Suka Kpop Dianggep Toxic? Sini Ngumpul Bestie!

Monday, March 7, 2022

Stigma Negatif Kpoper

Suka Kpop Dianggep Toxic. Cobak gue pengen nanya, adakah gerangan di sini yang doyan Kpop tapi kagak berani spazzing atau fan-girling pake akun aslik? Beraninya pake second account atau akun anonim dengan ava bias kesayangan? Hayo lho? Ngaku lo semua! *nah lho, pada ngacung*

Emang berat yah jadi fangirl atau fanboy Kpop yang bergentayangan di media sosial. Kita kerap kali mendapat stigma negatif dan dikasih label tertentu oleh warga sekitar. Sering dianggep toxic, doyan fanwar, nge-bash sana-sini atau mudah tersulut emosinya.

Kpoper tuh bagaikan menempati kasta paling rendah dalam struktur bermedia sosial deh. EMANG SENISTA ITUKAH HIDUP KITA? HINA BANGET GITU GUE DI MATA LO? *maap mbak-nya nyolot*

Makanya dari pada ribet dan sakit hati menerima cibiran serta hujatan, akhirnya banyak fans Kpop yang menyembunyikan identitas pribadinya di media sosial dan lebih memilih untuk bikin akun anonim aja. Yah menurut gue sih hal itu sah-sah aja untuk dilakukan, selama bisa membuat jiwa lo lebih tenang.

Seru juga kalo akhirnya bisa mutual-an dengan sesama Kpoper yang se-bias kan yah! Punya banyak temen baru yang memahami isi hati kita! 

Ayok ngumpul dan tsurhat bareng di sini bestie!

Sisi Lain Kpop

Emang orang tuh mudah banget untuk menilai dan menghakimi yah. Doyan Kpop berarti toxic. Generalisasi. Pukul rata. 4Lay. Gak faedah. Gabut.

Dulu sampai pernah ada rame banget Ruqyah Kpop dong gais! Suka Kpop aja meuni sampai harus di-ruqiah segala atuhlah pliiis ! Apakah setelah di-ruqiah Anda akan jadi lebih berakhlak mulia?

dulu beritanya nge-heits banget di timeline gue

Dan yang gak kalah ngeselin, gue inget banget dulu pernah ada artikel super duper viral yang menyamakan Kpoper dengan pecandu narkoba lho. Itu parah sih!

apa pun masalahnya, ava Korea yang disalahin!

Masih kurang? Gak puas hanya dengan mencerca Kpoper doang, idola kita juga ikutan dicerca dong. Tentu saja cercaan yang paling sering dilontarkan adalah : plastik! Beneran pernah kejadian dong di akun gue huhu.

 

ngatain orang plastik, padahal sendirinya mirip kabel data

Padahal itu yang suka ngata-ngatain plastik gitu biasanya sih hidupnya emang kurang namaste aja dan tampangnya paling gak jauh-jauh dari kabel data lah yah! ehehehe

Dan masih banyak lagi sih kasus lain yang bikin kita berasanya hina banget karena udah jadi Kpoper!

Padahal sesungguhnya dengerin Kpop atau fangirling tuh hanya sekadar stress-reliever aja kok. Kita butuh suatu wadah yang bisa dipake untuk melampiaskan rasa stres dan lelah setelah menjalankan berbagai rutinitas yang terkadang menghimpit. Ketika beban kehidupan yang menerpa bikin jiwa jadi sesak dan merasa tertekan, berarti udah waktunya dengerin Kpop!

Kpop tuh cuma genre MUSIK kok!

Sama aja kayak dengerin musik biasa sih. Tapi kenapa kok kesannya nge-heits banget? Kalo menurut gue sih hal itu disebabkan oleh loyalitas para Kpoper yang hobinya nongkrong di media sosial. Internet cepat adalah sahabat sejati para Kpoper. Mereka selalu kompak dan serentak dalam mengamati pergerakan idolanya. Kalo ada apa-apa gampang banget dibikin trending. Kpoper memang penguasa timeline!

Boyband Kpop Cuma Modal Tampang?

Sepertinya ungkapan di atas merupakan template yang paling sering diucapkan buat ngejatohin mental Kpoper yah. Dan setiap kali mendengar pernyataan seperti di atas, gue bawaannya suka jadi pengen ngajak ribut aja lho hahaha.

Yah, terserah aja sih kalo ada yang mau menganggap demikian. Di satu sisi memang benar adanya bahwa visual para member Kpop tuh hampir paripurna tiada cela. Tapi kalo elo tanya gue, apa yang gue rasakan setiap kali mendengar lagu Kpop atau menonton MV mereka, maka yang terlihat oleh gue hanyalah satu kata, yaitu : KERJA KERAS!

Eh, itu mah dua kata yah? Maap! Hehe

Untuk bisa menyanyi atau nge-rap sembari nge-dance dengan koreo super rumit tuh bukan sesuatu yang mudah lho. Gue kalo nonton MV Kpop sering terkesima melihat kekompakan mereka. Kayak pake special effect aja gitu. Sampai akhirnya gue nonton video latihan mereka. Dan makin terkagum-kagum.

 

kerja kerasnya bikin jatuh cinta dan makin sayang

Gue sering stalking live performance atau video latihan boyband favorite gue EXO. Ketika lagi latihan koreo gerakannya sengaja direkam. Kemudian setiap member akan menganalisa kembali gerakan masing-masing secara mendetail.

Dibahas tuh jarak per-centimeter setiap personil supaya bisa terlihat rapi atau sampai berapa derajat mereka harus membungkuk. Bahkan ketika loncat pun, ketinggian mereka bisa sama persis dan ketika miring sudut kemiringannya bisa terlihat sangat presisi lho! Gila banget sih latihannya!

Semua dilakukan demi kesempurnaan dalam sebuah penampilan. Sampai segitunya lho gais!

Makanya suka keseeel kalo dibilang mereka cuma modal tampang doang! Seakan-akan kerja keras mereka gak ada artinya. Emang kalo ganteng, trus jadi gak berusaha gitu? Gak gitu cara mainnya Kpop boyband bestie!

Perjuangan Selama Menjadi Trainee!

Di balik semua gemerlap dan glamor yang dimiliki oleh para Kpop Idol, sebenernya ada sekelumit cerita pilu sih. Sebelum debut menjadi idol, mereka harus menjalani masa trainee atau pelatihan yang cukup berat. Jangka waktu training di setiap agency berbeda-beda, tapi biasanya sih sekitar 3-5 tahun. Bahkan ada yang sampai 7 tahun dong!

Jadi biasanya mereka direkrut di usia sekitar 12 atau 13 tahun untuk kemudian didebutkan di usia keemasan mereka sekitar 17 atau 18 tahun. KAI si ultimate bias gue di EXO memulai masa training di usia 13 dan debut di usia 18 tahun. Jadi ia menjalani masa training selama 5 tahun.

si ultimate bias di EXO

Selama training mereka juga gak hanya belajar vokal atau dance, tapi juga etika dan tata cara ngadepin media. Bayangin dong abg usia segitu yang pada umumnya lagi asyik-asyikan hangout nyari tempat hiden gem buat apdet status, tapi para calon idol itu harus mengorbankan masa muda mereka dan bela-belain latihan koreo sampai keringetan atau bikin lirik rap.

Persaingan di dunia Kpop juga gak kalah brutal sih. Setiap ada satu idol yang debut dalam satu management, kemungkinan akan ada beberapa trainee yang harus keluar. Parah kan yah!

KAI’s Bucket List di Youtube IndiHome TV

Kalo ngelihat perjuangan para Kpop idol buat debut tuh, gue berasanya jadi makin sayang dan ingin selalu menyirami mereka dengan berjuta cinta kasih aja gitu! Makanya kegiatan para Kpoper mah gak jauh-jauh dari stalking kegiatan para biasnya sih. Wifi cepat mah udah wajib hukumnya buat Kpoper!

Gue lumayan rajin nih stalking kegiatannya bebeb Kai, mulai dari solonya Mmmh dan yang terakhir sih Peaches. Makanya seneng banget waktu IndiHome dan CXO Media punya project series KAI’s Bucket List di Youtube IndiHome TV. Wah, para bucin Kai wajib kepo-in ini mah!

Kai's Bucket List di Youtube IndiHome TV

Tayangannya dikemas dalam bentuk variety show dan mengisahkan kilas balik KAI saat dirinya masih menjadi trainee sampai akhirnya dikenal sebagai Kpop idol super nge-heits. Ia juga melakukan berbagai hal yang udah lama disimpan dalam daftar keinginannya.

Total bakal ada 5 episode dengan durasi 20 menit yang akan ditayangkan mulai tanggal 19 Februari 2022 sampai dengan 9 April 2022 setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 16.00 WIB, eksklusif di chanel youtube IndiHome secara live streaming.

Kalo elo multifandom, akan ada juga kolaborasi antara Indihome dan CXO Media yang mengkreasikan program Perspektif yang mengangkat social experiment dengan topik Kpop. Wah, pastinya seru banget nih!

Selain itu, ada juga program FYI (For Your Inspiration) yang ditayangkan dalam bentuk animasi visual dan narasi story-telling untuk mengedukasi masyarakat akan fenomena Hallyu Wave atau demam Kpop, serta berita-berita terkini di dunia Kpop dan beragam aspek penting dalam kehidupan yang inspirasional. Wah, Kpoper berasanya lagi dimanjain banget nih ama IndiHome!

Kuy kita rame-rame nonton variety show KAI’s Bucket List, special di You Tube IndiHome TV!

43 comments:

  1. Aaaaak Kai..makin keceh ajah. Aku udah nonton episode 3,4,5 wkwkwk..huhuhu makin syukaaak

    ReplyDelete
  2. Jumlah episode KAI's Bucket List tuh berapa sih, kak? Kayaknya minggu kemarin aku nonton episode 6 deh. Apa mungkin aku salah lihat atau gimana ya?

    ReplyDelete
  3. aku suka lagu-lagu KPop hanya lagunya aja sih, sebatas itu, itupun kalo lagunya cocok di telingan dan sesuai seleraku hehehe nah kalo drama korea pun sama mba, sebatas suka aja nontonnya kalo sesuai sama seleraku gak sampai yang digandrungi banget kudu nonton tiap hari

    ReplyDelete
  4. Wah, seru banget nih buat para penggemar KPop dan artis2 Korea. Bisa betah mantengin IndiHome buat santai me time ya. Kini ada KAI’s Bucket List di Youtube IndiHome TV deh. Komplit banget pasti info2 seputar mereka secara riil. Pasti banyak yang nonton nih.

    ReplyDelete
  5. Mau pantengin nih aksi KPop di KAI’s Bucket List yang ada di chanel Youtube IndiHome.Sebagai pelanggan IndiHome layanan internetnya memang sangat memuaskan,cepat tanpa kendala

    ReplyDelete
  6. Bakalan di serbu nih channel Youtube Indihome dari penggemar kpop, kpop beneran yaa penggemarnya banyak buah dari perjuangan panjang pastinya.

    Kebetulan kami sekeluarga tidak fans group apapun jadi sempet heran ketika dulu mac d diserbu pembeli gara2 kemasannya ungu khas kpop korea yakss

    ReplyDelete
  7. Kpop lover bakalan serbuu channel Youtube Indihome nih maaak.
    Indihome memang okee👌 internet cepat dan layanannya sampai pelosok negeri

    ReplyDelete
  8. saya juga kadang ikutan nonton kalau anak anak lagi nonton kpop meskipun gak hapal satu satu, apalagi wajahnya ya. cuma suka aja kalau lagi latihan mereka itu total ya. begitu juga pas main drama, beneran total banget mainnya. yang main drama kolosal zaman joseon apalagi, pas lawan, berantem adu jotos, kayak beneran. keren dah.

    ReplyDelete
  9. Ya begitulah, manusia terkadang pandai menilai dari luaran saja, tapi rata2 oraang yang kek gitu ya yang ga paham aja dalem2annya. Aku suka Kpop entah itu lagu2nya, unyu2nya dan fashionnya2.
    Seruu pokonya kalo dah ngumpul pada bidangnya yaa, cuss ahh pembelajaran buat kita untuk saling menghargai satu sama lain.

    ReplyDelete
  10. Kalo dianggep toxic sih udah biasa teh. Sebagai kpopers senior sejati, wah ortu sendiri juga nganggep toxic kpop itu. Baru sekarang aja nih karena menang hp canggih dari pemerintah korea mulai agak berkurang. Wkwk

    ReplyDelete
  11. Malah baru tahu ada rukiyahnya segala nih ya mbak wkwkwkkkk... Aku belum jadi penggemar, tapi nggak punya pandangan buruk juga sama KPop lover siy...

    ReplyDelete
  12. Ngakaakkk semua baca-bacain tweet yang ngata-ngatain kpopers... Dulu sebelum aku terjun ke dunia kpop (halah), aku melihat kpopers yah sama aja dgn pecinta bollywood, western music, classics, dll...masing-masing ada massa dan seleranya.

    ReplyDelete
  13. Suka kpop dianggep toxic mah udah biasa aja sih menurutku. Lagu-lagunya juga enak kok didengerin sopan gitu ditelinga. Duh KAI makin ganteng banget siiii... Dijamin sih channel youtube indihome pasti diserbu kpopers

    ReplyDelete
  14. Waduh, sebegitunya ternyata ya..seharusnya semua genre music dihargai, karena musik itu universal bisa dinikmati siapa saja..
    Seperti apa yang disediakan Indihome untuk para pecinta KPop ini!

    ReplyDelete
  15. Nah, jadi bikin kepo aja nih dengan Kai. Aku pribadi bukan penggemar boyband kpop, tapi ada lagu²nya yg kusuka. Tp yg versi ngebeat supaya seger gitu hehe.

    ReplyDelete
  16. Padahal wajah mereka itu tampan dan ganteng serta imut. Kenapa sih pada gak suka sampai ngatain plastik? Bener juga, mungkin yang ngatain plastik hidupnya kurang greget.

    Terus kalau ada yang mereka alay, lebay, atau lainnya. Kita jawab, "mereka ikutan wamil lho, sedangkan kamu hanya bisa nyinyir,"

    ReplyDelete
  17. Anak-anak ABGku ngefans banget dengan grup KPop ini. Dan kebetulan di rumah pakai internetnya IndiHome jadi pastinya senang banget nanti bisa nonton series KAI’s Bucket List

    ReplyDelete
  18. Aku suka dengar lagu K-Pop udah lama. Sebenarnya memang sama aja dengan genre musik lain. Cuma ya suka aja. Buat jadi idol dan debut, mereka menjalani masa Trainee tahunan. Jadi gak instan modal viral

    ReplyDelete
  19. Padahal perjuangan berat memang menjadi seperti mereka. Nggak semudah yang orang anggap. Dan mereka juga berjuangan banget untuk jaga diri dan tetap eksos tanpa sensasi . Saluutt

    ReplyDelete
  20. Aku baru tau orang secinta itu sama Kpop pas diskusi di WAG bi. Jadi tau gitu alasan mereka ngefans. Aku belum tertarik, tapi anehnya kadang suka sama lagu-lagu mereka wkwkwk.
    Tau group Kpop biasanya dari ig story nya teh Lendy, baru tu ngeh... Oh ini to si A :)

    ReplyDelete
  21. Hehe, penggemar K-Pop sudah biasa dijulidin ya mbak
    Padahal ada banyak lho sisi positif dari KPop
    Bagiku, artis K-Pop ini kece lho, meski jago ngedance mereka nggak gentar saat ikut wamil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena latihannya pas trainee lebih-lebih dari masa wamil..
      Jadi kita salut beneran sama GRIT-nya uri oppa-deul.

      Delete
  22. Kalau di twitter bahas KPOPers ramai banget, ya. Terus para haters seenak jidat komentarnya. Sampai-sampai fans KPOP kudu diruqyah. Astaghfirulloh...

    ReplyDelete
  23. Waah segitunya ya sampai ada yang bilang toxic. Aku nggak terlalu fanatis dengan kpop, dll tapi suka aja apalagi sama KAI.

    ReplyDelete
  24. Emang cakep cakep bahkan ada banyak yg geulis saking cakep nya ya Teh eta para idola KPop teh.
    Gak nyangka mereka harus mempersiapkan semua itu sampai tahunan gitu ya. Tentunya persaingan juga. Kalau kena di saya belom apa apa bisa stress kayanya, hehe

    ReplyDelete
  25. Hahaha baca ini bayangin tampang teh Ery lagi ngamuk. Sy ga ngikutin kpop/drakor (takut ga bisa berhenti hahahha krn pernah ngikutin satu drakor dan ga bisa berhenti nonton wkwkwkw), ga juga ikutan ngasih stigma karena kesukaan orng beda-beda, ga bisa disamain atau dipaksa sama . Hempaskan ajalah yg suka ngasih stigma negatif

    ReplyDelete
  26. Asli yaa baru tauu kalau ada ruqyah kpop! Ngakak bet weeyy.. gen skrg nanti tb2 ngomong I am the next level sama polaroid love 🤣🤣

    Tp menarik lho itu rehabilitasi kpop, dpt merch ga ya tp 😂😂

    Btw asli lho kesel sama yg suka jelekin kpop dan artis korea krn mikir plastik2, pengen tak HIH! Tp ga haters gona be haters ga akan mau tau lain2, jd ya seraahh. Krn semua akan Korea pada waktunya 😂

    ReplyDelete
  27. Pandangan tiap. Orang emang berbeda kalau yang nggak suka ya teh. Padahal mereka. Menggemaskan dan punya prestasi gitu lho.

    ReplyDelete
  28. Iya aku perhatikan tuh di Twitter, kalau pakai ava Korea kayaknya stigmanya rusuh, hobi berantem dll padahal kan nggak semuanya, kita mah santuy saja senang-senang menikmati musiknya..aku baru mau nonton Kai nih di YouTube Indihome..

    ReplyDelete
  29. Yah ada-ada aja namanya stigma..bahkan penggemar kpop pun ada stigma toxic..padahal fanbasenya militan2 euy..

    ReplyDelete
  30. Aku pernah baca juga teh, asli ikutan gemes. Kan ga gitu juga. Justru mereka itu ga instan ya teh. Apalagi KAI, duuuh bikin adem liatnya.

    ReplyDelete
  31. Nista banget hidup w emang, teh..
    Huhuu... Tapi sejak bareng NCTzen, aku gak merasa sendiri. Kita saling menguatkan dan memang SM tuh semuanya dijawab pake kerja keras sih..

    Jadi bomat lah..mau komen apa.
    Semoga kita bertemu di surga yang sama dengan jalannya masing-masing.

    #eh komen aku sensi.
    Nonton KAI Bucket List dulu...biar gak toxic. Hehhee...monmaap, ikutan emosi pas dibilangin kita ngidolain plastik. HUhu..

    ReplyDelete
  32. Waah baca artikel ini sungguh ku menyelam diantara para fans ya. Ternyata ga cuma sekedar ngefans tapi ada juga drama-drama dibalik itu semua.

    ReplyDelete
  33. pandangan orang2 emang beda, repot kalo dipikirin, hehehe. Kalo teman kantor ku berpikiran, alah masak emak2 sukanya kpop atau bts dll, nggak ada kerjaan lain apa. itu kerjaannya anak muda, hehehe. apalagi kalo di kantor kerjanya pada nonton kpop aja, hahaha. Biasalh itu mka, balik ke pribadi asing2 ajalah

    ReplyDelete
  34. saya suka drakor & denger lagu lagu korea tapi ya biasa aja gak sampai suka stalking, heboh daring kk ^_^, dan baru ngeh masa ada yang nganggap toxic sampai dianggap nista parah, biarin ajalah, cuekin aja, seperti pepatah anjing menggonggong kafilah tetap berlalu
    :)

    ReplyDelete
  35. aku bodo amat dikatain udah emang2 masih jadi kpop, aku ngerasa lebih semangat dan bergairah cielah,, mood booster aja sih,, padahal idol yang ku suka mungkin ga semua orang suka dan ga hype,, kayak BigBang, iKON, Itzy dan Day6

    ReplyDelete
  36. Awalnya nonton Juga Aku diracunin sama keponakan kak... Terus lama jadi Suka gàk main2 mereka berlatih.. susah sebenarnya nyanyi sambil dance itu apalgi harus kompak ya...

    Dan harus Juga punya suara bagus selain memang harus cakep2 udah Juga dong nonton variety show KAI’s Bucket Listnya

    ReplyDelete
  37. Saya bukan penggemar kpop, tapi kaget loh ada yang ngejugde sampai kaya gitu, jahat banget sih...
    Baru tau juga ternyata keren banget ya perjuangan untuk jadi idol... Jadi inget jaman nari waktu sma...

    ReplyDelete
  38. Aku padamu dah bibi Titi teliti, aku juga mulai KPop lebih kepada penikmat karya seni,,,dan kerja keras yg mereka lakukan.

    ReplyDelete
  39. Aku padamu dah bibi Titi teliti, aku juga mulai KPop lebih kepada penikmat karya seni,,,dan kerja keras yg mereka lakukan.

    ReplyDelete
  40. Terima kasih sharingnya Mbak aku juga tidak mau menghina orang yang ngefans sama Kpop, hanya saja kadang remaja kita semangat ikut2an aja tanpa menyadari hakikat perjuangan Kpop juga sih

    ReplyDelete
  41. gegara sering dengering lagu BTS malah skrg aku jadi suka teh, kalau EXO aku ga tau wkwkwk..ntar jadi cari tahu..
    ya bener bngt mereka berjuang dan tapang mereka ya emang cakep dari orok kok wkwk yg ngatain plastik iri kali ya udah burik dari orok KZL

    ReplyDelete
  42. wah sampai begitu ya penilaiannya , padahal kita sih bisa ambil positifnya, aku bukan penggemar sih, aankku yang perempuan. tapi selama positif gak apa. dan dia ngajar IELS buat yang mau sekolah di luar negeri, semau muridnya tahu dia suk KPop,karena dia suKA nyanyi pakai ukelelE, cover dance KPop di IGNya. sAMPAI SAAT SISWANYA SUDAH MAU KE LUAR NEGERI DIA DIBERI hadiah yang ada hubungannya dg KPop. Dan juge beberapa cover dancenya ditaruh di IG kantor oleh kepala kantornya jadi kaya marketing, jd banyak yang mau belajar IELs di sana

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS