Nikmati Harimu : Ngopi Tanpa Sakit Maag

Rabu, 03 Oktober 2018


Menurut gue sih ngopi tuh termasuk salah satu kenikmatan hidup duniawi. Ngopi bisa membuat gue relaks sejenak dan melupakan beban hidup yang kian menerpa *beban hidup dibaca : berbagai cicilan dan sad ending dalam drama korea yang mampu membuat hati hampa*

Ritual ngopi biasanya gue lakukan di pagi hari, setelah usai melakukan rutinitas harian pontang-panting mempersiapkan Kayla & Fathir berangkat sekolah. Mulai dari menyediakan sarapan dan bekal makan siang *walaupun cuma ceplok telor dan goreng tahu doang sih*, mencari kaos kaki yang seringkali kehilangan soulmate-nya, nge-download drama korea yang tayang pada hari itu, atau sekedar ngomelin Kayla karena semalam ia kelupaan lagi nge-charge hape-nya

Setelah heboh gedebag-gedebug mengurus segala sesuatunya, barulah tersadar bahwa ternyata tadi subuh gue kelupaan belum cetrekin tombol mejik jar pantesan aja nasinya kagak mateng-mateng. Ya sudahlah keliyan semua sarapan nasi kuning beli di warung Mama Ajeng aja deh!  Yah, tentu saja harus selalu ada drama di pagi hari agar semakin berwarna kehidupan keluargaku ini hahahaha.

Rutinitas pagi hari di rumah gue memang selalu berisik dan ribet. Makanya setelah Abah berangkat ke kantor dan anak-anak pergi ke sekolah barulah gue bisa menghela napas lega, menyeduh kopi dan menikmatinya sembari lirik-lirik timeline guna mencari spoileran drama korea yang akan gue garap setelah kelar beres-beres rumah. 

Pokoknya kalau pagi-pagi udah ngopi, gue tuh berasanya lebih siap untuk menjalani hari dengan penuh semangat deh!
doyan banget ngopi


Cerita di Balik Barista

Makanya gue berasa girang sekali ketika mendapat kesempatan untuk bisa menyimak pengalaman Muhammad Aga yang merupakan pemenang dari Indonesia Barista Championship 2018. Kalo bisa ketemu langsung ama barista yang ahli meracik kopi dan mengetahui seluk-beluknya, kegiatan ngopi pagi gue kan akan lebih istiqomah. Acara seru  yang bertempat di Noah CafĂ© Bandung tanggal 1 Oktober 2018 berlangsung cukup meriah dan dihadiri oleh para pecinta kopi.

Gue sih merasa tersentuh sekali mendengar perjuangan Aga yang harus nyicip bergelas-gelas kopi untuk latihan supaya bisa sukses berlaga di kompetisi Barista. Untunglah perjuangannya tidak sia-sia dan berbuah manis, karena ia akhirnya berhasil mewakili Indonesia dalam kejuaraan dunia Barista 2018.

Seru sekali sih menyimak cerita Aga tentang bagaimana grogi-nya ia ketika harus meracik kopi sembari ditonton dan dinilai oleh juri. Gue jadi ikut deg-degan denger cerita ketika ia kelupaan bawa stopwatch di salah satu ajang kompetisi sehingga ia harus mengira-ngira sendiri waktu yang sudah berjalan. Duh, dasar Aga!

 
Aga juga terlihat sangat serius menekuni passion-nya sebagai seorang barista profesional. 

Sebelumnya Aga memang pernah nongol sebentar di film Filosofi Kopi sebagai barista beneran. Dan ia pun sempat ditawari untuk main di film lanjutannya Filosofi Kopi The Series. Tapi sayang sekali waktunya bentrokan dengan jadwal kompetisi Aga di Amsterdam, sehingga tawaran tersebut terpaksa ditolak. Sejak tahun 2015 Aga telah memiliki kedai kopi sendiri yang diberi nama Coffe Smith Jakarta Coffeshop & Roastery.

Kopi dan barista memang sudah merupakan sebuah kesatuan yang tydack bisa terpisahkan. Keseharian Aga sebagai seorang barista profesional adalah harus melakukan kalibrasi mesin kopi sebelum kedai kopi buka di pagi hari. Mencicipi beberapa gelas kopi menjadi tantangan tersendiri untuk lambung, apalagi kalau minum kopi sebelum makan pagi. Jadi rawan terkena sakit maag deh. Tapi yah gimana lagi dong, namanya juga udah kerjaan sebagai barista, yah harus tetep dijalankan dong.

Promag – Solusi Sakit Maag

solusi sakit maag


Nah ini permasalahan Aga rada-rada mirip ama gue nih. Pengen ngopi tapi takut nyeri lambung, tapi kalo tydack menyeruput kopi, hari gue suka berasa ada yang kurang gitu. Terasa gersang dan tandus.

Kopi memang seringkali dituduh sebagai penyebab sakit maag. Ini beneran gak sih? Apakah betul orang yang punya sakit maag gak boleh minum kopi sama sekali? Iya gitu? Cobak mohon terapkan azas praduga tak bersalah dulu deh sebelum melontarkan tuduhan! *halah, bahasa lo!*

Jadi fakta yang sebenernya adalah minum kopi terbukti merangsang produksi asam lambung, makanya kalo minum kopi saat perut kosong bisa meningkatkan keasaman perut dan menyebabkan mulas. Kalo kasus di gue sih perut suka berasa kembung gitu, kalo ngopi dengan perut kosong.

Asam dari lambung bisa naik sampai ke kerongkongan lho, akibatnya dada atau tenggorokan kita bisa terasa panas dan terbakar atau bisa juga disebut : heartburn. Jadi bukan berarti penderita maag gak bisa minum kopi, bisa aja tapi memilih kopi yang tepat dan minum obat maag yang aman merupakan salah satu solusinya.

Jadi kalo lain kali pengen ngopi yang harus diingat tuh : jangan ngopi dengan perut kosong, milih kopi yang tepat dan jangan lupa minum obat maag. Aman deh! 

salah satu tips dari Aga
Emang sih tidak bisa diingkari bahwa gaya hidup para millenial tuh rawan untuk terkena sakit maag. Mari kita coba analisa dulu nih gejala sakit maag, kali-kali aja ada yang berasa kayak gini juga :
  • Rasa panas pada perut bagian atas
  • cepat merasa kenyang ketika makan
  • Mual
  • Kembung pada perut bagian atas
  • Sering bersendawa
  • muntah
  • nyeri ulu hati
Kalau memang ada yang mengalami gejala seperti itu, harus diinget bahwa penyebab sakit maag tuh banyak banget jangan suka nuduh kopi terus-terusan *halah*. Salah satu penyebab sakit maag sih biasanya pola makan yang gak teratur, hayo lho siapa tuh yang suka telat makan karena keasyikan nge-garap drama. Siapa tuh! *tutup muka pake bantal*

Keseringan makan pedas dan asam juga pengaruh banget ke lambung kita lho, apalagi ditambah pake soda. Duh, padahal kan kalo makan bakso ceker pedes tuh enaknya emang sambil minum soda dingin yah. Nah, ternyata penyebab sakit maag bisa dari situ juga lho. 

Tapi sekarang sih udah gak perlu khawatir lagi karena udah ada solusi sakit maag yaitu Promag Ahlinya Lambung. Promag mengandung Hydrotalcite yang berfungsi untuk melindungi lambung. Kombinasi Hydrotalcite dan Magnesium hidroksida bisa menetralkan asam lambung dan mengurangi gelembung gas berlebihan sehingga meringankan kembung.

Apalagi sekarang sudah tersedia Promag Cair  dengan takaran pas dan praktis yang bisa langsung diminum. Dosisnya udah pas bener deh. Jadi lain kalikalo mau ngopi udah gak perlu bimbang dan ragu lagi. Mari kita nikmati hari kita dengan ngopi!

21 komentar:

  1. Saya mah promagh udah setia dibawa kemana2 , kalo lambung kerasa agak rewel langsung aja makan promagh. enakan lagi. Soalnya suka ga nyaman banget kalo udah kembung, sendawa2, jadinya suka pengap, uy .yuk ah ngopiw.

    BalasHapus
  2. Koo aku jadi ingin nyanyii, perut mual perih kembung, promag obatnya. :D

    BalasHapus
  3. (((Asaz praduga tak bersalah))) -》 ngikik tapi emang harus diterapkan loh dalam kasus ini xD

    BalasHapus
  4. Promag itu sudah identik obat maag dari dulu banget

    BalasHapus
  5. Rasanya promag juga paling enak dan manusiawi gak rasa kapur apalagi yang cair kalau yg lain maaf ya kadang mancing mual kalau promag itu enggak jdi gak salah sudah melekat dikepala juga itu iklan. Hihi abis bagus

    BalasHapus
  6. Wagelaseh sekarang Promag emang makin mantaff ya jadi ga khawatir ngopi cantik klo kopinya pas

    BalasHapus
  7. Me time aku juga pagi hari Teh dg ngopi/ngeteh pas suami udah berangkat kerja dan Akmal juga udah ke sekolah

    BalasHapus
  8. Aku suka banget ngopi juga, Teh.
    Dan suka juga kena maag. Mesti nyiapin kayaknya.

    BalasHapus
  9. aku cocok minum promag cair

    BalasHapus
  10. Promag emang andalan banget yess, aku mah mun puasa harus minum promag dulu hihi

    BalasHapus
  11. Ini dengerin Aga cerita kayak lagi nonton film aja, pake ada tegang2nya,Teh. hehehe

    BalasHapus
  12. bekal yang cuma ceplok telor atau tahu goreng kadang lebih kemakan sama jayden daripada bekal dengan menu lengkap yg pake sayur daging segala hahahaha... malah kadang2 bekalnya cuma nasi pake abon doang hahahahaha...

    BalasHapus
  13. Wah seru ya acaranya...kenen baristanya msh mida sdh mendunia ��

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  15. Mantap kaka artikelnya, sangat bermanfaat sekali, soalnya saya juga ada Maag.

    BalasHapus
  16. Hayooo siapa hayooo yang doyan ngedrama? *tarik bantalnya Erry*

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  18. Aku suka minum promag teh, kalo maag nya udah kambuh. Alhamdulillah nya promag ini ampuh banget untuk atasi maag ya, teh :D

    BalasHapus
  19. Kalo aku emang nggak minum kopi sejak coba pertama kali minum waktu kuliah jantung jadi deg-deg an hahahaha. Yang suka kopi suamiku, wajib deh tiap pagi minum kopi hitam, makannya cuma biskuit 1 atau 2 biji aja.
    Promag selalu sedia di rumah, buat jaga2 kalo maag menyerang tiba-tiba :)

    BalasHapus
  20. ih teh sama aku ge mun pagi deuh gedabag gedibug pisanlah riweh :(

    dulu lagi kuliah aku maag kronis dan andalan banget minum promag hehhee

    BalasHapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS