Cara Mudah Mendapat Modal Usaha - Pembiayaan Ultra Mikro

Thursday, January 13, 2022

Sejak pandemi melanda di awal tahun 2020, kerasa banget keadaan ekonomi kita jadi gonjang-ganjing.

Hampir semua lini usaha terkena imbasnya, walau yang paling terasa sih jelas-jelas bidang pariwisata. Hotel, tempat wisata, airline dan masih banyak lagi sih. PHK terjadi di mana-mana. Salah satunya tetangga gue yang suaminya bekerja di hotel. Usaha yang masih berjalan pun, mulai morat-marit kesulitan untuk bertahan.

Pandemi benar-benar membuat hidup kita babak-belur sih.

Mereka yang terkena PHK berusaha untuk bangkit dan berjalan tertatih-tatih. Banyak yang berinisiatif untuk membuat usaha kecil-kecilan, yang penting bisa buat makan sehari-hari aja deh. Gue yang sehari-harinya memang aktif wara-wiri di media sosial melihat temen-temen gue mulai pada jualan online. Gue sih dengan senang hati mendukung usaha mereka dong. Kadang ikutan beli atau sekadar bantu untuk share di sosmed gue juga.

Mungkin banyak dari kita yang merasa tahun 2020 tuh blank aja gitu. Menjalani hari-hari hanya demi bertahan aja, sampai akhirnya kita bangkit perlahan-lahan.

Alhamdulillah saat ini situasi sudah makin membaik dan sudah mulai banyak usaha kecil yang semakin maju. Walau diawali dari situasi dan kondisi yang serba mepet namun akhirnya malah bisa jadi sumber penghasilan yang lumayan.

PIP UMi - Pusat Investasi Pemerintah Pembiayaan Ultra Mikro

Pemerintah tentu saja menyadari situasi ini dan berusaha untuk mendukung para pelaku usaha mikro agar bisa terus berkembang dengan cara memberikan bantuan pinjaman dari PIP atau Pusat Investasi Pemerintah.

UMi-Pembiayaan Ultra Mikro

Pusat Investasi Pemerintah merupakan organisasi non-eselon yang bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan melalui Direktur Jenderal Perbendaharaan yang menyalurkan pinjaman UMi.

Selama ini berbagai jenis bantuan berupa pinjaman sudah disalurkan melalui berbagai jalur. Baik melalui bantuan sosial seperti Kartu Indonesia Pintar atau Program Keluarga Harapan. Ada juga bantuan pinjaman berupa KUR atau Kredit Usaha Rakyat dari perbankan yang diberikan subsidi bunga dari pemerintah.

Namun saat ini para pelaku usaha ultra mikro rata-rata mengalami kesulitan dalam mengajukan pinjaman ke bank. Selain tidak memiliki jaminan, dokumentasi yang harus dilengkapi lumayan berbelit-belit. Tidak sedikit dari mereka yang pada akhirnya terjebak pinjol ilegal dan ujung-ujungnya malah harus gali tutup lubang dikarenakan bunga yang tinggi.

Sehingga pemerintah memberikan bantuan pinjaman UMi yaitu Pembiayaan Ultra Mikro yang disalurkan melalui LKKB atau Lembaga Keuangan Bukan Bank.

Data Penyaluran Pembiayaan Ultra Mikro

Apakah itu Pembiayaan Ultra Mikro?

Berbeda dengan pengajuan pinjaman di bank yang biasanya membutuhkan prosedur yang lumayan rumit, Pembiayaan UMi lebih mudah dan cepat namun jumlah pinjaman terbatas maksimal sebesar 20 juta rupiah.

Selain bertujuan untuk menambah jumlah pelaku usaha Pembiayaan UMi juga diharapkan dapat mendorong kemandirian pelaku usaha penerima bantuan sosial.

Pembiayaan UMi bisa disalurkan melalui pola langsung yaitu dari penyalur langsung ke debitur atau pola tidak lanngsung, yaitu dari penyalur ke debitur melalui Lembaga Linkage (koperasi atau LKM)

Tidak hanya pembiayaan, UMi juga memberikan pelatihan dan pendampingan untuk mengembangkan usahanya.

Pelaku usaha yang berhak memperoleh Pembiayaan UMi adalah pelaku Usaha Ultra Mikro produktif yang dimiliki oleh WNI, memiliki NIK dan tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Pendampingan dan Pelatihan untuk Para Debitur UMi

Berdasarkan data tahun 2021 dari Pusat Investasi Pemerintah terdapat sekitar 5 juta jenis usaha yang mana 98% dari usaha tersebut berada di segmen usaha mikro. Sayang sekali hanya sedikit dari mereka yang punya akses ke perbankan.

Selain permodalan, permasalahan lain dari pelaku usaha ultra mikro (UMi) adalah bidang pemasaran. Walau produknya sudah bagus dan berkualitas, tapi jika cara memasarkannya tidak tepat ya sama aja sih. Terutama di era digital seperti sekarang ini, di mana para pelaku usaha ultra mikro harus mampu menguasai berbagai platform di media sosial dan menembus market place untuk bisa bersaing.

Para pedagang eceran yang terbiasa berjualan di jalanan pun harus belajar mengenal branding dan oniline marketing. Sehingga sangat penting untuk dilakukan pendampingan dan pelatihan kepada para pelaku usaha ultra mikro untuk bisa mengembangkan usahanya.

Untuk itu selama tahun 2020 -2021 telah dilakukan pelatihan dan pendampingan branding, packaging dan online marketing oleh Shopee dan Grab.

sumber : pip kemenkeu

Mari Bangkitkan UMKM di Indonesia

Harapannya sih tentu saja dengan adanya UMi para pengusaha ultra mikro dapat terus berkembang. Namun selain tambahan modal, edukasi juga sangat penting.

Gue sendiri melihat banyak sekali contoh kasusnya di sekeliling. Gak usah jauh-jauh deh di komplek perumahan aja. Banyak sekali ibu-ibu kreatif yang pinter masak, bikin cemilan atau kraft yang lucu-lucu. Namun sayang sekali penjualannya cuma di sekitar komplek aja. Pembelinya pun hanya terbatas yang kenal-kenal aja. 

Dulu sih suka banyak ibu-ibu yang menggelar barang jualan di acara arisan RT atau pengajian komplek. Tapi gara-gara pandemi, sudah hampir dua tahun gak ada acara apa pun di komplek. Sudah waktunya untuk berjualan secara online dan menembus market place nih. 

Andaikan saja ada edukasi bagi para ibu-ibu komplek untuk dapat mengembangkan bisnisnya, pasti bakal bermanfaat banget sih. Sesederhana bagaimana cara membuat konten produk di media sosial yang bisa menarik pembeli atau bagaimana cara menyusun pembukuan agar pengeluaran dan pemasukan uang bisa tertata lebih baik.

Semoga saja program Pembiayaan Ultra Mikro dari Pusat Investasi Pemerintah bisa tersalurkan dengan baik sehingga UMKM di Indonesia bisa bangkit dan semakin bersinar. Dan mari kita dukung juga para UMKM Indonesia dengan cara rajin-rajin membeli produk lokal yuk!

#PIPUMi #UMiUntukNegeri

Sumber :

https://pip.kemenkeu.go.id/id/

https://pip.kemenkeu.go.id/id/data-publikasi/berita-terbaru/114-pusat-investasi-pemerintah-dan-grab-indonesia-jalin-kerja-sama-untuk-dukung-pelaku-usaha-ultra-mikro-%20.html

33 comments:

  1. Semoga dengan adanya pembiayaan UMi ini yang lebih mudah dan cepat akan menumbuhkan dan membantu UMKM ya mbak

    ReplyDelete
  2. Aku sepakat untuk mendukung UMKM. Dan berharap sekali pembiayaan ini benar-benar bisa tersalurkan dengan baik sehingga UMKM di Indonesia bisa bangkit

    ReplyDelete
  3. Modal usaha untuk para pebisnis UMKM memang penting ya, Mbak. Saya suka bisnis UMKM berupa produk makanan dan produk kecantikan.

    ReplyDelete
  4. Beruntung ya ada pantuan pinjaman UMi karena memang minjem modal ke bank syaratnya harus lengkap mbak. Selain syarat administrasi biasanya diminta fisik usaha dan rekening koran 3 bulan terakhir. Semoga dengan bantuan ini benar-bemar dimanfaatkan untuk pengembangan usaha ya

    ReplyDelete
  5. bagus juga ini programnya, semakin dekat dengan usaha mikro. harapannya mereka pun bisa kembali bertumbuh dan lancar perekonomian lokal ya..

    ReplyDelete
  6. Sekarang mau memulai usaha umkm sangat dimudahkan tinggal mematangkan konsep lalu jika terkendala modal bisa dibantu dengan adanya UMi

    ReplyDelete
  7. kalau yang di kota-kota besar gini bisa juga gak sih mba dapat modal usaha dari pembiayaan UMi ini?

    ReplyDelete
  8. Kalau banyak lembaga yang membantu UMKM gini, kita bakal jadi bangsa yang maju dan mandiri ke depannya. Selalu suka lihat perkembangan UMKM kita yang tadinya lesu, kini mulai bangkit lagi.

    ReplyDelete
  9. Ini pembiayaannya mudah banget ya. Memudahkan banget untuk teman-teman UMKM. Apalagi di masa pandemi kayak sekarang ini

    ReplyDelete
  10. Cung, aku rajin beli produk lokal! Termasuk aneka produk buatan ibu-ibu tetangga komplekku. Setuju, jika ada edukasi pasti usaha mereka bisa lebih berkembang nanti. Sudah ada sih beberapa masuk aplikasi ojol, tapi banyak yang belum. Kalau ada pbantuan modal usaha pembiayaan begini pasti terbantu mereka

    ReplyDelete
  11. Wah, senang sekali kini ada pembiayaan ultra mikro untuk para pelaku UMKM :D Berwirausaha tuh biasanya paling pusing urusan permodalan, selain niat dan keyakinan bidang apa yang akan dijalankan. Semoga program UMi dapat berkesinambungan dan meningkatkan hasil jualan mereka ya.

    ReplyDelete
  12. Wah kalau pinjam ke pinjaman UMI yang berasal dari pemerintah gini jadi lebih aman ya mba kalau mau pinjem dan ngga ribet kayak bank yang harus ada jaminan dulu. Tapi memang pinjaman umi ini dibatasi maksimal 20 juta ya. Semoga pinjaman ini bisa diketahui bnyak para usaha yang butuh ya mba. Biar mereka ga terjebak ama lintah darat begitu

    ReplyDelete
  13. Solusi aman utk penyuntikan modal UMKM, dalam membuka atau mengembangkan usahanya. Mudah-mudahan program ini banyak yg terbentuk para pelaku bisnis UMKM.

    ReplyDelete
  14. Semoga UMKM di Indonesia bangkit apalagi di masa pandemi, dengan adanya UMI swmoga bermanfaat bagi pelaku usaha ya mak

    ReplyDelete
  15. Pembiayaan UMi boleh juga ya apalagi ada pelatihan dan pendampingan. Ya tahu sendiri Pedagang kecil, UMKM kan gak banyak yang bikin catatan keuangan. Kalau ada yang bimbing, jadi lebih terarah

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah makin banyak program untuk membantu UMKM ya mba, semoga dengan UMI makin banyak UMKM tumbuh maju bahkan berkembang ke mancanegara. aamiiin...

    ReplyDelete
  17. Pandemi ini memang membuat banyak perubahan, banyak sekali yang terdampak.
    Semoga dengan adanya pembiayaan dari UMi ini, para pelaku UMKM tetap bisa bertahan, makin berkembang dan sukses ke depannya.

    ReplyDelete
  18. Pandemi kemarin tuh emang dampaknya besar sekali ya mbak. Banyak UMKM yang terpaksa tutup karena kehabisan modal, tapi banyak juga UMKM baru yang melah menggeliat bangun. Alhamdulillah pemerintah peduli dengan UMKM dan menyediakan bantuan untuk pelaku UMKM. Semoga dengan bantuan ini, UMKM semakin bisa bangkit dan maju usahanya

    ReplyDelete
  19. bantuan pembiayaan untuk usaha ultra mikro tuh berasa banget loh.. Apalagi di masa pandemi kayak sekarang..Semoga makin banyak usaha ultra mikro yang terbantu ..

    ReplyDelete
  20. UMKM emang salah satu yang terdampak pandemi ya mbak, makanya nih pembiayaan2 kyk gini dibutuhkanbuat yang modalnya gak terlalu banyak.Apalagi kalau gak sekadar kasi duit tapi kasi pelatihan dan bimbingan juga yaa

    ReplyDelete
  21. bener banget. pandemi memukul banyak perekonomian rakyat, utamanya banyak UMKM yang gulung tikar. namun berkat pandemi banyak UMKM yang muncul dan berhasil bangkit kembali. semoga program pembiayaan ini berkah dan berkelanjutan mendukung perekonomian

    ReplyDelete
  22. Pendampingan serta pelatihan ini yang sangat dibutuhkan ya mba. UMKM butuh semangat dan dukungan penuh untuk selalu berkarya

    ReplyDelete
  23. Senang banget ada yang peduli dengan para pengusaha aka UMKM

    Dan pinjaman UMI ini insya ALlah lebih aman karena berasal dari pemerintah, dan kalau mau pinjem dan ngga ribet prosedurnya, harus ada ini itu

    Setahu aku, memang pinjaman umi ini "dibatasi" maksimal 20 juta untuk umum tapi ada kok yang pembiayaannya dikabulkan ratusan juta (dinilai dari usahanya apa )

    ReplyDelete
  24. Keren banget nih programnya, bukan hanya pembiayaan tapi ada pelatihannya juga... Semoga umkm di indonesia semakin maju ya...

    ReplyDelete
  25. Semoga bisa tersalurkan dengan baik dan sampai ke Bengkulu juga ya Mba, hehehe buat support umkm di sini yah

    ReplyDelete
  26. umi ini ngebantu banget buat yg kurang modal dan tetap survive luar dalam untuk pertahanin
    aku sendiri pengen gedein usaha tapi kepepet modal

    ReplyDelete
  27. Terimakasih sekali dengan pinjaman UMi yang ada dan semakin aktif di saat pandemi begini. KArena membayangkan pandemi yang semua serba lesu, semoga dengan adanya program Pembiayaan Ultra Mikro dari Pusat Investasi Pemerintah maka bisa membangkitkan gairah perekonomian para UMKM di Indonesia.

    ReplyDelete
  28. alhamdulillah program pembiayaan ultra micro ini sangat membantu sekali yaa kepada pengusaha UMKM sehingga pengusaha mendapatkan pendampingan sekaligus pelatihan yang mendukung bangkitnya UMKM

    ReplyDelete
  29. Program dari PIP ini sangat membantu Pengusaha UMKM dan Ultra Mikro. Selain gelontoran modal juga ada pendampingan sehingga pengusaha lebih terarah untuk melakukan perbaikan produk juga fasilitas lain pendukung bisnisnya.

    ReplyDelete
  30. Semoga dengan program pendampingan gini, makin banyak pengusaha skala kecil makin pesat pertumbuhan bisnisnya yaa.. Jaman susah gini, pilihan yang ada di depan mata ya buka usaha kan yaaa..

    ReplyDelete
  31. akan sangat membantu ya kalau ada Pembiayaan Ultra Mikro dari Pusat Investasi Pemerintah ini semoga sangat membantu dan semakin sejahtera UMKM lainnya

    ReplyDelete
  32. Semoga UMKM di Indonesia semakin maju pesat. Tak perlu bingung lagi soal modal. Kalau ada pesanan barang banyak tak perlu lagi pinjam di rentenir atau pinjaman online nggak jelas yang Bunganya tinggi banget.

    ReplyDelete
  33. Semoga UMKM di Indonesia semakin maju dengan pesat dan membantu para UMKM lebih sejahtera

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS