Senin, 14 September 2015

Curhat & Buka-Bukaan Tentang Ngeblog



Duh, curhat melulu sih anaknya, gak lelah apa!

Maklumlah namanya juga blogger curhat, jadi lagi ngebahas tema apapun, bawaannya emang curhat terus.

Kali ini gue akan curhat tentang kegelisahan terbesar gue di dunia blogging. Jangan dipikir kalau selama ini hidup gue hanya melulu resah memikirkan tali kasih yang terjalin antara Lee Min Ho & Suzy semata lho yah.
*padahal mah emang iya*

Beberapa waktu yang lalu, gue menghadiri acara Fun Blogging 6 yang diadakan di Grapari Life Dago dan mengambil tema “Dari Hobi Menjadi Profesi”.

Itu tema yang diusung berasa menikam hati sanubari banget gak sih?


Itu tasnya siapa cobak?
Mbak Haya, mbak Ani dan mbak Shinta adalah merupakan 3 blogger cetar-menggelegar-tralala yang akan memberikan materi kepada para blogger yang telah dahaga dan sudah tak sabar untuk mendapatkan berbagai ilmu berharga untuk dapat diaplikasikan di blognya masing-masing.

Aku yang pake baju ungu!
Karena jam sudah menunjukkan waktu ke pukul 9, tidak lama kemudian mbak Ani pun tampil ke depan dan mulai melakukan ‘ice breaking’. Kami diminta untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu dan menyebutkan nama blog dan alamat twiter kami, kemudian kami pun sibuk saling nge-modus supaya di follow hehehe…

Dapet materi sekalian kopdar! Foto dari twiter @EviSriRezeki
Untuk seterusnya gue akan menceritakan materi yang kami terima di acara Fun Blogging 6 secara random atau tidak berurutan yah. Kenapa?

Akh, cuma sekedar buat gaya-gayaan aja dan biar ada ‘element of surprise-nya’ gitu lah.
*ini sebenernya lo mau nulis reportase atau bikin script drama korea sih?*

 Maksimalkan Benefit Social Media


Materi yang super-duper seksi karena berkaitan dengan menghasilkan uang dari blog & social media ini dibawakan oleh mbak Ani Berta yang sudah malang melintang di dunia blogging.

Walaupun sesi ini disimpan diakhir acara, tapi para peserta *termasuk gue* terlihat sangat bersemangat dan serius untuk mendengarkan berbagai tips dari mbak Ani. 

Ya elah, siapa sih yang gak akan fokus kalo ngebahas masalah duit mah bhahahaha…
*kunyah permen yupi, bekel dari warung mama Ajeng*

Mbak Ani merupakan salah seorang sahabat blogger yang sudah gue kenal,  sejak awal sekali gue mulai ngeblog di blogdetik.

Gue bahkan masih bisa mengingat komentar2 yang sering mbak Ani tuliskan di postingan awal2 karena memang pada saat itu blog gue masih sepi komentar dan biasanya hanya di komen oleh sesama blogger detik saja.

foto dipinjam dari Ulu http://bandungdiary.blogspot.co.id/
 Saat ini mbak Ani merupakan seorang full time blogger & buzzer yang laris manis di jagat blogosphere *uhuy!*

Pada sesi tersebut, mbak Ani menceritakan secara panjang lebar tentang perjuangannya selama ini sampai bisa menjadi seperti sekarang. Bagaimana mbak Ani pernah menjadi penulis konten di berbagai portal, TANPA DIBAYAR.

Semua mbak Ani lakukan dengan setulus hati, sampai akhirnya mbak Ani bisa menjalin hubungan baik dengan berbagai instansi dan brand. Duh mbak Ani ini networking-nya emang keren abis lah!

Bahkan acara Fun Blogging 6 ini aja disponsori oleh brand ternama yaitu  Smartfren, yang saat ini telah memiliki layanan smartfren 4G LTE Advanced #GoForIt yang bisa bikin internetan dan yutub-an jadi kenceng banget itu! 

Dan pemenang lomba live tweet di acara kemaren yaitu Ulu, mendapatkan hadiah gadget  smartphone Andromax, dan Fun Blogging pun masih berencana untuk bagi-bagi gadget Andromax lagi. Duh!

Jujur saja, gue merasa sangat terkesan dengan cerita mbak Ani tersebut, karena kalau dipikir-pikir memang iya juga sih kalo belum apa2 lo selalu aja mikirnya duit-duit-duit dan job review, orang lain juga bakal males sih nanggepinnya. 

Dan sikap seperti itu PASTI akan tercermin melalui tulisan lo, yang mana membuat  orang pun bakal tambah males baca tulisan lo.

Yang penting sih setulus hati aja dulu mengerjakan segala sesuatunya, dan ketika orang lain melihat hasil kerja  dan prestasi lo, maka yang namanya duit atau job pun Insya Allah akan datang dan mengalir dengan sendirinya tanpa harus diminta.

Dan mbak Ani pun dengan berani melakukan buka-bukaan dan membahas hal  paling ‘tabu’ yang selama ini hanya berani dibahas secara bisik-bisik atau via inbox aja yaitu mengenai : fee dan ratecard bhahahaha…
*fee-nya mbak Ani bikin ngiler atuhlaaaaaah…*

Setelah itu, mbak Ani pun memberikan berbagai saran berharga seputar tips dan kiat untuk memperoleh job review dan juga etika ketika sudah mendapatkan job.

HARUS DICATET BANGET SIH INI MATERINYA!

Dan satu hal yang membuat gue semakin kagum dengan mbak Ani adalah dengan berbagai prestasi dan pencapaian yang sudah diraihnya selama ini, tapi mbak Ani tetap humble alias rendah hati dan bersedia membagikan ilmunya kepada kami semua.

Dan gue yakin sih, attitude mbak Ani yang seperti itulah yang selama ini mampu memikat hati para brand untuk terus-terusan memberikan job kepadanya. 

Semoga laris manis terus deh buat mbak Ani!

Advancing Your Blog Platform

Materi berikutnya dibawakan oleh mbak Shinta Ries yang membahas tentang berbagai hal teknis sehubungan dengan optimasi blog.

Kebetulan pada saat acara, gue datang cukup awal sehingga pada saat itu sempat mengobrol akrab terlebih dahulu dengan mbak Shinta yang walaupun terkadang berbalas komen di social media tapi baru pertama kali gue temui. Tentu saja saat itu kami pun langsung sibuk membahas berbagai hal penting yang signifikan yaitu…Korea-an…bhahahaha…

Kalo boleh jujur, selama mengikuti sesi mbak Shinta, gue yang super gaptek parah ini jadi perasaan pengen ngumpet aja deh dibawah selimut angry bird-nya Fathir sembari peluk remote dipidi bhahahaha….

Berasa ditampar-tampar banget lah pokoknya!

Foto dipinjam dari Ulu http://bandungdiary.blogspot.co.id/
 Seperti yang telah diketahui bahwa gue adalah blogger yang GAK PERNAH mengganti theme blog-nya sejak pertama kali ngeblog atas dasar kesetiaan *dibaca : males*

Sejak pertama kali, nge-blog gue sok loyal dengan si theme ikan yang merupakan template bawaan dari blogdetik. Bahkan ketika pindah ke domain sendiri pun, si template ikan itu dengan konyolnya gue bawa pindahan juga kesini saking setianya…bhahahaha…

Selama ini gue tidak pernah terlalu memikirkan apakah template tersebut termasuk kategori ramah dan responsive yang artinya apakah tempalate tersebut berat ketika dibuka atau diklik. Pokoknya gue suka sama si ikan, ya udah gue bawa aja si ikan kemana pun gue pergi.

Sama persis kayak cinta & loyalitas gue ama Lee Min Ho, walaupun sudah kerap kali tersakiti dan hatinya sudah menjadi milik orang lain, tetap aja setia gue mah!
*ini sebenernya apa relevansi dan korelasi dari ngebahas ikan, template dan Lee Min Ho sih?!*

Tapi kemudian mbak Shinta berhasil memberikan pencerahan dan membuka hati gue tentang betapa pentingnya desain suatu blog karena hal itulah yang akan pertama kali dilihat oleh pembaca ketika membuka blog kita. 

Jadi sebaiknya blog kita terlihat bersih dan professional, gak perlu pasang widget2 yang centil dan gak penting.

Mbak Shinta pun menjelaskan berbagai hal teknis tentang betapa pentingnya meng-optimaze blog kita agar mudah terbaca oleh google. Mulai dari rajin share postingan di social media atau...jreng jreng di G+.

Gue berasa konyol banget karena udah lama punya G+ tapi selama ini tidak pernah mempergunakannya secara maksimal, padahal G+ merupakan social layer yang paling mudah terdeteksi oleh google. Argh!

Kami juga diajarkan cara membaca dan membuat report dengan google analytic karena biasanya report dalam bentuk google analytic-lah yang diminta oleh brand setelah memberikan job review kepada blogger.

Selama sesi mbak Shinta berlangsung sepertinya gue kebanyakan bengong dan manggut-manggut saking terkesima karena ternyata banyak hal yang selama ini tanpa sadar gue cuekin dan gak pernah dikerjain karena ketidak tahuan gue. 

Duh, bener-bener mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan baru di sesi mbak Shinta ini deh.

Dan walaupun galau parah, akhirnya gue pun mengikhlaskan si ikan untuk pergi dan mengganti template blog gue bhahahaha…
*walaupun masih tetap belum tahu juga sih apakah template barunya responsive apa nggak hehe..* 

Writing Great Content

Sesi mengenai konten yang dibawakan oleh mbak Haya ini sebenarnya merupakan sesi pertama, tapi sengaja gue tuliskan di akhir karena kalau boleh jujur konten dan gaya ngeblog gue selama ini sebenarnya merupakan sumber kegelisahan & keresahan yang terpendam dalam jiwa gue..halah…

Sebelum acara Fun Blogging 6, gue hanya pernah bertemu mbak Haya sekali di sebuah acara launching produk di Jakarta, tapi sayang sekali saat itu kami hanya sempat mengobrol sebentar dan hanya sekedar membahas makanan yang tak kunjung datang di meja prasmanan saat itu…bhahahaha…

*payah banget lah gue ini, ketemu sama mbak Haya bukannya mengorek ilmu malahan ngebahas hal gak penting*

Foto dipinjam dari Ulu http://bandungdiary.blogspot.co.id/
Sehingga ketika mengetahui bahwa mbak Haya akan hadir di acara Fun Blogging 6 untuk membahas tentang konten, gue merasa sangat bersemangat dan merupakan sesi yang paling gue tunggu-tunggu.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa yang merupakan ‘nyawa’ atau ‘nafas’ dari sebuah blog adalah KONTEN. 

Mau lo mempercantik blog lo dengan sedemikian rupa atau lo mempromosikan blog lo sampe jungkir balik juga, TAPI  kalo konten atau isi postingan lo basi dan gak ada artinya, silahkan ke laut aja sih.

Itulah makanya mbak Haya memberikan kami berbagai tips bermanfaat  agar tulisan kita bisa ‘bertenaga’.
BURU-BURU DICATET LAGI MATERINYA!*

Dan ketika mbak Haya mulai membahas EYD, lagi-lagi gue jadi perasaan pengen ngumpet di bawah selimut angry bird-nya Fathir lagi bhahahaha…

Jadi nih yah, di awal ngeblog, gue adalah termasuk oknum yang gemar menulis dengan gaya lebay parah dan mengganggu banget. 

Misalnyaaaa…. dulu tuh gue suka bangeeeeeet nulis dengan gaya berlebihan kayak beginiiiiih!!!
Sampe sekarang sih, emang masih sukaaaaaa, tapi lagi berusahaaaaaaa buat dikurangin bangeeeeet!!!!

Bhuahahaha…seriusan dulu gue nulisnya begitu!

Gue gemar mencantumkan banyak huruf vocal, tanda seru berlebihan  dan titik-titik dalam suatu kalimat biar terkesan ekspresif dan berisik. Tapi setelah dipikir-pikir dan dibaca-baca lagi, kok jadinya malah mengganggu banget sehingga perlahan-lahan mulai gue ubah sedikit demi sedikit.

Tapi kalau lo perhatikan, gue sebenarnya masih keukeuh dan tetap melakukannya kalo lagi blogwalking dan meninggalkan komentar di blog orang lain bhahahaha…

Untuk blogger yang suka gue komentari blognya, mungkin menyadari kebiasaan norak gue yang sukanya menuliskan komentar  dengan gaya berisik dan sok ekspresif kayak begitu.

Hayoh ngacung wahai kalian para blogger, yang blognya suka gue komentari dengan gaya gitu hehehe!

Dan sepanjang sesi mbak Haya berlangsung, gue merasa terkejut sekaligus tersanjung karena ternyata mbak Haya suka membaca blog gue juga, dan mengetahui tentang beberapa detail dan ciri khas dari tulisan gue.

Whoaaaaa….. aku senaaaaaang!!!
*gara-gara kesenengan mulai kumat lagi gaya nulis super lebay-nyaaaa!!!*
*kemudian dikoreksi habis-habisan EYD-nya sama mbak Haya*

Mbak Haya juga menekankan betapa pentingnya originalitas dalam menulis dan big no-no dengan yang namanya copas.

Sebagai korban yang tulisannya pernah di copas juga, tentu saja gue dengan semangat manggut-manggut dan setuju banget dengan pernyataan mbak Haya tersebut. *boleh mampir ke postinga gue : Tulisan tentang plagiat yang diplagiat*

Akhirnya tibalah sesi tanya jawab, dan gue pun bermaksud mengajukan pertanyaan untuk meminta saran dari mbak Haya tentang keresahan gue selama ini.

Gue mulai ngeblog ketika Fathir baru saja lahir sekitar tahun 2009.

Dan niat awal gue ngeblog pada saat itu adalah untuk membuat jurnal pribadi tentang milestone Kayla & Fathir untuk gue baca-baca sendiri di kemudian hari.Jadi gue menulis di blog dengan mindset atau pemikiran untuk gue baca sendiri aja. 

Mungkin itulah sebabnya tulisan2 gue di blog ini terkesan sangat bebas dan semau gue aja karena sampai sekarang pun, mindset tersebut masih saja menempel.
*dan itu juga sebabnya kebanyakan postingan di blog ini ditulis dengan gaya curhat*

Sampai saat ini sepertinya tulisan gue masih di kisaran menghibur & sharing pengalaman aja..hiks...
Permasalahan biasanya mulai nongol ketika gue mendapat job review *uhuk* atau ketika gue ingin mengembangkan diri untuk menulis di platform lain yang mengharuskan gue menulis dengan gaya yang berbeda. Misalnya saja menulis cerita fiksi atau mengirim artikel ke media.

Karena tulisan dengan jenis seperti itu tentu saja harus ditulis dengan mindset ‘gue akan membuat tulisan yang akan dibaca oleh orang lain’ dan tentu saja ada aturan2 yang harus ditaati.

Misalnya saja, dulu banyak yang menyarankan gue untuk mencoba mengirimkan artikel ke media tentang kisah gue memenangkan kontes TouchKorea Tour, tapi gue-nya kok gak pede dan maju mundur terus.
Dan akhirnya gue pun merasa gak maju-maju dan mentok sendiri.

Setelah gue panjang lebar menceritakan permasalahan gue, mbak Haya yang terlihat serius menyimak curhat gue tersebut ternyata hanya menjawab pendek aja, tapi kok berasa menghujam banget yah. 

Mbak Haya hanya berkata singkat : kuatkan terus niatnya….
EH, IYA JUGA SIH YA!

Gue sebenarnya telah menyadari permasalahan ini sejak cukup lama, tapi masih bingung cara menyikapinya.
Tapi memang benar sih kata mbak Haya, yang penting kita sudah menyadari kelemahan kita dan menguatkan niat untuk dapat terus memperbaiki diri.

Kalau dipikir-pikir sih, memang gaya menulis gue pun perlahan-lahan dan sedikit demi sedikit mulai mengalami perubahan tanpa gue sadari sih.

Makanya belakangan ini gue mulai sering menulis tentang berbagai teori dan analisa absurd gue tentang drama korea, karena hal itu secara gak langsung membantu dan melatih kemampuan gue untuk bisa menulis dengan mindset yang berbeda.

Ketika menulis tentang drama Korea, gue berusaha untuk menumbuhkan dan memiliki empati kepada sesama pecinta drama korea lainnya dan kemudian menempatkan diri gue di posisi mereka, which is, gak terlalu sulit juga sih sebenernya karena you know lah… hehe…

Memiliki empati ketika menulis itu menurut gue sangatlah penting, karena tanpa memiliki hal itu tulisan lo akan terkesan menggurui dan lo akan berasa paling bener sejagat. 

Makanya sampai saat ini gue berusaha terus untuk perlahan-lahan mengubah mindset dan menurunkan ego gue sebagai penulis yang ‘semau gue banget’ dengan cara mengasah kepekaan gue akan perasaan pembaca. 

Jadi ketika gue menuliskan sesuatu, gue berusaha untuk tidak menempatkan diri gue lebih tinggi dari pembaca  atau merasa lebih pintar dari para pembaca gue. 

Empati dan mindset semacam itulah yang sedang berusaha untuk gue jalankan dalam menulis dan masih berproses banget lah.

Makanya kalo gue lagi posting soal drama Korea di blog ini, ya udah di-iya-in aja lah yah, karena itu teh sebenernya gue lagi latihan untuk mengubah mindset dalam menulis gitu lhoooooo…

LAAAH, INI KENAPA KOK MALAHAN JADI SIBUK CURHAT SENDIRI SIH!!

Yah, mudah2an aja gue bisa berhasil memperbaiki gaya menulis gue sehingga bisa menjadi blogger yang lebih baik lagi yah! Fighting!

Dan tumben banget sih ini, gue dapet door prize! Yeay!
Pokoknya gue merasa semua materi yang gue terima di Fun Blogging 6 sangatlah bermanfaat dan harus gue aplikasikan dengan segera dalam kegiatan ngeblog gue deh!

Sekali lagi gue ucapkapkan terima kasih banyak untuk mbak Ani, mbak Haya dan mbak Shinta yang berkenan untuk jauh-jauh datang ke Bandung untuk berbagi ilmu dengan para blogger Bandung.

Dan buat temen-temen blogger yang lain, gue sarankan sih untuk buruan ikutan dalam sesi Fun Blogging 7 deh supaya cakrawala blogging lo dapat semakin luas dan membahana...halah...

Semoga bisa bermanfaat sekelumit curhat tulisan reportase yang telah gue tuliskan disini yah! 

FUN BLOGGING 6

 

99 komentar:

  1. Makasih bagi-bagi materinya teh ^^ (iya, aku tau kok teteh yang pake baju unguuuuuu!!!!!)

    Btw, aku tetep sukak gaya bahasa teteh yang ga pakek EYD wkwkwk... Bagai EXO yang akan tetep menyayangi teteh apa adanya ^^ uhuhuhu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe..
      Entahlah akan gimana jadinya tulisanku kalo murni pake eyd Niiiiq...

      Sampe sekarang pun masih suka nulis 'kalo' dibanding kalau atau 'gimana' dibanding bagaimana hehehe....

      Sayangi aku terus atuhlaaaah..
      Aku kan anak fandom exo-l..halah!

      Hapus
  2. aaah seruuu banget ya biii...

    ngomong-ngomong iyaaa.. sama saya juga suka nulis lebay, banyak titik-titik, banyak huruf vokal.. baiklah abis ini dikurangin.. sedikit :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampe sekarang pun aku masih suka sih Viiiit...

      Tapi bener2 hanya untuk memberikan penekanan gitu pada suatu kalimat.

      Kalo dulu sih paraaah, setiap kalimat aku gitu-in bhahahaha....

      Berproses aja laaah, kalo langsung berubah 'blek' juga malah takut jadinya aneh dan gak nyamaaan :)

      Hapus
  3. Makasih Teh Erry diingetin lagi materinya. Hihihi. Btw kerasa banget bedanya loh Teh tulisan yang sekarang dan sebelumnya. Tapi tapi tapi saya mah tetep suka bangettt begimanapun gaya menulisnya Teh Erry. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daaaan...
      Pasti Dani bisa ngerasain perbedaan tulisanku karena Dani kan udah baca blogku dari lama banget yaaaah hehehe...

      Pengennya sih bisa berubah jadi lebih baik, tapi tetap gak kehilangan ciri khas tulisanku juga sih Daaan, mudah2an bisa yaaah :)

      Hapus
  4. guru2nya mantap2 deh..ilmunya pasti luar biasa juga yg dishare...kapan ya ada acara begini di Surabaya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang mantep semua guru2nya mbaaak :)

      Kalo gak salah fun blogging 7 mau diadain di Surabaya lho...hayok ikutan mbaaak :)

      Hapus
  5. lalu aku pun tersadar, utk sgra benerin blog, baik itu konten, tulisan, delele dah, *sembunyiin cd drakor doeloe..
    tengkiu teh tengkiuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atuhlaaah....
      Blog aku juga masih banyak banget yang harus dibenerin iniiiih...

      Ayoook sama2 aja yuuuuk...
      *obrak abrik cd drakor*

      Hapus
  6. Aku kemarin baru pertama kali ketemu cikgu ini sekaligus pertama ketemu teh Eri. Semuanya seru, seseru materinya. Aaakkk, aku belum bikin reportasenya nih. hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akh, keren sekali dirimu semangatnya ikutan Fun Blogging sambil bawa dedek bayi sih mbaaak :))

      Emang seru & asyik sekali materinya yaaah :)

      Hapus
  7. Rame & seru aja teh erry tulisannya walo gak ber-EYD. Kayaknya yang penting katanya gak disingkat-singkat ya. Bikin pusing bacanya. Kalo ulu bahasanya malah kaku :D mau ngebodor gak bisa, mau bikin pembaca ketawa juga malah kikuk jadinya. huehueheuheu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Luuu...katanya sih ber-EYD itu kan bukan berarti jadi kaku dan bikin kagok yang bacanya yaaah...

      Asal tong keterlaluan alay-na weh hehehe...

      Ih, Ulu mah keren atuhlaaah tulisannyaaaa :))

      Hapus
  8. Semangat bloggingnya teh...
    Seru ya acaranyaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa...mudah2an bisa semangat terus nge-blognya yaaah ;))

      Emang seru pisan acaranya :)

      Hapus
  9. Aku juga nulis blog ga mikirin EYD, Teh.. Sesuka hati aja, bhahaha.

    Dan aku juga belum pernah ikutan seminar atau apalah gitu tentang ngeblog.. Pengen suatu saat ikutan juga.. Pasti dapet ilmu banyak kayak Teh Erry.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang kalo nulis sesuka hati aja Endaaaang jangan merasa terbelenggu dengan apa pun biar asyik :))

      Aku mah lagi belajar aja biar gak keterlaluan ngalay-nya bhahahaha...
      *walopun masih tetep aja sih*

      Hayok atuh ikutan, di Jakarta banyak tuuuh :)

      Hapus
  10. Wahhh kalau kmrn ikutan ketemu teh Erry pakar Korea eh Drakor deh. Sayang gak daftar teh.

    Makasih teh ulasan materinya. Keren2 nih pembicaranya. Ketemu mbak Shinta saya pun grogi. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whoaaa, sayang banget gak ikutan padahal kan kepengen juga kopdar sama mas Ryan ngebahas Lee Min Ho...halah...

      Iyaaa, mbak Shinta emang suka bikin grogi hehe...

      Hapus
  11. Gaya penulisanmu jangan berubah banyak dong Erry, pokoknya aku suka yg lucu2 dan menghibur. Baru baca palagraf pertama postingan ini aja sdh terhibur (ngakak) iyalah aku tau ko km yg pakai baju ungu hahaha :D .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak akan berubah lah Neeeel, cuma pengen dipoles dikit aja biar lebih asoy gituuuuh hehehe...

      Makaciiiih udah merasa terhibur baca tulisanku yah Nel :))

      Pasti aku kelihatan memukau banget pake baju ungu kan?kan? *plak*

      Hapus
  12. Aku fans berat blog Teh Erry *padahal baru sering berkunjung sebulan ini*
    Tapi-tapi-tapi kenapa aku enggak nyadar akan kehadiran si ikan ya *plaak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Evaaaaa...daku puuun nge-pens ama dirimuuuh dan kembaranmuuuh :))

      Mungkin biasa mampir ke sini pake gadget kali Va, jadi tampilannya mobile.
      Kalo mampir pake PC tampilan template-nya dulu itu ikan unyu-unyu minta digoreng gitu Vaaaa :)

      Hapus
  13. Fun blogging kapan mampir ke Semarang yah huhuhuuu...pengin juga kan berguru ke 2 pemateri yang cetar-titi-teliti ini xixixii....
    Oya, aq juga pengamat tulisanmu loh Bi. Sampai tiap kali kautekan enter per kalimat itu juga aq tau. Kalau biasanya orang bikin beberapa kalimat baru ganti paragraf, nah... per kalimat yg ganti paragraf terus ini terus membayangi kehidupanku bhahahaa.... *lebih curhatan mana cobak yg posting sama yg komen :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an Fun Blogging mampir ke Semarang juga yah mbaaak...
      Denger2 gosip baru mau pada nongkrong di Surabaya dulu katanyaaa...

      Atuhlaaaah, kenapa dirimu jadi ketularan curhat gitu sih mbaaak :))
      *sodorin permen yupi*

      Hapus
  14. Tehhh.. Wlopun beda tp tetep mencerminkan klo yg nulis teteh kok hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiiiiih Yeye :))
      Gak pengen berubah total sih Yeee, cuma pengen dipoles dikit aja biar lebih asyik getoooh...

      Hapus
  15. Balasan
    1. Emang Jos gandos mas :)
      *berasa Soimah pas jadi juri*

      Hapus
  16. Duh byk bgt ilmunya. Semoga di medan segera diadain deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an Fun Blogging bisa mencapai ke Medan juga yaaaah :))

      Hapus
  17. kuatkan niatnya terus, berarti harus lebih PD lagi ya :) selamat ya dapat doorprize

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa...InsyaAllah mbaaaak...doain ajah :))

      Tumben pisan ini teh aku bisa dapet door prize hehe...
      *peluk kulkas*

      Hapus
  18. Atuda kalo nulis kalimat vokalnya gak banyak teh asa kagok ya teh Eri, kayak Lee Min Ho di depan mata tapi ga boleh dipeluk #Ehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih naha dirimu seakan-akan bisa membaca isi hatiku secara tepat dan nyata gitu siiiih...
      *jadi pengen nge-gabrug Lee Min Ho*

      Hapus
  19. Pokonya mah sukses selalu sama teteh, yang unik dan selalu dinanti curhatannya di dunia maya... Ay lap yu teh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Ghinaaaaa :))

      Ay lop yu mor laaaah....
      Tium tayang buat Seraaaaa :)

      Hapus
  20. Waduhhh biarpun ga ikut hadir, tapi bisa merasakan serunya acara fun blogger. Baru tau ihh ada ngumpul2 gitu diumumin dimana sih biasanya ry? Soalnya mau dapet doorprize *modus...hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang seruuuu acaranya Maaam :)

      Hayuk atuh ikutan jugaaaa, aku taunya dari fesbuk sih, add aja aku di fesbuk yah search Erry Andriyati dan cari potonya yang paling kinclong hehe...

      Hapus
  21. Asyiik ya acaranya, selain seruu tentu yang pasti nambah ilmu, nambah kawan
    sukses terus ya mbaa ngeblognyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang asyiiiik & seruuuu acaranyaaa :)

      Makasih yaah, semoga kita bisa sama2 semangat terus ngeblog-nya....

      Hapus
  22. Selalu menarik apa yang disuguhkan di sini Teh :)
    Makasih ya kemarin sudah datang bisa kangen2an juga kemarin hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih jugaaaaa karena mbak Ani and the genk berkenan untuk jauh2 dateng ke Bandung buat sharing yah mbaaaaak :)

      Hapus
  23. Ilmunyaa banyakkk
    itu beneran pake ungu apa pink seh wkwkw
    etapi.... beneran...mb haya selalu negur postingan lombaku kalo yang nggak eyd atau kurang enak dibaca XD..
    Jadi aku emang selalu minta pendapatnya kalau lomba xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang banyak dapet ilmu mbaaak :)

      Entahlah pink atau ungu, pokoknya aku terlihat memukau aja hehe...

      Iyaaaa, kalo kontes emang sebaiknya jangan terlalu ngalay yah, ntar jurinya puyeng dan butuh panadol hehehe...

      Hapus
  24. bener banget tuh. jangan dari awal langsung mikirnya dapet duit. jalanin dulu pake hati ya ry. kalo dapet duit ya itu bonus kan ya... :D

    dan kalo gua bilang kalo nulis blog harus jadi diri kita apa adanya. jangan malah mikirin EYD sih ry kalo gua bialng. kalo mikirin EYD ntar malah jadi kaku, tulisannya gak jadi 'elu' lagi... jadi tetaplah menulis seperti dirimu sendiri ya ry! hahaha apa sih... :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih, iya banget sih Maaaan...
      Awal2 ngeblog mah mana kepikiran kita bakalan dapet ini-itu dari nge-blog yang penting mah nulis ajaaa...

      Insya Allah bakalan tetep jadi diri gue sendiri lah Maaaan, eyd cuma akan ngebantu & ngelatih gue supaya nulisnya lebih mudah dipahami, tapi gokilnya mah bakalan tetep gue kok :))

      Makasih yah Maaan :)

      Hapus
  25. Biiiii, akhirnya ktm di grup FB. Wuiiih Bibi mah udah ngehits kali, enak bc curhatnya. Samalah aku pun isinya curhat mulu.
    Hahahaha aku jg suka nulis huruf yg jmlhnya byk. Berasa rasa di hati keluar ya kyk teriak gitu. Opo siiiihhh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senengnyaaaa bisa ketemu Pipit juga di grup FB hehe....

      Iya niiih, curhat meluluuuuu postinganku iniiih hehe...

      Emang seru yaaaah nulis pake banyak vokal gitu, berasanya berisik dan rame aja gituuuu :)

      Hapus
  26. aaaaaak.... aku iri kalo baca reportase funblogging beginiii... kenapaaaah gak pernah di surabayaaa.. kenapaaaaaah *tjurhat *deramah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fun Blogging 7 gosipnya bakal ke Surabaya lhoooo....

      Ayoook buruan daptaaar..agar bisa terlampiaskan semuah dramanyaaa...*apa sih*

      Hapus
  27. Aku juga sekarang coba menulis pakai EYD yang belum sempurna sih...Tp kok kadang kadang berasa bukan Inong banget gitu deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kayaknya sih belum sanggup kalo eyd yang murni banget Nooong...pelan-pelan dan berproses aja siiiih...jangan sampe kita kehilangan diri sendiri juga kan yaaaah :))

      Hapus
  28. Lah, komenku ilang, yaaaaaaaaaaa..???? T^T
    Soal nulis dengan gaya berisik aku juga gitu kok, Teh. Makanya seneng banget waktu pertama nemuin blog Teteh, berasa dapet temen banget, hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lhooo? Siapa yang ngumpetin komen Della? Ayo balikin! Balikiiin! Hehe...

      Iyaaaa, sampe sekarang pun masih tetep berisik sih Deeel, cuma mau dipoles dikit aja biar rada elegan gitu *pret*

      Hapus
  29. Baca tulisan ini rasanya nyesek banget. Punyaku masih jauuuuuuhhhj :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho kok sesek nih mas?
      *sodorin tabung oksigen*

      Jauuuuh juga tapi kalo terus melangkah satu demi satu lama2 bakalan nyampe kok :))

      Semangat yaaaaah :))

      Hapus
  30. Ooo...yang pake baju ungu...xixix... dah tau teh... btw aku sih suka gayamu nulis..santai dan rame... apalagi kalo lagi ngebahas korea...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duuuh, pastinya aku terlihat memikat pake baju ungu gitu yah mbak hehe...*dibakar kulkasnya*

      Makasiiiih...nulis soal korea mah jiwaku pisan atuuuh hehe....

      Hapus
  31. Aih.. asiknya ikut fun blogging ya.. fun dan bermanfaat bangetttt

    KAPAN ADA DI KENDARI???

    *sesekali ikutan gaya komennya Teh Erry :p

    oh ya, ciyeeee-in yang ganti template dulu lah.. *dadah-dadah ke ikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. BURUAN AJUIN PROPOSALNYA BIAR BIKIN DI KENDARI LYYY!!
      *jebolin aja capslocknya!jeboliiin!*

      Ikan sudah menjadi masa lalu bagiku Ly, mulai sekarang ijinkan aku untuk menatap masa depan!
      *apasih*

      Hapus
  32. ini racunnnn, racuuunnnnn, racuuunnn, hahaha..... buat blogger yg emang nulisnya alay, lebay, dan ga ber-eyd, ilmu ini diskip aja deh bwahaha.... *lalu tutup muka di pojokan*

    BalasHapus
  33. Sembunyi di balik selimut angry bird fathir.. haha teh erryyyy ya ampuuuun emang justru yang begini yang bikin betah baca cerita-cerita di blog teh erry :p
    Seru ya Blogger Bandung pada sering kopdaran hiks hiks kapan yah bisa ikutan :(

    BalasHapus
  34. Mbaak aku kok lebih suka baca tulisanmu yang banyak titik-titiknya, banyak tanda serunya, banyak kalimat bersayapnya. Justru kalau pake EYD rapi malah gak enak bacanya. Menurutku sudah gaya mu begitu Mbak, ketika mau BW ke blog Bibi Titi Teliti sudah bayangkan ikan berlarian yang nyelem di titik-titik dan tanda seru. Itu lebih asiiiiiiikkkkkkkkk tauuuuuuuuu!!!!!!!!!! hahaha...

    BalasHapus
  35. Dan postingan ini juga banyak ilmunya. Aku brasa lagi ikut Fun Blogging juga.
    Kapanlaaah mereka ini mau datang ke kota di Aceh. Bisikin ke mba Anih dong mb erry, suruh datang ke Aceh gitu, hahaa

    BalasHapus
  36. ber-eyd itu yg buat ei masih syusyaaaahhh banged ...
    berasa bukan ei gitu ...
    tapi ujung-ujungnya balik lagi ke niat ngeblognya sih ya ... so far masih happy2 aja dengan dengan nge-blog yang seperti ini *padahal menghibur diri* :-P

    BalasHapus
  37. Fun Blogging udah nyampe ke-enam ya? kereeen.... sukses ya mbaak

    BalasHapus
  38. Asik dan seru banget ya acaranya, dan lebih lagi, bermanfaat banget karena ada banyak lmu yang bisa dibawa pulang ^^

    BalasHapus
  39. seruuu yaaa, moga mampir ke semarang niii fun blogging...aku eyd nya ancur huhuhu memalukan...

    BalasHapus
  40. Seru ya Biiiiii bisa belajar langsung sama Teh Ani, Mbak Haya dan Shinta, banyak bgt ilmu yg didapet. Dan iya aku jg masih suka lebay banyak2 huruf vokal *ikutan ngumpet di selimutnya Fathir*

    BalasHapus
  41. pasti seru banget tuh acaranya
    Makasih teh ulasan materinya. :)

    BalasHapus
  42. Semoga kedepannya lebih baik lagi mba

    BalasHapus
  43. Ih ih ih, template nya baru yaaaaaa. Baguuusssssss *maap mispokus lagi laper harap maklum dan trimakasih*

    BalasHapus
  44. Sama kayak Epa, aku kok nggak nyadar ada ikan sih, Teh? Padahal dari postingan pertama, aku berkunjung ke sinih loh :O

    BalasHapus
  45. masalah kontent... aku selalu suka dengan gaya menulis kakak kalo lagi ceritain tentang kayla, fathir, abah, dan tentu saja segala sesuatu yang berbau korea... emang tulisan kakak ada ciri khasnya dan selalu bikin ketawa hehehehe... jadi tetep nulis apa adanya aja kak... aku selalu baca koq, walaupun ga selalu komen hehehehe...

    BalasHapus
  46. aku malah suka kok teh ama gaya penulisan teteh yang ekspresif..kita yang baca seakan juga terbawa seneng kalo teteh udah cerita tentang drama2 korea...tadinya aku males nonton itu drakor, tapi pas abis baca tulisan di sini malah jadi nonton..kayak healer itu loh teeeh...hihihihi jadi tetep atulah keep gaya penulisan kayak gini teeehhh ;)))

    BalasHapus
  47. kopdar sekaligus dapet ilmu nih :D

    BalasHapus
  48. Hoahaha gapapa Mbak Erry.. Aku mah suka aja Mbak Erry komen di blogku dengan gaya heboh.. Lumayan kan bksa ngeramein. Hihi

    BalasHapus
  49. mau komentar funbloggingnya mata terdistraksi sama foto terakhir, itu goodybag nya apaan sih? :))

    BalasHapus
  50. senang bisa ikut Fun Blogging, khususnya bisa kopdar sama blogger Bandung dan blogger asal kota/kabupaten sekitarnya :)

    BalasHapus
  51. wah seneng nya bisa kopdar sharing ilmu

    BalasHapus
  52. Suka dan menikmati postingan khas Teh Erry, setiap kita punya gaya ya
    Hatur nuhun dibagi ilmu blogging.

    BalasHapus
  53. Seru banget nih acara ini. Sayangnya aku gak ikut. Huhuhuhu.... gak bisa ninggalin anak-anak. Tapi, ilmunya sih dapet dari postingan temen-temen yang ikut. Tararengkyu lah....

    BalasHapus
  54. Aseeeek ternyata Mba Erry sudah sudah masuk keluarga Fun Blogging.... ketemu lagi kita Mba Erry... hehehhe *Tapi sebatas dunia maya lagi... kapan atuh Kopdar... hehehhe

    BalasHapus
  55. Mba Erry menulis pake EYD itu memang butuh perjuangan... tapi sekarang sudah jauh lebih baik kok tulisan Mba Erry...

    tapi jujur saja mau gaya menulis Mba Erry seperti apapun saya tetap pembaca setia blogmu Mba Erry tenang aja... hehehehe

    BalasHapus
  56. ye ye yeee aksyiiik dapat doorprize... Selamat Mba Erry dapat Doorprize... :)

    Semoga setelah ini karir di dunia blogging makin cemerlang ya Mba, setelah dapat banyak Ilmu dari para suhunya ini. Aamiin :)

    BalasHapus
  57. seru banget acara nya teh, kapan ya aku bisa ikutan acara beginian *minder

    BalasHapus
  58. Kalau ngomongin blog ini emang aku gak banget lah teh. Boleh seh bangga blognya udah 5 tahun lebih. Tapi ya gitu gitu aja isinya. Mau dapat penghasilan mah boro boro. Menang kontes aja gak pernah. Hahahahaha. Masih setia jadi blog pribadi aja deh 😆

    BalasHapus
  59. Ngegampar banget kan ya Fun Blogging ini. Aku jadi pengen ikut-ikutan curhat.

    BalasHapus
  60. Tosss Teh Erryy.. sesama sering banjir huruf vokal dan tanda baca..

    Jangankan EYD.. merubah kata ganti orang pertama dari 'gue' menjadi 'saya' aja masih belum bisa.. rasanya kagok laah..

    BalasHapus
  61. Keren teh Erry saya masih ngedraft nih :)

    BalasHapus
  62. rumah curhat nya teteh abis dipercantik yah, duh.. aku baru tau euy..

    wah aku berasa tergampar jga -_- blog curhat aku isi nya gk "bertenaga" krn aku jga punya mindset "terserah gue".. blog ku memang aku buat utk sendiri aja dan lagian siapa yg bakal baca, tadinya sih berpikir begitu. Salah bgt ternyata, padahal belajar menulis dgn konten bermanfaat plus menggunakan EYD yg baik kan bsa dibilang sbg bentuk nasionalisme juga *bener nggak sih* apalagi pecinta drama Korea sering dinilai tdk nasionalisme *garuk-garuk pala*

    ilmu yg ditransfer teteh harus di catet juga nih!

    BalasHapus
  63. Wah, ada ya fun blogging sprt itu. Jadi pengen ikutan. Salam kenal ya 'bibi' dan teman2 yang lain

    BalasHapus
  64. Wah, ada ya fun blogging sprt itu. Jadi pengen ikutan. Salam kenal ya 'bibi' dan teman2 yang lain

    BalasHapus
  65. Topik yg dibahas mantep mbak, etapi saya suka lho gaya penulisan mbak yg 'semau gue, malah menghibur,hehe

    BalasHapus
  66. Ngomong-ngomong, itu ikan-ikan lagi pada ngapain, ya setelah gak ada di blog ini? *malam minggu ngobrolin ikan hihihi

    BalasHapus

 

Blog Template by BloggerCandy.com