Senin, 16 Mei 2016

Berusaha Konsisten di Social Media


Eksis di social media itu menurut gue gampang-gampang susah.

Diperlukan kemurnian hati dan mental yang teramat sangat kuat untuk bisa konsisten dan eksis dengan suatu image tertentu di social media.

Dan khusus untuk gue secara pribadi, kunci untuk bisa ‘menjaga kewarasan’ di socmed sih simple aja : cukup dengan cara memfokuskan  diri pada hal-hal yang gue kuasai dan tidak mudah terpancing.

Itulah makanya di jejaring sosial, gue meng-khusus-kan diri hanya membahas tentang  hal-hal tertentu yang menjadi hasrat terdalam gue aja. Sehingga pada akhirnya, facebook, twiter dan IG gue pun jadi sering rusuh untuk membahas tentang drama Korea & Kpop.

Daripada ribut di timeline, mendingan menikmati keindahan ciptaan Tuhan aja, misalnya kepo-in anak Kpop.


Padahal awalnya nyari gif EXO, tapi malah nyangkut di BTS sih! Gawat ini mah!
Bukan berarti gue tidak tahu tentang berbagai jenis berita yang sedang  beredar pada saat ini lho yah. Gue tahu dan gue peduli, hanya saja gue memilih untuk tidak membahasnya di socmed, itu aja sih.

Gue beranggapan bahwa hidup ini akan menjadi sangat melelahkan kalau gue harus mengomentari semua hal bercabang di dunia maya yang fana ini, padahal sebenarnya gue kagak ngerti-ngerti amat gitu. 

Mungkin karena semakin bertambahnya usia *UHUK*, gue semakin menyadari bahwa ternyata gue gak tahu apa-apa tentang banyak hal. Karena pernah ada suatu masa dalam hidup ini ketika gue merasa bahwa gue tahu tentang segalanya dan pendapat gue selalu yang paling benar. Pernah banget ngerasa kayak gitu. Tapi kayaknya fase itu udah lewat.

Jadi saat ini gue memilih untuk lebih selektif dan memilah lagi, mana yang pengen gue gue bahas di socmed, dan mana yang gue rasa akan lebih bijak kalo di keep sendiri aja dalam hati sanubari.

Tentu saja mengambil keputusan untuk secara terbuka dan terang-terangan ngebahas tentang Kdrama & Kpop di socmed bukanlah hal yang mudah bagi gue, karena berpotensi banget untuk dikatain ALAY bhahahaha, tapi gue sih berusaha untuk gak kepancing.

kalau ada yang ngatain ini-itu, cukup dikasih senyum manis penuh cinta aja.

APAH? GUE DIBILANG ALAY? senyumin aja...
Dari lubuk hati yang terdalam sih, gue gak merasa perlu untuk menjelaskan apa pun kepada siapa pun. Dan gue juga gak merasa harus untuk membela diri atas berbagai tuduhan tersebut.

Through lots of moments and learning process, gue menyadari bahwa yang namanya defensif itu sebenarnya disebabkan oleh perasaan insecure. Ketika kita merasa gak yakin dengan diri sendiri maka biasanya kita akan merasa berkewajiban untuk membela diri.

Jadi gue mah nyantai aja.

Seiring berjalannya waktu, pada akhirnya tanpa disadari gue malah jadi memiliki konsep sendiri akan keberadaan gue di social media. Jujur saja semuanya berjalan secara natural dan terbentuk dengan sendirinya. 

Konsep Nge-blog

Sampai saat ini gue masih berusaha untuk mempertahankan gaya menulis gue yang lebay dan dramatis. Semua tulisan pun gue kemas dalam nuansa curhat sehingga terkesan sangat personal.

Sekali-sekali kalau lagi ‘kumat’ gue membahas tentang drama korea & kpop, tapi masih tetap setia untuk membahas tentang perkembangan keluarga tercinta. Dan sebagai selingan gue sampai saat ini sih masih menerima job review, ikutan kontes dan ikutan acara blog walaupun gak terlalu sering dan gak terlalu ngotot juga sih. Kalem aja.

Kalau dari segi tulisan sih, alih-alih membuat sebuah tulisan dengan tema besar yang mengguncang dan menggelegar, gue jauh lebih suka menulis dengan mengambil tema yang receh tapi relate-able.

Jenis tulisan yang sederhana aja tapi ketika orang membacanya, jadi pengen komentar : duh, itu kok gue banget  sih atau sebenernya gue merasakan hal yang sama persis tapi kok susah buat ngungkapin.

Awal ketertarikan gue untuk nge-blog memang dikarenakan dulu sering banget membaca berbagai blog, dan kemudian jadi merasa terhubung banget secara emosional dengan tulisannya.

Jadi gue selalu merasa sangat tersanjung kalau ada pembaca yang merasa relate dengan tulisan gue. Seriusan!

Konsep Nge-facebook

Selain sering membahas tentang drama korea & Kpop, gue kadang-kadang masih berani lah nyetatus tentang hal-hal yang sifatnya rada pribadi tentang Abah dan anak-anak di facebook, soalnya di facebook kan kebanyakan temen-temen sendiri. Tapi seringnya sih cuma sekedar buat lucu-lucuan aja dan gak pernah jauh-jauh dari keseharian gue.

sukanya nyetatus tentang kejadian sehari-hari yang lucu dan nyenengin aja.

Kelupaan tadinya sih pengen posting tentang ini di blog haha.
Konsep Nge-twit

Jujur aja pada awalnya gue sebel banget sama twiter, karena gak pernah tahu harus nge-twit apaan hanya dengan 140 karakter. Plis deh, gue kan cerewet bok!

Tapi semakin hari gue jadi semakin memahami kekuatan twiter dan mulai belajar untuk memadatkan kalimat. Gue berusaha keras untuk menciptakan berbagai idiom absurd yang ekspresif tapi menikam-menohok-tujes-jleb sampai ke relung jiwa sehingga kalimatnya menjadi retweet-able. 

Dan ternyata hal itu menyenangkan dan gue sangat menikmatinya!
Seneng banget kalo tweet atau Meme gue bisa dapat banyak respon atau banyak yang nge-RT. Apalagi kalo di retweet atau di-quoted-tweet sama fanbase drama korea, beuh bahagiaaaa!

Gue hampir gak pernah nge-twit hal pribadi, murni hanya seputar kegiatan nge-blog, drama korea & kpop dan sekali-sekali nge-buzzer bhahahaha.

Followers gue sih kayaknya hampir 75% para kawula muda yang merupakan Kdramalovers & Kpoper dan sisanya adalah para blogger kurang beruntung yang sudah terjebak untuk ngefollow gue dan sepertinya sih langsung pada nge-mute atau nge-block gue karena keseringan nyampah di timeline bhahahaha.  

Konsep Nge-IG

Gue baru banget mainan IG, dan awalnya sih Instagram itu hanya akan gue peruntukkan khusus quote drama korea, biar unik gitu.

Gue sebenernya suka bikin Meme tapi biasanya hanya gue sebar di twiter aja. Tapi setelah gue search, ternyata meme yang gue tebar  di twiter itu banyak yang re-post lagi di IG bhahahaha.

Sebagian ada yang nge-tag atau nulis credit by, tapi sebagian lagi bablas aja gitu. Jadi ya sudahlah akhirnya akun IG gue bikin buat Meme & quote drama korea, dan tentu saja untuk nge-buzzer juga sih bhahahaha…


Ketika memutuskan untuk total ngebahas tentang drama korea & Kpop di socmed, tujuan gue murni hanya untuk bersenang-senang aja sih.  Asyik aja gitu, karena punya banyak teman yang bisa memahami apa yang gue rasakan. 

Gue rutin update status dan nge-twit-in pandangan pribadi gue tentang berbagai drama yang sedang gue tonton, lengkap dengan analisis absurd yang super duper konyol. Pendapat pribadi lho yah, jadi memang subjektif banget karena tergantung selera gue aja. 

Kadang kalau gue lagi punya waktu luang, gue akan membuka sesi tanya jawab seputar blogging, drama Korea & Kpop dengan teman-teman di twiter yang gue beri nama #TaPlak atau tanya jawab koplak. 

Dan gue sering ngakak-ngakak sendiri bacain pertanyaan mereka yang pada konyol banget dan biasanya gak pernah jauh dari seputar jomblo, kecanduan drama atau susah move on, APA BANGET LAH INI bhahahaha.

Yes, I am having so much fun in social media!

Dan ada semacam kepuasan pribadi ketika gue berhasil menciptakan sebuah gelombang kerusuhan di timeline gue  sendiri bhahahaha. 

Misalnya saja Fenomena Hari Rabu yang ditimbulkan dari euforia menonton drama Descendants of The Sun yang super nge-hits itu.
Gejolak hari Rabu yang kemudian timbul di timeline gue jadinya rusuh banget deh, seruuuu bhahahaha.

SETIAP RABU & KAMIS RUSUH TERUS!

Menjalin Hubungan Baik
Karena gue sering sekali membahas drama korea & Kpop, maka gue pun menjalin hubungan baik dengan beberapa fanbase drama korea di twiterland. Para fanbase itulah yang selalu dengan setia memberikan support dan sering nge-share berbagai tweet konyol atau postingan Korea gue! Keren banget lah pokoknya mah, GO FOLLOW THEM guys!

Konsistensi yang Berbuah Manis

Selama ini sih, gue merasa senang dan asyik-asyik aja dengan aktifitas gue di socmed dan gak pernah berharap terlalu banyak. Sehingga sampai detik ini pun, gue masih suka terkaget-kaget gak percaya ketika lagi dapat job buat nge-buzzer bhahahaha.

Mungkin karena memang followers di twiter gue sangat reaktif dan responsif, jadi point klout score gue pun rada lumayan lah yah, gak terlalu malu-maluin kalo memang perlu diajuin buat apply nge-buzz.

Alhamdulillah dan merasa sangat bersyukur karena akun gue masih dipercaya buat nge-buzz, walaupun pada awalnya gue gak pernah punya ekspektasi ke arah sana, jadi hal itu gue anggap sebagai bonus aja sih.Gak nyangka banget gue masih bisa bersenang-senang sekaligus dapet rejeki dari keaktifan gue di social media.

Dan buah termanis yang pernah gue raih dari konsistensi gue di social media tentu saja ketika akhirnya gue berhasil melaksanakan misi gue yang paling ambisius, yaitu Autumn Trip ala Drama Korea.

Bahkan pada saat itu gue sempat dihubungi oleh reporter Jawa Pos, sehingga Alhamdulillah profil dan alamat blog gue pun sempet nongol dikit di koran, ahoy! *dan lupa ternyata belum gue ceritain di blog*



The Power of Captain Yoo Si Jin!

Setelah menuliskan review tentang drama si kapten, Alhamdulillah animo yang gue terima sangat luar biasa. Blog gue traffic-nya mendadak jadi kencang banget karena postingan tersebut lumayan banyak yang nge-share. Sempet shock juga karena belum juga seminggu dipublish, postingan itu view-nya udah tembus 20.000 view, dan sampai saat ini view-nya nambah terus. Daebak lah the power of captain! Makasih banyak yah, muah!
Dan respon yang gue terima dari postingan itu pun membuat hati ini membuncah bahagia!




Selain komentar yang ada di blog, sebenarnya komentar yang gue terima di twiter jauuuh lebih banyak, tapi sayang banget gak bisa ke-capture semua. Tapi semua gue baca satu persatu kok, makasih yah!

Dan tak lama kemudian, gue pun dihubungi oleh reporter Koran Jawa Pos yang sepertinya nyangkut ke blog gue gara-gara si kapten dan diminta untuk membuat tulisan tentang : 5 Drama Korea Paling Berpengaruh.

AKU LANGSUNG PENGEN NANGIS TERHARU TAPI GAK JADI KARENA TERNYATA DEADLINE-NYA CUMA DIKASIH 1 HARI SAJA DUH GUSTI!

Setelah mengirim artikel, gue diem-diem aja gak berani banyak omong dan gak berharap terlalu tinggi, karena takut tulisan gue kagak dimuat bhahahaha.

Sampai akhirnya di suatu sore, gue di mensyen salah satu follower di twiter, dan jadi  pengen nangis bahagia karena ternyata tulisan alay nan absurd gue beneran dimuat di koran hiks.
Dan setelah itu, gue pun kembali dihubungi oleh Koran Jawa Pos dan diminta untuk mengirimkan beberapa tulisan lagi. hiks..*jadi pengen memeluk kulkas dengan penuh kasih sayang*

Ada rasa haru dan kebanggaan tersendiri ketika melihat nama gue bisa tercantum di Koran. Sungguh suatu hal yang gak pernah terbayangkan sebelumnya. Apalagi dalam hal ini gue memang sengaja diminta untuk menulis sesuai dengan gaya gue sendiri, dan semuanya dituliskan dalam versi Bibi Titi Teliti. 

Kalau gue baca keseluruhan ceritanya sih biasanya mereka mengangkat sebuah tema tertentu, dan dalam lembaran tersebut ada beberapa artikel yang dituliskan oleh para reporternya dengan gaya penulisan reportase lengkap dengan mengemukakan berbagai fakta. Sedangkan gaya tulisan gue sedikit berbeda karena memang murni merupakan opini yang mungkin dianggap bisa mewakili suara hati para Kdramalovers.

 
Tapi mohon maaf kalau gak semua artikelnya bisa gue pajang di socmed yah, karena secara etika tulisan gue kan udah 'dibeli' oleh Koran Jawa Pos, jadi kalo lo mau baca artikelnya secara utuh lo harus beli korannya aja yah bhahahaha *kok malah jadi jualan koran inih*

Pokoknya gue senang banget deh, karena berkat konsistensi gue di socmed akhirnya hobi nge-drama dan menulis gue bisa bersinergi dan menghasilkan sesuatu. 

Yah minimal gara-gara tulisan gue masuk koran gue kan bisa jadi rada keren sedikit, kalo misalnya ada yang iseng nanya "kamu kalo lagi di rumah emang  sibuk ngapain aja sih?" 

Gue akan bisa mengibaskan rambut dengan penuh gaya sembari menjawab ketus :
"Aku tuh kalo di rumah suka sibuk nge-riset dan ngumpulin bahan buat tulisan nih!"

PADAHAL MAH ITU MAKSUDNYA GUE LAGI NONTON DRAMA KOREA DAN BACA PORTAL GOSIP TENTANG SELEBRITI KOREA BHAHAHAHA.

Hidup ini indah!

Ya udah, kalo gitu gue mau nge-riset & ngumpulin bahan tulisan dulu yah :))

69 komentar:

  1. haha ternyata anakmu yah mbak nutup botol minuman yang gak bener

    BalasHapus
  2. Rajin ya lu ry. Jd tiap socmed feed nya beda ya. Gw skrg twitter cuma forward an dari Instagram doang. Hahaha

    BalasHapus
  3. OHMAYGAD! KOOKIE GUE! HARUS YA TEH PAKE KOOKIE? HARUS??

    BalasHapus
  4. salut sama Teh Erry, konsisten banget sama kdrama dan kpop :
    dan akhirnya dari hobby dan ke-konsistenan itu akhirnya menghasilkan, yuhuiii :D :D

    selamat yah Teh, jangan bosan untuk terus menuliskan sesuatu yang berbau kdrama & kpop :) :)

    BalasHapus
  5. Heheh.. Semangattt teteh
    Passion kalau udah diseriusin bisa jd sumber tabungan gentong celengan ;)

    BalasHapus
  6. Heheh.. Semangattt teteh
    Passion kalau udah diseriusin bisa jd sumber tabungan gentong celengan ;)

    BalasHapus
  7. cie bibi masuk koran terus niii...

    BalasHapus
  8. Salut ama konsistennya Bibi!! Keren dah pokoke mamah Kayla ama Fathir ini.

    BalasHapus
  9. *merinding manja* Speechless, cuma bisa bilang TETEH BIBI TITI TELITI JJANG! *standing applause*

    BalasHapus
  10. *merinding manja* Speechless, cuma bisa bilang TETEH BIBI TITI TELITI JJANG! *standing applause*

    BalasHapus
  11. *merinding manja* Speechless, cuma bisa bilang TETEH BIBI TITI TELITI JJANG! *standing applause*

    BalasHapus
  12. ya, pertanyaanku sama kayak Utie: kenapa Kookie? Kenapa harus bias kami? Kenapa, Teh? Kenapaaaa?????
    Iya loh, aku juga tadinya paling males sama twitter. Tapi ternyata kalo dimanfaatin secara maksimal, twitter malah socmed yang so far paling menyenangkan, hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bentar Dell.
      Maksudnya apa "BIAS KAMI"??
      -_-"

      Hapus
  13. teh erry selalu jjang-able bgt kalo ngblog..

    BalasHapus
  14. mantap ini teh Erry, konsisten dan menulis apa yang ia suka dengan bijak, sukses terus teh Erry...

    BalasHapus
  15. Ngomongin drama Descendants of The Sun itu, anak sulungku liat di lapieku. Trus aku komentarin, ceritanya gini gini gini kan. "Lho mama kok tau? Tau darimana?" "Rahasia dong!" Bengong dia, kan Mamanya selama ini jarang tuh liat drakor2 gitu. Nah, waktu itu aku habis blogwalking ke postingan mbak Erry yang bahas itu, jadi tau deh hahaha

    BalasHapus
  16. akkkkk kereeeen pisaaaan teeeh.. :D
    Semuanya berkaat konsistensi ya teh, aku mah suka ngedrama tapi gabisa kalau ngreview apalagi bikin meme, nonton drama cuma numpang nangisnya doang hehe

    BalasHapus
  17. Selalu suka baca review dari teh Erry walaupun jarang. Hihihi... Tapi saya biasanya kan telat nontonnya, Teh. Abis nonton langsung kepoin IG, blog, atau FB teh Erry biar ngerasa baper berjamaah walau telat pakai banget. Wekekeke...

    BalasHapus
  18. waaah... keren, teh! aku msh blm socmed engage banget sih.. cuma sekedar ngoceh gajebo plus sharing link blogpost dan IG aja...

    BalasHapus
  19. Padahal sudah niat mau good bye dulu sama si kapten, tapi lagi-lagi ketemu dia disini... hadeuh, hancur deh pertahanan

    BalasHapus
  20. Teteh paling the best!!!!

    BalasHapus
  21. i lop yu pul deh biii, tapi suka ga nyambung gitu kalo udah kdrama kdramaan secara tahuku cuma winter sonata dah mentok bwahahaha jadul be ge te. jadi merindukan lebih banyak cerita tentang abah dan krucil aja deh yah

    BalasHapus
  22. Selamat ya Teh Erry, dari ngeblog ke kolumnis koran. Kesetiaan yang berbuah manis euy.

    BalasHapus
  23. Demi apa ini saya nyampe di artikel ini? Sukses ya, teh Ery :)

    BalasHapus
  24. Spechless... teteh aku padamu lahhh! Mungkin aku bakalan mencoba konsisten yg kusuks tanpa embel embel paksaan XD

    BalasHapus
  25. Salam kenal teh Ery ☺

    Aku suka banget gaya tulisan teh Ery. Walau melanggar berbagai aturan tata bahasa Indonesia di sana - sini, tapi justru itulah keunikannya. Asyik, ngenah, gokil, keren.

    BalasHapus
  26. Salam kenal teh Ery ☺

    Aku suka banget gaya tulisan teh Ery. Walau melanggar berbagai aturan tata bahasa Indonesia di sana - sini, tapi justru itulah keunikannya. Asyik, ngenah, gokil, keren.

    BalasHapus
  27. Ahh kerennya si erry teh euy! Jadi top markotop lah

    BalasHapus
  28. Mba... Keren ih.. Konsistensinya luar biasaaaa... Hihihi. Aku termasuk yg suka nungguin meme2 kocakmu loh.. Apalagi kalo mukanya si kapten yang nongol. Langsung inget buat elus perut lagi.. Nuahahahaha

    BalasHapus
  29. Teh erry ini emang konsisten dah. Makanya bisa sukses 😆

    BalasHapus
  30. Konsisten bersosmed itu seperti mencari jati diri hihihi dan saya belum bisa mbak hiks

    BalasHapus
  31. Barusan nemu istilah baru nan bagus, relate-able. Anyway, contentnya benar-benar menunjukkan seorang fans berat dari kdorama

    BalasHapus
  32. total bgt ya mba sm drakornya. Aku sudah pensiun nntn drakor, hihi

    BalasHapus
  33. aku sudah lama pensiun nonton drama korea mbak.. pas kuliah ajah diracuni anak2 kos yang gak tidur gagara menyelesaikan drama korea sampai episode habis..

    BalasHapus
  34. selalu ngikik kalo liat meme mak Erry hehe

    BalasHapus
  35. hihi.. teteh lucu ya.. aku jadi terhibur dan senyam senyum baca nya..

    masih ingat aku ga teh, kita kenalan di acara roadblog di BWP, yang aku bilang udah follow bibi titi teliti? (aih, malah sksd)

    BalasHapus
  36. Nah, kalau soal drama korea, saya pasti keok
    baca-baca di sini berasa berada di dunia lain
    hahaha...

    BalasHapus
  37. Aku juga selalu konsisten kok teh, konsisten mencintai cowok-cowok ganteng dari Korea itu hahaha :D
    Sukses terus ya teteh, ikut bangga dengan ke-eksistensian-teteh sekarang ^^

    BalasHapus
  38. salut bgt sm konsistensinya... keren!
    brarti saya termasuk blogger yg kurang beruntung itu dong? soalnya ga suka dan bahkan blum pernah nonton drama korea, hihihi...

    BalasHapus
  39. ini nih hobi yang dibayar. Aku juga mau riset ah! Sapa tau riset ini berguna kelak. Hahaha

    BalasHapus
  40. kakak.... keren banget bisa masuk koran... aku termasuk yang seneng banget baca tulisan2 kakak tentang korea hihihihi...

    BalasHapus
  41. Kereeen... sama konsistensinya, soal socmed sama mbak...cuma buat seneng2 aja... jarang ngomongin yang serius...tapiii...aku belum sekeren mbak bibi tititeliti #eh... hihihi

    BalasHapus
  42. Ahaa... Aseknyaa, lanjootkan koreanya Bi
    *untuk eykeh ga kena virusnya, lanjutnya masak aahh xixiix

    BalasHapus
  43. Teteeep ada unsur koreanya ya hihihi....
    Memang konsisten dimana-mana itu kuncinya.
    Inspiratif..

    BalasHapus
  44. Mending eksis di dunia nyata aja dech lebih asyik, kalo eksis di socmed kebanyakan derama nya.
    Banyakkenal temen di socmed, selama di socmed rame dan nice, eh begitu ketemu amit2 jabang bayi #KaesangLelah

    BalasHapus
  45. Sepakat! Gosip2 yang bertebaran di media sosial biar ditanam saja, ya. No nyinyiiir kan makin anggun. *jadi cewek anggung* :D

    Btw, Cowok2 ganteng yang dishare Bibi itu bikin mata berbinaaar! Kinclong bangeet. :D

    BalasHapus
  46. I.. oh no, we proud of you Teeehh... seneng banget waktu tau Teh Erry dihubungin buat nulis di koran, udah saya selamatin juga kan? Eh.. Teh erry mah lebih seneng di-ciye-in yah? Hihi.. pokoknya bangga! ^^

    BalasHapus
  47. teteh keren euy.
    Baiklah, hari rabu ini, daku memutuskan utk ngefen teteh ajah. ngefenin teh kyo mah lelah. wkwkwk.
    etapi, bsok rabu kan teh ?.
    :D

    BalasHapus
  48. kalo sudah lewat tahun ke 3 lumaya sulit sih kosisten nulis...

    BalasHapus
  49. Lengkap banget si Jongki :D

    BalasHapus
  50. Wahhhhh hebat kak, tetap konsisten gitu. . tadi liat-liat post yang lain, bener-bener dikupastuntas *salute* ini barrruu namanya koreaaa asliiii....... bisa betul-betul semuanya dibahass lohh...

    BalasHapus
  51. pokoknya konsisten ngedrama dimanapun dan kapanpun ya teh hahaha...lanjutkaaannn!

    BalasHapus
  52. Bibi Titi teliti semakin nge-hits aja nih. Dari blog, sosial media dan sekarang koran. Tepuk tangan yang kencang ah Bravo Bi

    BalasHapus
  53. Saya bukan penggemar Drakor atau K-Pop, jadi kalau bahasannya udah ke sana seperti review begitu, selalu melipir hehehe. Tapi, Meme atau staus yang Erry buat suka banyak juga yang lucu. Saya jadinya tetap bisa tertawa. Urusan branding memang harus banyak belajar juga dari Erry :D

    BalasHapus
  54. Mba Erry makiiin KEREEEEN deh.... :D

    Fokus dan konsisten pada apa yang disukai itulah kuci yang saya tangkap dengan semua pencapaian Mba Erry saat ini, duuuh patut saya coba ini Mba :)

    BalasHapus
  55. Mba Erry Brandingnya sudah kuat bangat sebagai ratu Drakor, lnajutkan Mba Erry, kejutan-kejutan lain sudah menantimu... ikut bangga sama pencapaian Mba Erry sekarang :)

    BalasHapus
  56. Saking senangnya, saya sampai lupa ucapin Selamat :D

    Selamat ya Mba Erry atas semua pencapaiannya saat ini, sudah merambah ke koran tulisannya, kereeen... Lanjutkan Mba Erry riset-risetnya itu, semoga kejutan-kejutan bahagia lain terus berdatangan. Aamiin :)

    BalasHapus
  57. Mau disebut kaula muda, ehm sepertinya udah gak muda lagi, apa aku termasuk blogger yang kurang beruntung ya, Teh, yang terlanjur ngefollow :P

    BalasHapus
  58. Teteeeeh jadi envy banget sama tur ke koreanyaaaa T.T

    BalasHapus

 

Blog Template by BloggerCandy.com