Belajar Nge-Vlog!

Selasa, 08 November 2016

Akhirnya gue nge-vlog juga!

Akhirnya gue nge-vlog juga!
Sebenernya gue sedari dulu pengen bikin vlog, tapi selalu saja kepentok dengan berbagai perasaan kurang signifikan seperti : males, labil, gak pede, malu dan...tolong bantu gue untuk melengkapi deh yah hehe. 

Belum ketemu trigger atau semacam pemicunya aja sih.

Sampai akhirnya, beberapa waktu yang lalu gue diundang oleh Adhie Fahmi dari Ini Kpop untuk menjadi bintang tamu sebanyak 2 eps di acara TV seputar Drama Korea & Kpop yang tayang di I Chanel. Pernah gue posting juga tuh.


Setelah selesai syuting, gue pun diajakin Adhie ikutan masuk ke vlog-nya dia untuk membahas berbagai Genre dalam Drama Korea. Dan saat itu gue baru nyadar bahwa ternyata nge-vlog itu seru banget!


Melihat ketertarikan gue, Adhie pun langsung menyemangati agar gue ikutan nge-vlog juga. Saat itu ia berucap santai : "Nge-vlog mah gampang Teh, tinggal ambil gambar, trus edit, jadi deh. Cuma gitu doang kok!"

Setelah menjalaninya sendiri, yang katanya : CUMA GITU DOANG itu ternyata hasilnya sanggup membuat gue pengen istighfar berulang kali sembari meratap pilu : YA ALLAH, INI KENAPA KOK SUSAH BANGET SIH NYERAH AJA BOLEH GAK NIH?

Jadi gitu.

Mendambakan Kamera Mirrorless!

Setelah membulatkan tekad untuk nge-vlog, yang langsung terbayang di kepala gue adalah : gue harus memiliki kamera mumpuni yang mampu meng-kamuflase wajah asli gue agar terlihat memukau dan mempesona!

Jawabannya sih hanya satu yaitu : kamera Mirorrless!
Yang mana setelah browsing harganya langsung bikin pengen nangis gitu hahaha.

Tapi karena memang udah niat banget, gue pun mulai menabung semua hasil kerja yang gue dapat dari blog. Karena mau merengek minta sama Abah, kok rasanya gak tega yah.

Alhamdulillah, job gue belakangan ini lancar banget mulai dari job review, campaign, ataupun nge-buzzer. Kayak emang sengaja dikasih jalan aja gitu. Makanya kalo lo lihat gue lagi kerja di socmed, respon atuhlah  biar job gue makin lancar bhahahaha...*ini kenapa jadi nge-modus*

Dan langsung merasa bahagia banget ketika dapet kabar bahwa postingan gue terpilih jadi juara 2 di sebuah kontes blog! Saat itu gue dapat uang tunai 3 juta rupiah yang mana bermanfaat banget buat nambah tabungan!

Setelah mendapat sedikit subsidi dari Abah, kamera idaman untuk kamuflase wajah nge-vlog pun akhirnya kebeli juga! Yeay! Alhamdulillah.

Sense of Belonging!

Setelah akhirnya kamera idaman kebeli, apakah gue langsung nge-vlog? Tentu saja tidak!

Gue langsung terkena penyakit menunda-nunda bhahahaha.Ya udah nge-vlog-nya nanti aja, kapan-kapan kalo lagi gak males!

Sejujurnya gue agak males ngotak-ngatik kamera canggih yang kebanyakan tombol itu. Bahkan setelah sekian lama dimiliki, gue baru nyadar kemaren-kemaren bahwa kamera gue itu, ternyata bisa di-touch-screen BHAHAHAHA! *banting akuh dan lemparkanlah ke rawa-rawa*

Walaupun udah dikasih kursus singkat sama adek gue yang jago motret, dan dijelaskan tentang berbagai macam fitur lengkap dari kamera tersebut, tapi tetap aja sih gue motretnya pake fitur auto aja gituh bhahahaha...

Beberapa waktu yang lalu, mbak Yuni blogger dari Surabaya kebetulan datang berkunjung ke Bandung , sehingga para blogger Bandung pun kumpul-kumpul. Saat itu kita jalan-jalan ke Floating Market yang mana tempatnya asyik banget buat dipake foto-foto.

Tapi sebagai pemilik kamera, yang sense of belonging-nya kurang banget, gue semacam males buat poto-poto, sehingga kameranya pun secara tidak bermoral dirampas oleh mereka, sampai habis batre! Dan ketika pulang gue cek memory kamera, foto gue-nya mah cuma dikit banget hahaha.

MEREKA-LAH PARA OKNUM YANG TELAH MENGHABISKAN MEMORY KAMERA GUE SAMPAI HABIS BATRE!
Habisin aja memory kamera gue! Habisin aja!
Membulatkan Tekad!

Setelah hampir sebulan memegang kamera dan fase menunda-nunda serta 'males ngoprek' kamera sudah terlewati, gue pun mulai fokus kembali.

Tidak mudah bagi gue untuk keluar dari zona nyaman di blogsphere dan kemudian belajar semua kembali dari awal. Dibutuhkan tekad yang sangat kuat.

Gue mulai menyusun konsep, mencari materi dan menuangkannya dalam bentuk skript. Setelah beberapa kali melakukan test-cam *yang mana hasilnya geli banget* gue memutuskan untuk belajar intonasi dan ekspresi wajah agar vlog gue tak terasa datar dan basi *walaupun setelah dicek, ternyata hasilnya masih tetap geli juga hahaha*

Gue pun mulai meng-eksplorasi berbagai sudut rumah untuk mengincar bagian manakah yang sekiranya asyik untuk dijadikan tempat pengambilan vlog.

Dan tentu saja tantangan terbesar bagi gue yang super-duper gaptek ini adalah belajar mengedit video!

Gue beberapa kali hampir pengen menyerah di bagian ini lho. Awalnya Adhie memberikan aplikasi Adobe Premiere yang mana aku suka pengen nangis gitu makenya hahaha. PC gue sempat nge-hang beberapa kali ketika dipakai buat mengedit video, sepertinya memory-nya harus segera di upgrade atau mungkin merupakan sebuah pertanda bahwa gue harus segera membeli laptop apple yang super canggih itu dan menurut gosip asyik banget buat dipake ngedit video *KODE ATUHLAH KODE! Abah tolong dibaca yah*

Akhirnya gue pun mencoba Proshow, Fimora, Fomavie yang mana tetap aja masih belum ketemu yang 'sreg'. Arti 'sreg' buat gue itu pada hakikatnya sih aplilkasinya gampang dipake tapi fiturnya lengkap hahaha. Gue masih mencari sih, kalau ada yang punya saran boleh tuh rekomendasikan ke gue yah!

Sampai saat ini gue juga masih belum bisa bikin bumper, semacam video opening yang pake efek gitu lah. Padahal gue udah punya karakter lucu yang bakal gue munculkan di bumper tersebut, bikinan Utie. Makasih buat Utie, si pengkhianat cinta yang baru saja berganti bias dari sesama personil BTS. Karakternya lucuuuu, gue suka!

Jadi untuk sementara si karakter lucu ini masih gue jadikan semacam watermark yang muncul di pojok kanan vlog.



Yes, I am learning by doing!

Gue pun mulai mempersiapkan segala sesuatunya, dengan mengandalkan gugel dan yutub tutorial. Beberapa kali sempat konsultasi juga sama Adhie kalo udah berasa mentok banget.

Setelah vlog siap launching, gue pun iseng nge-twit, yang mana ternyata respond-nya rada bikin ciut dan jiper bhahahaha!

Atuhlaaaaaah! Perbandingannya meuni 33 VS 135 ! BHAHAHAHAHA *tertawa getir penuh kepedihan*

Yang mana sebenernya semua itu menurut gue teramat-sangat wajar sekali, karena selama ini kan gue memang lebih dikenal sebagai blogger lewat tulisan-tulisan gue, sedangkan untuk vlog, gue memang baru mau mulai dan merintis.

Setelah sempat labil sejenak dan udah mulai timbul perasaan pengen menunda-nunda lagi, akhirnya gue memutuskan untuk maju terus aja deh!

Dan karena keribetan gue mempersiapkan vlog, imbasnya adalah belakangan ini blogwalking gue keteteran banget. Maafkanlah yah! Insya Allah nanti gue bakal lebih rajin lagi BW deh, soalnya walaupun udah ada vlog tapi blog ini bakal tetap di update kok!

Doakan aja semoga gue bisa semangat terus yah!

Kalau ada yang pengen mampir ke vlog gue boleh melipir kesini yah : #Evlog Bedah Drama Korea ala Bibi Titi Teliti.

39 komentar:

  1. Keren, mau nonton vlognya ah. semangat yaaa

    BalasHapus
  2. aku belum berani ngevlog Teh, masih malu .. hehe

    BalasHapus
  3. Wah mantep nih skrg merambah ke dunia vlog ya... :)

    BalasHapus
  4. Keren banget teehh.. Udah nonton vlog diatas..
    Permisi yah beauty.. saya mau ke post tentang Evlog duluh.. *gak gikhlas saya ngomong gitu Tehhhh ..wkwkwk

    BalasHapus
  5. Kereeeen, keluar dari zona nyaman nih Teh Erry. Semangat terus ya Teh! Aku udah siap subscribe channel Teh Ery dong :D

    Plis Teeeh, jangan berhenti ngeblog yaaa. Biar gimanapun aku lebih suka baca blog Teh Erry nih. Sensasi nonton vlog dan baca blog itu sungguh beda~

    BalasHapus
  6. adobe premiere emang berat kak, itu kudu pake komputer, bukan laptop... banyak koq aplikasi edit video lain yang lebih enteng dan ramah dipake hehehehe...

    aku juga pengen sih coba bikin vlog, tapi muka ini ga videoable hahahaha...

    BalasHapus
  7. Kalo punya kamera kece, jangan dianggurin ga akan beranaaak, habiskanlah buat eksplore Ootede hahaha

    Ya sukses ngeVlognya daah,
    *pura2 ga akan lihat vlog ah,

    BalasHapus
  8. Ada akuuuuh... (senengnya gak kira-kira) maklumlaaah, blogger nubie mah kudu numpang-numpang tenar di lapak orang. *lalu dihempas ke pantai*:D

    Ini tulisan kompor mbledug banget. Jadi kan aku ngiri pengen bikin vlog juga.

    BalasHapus
  9. pergunakan dong jurus stand up nya bi, pasti lucu deh

    BalasHapus
  10. Kayaknya Mbak Erry emang cocoknya jadi model, gak cocok megang kamera haha..

    BalasHapus
  11. Mbaaak, coba pakai aplikasi Wondershare. Aya pakai itu bagus videonya. Dia ngeshoot pke Mirrorless juga. Saya pernah diajarin sekali, buktinya sukses tuh gak bisa haha.. fiturnya lengkap, ada openingnya, tambah teksnya, nyepetin, lambatin, cuma karena habis diajari gak langsung praktek, makanya gagal :D

    BalasHapus
  12. langsung aku subcribe teeehh.. haha..
    congrats for ur vlog
    ikutan hepii :D

    BalasHapus
  13. Ih keren si eceu udah ngevlog, ceu erry pasti bisa, nggak sabar nonton vlognya

    BalasHapus
  14. Suatu kehormatan bisa menuh2in kamera Erry :D. Jarang2 lho saya mau jadi model ;)

    Jangan nyerah nge vlog nya atuh, ntar itu kamera bisa jadi milik saya seutuhnya lho ... hehehe

    BalasHapus
  15. Teh. Kapan kapan ngintip dong cara ngeditnya. Aku juga down duluan klo disuruh ngedit video 😂

    BalasHapus
  16. ahhh teh erry...asik banget.. aku juga pengen beli kamera mirrorless tapi.... *ngelirik dompet*

    BalasHapus
  17. yeyy akhirnya nongol jg pilog nya. nonton ah nanti~ :D

    BalasHapus
  18. Mba Erry jadi sekarang dah punya kamera kece badai itu? duuuih pengen juga jadi modelnya seperti Teh Nchie dan Teh Dey sampai batrai habis bhahahaha

    BalasHapus
  19. Keluar dari zona nyaman emang butuh kerja keras si Mba Erry, tapi kegigihan biasanya selalu berbuah manis, makanya lanjuuutkan Vlognya, nanti ajarin saya juga caranya hahahaha

    BalasHapus
  20. Saya mau nonton vlognya dulu akh, penasaran dari tadi siang baru nonton di IG bentar doang. *Siapin luwak white coffee :D

    BalasHapus
  21. Idih. Gue udah liat vlognya, dah share link postingannya,endebrei-endebrei tapi gue ngga ngeh kalo kepilem disini :)))))

    *mesti yah disebutin "pengkhianat cinta"-nya???*

    BalasHapus
  22. Wah, keren deh si mbak satu ini. Sudah bisa nge-vlog. Sukses ya mbak. Salam kenal, masih newbie nih lagi belajar ngeblog.

    BalasHapus
  23. selamat merambah dunia baru Teteh, ntar tengah malam dulu yah baru nonton videonya soalnya kuotaku sekarat nih Teh (kalo kuota tengah malam masih banyak banget, hihihi)

    sekali lagi selamat yah Teh, tapi jangan lupa blognya tetap diupdate :)

    BalasHapus
  24. Sakses ya teteh...kan masi jarang di kita vlogger pilem..apalagi Korea. Udah khusus banget.

    BalasHapus
  25. Jadih, inih manah v-lognya? Masak sepotong doang di IG.
    Ajarin dirikuh teh, eh, tapi musti punya si mirrorless itukah?

    BalasHapus
  26. Bruakakakkkk.. Emang kek gitu, Teh! Aku dulu waktu masih punya si Sony, langsung dirampas sama sepupu-sepupuku! Kan kzllllll!!! 😭😭😭

    Btw, semangat yaaaa nge-vlog-nyaaaa! :*

    TAPI PEHLIS JANGAN ABAIKAN BLOG! :(

    BalasHapus
  27. Aku sampe skarang nggak berani nge vlog! Hiihii
    Belum pede.

    BalasHapus
  28. wih
    musim ngevlog,,
    hehe
    jadi kepengen ngevlog

    BalasHapus
  29. asik... jadi yutuber...


    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
  30. wah asyik ya, aku mah karena gaptek bagaimana bisa mengedit film, hadeuh

    BalasHapus
  31. asik sepertinya, tapi masih belum bisa untuk ngevlog

    BalasHapus
  32. Daebaakkkk!!!

    Congrats buat peluncuran channel nya yaa

    Sukses selalu mbaakkk

    BalasHapus
  33. kerennn...fightiing mba erry! Pasti langsung banyak yang subscribe nih hehehe gokil banget evlognya mbaa

    BalasHapus
  34. Mencoba dunia baru nih Bi. Mantaap!!
    Kalau Fathir ama Mama Ajeng diajak ngevlog, seru Bi keknya.:)

    BalasHapus
  35. Duh, aku pun pengen nge-vlog, cuma masih belom tau mau fokus bahas apa, gak pengen setengah-setengah soalnya. Thanks for sharing mbaknyaaa, pencerahan!

    Salam,
    Gabrilla.

    BalasHapus
  36. New MP3Skull, StafaBand, BursaMp3, NaijaSongs, ITunes, and More Site visit...
    -
    All Category MP3
    -
    Mp3 US/UK (English)
    -
    Mp3 K-Pop & J-Pop
    -
    Mp3 BOLLYWOOD (India)
    -
    -

    BalasHapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS