Belajar Berinvestasi di InvestasiKu

Sunday, March 20, 2022

Dulu waktu masih kecil sih gue selalu diajarin sama orangtua buat rajin menabung.

Nabung mulai dari yang simple-simple aja, kayak naro koin di celengan. Ketika udah rada gede sedikit mulai nyimpen saldo di rekening atau kalo ada dana lebih masukin deposito.

Namun kalo dipikir-pikir lagi sih zaman sekarang menabung udah kurang relevan buat dilakukan soalnya udah pasti kegerus inflasi. Pantesan aja duit tabungan gue cuma segitu-gitu doang dan gak pernah cukup buat dipake beli apa-apa haha. Ternyata gue harus mulai belajar cara mengelola keuangan dengan lebih rapi nih.

Semua harga semakin melonjak naik, tapi gue hanya mampu nabung sejumlah tertentu aja. Saat ini sih gue mulai harus mikirin dana pensiun karena Abah kerja di swasta. Fathir juga tahun ini masuk SMP, jadi gue ama Abah udah mulai ngitungin biaya buat masuk kuliah Fathir sekitar 6 tahun lagi nih.

Belajar Investasi di InvestasiKu

Untuk melawan inflasi supaya tabungan kita bisa semakin bernilai, jawabannya udah jelas investasi sih. Tapi kadang kalo denger kata investasi tuh berasanya suka rada nge-blank kan yah. Iya gak sih? Atau cuma gue doang sih? Haha.

Sebagai generasi jadul nan konservatif yang sedari kecil dididik oleh orangtua buat menabung, pada awalnya gue kurang tertarik dengan investasi. Kayaknya ribet dan takut ketipu. Ditambah lagi banyak beredar berita investasi bodong yang ujung-ujungnya sih penipuan. Halah, duit gue cuma ada segitu doang, kalo sampai hilang ketipu bakal nangis bombay dah gue!

Apa lagi bahasa investasi udah kayak bahasa planet yang bikin gue mengerutkan kening alias rumit banget sih kagak paham lah haha. Tapi yah kalo kita terus-terusan menutup diri dan gak mau belajar, pastinya kita gak bakal pernah bisa maju kan. Saat ini investasi udah jadi solusi dari inflasi. Gak usah takut untuk berinvestasi, tapi tetap harus waspada dan berhati-hati aja.

Sebelum memutuskan berinvestasi pastikan produk investasi yang kita incer udah terdaftar dan di bawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan BEI (Bursa Efek Indonesia) lho yah, biar kita berasa lebih tenteram dalam berinvestasi.

Makanya gue install deh aplikasi InvestasiKu supaya makin manteb belajar investasinya.

Tentang InvestasiKu

Hal yang bikin gue seneng belajar berinvestasi di InvestasiKu adalah karena aplikasinya mudah banget dipahami, bahkan untuk pemula seperti gue yang sering nge-blank kalo diajakin ngebahas hal yang terlalu ribet haha.

Selain itu InvestasiKu juga sering bikin konten edukasi yang membuat kita jadi lebih melek dan makin sadar betapa pentingnya investasi. Kalo abis baca atau nonton konten edukasi dari InvestasiKu, hasrat untuk berinvestasi jadi semakin membuncah aja gitu haha.

Tips paling jleb dari InvestasiKu buat gue yang sering nyari-nyari alesan buat gak investasi dulu karena selalu berasa duit gajinya nge-pas banget. Padahal mah dengan gaji UMR pun sebenernya udah bisa investasi kok, asal kita mau aja ngaturnya. Jadi yang penting tuh emang niat dulu yah gais!

Tips Gaji UMR Tetap Bisa Investasi 


Pisahkan Pendapatan untuk Investasi 

Ketika gajian seharusnya budget buat investasi langsung dipisahkan lho yah. Jangan dinanti-nanti, trus pas duitnya keabisan, ngeluh deh karena bulan ini gak bisa investasi. Misalnya bulan ini cobain dulu inestasikan 5% dari penghasilan. Untuk selanjutnya bisa naik secara perlahan setiap bulan. Supaya melatih kesadaran menyisihkan pendapatan untuk berinvestasi.

Menentukan Skala Prioritas Keuangan 

jadi kalo kita jeli dalam menyusun prioritas biasanya bakal ketahuan tuh budget gak penting yang terbuang setiap bulannya. Sebaiknya budget kayak gitu langsung di-cut aja dan dialihkan ke investasi.

Kurangi Gaya Hidup Boros 

Nah ini nih budget kebanyakan healing atau self rewards, padahal mah cuma sekadar alesan aja buat beli barang kurang berfaedah haha. Sebaiknya diperketat dan disisihkan buat investasi aja kan yah.

Jangan Terobsesi Dengan Hasil Instant

Tergiur dengan keuntungan besar, pengen cepet dapet cuan dalam jangka waktu yang singkat adalah koentji menuju kehancuran sih. Jika mindset kita dalam berinvestasi adalah cepet dapet cuan, bisa dipastikan kita bakal mudah kena tipu karena akan banyak oknum yang bisa memanfaatkan keserakahan kita tersebut.

Kasus penipuan atau investasi bodong yang banyak terjadi pada saat ini dikarenakan minim edukasi soal investasi sih. Sebelum berinvestasi kita harus paham dulu bahwa akan selalu ada risiko kerugian. Jadi kalo ada yang nawarin investasi super muluk dengan keuntungan tinggi dan tanpa risiko, kita harus waspada deh.

Hal lain yang harus dipahami dalam berinvestasi adalah, investasi bukanlah jalan menuju kaya tetapi jalan supaya tujuan financial kita bisa tercapai. Kalo mau kaya mah, yah KERJA gais!

Menentukan Tujuan Financial dalam Berinvestasi

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi sebaiknya kita menentukan terlebih dahulu tujuan keuangan kita sih. Supaya lebih jelas dan lebih memudahkan kita untuk memilih produk investasinya. Apakah mau pilih saham, reksa dana atau obligasi.

meraih tujuan financial di InvestasiKu

Untuk saat ini sih kalo gue lagi fokus banget buat ngumpulin dana buat kuliah Fathir 6 tahun lagi. Untuk produk investasi, berhubung gue termasuk investor konservatif yang rada takut sama risiko, sepertinya gue akan pilih produk investasi reksa dana aja karena lumayan aman yah. Nanti tinggal dihitung aja sih, prediksi biaya masuk kuliah 6 tahun lagi kira-kira seberapa besar. Jadi selama 6 tahun gue harus menyisihkan budget sekian untuk investasi setiap bulan.

Tapi kalo lagi punya uang dingin yang lagi gak kepake, sepertinya bakal dialokasikan buat investasi saham sih.

Mudahnya Berinvestasi di InvestasiKu 

Gue sih berasanya mudah banget deh berinvestasi pake aplikasi InvestasiKu udah kayak lagi belanja online aja sih!

Tinggal melipir aja ke playstore dan langsung install aplikasinya yah. Setelah itu kita bisa melakukan registrasi dengan cara memasukkan identitas diri seperti nama lengkap, email, no hape dan password. Tinggal tungguin aja sampai kode OTP dikirimkan ke handphone kita.

Kalo udah dapet nih kode OTP nya tinggal dimasukin aja ke akun kita, selesai deh. Gampang kan yah! Ayo tunggu apa lagi, yuk mulai berinvestasi di InvestasiKu!

24 comments:

  1. Nah penting banget belajar dulu ya mbak, nggak boleh gampang terbujuk ajakan investasi yang menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat. Emang sih hasrat ingin kaya tuh jadi celah tindak kejahatan buat orang lain.

    ReplyDelete
  2. Iya, harus hati-hati milih platform untuk investasi, jangan mengharap yang hasilnya instant lah pokoknya. Sip mba, aku mau bljr investasi ini...biar besok pas jatahnya udah pada usia pensiun..kondisi keuangan masih aman

    ReplyDelete
  3. Tehhh bener2 yaakk, waktu berjalan cepeett bgt.
    Lah Fathir enam thn lagi udah kuliah, akupun juga takjub karena anakku juga mau masuk SMA thn ini, rasanya kayak kemaren aja dia baru lahir :)
    Maka dari itu, udah pasti sih, perencanaan keuangan dan investasi yg bijak mutlak dilakoni.
    karena utk persiapan masa depan juga ye kannn yg penuh dgn ketidakpastian.

    ReplyDelete
  4. Selama ini aku investasi baru dalam bentuk tabungan/ deposito saja. Belum pernah coba saham, obligasi atau reksadana. Tetapi dengan aplikasi investasiku ada jawaban untuk hal yang tidak aku mengerti ya

    ReplyDelete
  5. aku baru tau aplikasi Investasiku mbak
    aku belajar istilah-istilah investasi waktu baca-baca majalah dulu waktu masih kuliah
    jadi sedikit banyak cukup tau pengertian dari reksadana. Dan sekarang ini invest yang sering aku lakukan untuk sementara waktu di reksadana dan deposito

    memang perlu banget mbak untuk bikin pos-pos dan target keuangan berdasarkan prioritas. Biar semua duit nggak bablas gitu aja

    ReplyDelete
  6. Setuju jangan terobsesi dengan hasil instant kalau ujungnya malah menyengsarakan ya teh, pilih investasi yang aman dan juga terpercaya kayak InvestasiKu

    ReplyDelete
  7. Wah iya teh, lagi marak ya investasi bodong karena banyak yang pengen instant hasilnya. Ngeri aku tuh. Mending kalau mau invest tuh ke platform yang terpercaya dan di bawah pengawasan OJK. InvestasiKu boleh nih dicoba.

    ReplyDelete
  8. Sekarang ini banyak banget tawaran investasi tapi ternyata semuanya itu bodong
    Jangan sampai tergiur dengan janji janji hasil yang wow...
    Mending pilih yang pasti saja ya

    ReplyDelete
  9. Aku nih mau coba investasi yang pakai aplikasi gini suka ragu-ragu deh. Tapi ini baru baca ulasan tentang investasi melalui investasiku jadi tertarik pengen nyobain deh. Sebelumnya aku memang sudah melakukan investasi tapi di bank.

    ReplyDelete
  10. Jadi inget kalau banyak kasus tentang investasi bodong. Ngeri karena duit pasti gak balik. Emang bener, kudu hati-hati dan waspada. Yang instan itu belum jelas. Kalau InvestasiKu sih udah jelas ya. Nanti coba deh

    ReplyDelete
  11. Ayo, mulai dari sekarang ya belajar investasi, agar paham tujuann financial kita apa, karena akan memudahkan kita mengambil jenis investasinya apa yaa.
    Ahh, akupun mau kepoin ahhh Investasiku.

    ReplyDelete
  12. Udah download dong aplikasi InvestasiKu ini.. Mudah banget. Dan aku suka karena edukasi juga mba. Nambah ilmu, nambah investasi

    ReplyDelete
  13. Jaman sekarang memang harus cerdas dan cermat dalam berinvestasi. Pelajari dulu lebih teliti dan banyak mencari informasi tentang investasi supaya tidak kena tipu.

    Aplikasi InvestasiKu sangat mudah ya.

    ReplyDelete
  14. Beneran sih apapun yang instan termasuk investasi, biasanya juga nggak bisa dipercaya. Dan barusan kita disuguhkan informasi orang yang menipu orang-orang yang ingin cepat kaya dari investasi.

    Aku juga belajar investasi, karena tergolong orang konservatif untuk urusan investasi. Tapi tetep harus memilih investasi untuk sekolah anak-anak, dan memilih yang aman tentunya

    ReplyDelete
  15. Masalahnya saat ini banyak yang tergiur dengan cara instan ya mbak. Beberapa kali suami juga ditawarin investasi dengan instan dan hasil besar tapi tidak mau. Dan baru dengar ternyata ada yang depresi dari karena hilang ratusan juta. Untung kemarin gak ikut-ikutan ya, gak ikut sebenarnya karena ngggak ada modalnya sih. Hahaha...

    eh baru tau sekarang ada aplikasi Investasiku mbak. Lengkap juga ya fiturnya..

    ReplyDelete
  16. Menyenangkan kalau bisa belajar investasi menggunakan aplikasi yang mudah dipahami, bahkan untuk pemula, InvestasiKu ini anti ribet-ribet club ya kak.

    ReplyDelete
  17. Tentang berinvestasi dan pengen hasil instan rasanya kasus yang marak belakangan ini bisa jadi pelajaran bersama. Dan terpenting pastikan dulu kalau sudah berijin ya.

    ReplyDelete
  18. Bagian gaya hidup ini yaa, teh..
    Kudu banget memahami apayang diperlukan sekarang atau tidak diperlukan sama sekali. Aku sering begini kalau kaitannya sama buku atau merchant Kpop.
    Huhuu...kudu banget investasi yang bener melalui aplikasi Investasiku.

    ReplyDelete
  19. investasi di masa kini sudah banyak pilihannya ya mbak, salah satunya lewat aplikasi investasiku. memang untuk berinvestasi harus tahu ilmunya dulu yaa. agar tidak mudah dibodohi oleh orang yang menawarkan investasi padahal investasi bodong.

    ReplyDelete
  20. Sudah sampai dimana pengelolaannya Mak?
    Aku masih harus banyak belajar utak atik aplikasinya nih

    ReplyDelete
  21. Kurangi gaya hidup 3x, itu mantra saya setiap hari. Buat saya penting banget untuk belajar merasa cukup sehingga dana bisa dialihkan untuk anggaran lain. Memang awalnya berat, tapi kalau terbiasa ternyata bisa juga. jadi lumayan daripada buat beli barang lucu mending dibeliin saham aja kan.

    ReplyDelete
  22. Tujuan financial ini kalau benar2 dibuat pasti kita jd lebih termotivasi ya. Apalagi sudah ada investasiku yang lengkap dan ada edukasinya juga

    ReplyDelete
  23. Ini juga nih yang lagi aku lakuin. Belajar inventasi di Investasiku. Abisnya keuangan rumah tangga, kalo tanpa investasi, rasanya kok habis-habis aja. Padahal rasanya juga udah banyak tambahan. Pandemi ini memang jadi bikin kita tersadar, tanpa innvestasi, hidup rasanya gak terprediksi banget. Ayo kita belajar investasi.

    ReplyDelete
  24. Aku baru download nih belum lama ini, Mba, mempelajari beragam investasinya. Kan ada youtubenya juga supaya para nasabahnya melek investasi keuangan. Jadi bisa memilih investasi sesuai yang kita pahami itu lebih aman

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS