Anak-Anak Berbakat di Melinda Fest 2018

Kamis, 05 April 2018


Sedari dulu gue memang gemar menonton acara ajang pencarian bakat di TV, apalagi kalau pesertanya anak-anak.

Selain merasa kagum sama bakatnya, gue kerap kali tercengang sama rasa percaya diri mereka yang membumbung tinggi. Gue aja yang seusia ini *dibaca : sudah uzur* kalo disuruh ngoceh atau beraksi di depan umum bawaannya suka grogi dan ngomongnya pun langsung belepotan. Tapi anak-anak zaman now mah dikasih panggung sedikit langsung bisa menguasai yah, heran campur kagum deh gue!

Beberapa waktu yang lalu kebetulan sekali gue bisa menyaksikan secara langsung kepintaran dan keluwesan para anak-anak berbakat melalui Ajang Pencarian Bakat Melinda Fest. Acara yang dihadiri oleh 50 finalis tersebut dilaksanakan di Festival Citylink pada tanggal 31 Maret 2018.

Dalam ajang tersebut, Melinda Fest ingin menggali kemampuan anak hingga maksimal dan tentu saja memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengembangkan potensi mereka. Melinda Fest diperuntukkan bagi semua anak di usia 4 – 12 tahun khususnya di daerah Jawa Barat, untuk pendaftaran pun gak dipungut biaya lho.

Ajang Pencarian Bakat Melinda Fest diselenggarakan oleh Melinda Hospital Group yang bekerja sama dengan The Queen Maker Production. Sebanyak 700 anak telah mengikuti audisi Melinda Fest dan dari begitu banyak peserta akhirnya tersaring dan dipilih 50 orang finalis. Tim Melinda Fest melakukan audisi selama kurang lebih 1,5 bulan dan mengunjungi langsung sekolah-sekolah yang ada di Bandung.


Gue menyaksikan sendiri betapa berani dan percaya dirinya anak-anak tersebut beraksi di atas panggung. Ada yang membawakan tarian jaipong dengan gemulai, modern dance, menyanyi, fashion show, bersepatu roda, bermain drum, bermain piano dan masih banyak lagi.  Sayang sekali gue tidak menonton acara tersebut dari awal jadi tidak bisa menyaksikan ke 50 penampilan finalis peserta Melinda Fest.

Ke 50  finalis dinilai oleh para juri yang sangat kompeten di bidangnya termasuk dari Direktur Melinda Hospital, Pengamat Seni, Mister Indonesia dan Miss Indonesia. Pemenang utama dari Melinda Fest akan dikirim menjadi wakil Indonesia di ajang “International Kids of The Year 2018” di Bangkok, Thailand. Itulah makanya penilaian untuk ajang Melinda Fest selain sisi intelektual (IQ), juga Emotional Intelligence (EQ). 

Pemenang diharapkan memiliki pengetahuan terkait dunia kesehatan, pendidikan dan pengetahuan umum. Jadi gak cuma asal menang aja lho yah, karena untuk ke depannya mereka akan dibina dan dibimbing terus oleh Melinda Hospital agar bisa menjadi icon yang bisa menyebarkan nilai positif di bidang kesehatan. Misalnya saja untuk membantu pemerintah menyebarkan pengetahuan tentang imunisasi atau vaksin.

Melinda Fest juga merupakan ajang anak untuk berkomunikasi secara baik tanpa merasa takut dan gugup. Tapi memang iya sih, public speaking memang harus dilatih kepada anak sedari kecil. Berani dan percaya diri dalam berpendapat. Karena tidak jarang lho kita yang sudah dewasa ini kesulitan mengemukakan ide atau pendapat hanya karena gak percaya diri. Hal itu tentu saja bakal menghambat potensi kita, ya kan?

Setelah melalui proses penjurian yang cukup ketat akhirnya terpilihlah pemenang Melinda Fest 2018 yang terbagi atas Kategori TK dan Kategori SD.

Pemenang Melinda Fest 2018 Kategori TK

Juara 1 Kimberly Michelle Olivia – TK Bintang Mulia – Catwalk & Sulap
Juara 2 Adven Gideo – TK Yos Sudarso – Wushu
Juara 2 Arimbi Putri Naderli – TL Iklashul Amal – Jaipong
Juara Favorite Jacon Tanusanjaya – TKK 246 BPK Penabur – Menyanyi
Pemenang Melinda Fest 2018 Kategori SD 

Juara 1 Sarah Maria Pangabean – SD Yahya – Piano
Juara 2 Michael Geraldo  - SD ST Yusuf Cikutra – Menyanyi
Juara 3 Sonia Putri Nur Illahi – SD Plus Araffah Rancaekek – Jaipong
Juara Favorite M Davenzsky n –SDN 113 Banjarsari – Sepatu Roda

Juara Harapan Mishkan Jubilee – Temasek International School – Make Up Artist
Juara Harapan Chelsea Aurelia – SDK 1 BPK Penabur – Wushu
Juara Harapan – Hikmah Amalia – SD Pasir Pogor – Modern Dance


Setelah melalui perjuangan panjang akhirnya Sarah Maria Pangabean dari SD Yahya  berhasil memenangkan Melinda Fest 2018 dan berhak mendapatkan tabungan sebesar 7.5 juta rupiah dan dikirim sebagai wakil dari Indonesia ke ajang "International Kids of The Year 2018" di Thailand, Bangkok. 

Gue termasuk beruntung karena sempat menyaksikan sendiri dari penampilan Sarah Maria yang memainkan piano klasik. Ia pun dengan penuh percaya diri memperkenalkan dirinya dengan bahasa. Inggris yang cukup fasih. Sarah mengaku sudah belajar bermain piano sejak kecil karena memang sangat menyukainya. 


Selamat kepada Sarah dan semua pemenang lain semoga bisa melaksanakan tugasnya dengan baik yah! Sampai bertemu di Ajang Melinda Fest 2019!

10 komentar:

  1. Keren banget ya Teh kecil-kecil sudah mengharumkan nama Indonesia 😍

    BalasHapus
  2. sarah memang oke, tapi kimberly paling ngegemesin

    BalasHapus
  3. pada hebat anak-anaknya...semangat juga teh biar ga kalah sama anak kecil...

    BalasHapus
  4. Aku juga suka terwow-wow kalau lihat anak-anak punya keberanian dan bakat yang tinggi.

    BalasHapus
  5. Anak anak yang berbakat emang gemesin, pastiya bangga yaa ortunya..
    Kimberlyy lucuu

    BalasHapus
  6. Anak anak keren dan hebaat, semoga bisa lebih semangat lagi

    BalasHapus
  7. Waktu kecil aku sering tau teh ikutan kayak ginian hahaha jadi terngiang-ngiang. Jaman sekarang mah anak-anaknya udah pada pede ya, aku mah dulu boro-boro :))

    Keren adeknya jadi perwakilan Indonesia di ajang Internasional. Semoga sukses yaa :D

    BalasHapus
  8. waduh masih cilik udah jago jago ya jadi inget masa kecil aku juga nih hahaha

    BalasHapus
  9. Jadinya suka ikut bangga lihat prestasi anak-anak yang bisa tampil dengan bakat mereka masing-masing. Kereen!!

    BalasHapus
  10. keren ya kecil2 uda berprestasi...

    BalasHapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS