Peran Serta JNE dalam Jaringan Distribusi

Wednesday, October 26, 2022

Tahun ini Kayla udah mulai masuk kuliah sehingga kita suka giliran pake laptop hehe.

Iseng-iseng gue pun membaca modul Kayla yang tergeletak di laptop gue dan seketika itu juga langsung pengen pingsan saking ribetnya! Maklumlah emak-emak receh udah enggan dan tydack sanggup baca materi yang ribet-ribet deh haha

Belakangan ini sih gue emang jadi sering diskusi tentang masa depan sama Kayla. Anak udah makin gede harus lebih sering diajakin deep talk, supaya ketahuan maunya apa jadi bisa diarahkan. Keinginannya sedari dulu emang jadi enterpreneur. Namun masih mencari-cari jalur yang tepat dan tetap bisa sesuai ama passion.


Selama ini kadang kita terlalu fokus nyari produk yang tepat dan gimana cara memasarkannya. Gue ama Kayla sih gitu. Diskusi seru nyari-nyari produk yang lagi nge-heits dan happening saat ini kemudian membandingkannya dengan produk yang everlasting. Atau mending jualan produk yang segmented aja atau yang semua orang pake nih? Mana yang lebih prospektif?

Namun saking fokusnya sama produk pada akhirnya kita malah jadi abai bahkan kelupaan tentang masalah distribusi. Padahal distribusi tuh memegang peranan penting dalam kegiatan ekonomi lho. Punya produk yang super kece tapi jalur distribusinya mandek kan percuma aja yah. Barang malah jadi susah sampai ke customer.


Pentingnya Distribusi dalam Kegiatan Ekonomi

Punya produk yang kece emang penting, tahu cara memasarkannya ke orang yang tepat juga gak kalah penting. Tapi memastikan produk tersebut bisa dipergunakan dan bermanfaat karena dikirimkan melalui jalur distribusi yang tepat juga harus dipikirkan baik-baik dan gak bisa dianggap sepele lho.

Kegiatan distribusi yang lancar kan bisa menjamin kesinambungan proses produksi, karena barang bisa beredar dengan baik dan gak menumpuk gak jelas di gudang.

Tujuan kegiatan distribusi sih utamanya untuk memudahkan konsumen dalam memperoleh barang atau jasa, karena tidak semua konsumen memiliki akses ke produsen secara langsung kan yah. Dengan adanya jalur distribusi yang tepat, bisa membantu produsen untuk menjangkau wilayah pemasaran yang lebih luas dan merata.

Adapun kegiatan distribusi  dapat terbagi dalam beberapa jenis :

Distribusi Langsung : biasanya dilakukan oleh produsen kecil supaya bisa meminimalisir biaya distribusi. Produsen bisa menjual produk tersebut langsung kepada konsumen. Namun biasanya area penjualan dan pengiriman pun akan lebih terbatas yah.

Distribusi Tidak Langsung : dalam hal ini pihak produsen mengandalkan jasa distributor yaitu grosir atau retail. Sistem ini biasanya dipakai oleh perusahaan berskala besar supaya bisa menjangkau pemasaran yang lebih luas.

Distribusi Semi Langsung : kegiatan distribusi semi langsung biasanya mengacu pada jalur distributor khusus. 


Peran Serta JNE di Bidang Distribusi

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini UMKM telah menjadi ujung tombak perekonomian nasional. Sejak pandemi melanda, UMKM malah semakin menunjukkan taringnya dan berusaha untuk bertahan. Semakin kita terpojok, biasanya sih justru jiwa survival kita akan semakin meningkat.

Banyak banget UMKM yang justru berkibar di masa pandemi. Berbagai produk, jajanan atau kuliner berhasil viral membanjiri timeline dan menggoda kita untuk mencobanya. Marketplace pun berlomba mengumbar promo tanggal kembar, bikin kita khilaf dan auto check out hehe.

Peran serta JNE sebagai perusahaan yang bergerak di bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian sangatlah vital. Para kurir JNE yang berjasa membuat hari-hari kita lebih berwarna dan bergairah di masa pandemi. Hayok jujur ajalah keliyan, kehadiran mereka di depan pagar rumah sembari meneriakkan paket pastinya berhasil membuat hati lo jadi berdebar kan yah hahaha. *gak lebay gak asyik*

Apalagi saat ini JNE sudah semakin melebarkan sayapnya. Gak cuma sekadar urusan kirim-kiriman paket aja, tapi JNE sekarang juga punya jasa kepabeanan, penjemputan di bandara bahkan pengiriman uang. Untuk meningkatkan pelayanan kepada para customer, saat ini JNE juga memiliki divisi logistik yang berfokus pada pelayanan yang mencakup pergudangan, cargo, pengiriman jalur darat, sea freight dan air freight. Duh lengkap banget kan yah JNE ini!

Peresmian Kantor Perwakilan Kepandean oleh JNE Cilegon

JNE juga terus berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik dengan cara membangun infrastruktur dan perluasan jaringan. Hal ini dilakukan supaya kualitas pelayanan lebih maksimal karena titik pengiriman jadi lebih mudah dijangkau.


Pada tanggal 17 Oktober 2022 JNE Cilegon meresmikan Kantor Perwakilan Kapendean yang berlokasi di Jl. Raya Cilegon no. 1D Serang Banten. Lokasinya strategis dan gedung baru tersebut memiliki fasilitas yang representatif, bangunan terstandarisasi dan parkir yang luas pulak. Wah jadi bikin kepo sih ini mah.

Keberadaan Kantor Perwakilan Kapendean juga merupakan salah satu bentuk dukungan JNE terhadap pelaku UMKM, komunitas dan juga seller. Sebagai customer setia tentu saja kita mah ikutan seneng karena semakin banyak cabang JNE, maka bakal semakin mudah juga urusan kirim-kiriman paket kan yah.

Apalagi JNE kan emang sedari dulu selalu konsisten untuk mengembangkan para pelaku UMKM. Berbagai program edukasi telah dijalankan oleh JNE demi mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif lokal. Keren!

26 comments:

  1. Iya bener, semangat produksi kalau nggak memperhitungkan kemampuan distribusi, bisa-bisa hasil produksinya numpuk di gudang aja.

    Pastinya dengan bertambahnya kantor cabang JNE di Cilegon ini, makin mempermudah masyarakat di sana untuk melakukan pengiriman barang

    ReplyDelete
  2. Aahh, keren banget JNE yaa, bukti dukungan terhadap perkembangan UMKMnya dijalankan secara nyata dan bermanfaat banget jadinya.. keren keren

    ReplyDelete
  3. JNE ekspedisi langganankuu juga, ternyata program kerjanya banyak dan bermanfaat juga bagi masyarakat Indonesia ya....dengan adanya kerjasama JNe +UKM otomatis sama2 menguntungkan dikedua belah pihak.

    Sukses terus JNe dan UKm Indonesia

    ReplyDelete
  4. Apalah kita tanpa para kurir...ikutan *gak lebay gak asyik* hahaha. Tapi memang ya mbak..di era belanja digital seperti sekarang, kurir itu uda jadi kebutuhan primer jugak. tanpa mereka, gimana nasib belanjaan kita wkwkw. Memang, kadang ada aja berita kurir nakal, atau sebaliknya konsumen nakal. Tapi ya gimana, di semua bidang kerjaan, pasti ada yg gitu sih. Mudah2an yang baik dan bertanggung jawab jauuuh lebih banyak.

    ReplyDelete
  5. Kalau kata sepupu saya, terkadang suka ada pelanggan yang gak mau tau kalau barang datang terlambat. Selalu langsung marahin seller. Padahal kendala di distribusi. Makanya memang penting memilih jasa ekspedisi yang bisa dipercaya

    ReplyDelete
  6. Distributor, pengiriman di zaman sekarang itu penting banget keberadaannya. Adanya JNE ya bantu banget apalagi buat pengusaha online. Program JNE buat UMKM, harus kita akui kalau banyak yang bermanfaat. Selamat buat peresmian kantor barunya!

    ReplyDelete
  7. Nah iya peran distribusi ini jadi aman penting bagi UMKM juga ya. Apalagi selama pandemi, kita ngga bisa mudah ketemu customer. Untung lho ada JNE yang membantu UMKM bisa terus maju dan berkembang dalam pendistribusian.

    ReplyDelete
  8. Nah iya peran distribusi ini jadi aman penting bagi UMKM juga ya. Apalagi selama pandemi, kita ngga bisa mudah ketemu customer. Untung lho ada JNE yang membantu UMKM bisa terus maju dan berkembang dalam pendistribusian.

    ReplyDelete
  9. Ngobrolin soal distribusi jadi teringat pelajaran ekonomi akutansi mbak hehe. Karen banget nih anaknya udah bisa diajakin diskusi serius soal jualan2.
    Betul sekali apalagi kalau jualan tuh distribusi penting supaya bisa sampe dengan back ke tangan pelanggan. Utk menghindari kesalahpahaman juga agar terlihat professional ya. JNE menambah kantornya akan makin membantu pendistribusian yg punya Usaha yaa.

    ReplyDelete
  10. di era serba online kayak sekarang memang penting banget memilih jasa distribusi yang terpercaya kayak JNE ya, mbak. Dari dulu JNE ini memang selalu terpercaya untuk masalah pengiriman barang

    ReplyDelete
  11. Ehh, Kayla udah mau kuliaah. Ya ampun, rasanya cepaaat sekaalii perputaran waktu ini.

    Btw, kolaborasi JNE selalu menjadikan banyak manfaat. Salutt bangett.

    ReplyDelete
  12. JNE ini beneran ngebantu banget para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya ke seluruh negeri.

    Selain bisa mengembangkan UMKM, JNE juga jadi pendistribusian yang oke, karena aman sampai tujuan.

    ReplyDelete
  13. Wuih keren. Makin banyak aja ya cabang JNE. Pastinya jadi makin dekat dengan pelanggannya. Aku juga nih di sini jadi ada yang deket. Jadi makin gampang kalo mau kirim-kirim dan berbagi kebahagiaan dengan orang-orang tercinta.

    ReplyDelete
  14. Wuih keren. Makin banyak aja ya cabang JNE. Pastinya jadi makin dekat dengan pelanggannya. Aku juga nih di sini jadi ada yang deket. Jadi makin gampang kalo mau kirim-kirim dan berbagi kebahagiaan dengan orang-orang tercinta.

    ReplyDelete
  15. Kaylaaaaaa
    Ya ampuunn time flies so fast
    Udah mau kuliaahhhh, padahal mamaknya masih muda belia tralalaaaa

    Ishh semangaatt yak.
    Semoga tercapai cita² jd enterpeneur, dan ntar bs kolabsss dgn JNE 😍👍

    ReplyDelete
  16. JNE buka cabang di Cilegon. Alhamdulillah. Semakin bertambah banyak cabangnya. Urusan distribusi untuk masalah barang dagangan termasuk krusial ya. Jadi salah satu kunci keputusan pelanggan. Aku dari pertama jualan sudah pakai JNE. Selalu puas dengan layanan JNE.

    ReplyDelete
  17. NGgak perlu diragukan lagi JNE dalam proses distribusi seperti ini ya mba. Dengan adanya peresmian kantor JNE ini semakin mendekatkan dengan masyarakat ya mba

    ReplyDelete
  18. Jadi inget jaman jualan online menggunakan blackberry, kirim paketnya menggunakan JNE dan JNE jadi perusahaan yang peduli dengan UMKM

    ReplyDelete
  19. Jasa distribusi di jaman serba online seperti sekarang bermunculan bak jamur di musim hujan. Kualitas dan kredibilitas harus kita utamakan. JNE ini yang menurut saya selalu profesional

    ReplyDelete
  20. Betul banget tuh, peran jasa distribusi pun penting juga. Produk bagus tapi kalau pengirimannya lama tentu bikin kesal customer ya. Klo JNE mah udah terjamin cepat waktu pengirimannya. Aku kirim2 ke anakku yang pondoknya jauh di pedesaan aja sehari nyampe loh, padahal lokasinya tidak di kota besarnya.

    ReplyDelete
  21. Waahh baru tahu kalau JNE gak cuma ngurusin paket2/ ekspedisi tapi sudah melebarkan sayapnya meliputi kepabean, dll.
    Setuju banget mbak, yang namanya distribusi, walau itu sesederhana dari seller ke buyer tetep sangat mempengaruhi keberhasilan transaksi yang mempengaruhi ekononomi yaa.

    ReplyDelete
  22. Distribusi dalam bentuk apapun bisa dilakukan oleh JNE. Jadi wajar makin banyak cabangnya di seluruh Indonesia karena distribusi tepat waktu dan aman sangat perlu memang...

    ReplyDelete
  23. Ternyata anak Teh Ery udah besar ya. Udah mau kuliah. Memang benar ya Teh keberadaan UMKM ini membantu menyokong perekonomian negara. Waktu saya jualan online daster dulu, sering pakai JNE sebagai ekspedisinya. Terbantu sekali pokoknya

    ReplyDelete
  24. JNE tuh dari dulu selalu konsisten menjaga kepercayaan pelanggan dan masyarakat. Selalu berinovasi dan terus belajar mengembangkan usaha dengan baik

    ReplyDelete
  25. Kalau enggak ada ekspedisi seperti JNE entahlah. Makanya saya berterima kasih banget dengan adanya JNE pilihan ekpedisi untuk distribusi yang berkualitas

    ReplyDelete
  26. JNE sebagai salah satu ekspedisi berpengalaman memang punya banyak peran dan kontribusi dalam masyarakat yaaa

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS