Kejadian yang Terulang Kembali

Senin, 27 Februari 2017

Ternyata tanpa gue sadari ada beberapa pengulangan dari percakapan atau kelakuan dari Kayla & Fathir selama ini walopun sebenernya sih kurang penting juga. Saking sepelenya, gue yakin kejadian tersebut gak akan mungkin gue ingat kalo gue tidak pernah menuliskannya di blog. 

Memang sih duluuuu banget tujuan awal gue menulis di blog adalah untuk merekam ingatan gue akan berbagai kejadian sepele dalam kehidupan gue sebagai seorang ibu. Tapi walaupun sepele pengen tetap dikenang lah!

Gue pengennya sih sekian tahun ke depan ketika gue membaca tulisan-tulisan lama tersebut, gue bisa tersenyum mengenang berbagai kerempongan ketika gue belajar menjadi ibu, yang mana sampai sekarang pun masih belajar sih. Dan kayaknya emang harus belajar terus sih. Being a mom is an everyday learning. Ya kan? Kan? Kan?

Being a mom is an everyday learning
Untuk gue sendiri sih sesungguhnya gak pernah kepikiran sama sekali pengen berbagi ilmu parenting apapun, karena sejatinya emang gak ada ilmu yang pasti dan fix banget in terms of parenting. Setiap anak berbeda dan pastinya membutuhkan penanganan yang berbeda pula dari orang tuanya. Tapi kalo merasa ada hikmah yang bisa diambil dari tulisan gue sih, yah Alhamdulillah banget. Atau bahkan kalopun hanya sekedar nyengir doang baca tulisan gue pun, aku tetap merasa sangat senang dan berterima kasih.


Tulisan beraroma parenting di blog ini biasanya sih hanya sekedar cerita pengalaman aja, ketika gue pernah mengalami kejadian seperti ini, maka gue menanganinya dengan cara ini karena pernah nyobak pake cara itu, ternyata hasilnya begini.

Atau biasanya sih kalo lagi kumat, gue suka cerita juga tentang gimana baper-nya gue ketika harus menghadapi kenyataan bahwa Kayla dan Fathir sekarang sudah mulai besar dan tingkat ketergantungan mereka sama gue pun perlahan-lahan  semakin menurun hiks *sindrom emak posesip*

Makanya wahai kalian para orang tua yang sekarang lagi stres karena dibuntuti oleh anaknya kemana pun, bahkan kalo nongkrong di kamar mandi pun harus dibuka pintunya dan dilihatin, nikmati aja yah! bhahahaha.

Suatu saat lo bakal kangen deh sama masa-masa tersebut. Trust me!  Apalagi ketika anak lo yang baru kelas 1 SD udah gak pernah banyak komentar dan nanya apa pun lagi kalo telat dijemput. Malahan cuek aja pura-pura gak lihat dan asyik main! EMANGNYA KAMU UDAH GAK PEDULI LAGI YAH SAMA MAMA? HAH!?

Terkadang gue suka kangen sama masa-masa mereka kecil dan moment indah ketika MEREKA HANYA MILIK GUEH SEORANG! MILIK GUEEEEEH! KEMANA-MANA SAMA MAMAH!
*maap, kalo emak baper mah emang sudah hukumnya harus mainan capslok, gue hanya mengikuti aturan*

Beberapa waktu yang lalu, akhirnya gue iseng baca-baca beberapa tulisan lama ketika Fathir masih kecil dan ternyata menemukan beberapa kesamaan dan pengulangan. Lumayan juga sih buat bahan posting hehe.

Jualan Benda Aneh!

Gue jadi teringat kembali cerita lucu ketika Fathir masih TK. Suatu hari gue dan Fathir sedang mengendarai motor mau jemput Kayla dari sekolah dan melewati area yang sedang dibersihkan selokannya, bekas hujan besar di hari sebelumnya sih. 

Tapi ada beberapa orang yang bawa-bawa kaleng, maksudnya sih minta sumbangan. Ketika Fathir bertanya gue reflek menjawab bahwa mereka lagi bersihin sampah selokan. Dan Fathir pun sontak berkomentar polos, "Emang, ada gitu yang mau beli sampah got Ma?"  Bhahahaha.
*kalo beneran ada yang butuh mau beli sampah got, bisa langsung DM aja yah. Barang masih seger, harga negotiable*

Ternyata Kayla juga pernah melontarkan hal yang sama sih sekian tahun yang lalu.

Di suatu sore lewatlah di depan rumah truk tinja yang besar lengkap dengan atribut selang besarnya itu. Kayla penasaran dan bertanya apakah gerangan nama dari truk yang berisik tersebut. Dan ketika gue jawab dia sempat mempertanyakan arti dari kata 'tinja'. 

Setelah dijelaskan artinya, komentar Kayla sama persis kayak Fathir, "Emang ada gitu yang mau beli tinja Ma?" Bhahahaha.

Apakah ini semacam fenomena? Mungkin di masa depan sampah got dan tinja akan diperjualbelikan dan masuk pasar bebas. Soalnya anak-anak gue mah kan visioner banget bhahahaha.

Gaya Bermain

Ketika menjemput Fathir sepulang sekolah, gue melihat dia bersimbah keringat dan berlari ke arah gue dengan napas terengah-engah. Ternyata dia lagi asyik bermain kejar-kejaran.

Gue pun iseng bertanya, "Emang kamu main kejar-kejaran sama siapa aja dek?"
Fathir pun menjawab polos, "Sendirian ma!"
LAH, JADI SEDARI TADI YANG NGEJAR KAMU ITU SIAPAAA? 

Gue jadi teringat dulu pernah posting di blog tentang betapa gundah dan paniknya hati gue ketika Fathir masih TK dan mendadak hilang di sekolahnya. Gue dan bu Fitri, wali kelas Fathir pun mencari ke seluruh pelosok sekolah dan Fathir ketemu ....lagi ngumpet sambil cekikikan sendiri di balik pintu kamar mandi!

Ketika ditanya, dengan cueknya dia berkata sedang main petak umpet!
Ketika gue tanya dia sedang bermain sama siapa aja, dia jawabnya : SENDIRIAN! 
PENGEN BANTING TERMOS GAK SIH LOOOOO!!

anakku sayang selalu penuh imajinasi!
Gaya Berantem

Sesungguhnya gaya berantem Fathir masih sama seperti dulu sih, tapi perlahan-lahan lagi gue perbaiki supaya bisa lebih sabar sih *kata emak-emak yang selalu panik dan marah-marah di timeline kalo subtitle drama favoritnya telat dipublish saking gak sabaran*

Minggu lalu Fathir pulang ngaji sambil marah-marah bahkan tas ngaji dan sepedanya pun ditinggalkan begitu saja di Mesjid. Ketika gue tanya, ternyata dia lagi kesel sama salah satu temannya karena diejek terus.

Gue pun pelan-pelan bertanya, emang dia diejek apaan sih kok sampai emosi gitu? Ternyata dia kesel karena dikata-katain ehm...ketupat belah? bhahahaha. 

Gue pengen ketawa sih, tapi gak berani soalnya Fathir lagi judes banget hahaha. Eh, tapi kenapa harus marah sih? Emang dimana letak ejekannya tuh ketupat belah? Yah akhirnya gue diemin aja.

Dan gue pun mendengar Fathir mendumel sendiri sambil mainin remote TV, " Hih!, ngejekin aku ketupat, sendirinya kupat tahu! *gue lupa sih dia bilang kupat tahu atau kupat petis gitu, pokoknya mah nama makanan* Pokoknya aku mah gak bakalan mau temenan lagi sama si XXX SELAMANYA! pokoknya SELAMANYA!"

....10 menit kemudian...

si XXX nyampeur bawain tas sama sepeda Fathir sambil ngajak main! Fathir pun langsung semangat melempar remote yang tengah digenggamnya dan berlari keluar sambil berteriak, "Ma, aku main dulu yah!"
 
Jadi kalo buat Fathir mah, definisi dari selamanya itu gak lebih dari 10 menit bhahahaha,

Belajar Shalat

Ini baru kejadian kemaren sore sih. Fathir sedang shalat maghrib berjamaah sama teteh Kayla dan menjadi imam. Gue kebetulan lagi gak shalat jadi cuma nguping dan ngintip aja dari luar kamar.

Setelah membaca surat Al Fatihah, Fathir pun membaca surat pendek..eh tapi kok..tapi surat apaan tuh?

Eh, ternyata anaknya malah membaca doa masuk kamar mandi, seriusan ini mah bhahahaha.
Gak sekalian baca doa sebelum makan aja gituh?

Tapi gue lihat dia baca doanya khusuk banget sampe merem segala, dan gue lihat Kayla lagi cengar-cengir dibelakangnya bhahahaha.

Yah, udahlah namanya juga lagi belajar.

Demikianlah berbagai cerita sepele tapi  berharga yang akan selalu mampu membuat gue tersenyum bahagia  ketika tengah galau menghadapi anak-anak di masa mendatang!



 

31 komentar:

  1. Asik tuh fathir bisa main kerjar kejaran dan petak umpet sendirian. Si Emma nih tiap kali main kudu ditemenin. Mesti belajar ama fathir biar bs main sendiri ya haha

    BalasHapus
  2. Bhahaha.....klo aku yg jd makmumnya fathir pasti udah sakit perut nahan ketawa.

    BalasHapus
  3. Hahahaha, udah lama ih ngga ketemu Fathir.

    BalasHapus
  4. Hahaha, udah gede masih lucu aja ini anak. Aku gak bisa bayangin gimana Kayla nahan tawa mendengar adiknya berdoa sambil khusyuk.

    BalasHapus
  5. Hihihi lucu banget sih anak2nya mba.. Sebagai calon emak2 baper di masa depan mau nikmatin dl deh masa2 dikintilin ke mana2, ntr bakal kangen ternyata yah

    BalasHapus
  6. Erry toss dulu lah kita. Niatan saya bikin blog juga untuk merekam kenangan tentang anak. Termasuk berbagi kisah parenting. Sama persis, lah. Trus saya suka terharu aja gitu baca postingan sendiri hahaha

    BalasHapus
  7. Ahahahaa... Fathiiir is the best..

    BalasHapus
  8. hahahaaa... ngakak.
    Atulah merinding di kala Fathir bersembunyi sendirian di balik pintu kamar mandi sekolahan.

    BalasHapus
  9. Hallo Mba Erry.... Lama nggak main ke sini banyak cerita yang belum dibaca, rapel dulu akh bacanya :) *Semacam isi absen dulu hahahaha

    BalasHapus
  10. Kaylaaaaa... Fathiiiiir....
    Ya ampuuun kalian makin gede aja sih, kapan dong kita selfie bareng? hehehehe

    Baca kisah Fathir dan Kayla selalu bikin ketawa, banyak kelucuannya, ngantuk mendadak hilang hehehe

    BalasHapus
  11. Fathiiiir bagus tuh, marah emang ga boleh lama-lama, cukup 10 menit saja hehehhe

    Bhahahhaha itu kenapa doa masuk kamar mandi yang dibaca sih Fathiiir? baca surat Al-ikhlas aja yang gampang hahahahah

    BalasHapus
  12. hihiii selalu suka deh kalau teteh cerita soal anak anak

    BalasHapus
  13. wahahahaha... ketupat belah... tapi kadang kita justru belajar dari anak2 ya, jadi kalo marahan cukup 10 menit aja hehehehe...

    BalasHapus
  14. Fathiiiir, main sama mama gih, kasian main sendirian. Aku pun penuh imajinasi dengan hal ini. Hahaha.

    Aku belajar dari Fathir nih, kalo ga mau main selamanya cukup 10 menit aja. Btw, aku sempet mikir doa masuk kamar mandi, hahaha terus abis sholat gmn tuh?

    BalasHapus
  15. Bahahaha, fathiirrr,
    Btw kayla sm fathir udh gede aja ya teh, time flies,

    BalasHapus
  16. AHAHAHAHAHA FATHIRKUHHH :*

    MAKIN TINGGI YESS
    MAKIN GEDEAN JUGA KAYAKNYAAA

    DAN DEMI APA ITU POSE-POSENYA MASIH ANEH SEPERTI BIASA HAHAHAHA

    *Capslock jebol kalo udah komen soal fathir*

    P.S.
    Kayla cantik bangeeeeett
    Tau tau udah setinggi teh eri aja ya ampun waktu begitu cepat berlalu

    BalasHapus
  17. Wkwkwkwk aku kok ya lgs ngakak pas yg sholat baca doa kamar mandi mba :p. Emg ya tingkah anak2 ini lg lucu2nya kalo masih kecil gt.. Walo aku hrs ngakuin msh srg ga sabaran dikintilin mereka trus, tp ngerti kok, suatu saat aku pasti kangen banget masa2 gitu :)

    BalasHapus
  18. Mb erry kurusss *ngiri euy, hahaha
    Aduuhh horor kali pun masak main petak umpet sendirian sih fathiir hahaha gokil ueyy, kayla udh tinggi banget yaa mbaa. Iya mbaa ni q msh d fase rempong bingit anak2 msh kicik2, dinikmatin aja yaa xixii

    BalasHapus
  19. Hal hal kaya gini beberapa taun lagi kalo kita baca bakal bikin senyam senyum teh :)

    BalasHapus
  20. hahahhahah padahal kalo Fathir baca pasti... yey dulu jual nama aku sogokan momoginya kurang banget.... hahahhahah inget tuh cerita momogi :)

    BalasHapus
  21. Teh, aku merinding hayoh pas baca bagian Fathir ilang pas ketemu lagi ngumpet di balik pintu kamar mandi sambil cekikikan.

    *)bacanya pas tengah malem nih

    BalasHapus
  22. wahahah ((ketupat belah)) lucu amat gaya berantemnya :))
    lucu2 banget sih ;D

    BalasHapus
  23. Fathir...lucu banget sih mbak..
    Eh...tapi anakku juga pernah. Malah ngakak juga jadinya. Dianya pas sakit, tak suruh berdoa..semampunya. Doanya malah doa mau makan..😀

    BalasHapus
  24. wih Fathirr..kamu main petak umpet sendiriann (aku tetiba malah merinding :P)

    Kayla udah gede banget ya teh..makin cantik, tapi kok makin mirip abah ya? :)

    BalasHapus
  25. bhuahahahahaha, jadi kepengen kupat tahu atau kupat petis #eh

    BalasHapus
  26. Betuuuul! Aku juga ngalamin ini. Jadi buat mama2 yg anaknya masih kecil, puas-puasin deh main dengan anak-anak selagi mereka nguntit kita terus, kalo sudah gede mereka bakal punya kegiatan sendiri dengan teman-temannya *mamanya jealous :D

    BalasHapus
  27. Sering banget ini D bahkan sampai kepikiran ntar selanjutnya ada apa, hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah yang sabar aja deh hahaha
      masakan padang juga pengen

      Hapus
  28. hahaha ..jadi nyengir2 sendiri dahhh bacanya. otak anak kecil mah emang ajaib....dibilang marahan, tapi 10 menit udah baekan...duhhh cape emaknya kalo ikutan baper mah..

    BalasHapus
  29. Ya ampun lucu pisan gaya cerita Teh Erry itu :)

    BalasHapus
  30. Bhuahahaha duh Fathiiir, jago lawak banget sih kamu 😂 Pasti Kayla gak khusyuk sewaktu tau kamu bacain doa masuk kamar mandi 😂

    BalasHapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS