Keseruan di Acara Festival Film Bandung 2022

Friday, December 9, 2022

Menonton sudah menjadi hobi gue sejak dulu.

Selain menonton drama seri, kayak drama Korea gitu lah yah, gue juga sukaaaa banget nonton film ke bioskop. Terutama sih menonton film Indonesia yah, kalo yang versi Hollywood sih jarang lah. Biasanya nunggu filmnya tayang di platform menonton berbayar aja hehe.

Tapi kalo film Indonesia, terutama yang aktornya gue suka dan plotnya emang menarik pasti gue bela-belain buat menonton ke bioskop. Beda sih auranya kalo nonton di bioskop tuh, berasanya lebih syahdu aja gitu.

Hanya saja terkadang rada sulit menemukan temen yang asyik dan cucok buat diajak nonton. Biasanya sih ke bioskop ngajakin Kayla yang emang si paling hayuk. Tapi saat itu ada beberapa film dewasa yang mana Kayla belum cukup usia buat diajakin nonton.

Abah mah udahlah yah gak usah dibahas daripada bikin gue emosi. Kalo gue ajakin ke bioskop baru juga 30 menit bawaannya udah ngantuk aja karena nyaman dan dingin. Apalagi kalo gue ajakin nonton film drama yang menurut dia tuh berisik dan banyak omong. LAH NAMANYA JUGA DRAMA SIH!

Sehingga dulu tuh gue sering banget nonton ke bioskop sendirian aja lho.

Makanya gue bahagia banget ketika akhirnya bisa tergabung dalam komunitas Forum Film Bandung yang mana anggotanya tuh pada hobi nonton film semuaaah! Asyik banget bisa nonton ke bioskop barengan dan kelar nonton bisa diskusi seru ngebahas filmnya! AKHIRNYA AKU MENEMUKAN KAUMKU!


Komunitas Forum Film Bandung – FFBComm

Bagi yang belum tahu Komunitas Forum Film Bandung adalah sebuah komunitas yang berfokus kepada apresiasi dan literasi perfilman. Kegiatannya lumayan banyak, mulai dari nonton bareng, diskusi film, pelatihan menulis, pendidikan sinematografi dan berbagai workshop menarik seputar film. Pokoknya seru deh!

Dulu sih sebelum covid menerpa, setiap bulan kita selalu ada acara menonton bareng di bioskop lho. Selesai menonton biasanya sih kita nongkrong dulu untuk diskusi seru membahas film yang baru saja ditonton. Kita gak selalu sependapat lho, kadang terjadi juga perdebatan tapi malah seru karena kita jadi bisa dapet berbagai sudut pandang baru.

Kalau lagi beruntung, acara nobar bareng Komunitas Forum Film Bandung dihadiri oleh aktor/artis yang main di filmnya lho. Kalo lagi super beruntung malah bisa ikutan foto bareng juga hahaha.


Namun kegiatan nobar tersebut sempat terhenti karena pandemi. Semoga sih bisa segera berjalan rutin kembali yah karena udah kangen banget nobar di bioskop.

Hal yang bikin gue makin betah bergabung di Komunitas Forum Film Bandung adalah kita juga sering dilibatkan di berbagai event perfilman. Misalnya aja gue pernah berpartisipasi di event tentang sensor mandiri, pulang-pulang sih berasanya nambah wawasan banget lah. Gue juga pernah ikutan event Pemutaran dan Diskusi Film Ambu yang mengangkat budaya suku Baduy. Seru!

Kalau ada yang kepo sama kegiatan digital Forum Film Bandung sih mendingan langsung subscribe aja deh chanel youtube-nya : Festival Film Bandung. Ada FFB After School yang dikemas dalam format pelatihan atau diskusi ringan yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan literasi masyarakat umum.


Terdapat juga segmen Movie Skripsi yang mana gue pernah terlibat di dalamnya. Unik banget sih semacam quiz battle gitu. Program yang menjadi ajang untuk uji wawasan pengetahuan tentang perfilman Indonesia dan dunia.

Saat itu gue kedapetan battle sama Teh Nia dengan tema seputar film dan drama Korea. Aslik seru banget deh, gue beneran belajar kayak lagi mau skripsi dengan Raja sebagai dosen penguji yang melontarkan berbagai pertanyaan hehe. Menang atau kalah gak terlalu penting juga, yang penting mah kita udah bersenang-senang *ujar seseorang yang kalah dalam quiz tersebut haha*

Tentang Festival Film Bandung

Hal penting lainnya yang gak kalah seru menjadi anggota komunitas Forum Film Bandung adalah berkesempatan untuk hadir di event tahunan FFB yaitu Malam Puncak Festival Film Bandung.

Festival Film yang diselenggarakan oleh Forum Film Bandung sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas karya dan pencapaian kepada insan perfilman nasional, baik film layar lebar maupun televisi.


Festival Film Bandung pertama kali dilaksanakan pada tahun 1987 dan rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Jika penghargaan lain memberikan gelar ‘Terbaik’ maka FFB memberikan gelar ‘Terpuji’ sehingga dalam satu kategori bisa saja terdapat dua pemenang.

Gue sendiri mulai tergabung dalam Komunitas Forum Film Bandung sejak tahun 2019 dan selalu bersemangat untuk hadir dalam event keren Festival Film Bandung. Senang deh bisa ketemu sama banyak artis dan insan perfilman yang super kinclong. Walau entah kenapa gue tuh gak pernah berani buat minta poto bareng sama artis sih, takut ngeganggu. AKU LEMAH!


Selain itu gue jadi bisa tahu banyak film atau sinetron baru sih. Apalagi sekarang ternyata banyak banget web series yang kelihatannya seru, sepertinya harus mulai gue stalking sih. Udah gue tandain nih web series mana aja yang mau gue tonton hahaha.

Festival Film Bandung 2022

Festival Film Bandung yang ke-35 diselenggarakan di Bandung Creative Hub pada tanggal 9 November 2022. Forum Film Bandung mengamati 121 film Indonesia, 158 film impor, 49 serial televisi dan 109 web series.


Seperti biasa Festival Film Bandung bertaburan artis yang kemilau dan super flawless. Salah satu aktor yang menjadi sorotan tentu saja Refal Hady yang telah sukses mencabik hati penonton *termasuk gue* melalui perannya sebagai Mas Bian dalam Wedding Agreement. Ternyata aslinya beneran ganteng dan humble banget karena senyum terus. Ia berhasil meraih Pemeran Utama Pria Terpuji Serial Web.

Hadir juga Putri Marino dengan gayanya yang super slay yang berhasil meraih  penghargaan Pemeran Utama Wanita Terpuji Serial Web melalui perannya sebagai Kinan di Layangan Putus. Ya iya lah beliau emang pantas mendapat penghargaan tersebut, gue aja nontonnya berasa ikutan menjadi istri tersakiti lho.

Ikutan bersyukur karena kegiatan apresiasi Festival Film Bandung 2022 yang didukung oleh Kemendikbudristek RI dapat sukses terselenggara.

Buat elo yang kepo pengen ikutan nonton juga, cus buruan melipir ke youtube-nya Festival Film Bandung yah!

26 comments:

  1. huah teteh senangnya tak terkira bisa jumpa Mas BIan, pastinya ganteng bingits ya wong di layar kaca aja aura kegantengannya udah berbinar-binar apalagi kalau pas ketemu langsung. Dan aku juga sama teh kalau nonton drama liat dulu aktornya wkwk kalau menyegarkan mata lanjut nonton

    ReplyDelete
  2. Seru banget pastinya berkumpul dengan sesama hobi. Apa lagi ini ajang bergengsi

    ReplyDelete
  3. Oh, jadi mbak lebih sering nonton sendirian kayaknya deh dibandingkan sama abah atau si kecil hahaha :D Emang di ruangan bioskop adem dingiiiiin malah, jadi ngantuk deh :D Asyiknya ikutan komunitas yang sama2 hobi nonton ya. Apalagi di acara Festival Film Bandung bisa ketemu pemain film yang kece2 dan hebat kualitas aktingnya. Mana atuh pepotoan sama Mas BIyan? hihihih....

    ReplyDelete
  4. Festival Film Bandung ini bagus bener karena mampu memberikan apresiasi ya bagi mereka yang berkiprah di dunia film. Kalo kesana senang deh karena bertaburan bintang yaa

    ReplyDelete
  5. Wah di Gresik ada gak ya komunitas nonton bareng gini. Bakal seru kayaknya ya. Saya juga suka nonton di bioskop, tapi jarang kalo film Indonesia.

    ReplyDelete
  6. seru bangeeet bisa ikutan rutin kayak gini, jadi sering ketemu artis artis lah yaa, ahaha. Iya, Putri Marino emang pantes ya dapet penghargaan itu, actingnya emang keren banget!

    ReplyDelete
  7. Wah kalo pas pandemi ngga ada nobar dong? Aslinya aku pengen juga ikut komunitas Film gini. Soalnya kan ak newbie banget kalo urusan komen perfilman. Sapa tau bisa dapet insight dari para mastah wkwkwk.
    Wah iya dong mba Kinan super slay emang cuco kalau dapet penghargaan. Mewakili perasaan para istri tersakiti hahaha

    ReplyDelete
  8. Seru dan bahagia nih kalau ketemu komunitas yg suka nonton film. Apalagi bisa nonton Festival Film Bandung, double senengnya.

    Festival f8lm Bandung ini makin eksis, semoga terus menghasilkan karya film yg bagus.

    ReplyDelete
  9. Wah ada Mas Bian..juga Putri Marino. Keren memang ini Festival Film Bandung. Senangnya member Komunitas Forum Film Bandung tak hanya nobar dan diskusi tapi bisa hadir juga di helatan FFB yang keren ini

    ReplyDelete
  10. Wah, menarik sekali ini bi acaranya. Ada movie skripsinya juga ternyata. Seneng banget pastinya ya teh kalo ketemu satu teman yang sefrekuensi, suka nonton

    ReplyDelete
  11. Wow asik banget ya kak berkesempatan menyaksikan Festival Film Bandung, tidak semua orang bisa merasakan ini ya. Apalagi bertemu dengan artis dan aktor. Untuk artis seperti Putri Marino ramah gak sih kak? misalnya mau diajak foto

    ReplyDelete
  12. Lah kok kayak suamiku, nonton genre thriller aja bisa tidur. Padahal dia hobi nonton tapi emang suka tertidur juga di bioskop, hahahaa.

    Ternyata Mas Bian yang menang penghargaan Pemeran Utama Pria Terpuji ya.

    ReplyDelete
  13. Beneran ya bi, kalau ketemu sama teman atau komunitas yang sefrekuensi rasanya klop banget deh. Ngobrolin asik asik aja, apalagi diajak nonton, yukkk... seru banget acaranya

    ReplyDelete
  14. Lahhhh aku kok mengalami sindroma sama kayak Abah 😁😂 sebenernya aku juga suka nonton sih.... Tapi klo ke bioskop entahlah hawanya adeemm bikin ngantuk.
    Tapi klo ketemu teman satu frekuensi yg sama2 demen nonton d bioskop pastinya seruuu pol yak.

    ReplyDelete
  15. Pengen ih ke festival begini. Terakhir suka datang ke festival film jaman kuliah tahun 2000 an. Suka datang ke festival film d ccf bandung

    ReplyDelete
  16. Festival Film Bandung dari jaman aku SMA adalah acara yang bergengsi banget untuk insan film Indonesia

    ReplyDelete
  17. Wah ada mas Biyan 😍
    Acara Festival Film Bandung ini seru banget ya teh
    Nggak hanya bisa melihat beragam film berkualitas, tapi bisa sekalian meet up sama feman blogger ya teh

    ReplyDelete
  18. Baruu tau ada festival bandung film...duhh jadu mupeng pengen liburan ke Bandung...emang sih semenjak pandemi Bandung berubah yang terdampak ke ortunya (gusti yeni)

    ReplyDelete
  19. Keren teh Erry, bisa kumpul bareng pecinta film yg tergabung di Forum Film Bandung ini. Semoga kualitas perfilman di Indonesia makin terus merangkak naik ya, udah terbukti dari beberapa serial series yang menyita perhatian kita yang diperankan oleh Refal, Putri Marino dan Reza Rahardian, hehe

    ReplyDelete
  20. Asyik banget jadi anggota komunitas Forum Film Bandung. Akun pun pengen juga ketemu kaum yang suka nonton. Selama ini nonton sendiri mulu. Kan mau juga bareng-bareng yang lain. Btw, Festival Film Bandung tuh acara yang lumayan dinanti para sineas ya

    ReplyDelete
  21. Seruu..
    Hadir di Festival Film Bandung dan ikut berpartisipasi dalam kegiatannya. Memang kalo diskusi mengenai film tuh kek gak ada abisnya.. Jadinya panjang dan seru banget. kalau di fasilitasi di SSB gini kan jadi tersalurkan energinya.

    ReplyDelete
  22. Aku juga suka banget loh mba dengan akting Putri Marino. Dia tuh ga hanya di Layangan Putus aja bagus aktingnya, di film layar lebar pun juga memukau. Dia main jadi Mbak Pur kan di film Losmen. Bagus loh menghayati perannya.

    ReplyDelete
  23. Aih seru banget pastinya deh nonton penganugerahan FFB ini mah. Bisa ketemu langsung aktor-aktor yang cakep yang selama ini cuma bisa dilihat di layar kaca sama di bioskop aja ya. Heuheuheu.

    ReplyDelete
  24. Aih seru banget pastinya deh nonton penganugerahan FFB ini mah. Bisa ketemu langsung aktor-aktor yang cakep yang selama ini cuma bisa dilihat di layar kaca sama di bioskop aja ya. Heuheuheu.

    ReplyDelete
  25. Keseruan yang tiap tahun selalu ada ya ini. Sesekali pengen rasanya ikutan tapi posisi sedang tidak memungkinkan di desa.

    ReplyDelete
  26. Hiyaaaaa ada aktor dan aktris yg pas banget main kmrn, mas Bian hahahaha, aku sampai follow IGnya, seneng bisa 1 frame acara ya mba.

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS