencari akar untuk persamaan kuadrat atau bagaimana cara memilih loyang yang sesuai untuk membuat brownies, nah itu gue baru stres!

Untuk materi sih, gue InsyaAllah pede lah yah, gue hanya sedikit bimbang dan ragu tentang bagaimana caranya gue bisa mengemas materi tersebut semenarik mungkin agar bisa tersampaikan dengan baik. Itulah yang menjadi tantangan terbesar gue.

Teori paling standard dalam membawakan presentasi adalah : always know your audiens!


Maka gue pun mulai banyak meng-google dan kepo-in tentang para finalis Hijab Hunt 2016.  Gue juga banyak bertanya sama mbak Ai tentang para finalis, mulai dari berapa banyak pesertanya, berapa lama karantina, berasal dari mana sajakah pesertanya, kisaran usianya....duh, pokoknya mbak Ai gue cerewetin abis-abisan deh bhahahaha, maaf yah mbak :)

Setelah mendapatkan data-data yang dibutuhkan, gue pun mulai merombak ulang semua materi gue dan menyisipkan beberapa sentuhan khas gue dan beberapa jokes unyu untuk mencairkan suasana.

Breaking The Ice!

Akhirnya setelah menahan stres karena hampir telat dan belum sarapan, gue pun memberanikan diri tampil ke depan. Tatapan para finalis mengarah ke gue, dan gue pun mulai pengen pipis lagi...duh gusti...


Gue mengawali presentasi gue dengan tersenyum, mengucapkan salam dan tentu saja memuji tentang betapa kece dan kinclongnya mereka *UHUK*

Karena berdasarkan riset, gue sudah tahu saat itu adalah hari ke-8 mereka menjalani karantina, gue pun berbasa-basi menanyakan tentang bagaimana perasaan mereka.

Gue     : Jadi sekarang adalah hari ke 8 karantina nih, gimana perasaannya apakah sudah ada yang homesick dan kangen rumah?
Peserta  : *nyahut ada yang bilang kangen ada yang bilang kagak*
Gue       : Atau kangen pacar mungkin?
Peserta  : *mulai ketawa dan nyeletuk lucu bilang gak punya pacar*
Gue       : Oh, ternyata kalian pada jomblo yah!
Peserta  : *mulai ketawa-ketawa dan sebagian minta dicariin pacar ama gue*
Gue       : Kangen mantan mungkin?
Peserta  : *mulai pada heboh dan sebagian ngebahas mantan*
Gue       : Jangan suka kangen mantan lah, kangen sama mantan itu adalah perbuatan yang sia-sia!

Setelah gue mengucapkan salam pembuka dengan gaya seperti itu, suasananya seketika itu juga menjadi cair dan mereka mulai lebih santai dan interaktif dalam mengikuti materi gue.

Gue pun mulai memperkenalkan diri, bahwa gue adalah blogger dan juga seorang ibu rumah tangga yang memiliki 2 orang anak. Eh, tapi waktu gue bilang udah punya 2 anak kenapa juga ditepokin sih? Akhirnya gue pun menambahkan : Iya, gue ini emang ibu rumah tangga yang kerjaan sehari-harinya di rumah itu pake baju rombeng, trus nyikat kamar mandi dan nyuci panci....sembari nonton Uttaran!

Mereka pun mulai ketawa-ketawa. Gue pun nambahin lagi : eh tapi sekarang si Icha udah mati yah di Uttaran, jadi gue sekarang nontonnya drama Korea aja deh, di sini ada yang suka nonton drama korea gak nih?


Berusaha Untuk Interaktif

Ketika menyusun materi presentasi, gue berusaha keras mencari ide bagaimana caranya agar presentasi gue nanti bisa berjalan secara interaktif dan gak bikin ngantuk.

Dan tentu saja gue juga berusaha untuk memberikan motivasi kepada para finalis agar tertarik untuk membuat blog...di blogdetik. Bagaimanapun juga gue tumbuh besar sebagai seorang blogger bersama dengan blogdetik. Dan semua pencapaian yang telah gue raih, tidak luput dari jasa besar blogdetik. Gue mengikuti kontes Touch Korea Tour, Buzz Korea Awards dan membuat Autumn Trip ala Drama Korea ketika masih aktif di blogdetik.

Pada sebuah slide, gue mencantumkan semua prestasi dan pencapaian gue selama ngeblog di blogdetik.


Ketika slide ini muncul, penjelasan gue kurang lebih sih : Jadi selama ngeblog Alhamdulillah gue sudah pernah memenangkan berbagai kontes. Selain mendapatkan gadget, gue juga pernah liburan gratis ke Korea lho. Jadi gue, yang emak-emak udah beranak 2 ini, bisa liburan gratisan ke Korea bareng Kpop idol tahu gak sih karena apa? Itu karena gue NGEBLOG! Ngeblog-nya dimana?...yah di Blogdetik lah! hehe...

Dan kata-kata terakhir itu gue ulang-ulang terus setiap kali gue menemukan kesempatan hehehe.

Sebagai variasi, gue juga menayangkan teaser video gue selama mengikuti Touch Korea Tour, cuma 90 detik aja sih... 

video

Setelah selesai menonton video tersebut, gue pun mulai lagi.

Jadi ketika memenangkan kontes Touch Korea Tour, total ada 15 pemenang yang berasal dari berbagai negara. Dan gue adalah satu-satunya perwakilan dari Indonesia, satu-satunya yang paling tua dan satu-satunya yang emak-emak bhahaha....

Selama mengikuti Touch Korea Tour, semua petualangan kita di Korea di-video-kan dan ditayangkan sebanyak 3 episode di stasiun TV Korea lho. Cobak bayangkan gue yang emak-emak gini tiba-tiba bisa nongol di TV Korea? Itu semua karena apa? Karena gue NGEBLOG! Nge-blognya di mana?...*gue udah gak perlu jawab, para peserta sendiri yang udah inisiatif ngejawab* DI BLOGDETIK bhahahaha...

Setelah ngoceh sana-sini tentang personal branding dan betapa asyiknya ngeblog, gue pun menutup presentasi gue dengan cerita yang sedikit personal tentang anak-anak gue.  

Saat itu, Kayla anak pertama gue masih di TK dan sedang belajar menulis. Gue teringat betapa keras dia berusaha untuk menyusun huruf dan sempat bertanya sama gue gimana caranya menulis huruf 'M'. Gue pikir dia akan menuliskan kata "MAMA" sebagai kata pertamanya. Tapi pas gue baca, ternyata dia malah menuliskan kata : MORGAN!

Iya, maksudnya MORGAN SMASH, Kayla itu dulu emang Smash Blast banget dan sempet galau parah ketika Morgan keluar dari Smash! Kejadiannya udah lamaaa banget, karena saat ini Kayla sudah mau masuk SMP, tapi gue masih mengingatnya dengan jelas. Mengapa? Karena saat itu gue menuliskannya dalam blog. Dan masih banyak lagi moment-moment kecil yang seakan-akan remeh, tapi sebenarnya memiliki arti penting dalam kehidupan kita.

Jadi saran gue kepada mereka sih, agar mereka segera saja menuliskan seluruh pengalamannya mengikuti Hijab Hunt 2016 dalam blog, agar tak terlupakan dan bisa terus mengenang moment indah ini. Ngeblog-nya dimana?..yah di BLOGDETIK aja lah hehehe...


Gue dan Blogdetik

Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, walaupun ada ketegangan di awal-awal karena si macet yang menjengkelkan dan menguras emosi itu, tapi secara keseluruhan sih masih aman lah yah. Para peserta pun terlihat enjoy dan asyik mengikuti materi dari gue. Mereka cukup interaktif  dan banyak bertanya, untunglah gue bisa menjawab semua pertanyaan mereka dengan baik. Ketika acaranya sudah selesai, kita pun santai sambil makan bareng. Dan ada beberapa peserta yang menghampiri untuk mengajak ngobrol tentang blog

Ketika sedang menyusun materi presentasi, mau tidak mau gue jadi berasa kangen banget sama blog lama gue lho. Gue memang memiliki perasaan khusus yang sangat sentimentil dengan blog gue yang di detik. Makanya ketika gue bikin blog ini, postingan lama yang di detik gak dipindahin. Gue asli memulai lagi dari awal dengan blog ini, dan gue gak keberatan sama sekali, yang penting blog yang di detik tetap ada dan gak terhapus.

Gue juga bersyukur, karena sampai saat ini gue masih dianggap sebagai bagian dari keluarga besar blogdetik. Penerimaan mbak Ai dari blogdetik pun sangat hangat dan ramah, gue yang jauh-jauh datang dari Bandung jadi gak merasa sia-sia deh. Ketika mbak Ai tahu bahwa Abah dan anak-anak menunggu di lobby dan belum pada makan siang, mbak Ai sampai membawakan box makan siang untuk mereka. Bahkan ketika gue mau pulang, mbak Ai pun mengantarkan gue sampai ke lobby dan menyempatkan diri untuk menyapa Abah dan anak-anak, gue jadi merasa dihargai banget deh. Makasih banyak yah mbak, tapi lupa gak foto bareng jadi gak bisa pajang di blog huhuhu....

Dan anak-anak pun senang karena mbak Ai dari blogdetik juga memberikan oleh-oleh boneka lucu ini hehehe...


Yah, untunglah semua bisa berjalan lancar. Gue sih sangat berharap para peserta Hijab Hunt 2016 yang mengikuti presentasi gue bisa mendapatkan sedikit manfaat dan bisa mulai ngeblog juga. Dan semoga gue bisa lebih rajin lagi nulis di blogdetik juga. Doakan yah!

Kopdar Seru!

Karena kebeneran lagi ke Jakarta, gue pun menyempatkan diri untuk kopdar dan berkunjung ke rumah salah satu sahabat blogger tersayang yaitu mbak Irma - Bintang Timur.

Mbak Irma ini merupakan sahabat maya gue sejak awal banget ngeblog di detik, dan berasa kangen berat karena saat ini mbak Irma sedang sedikit  sibuk dengan keluarganya, jadi udah lama gak nge-blog. Semoga bisa segera aktif ngeblog lagi yah mbak!

Dan karena gue ini blogger cupu yang selalu saja mudah terhanyut dan terbawa suasana, setiap kali kopdar atau ada acara apa, gue selalu aja suka kelupaan buat poto-poto bhahahaha. Ketika udah mau pamit pulang dan udah cipika-cipiki baru teringat bahwa kita belum foto bareng ckckckck...

Padahal ketika kopdar kita beberapa kali pindah lokasi, mulai dari pesen makan di Pizza HUT, trus pindah ke resto, sempet juga nongkrong di pinggir kolam renang di apartemen mbak Irma yang instagram-able itu. Tapi akhirnya malah dipoto deket lobby, dan dadakan banget karena udah kesorean bhahahaha.


Pulang ke Bandung

Kita beranjak pulang menuju Bandung sekitar sore sesudah ashar, karena besoknya Abah kan harus kerja dan anak-anak harus sekolah. Tapi di tengah jalan, Abah gak kuat menahan kantuk, mungkin karena bangunnya kepagian dan seharian menyetir terus kali yah *pukpuk Abah pake selimut angry bird Fathir*

Jadi akhirnya kita pun berhenti sebentar di rest area. Abah pun berniat untuk tidur dulu sekitar 1 jam-an, sementara anak-anak malah ikut ketiduran. Gue pun jagain mereka sambil ngemil, dengerin musik dan mainan twiter.

Setelah Abah terbangun, gue pun membelikan Abah kopi. Dan ketika gue balik ke mobil, Abah tampak kebingungan mencari-cari sesuatu. YA ELAH, ITU KACAMATA SI ABAH KOK MENDADAK RAIB SIH!

Gue jadi ikutan sibuk mencari-cari di dashboard, di laci, sampai ke lantai mobil. Kayaknya sih Abah lupa nyimpen dan  kita ketakutan kacamatanya keinjek, ketiduran atau retak. Masalahnya Abah minus matanya rada parah dan Abah udah pasti gak bakal mungkin bisa menyetir sampai ke Bandung tanpa kacamata, apalagi malam-malam begini. Mana banyak truck gandeng pulak! Ngeri bok!

Akhirnya ketemu sih! Ternyata kacamatanya ada di...ehm pangkuan Abah BHAHAHAHA *antiklimaks*. Kayaknya sih gak kelihatan karena ketutupan perut Abah yang sedikit membuncit itu kali yah hehe.

Akhirnya kita pun tiba dengan selamat ke Bandung.

Besoknya gue iseng bilang sama Fathir : Dek, makasih yah kemaren kamu udah anterin mama ke Jakarta.
Fathir pun menjawab : Iya, gak apa-apa Ma, kan tiap hari juga Mama udah anterin aku ke sekolah, anterin aku ngaji, anterin Teteh les pemantapan. Jadi sekarang gantian kita yang anterin Mama :)

Duh, ini kok so sweet banget sih anak gue hehehe...

Makasih buat Abah, Kayla & Fathir tersayang yang selalu setia memberikan support dan bikin Mama-nya jadi semangat terus *muah*
O, ya sekalian gue mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa yah, mohon maaf lahir dan batin!
Mudah-mudahan sih selama bulan puasa gue bisa rajin posting dan tidak teralihkan sama drama-drama baru yang kian gencar menerpa yah hehehe...

76 komentar:

  1. Gile bener macet nya ya.. Jd total hampir 6 jam dari bandung ke jakarta?

    Tambah jago aja nih jadi pembicara ya ry...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gitu deh Man, bener-bener bikin stres banget lah itu macetnyaaa huhu...

      Gak jago lah Maaan, biasa aja hehe..

      Hapus
  2. Eh teh ada ngga sih hubungan antara rambut hitam kecemu dengan acara ini. Kayaknya ada deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whoa, masa siiih?
      Iya gitu?
      *kibas rambut bhahaha...*

      Hapus
  3. Seruuu Teh bacanya sambil deg degan ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, yang bacanya ikut deg-degan juga yah ternyata :))

      Hapus
  4. Kereeen Teh Erry.. kapan kapan kita dongbteh diajarin. Hehehe..
    kuningan mah emg luar binasa macetnyah di atas jm stg7. Aku pun pernah jalan dr depok jm 7 ke acara jm 10 ga nyampe.akhirnya suami sama anak ditinggalin aku nyebrang jembatan penyebrangan xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, dirimu mah apa yang mau diajariiin, udah keren abis gitu kok hehe...

      Tuh kan, tuh kan, emang jalanan di Jakarta itu kadang macetnya suka gak masuk akal gitu yah, syerem hiks...

      Hapus
  5. Mantap. Gitu donk biar semakin moncer.
    Salut
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Pakdeku :)
      Salam hangat juga dari Bandung :)

      Hapus
  6. Seruuuu... Ga cuma Erry yg pantas dpt jempol, Abah, Kayla & Fathir jg jempolable byanget... Sukses selalu, Erry :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaaaak,..
      Mereka itu para supporter setia yang selalu rela nganter2 dan nungguin mama-nya kalo ada acara mbaaak hehe..

      Hapus
  7. Eeh..kelupaan.. Selamat beribadah di bl Ramadhan utk Erry sekelg... Semoga mndpt keberkahan dari Nya. Aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat menjalankan ibadah puasa juga buat mbak Mechta sekeluarga yah mbaak :)

      Hapus
  8. Kereeen deh, teh Erry :)
    Selamat menjalankan ibadah puasa ya..

    BalasHapus
  9. AAAAAAAAAAAAKKKKKZZZZZZ HITTZZZ BANGETTTZZZZ MBAKKZZZ ERRIIZZZ

    *Lalu ngelap liur*

    XD

    Congrats ya mbak
    So proud of you. Salutee

    dan inspiring banget
    Aku jadi banyak belajar deh dari satu postingan ini doang
    Terutama soal intermezzo sebelum mulai presentasi hihihi

    OH YA AMPUN FATHIR LUCU SEKALI KAMU NAK
    Kenapa pose fotonya gapernah bener aneh terussss wkwkwk

    #TapiSuka #SOalnyaLucuMaksimal

    BalasHapus
  10. waaah ikutaaan deg degan nih bacanya

    BalasHapus
  11. Jawaban Fathir itu menggemesi dan nyentuh hati banget teh...

    Selamat berpuasa juga. Mohon maap lahir & batin karena tiba-tiba sering mengusik kehidupan teh.

    BalasHapus
  12. Pembuka presentasinya inspiratif sekali Mbak. Sempat juga saya diminta jadi narasumber, dan beneran stres bangeet, takut audiens ngantuk atau apa. Ngomel sejam dihadapan orang serasa waktu berjalan setahun, padahal klo bahas Uttaran, dua jam serasa 2 menit haha..

    BalasHapus
  13. teteeeh... itu gak ngerasa kebanting kemarin? yg diadepin dandan maksimal semuaaa.. *trus ditoyor*

    kalo soal ngblog, teteh emang jagonya!

    BalasHapus
  14. Wuaduh.
    Pdhl berangkat juga dr jam 3... macet oh macet memang bikin suebel...

    BalasHapus
  15. selamat menunaikan ibadah puasa juga Teh :)
    semakin kagum sama Teh Erry, jadi ingat dulu pertama kali jatuh cinta sama postingan-postingan Teteh yang di blogdetik :)

    BalasHapus
  16. Teteh kereeenn :):)
    Ajarin aku juga biar kece kaya teteh doong :)

    BalasHapus
  17. Fathir juga so sweat nih.. selamat menunaikan ibadah puasa juga ya Teteh Erry

    BalasHapus
  18. Waaaaah keren sekali teh.. Emang enak ya kalo ada event dianter keluarga, berasa banget support dan kebersamaannyaaa. Hihihi

    BalasHapus
  19. perjuanganmu teteh, keren pisan >.<
    alis kayla bagus ya, rajin di minyak kemiriin kah? *aduh salah powkeus*

    BalasHapus
  20. Duh.. keluarga teteh sweet banget sih.

    BalasHapus
  21. Iihh teh erry keren deh bisa jadi pembicara gitu.

    BalasHapus
  22. salut deh ama keluarga yang ngedukung banget....

    BalasHapus
  23. Wihhh keren mbak.. itu gokil banget pada mention di twitter sambil kirim foto artis korea (gak tau namanya) :D :D

    BalasHapus
  24. Keren bgt sih teh... Alhamdulillah ya lancar, ikut seneng :)

    BalasHapus
  25. aaaawww... fathir so sweet banget... kak erry kereeeennnn banget! baca cerita tentang nyasar pake GPS, aku jadi inget waktu kakak nyasar ke kawinan aku hihihihi...

    selamat menunaikan ibadah puasa ya kak...

    BalasHapus
  26. cie cie si teteh. emak suksess ya kaya gini. cium dulu ahaa :* :*

    BalasHapus
  27. Gue : Jangan suka kangen mantan lah, kangen sama mantan itu adalah perbuatan yang sia-sia!


    Biiii, ini kenapa jleb bgt sih wkwkwkw

    BalasHapus
  28. Ciiiyeeehh....teh...makin keren aja niiiyy....sukses terus bareng keluarga yaa teh....

    BalasHapus
  29. mkasih mak sharing2nya ,mantab pengalamannya

    BalasHapus
  30. Bibi Titi makin keren.
    Dalam kondisi tertekan bisa lancar presentasi.
    Nyontek caranya presentasi dan cara mencairkan suasana deh.

    BalasHapus
  31. Pemateri oke sekaligus pembicara memikat nih Teh Erry, selamat terus berkarya. Selamat menunaikan ibadah puasa ya Teteh dan keluarga.

    BalasHapus
  32. Wah, di blog ini gak ada tombol likes buat statemennya Fathir di akhir postingan ya, so sweet banget.

    BalasHapus
  33. Anyway, selamat ya mbak Erry atas prestasinya. Luar biasa, dan memberikan inspirasi pada blogger yang jarang update kayak ane supaya lebih sering update :)

    BalasHapus
  34. Erry itu emang blogger tulen punya ciri khas dan selalu jd diri sendiri wajar aja Erry didaulat mewakili acara ini, Selamat ya Ry, dgn segala pencapain ini karena dukungan Abah dan anak2 for sure

    BalasHapus
  35. Keren emang teh Erry ini, blogger sesungguhnya

    BalasHapus
  36. Wuah keren banget mbak Erry nih.
    Duh jadi inget blogku yang di Blogdetik, sudah lama nggak keurus sejak tampilan baru itu, rada gaptek hiks.
    Btw aku punya juga kaos blogdetik ungu, tapi warnanya sudah agak pudar abis keseringan dipake sih hahaha.

    BalasHapus
  37. Seneng banget ya mba.... apalagi abah dan anak2 ikut support. Sukses terus ya mba Erry. Semoga bisa ke Korea lagi berkat ngeblog, siapa tahu bisa ketemu aktor siapa ituh.. yg main di descendant itu tuh... hehe *gakhapal*

    BalasHapus
  38. Oh iya mbak Er, selamat ultah ya mbak Er. Sori telat 2 hari ya, he he he. Anyway, ngelihat foto Mbak Irma jadi kangen euy. Pengen ngobrol2 lagi. Sudah lama blognya ga update juga.

    BalasHapus
  39. Aiiih meni rame...dirimu keren banget ih :)

    BalasHapus
  40. Heee... lima jam lebih yaaa... kalau Senin emang serame itu kali ya jalanan
    Mantabs Mbak Erry... makin kereeen! <3 <3
    Selamat puasa juga!

    BalasHapus
  41. Ryyyy...postingan Erry masih seger dan menghibur trnyataaa!
    Trima kasih ya udah 'nyelipin' foto sy disini...hihihi...siap2 beken ah��

    Ehm, yang ini serius..sy seneeeng banget bisa ketemu Ery dan kel waktu iyu, makasih udah nyempetin datang. Kapan2 kita foto lagi deh di area instagramable itu...����

    BalasHapus
  42. Oyaaa..selamat buat prestasinya ya Ry, ikut seneng dan bangga pastinyaaa...☺

    BalasHapus
  43. kalo berkecimpung di dunia digital marketing sangat penting banget personal branding... klo branding personalnya udah bagus mau jualan apa aja pasti laku
    #cmiiiw

    BalasHapus
  44. ah aku bangga padamu!

    selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan utk Erri dan keluarga

    BalasHapus
  45. Pasar festival itu deket rumah ku lho kak


    kenapa ngak mampir ??? #Dibahas

    BalasHapus
  46. udah lama nih nyari materi tentang personal branding, pokoknya kalo ketemu teh Erry harus sharing yaaaaa

    BalasHapus
  47. Teh keren pisan! Semoga ilmunya barokah dan jadi bertambah banyak yaa..
    Btw, daerah pasfes situ mah daerah gaul eike jaman dulu. Wkwk..
    Emang macetos di sana zz

    BalasHapus
  48. Fathir ngantuk masih ingat aja ya selimut kesayanganmu hehe :D .
    Gps klo di pakai di Jakarta mabok kali Ry sangking macetnya tuh kota.

    Komplainku cuma satu, gak bisa baca blog detik Erry lagi, knapa di luar indonesia gak bisa di akses?? ngirit kuato kali ya hehe :D .

    BalasHapus
  49. Kalau Afgan bilang "Bukan Cinta Biasa" tapai akau ganti ya teh "Bukan Emak Biasa" :D heheh.. sukses terus ya teteh pokoknya.

    BalasHapus
  50. Mba Erry, macetnya gila bangat sih itu, dan kebayang sih gimana rasanya diburu waktu, keringat dingin pastinya, tapi untungnya bisa sampai dilokasi dengan selamat dan tidak terlambat ya Mba Erry. Tarik nafas lega hahahahah

    BalasHapus
  51. Virus korea sampai juga menyerang para finalish Hijab Hunt, bhahahah

    Mba Erry semakin keren, mantapss bangat Mba... ikut bangga dan senang saya Mba Erry... Lanjuutkan :) *Sodorin Luwak White Coffee tapi tanpa bintang iklannya bhahaha

    BalasHapus
  52. Mba Erry, tempat acaranya itu dengat bangat dari kantor saya, saya jg di daerah Rasuna Said kantornya, nggak sampe 5 menit loh kalo saya ke situ... duuuh kan saya iri tingkat dewa lihat Mba Erry dan Bunda Irma pada kopdaran. Hikssssss


    Seru bangat sih lihat Bunda Irma dan Mba Erry kopdar asyik begitu, iri saya iriiii Hiksss

    BalasHapus
  53. Ciee... Cieee... Teh Erry makin kece aja. Btw.. Itu penyemangat di twitternya waktu macet kok Kapten semua? Xixixixi... Ngakak baca pas bagian Kayla nulis M... Ternyata Morgan. Hahahaha.....

    BalasHapus
  54. ngeblogg dimanaaahhh??? ciyee ciyeee wkwkwk
    *kayaknya udah lama baca tapi baru komen *keasyikan nonton uttaran soalnya *eh

    BalasHapus
  55. Ah ...
    Ini keren nih Bi ...
    Jadi nara sumber hijab hunt
    semoga mereka terinspirasi ... (untuk mencintai cowok koreyah)

    (dan Bibi jadi banyak saingan)

    Salam saya

    BalasHapus
  56. Seru banget cerita behind the scene nya.. Kalau dibikin sinetron bisa panjang nih episode nya, sepanjanh Uttaran... :D

    Ikut senang, Bi. Aktifitas ngeblog bisa memberi manfaat untuk orang lain..

    BalasHapus
  57. ciye ciyeeeeee *udah aku ciye-ciyein ya Biiii* hihihihi

    Tambah keren aja ih ci Bibi :)

    BalasHapus
  58. Wahh, seru banget ya.. makasih banyak buat infonya, semoga bermanfaat bagi para pembaca

    BalasHapus
  59. Wah mbak erry keren skrg. abis jd kontributor penulisan drama korea di jawa pos skrg jd pembicara di event blogdetik. jd nostalgia masa2 ngeblog di blogdetik dulu ya, mbak coz aku ngikutin mb erry dari awal dulu...hehehe. aku sendiri udah nggak pernah lg ngeblog disitu, udah aku hapus. anw, sukses terus ya, mbk. slmt idul fitri. mohon maaf lahir dan batin

    BalasHapus
  60. TETEEEEEH KEREN PISAN EUY!

    Keknya gaya menyampaikan presentasi Teteh asik banget.. Aku kudu belajar juga ah biar bisa kayak gitu *.*

    Anyway Fathir biarpun penampakannya usil bikin pengen nyubit, gak nyangka kalo omongannya bisa bikin ati ngerembes duh sosweeeet :,D

    BalasHapus
  61. dari jam 3, dan masih telat ke kuningan?? wkwkwkwk welcome to jakarta ya mbak ;p.. aku dong, pernah dr kantor hsbc yg di kuningan (samping pasar festival), ke menara mulia gatot subroto yg sbnrnya ada di sebrangnya itu, dan ada jalan tikus pula, nyampenya ..................2 jam, mnding aku lgs ke bandung aja deh -__-.. kuningan itu udh kyk daerah mengerikan di jam kantor mbak :D

    BalasHapus
  62. Barusan ngeliat video di youtube jg, aaah keren banget. Keep it up, Teh ;)

    BalasHapus
  63. kalo menggeluti dunia digital marketing memang sangat memerlukan personal branding... klo branding personalnya udah bagus mau jualan apa aja pasti laku

    BalasHapus
  64. JAdi pngen nerusin jejak kek mbak Erry :D

    BalasHapus
  65. Butuh waktu berapa lama sih untuk bisa membangun personal branding yang kuat? Dan kalau seandainya, tiba-tiba kita jatuh sehingga menimbulkan pengaruh pada personal branding kita, apa solusi berikutnya tentang hal ini? Terimakasih.

    BalasHapus

 

Blog Template by BloggerCandy.com