Senin, 17 April 2017

Tentang Standup Comedy - Not So Special!

Sedari dulu sesungguhnya gue suka banget standup comedy.

Kalo yang mengikuti blog gue dari awal sejak di blogdetik, mungkin pernah membaca pengalaman absurd gue yang pernah nekad ikutan open mic di StandupIndo Bandung.

Ada suatu masa ketika gue rajin banget dateng ke Bober Cafe, tempat nongkrong para komika Bandung untuk ikutan sharing tentang standup comedy. Bahkan tidak jarang gue beneran bikin materi dan kemudian nekad melakukan open mic selama 10 menit yang mengerikan di atas panggung hahaha.

fotonya pada burem karena udah berjuta tahun yang lalu
Terus kenapa berhenti? Ehm, karena gak ada yang nganter hehehe. 

Jadi acara seperti itu biasanya diadakan pada malam hari di cafe. Abah waktu itu mengijinkan gue untuk pergi dengan catatan kalau gue diantar dan didampingi oleh salah seorang adek cowok gue, yang mana gue paham banget lah yah maksud Abah. Sesungguhnya gue punya 2 orang adek cowok, Om Abang dan Om Adek. Dan ada satu lagi adek ipar cowok gue yaitu Om Anan.

Sebagai kakak tertua, gue memang memiliki tingkat hierarki tertinggi dan memiliki kekuasaan penuh yang dapat disalahgunakan dengan sewenang-wenang.

Jadi saat itu mereka bertiga pada bergantian mengantar gue untuk nongkrong di cafe. Sementara gue sibuk mendengarkan materi, mereka dengan setia menemani cukup hanya dengan dibayarin makan aja sih. Walopun dipatok cukup pesen nasi goreng sama es teh manis aja *anaknya murahan* hehe.

Tapi sayangnya setelah beberapa waktu berjalan mereka pun satu persatu mulai pergi meninggalkan gue. Saat itu Om Abang harus pindah keluar kota untuk praktek kerja, Om Adek mulai sibuk dengan jadwal co-as karena dia calon dokter dan sibuk pacaran juga. Sedangkan Om Anan menikah dan pindah ke Bali untuk buka usaha hiks.

Akh, gue merindukan masa-masa indah ketika mereka masih pada polos dan mudah diperdaya oleh gue!

Akhirnya gue pun berhenti nongkrong di cafe, tapi semua ilmu yang pernah gue dapet dari para senior standup comedian masih tetap gue ingat kok. Paling kadang-kadang teori tersebut gue terapkan untuk nge-bodor garing di postingan blog atau bahan nge-twit dan bikin meme di IG bhahahaha.

Sampai saat ini pun gue masih suka nge-yutub-in video para standup comedian dan rajin dateng kalau ada komika yang sedang mengadakan show. Tapi penyakit gue selalu aja kumat, setiap kali abis nonton show,  postingnya selalu saja dinanti-nanti sampai akhirnya malah jadi males sendiri hehe.

Makanya kali ini, bener-bener diniatin banget untuk posting deh!

Not So Special Show - Gilang Bhaskara
Beberapa waktu yang lalu gue menonton show salah satu komika favorit gue yaitu Gilang Bhaskara. Ia adalah pemenang ke 2 SUCI 2 Kompas TV dan mendapat predikat komika cerdas. Jadi kalo mendengarkan bit dia, kita tuh biasanya harus diem dulu sekejap untuk mengolahnya di otak, baru kemudian ketawa sambil mengumpat : Ih kurang ajar, ini kok bener banget sih! Bhahahaha.

Not So Special Show - Gilang Bhaskara
 Acaranya diadakan pada malam minggu tanggal 15 April 2017 di IFI jalan Purnawarman. Shownya pun terasa intim dan ngakrab karena jarak panggung yang tidak terlalu jauh dari penonton. Gue terbiasa nonton standup di Saung Mang Ujo yang mana jarak antara panggung dan penontonnya jauh bener, mereka jadi semacam tak terjangkau gitu. 

Show tersebut dibuka oleh 3 orang komika yaitu : Kamal Ocon, Tama Randi dan Guzman yang mana pecaaah banget. Terutama opener ke 3 tuh Guzman yang kocak parah dan akhirnya sempet dimaki oleh Gilang karena dia jadi berasa terbebani sendiri hehe.

Gilang beserta para opener!
Materi Gilang pada awalnya berkisar seputar pengalaman dia menjadi standup comedian yaitu kemenangannya sebagai juara ke 2 di SUCI. Gue tuh nonton show ini berasanya kayak lagi ngobrol di teras sambil ngopi dan dengerin dia curhat deh. Dia bercerita gimana pedihnya menjadi juara di antara Ge Pamungkas yang juara 1 dan Kemal Pahlevi yang saat itu menjadi juara 3.

Mungkin karena Ge yang sangat terkenal dengan persona narsis dan gantengnya *Opening kesukaan Ge setiap standup adalah : INI SHOW GUE! SELAMAT DATANG DI ACARA GUE!* ditambah lagi dengan Kemal yang terkenal dengan persona absurd dan alay-nya, Gilang jadi merasa sedikit tenggelam dari segi popularitas. 

Bit Gilang yang ini terasa sedih dan getir tapi tetap aja dia bisa membawakannya secara kocak, sehingga kita pun jadi bisa ikutan mentertawakan tentang betapa tidak populernya dia bhahahaha.

Materi kesukaan gue adalah ketika dia menyentil kehidupan para middle class atau kelas menengah yang berada di sekeliling kita. Yaitu mereka yang biasanya masih tinggal di kost-an tanpa AC tapi ngotot untuk tetap punya Iphone. Biarin aja kegerahan di kamar asalkan kalo abis kirim email ada tulisan : sent from my iphone bhahahahaha. Ini kenapa kocak dan tajem banget sih!

Dia juga sempat membahas secara detail tentang berbagai toilet yang pernah ia datangi baik di dalam maupun di luar negeri. Dan bit yang paling gue ingat adalah ketika dia berkata bahwa secanggih apa pun orang Indonesia, tapi kalo menyangkut masalah cebok kita akan selalu memegang teguh adat ketimuran yaitu air dan sabun bhahahaha.

Gue berasa IYA banget sih waktu dia ngomong begitu. Waktu ke Korea dulu gue sering berasa risih banget sama toiletnya. Sebagai orang Indonesia kita harus menjaga kearifan lokal yah, jadi kalo keluar negeri jangan lupa bawa sabun cair dan gayung hehehe.

Dia juga menyindir kelakuan para netizen Indonesia, bit yang menurut gue paling pecah sih. Menurut Gilang, sejak ada social media, kesian banget Malaikat Rokib dan Atid jadi gak ada kerjaan *malaikat pencatat amal dan dosa*. Soalnya jaman sekarang mah dosa atau tidaknya sesuatu diputuskan sendiri sama netizen bhahahaha ini parah banget sih!

Gilang ini tipe komika yang peka dan gemar mengamati sekeliling sehingga mampu mengungkapkan suatu materi dari sudut pandangnya yang unik. Kadang gue melihat hal yang sama dan memikirkan hal yang sama juga, tapi entah bagaimana caranya kok dia bisa menyampaikannya dengan cara yang cerdas dan kocak!

Gaya  standup Gilang memang bukan tipe yang menghentak atau menggelegar, tapi lebih ke kalem, teoritis, bikin mikir, tapi tahu-tahu dia akan menonjok kita dengan punchline-nya yang mantab! Gue sih suka!

Pokoknya gue puas bangetlah ketawa malam itu. Mudah-mudahan sukses terus untuk Gilang yah, dan ditunggu show selanjutnya!


27 komentar:

  1. Saya malam minggu kemarin juga ke Bandung Teh. Nonton komedi juga. Tapi bukan stand up komedi... Nontonya wayang golek yg ada bodornya juga sih hahaha

    Nanggap cepot dewala dan gareng yg ngabojeg itu juga justru lebih melestarikan kearifan dan budaya lokal ya daripada masalah cebok hahaha ..

    BalasHapus
  2. Ahh udh lama nih ga nonton SC.. Di tv msh ada ga sih? Klewat lama ga nonton tv :D. Kdg kalo pgn nonton aku biasanya buka dr yutub aja yg lama2.

    Hebat ih mbaa, kamu berani tampil :D. Aku mah bisa blank bener2 kalo melucu gt.. Itu sbnrnya yg paling susah sih, melawak di panggung. Mendingan disuruh akting marah drpd diminta ngelawak :D

    BalasHapus
  3. aduh, aku kok ga tau ya Bi Gilang ini, pdhl lumayan suka ngikutin SUCI meski ga setiap episod nonton.

    BalasHapus
  4. Wiiihhh teh erry hebat ih open mic.
    Btw SUCI ada season baru lagi gak sih? Kmrn trakhir nonton yg pemenangnya indra.

    BalasHapus
  5. Biiii, serunyaaa. Asik ya bisa nonton langsung. Btw Abah agak langsingan yah.

    BalasHapus
  6. senyumnya cukup merekah, untuk yg sebelah kanan tolong perutnya dikondisikan dan untuk sebelah kiri tolong gincu ditipisin dikit biar gakmenor2 pisan euy. semoga kalian bisa next ke tahap selanjutnya yah *malah komentar penampilan*

    BalasHapus
  7. Dirimu pernah jd openernya standup comedy teh ???? Wahahaha... mana videonya ? Kasih tunjuk dong teh, kalo nggak hoax lho.. lol..
    Tapi aku jadi pengen banyangin dirimu ngelawak.. nyahahaha

    BalasHapus
  8. kayaknya adik2 lu emang udah punya goal dari awal untuk sebisa mungkin hidup jauh dari elu... supaya gak ditindas lagi. hahaha.

    BalasHapus
  9. aku juga uda lama nih ga nonton standup comedy... terakhir nonton standup specialnya ernest... tahun ini pengen nonton lagi sih, cuma senonya sibuk hahahaha...

    BalasHapus
  10. Teh, itu foto terakhir foto baru atau foto lama? Abah kurus amat...
    salah fokus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu foto Abah yang terbaru,
      sejak sakit berat badannya jadi turun lebih dari 10 kg tuh hehehe.

      Hapus
  11. Duuh baca ini jadi ingat Mba Erry yang pernah open mic :D

    Dan Mba Erry, akhirnya kejawab juga kenapa Mba Erry ga stand up lagi di cafe, ternyata tukang ojek terkasih sudah pada sibuk ternyata hehehehe


    BalasHapus
  12. Ayo Mba Erry, bikin video standup tapi videoin, upload di YouTube lagi, pengen dengar lagi materi-materi yang baru hehehehe

    Saya tahu Mas Gilang ini karena dia jadi mentor di acara stand up di Indosiar itu. Belum pernah lihat livenya, kapan-kapan pengen nonton live di cafe gitu, seru kayanya ya Mba Erry :)

    BalasHapus
  13. Abah kurusan ya Mba Erry, sudah tidak beli gorengan lagi kan Abah? semoga semuanya selalu sehat ya Mba Erry. Aamiin...

    BalasHapus
  14. tentu ingat materi open mic nya waktu itu ...
    sayang Fatir belum bsa nganter emaknya ya..., jadi kira2 masih lama nih nunggu uncul open mic lagi?

    BalasHapus
  15. Ga nyabgka euy, ayo dong teh vlog stand up hihi

    BalasHapus
  16. Suamiku suka tuh nonton stand up komedi. Duh kalo sudah nonton, nggak berhenti2 deh ketawanya. Sedangkan aku bengong aja, mana sih lucunyaaaa? Aku nggak punya selera humor kata suamiku hahaha

    BalasHapus
  17. Waakkkk, Aku ga pernahlahh liat Teh Erry lagi manggung, ayo teh coba jadikeun lagi donk, pengen liat nih...

    BalasHapus
  18. Kebanyakan stand up comedy itu mengangkat tema kehidupan sendiri atau orang lain, nyindir buruknya kehidupan anak muda zaman sekarang yang dibungkus menjadi hal lucu tetapi perlu digaris bawahi bahwa hal itu perlu diperhatikan agar tidak menjadi lebih buruk lagi.

    Salut untuk para komika yang nyindir sesuatu yang dibalut dengan humor yang lucu. Walaupun lucu tapi penuh makna

    BalasHapus
  19. parah juga ya materi lawakannya. hahahah

    BalasHapus
  20. Hai Bibi cantikkk...
    Maapkeun saya yang lama engga blogwalking inihhh :(
    Ahhh, aku masih inget tentang cerita Bibi dulu open mic. Padahal keren lohhh...
    Btw, duh, itu poto bener-bener berjuta tahun lalu yak. Hihi...

    BalasHapus
  21. bibi ini memang multitalenta yah

    BalasHapus
  22. Teh Ery nih memang keren lah, salut buat teteh. Btw, tampilin dong pas open mic itu.

    BalasHapus
  23. aku suka bgt kalo udh liat stand up komedy

    BalasHapus
  24. Kalau dah liat stand up komedy, perut mesti sakit karna ketawa mulu,hehehe..

    BalasHapus
  25. Kalau lihat satand up komedy, enaknya pas pikiran banyak. Karna dah tak terpikirkan lagi pikirannya, hanya bisa ketawa dan ketiwi...

    BalasHapus
  26. wahh keren, ku dah lama banget pengen nonton show komika gitu secara di Jogja sering banget cuman ya gitu karena malam ya susah perginya, xixi. Setuju ma beberapa usul di atas mba bisa openmic di youtube channel mb ajaa haha kangen ama banyolan mba erry. Btw abah kurusan ya mba, semoga sehat selalu

    BalasHapus

 

Blog Template by BloggerCandy.com