Pengen Hemat Listrik

Selasa, 17 April 2018


Beberapa waktu yang lalu sempat menyebar sebuah ungkapan yang rada kocak di twiter walaupun sebenernya sih kalo dipikir-pikir rada miris juga, katanya : Instagram adalah tempatnya orang kaya yang suka pamer, sedangkan twiter adalah tempatnya orang miskin yang banyak bacot.

Duh, sebagai oknum yang sering gahol di kedua platform tersebut gue rada tersentil sih. Masalahnya adalah gue nyaman banget mainan twiter, apakah itu artinya aku emang missqueen dan banyak bacot? Sungguh sebuah pertanyaan retorik yang tak membutuhkan jawaban. Muahahahaha.

Halo Sobat Miskin :)
Sebagai warga kelas menengah yang gak bisa dibilang tajir tapi ogah jugak kalo dituduh miskin, kadang suka berasa kejepit gitu gak sih? Kadang pengen mengeluh kalo awal bulan harus bayar cicilan ini-itu yang kian membengkak, tapi tetap gak bisa menahan hasrat kalo lagi gentayangan di online shop atau nongkrong ngopi-ngopi unfaedah. Iya gak sih? Ngaku lo!

Belakangan ini setiap kali gue lagi ngurus tagihan awal bulan, yang terasa membengkak tagihannya adalah listrik sih.

Iya, gue tahu kok pemerintah udah mencabut subsidi listrik buat pemakaian rumah tangga secara bertahap. Dan gue juga paham sih anggaran dari subsidi tersebut dialokasikan untuk pembangunan listrik di daerah terpencil sono. Waktu itu kebetulan gue pernah mendapat penyuluhan tentang hal ini, ketika Kementrian ESDM mengadakan event kampanye #Potong10Persen  di Makasar. 

Jadi saat ini rumah yang pemakaian listriknya 900 – 1300 VA sudah tidak lagi diberikan subsidi karena dianggap sudah mampu. Nah lho jadi menurut pemerintah, keliyan itu tydack missqueen tauk! Kalo elo masih sanggup beli kuota buat diborosin untuk stalking IG stories-nya para artis, berarti elo gak miskin dan sudah tidak berhak mendapat subsidi pemerintah muahahahaha *patokannya kok begitu amat yak*

Tapi yah namanya juga udah jadi naluri emak-emak, setiap kali dapet tagihan hasratnya tuh selalu aja pengen nge-ghibah dan mengeluh terus hehehe. Tapi yah malu juga sih, masa kemaren bisa beli cream anti aging dan makan di café sekian ratus ribu, lah ini cuma bayar listrik aja pake ngomel segala. Jadi suka merasa terbelah dan tercabik gitu lah yah, padahal sebenernya mah listrik gue cuma naik 70 rebu doang sih dari bulan kemaren bhahahaha *gak lebay gak asyik*

Untunglah sekarang mah udah bisa bayar listrik online dan gak harus pake antri berlama-lama di loket yang menghabiskan waktu gitu lah yah. Ternyata sekarang bisa banget bayar listrik di Tokopedia yang mana mudah sekali prosesnya. Kita tinggal masukin aja 12 digit ID pelanggan dan klik beli/log in ke Tokopedia deh. Gampang kan? Bahkan sekarang di Tokopedia bisa bayar tagihan telfon juga coba Klik disini deh. Gak pake ribet lah ketimbang cuma klik-klik doang.

Jadi mulai sekarang mah kita emang benar-benar harus melakukan penghematan sih. Sebenernya udah dari dulu-dulu diniatin untuk hemat mah, ada beberapa yang udah gue lakukan tapi ada juga yang baru mau dilakukan hehehe.

Menggunakan Lampu LED

Gue udah ganti semua lampu di rumah pake LED. Lumayan sih walo harga lampu LED emang lebih mahal, tapi secara jangka panjang bisa menghemat tagihan listrik kita, karena watt yang digunakan lebih rendah 80% dari lampu biasa.

Pemakaian Listrik Seperlunya

Nah ini nih yang masih sering kebablasan di rumah gue. Adakah oknum yang suka nonton TV sampek ketiduran kayak Abah juga? Walo udah diingatkan berkali-kali tapi tetap aja sih hehehe.

Paling asyik sih emang nyolokin charger sambil hape-nya dipake, trus karena keasyikan akhirnya hape-nya dicabut dan colokannya masih nempel. Nah itu adalah kelakuan gue banget tuh yang harus segera diubah sih ehe ehe ehe.

Nah kalo keluar dari kamar mandi lampunya lupa gak dimatiin itu jelas-jelas kelakuannya Kayla dan Fathir. Atau siapa tuh yang kalo kelar mandi, keran air lupa gak dimatiin sampek baknya kepenuhan dan pompanya nyala terus? Ehm, kayaknya gue deh muahahahaha.

Yah ampun pantesan aja sih listrik gue turunnya kurang signifikan dan masih segitu-gitu aja. Apa gue ganti aja listriknya ke system pra-bayar yak? Biar bisa lebih terkontrol pemakaian listriknya? Tapi males jugat sih kalo lagi asyik pake hair dryer tiba-tiba listriknya bunyi tut-tut gitu yah.

Oh iya sebenernya ada satu lagi cara penghematan yang lupa belon gue bahas.

Baiklah berarti mulai sekarang gue gak akan menyetrika aja biar hemat listrik. Cukup menyetrika seragam sekolah anak-anak  aja, untuk baju lain tinggal lipet-lipet doang dan jeblosin aja ke lemari. Pasti bakal lebih hemat deh! *ANTARA HEMAT AMA MALES EMANG BEDA TIPIS*

Eh tapi kalo di rumah lo sendiri tips penghematannya kayak gimana nih? Kali aja bisa gue contek gitu!

24 komentar:

  1. Kalo aku, ga pernah ngitungin listrik abis berapa karena kalo beli listrik selain rutin juga pas ada diskon. Biasa beli online, hahaha.

    Kalo ga dipake, kabel2 cabutin. Kalo malem, lampu yg ga perlu diganti ama lampu yg kecil.

    BalasHapus
  2. Pakai prabayar kalau tiba-tiba lupa, terus bunyi, tapi gak ada uang buat beli listrik, jadinya gigit jari deh Teh. Soalnya aku pernah sampai listrik habis dan mati pet.. wkwk. Nunggu suami pulang baru deh bisa beli.

    BalasHapus
  3. Saya masih pakai pascabayar haha, belum pake yang prabayar

    BalasHapus
  4. samaaa, saya nyetrika baju seragam dan kerja aja..yg lainnya jeblos lemari jg hehe..

    BalasHapus
  5. Hahah bener banget nih makasih tipsnya Teh sebisa mungkin tetep hemat ya cz sumber daya terbatas

    BalasHapus
  6. aku menuju mengganti semua lampu rumah menjadi led ihihihih

    BalasHapus
  7. Pualing ilfeel kalau di depan udah bunyi bip bip bip bip yg artinya pulsa listrik udah habis T___T

    BalasHapus
  8. Bayar via Tokopedia. Dapet cashback tiap bulan jd ngurangin pembayaran berikutnya hihi

    BalasHapus
  9. yang pasti emang matiin lampu kalo gak dipake ya. tapi kita selalu nyalain musik semaleman pas tidur.. ini kayaknya gak hemat listrik hahaha

    BalasHapus
  10. ((aku terhipnotis dari pertama liat Do Min Joon, wkkwkk...ngebayangin kekonyolan Cheon Song-Yi nyanyi-nyanyi ga jelas))
    lalu aku lupa mau komentar apa.

    Duh!

    Oh iya, soal hemat listrik...aku sekarang malah lagi trial ((karena baru pindah rumah)). Kalau pake gadget dan semua lampu nyala, bakal abis berapa niih...per-bulannya?
    Secara di rumah sekarang dayanya 3000 VA.
    ((ini bener gak? satuan daya teh.. wkkwk...maklum kalo salah yaa, teh...jangan dikasih nol nilai komenku **aposee))

    BalasHapus
  11. aku juga bayar di tokopedia, lumayan dapet cashback hahahaha... dan uda ganti pake LED juga, emang bener pemakaiannya lebih lama, jadinya lebih hemat...

    BalasHapus
  12. Wkwkwk dalam rangka hemat listrik, aku juga baju yang penting-pentinh doang yang disetrika teh, baju tidur mah nggak usahlah ya lipet-lipet aja.

    Semakin canggih ya bayarnya lewat Tokped. Buat yang mager kayak aku cocok nih 😁

    BalasHapus
  13. Urusan listrik emg PR bgt buat ibu-ibu, jd yg paling rajiin mati lampu, nyabutin colokan ga kepake, matiin dispenser... soalnya hbs subsidi dicabut tagihan lgsung melonjak. Tp byk aplikasi yg kasih cash back jd sgt membantu dech :)

    BalasHapus
  14. Iya sekarang listrik ampun2 an naiknya hehe.. saya di rumah pasang dua yg satu pasca bayar yg satu lagi pekai pulsa karena buat usaha, sekarang nerasa kudu dicabut satu tapi blm aja. jadi kerasa boros banget.
    *nahajadicurcol

    BalasHapus
  15. Wah makasih banyak nih mbak tips nya hehehe

    BalasHapus
  16. Bulan ini aku kaget karena tagihan listrik naik, hahaha. Udah dihemat-hematin tapi masih aja naik. Mungkin rejekiku lagi banyak

    BalasHapus
  17. Nonton TV sampe tidur, itu saya masih suka. Kadang kalau lagi baik ya dimenitin biar mati sendiri. Ah, kita kalau masih bisa beli kuota, artinya gak bs dapat subsidi listrik

    BalasHapus
  18. Aku bayar listrik, bayar telepon, bayar internet, sama beli pulsa, udah di Tokopedia, Ceu Erry. Praktis. Enaknya, kalo belom bayar sering diingetin. Biar gak lupa dan akhirnya kena denda. Btw, aku pun nyetrika cuma baju yang perlu aja. Seragam sama kalo mau pergi2. Sisanya mah, cuci - kering - lipat dan jebloskan ke lemari. :))))))

    BalasHapus
  19. Hahahahaha...
    Make kata 'missqueen' buat gantiin 'miskin' tuh bikin 'miskin' berasa lebih elegan lol

    BalasHapus
  20. duuuh sebagai buk ibuk baru, ini noted bgt buat aku teeeeh... kalo aku keknya gegara jetpump yang sehari bisa nyala sampe lebih dari 3 kali nih makanya listrik boros

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya juga ngerasain bgt nih efek dari jetpump :D

      Hapus
  21. Teh Erry kosa kata missquen yg bikin blink-blink sambil tekan anggaran bayar listrik, gerakan padamkan lampu yg nggak perlu. Salam

    BalasHapus
  22. Aku setuju gak setrika baju, hahahaha.

    Etapi baju aku di laundry teh, jadi udah disetrikain :P

    BalasHapus
  23. matiin lampu atau listrik ketika udah digunain biar hemat

    BalasHapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS