Resesi Ekonomi 2023? Optimis Aja Yuk!

Monday, December 12, 2022

Menjelang akhir tahun scrolling timeline niatnya cuma buat iseng aja akhirnya kok malah jadi overthinking yah?

Berita tentang resesi 2023 yang konon akan melanda Indonesia mulai bermunculan di timeline gue. Duh syerem yak! Secara anak-anak gue masih pada sekolah dan masih butuh banyak bener biaya. Gimana ini urusannya kalo beneran terjadi resesi!

Apalagi pandemi kan baru aja kelar yak, baru aja mulai bangkit dari keterpurukan nih. Harapannya sih tentu saja situasi bisa semakin membaik dan roda ekonomi meningkat lah. Kenapa malahan jadi diprediksi bakal anjlok dan terancam resesi yah?

Ancaman Resesi 2023

Ketika membaca berita terutama yang bikin kesyel, kaget sih boleh aja tapi sebenernya gak perlu panik berlebihan sih. Selaw dan santuy aja dulu, tapi kemudian tetap dipelajari lebih lanjut dan cari beritanya dari berbagai sumber. Jangan sampai dapet berita yang bias.

Hari gini mah kita harus mampu melakukan filter mandiri ketika berhadapan dengan media sosial supaya gak stres sendiri.

Kalo ngelihat proyeksi ekonomi yang dikeluarkan oleh IMF ternyata hanya beberapa negara aja sih yang bakal ngalamin pertumbuhan ekonomi negatif. Ternyata Indonesia sih gak termasuk cuy.

Emang sih secara umum pertumbuhan ekonomi dunia katanya bakal melambat, tapi Indonesia mah diprediksi pertumbuhan ekonominya masih di angka 5% jadi masih bisa bernapas lega dan gak nyesek-nyesek amat lah yah. Walau masih lebih rendah kalo dibandingkan dengan tahun 2022 yang diproyeksikan sebanyak 5,3%.

Jadi walo kita dibombardir dengan berbagai berita menyeramkan tentang kegelapan resesi di tahun 2023, mending mah optimis dulu aja yuk! Masih ada secercah harapan dan gak gelap-gelap amat kok!

Persiapan Menghadapi Perlambatan Ekonomi Tahun 2023

Jadi gue gak mau pake kata resesi deh, mending perlambatan ekonomi aja kali yah. Hal-hal apa aja nih yang sekiranya harus kita persiapkan buat tahun depan supaya bisa lebih tangguh.

Hal paling utama sih udah jelas yaitu dana darurat lah yah. Bercermin dari masa pandemi tahun sebelumnya, pasti udah kerasa banget dong gimana pentingnya punya dana darurat minimal 3 kali pengeluaran bulanan kita lah yah. Jadi kalo terjadi hal-hal yang gak diinginkan, kita masih bisa bertahan hidup selama 3 bulan sampai mendapatkan penghasilan tetap kembali.

Langkah selanjutnya sih kita bener-bener harus lebih selektif lagi dan membatasi pengeluaran. Budget buat ngehedon, ngopi, self reward dan check out di promo tanggal kembar tuh mending dikurangin dulu lah yah *lagi ngomong sama diri sendiri*. Budget tersebut mendingan sih dialokasikan ke hal-hal lain yang lebih penting, kalo bisa sih mending mulai investasi minimal reksadana lah yah.

Menambah keterampilan juga harus mulai dipikirkan dan diniatkan sih. Untuk gue sendiri karena selama ini merasanya suka banget menulis dan menonton drama Korea, sekarang mulai ngintip-ngintip buat belajar publik speaking. Belajar bikin konten video di mana gue nge-review drama Korea sembari ngomong, makanya harus belajar intonasi dan artikulasi supaya ngomongnya gak belepotan hehe.

Niat awalnya emang cuma buat belajar dan nambah ilmu aja kan yah, tapi syukur-syukur kalo akhirnya malah bisa jadi sampingan dan nambah pemasukan kan. Itulah yang terjadi ama gue. Berawal hanya dari suka nulis tentang drakor di blog, bikin konten receh di IG dan twiter sampai akhirnya memberanikan diri buat belajar bikin konten video yang mana gue ngoceh sendirian sembari ngebahas drakor.

Alhamdulillah ada juga yang ngelirik dan sekarang gue dikasih kesempatan buat rutin bikin konten review drakor di platorm youtube Geneziz Media dan Ini Kpop. Cus subscribe dong gais, konten drakor gue nongol 2 kali seminggu setiap weekend yah hehe.

Memperkuat jaringan dan memperluas koneksi udah jadi hal utama kalo mau survive terutama di masa sekarang ini. Karena gue sering ngebahas drama Korea, gue menjalin hubungan baik dengan banyak sekali admin fanbase drakor dari berbagai fandom. Terkadang kalo lagi ada rezeki berlebih gue suka sponsorin mereka buat bikin giveaway.

Dan gak disangka-sangka ternyata berbagai tawaran pekerjaan bermunculan dari mereka lho. Kadang undangan buat menonton fanmeeting juga muncul. Padahal niat gue tulus hanya ingin berteman sebagai sesama Kdramalover aja sih, tapi kalo sampai dikasih kerjaan mah yah gue seneng-seneng aja haha.

Mengatasi Gelombang Resesi Ekonomi

Jadi gimana dong? Apakah kita udah siap buat ngadepin gelombang resesi ekonomi di tahun 2023 dengan rasa optimis? Yuk buang jauh-jauh perasaan overthinking yang akhirnya bisa menjerumuskan kita.


Apalagi pemerintah juga lagi berusaha sedaya upaya dan memilih proaktif buat menghadapi tahun 2021 yang penuh tantangan lho. Indonesia kan punya daya tahan,modal dasar dan kemampuan buat menavigasikan pemulihan, jadi kita juga harus semangat terus.

Bahkan Presiden Jokowi dalam acara Kompas 100 CEO Forum yang diselenggarakan di istana negara mengajak dunia usaha untuk optimis dalam menghadapi tahun 2023. Dalam diskusi panel dengan tema Membuat Terang di Tahun Menantang Presiden Jokowi menyampaikan bahwa optimisme Indonesia karena didasarkan pada berbagai faktor seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, pasar yang besar dan Indonesia juga terletak di jalur perdagangan yang sibuk.

Presiden Direktur JNE Bapak M. Feriadi Suprapto turut berpartisipasi dalam acara tersebut yang juga dihadiri oleh CEO dari berbagai industri di tanah air. Pemerintah juga telah menerapkan 7 Langkah Menavigasikan Pemulihan 2023 yang juga dihadiri oleh Bapak Airlangga Hartanto selaku Menteri Koordinator di Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI serta Ibu Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan RI.


JNE sebagai perusahaan nasional yang berkonsentrasi di bidang usaha jasa pengiriman dengan tagline Connecting Happiness juga turut optimis menghadapi tahun 2023 dong yah. Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung aja lho melipir ke https://jnewsonline.com/

25 comments:

  1. Awal-awal baca berita soal resesi, I was like "Ini apa, siiih? Baru aja kelar pandemi, terus ini kenapa lagi???" Tapi aku tetap optimis, sih. Kita kan bukan orang-orang yang nggak punya kreativitas, ya. Insya Allah tetap bisa survive dengan berbagai kesempatan yang bisa diambil. Benar juga nih tipsnya untuk menghadapi resesi, mulai kurangin jajan-jajannya.

    ReplyDelete
  2. Ancaman resensi kalau cuma dipikirin malah bikin overthinking dan gak maju2 ya. Bener mesti perluas koneksi lagi dan pinter2 cari peluang lagi deh ini 😃

    ReplyDelete
  3. Salut buat Pak Feri Presiden Direktur JNE yang sukses masuk dalam 100 CEO Kompas Forum 2022 :) Menjadi CEO tentu tidaklah mudah. Butuh perjuangan dan pengalaman mengelola perusahaan termasuk sumber daya manusia di dalamnya. Mudah-mudahan kalaupun nanti ada resesi ekonomi 2023 dapat dihadapi dan diatasi sebaik2nya aamiin.

    ReplyDelete
  4. Memang harus bisa mengatur respon menghadapi berita2 kek gini ya mbak...terlalu khawatir nggak bagus, terlalu abai jg bisa bahaya. Asik nih mb erry makin banyak job. Moga makin banyak dan menular kepadaku yaaa...hehehe

    ReplyDelete
  5. Klo baca ulasan soal resesi, rasanya pengin tendangin kulkas ga sih Teh 😁😁😁 auto keinget hobi Teh Erry jaman purbakala qkqkq.
    Yg jelas, ga ada pilihan lain.. kita kudu semangaattt yak

    ReplyDelete
  6. isu resesi ini memang bikin deg2an banget mbak. Tapi sepakat sih apapun nanti yg terjadi perlu siap2 dana darurat dibanding boros dengan dalih self reward :D

    ReplyDelete
  7. iya teh, isu resesi ini bikin parno banget deh, jadi banyak yang ketakutan nanti bagaimana di tahun 2023, semoga emang bener ya teh, ini gak akan terjadi di Indonesia, karena kadang jadi takut melangkah kalau udah parno sama isu resesi ini, hiksss

    ReplyDelete
  8. Bener banget. Udah sejak pertengahan tahun 2022 ini, aku denger mengenai resesi di tahun depan. Awalnya takut, bakalan gimana lagi tahun depan, tahun ini aja udah segini susahnya. Tapi lalu inget, masa sih kita pesismis. Rezeki mah bakalan selalu ada ya, asal kita mau usaha. Untuk Allah mah gak ada kata resesi, asal kita optimis.

    Keren banget deh pokoknya forum 100 CEO ini. Bikin kita jadi kebawa semangat untuk menyambut tahun depan. Gak mudah memang, tapi kita bisa. Ayo semangat!

    ReplyDelete
  9. Bener banget. Udah sejak pertengahan tahun 2022 ini, aku denger mengenai resesi di tahun depan. Awalnya takut, bakalan gimana lagi tahun depan, tahun ini aja udah segini susahnya. Tapi lalu inget, masa sih kita pesismis. Rezeki mah bakalan selalu ada ya, asal kita mau usaha. Untuk Allah mah gak ada kata resesi, asal kita optimis.

    Keren banget deh pokoknya forum 100 CEO ini. Bikin kita jadi kebawa semangat untuk menyambut tahun depan. Gak mudah memang, tapi kita bisa. Ayo semangat!

    ReplyDelete
  10. isu resesi ini bikin parno banyak orang, termasuk saya loh hehe, tapi ya sudahlah saya serahkan saja sama Allah apa yang terbaik, semoga seja Indonesia aman ya teh, aamiin.

    ReplyDelete
  11. Bismilah gak ada resesi ekonomi 2023. Kumpul para CEO sebanyak 100 orang merupakan cara tukar sharing dan solusi bersama pemerintah

    ReplyDelete
  12. Pastimya jadi panduan banget konten drakor teteh..
    Aku suka nontonin juga, teh.

    Semoga dengan optimisme, kita bisa lewati badai apapun dengan langkah yang tepat dan cermat seperti langkah Bapak M. Feriadi Suprapto turut berpartisipasi dalam acara Kompas 100 CEO Forum di Istana Negara.

    Menginspirasi dan berprestasi dengan brand JNE yang semakin menebar banyak manfaat serta kebaikan terutama bagi UMKM.

    ReplyDelete
  13. Insyallah optimis, usaha usaha doa doa. Saling bahu membahu, belanja di warung tetangga terdekat hehehe

    ReplyDelete
  14. Karena kita sudah melewati masa sulit pandemi, perlambatan ekonomi tahun depan kayanya semacam krikil aja ya. Bersyukur banget 100 CEO pada kumpul. Yakin deh mereka juga bakal mikir keras biar ekonomi kita tetap berjalan

    ReplyDelete
  15. Aku dan suami karena pekerja mandiri, sejak dulu selalu mengandalkan dana darurat. Jadi pandemi tahun kedua saat gak ada kerjaan, alhamdulilah ada dana darurat yang bisa membantu mencukupi kebutuhan bulanan.

    ReplyDelete
  16. Isu resensi tapi aku malah belum banyak tahu huhu... sibuk dengan urusan sendiri, baik kebutuhan keluarga dan rancangan ke depan. Auto semangat cari cara meningkatkan ekonomi keluarga, deh!

    ReplyDelete
  17. baca judulnya udah tegang aja ini, tapi yaa masih sekedar isu ya, semoga kita tidak dihantui terus menerus dengan resesi iini

    ReplyDelete
  18. Yang bilang resesei2 keknya inpluencerr finansial yg promoin produk hehe. Gak tau knp aku ya yakin Indonesia akan baik2 aja, kalau liat tiket2 konser ludes haha. Eh tapi bener keberadaan UMKM trus semangat gotong royong msh ada, jd insyaAllah aman. Aamiin aja deh.
    Keren nih kalau para CEO ngumpul diajak mikirin negara ini yaa.

    ReplyDelete
  19. baru aja dibahas di acara ulang tahun kantor tentang resesi ekonomi di tahun 2023, dan iya setuju kita harus optimis

    ReplyDelete
  20. Yes gue juga setuju deh istilah kerennya bukan resesi ya kak tetapi perlambatan ekonomi lebih enak di dengar ya. Wow keren banget nih ada 100 CEO bertemu Jokowi, obrolan yang seru nih.Semoga Indonesia ekonominya bangkit deh

    ReplyDelete
  21. Resesi ekonomi mudah-mudahan Kitanya dikasih kelancaran rezeki deh Teh Erry. Wah, senengnya Teteh sekarang ngereview drakor dikedua platform Geneziz Media dan IniKpop. Asyik, nih, hobi review drakornya moga tambah berkah.

    ReplyDelete
  22. aku sendiri optimis sik Indonesia mampu melawan resesi karena perekonomian kita bertumbuh dannnnn orang-orang di sini seneng belanja.. tinggal banyakin deh promo promonya.. upppsss gini deh kalo emak doyan promo komen hehehehe

    ReplyDelete
  23. Bener banget ya harus tetep optimis hobi jadi cuan keren kak bisa tampil gereview drakor dikedua platform Geneziz Media dan IniKpop. Asyik,.. sukses teruss

    Dan 100 CEO bisa membawa perubahan buat ekonomi tentunya

    ReplyDelete
  24. jangan panik, intinya gitu ya teh. Insya Allah ada jalan kalau kita mau berusaha. Semoga diberi kemudahan dan jalan selalu

    ReplyDelete
  25. Iya aku juga gak terlalu overthinking gitu menghadapi tahun depan. Bismillah aja semoga kita semua masih diberi kekuatan dan kemudahan. Kayak JNE dong yang optimis juga 😁

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS