Senin, 22 Juni 2015

Logika Drama Korea

Jadi sebenarnya selama ini gue terlibat dalam ikatan love-hate relationship dengan drama Korea!

Intinya gue itu sebenernya Cinta tapi Benci sama si drama Korea!

Di satu sisi gue merasa terpikat oleh buaian kasihnya dan tak sanggup untuk melepaskan diri dari belenggu cintanya.

Tapi di sisi lain, terkadang gue suka emosi dengan berbagai logika dalam drama Korea yang seakan memancing jiwa sinis dan sarkastis gue untuk berteriak dan berontak!

Jadi supaya gue bisa memiliki ‘healthy relationship’ dengan drama korea, ijinkanlah gue untuk mengungkapkan sedikit tentang berbagai hal yang mengganjal di relung hati gue selama ini.

*ini openingnya aja udah galau kayak yang baru ketahuan suami abis nyicil 2 baju senam seharga 500 ribu aja sih*


*bukan gue itu mah*

PLOT

Setelah menonton begitu banyak drama Korea, gue menemukan sedikit kemiripan dalam drama Korea dari segi plot. Genre yang sedang digemari pada saat ini di drama Korea adalah time travelling dan super power character, tapi ada beberapa plot klasik yang sepertinya abadi dan muncul terus.


Kawin Kontrak merupakan plot yang lumayan sering diusung dalam drama Korea. Mulai dari Full House yang dibintangi Rain & Song Hye Kyo berabad abad yang lalu, sampai yang terbaru adalah The Prime Minister and I yang dibintangi Yoona SNSD. Dan ada juga Lie to Me yang dibintangi sama Yoon Eun Hye & Kang Jin Hwan


Kawin Kontrak!

Tentu saja logika yang terjadi dalam drama Korea adalah, apapun masalahnya selesaikan saja dengan kawin kontrak!

Artis yang pengen jaga image? Kawin Kontrak! Perdana Mentri yang pengen sukses mencalonkan diri? Kawin Kontrak!Punya keinginan mulia untuk bikin seneng bapaknya yang udah hampir mau mati? Kawin Kontrak! Pengusaha Hotel yang pengen dapet job gede? Kawin Kontrak! Pengen nunjukin ama mantan pacar kalo lo masih laku? Kawin Kontrak!

Pada dasarnya, menurut drama Korea semua masalah dalam hidup lo akan segera sirna apabila lo melakukan kawin kontrak.


Tentu saja dengan catatan, bahwa lo punya tampang minimal kayak Song Hye Kyo atau Yoona SNSD lah yah. *kemudian langsung pada ngaca*

Plot lain yang cukup abadi dalam drama Korea adalah plot dengan karakter cewe tomboy yang nyamar jadi cowok!

Lo bisa temukan plot ini di Coffee Prince, You are beautiful , atau kalo lo berasa lagi pengen marah-marah atau nendang kulkas, bisa coba untuk nonton To the Beautiful You nya Sully FX bareng Min Ho Shinee, sumpah malesin banget ini filmnya.

Bikin stres kita2 yang doyan dandan!

Untuk versi saeguk, lo bisa coba nonton Sunkyunkwan Scandal *highly recommended* atau kalo lo pengen lihat Moon Geun Young belagak tomboy *tapi gagal* bisa juga coba nonton Jung Yi Goddess of Fire *hati-hati dengan endingnya* dan Painter in the Wind.

Tomboy kok cantik begini? *semacam sirik*

Logika drama Korea yang berlaku disini adalah kalo lo berambut pendek dan berpakaian seperti cowok, maka semua orang di sekeliling lo dengan naf nya akan percaya bahwa lo COWOK!

Dan ada satu sub-plot lagi yang paling gue bte-in dalam drama Korea, yaitu AMNESIA!!
Gue sebut sub-plot karena memang biasanya bukan merupakan alur utamanya, tapi kayak semacam selipan aja!

Dan adegannya udah kebaca banget sih, pasti sang first lead ketabrak mobil, masuk rumah sakit lalu siuman beberapa hari kemudian dengan tampang polos dan berkata : siapa gue? Lo siapa? Ini dimana?kemaren kita makan apa? Berarti utang pulsa impas lho yah!

Contohnya adalah : Boys Before Flower, I hear Your Voice, Queen In Hyun’s Man, Secret Garden
Dan sub-plot amnesia yang paling parah dalam sejarah drama Korea menurut gue adalah Mr. Nice Guy nya Joong Ki! Karena di drama itu lo bisa menemukan DOUBLE AMNESIA!!

Awalnya sang lead female Moon Chae Won tabrakan kemudian amnesia, dan ketika episode terakhir, tiba tiba aja si lead male nya alias Joong Ki ditikam pisau…dan AMNESIA JUGA!!!

Sepertinya Logika para penulis skrip di drama Korea adalah, sekedar amnesia aja sepertinya kurang seru, mari kita berikan mereka DOUBLE AMNESIA…mhuahahaha!!!
*gue nontonnya stress*

Berbagai Peran dalam Drama Korea

Selain plot, ada juga beberapa peran dalam drama Korea yang bisa bikin kita berangan angan dan berkhayal gak jelas!

Karena hanya di drama Korea kita bisa jatuh cinta mati-matian sama Siluman atau malaikat pencabut nyawa!



Semacam serem tapi doyan!

Dan hanya di drama Korea juga, tukang kopi dan tukang cuci piring bisa terlihat seindah ini!

Bikinin aku kopi ABC susu dong bang!


Kalo kayak gini kejadiannya, gue kan jadi suka berimajinasi liar semacam pengen dibikinin kopi ABC susu sama Gong Yoo atau dicuciin wajan bekas goreng ikan kembung sama Wo Bin!

Di drama Korea pun layaknya drama yang lain, selalu bertebaran berbagai karakter antagonis yang mengerikan. Ada karakter antagonis yang haus akan harta, pembunuh berdarah dingin ataupun sekedar punya penyakit kejiwaan.

Tapi mari gue perkenalkan dengan sosok antagonis paling menyeramkan seantero Kdramaland, dan dijamin setiap kali tokoh ini muncul serta merta jantung lo akan berdetak lebih kencang dengan penuh rasa panik :
Sumpah serem abis! 

Chaebol : mahluk yang kebanyakan duit sehingga memiliki kecenderungan untuk bersikap sadis *jutawan*
Chaebol mom yang paling fenomenal tentu saja emaknya Goo Jun Pyo di Boys Before Flower dan emaknya Kim Joo Won di Secret Garden.

Modusnya sih selalu sama lah yah.

Hah!!? Kampret kayak lo berani naksir ama anak gue? Siram mukanya pake segelas air, trus tawarin segepok duit, kemudian kasih tiket pesawat buat ke Amerika!

Hanya logika drama Korea yang bisa bikin kita jatuh cinta ama siluman dan kemudian benci sama sosok ibu!

Berbagai Adegan dalam Drama Korea

Untuk berbagai adegan dalam drama Korea, karena udah pernah beberapa kali gue posting,di postingan ini dan ini, jadi gue cuman mau nambahin doang.

Hujan

Ada berbagai adegan klise yang mengganggu dalam drama Korea yang berkaitan dengan hujan, seperti misalnya setiap kali lo kehujanan maka dipastikan keesokan harinya lo bakal sakit demam, pingsan, kemudian butuh dikompres.

Ini sungguh lebay sekali! *kasih panadol biru*

Dan biasanya ketika sedang hujan lebat, entah mengapa moment nya selalu saja bertepatan dengan adegan ketika mereka harus menangis pilu. Jadilah dengan dramatisnya mereka harus menangis syahdu dibawah guyuran air hujan! *sayang di Korea gak ada ojek payung*




*kemudian nyari ojeg payung*

Tempat Merenung para Pria

Dan sepertinya tempat favorit para cowok korea untuk berpikir dan merenung bagi adalah dibawah siraman shower! Makanya banyak sekali shower scene yang fenomenal di berbagai drama Korea, silahkan google sendiri aja biar puas yak!

Tapi yang paling gue bte-in ketika sedang menikmati shower scene adalah ketika ada adegan FLASHBACK! Sumpah itu nge ganggu banget!

Lagi asyik asyikan menikmati shower scene, tiba tiba aja dia nge-flashback kejadian yang baru aja terjadi 3 menit yang lalu!! PLIS DEH!

Gue kan jadi keganggu gitu menikmatinya *kemudian di timpuk abah pake setrikaan yang masih dicolokin listriknya*

Kesandung

Tapi dari semua adegan cheesy dan corny dalam drama Korea yang paling bikin gue pengen jedotin kepala ke pintu kamar mandi adalah adegan KESANDUNG!

Lo kalo kesandung dalam kehidupan nyata biasanya gimana coba? Kalo gak lecet palingan benjol kan yah?
Hanya di drama Korea lo bisa kesandung kemudian JATUH DI TEMPAT YANG SANGAT TEPAT!!




Adegan paling maksa sejagat raya! *tapi kok gue suka yah…bhuahaha*

Accidental kiss di drama Korea ini sepertinya bener bener logika paling aneh dan absurd, yang walaupun udah gue pikirin dari segi mana pun, masih tetap gak bisa gue pahami logikanya!

Hanya di Drama Korea lo bisa kesandung kemudian jatuh tepat di bibirnya Jang Geun Suk atau Yoon Shi Yoon. *membuatku ingin tersandung terus!*

That’s what we call Korean magic!

Eh, sebenernya sih niat gue panjang lebar bikin postingan ini adalah untuk menyambut kedatangan si alien alias Kim Soo Hyun ke Jakarta lho!
Adegan nangis nya Kim Soo Hyun yang selalu menyayat hati sanubari merupakan faforit gue banget!



Baik jadi raja maupun jadi alien, nangisnya selalu epik!

Dan tadinya mau membahas berbagai fakta penting tentang Alien berdasarkan drama You come from the star, tapi kok jadi kepanjangan yah? Mungkin di postingan lain aja kali yah *sok bikin penasaran*

Si alien ini merupakan mahluk sakti mandraguna yang memiliki beberapa kekuatan mulai dari telekinetic, nguping sampai mampu menghentikan waktu, tapi menurut gue kesaktian yang paling keren sih Teleportasi!
Dan ketika fan meeting nanti, sebelum mampir ke Jakarta beliau udah janji mau berteleportasi dulu ke rumah gue…hihihi…



kalo bisa rada pagian yah :)

Am I Addicted?

Sebagai penutup, gue ingin melontarkan pertanyaan penting ini untuk diri gue sendiri. Apakah gue kecanduan?

Konon katanya orang yang kecanduan suka cenderung untuk tidak mengakui bahwa dirinya kecanduan. Nah supaya gue gak dituduh kecanduan, jadi gue mau mengakui aja deh, kalo gue ini sebenernya kecanduan…hihihi..
*ini kok semacam belibet yah?*

Pertanyaan penting selanjutnya adalah, apakah kemudian hal ini merusak hidup gue? Apakah destruktif?
Gue sih jawabnya, sampai detik ini sih gue masih berusaha untuk mengurus Kayla & Fathir sebaik mungkin, mereka gak pernah lupa gue kasih makan, ehm okay, mungkin sekali doang sih waktu gue masih berkabung kelar nonton dramanya Fashion King yang mana endingnya bikin stress banget ituh…hihihi..

Dan sampai sejauh ini pun gue masih punya kegiatan di dunia nyata kok, antar jemput anak sekolah, rutin senam 3 kali seminggu, sekali2 nongkrong ngebaso bareng ibu ibu di TK Fathir .

Dan walopun terkadang angin anginan, tapi sampai saat ini gue masih nge blog terus. Dan materi postingan gue pun tidak selalu tentang Korea, gue masih sering posting tentang perkembangan Kayla dan Fathir kok.
Jadi apakah gue kecanduan? Gue akui memang iya!

Tapi apakah hal itu sampai merusak kehidupan gue? Insya Allah sih gak yah! Dan jangan sampe lah!
Gue sih merasanya sampai detik ini, Alhamdulillah hidup gue masih baik-baik aja J
Banyak yang suka nanya juga ama gue, emang selama ini reaksi Abah gimana dengan segala ‘kegilaan’ gue ituh?

Gue sih emang gak pernah nanya secara langsung yah *semacam takut denger jawabannya..hihihi..* tapi gue sih lihat dari sikapnya aja lah.

Misalnya nih, kalo ada drama baru, biasanya gue akan sibuk sms an ama mas-mas dipidi langganan dan Abah lah yang kebagian tugas untuk ngambil dipidi pesenan gue itu ketika pulang kantor. Dan di iya-in aja tuh ama abah!

Dan ada beberapa variety show Korea yang biasa gue download dari website tertentu, tapi suatu kali si PC entah kenapa tiba-tiba tombol downloadnya jadi mengilang. Dan Abah pun berbaik hati untuk meng install kembali video downloader-nya *karena gue gaptek*

Tapi Abah ini kan emang suami yang super duper keren yang waktu itu untuk rela mengantarkan gue Bandung-Jakarta buat sekedar nonton Fan Meeting nya Lee Min Ho, dan ketika gue masih ngantri lama buat poto bareng, Abah dan anak2 rela nunggu di parkiran sampe pada ketiduran.

Abah juga dengan ikhlas mengijinkan gue untuk pergi ke Korea SEORANG DIRI selama seminggu lebih untuk bertemu dengan boyband keren 2 PM gitu lho, sementara dia ngurus anak anak dirumah sendirian lho.
Kayaknya gak semua suami bisa ngasih ijin dan kepercayaan sebesar itu buat istrinya yah!
*makacih Abah*

Sekali2 Abah memang mengingatkan gue supaya jangan terlalu sering begadangnya, karena khawatir gue sakit. Dan gue pun menghargai perhatian abah itu. Jadi kalo malam ini gue tidurnya jam 3 subuh, besokannya gue tidurnya jam 3 kurang seperempat gitu..hihihi..

Jadi kalo menurut gue sih, Abah masih asyik asyik aja lah yah…

Jadi di akhir kata ijinkanlah gue untuk berbagi ucapan bijak *apaan sih*,
Buat temen2 yang memang gak suka untuk menonton drama Korea, gue sih hanya bisa mengucapkan, selamat menjalani hidup lo yang membosankan ituh…hihihi…*kemudian ditimpuk wajan bekas goreng ikan kembung*

Dan buat teman2 yang suka nonton drama Korea dan mulai terjebak didalamnya seperti gue, maka gue pun dengan senang hati mengucapkan…
Welcome to my world, and you’ll be stucked here for eternity…mhuahahaha…*ketawa iblis*



Bandung, 1 April 2014

Note : Postingan ini merupakan pidahan dari blog lama gue, buat yang pengen baca komentar untuk postingan ini silahkan mampir kesini yah :)


4 komentar:

  1. Hahahaha bener banget semua penjelasannya mba, good blog btw

    BalasHapus
  2. mbak erry, ada lagi nih. cuma di drama korea seorang chaebol ganteng tajir melintir naksir ama cewek udik gombrek ra iso dandan. *dan aku iri*

    BalasHapus
  3. mba boleh koment ya itu song joong ki di nice guy amnesia nya gara2 pendarahan otak mba abis it baru ketusuk pisoo, nice guy yg amnesia ny msih bs dterima, yg ga banget it kang ma roo ny bs sebaik it kok bisaaaa. hehehe biar ga makin stress sm plot ny drama korea yang amnesia-amnesian
    btw blog ini jujur banget ku sukak

    BalasHapus
  4. Idih jahatttttt Teh, aku sekarang terjebak, terjatuh dan tak bisa bangkit lagiiiii *tiba-tiba nyanyi*.

    Adegan amnesia itu emang parah banget. Apalagi yang Nice Guy. Dih mana endingnya gitu banget. Udah dibikin berkabung selama belasan episode, suasananya mencekam, sendu, gemes sama Kang Ma Roo, endingnya gitu doang lagi. Teh aku harus gimana Teeeh :(((

    BalasHapus

 

Blog Template by BloggerCandy.com