JNE Balarea 2019 di Bandung

Monday, April 8, 2019


Belakangan ini lagi nge-heits banget istilah Revolusi Industri 4.0.

Nah lho, sebagai anak gawl millenial yang sering nongkrong di timeline *ngaku-ngaku sih* mau tidak mau gue semakin menyadari perubahan super cepat yang tengah terjadi saat ini. Saking cepatnya, baru juga ngedip udah ada informasi baru yang beredar di timeline. Makanya orang zaman sekarang tuh saking gak mau ketinggalan, kerjanya jadi kepo-in smartphone terus *bukan aku - bukan aku*

Revolusi Teknologi yang digabungkan dengan Revolusi Digital akhirnya menghasilkan Revolusi Industry 4.0. Akibatnya adalah saat ini sih mulai banyak banget lapangan pekerjaan baru yang gak pernah muncul sebelumnya. 10 tahun yang lalu siapa sih yang menyangka bahwa cuma sekadar posting foto dan nyetatus doang di media sosial bisa menghasilkan duit? 10 tahun yang lalu siapa juga yang menyangka bahwa cuma ngebacot dan bikin video di youtube bisa menghasilkan adsense yang berlimpah?

Makanya saat ini pemerintah tengah berusaha untuk mengembangkan ekonomi kreatif dan ekonomi digital sebagai model ekonomi baru yang kelak bakal jadi tulang punggung negara kita.

Contoh yang sederhana sih kalau zaman dulu kita jualan baju, maka untuk penjualan biasanya kita akan membuka toko di rumah atau titipkan ke toko besar. Tidak lupa untuk selalu membawa gembolan baju untuk dijual setiap menghadiri arisan RT atau nongkrong bareng teman-teman. Ribet bener buk!

Sekarang kan udah gak perlu serepot itu. Tinggal foto aja se-aesthetic mungkin dan bikin online shop. Pajang fotonya di semua platform media sosial yang kita miliki. Market place pun udah bertebaran dimana-mana tuh. Cakupan konsumen pun akan semakin luas, makanya sistem distribusi dan logistik pun kudu lancar lah.



JNE Balarea – Bandung Lautan Kreatif 2019

JNE  adalah perusahaan nasional di bidang jasa pengiriman yang sudah berdiri sejak tahun 1990-an. Bayangin dong tahun 1990 tuh belum zaman online shop lho. Gue ingat sewaktu dulu masih belum menikah dan kerja kantoran, perusahaan gue selalu memakai JNE untuk kirim dokumen ke kantor pusat Jakarta.

Sedari dulu JNE memang  selalu peduli dan mendukung para UKM untuk terus meningkatkan kemampuannya. Saat ini JNE Bandung berkolaborasi dengan para UKM lokal untuk mengadakan Festival Balarea 2019 – Bandung Lautan Kreatif. Tema dari festival Balarea pun asyik sekali yaitu “Festival Kreasi Urang Bandung untuk Mendorong UKM Ciptakan Peluang Usaha di Era 4.0”. MANTEB!


Kebetulan gue hadir di acara Press Conference JNE Balarea 2019 yang diadakan di Hotel Moxy pada tanggal 4 April 2019. Narasumber yang hadir ialah Ketua Hipmi Jawa Barat Jodi Janitra dan pelaku industri kreatif sekaligus enterpreuner fashion Dhatu Rembulan, serta Deputy Director E-commerce & Partnership yaitu Mayland Hendar Prasetyo.

Warga Bandung diharapkan untuk hadir di JNE Balarea 2019 -  UKM Festival yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 6 April 2019 di Cihampelas Walk Jl. Cihampelas no. 160. Akan terdapat berbagai kegiatan menarik seperti talk show interaktif, bazar UKM, foto kontes, games & door prize. Untuk para member JLC harus datang ke Balarea 2019 karena akan ada JLC double point, harus dimanfaatkan tuh. Selain itu akan ada booth pengiriman gratis untuk tujuan kodya Bandung dan Cimahi untuk maksimal kiriman 1 kg.

Kepedulian JNE kepada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memang patut diacungi jempol. Untuk mendukung para pengusaha lokal JNE bekerja sama dengan salah satu marketplace dan memilih 10 UMKM untuk dibina agar bisa maju ke level nasional hingga internasional.

Semoga dengan diadakannya Balarea ini akan semakin banyak para pengusaha lokal yang bisa melebarkan sayapnya secara global. Asyik juga nih kalau event sekeren Balarea ini diadakan secara rutin yah! 



24 comments:

  1. Seru acaranya ya kak? Btw, aku pun sebagai seorang ibu rumah tangga sambil bikin kegiatan craft dan bisa jualan lewat online juga, UMKM go digital deh.. dan termasuk pengguna jasa JNE juga, keren lah programnya mereka dan mudah2an makin sering bikin event guna nambah ilmu para pelaku UKM dan memberi layanan lebih oke lagi 😁

    ReplyDelete
  2. Bener ini. Seneng deh karena UMKM di Palembang juga sangat terbantu oleh JNE. Apalagi yang program makanan nusantara ya. Tiap ke JNE aku lihat ada saja pengusaha pempek yang ngirim berkardus-kardus empek-empek :D

    ReplyDelete
  3. Warbiyasaaakk JNE!
    Tentu aja perkembangan UMKM dan digital economy pastinya ga lepas dari JNE.
    Kayaknya di Surabaya hampir semua UMKM juga ngandelin JNE banget!
    Moga2 acara keren ini jg mampir di kota eikeh :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Kalau ukm di dukung begini, pasti akan sangat terbantu ya mba. Ini sih kerjasama yang saling menguntungkan. Mempercepat kemajuan

    ReplyDelete
  5. Wah acaranya seru yah, Memang ni JNE jempolan banget perhatiannya sama UMKM dan local brand

    ReplyDelete
  6. Ry, ajarin aku ngebacot depan kamera dong hahaha biar ga nervous. By the way jadi anak milenial (yakin masih anak?)itu bisa bikin kaya tapi juga bisa bikin boke hahaha Abis banyak yang ngegodain sama jualan onlinenya sih

    ReplyDelete
  7. Berarti zaman sekarang kayaknya udah gak bisa bilang gaptek, ya. Terutama untuk generasi milenial. Sekarang apa-apa serba digital. Senangnya lagi sekarang UMKM semakin mendapat tempat. Karena memang UMKM memmbantu perekonomian banget. Sayangnya masih belum banyak yang memanfaatkan dunia digital dan teknologi. Jadi harus diperhatikan seperti ini

    ReplyDelete
  8. Iya nih kalo flashback ke 10 taun lalu emang bener2 ga nyangka apa yg dilakukan sekarang, ongkang2 kaki di rumah smbil jempol mijit2 smartohone bs menghasilkan. Sekarang peluang terbuka lebar banget. Tapi ya kudu kreatif. Kalo raditya dila bilang, bikin yang beda.

    ReplyDelete
  9. Ayp para anak muda, mulai sekarang belajarlah untuk lebih kreatif dan menemukan keahlian untuk memulai bisnis sendiri ya. JNE membuat inovasi untuk membantu memudahkan para pelaku usaha dalam hal pengiriman. Keren JNE, sukses selalu ya, JNE

    ReplyDelete
  10. Kalau pakai JNE untuk pengiriman barang tuh andalan banget. Nyampenya juga cepat. Mau juga event kece ini diadakan di Jakarta :)

    ReplyDelete
  11. 10 tahun lalu, kalau diingat-ingat, kayaknya youtuber udah bisa berpenghasilan sih sebenarnya 🙈

    ReplyDelete
  12. Iyap teh akupun lg bisnis umk ini ngandenlin bngt JNE dan ternyata terbukti Aman n tepat sih selama ini

    ReplyDelete
  13. Aku udah lama ga kirim paket pake JNE, kalau yang kirim masih sering. Ini seru banget ya teh acaranya.Semoga pengusaha lokal makin maju juga ya.

    ReplyDelete
  14. Sekarang kuncinya memang saling kolaborasi ya..bisa saling maju bersama. Umkm maju, pengiriman melimpah..
    Setuju, saat ini banyak profesi baru yang dulu tidak pernah dibayangkan. Tetap di rumah, ketak-ketik, dapat duit...hihi..

    ReplyDelete
  15. Aku udah langganan bangetbsama JNE. Kayaknya udah lama,sejak pertama kali suka kirim2 lamaran, trus mulai rajin gara2 nge-olshop.Kalau skrg lbh sering karen beli online sih, kebalik nih sama jaman dulu. Dan semakin ke sini aku semakin puas. Dulu sempat bermasalah, tapi kemudian ada konfirmasi dari pihak JNE. Akhirnya ya gak pundah ke mana-mana. Tetep aja pilih JNE

    ReplyDelete
  16. UKM bisa lebih berkembang kalau support dari forwardernya baik ya mba, karena berkat merekalah produk-produk UKM bisa dipasarkan ke luar daerah produksi, apalagi bandung yang industri kreatifnya banyak ya harus banget JNE membantunya

    ReplyDelete
  17. Ekspedisi kirim paket terpercaya ya jne, sbg pemilik ol kerasa banget pake jne pasti sampe

    ReplyDelete
  18. Kalau dibantu ekspedisi terpercaya macam JNE jadi lancar deh ya kerjaan

    ReplyDelete
  19. Aku baru tau nih ada JNE Balarea, keren ya. UKM jadi punya banyak wadah untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat.

    ReplyDelete
  20. JNE keren ya teh jadi fasilitator untuk ngenalin produk lokal. Kemarin tas favoritku brand Someah juga ikutan pameran di sana hehe..

    ReplyDelete
  21. Akupun lagi memulai usaha per-olshopan dan tentu saja pake ekspedisi JNE kakak. Bener banget sekarang mau jualan tuh gampang banget ya berkat revolusi teknologi

    ReplyDelete
  22. Andalan banget ya pakai JNE, apalagi mudah juga trackingnya. Inget jaman clothing line kirim barang selalu pakai JNE dan abangnya setia pick up kerumah.

    ReplyDelete
  23. Wah keren nih JNE dukung UKM. Memang dengan teknologi digital tu produk UKM bisa dikenal dimana2 ya mbak. Jd ya mau gak mau kudu manfaatin kerjasama dengan JNE. Menurutku bagus sih krn memperluas pemasaran produk jg :D

    ReplyDelete
  24. Waahh keren kerja sama yang menarik saling berbagi dan menguntungkan..😄😄

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS