Membuat Konten Drama Korea & Kpop yang Memiliki Kekuatan Bersama Ini Kpop!

Senin, 31 Oktober 2016



Beberapa waktu yang lalu gue diundang oleh Fanbase Drama Korea & Kpop super nge-heits yaitu Ini Kpop untuk sharing tentang seluk-beluk ngeblog. 

Acaranya sendiri dilangsungkan pada hari Sabtu, tanggal 22 Oktober 2016 di Tea Garden Resort, Ciater. Berhubung lokasinya cukup jauh dari rumah, seperti biasa gue terpaksa berangkat bergerombol membawa pasukan berupa Abah, Kayla dan Fathir.

Rute yang ditempuh untuk mencapai Tea Garden Resort cukup terjal dan berliku, bahkan kita sempat terdampar di semacam hutan belantara. Gue udah sempat curiga aja jangan-jangan kita nyasar lagi. 

Tapi untunglah perjalanan tersebut tidak sia-sia karena ternyata tempatnya memang indah dan mendebarkan banget. View-nya sangat memukau dan instagram-able sekali. Apalagi gue tiba di resort masih pagi, jadi udara di sekitar perkebunan teh memang terasa segar sekali. Kapan-kapan kalau ada rejekinya sih pengen nginep disono deh.




Gebetannya Lee Min Ho memang selalu terlihat memukau & mempesona!
Anak-anak pun betah banget bermain di seputaran resort. Rencana awalnya sih mereka pada mau berenang, tapi beberapa hari menjelang keberangkatan Fathir mendadak batuk sehingga acara berenang pun terpaksa dibatalkan. 

Sebenernya saat itu gue juga sudah ada gejala flu dan mulai sakit tenggorokan, sehingga awalnya agak deg-degan. Tapi untunglah semua berjalan dengan lancar tanpa kendala suatu apa pun, Alhamdulillah.

Membuat Konten Drama Korea & Kpop yang Memiliki Kekuatan

Sebelum menerima undangan tersebut, gue telah berdiskusi panjang lebar terlebih dahulu dengan Adhie Fahmi, sajang-nim dari Ini Kpop tentang materi presentasi yang ingin dibawakan supaya gue bisa tetap on track di jalur yang semestinya dan gak ngoceh kesana kemari atau curhat gak jelas .
*walopun ujung-ujungnya sih tetap aja curhat juga bhahahahaha…yah maap*

Setelah melakukan brainstorming dengan sajang-nim dan memahami apa yang diinginkan oleh beliau, maka gue pun membuat semacam outline dan membaginya menjadi 3 point utama yang kemudian gue jadikan pedoman dalam pembuatan materi workshop.

Materi 1 

Dikarenakan indikasi dari kesuksesan sebuah konten biasanya dilihat dari : page view, share dan komen, maka materi yang disampaikan adalah bagaimana caranya agar konten drama Korea & Kpop yang kita buat dapat memiliki kekuatan untuk diklik, dishare dan dikomen oleh para pembacanya.

Sesungguhnya gue agak sungkan juga untuk ngebahas track record blog gue ketika membahas materi ini, karena nanti takutnya dianggap congkak atau lagi nyombong. Tapi hal ini memang penting untuk disinggung agar materi gue bisa terasa kredible dan dapat dipertanggungjawabkan.

Alhamdulillah, konten drama Korea yang terdapat di blog gue selama ini memiliki page view yang lumayan. Jumlah komentar dalam setiap postingan pun biasanya sekitar 90-an jadi mohon maaf atas keterbatasan gue selama ini yang masih belum sanggup untuk menjawab semua komentar yah. Tapi Insya Allah semua komentarnya gue baca dan gue simpan dalam hati kok.

Untuk share sendiri sih, kebanyakan postingan gue di share di twiterland. RT-nya lumayan banget bisa sampai ratusan. Makasih yah!

Materi 2

Materi selanjutnya adalah seberapa besar sih konten drama Korea & Kpop yang kita tuliskan dapat mempengaruhi emosi & perasaan pembaca? Seberapa besar engagement yang kita bangun dengan pembaca melalui tulisan tersebut?

Dibandingkan dengan berbagai macam angka seperti seberapa besar page view, share, komen, dll menurut gue sih justru point ‘emosi’ ini jauuuuh lebih signifikan untuk dicermati, karena menyangkut soal hati! *mulai derama*

Hal ini biasanya dapat dilihat dari berbagai komentar yang masuk, apakah banyak pembaca yang merasa relate setelah membaca tulisan lo? Kalo iya, berarti lo sudah berhasil!

Track record gue : biasanya sih setelah gue posting tentang drama korea, suka banyak pembaca yang meng-capture bagian dari tulisan gue yang merupakan favorite mereka dan kemudian menyebarkannya di twiter, makasih banyak yaaaaaah! *muah*



Materi 3

Point lanjutan dari materi gue lebih badai-membahana lagi yaitu : Apakah konten yang kita tuliskan mampu membangkitkan rasa ingin tahu dari para pembaca? Istilahnya sih, tulisan lo KEPO-ABLE gak nih?

Misalnya saja ketika lo membuat tulisan tentang DOTS, apakah tulisan lo mampu membuat para pembaca menjadi kepo tentang drama tersebut dan jadi pengen ikutan nonton juga? Tulisan lo cukup memicu dan merangsang mereka untuk segera nonton dramanya gak nih?

Dan jenis kepo lain yang lebih asyik adalah ketika lo bisa berhasil membuat para pembaca menjadi kepo bukan hanya dengan tulisan lo saja, tapi juga kepo sama sang penulisnya alias diri lo sendiri.

Saking terhanyutnya membaca tulisan lo, mereka pun kemudian menjadi tertarik untuk membaca tulisan lo yang lain dan hasilnya jadi kepo maksimal tentang sosok penulisnya. Kemudian pada akhirnya mereka akan stalking lo dengan senang hati mem-follow semua socmed yang lo miliki dan…jreng jreng…they will be your LOYAL READER! YES!!

Dalam kasus gue sih, lumayan banyak pembaca yang terjaring ((TERJARING)) ke blog gue gara-gara postingan Korea. Dan setelah mereka stalking gue itu biasanya sih mereka melontarkan komentar terkejut semacam : duh, gak nyangka loh, ternyata yang bikin tulisan ini udah  ibu-ibu dan beranak dua pulak! BHAHAHAHAHA!
*ini sebenernya kalian lagi muji atau ngeledek sih?*

Dan Alhamdulillah sih menurut analisis gue, lumayan banyak pembaca gue yang pada awalnya hanya tertarik dengan postingan Korea saja, tapi pada akhirnya sekarang jadi ikutan baca postingan galau gue yang lain baik tentang Kayla & Fathir, atau bahkan sponsored post. Makasih yah semuah!*kirim heart sign dulu*

Jadi demikianlah garis besar materi yang gue bawakan di workshop Ini Kpop beberapa waktu yang lalu.

Gimana? Gimana? Kece gak? Gue bikin slideshow buat materi presentasi itu sampai pengorbanan seminggu gak nge-drama lho. Sampai melewatkan eps ‘insiden selimut’ di dramanya The K2! *PENTING SIS!*

Gaya Menulis

Selain membahas materi utama diatas, kita banyak ngobrol dan curhat terutama tentang gaya penulisan. Gue sih menyarankan mereka untuk banyak membaca agar bisa dijadikan bahan referensi.  Mulailah membaca bukan hanya sebagai pembaca, tapi sebagai penulis dan belajar untuk mengamati tulisan yang lo sukai. Kenapa sih kok lo bisa suka tulisan itu? Emang cara nulis dia gimana sih? Semacam itu lah.

Misalnya aja kalo lo suka tulisannya Raditya Dika, lo bisa mulai belajar mengamati cara dia menulis, cara dia mengekspresikan emosi dalam bentuk kalimat, dll. Menurut pengamatan gue sih, Radit ini suka sekali menulis dengan gaya ‘self deprecating’ atau istilahnya sih suka mencela diri sendiri. Misalnya aja, gue ini jomblo, sering diputusin cewek tanpa alasan logis, dll.

Gaya menulis seperti ini sangat menarik dan sebenernya sering juga gue terapkan dalam blog gue. Dari pada nyela orang lain, mending nyela diri sendiri aja biar semakin hina dan nista hahaha. Mungkin itu juga sebabnya gue mah suka selaw aja kalo ada yang nyela ini-itu.

Apah? Gue dibilang ALAY? ya-ya-ya terserah apa kita jidat lo aja...
Bedah Tulisan

Gue juga mengadakan sesi bedah tulisan yang mana tulisan yang dibedah diambil dari postingan gue sendiri bhahahaha…APA BANGET LAH!

Gue meng-capture beberapa tulisan gue di blog dan menceritakan emosi macam apa yang saat itu gue selipkan ketika membuat tulisan tersebut. 

Gue membongkar berbagai macam trik penulisan yang selama ini gue terapkan di blog. Terkadang gue sengaja menyimpan ending atau semacam after effect-nya justru di awal tulisan untuk membangkitkan penasaran. Atau ada kalanya gue membuka tulisan dengan statement yang provokatif biar tulisannya terasa  makin greget.

Pokoknya macem-macem deh, sekreatif mungkin aja.

Gaya menulis gue pun beragam, terkadang gue menyajikan tulisan dalam bentuk sarkasme dan ironi yang kayak lagi orang ngomel-ngomel gitu lah, kadang gue juga bermain perumpamaan, kadang mainan metafora juga.

Tapi gaya menulis favorit yang sepertinya selaluuu gue selipkan dalam setiap tulisan gue adalah : HIPERBOLA! BHAHAHAHA

Iya, gaya hiperbola atau yang suka melebih-lebihkan itu sepertinya merupakan gaya favorite yang pada akhirnya malah menjadi ciri khas dari tulisan gue deh. Tulisan gue kebanyakan ditulis dengan gaya lebay, alay dan sedikit dramatis. Seru soalnya menulis dengan gaya seperti itu.

Gue menyarankan para peserta workshop untuk banyak bereksplorasi dalam menulis sampai akhirnya mereka bisa menemukan gaya menulis sendiri yang paling nyaman. 

Sesi Curhat!

Dari awal Sajang-nim sudah menjelaskan bahwa acaranya informal dan nyantai saja, karena para peserta workshop merupakan para admin fanbase yang masih pada berusia muda. Dan Ini Kpop juga merupakan website drama Korea & Kpop yang sasaran pembacanya adalah para kawula muda. 

Untunglah, jadi gue pun bisa membawakan materi dengan santai dan banyak bercandanya.

Di sesi terakhir untuk mencairkan suasana, gue membuat slide yang berisi tentang target pembaca dari website Ini Kpop. Karena memang websitenya segmented banget, udah pastilah sasaran pembacanya adalah para Kdramalovers & Kpoper. 

Jadi gue iseng mengklasifikasi berbagai fanboy dan fangirl yang selama ini sering gue temui bergentayangan di timeline bhahahaha.


Cobak, cobak pada ngaku kalian termasuk jenis yang mana nih?
Kalo gue sendiri sih selain termasuk kategori fans delusional yang suka nge-ship, sepertinya gue termasuk fans multifandom dan multibias juga deh.

Abis gimana dong da gue mah anaknya sulit mengatur hati hanya untuk satu fandom :

BTS comeback dan MV-nya menjaring banyak view di yutub dalam sehari -->  langsung bahagia,
JunK akhirnya berhasil ngeluarin solo album setelah sekian tahun di 2 PM --> bahagia juga
Nonton MV-nya Lotto dan lihat dance-nya Sehun yang menggeliat tak terkendali --> bahagia tiada tara dan langsung seketika itu juga ganti nambah bias!

Pokoknya gue mah anaknya selalu bahagia terus deh kalo lagi nge-drama & nge-kpop! *langsung dikatain fans murahan dan ditendang keluar fandom*

O iya, dan seperti biasa ketika tengah berada di lokasi gue merasa sangat terhanyut dan terbawa suasana sehingga kelupaan dan gak sempet foto-foto, hahaha yah maap! *BLOGGER MACAM APA SIH KAMU!

Setelah selesai presentasi, kami pun makan siang bersama sambil ngobrol kesana-kemari seputar drama Korea & Kpop. Kita ngebahas tentang konsep rookie boyband NCT yang agak random sambil mencoba menguak rahasia besar apa yang diusung SM dibalik semua ini, mungkin mereka ingin menguasai peradaban dunia hahaha.

Kita juga diskusi tentang personil Seventeen manakah yang bias-able dan gue juga sempat curhat mengapakah gue sering merasa bersalah sama Winner karena hati gue lebih condong ke iKon, padahal kan seharusnya bebas-bebas aja dong secara mereka sama-sama anak YG. Mungkin inilah yang dinamakan misteri Illahi hahaha.

Dan, iya lagi-lagi gak ada fotonya! Pokoknya saat itu gue senang dan bahagia  karena merasa berkumpul di 'habitat' gue banget dan bertemu banyak teman dengan 'species' yang sama deh hahahaha...

Terima kasih banyak kepada Ini Kpop karena telah berkenan mengundang gue untuk berbagi cerita dan pengalaman tentang nge-blog dengan teman-teman admin, semoga sekelumit ilmu yang disampaikan dapat membawa manfaat yah!

Dan tentu saja terima kasih juga buat Abah, Kayla & Fathir tersayang yang selalu setia dan ikhlas memberikan dukungan buat Mama-nya!



28 komentar:

  1. Blogger yg mbahas Korea itu banyak. Tapi gaya bahasamu itu lho Teeeh. Yg bikin suka

    BalasHapus
  2. Teeeeeh.. Aku ngikutin blog Teteh dari zaman Kayla en Fathir masih kecil banget! Di kala itu aku belom jadi blogger dan bergumam, "Siapakah Mbak-Mbak yang doyan Korea nan konyol ini?"

    Ternyata dirimuh!!! Huahahah :D

    Aku menjadi teracuni dan sedikit banyak jadi sukak Korea jugak! Hih! Tanggung jawab! Ya meskipun saat ini aku uda lama banget gak nonton drakor sik. :(

    Tetep nulis ya, Teeeh! Tetep pakek gue-guean dan cerita banting galon tentang kulkas lalu menatap sedih kain korden! Bahahak! :D

    BalasHapus
  3. tetehhh.. fotomu yg sendirian itu cantik, mirip sama Suzy Bae. SUMPAH!! *sengaja dicapslock* :)))

    BalasHapus
  4. Dan aku terjerat segala tipu daya tips diatas hingga jadi follower multi socmed milik teteh... Fain... Aku bahagia kok!

    BalasHapus
  5. Aku kalau membaca tulisanmu selalu terhibur, Teh. Bahagia diam-diam seperti melototin fotonya Lee Jun Ki ...

    BalasHapus
  6. Oooohhh, ini ya Teh yang acara di Ciater kemarin? Ah, sayang banget nggak bisa ikutan:((( *lah emang situ diundang, Wi?*

    Tapi bener ya Teh, bikin konten tentang Kdrama ada Kpop di blog juga kudu ada triknya. Habis nggak sembarang orang juga mau baca postingan di blog kita. Apalagi nih, yang bikin konten itu kan nggak cuma kita sendiri.

    Yah, meskipun nggak bisa seru-seruan ikut acaranya, dapet materinya doang juga alhamdulillah deh dari Teh Erry hehe.

    Wah samaan Teh kita labil. Nggak bisa setia sama satu bias. Habis gimana ya... hati yang gampang terpengaruh sama kegantengan bias itu kan bukan salah kita juga wkwkwk *anaknya ngeles mulu*

    BalasHapus
  7. teh erry gaya nulisnya itu loh... bikin happy dan banyak yang baca.. ke blog teh erry buat cari senyum...he2

    BalasHapus
  8. Apa ya. Aku selalu merasa bangun blog iu perlu temen. Bukan sekedar pembaca. Dan aku mendapatkan itu dari blog teh erry.

    Kalau soal kdrama dan kpop seh banyak yak web fanbase gitu gitu. Tapi yang paling hidup ya punya teh erry ini.

    Aku tahu lah pasti dibalik layar postingan teh erry itu banyak sekali melakukan riset sana sini. Hahahahaha. Yang gak pernah aku lakukan kalau nulis blog. Ya nulisnya aja curi curi waktu di kantor males banget ngelakukan riset. Ujung2nya blognya dangkal. Hihihihi.

    Terus nulis teh. Paling gak sampai kita beberapa kali kopdaran lagi (yang entah kapan terjadi) πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
  9. Ada satu lagi teh yang belum muncul di sini. Yaitu... pergosipannya. #emaap #kabur

    BalasHapus
  10. Teteh kereenn huu.. btw teteh mirip presenter di waku waku,.awalnya kukira dirimu.beneran, eh ternyata bukan..

    BalasHapus
  11. Makasih teh. Semenjak baca postingan blog teteh, gue jadi demen baca blog haha. Apalin ah mukanya, kali aha ketemu di jalan trus minta fotbar wkwk

    BalasHapus
  12. Makasih teh. Semenjak baca postingan blog teteh, gue jadi demen baca blog haha. Apalin ah mukanya, kali aha ketemu di jalan trus minta fotbar wkwk

    BalasHapus
  13. Mba Erry, semakin kereeeeen bangat ini jadi pembicara, ikut senang dan bangga padamu Mba Erry, Lanjutkaaan :)

    Mba Erry telah membuktikan, bahwa dengan mencintai hobi dengan segenap hati, maka akan berbuah Manis :)

    BalasHapus
  14. Materinya keren Mba Erry, itu sih kayanya bisa diterapkan oleh siapa saja secara garis besar walau bukan hanya untuk pecinta korea aja. Jadi pengen ikut kelasnya Mba Erry *cius :)

    ada yang videoin nggak Mba Erry pas acara kemarin? pengen belajar juga jika ada videonya di youtube, bagi linknya ya Mba Erry kalo ada :)


    BalasHapus
  15. Mba Erry, kenapa ga ada foto saat kasih materinya, panitianya punya kali Mba. coba dipajang dipostingan ini heheheheh

    Itu Foto yang sendiri itu pantasan bikin Lee Min Ho klepak-klepek, cantiiik Mba Erry *ciuuuussss :)

    Dan saya senang lihat Mba Erry, Abah, Kayla dan Fathir selalu bersama-sama :)

    BalasHapus
  16. Bibiii kereeen banget aku iriiiii hihihihi

    BalasHapus
  17. Kalo baca postingan ini, jadi yakiiiin kalo drama korea itu keren abis... masalahnya, sy selalu bingung ngafalin nama2nya,Ry...semacam kurang cerdas gitu...hihihihi...postingan ini memang keren kayak biasanya...kece pisan!
    ������

    BalasHapus
  18. Fathir pasti baru bangun tidur...��
    Foto2nya segeeeerrrr...Abah selalu jadi tukang potret...huhuhu

    BalasHapus
  19. Ry...nulis kayak gini itu nggak setiap orang bisa lo!
    Informatif, lengkap, lucu dan menarik. Sy aja yang bukan pencinta drama korea kayak masuk banget ke tulisan ini. Apalagi yg suka dan kenal istilah plus nama-namanya, pasti baca tulisan ini sambil senyum2 sendiri dan semangat buat nulis komen.
    Berhasil Ry, bikin orang jadi penasaran dgn drama Korea...

    BalasHapus
  20. Aku sih dulu paling males dengan acara drama korea... pas liat
    video downloadan temen kok lama2 enjoy ya... waktu itu aku nonton snow boy
    seru sih...

    BalasHapus
  21. Keren banget iih si bibi. Pokoknya kalo baca atau denger kata Korea, pasti langsung ingat mbak Erry deh :D

    BalasHapus
  22. Huaaa lutfi selalu suka tulisan teteh

    BalasHapus
  23. setuju sama semua komen teman-teman di atas :)
    blog yang bahas drama korea banyak banget tapi yang paling ku ingat yah blog Teteh dong :)

    tetap menulis yah Teh, saya gak akan pernah bosan membaca semua tulisan Teteh

    BalasHapus
  24. waow Kpop lover sejati nihh. niat banget heheh

    lanjutkan mbakkk

    BalasHapus
  25. Oke! Ada 3 able yang gue catat di tulisan ini.
    1. Instagram-able
    2. Kepo-able
    3. Teh Erry memang bikin Sye-able!

    BalasHapus
  26. paling males klo pacar ngajk nonton DVD korea....hahaha

    BalasHapus
  27. Aku mah tipe one fandom one bias forever (cc: Seventeen), tapi lagi agak2 nyangkut NCT juga sih baru-baru ini. Oh ya, tipe pendukung 2nd lead character juga teeh heuheu.
    Btw pas teteh ke Ciater akunya lagi di Bandung lho :')

    BalasHapus
  28. kalau ngomongin fanboy sama fangirls baperan mungkin aku termasuk fangirls baperan ya, apalagi saat melihat gosip-gosip buruk tentang boyband favorit, rasanya tuh nyesek banget.. heu

    BalasHapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS