Selasa, 14 Maret 2017

Penyakit yang Dibikin Sendiri!


Belakangan ini cuaca di Bandung selimut-able banget. Bikin males, apalagi kalo pagi.

Fathir selalu aja cari-cari alesan supaya gak masuk sekolah, sedangkan gue pun gak mau kalah dan suka cari-cari alesan juga supaya kagak masak hahaha. 

Tapi yang bikin kesel adalah dari begitu banyaknya tempat nongkrong di komplek ini, kenapa sih mang sayur kalo pagi selalu saja mangkal tepat di depan rumah gue? Misterius sekali kelakuan si mang sayur.  Gue yakin ini adalah konspirasi! *gejala emak-emak stres kalo disuruh masak adalah memberikan tuduhan tak berdasar kepada  tukang sayur* 

Eh, tapi emang beneran sih sekarang kita jadi lebih sering masak di rumah. Ehm, okay sejujurnya Abah sih yang lebih sering masak tapi pembelaan gue adalah karena masakan Abah jauh lebih enak dari gue hehe. Sejak kejadian Abah sakit beberapa waktu yang lalu, kita memang berusaha untuk menerapkan gaya hidup yang lebih sehat di rumah, walopun tentu saja masih jauh dari sempurna.

#MenujuHidupSehat


Sebenernya tubuh kita telah memiliki sistem imun atau daya tahan yang bisa dipakai untuk melawan segala macam penyakit. Tapi ya tetep aja sih kalau pola hidup yang kita jalankan gak bener, pastinya akan mempengaruhi daya tahan tubuh kita lah.

Selain pola makan yang perlahan-lahan sedang berusaha untuk diperbaiki supaya gak kebanyakan jajan gak jelas, Abah dan gue juga udah mulai berolahraga lagi lho. Selain masih rutin melatih taekwondo dua kali seminggu di lapangan komplek, Abah juga sekarang rajin bersepeda kalo subuh.  

murid taekwondo Abah masih pada unyu-unyu



Sedangkan gue pun gak mau kalah dan udah mulai senam lagi. Studio senamnya masih di seputaran komplek juga dan biasanya gue senam ketika anak-anak sekolah. Nanti kapan-kapan gue posting deh yah tentang kelakuan para ibu-ibu rempong di tempat senam, di antaranya adalah sok ke-pede-an nyicil baju senam seksi ala JKT 48 padahal selulit bertebaran dimana-mana! *iya, itu gue maksudnya!*

Tapi walaupun udah berusaha untuk bisa hidup sehat-sesehat-sehatnya, tetep aja sih kadang masih suka ada aja sakit-sakit sedikit mah. Namanya juga manusia lemah yang penuh keterbatasan. Tapi untunglah bukan sakit yang parah gimana. 
Mungkin lebih tepatnya sih, kalo meminjam istilah Abah adalah : sakit yang suka dibikin sendiri. 

Penyakit lama gue yang sering kambuh adalah sakit leher. Ini penyakit rada receh tapi sangat mengganggu karena menghambat kenarsisan gue untuk kibas rambut secara elegan *penting*. Yah, pokoknya mah gue jadi susah nengok deh yah. Gue gak pernah berani bilang sama Abah kalo lagi sakit leher, karena pasti jawaban Abah udah default yaitu: makanya jangan keseringan begadang!

pose sakit leher karena kebanyakan begadang nge-baper-in drama korea


Iya, ini sebenernya penyakit yang gue bikin sendiri sih. Kalo keasyikan begadang nonton drama Korea sampai beberapa malam berturut-turut biasanya gue suka sakit leher. Dan kalo buat gue sih, obatnya cukup cuma tidur siang doang. Setelah sembuh biasanya gue pun akan langsung bertekad dalam hati agar gak keseringan begadang untuk nge-drama lagi, cukup 6 malam aja dalam seminggu! *NGOK!*

kalo lagi ngedrama : satu episod lagi aja, tau-tau udah subuh! *diperankan oleh Hyun Bin*

Penyakit lain yang sering melanda gue adalah mudah kembung. Iya, penyakitku ini emang cetek tapi ganggu banget sih! Dan sebenernya antisipasinya juga gak kalah cetek sih, yaitu jangan suka telat makan dan keseringan ngopi! Perut gue udah rada uzur dan kayaknya mulai mudah rentan kalo kena kafein. 

Eh, tapi lo pasti punya juga kali jenis penyakit yang semacam lo bikin sendiri.  Jelas-jelas lo tahu ketika  melakukan hal tertentu pasti bakalan sakit, tapi tetap dikerjain juga? 

Udah tahu kalo makan sambel ijo di nasi padang pasti besoknya bakal sakit perut, tapi tetep dihajar juga! Udah tahu kalo ngopi maghrib-maghrib pasti bakal melek semalam suntuk, tapi tetep diseruput juga! Udah tahu kalo lo re-run nonton kdrama Moonlovers besoknya pasti lo bakal baper seharian dan males nyetrika, tapi nekad ditonton juga! MAKAN TUH BAPER!

Jadi sebenernya kuncinya sih lebih ke pengendalian diri yah, karena kalo kita bisa lebih peka sama kebutuhan tubuh kita sendiri, Insya Allah bisa sehat kok *kata si oknum yang masih suka nekad begadang walopun besoknya suka sakit leher*


Tapi, selain penyakit standard yang suka dibikin sendiri itu ada juga sih jenis penyakit yang emang sulit untuk dihindarkan. Penyakit langganan gue yang lain adalah flu dan sahabat karibnya yaitu radang tenggorokan. Apalagi kalo cuaca sedang tak menentu seperti saat ini. Gue paling gak tahan kalo udah kena radang deh, perasaan pengen gue garuk-garuk aja si tenggorokan saking gatelnya.

Sakit tenggorokan sendiri sebenernya disebabkan oleh virus & bakteri. Kalo lagi sakit tenggorokan biasanya sih gue selain banyak minum & istirahat, paling banter cuma sekedar makan permen pedas aja. Tapi khasiatnya kerasa yah cuma kalo pas lagi ngemut permen aja, kalo udah abis yah balik sakit lagi. 

Pernah suatu kali gue terkena radang tenggorokan yang rada parah. Mungkin karena kehujanan terus kali yah ketika menjemput Kayla & Fathir sepulang sekolah dengan naik motor, jadi stamina gue kurang fit dan mudah terserang kuman bandel. Selain sakit menelan, suara gue pun berubah menjadi serak-serak manja minta dibanting gitu deh. 

Kebeneran di rumah gue masih ada stok Betadine Obat Kumur kepunyaan Abah, yang pernah dipake ketika Abah sakit gigi. Ternyata selain bisa untuk mengobati sakit gigi dan sariawan, Betadine Obat Kumur juga berkhasiat untuk mengobati sakit tenggorokan lho.

Betadine Obat Kumur ini ternyata mengandung Povidone-Iodine yang mampu membunuh kuman dan membantu proses penyembuhan. Tapi cara pakenya harus di-gargle lho yah, semacam di-glek-glek sambil menengadah sehingga cairannya mencapai tenggorokan, tapi jangan sampai ketelen! Dan kalo abis kumuran sama Betadine Obat Kumur, sebaiknya sih jangan dikumur lagi sama air biasa yah, supaya khasiatnya lebih meresap.

Berkumur cukup dilakukan sekitar 30 – 60 detik aja, tapi kalo sakitnya lagi lumayan parah boleh juga nge-gargle 3-5 kali sehari sampai sakitnya reda. Gue sih ngerasanya cocok dan beneran kayak lagi digarukin tenggorokan yang lagi gatelnya itu, adem deh hahaha.


Kayla waktu sariawan pernah juga gue suruh kumur-kumur pake Betadine Obat Kumur lho, karena gak perlu di-gargle kan yah, soalnya dia memang belum bisa. Kalo Fathir belum berani gue kasih, soalnya dia mah anaknya suka main telan aja sih. Ingat lho yah, jangan sampai ketelan! 

Sebenernya Betadine Obat Kumur ini aman untuk dipake setiap hari sih, tapi yah tetap harus disesuaikan juga. Karena sesungguhnya di rongga mulut kan emang ada bakteri baik yang bisa menjaga kesehatan mulut di kala normal. Jadi sebaiknya sih dipake ketika lo bener-bener membutuhkan aja misalnya lagi sariawan, gusi bengkak, sakit tenggorokan atau mungkin ketika mau kencan tapi berasa lagi bau mulut hehe.


Karena kemasannya mungil dan gak ribet, Betadine Obat Kumur ini cocok juga buat dibawa bepergian lho. Kali-kali aja ketika lo lagi asyik liburan tiba-tiba aja sakit gigi atau sakit tenggorokan, kan praktis tinggal kumur dan nge-gargle aja. Gue juga sekarang mah suka nyetok terus sih di rumah buat persediaan.


Eh, tapi ngomong-ngomong lo juga pasti punya dong yah penyakit yang suka dibikin sendiri kayak gue gitu? Cobak deh bisikin gue kebiasaan buruk lo yang masih tetep aja suka dikerjain walopun tahu nantinya lo bakalan sakit! 

Apakah hanya aku seorang di semesta raya ini yang walopun lagi sakit tenggorokan tapi tetap maksa pengen jajan gorengan di Warungnya mama Ajeng? Ada yang suka kayak gitu jugakah? *nyari temen agar tak merasa kesepian melakukan hal yang kurang bermartabat ini*



26 komentar:

  1. Alhamdulillah aku sudah bisa meninggalkan keinginan begadang untuk nonton drama berseri seri. Sebab abis nonton drama tidak hanya saja sakit leher tapi aku juga sakit hati, kalau dramanya sudah habis bikin baper Tidak karu-karuan soalnya :)

    BalasHapus
  2. Wakakakakakkkk.. Teeeeeeh! Kenapa gak mau kalah sama Fathir sik?! Aku jugak jadi pengen carik-carik alasan biar gak masuk kerja! Loh! 😂😂😂


    Alhamdulillah aku belom punya laptop jadi gak pernah begadang lagi nonton film. Ihihihi. Sampek rumah uda tepar trus langsung bobok. Yah beginilah siklus hidup seorang buruh :(

    BalasHapus
  3. Makasih sdh mengingatkan ya teh, aku jg kdg gitu, udh tau lgskit tenggorokan, eee masih beli gorengan juga, dan dihabisin sendiri pulak. Hahayyy...
    Ini mah khilaf yak....
    Khilaf apa kemaruk ?, ahay.
    Jd pakek betadine aja ya teh, recomended.

    BalasHapus
  4. aq punya temen yang kalau abis minum kopi bermerk cafe pasti langsung sakit perut parah. tapi ya orangnya gak kapok2. sebelnya setiap sakit ngeluh melulu, ditanya sebab ya itu lagi itu lagi. lama2 aq bilang syukurin, dah tau bikin sakit tapi ttp gak kapok. saking gemesnya. fiuuhh

    BalasHapus
  5. loh kok komenku ilang :(

    BalasHapus
  6. Kenapa semesta ini harus ada istilah masak di rumah ya. Ini pasti salah leluhur. Cona kalau makan itu ya diluar gitu jadi kita gak perlu maska teh. Hiks 😝

    Soal sakit aku udah gindarin banget. Soalnya kalau pilek aja udah gak enak banget akunya. Jadi pengen ngomel2 terus 😆

    BalasHapus
  7. Jangan khawatir teh, dirimu tidak sendirian kok melakukan hal yg tdk bermartabat ituh.

    Seperti hari ni, misua udah wanti2 banget untuk hindari gorengan CS utk sementara waktu krn suara lagi serak krn batuk.

    Tp apalah daya diri ini teh, hatiku begitu lemah dan tidak kuasa melihat rayuan bakwan dan risoles yang begitu molek dan menggiurkan. Rencana mau icip2 satu tapi akhirnya kebablasan jd 4. Walhasil.. suaraku semakin seksi.
    Hahaha

    BalasHapus
  8. IH KOK SAMAAA? Aku juga sering sih suka sakit dibikin sendiri gitu. Sakit hati, misalnya. Udah tau ngererun Moon Lovers itu bakal bikin rapuh berkepanjangan, tapi tetep aja direrun mulu. Eh, kasusnya sama ya Teh? Ini sakit yang dibuat-buat bukan sih? :))

    Bener lah Teh, sakit radang mah sepele tapi paling ganggu. Soalnya nggak cuma bermasalah di tenggorokan, tapi juga kadang bikin flu, batuk dan demam. Jadi emang menjaga kesehatan sih wajib.

    Kesehatan hati juga wajib dijaga. Kalo tau dramanya bikin baper, harusnya dihindari. (((harusnya))). Tapi emang dasarnya anak bandel, makin dinasehatin ya makin dilarang :D

    BalasHapus
  9. Sampe skr aku paling suka kumur2 ama betadine ini mba. Wanginya itu loh, berasa steril banget ya.. Wangi2 rs :D. Trs seger di mulut. Beda ama kumur2 lain yg kbanyakan bikin mulut kering malah.

    BalasHapus
  10. akuuh penggemar gorengan kelas berat, Teh. Meskipun tahu kalo gorengan itu harus dihindari orang yg lagi diet, tapi teteup hajar terus. Aku tanpa gorengan ibarat Kim Shin tanpa Eun Tak :p

    BalasHapus
  11. aku kadang suka males masak...
    bosen..he2

    BalasHapus
  12. saya juga suka bikin penyakit untuk diri sendiri Teh, udah tau gak bisa makan+minum yg manis2 tapi tetap aja dilakukan, akibatnya sakit tenggorokan deh :(

    BalasHapus
  13. Kalau sayaaaaa... Malas sikat gigi pas mau bobok. Padahal tau bgt risikonya. Trus kalau ada iklan pasta gigi tentang pentingnya sikat gigi malam, pura2 gak lihat gitu. Wkwkwkwk...

    BalasHapus
  14. Penyakitnya sama, suka sakit leher gegara begadang maraton drama. bhaha..
    terus kalau udah tenggorokan udah mulai-mulai gak enak, langsung pake betadine ini jadi sakitnya enggak berlanjut.

    eh kak kak... itu pose sakit leher boleh juga. bikin imitasinya ah kapan-kapan.

    BalasHapus
  15. Nyahahaha bener bgt udah tau ya mau flu batuk teteeep aja aku pun makan gorengan sama es krim. Ini juga lagi begadang nih pas nulis ini.. Hihihi :D

    BalasHapus
  16. Hamdalah sampai sekarang nggak gampang kena penyakitan padahal sering begadang. Entahlah, mungkin masih muda dan perkasa juga teh (((perkasa)))

    Wah, tsrnyat kita sama sama suka begadang! Tp bedanya kamu nonton drakor aku bikin desain grafis ekeke

    BalasHapus
  17. Sakit yg dibikin sendiri itu : udah tau alergi es, tapi tetep dihajar juga :)) Anak2 juga sih terutama si Rainy, teu kaop makan es langsung flu. Atuhda kumaha yah? :D

    Btw itu betadine beneran manjur buat sariawan sama gusi bengkak teh, aku pernah kan gusi belakang bengkak parah...

    BalasHapus
  18. Mba Erry saya juga kadang kalo lagi khilaf tetap saja beli bebek sambel ijo lalu tengah malam sakit perut dan mules-mules *saat itu sudah janji ga bgulangin lagi, tapi ketika lewat di delan warung si bebek, saya langsung lupa ingatan sesaat dan pastinya makan lagi dan sakit perut lagi. Duuuuh emang ya Mba Erry, kadang kita suka dodol sendiri, selama ini saya kira saya doang yang suka ciptain sakit sendiri, Alhamdulillah ada temannya bhahahaha

    BalasHapus
  19. Saya juga sangat gampang bangat kena radang begitu Mba Erry. Radang itu menyiksa, ga enak makan juga tidur, gatal pengen digaruk pake garpu saking gregetannya, dan sy biasanya hanya minum air hangat sm ngemut permen pedas walau ga terlalu ngefek.

    sy baru tahu kalo Betadin bisa untuk radang, saya kira untuk luka doang hehehe nanti saya akan coba deh Mba Erry tipsnya ini. :)

    BalasHapus
  20. Radang tapi tetap mupeng gorengan itu saya juga Mba Erry, pesona gorengan itu menggoda iman apa lagi sore-sore jam setengah empat sore, saya sering khilaf ini,apalagi kalo tiba-tiba ditawarin teman gratis bhahahaha

    BalasHapus
  21. Samaan.... Horeee banyak temennya.... Paling ga bisa makan gorengan besoknya langsung nyeri tenggorokannya, tapi hajjaaar wae...

    BalasHapus
  22. Uhuk baris di belakang Teh Erry untuk urusan melanggar kelemahan kesehatan diri.

    BalasHapus
  23. Gorengan, aku sukaaaa.
    Sekarang lagi demen tuh beli tahu goreng, enak kriuk tahunya, masih dapat bonus cabe rawit. Pengiritan dong, jadi nggak usah beli cabe rawit lagi di abang tukang sayur :D

    BalasHapus
  24. Bagian ini gue, banget!

    "... sedangkan gue pun gak mau kalah dan suka cari-cari alesan juga supaya kagak masak hahaha..."

    Baru tahu kalau ada Betadine yang bisa dikumur.
    Etapi, kalau tertelan, gimana ya, Teh?
    Glek aja, gitu? Hihihi...



    BalasHapus
  25. Wah iyaaa gak pernah kepikiran pake Betadine obat kumur kalo lagi sakit tenggorokan. Ntar aku coba deh 🤣

    BalasHapus
  26. Sama, saya juga masih suka begadang. Tau itu jelek, tapi tetap dilakuin. Tapi belakangan ini udah gak kuat begadang, capek banget. Siangnya ngejar-ngejar anak-anak. Habis isya punggung langsung rontok.

    BalasHapus

 

Blog Template by BloggerCandy.com